NET BIRO JAWA BARAT
NET BIRO JAWA BARAT
  • 5 854
  • 13 359 362

Video

Komentar

  • Vio Channel
    Vio Channel 4 jam yang lalu

    Bang mobil Y harganya brp broo

  • Rika Anggelina
    Rika Anggelina 7 jam yang lalu

    Kalau bendungan di desa kaso antara perbatasan jabar dan jateng.. Dayeuh luhur apakah jadi di bangun...??

  • Fuad Ansori
    Fuad Ansori 8 jam yang lalu

    Bandung sugoro orang tasik bukan

  • Nana Sukarna
    Nana Sukarna Hari Yang lalu

    Asa kenal anu silat na ieu mah

  • Vigo Vampiro
    Vigo Vampiro Hari Yang lalu

    Ya memang ada orang tua yg durhaka sama anaknya

  • Fajrin Shidiq
    Fajrin Shidiq Hari Yang lalu

    Masya Allah..semoga istiqomah.. "dunia itu hanya u/ digenggam , tapi tidak untuk dimasukkan kehati" . Ihsan Nurrahman.

  • Acun Slow
    Acun Slow Hari Yang lalu

    Semoga barista kedepannya menjadi cita-cita

  • Ririn65 Ririn65
    Ririn65 Ririn65 Hari Yang lalu

    Trimakasih atas pemahaman nya yg sangaaat bermanfaat ustad smoga dalam lindungan Allah swt. slalu ustad Aamiin yarobbal'alamiin

  • ziio Bintang
    ziio Bintang Hari Yang lalu

    adzab yg menjawab si manusia tamak harta ,dan durhaka ,itu akan terjadi nant,saya meyakini adzab itu datang pada yg menggugat

  • Ray CHANNEL
    Ray CHANNEL 2 hari yang lalu

    Hayang b3dog euy

  • Mr Green
    Mr Green 2 hari yang lalu

    Itu bukan komunitas tp kaum fanatic DJI

  • yuktani com
    yuktani com 2 hari yang lalu

    Ustad Adi Hidayat merupakan salah satu Anugrah buat Bangsa Indonesia. 🙏🙏🙏

  • Isti Komariyah
    Isti Komariyah 2 hari yang lalu

    Terlihat kuat Tahajjud ny

  • agan hellfrog
    agan hellfrog 3 hari yang lalu

    Inspirator ✊✊

  • Bujang Banzay
    Bujang Banzay 3 hari yang lalu

    Dan inilah pendapat mu’tamad mazhab Syafi’i. Bahkan celaan terhadap musik datang dengan tegas dari Al Imam Asy Syafi’i sendiri. Beliau mengatakan: تَرَكْتُ فِي الْعِرَاقِ شَيْئًا يُقَالُ لَهُ : التَّغْبِيرُ أَحْدَثَهُ الزَّنَادِقَةُ ، يَصُدُّونَ بِهِ النَّاسَ عَنِ الْقُرْآنِ “Di Irak aku meninggalkan sesuatu yang disebut taghbir, ini merupakan buatan orang-orang zindiq yang membuat orang-orang berpaling dari Al Qur’an”. [1] Al Jauhari dalam Tajul ‘Arus menjelaskan makna taghbir: التغبير: تهليل أو ترديد صوت يُرَدَّدُ بقراءة وغيرها.. والمراد به ما قال الليث: ما نصه: وقد سموا ما يطربون من الشعر في ذكر الله تغبيراً كأنهم إذا تناشدوه بالألحان طربوا فرقصوا وأرهجوا “At Taghbir adalah mengiramakan dan mendayu-dayukan suara serta mengulang-ulang suatu bacaan atau semacamnya. Sebagaimana yang disebutkan Al Laits: mereka menamai perbuatan menyanyikan syair dengan alat musik tharab sebagai taghbir. Mereka menyanyikannya dengan lahn-lahn (irama-irama), mereka memainkan tharab, berjoget dan bergembira” Imam Asy Syafi’i juga mengatakan: الغناء لهو مكروه يشبه الباطل ومن استكثر مِنْهُ فهو سفيه ترد شهادته “Al ghina’ (nyanyian) merupakan perkara melalaikan yang dibenci, merupakan kebatilan. Barangsiapa memperbanyaknya maka dia seorang yang bodoh. Persaksiannya ditolak”. [2] Imam An Nawawi (wafat 676H), ulama besar madzhab Syafi’i, beliau berkata, الْقِسْمُ الثَّانِي: أَنْ يُغَنِّيَ بِبَعْضِ آلَاتِ الْغِنَاءِ مِمَّا هُوَ مِنْ شِعَارِ شَارِبِي الْخَمْرِ وَهُوَ مُطْرِبٌ كَالطُّنْبُورِ وَالْعُودِ وَالصَّنْجِ وَسَائِرِ الْمَعَازِفِ وَالْأَوْتَارِ يَحْرُمُ اسْتِعْمَالُهُ وَاسْتِمَاعُهُ “Jenis kedua, bernyanyi dengan alat-alat musik. Ini merupakan syiar para peminum khamr. Yaitu alat musik yang dipukul seperti tunbur, banjo, simbal dan alat-alat musik yang lainnya dan juga alat musik dengan senar, semuanya diharamkan menggunakannya dan mendengarkannya”. [3] Sedangkan Ar Rafi’i mengatakan: المذاهب الأربعة على بطلان بيع ألات اللهو مطلقا كالمزمار و الطنبور و غيرها “Madzhab yang empat berpendapat batalnya jual-beli alat musik secara mutlak seperti seruling, thanbur (mandolin), dan semisalnya” [4] Kemudian Al Juwaini, Imamul Haramain, beliau mengatakan: الفصل يشتمل على ما يتعلق السماع به من ضروب الغناء. والبداية في هذا الفن بتحريم المعازف والأوتار، وكلها حرام، وهي ذرائع إلى كبائر الذنوب “Pasal yang mencakup seluruh nyanyian yang menggunakan alat musik pukul. Sebelumnya, dalam masalah ini telah diharamkan ma’azif (alat musik) dan gitar, semuanya haram. Karena menjadi wasilah yang mengantarkan kepada dosa-dosa besar”. [5] Ibnu Hajar Al Haitami (wafat 973H), beliau berkata: الكبيرة السادسة والسابعة والثامنة والتاسعة والأربعون، والخمسون والحادية والخمسون بعد الأربعمائة: ضرب وتر واستماعه، وزمر بمزمار واستماعه وضرب بكوبة واستماعه “Dosa besar yang ke 446, 447, 448, 449, 450, 451 adalah memainkan nada-nada, mendengarkannya, meniup seruling, mendengarkannya, menabuh gendang, dan mendengarkannya ”. [6] Beliau juga mengatakan: يحرم سماع الغناء من أجنبية حرة كانت أو أمة ولو من وراء حجاب “Diharamkan mendengarkan al ghina’ (nyanyian) dari wanita ajnabiyah, baik yang merdeka atau pun budak. Walaupun dari balik hijab”. [7] Ibnu Shalah (wafat 643H), ulama besar di bidang hadis, beliau berkata, وَأما اباحة هَذَا السماع وتحليله فَليعلم أَن الدُّف والشبابة والغناء إِذا اجْتمعت فاستماع ذَلِك حرَام عِنْد أَئِمَّة الْمذَاهب وَغَيرهم من عُلَمَاء الْمُسلمين وَلم يثبت عَن أحد مِمَّن يعْتد بقوله فِي الْإِجْمَاع والاخلاف أَنه أَبَاحَ هَذَا السماع “Mengenai adanya anggapan bahwa nyanyian untuk mubah dan halal maka ketahuilah bahwa rebana, gitar dan nyanyian jika bercampur menjadi satu maka hukum mendengarkannya adalah haram menurut para imam mazhab dan seluruh ulama umat Islam selain mereka. Tidaklah benar ada ulama, yang pendapatnya yang diakui dalam ijma’ dan khilaf, yang membolehkan nyanyian semisal ini”. [8] 1] Al Amr bil Ma’ruf wan Nahyu ‘anil Mungkar, no. 194, karya Al Khallal [2] Talbisul Iblis karya Ibnul Jauzi, 1/205 [3] Raudhatut Thalibin, 11/228 [4] Al Majmu’, 14/255 [5] Hihayatul Mathlab fi Dirayatil Madzhab, 19/22 [6] Dinukil dari Hukmul Ghina wal Ma’azif, hal. 1 [7] Kaffur Ri’a, 58 [8] Fatawa Ibnu Shalah, 2/500

  • King Bob
    King Bob 3 hari yang lalu

    Komentar Pertama : Apakah Torch produksi Carrier ?

  • Siti Miftakhul
    Siti Miftakhul 4 hari yang lalu

    Memang betul menang 62 persen, e kok yg jadi cebong, jelas yg jd pemimpin yg dzolim, culas, tinggal nunggu azab!!

  • kiki ID
    kiki ID 4 hari yang lalu

    Nggak ada bahas gunung apa

  • Irma Yanti
    Irma Yanti 5 hari yang lalu

    Naaahhh ginian yg sehattttt buat anak muda generasi muda yg sehat Investasi... Jauhhhh dr jungfood 👍👍👍

  • Irsya Omar
    Irsya Omar 5 hari yang lalu

    Subhanallah..

  • Khalid Zuhri
    Khalid Zuhri 5 hari yang lalu

    allahuakbar

  • al faqir
    al faqir 6 hari yang lalu

    Aku pengen beli ada kontak yg bisa dihubungi ga ya tolong

  • Muhammad Fitri
    Muhammad Fitri 6 hari yang lalu

    dmn belinya kak

  • Mutia Ajha
    Mutia Ajha 6 hari yang lalu

    Naon perbedaan na bedog pakeeun silat jg bedog pakeeun sapopoe?

    • Ray CHANNEL
      Ray CHANNEL 2 hari yang lalu

      Gagangna beda, beuteungna beda

  • Ridwan Habib
    Ridwan Habib 6 hari yang lalu

    anjay mabar

  • inda nina
    inda nina 6 hari yang lalu

    Selalu bangga jadi org cimahi

  • max baru
    max baru 6 hari yang lalu

    SABUN CUCI PIRING & DETERJEN LOUNDRY CURAH ERICLEAN ( Rp 7.500 / liter ) Siap kerja sama prod & marketing Kental, keset, full busa & harum Pembelian diatas 100 liter harga negosiasi. Kami kirim pesanan dalam bentuk padatan. Pengiriman menggunakan JNE Hub : hp/ wa : 081 220 222 962

  • Jaka Yunda
    Jaka Yunda 6 hari yang lalu

    Lu enak bro alat sdah gtu,gw bkin kopi alat msih manual,dan di sebut juga gw barista,gw bangga dengan profesesi gw sebagai barista,salam barista kalimantan

  • Jaya - jaya indunesia
    Jaya - jaya indunesia 6 hari yang lalu

    lagi promosi partai

  • STR33T TUN3R
    STR33T TUN3R 6 hari yang lalu

    ANY ENGLISH COMMENTS HERE NOV 2019!?

  • nova alvia lodi
    nova alvia lodi 7 hari yang lalu

    Assalamualaikum, maw bertanya tentang kelengkapan berkas CPNS BPOM, TTG akreditasi. Kan persyaratannya menyatakan (lulus dari perguruan tinggi dalam negeri dan/ Program Studi yg terakreditasi minimal b pada BANPT/PUSDISNAKES, nah bagaimana kalo masalah perguruan tinggi saya akreditasi C, dan akreditasi program studi B, mohon pencerahannya🙏🙏🙏

  • Daum Sopandi
    Daum Sopandi 7 hari yang lalu

    itu baso aci mas jay dekat bangeeeeeet rumah saya

  • Zack Lee
    Zack Lee 7 hari yang lalu

    Keren ini orang

  • cangcut soek
    cangcut soek 7 hari yang lalu

    Tapi mending tinggal sma nene nya dri pada ikut mamah nya yg pnya bpa baru ..so takut nya ga syang

  • Nano Nano
    Nano Nano 7 hari yang lalu

    Sehat selalu dan umur panjang ya dek... Semoga apa yg adek cita2 kan bisa tergapae. Selalu dalam lindungan Allah swt ya dek. Amin.

  • sandi skorvio
    sandi skorvio 7 hari yang lalu

    Mantul

  • Adeb Ali
    Adeb Ali 7 hari yang lalu

    Miris duh

  • Hendra Maulana
    Hendra Maulana 8 hari yang lalu

    Pertama gue seneng musik metal Alhamdulillah sekarang pun dah Istikomah d jln terbaik d sisi allah

  • Sam Samsung
    Sam Samsung 8 hari yang lalu

    Bismillah...hukum musik haram ya akhi..sudah jelas hadist & dalil nya. Barakallahufikum.

  • SUDIRMAN67
    SUDIRMAN67 8 hari yang lalu

    Support my Chanel 🙏🙏

  • SUDIRMAN67
    SUDIRMAN67 8 hari yang lalu

    Hadir nyimak 👈

  • Followers Akhir Zaman
    Followers Akhir Zaman 9 hari yang lalu

    Pentolannya ga ikut tobat?

  • sayArichannel
    sayArichannel 9 hari yang lalu

    lumeerrrrrr.....aku langsung pengen....waaaaaa.......Sepekan lalu aku baru ke Garut...langsung dari bandara terus ke Garut, Bandung menjejaki kue viral ini.....wenaknya mendunia.....Pls dukung channel aku jugak....Kuliner indonesia mantaaappp jiwaaaa.....Pls SUBS n LIKE channel aku jugak ya NBJB

  • Annas Abrori
    Annas Abrori 9 hari yang lalu

    Yg merasa masih heran dg bunga itu berarti keturanan orang asing... Klo keturunan pribumi asli, saya yakin gk bakalan heran.. itu namanya bunga suweg ( ubi suwegnya bisa dimakan, tapi bunganya tidak)... Itu sudah ada dari dahulu sebelum ada yg namanya indonesia... Dijaman kerajaan bumi tanah jawa pun sudah ada... Klo ada yg koar2 di tv... bunga itu ditemukan di tahun 2000an itu HOAKS... alias gk tau sejarah yg tidak tertulis.. dan saya yakin karena gk pernah TAHLILAN juga itu.. jadi gk tau buyut2nya dahulu makannya suweg...

  • evant_gitara
    evant_gitara 9 hari yang lalu

    Rata rata yg Hijrah2 Anti Maulid Nabi. Wkkwkwkwkw....

  • Boncel 1979
    Boncel 1979 10 hari yang lalu

    Rw 03, blok c (didepan) banjir juga atau engga y?

  • Zainal Arifin
    Zainal Arifin 10 hari yang lalu

    Loh

  • Wiri Kersana
    Wiri Kersana 10 hari yang lalu

    Galo aku suka semua seni

  • Arsil Majid
    Arsil Majid 10 hari yang lalu

    Bodoh amat, emang nya gx susah mau jd basis noah itu, bnyk yg ngantri brooo, kalau mau jd jamaah tablik gmpang kok, tinggla brangkat

  • daru masgaluh
    daru masgaluh 10 hari yang lalu

    Lama2 indonesia bisa buat mobil sendiri ..jangan mau jadi negara berkembang ,harus jadi negara maju .

  • Ahmad Ikhsann
    Ahmad Ikhsann 10 hari yang lalu

    AllahuAbkbar.

  • Nidia Eljifa
    Nidia Eljifa 10 hari yang lalu

    Aku bgt nih moody bgt🤣,seniman sejati emang moody😁

  • hafizardillah muhammad
    hafizardillah muhammad 11 hari yang lalu

    4 bulan ... Insyaallah ....

  • suganda powil
    suganda powil 11 hari yang lalu

    jaga dan rawat tempat yang begitu indah dan sejuk

  • campus 99
    campus 99 12 hari yang lalu

    Yang bully adalah orang" iri,,,ga punya kreatifitas tapi punya modal kreatifitas bully jadi apa yg di lakukan orang lain dibully,,,yg bully ngaca dulu! Kreatifitas apa yg udah kalian lakukan,,

  • Gandiva Enterprise
    Gandiva Enterprise 13 hari yang lalu

    menurut saya pribadi, bagus jika kang yuki INGAT atau ELING kepada SANG PENCIPTA, NAMUN TIDAK ADA SALAHNYA JIKA KANG YUKI TETAP MENJADI SEORANG SENIMAN....karena justru sebagai musisi Kang Yuki bisa memberikan inspirasi kepada anak anak muda lewat karya karya lagu, sama seperti Bang Iwan Fals dan lain lainnya....karena terus terang karya karya Kang Yuki sangat mengispirasi saya dari sma sampai sekarang tetap suka dengan lagu lagu dari PAS BAND!!!! SEmoga semua mahluk berbahagia!!!! salam Rahayu

  • Levi Ackerman
    Levi Ackerman 13 hari yang lalu

    tolong gue liat golden retriever terluka di jalan daerah maranatha arah ke parkiran motor, dekat toko teduh msh bisa lari kecil menjauhi org - org tapi areal pahanya berdarah komunitas pecinta hewan yg baca tolong ke sana dan tolongin itu golden gue pake motor tadi kaga bisa angkut

  • Azhar Kubota Jawabarat
    Azhar Kubota Jawabarat 14 hari yang lalu

    Semoga pak, amiinn.. untuk mempercepat panen ada alat canggih sekarang di cirebon pak idclips.com/video/vMgPYzJueQM/video.html

  • Amoor Pirography
    Amoor Pirography 14 hari yang lalu

    Kang inu.....

  • Nuralifah Alifah
    Nuralifah Alifah 14 hari yang lalu

    Anes kok gk maaluuu yaaa dana jauh lebih bsr kalahtelak sama kang emil dan bu risma gini surya paluh mau calonkan anes mendem kalee org pilih pemimpin pasti.lihat kredibilitasnya bisa apa selama jabat di pemerintahan dki zonk nasdem bisa hancur kehilangan suara

  • sulastri sulastri
    sulastri sulastri 14 hari yang lalu

    askm,iya betul sekali pk upaya dirazia lagi pengawasan ketat dan para penjaga jangan sampek diperbolehkan membawa hp supaya tidak ada krja sama para napi,soalnya para napi banyak yg menyamar dengan akun fb dunia maya dengan modus kostum/foto polisi untuk menipu para wanita tki/tkw luar negri didunia maya,sudah banyak korbannya para wanita tki/twk luar negri ...🙏🙏

  • J H
    J H 14 hari yang lalu

    padahal ihsan berkontribusi bgt buat noah seperti membantu membuat lagu separuh aku dan tak lagi sama, semoga istiqomah deh

  • Wan Solehin
    Wan Solehin 14 hari yang lalu

    Price?

  • Salim Mustajab
    Salim Mustajab 14 hari yang lalu

    Sy cilacap kl plg kmpg pgn sekalian beli buat oleh2 tangn & harganya brp,aan

  • Salim Mustajab
    Salim Mustajab 14 hari yang lalu

    Ciamis mana kang pgn bljr angklung

  • tkzgraphic
    tkzgraphic 15 hari yang lalu

    iya lah ngapain juga ngejar dunia terus bang, itu segitu udah lebih dari cukup

  • Aryan Rubianto
    Aryan Rubianto 15 hari yang lalu

    Walaupun reza, uki, dan ihsan udah pada hijrah, band noah masih tetap jadi band nomor 1 di indonesia.

  • Zihas Mochamad
    Zihas Mochamad 15 hari yang lalu

    assalamualaikum pun bapak favoritna peci bapak m iming sing tambih majeng

  • Picky Bum
    Picky Bum 15 hari yang lalu

    Goblok mobil dereknyaaaa

  • Laskar Harimurti
    Laskar Harimurti 15 hari yang lalu

    masha Allah saya nangis melihat tekadnya kang ihsan.

  • bayu samudera
    bayu samudera 15 hari yang lalu

    saya bingung..bnyk spanduk segera dibangun skywalk pangandaran..oh ternyata modelnya kaya gini kali yaa..yg desain nya juga kang emil..smoga pangandaran makin hebat

  • Angga Ravino
    Angga Ravino 16 hari yang lalu

    Hanya ada 2 Ustadz yg jadi panutan saya dalam berhijrah. Yang pertama Ustadz Khalid Basalamah dan Ustadz Adi Hidayat.

  • Dani Putra
    Dani Putra 16 hari yang lalu

    Semoga gak gabung HTI , FPI , ISIS ya kang

  • ijang lomi
    ijang lomi 17 hari yang lalu

    2019 noverber 4 🙂😊 sehat selalu gurunda...

  • Putra Adi
    Putra Adi 17 hari yang lalu

    Harga ny brp bah

  • zaf 253
    zaf 253 18 hari yang lalu

    Rumah aku deket situ tuh

  • Zul Hazmi
    Zul Hazmi 18 hari yang lalu

    baku hantam 2.52

  • AL-AFASY GAMING
    AL-AFASY GAMING 18 hari yang lalu

    Kalo di indo punya kek gini semua, pas macet keliatan kek di dubai 😂

  • iwak cacak
    iwak cacak 18 hari yang lalu

    Ariil aj lgi blm hijrah,selama video mesumnya msh ada yg nonton dosa jln terus

  • Berkah Amanah
    Berkah Amanah 19 hari yang lalu

    Dimana alamatnya ya?

  • agim akhadi
    agim akhadi 19 hari yang lalu

    Kalo dari city car ke super car itu ada perubahan gak ya dari stnk nya ???

  • alfirzan karundeng25
    alfirzan karundeng25 19 hari yang lalu

    Siapp Senior Saya Geologi Pertambangan Sulut-Manado. Kab.bolaang mongodow timur SMK 1 KOTABUNAN💃

  • Melenoy Gaming
    Melenoy Gaming 19 hari yang lalu

    Cimahi kota militer

  • jangan gitu gak baik
    jangan gitu gak baik 19 hari yang lalu

    Kreatif bro Orang kreatif mah jenius nya Emang beda. Parkir di Indomaret Juga banyak yg numpak poto Selfie. Andai yg make rafi ahmad juga orang percaya ini Asli Kalo yg Make saya Pasti saya dikira sopirnya😂

  • De Ary
    De Ary 20 hari yang lalu

    Punya yg kaya gni dah alhamdulilah dah..walaupun gk kyak yg aslinya..

  • Achmad Amirullah
    Achmad Amirullah 20 hari yang lalu

    Keren emang ni sepatu.. keponakan gue juga pake ini sepatu #GueNantiNyusul

  • Khaerul Anwar
    Khaerul Anwar 20 hari yang lalu

    Sebaiknya ustadz adi hidayat dan ustadz2 lain sudah selayaknya mendapat pengawalan khusus, entah itu dari anggota FPI setiap kota untuk mengawal beliau dakwah dimanapun ..karena sudah sepatutnya ulama seperti beliau di jaga betul. Untuk memastikan keselamatan beliau dari orang2 yang tidak menyukai beliau .. mengingat betapa langkanya orang seperti beliau jadi harus bener2 di jaga ... Beliau adalah salah satu aset umat muslim khususnya di indonesia.

  • jefry aries
    jefry aries 20 hari yang lalu

    saya hamba Allah jufri asal Desa batukerbuy kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan jawa timur, di kampung kami ada pembangunan masjid al mubarok, sudah jalan -+ 5 tahun, sampai saat ini belom selesai pembangunannya karena kendala dana...alangkah mulianya antum dan relawan bisa bantu pembangunan tersebut...sukron jazakumullah...semuga antum dalam lindungan Allah..Amin...!!! Bisa lanjut wa 087850034361 Ana siap tanggung jawab dunia Akhirat....I. Allah.. Wassalamu alaikum wr. Wb

  • Hidayatul Mukhlisin
    Hidayatul Mukhlisin 21 hari yang lalu

    Mantap

  • adi tempe
    adi tempe 21 hari yang lalu

    Murah gundulmu Bikin malu iya

  • Erwin Erwin
    Erwin Erwin 21 hari yang lalu

    Bos bisa minta no wa nya kh

  • nawawi tea
    nawawi tea 21 hari yang lalu

    berhijrah kita memang boleh.. tapi kita jg hrus hati2 apalagi d jmn skrg..

  • rio jr
    rio jr 21 hari yang lalu

    mantep kang sehat selalu utk mas reza

  • Sugianor Pbun
    Sugianor Pbun 22 hari yang lalu

    Berpa ba harganya ..anakn SMA dewasa..diblsa ys

  • Yana Purwakarta
    Yana Purwakarta 22 hari yang lalu

    waktu smp hingga sekarang aku fans pas band ......

  • Ozan C
    Ozan C 22 hari yang lalu

    Ya allah swt semoga banyak ustad2 yg cerdas bermunculan seperti UAH

  • Ozan C
    Ozan C 22 hari yang lalu

    Mntap

  • Rahayu p
    Rahayu p 22 hari yang lalu

    Kurang persiapan kayaknya baru pertama mungkin

  • kadavy88 official
    kadavy88 official 22 hari yang lalu

    Orang bandung memang pinter

  • Mohd. Nishikata Sitohang
    Mohd. Nishikata Sitohang 22 hari yang lalu

    Kisah Sangkulirang mungkin ada hubungannya dengan aktivitas vulkanis dataran bandung