Komentar Rocky Gerung Soal Perang 'Tampang Boyolali' vs 'Sontoloyo' || ILC (6/11/2018)

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 6 Nov 2018
  • Rocky Gerung's Comment About 'Tampang Boyolali' vs 'Sontoloyo' War
    Pengamat Politik Rocky Gerung mengkritik, tim sukses kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.
    Rocky menjelaskan, menurutnya melebih-lebihkan ucapan Tampang Boyolali dan Sotoloyo merupakan bentuk ketidakmampuan para tim sukses dalam mengolah isu selama kampanye. Apalagi, membawa isu itu ke ranah hukum.
    "Ini menurut saya persoalan konyol. Pak Jokowi menyebut dengan tegang tentang Sontoloyo, pak Prabowo dengan hura-hura. Juga kurang kreatifnya tim sukses," kata Rocky di ILC, Selasa malam 6 November 2018.
    Rocky menyarankan, untuk tim sukses, hendaknya pasangan calon memilih tim yang mempunyai Intelligence Quotient atau IQ lebih cerdas. Sehingga kampanye yang dilakukan lebih berbobot dan menunjukkan kelebihan pasangan yang diusung.
    "Saran saya, jelang pilpres 2019 hendaknya disiapkan tim kampanye yang IQ nya tinggi lah. Jangan sampai terjebak dan memanipulasi kalimat," ucapnya.
    "Tahun politik ini normal metafor seperti itu. Jangan sedikit-sedikit dianggap delik aduan, momentum politik segala macam kalimat sebagai politis," tambahnya.

Komentar • 11 078

  • ajir wecky
    ajir wecky Hari Yang lalu

    Yang bikin tampang boyolali membesar adalah karena para kecebong kecebong yang provokator! Kita tau cebong itu IQ nya 200. Jadi wajar kalau dungu!

  • Yulianto Anto
    Yulianto Anto Hari Yang lalu

    Hadirkan terus Roky Gerung otak jadi cerdas πŸ‘ kuliah gratis

  • Amekk Paniang
    Amekk Paniang 2 hari yang lalu

    Jangan hentikan bung rocky,bung rocky itu cerdas.. Hanya orang cerdas yg paham beliau.. hadirkan trus bung rocky di ILC

  • Budi Prasetyo
    Budi Prasetyo 2 hari yang lalu +1

    "Kok tahun politik kita hidup dengan delik" ucap Roky,
    Ahok di penjara di tahun politik apa itu bukan delik?
    Kalau Prabowo di bela mati2an ini pengamat politik tapi gak netral, pengamat sepakbola aja netral. Kalau gol ya tetap gol.
    Pengen prof shaetapy di undang bang karny.

  • Murjani gst Jani
    Murjani gst Jani 2 hari yang lalu

    Pak Rocky hebattt.....! "Hati boleh panas, kepala tetap dingin"

  • Top Populer
    Top Populer 2 hari yang lalu

    jenius rocky.. saya suka pemikiran nya.... dia mmpu membuka fikiran kita agar tidak terjerumus dalam pembodohan politik dan berusaha mencerdaskan fikiran kita dalam menilai

  • him
    him 3 hari yang lalu

    RG Kayak orang yg terkena halusinasi, pemimpi akut.

  • Anis Puji
    Anis Puji 3 hari yang lalu

    01 yg tr baik

  • Helda AnnurM
    Helda AnnurM 3 hari yang lalu

    Mayoritas komentar sudah mewakili perasaan saya, salut sm bung rocky. Komennya cebong mna nih woy

  • Haikal Mustafid MHM
    Haikal Mustafid MHM 5 hari yang lalu

    Ngapain kritik prabowo, kan dia gak kuasa,.
    Hahahaha bettul.
    Jokowi 2 periode, semoga dapat menyerap ilmu rocky.

  • lis suliati
    lis suliati 6 hari yang lalu

    Culture???olok2 mencerminkan adab pribadi org yg mengucapkan????

  • kaki_klik
    kaki_klik 6 hari yang lalu

    Bung Rocky Gerung
    Saya mau jadi muridmu.
    Saya dengar anda bicara saya langsung Connec
    Muda mehami akan cara anda menjelaskan
    Dan bertubi2 anda dibom bom anda hanya sabar menjawabnya dan belum ada saya lihat anda membentak

  • heru editria
    heru editria 6 hari yang lalu

    RG emang luar biasa , fakta jelas bermutu padat bermanfaat .luar biasa RG !!!!!!!

  • Koplak Gamer
    Koplak Gamer 6 hari yang lalu

    Banyak yg diem klo RG ngomong karna mls ngomong debat ma dia gak bermutu.

  • Koplak Gamer
    Koplak Gamer 6 hari yang lalu

    Woy ini indo jngan disamakan ma eropa ma amerika....RG pinternya apa sih berbelit2 ngomongnya

  • umeshuu umeshuu
    umeshuu umeshuu 7 hari yang lalu

    Budiman sujatmiko walk out...πŸ˜‚πŸ˜‚

  • Taufiq Alhaddad
    Taufiq Alhaddad 7 hari yang lalu

    13:29 "dilaporkan lho ini"

  • Muhammad Alam Syah
    Muhammad Alam Syah 8 hari yang lalu

    Ini timses-nya wowo udah lupa yah atau pura2 lupa kata2 fadli zon saat Ahok minta maaf...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
    kok wktu wowo yg minta maaf di plesetkan jdi orang yg brkeyakinan tinggi terhadap agamanyaπŸ˜‚πŸ˜†
    Kan KENTALπŸ‰πŸ‰

  • Tri Tanjung
    Tri Tanjung 9 hari yang lalu

    klo dengerin beliau tuh diajak berpikir cerdas bernalar baik pasti dapat ilmu baru tiap denger beliau

  • Raja Kdi
    Raja Kdi 9 hari yang lalu

    Tampan boyolali alias jomblo.... Tampan sotoloyo alias santun....

  • Brinda Juni Anjani
    Brinda Juni Anjani 9 hari yang lalu

    sontoloyo tu pro jokowi atau kontra jokowi

  • Muhammad Ghaza
    Muhammad Ghaza 10 hari yang lalu +1

    hebat

  • Efendi Cr7
    Efendi Cr7 10 hari yang lalu

    Kata2 "dungu" wkwkkwkw... Saya suka saya suka

  • Nengah lengkong
    Nengah lengkong 11 hari yang lalu

    Jangan jadi orang serakah. Kalau tidak mampu serahkan saja kepihak lain. Ada jutaan orang lebih mampu dari anda jadi presiden.

  • fadel devito
    fadel devito 11 hari yang lalu

    Pasar gelap kedunguan wkwkkkwkw

  • joyce fung
    joyce fung 11 hari yang lalu

    Saya kok kasihan sama yg dislike wkwkk

  • Zaki Al Khaifi
    Zaki Al Khaifi 12 hari yang lalu

    Budiman menggelikan

  • Bringaz Florez
    Bringaz Florez 12 hari yang lalu

    Lawan dong Rocky Gerung klo anda anggap pemerintah salah dlm melarang politik masuk kampus..!!!
    Kenapa anda cm jd tukang nyinyir..???
    Dasar Rocky Dungu..!!!

  • ANIME KITA
    ANIME KITA 12 hari yang lalu

    Aneh yaa. 2014 lalu kenapa gak pilih aja prabowo?. 2009 lalu kenapa tdk pilih dia juga? Kasian mngkin untuk ketiga kalinya gak terpilih 😁😁

  • Jamli Jen
    Jamli Jen 12 hari yang lalu +1

    ROCKY GERUNG CERDAS DAN MENCERDASKAN

  • i' am
    i' am 12 hari yang lalu

    Saya dukung prabowo sandi karena saya tahu pasangan no urut dua memprioritaskan ekonomi bangsa...
    Untuk itu saya memilih mereka...
    Karena jujur saja di rezim saat ini memang sulit rasanya mencari kerja... harga bbm pun naik saya juga sempat bingung awalnya dengan kenaikan bbm..
    Saya pun sedih melihat kawan2 saya mendapat pekerjaan yang tidak selayaknya untuk seorang lulusan sebuah institusi pendidikan yang baik..
    Harapan saya semoga pak prabowo dan pak sandi terpilih dan dapat melaksanakan janjinya tersebut...
    Amiin....
    Tolong Ya Allah Kabulkanlah Do'a kami agar pak prabowo dan pak sandi terpilih menjadi presiden dan wakil presiden negeri ini agar negeri ini dapat makmur dan sejahtera
    Amiin....
    #2019GP

  • Bobby Mokodongan
    Bobby Mokodongan 13 hari yang lalu

    Di ruang ini sangat jelas yg cerdas pak Rocky dan pendukung Jokowi pura2 ga tau kaya'' planga plongo,

  • Rahman Ali
    Rahman Ali 13 hari yang lalu

    Cebong2 yg dunggu emang bisa nya begitu prof, sudahlah emang segitu kwalitas mereka.

  • Sandy Hoky
    Sandy Hoky 13 hari yang lalu

    ini dia sebagian refrentasi anak bangsa yang berani mau berpikir dan mengkritik untuk membangun bangsa..
    karna kita negara demokrasi yang menganut kebebasan berpendapat yang di batasi aspek aspek hukam..
    jadi ketika pemerintahan mendapatkan sebuah kritik ...
    seharusnya bisa menerima dan memahami konteks isi dari kritik ini subjektif atau objektif... bukan menyangkal terus dan berdebat demi keegoisan dan membuang suatu unsur yang disampaikan..
    sehingga menimbulkan perdebatan tanpa solusi..
    terus lah lantang prof.rock..
    saya malu hanya bisa menonton tapi tdk bisa menyuarakan kritik..

  • Lukman Hakim
    Lukman Hakim 13 hari yang lalu

    Jika saya berposisi sebagai kritikus politik, maka saya akan berpendapat bahwa tidak sepatutnya kita selalu membahas mengenai satu kata yang kontroversi krn byk hal lain yang lebih patut utk diperbincangkan, krn yang dibahas mengenai masalah ini maka jika tampang boyolali diberi prngertian yang denotasi jelas suatu hal yang salah karena seorg tokoh besar adlah panutan utk masyarakat jadi setiap kata setiap tindakan selalu menjadi perhatian utk masyarakat, alangkah bijak untuk tidak menyertakan suatu kedaerahan, krn memicu isu primordial utk daerah yg lain, kemudian jika kata tampang boyolali diplintir sebagai makna konotasi maka lebih salah, berarti sudut pandang boyolali dapat dihubungkan dgn kata eksploitasi, pertama hal yg perlu sy ungkapkan bahwa tidak ada di dunia ini negara yang tidak membutuhkan negara yang lain, bhkan china dan rusia sekalipun, tidak ada negara yg benar2 independen, sesuai dgn politik kita srndiri yg diatur di pembukaan UUD ttg politik bebas aktif, jika kita menciptakan stigma menakut-nakuti maka akan semakin tertinggal masy kita, jika semakin menutup diri semakin terpuruk lah kita bisa dipastikan warisan utang yang lalu semakin banyak, sosial masy semakin mundur, krn ini lah era globalisasi menuntut sdm yang akan terus berkembang, jadi minimal lah jika sudah terjajah secara ekonomi minimal kita mulai berangsur tidak terjajah secara intelegensia

  • TK TAN - CHINESE 77
    TK TAN - CHINESE 77 14 hari yang lalu

    karni slalu bela kubu prabowo udh bengek kenapa gk tukar aja hosnya

  • hamdani sadli
    hamdani sadli 15 hari yang lalu

    perang elektabilitas bukan visi dan misi yang kongkrit

  • Edy Darmanto
    Edy Darmanto 15 hari yang lalu

    Mantap jiwa...pak Rocky

  • goyang bebas
    goyang bebas 17 hari yang lalu

    Sy dukung prabowo
    Yg se jln Subcribe dong

  • Teguh Hadiyanto
    Teguh Hadiyanto 18 hari yang lalu

    Rocky gerung benar2 orang pinter.salam 2jariπŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†

  • Rizky Galuh
    Rizky Galuh 19 hari yang lalu

    Pada ribut, dasar netizen negeara berkembang!!!!

  • Ainy 29
    Ainy 29 19 hari yang lalu

    Kalu bang Rocky Uda ngomong tu ruangan buat cebong terasa di open hahahaha... Panas rasa nya
    No Rocky no party

  • romantis selalu
    romantis selalu 19 hari yang lalu

    mantap cerdas bung rocky gerung cerdas. anda lugas piawai dimanis dan cakap menilai putih dan putihnya negri ini.. saya heran yg baju putih ubanan panas pantatnya tdk tenang dgr arqumen mu kawan

  • Wahyu Nasution
    Wahyu Nasution 20 hari yang lalu +2

    Pengen berguru sama bung Rocky nih...nuklir banget otaknya

  • Walet Alfa
    Walet Alfa 21 hari yang lalu

    Pelajaran filsafat dialektika ala Plato dan Aristoteles dalam ruang publik yang selama ini baru RG yang mengisinya. Mencerdaskan dan perlu untuk bangsa Indonesia yang cerdas dalam politik yang pedagogis.

  • Tono kun
    Tono kun 21 hari yang lalu +2

    Yang like lebih banyak dari yg gak like,,kemungkinan yang gak like ituuuu.....ΒΏ?
    Jawab ya wkwkwwk😁

    • Eka Kaka
      Eka Kaka 14 hari yang lalu

      Hahaha hahaha mantab

  • Herry Zar
    Herry Zar 21 hari yang lalu

    rocky gerung terbaik akal sehat

  • Apik Erwendi
    Apik Erwendi 21 hari yang lalu

    Pak rocky gerung the best

  • Muhamad Fahri
    Muhamad Fahri 22 hari yang lalu

    Fans ane proof roki gerung

  • Arifin Sadis
    Arifin Sadis 22 hari yang lalu

    rocki gerung emang mantap

  • Muhammad Habbib
    Muhammad Habbib 22 hari yang lalu

    Bung Rocky gerun sindirkah presiden dan menpan serta menteri keuangan tentang kami Pegawai Non K2 tidak diangkat-angkat menjadi PNS sudah 11 tahun kami tidak diangkat.

  • erika yuliani
    erika yuliani 22 hari yang lalu

    Kubu mbok kanjeung mamih hanya bisa mesem2 gak jelas....

  • M.Azril Guzhairon
    M.Azril Guzhairon 22 hari yang lalu

    Luar biasa RG πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

  • hendra riski fernandes
    hendra riski fernandes 22 hari yang lalu

    23 ribu Vs 2,4 Ribu 😁

  • sdm sdmkt
    sdm sdmkt 23 hari yang lalu

    kalau dapat yang diundang di ilc, iq cukup bisa menalar dan berfikir, sehingga suasana jadi hidup, pak karni tolong diblokir itu mulut yang menyerang ranah privat, malu kita melihat orang itu, dungu dan tak pantas di undang di ilc trimks

  • francessca fussco
    francessca fussco 23 hari yang lalu

    MARI UBAH KAMPUS MENJADI RUMAH POLITIK BARU. BIAR TIDAK ADA KECURANGAN.
    DAN PIHAK KETIGA YG MENILAI ADALAH ROCKY GERUNG SALAH SATUNYA. PASTI NEGERI INI AKAN TUMBUB DGN AKAL PIKIRAN YG BAIK.
    PAK KARNI TOLONG NIH DIUSULKAN. BAGI YG GA SETUJU BRARTI TIKUS BERDASI.

  • francessca fussco
    francessca fussco 23 hari yang lalu

    BANYAK YG DUDUK DI KURSI ILC GA SUKA ADANYA DIA.WHY?
    SEBAB OTAK NYA INTELEKTUAL. SMART PEOPLE...
    JADI PARA DUNGU IRI KATA2NYA TERLIHAT MURAHAN KETIKA ROCKY GERUNG BERBICARA.

  • TIARA USER MARKSMAN
    TIARA USER MARKSMAN 23 hari yang lalu

    Riview RG paling TOP di ilc #mantap #2019PrabowoSandi

  • CHOIR RUSFATI
    CHOIR RUSFATI 23 hari yang lalu

    Good point. RG. Thanks

  • prabowo #sandi
    prabowo #sandi 23 hari yang lalu

    Hewan apa ini .....

  • Wijaya Halim
    Wijaya Halim 23 hari yang lalu

    Inntinya jgn mudah tersinggung.

  • All the World's Evil
    All the World's Evil 23 hari yang lalu

    Gerung orba diam, skrg berani, regime?

  • Hafiz Mamaik
    Hafiz Mamaik 23 hari yang lalu

    2019 ganti presiden
    #norockynoparty

  • Hari Sudrajat
    Hari Sudrajat 23 hari yang lalu

    setelah di ILC ini kenal dan tau Mr.Rocky , setelah itu pula luas wawasan rasanya

  • Rifal Dhi
    Rifal Dhi 23 hari yang lalu

    Rocky gerung mantap

  • Hero Dian
    Hero Dian 24 hari yang lalu

    NARASI PEOPLE POWER idclips.com/video/1a9vFmv7W4o/video.html

  • Yusak Hidelilo
    Yusak Hidelilo 24 hari yang lalu

    Di video ini saya memuji RGπŸ‘πŸ‘

  • K Drama
    K Drama 24 hari yang lalu

    Kok jadi pengen mendalami politik ya... kemarin-kemarin acuh aja sama politik tapi semenjak denger prof Rocky jadi lebih banyak pengetahuan apalagi ilmu filsafat nya kereeeen

  • Shafee sanoesa
    Shafee sanoesa 25 hari yang lalu

    Saya seperti melihat para mahasiswa di dalam ruang kuliah, dengan seorang dosen yang menerangkan materi politik. Dan Dosennya itu Rocky Gerung.
    Hehe logikanya keren...

  • Hefna Wati
    Hefna Wati 25 hari yang lalu

    Kemarin kasih kuliah diatas gunung tertinggi. Sekarag kasih kuliah anggota DPR di ILC... hihihihi.
    Hebat dosennya.

  • DALIMEN DICKY NUGROHO
    DALIMEN DICKY NUGROHO 25 hari yang lalu

    Feodalisme adalah struktur pendelegasian kekuasaan sosiopolitik yang dijalankan kalangan bangsawan/ monarki untuk mengendalikan berbagai wilayah yang diklaimnya melalui kerja sama dengan pemimpin-pemimpin lokal sebagai mitra. Dalam pengertian yang asli, struktur ini disematkan oleh sejarawan pada sistem politik di Eropa pada Abad Pertengahan , yang menempatkan kalangan kesatria dan kelas bangsawan lainnya (vassal ) sebagai penguasa kawasan atau hak tertentu (disebut fief atau, dalam bahasa Latin , feodum) yang ditunjuk oleh monarki (biasanya raja atau lord ).

  • Abah Yayan
    Abah Yayan 25 hari yang lalu

    Kl bung Rocy sdh bicara di Ilc, santai tapi pas dan bisa buat lawan terkapar.

  • Meda Wati
    Meda Wati 25 hari yang lalu

    Saya orang biasa tapi kok ngerti tiap komentar pak rocky yah... N ga pakai tersinggung cuma ketawa... Cerdas pak...

  • Maya Ramadhany
    Maya Ramadhany 25 hari yang lalu

    keren. memang miris skrang, kta terlalu dsibukkan dg hal" dungunya dungu karna kata sontolyo dan tampang boyolali, smpai" kita lupa visi misi calon pemimpin kedepannya.

  • Sulaiman Aja
    Sulaiman Aja 25 hari yang lalu

    Abisss semua
    Ga ada yg bisa bantah
    Di dungu dunguinπŸ˜‚πŸ˜‚

  • Zulfikar Zero
    Zulfikar Zero 25 hari yang lalu

    "Pak jokowi" kelihatannya RG mulai merasa bersalah karena kritikannya 12:28

  • steve claren
    steve claren 25 hari yang lalu

    anak PKI kok di undang di kelas ILC ini,,,memalukan karni

  • bojeh simalanyay
    bojeh simalanyay 25 hari yang lalu

    Inilah seni dlm berargumen...sehingga akal sehat dan hati nurani yg mencerna...bukan emosi dan adu kekuatan yg menguasai...mantap bung rocky ...

  • al fatih
    al fatih 25 hari yang lalu

    Gw yakin yg pake peci jaket merah gk nangkap gk ngerti apa yg RG omongin. Planga plongo ky junjungannya

  • Kang Jey
    Kang Jey 25 hari yang lalu

    Sontoloyo itu adalah profesi bagi orang yg pekerjaannya mengangon (memelihara) bebek di sawah. Menggiring kesana kemari. Dan memindahkannya.

  • Kang Jey
    Kang Jey 25 hari yang lalu

    Jadi terkenal kan boyolali. Padahal tadinya kabupaten kecil. Kotanya juga kecil banget.

  • Padma Adi
    Padma Adi 26 hari yang lalu

    Pak rocky.....hebat!!!

  • Lise Jaya
    Lise Jaya 26 hari yang lalu

    Hidup rocky gerung.. Sangat suka dg cara berfikir rocky gerung

  • Miati 16
    Miati 16 26 hari yang lalu

    Saya mendukung mu rocky..maju terus ,buat tikus2 itu berhamburan

  • Heri Kiswanto
    Heri Kiswanto 26 hari yang lalu

    Saya dulu kurang suka nonton ILC tpi semenjak bung rocky sering ada di ILC saya selalu menanti ILC

  • Brian P
    Brian P 26 hari yang lalu

    Pasar gelap kedunguan 🀣

  • asemperot perot
    asemperot perot 27 hari yang lalu

    Kabar Bupati Boyolali gmana ya?

  • Nanang Suwito
    Nanang Suwito 27 hari yang lalu

    RG luar biasa

  • Asep Saripudin
    Asep Saripudin 27 hari yang lalu

    Gila rocky gerung.. Super cerdas!!!!

  • HERMAN SYAH
    HERMAN SYAH 27 hari yang lalu

    Gua paling enek ama yg pake jacket merah,

  • HELZA OKTARIA
    HELZA OKTARIA 27 hari yang lalu

    sibuk ngurusin boyolali vs sontoloyo, bukannya ngurusin negara. itu baru sontoloyo!! luar biasa pak rocky, maju terussss

  • Jubleg Halu
    Jubleg Halu 27 hari yang lalu

    Semua lg dikuliahin si abang Rocky..xixi keliatan bego bin dungu smua..salut bang..!

  • Rizal sipahutar
    Rizal sipahutar 27 hari yang lalu +21

    Asli gue kecanduan dengar bg rocky gerung...,smart....mudah untuk di pahami...

  • Nyoman Witana
    Nyoman Witana 27 hari yang lalu

    Black market of stupidity, betul kleee bung RG

  • Supar Yanto
    Supar Yanto 27 hari yang lalu

    ROCKY CERDAAAAAAAS ,beng karni bungrocky jadikan narsum tetap ilc biar faisal akbar
    antek pdi meradang

  • mizz yu
    mizz yu 28 hari yang lalu

    Ruar biasah mang abah rocky gerung nie... 😍😍😍

  • anak kampoeng Elusprasetyo
    anak kampoeng Elusprasetyo 28 hari yang lalu

    Seneng banget lihat bpak rocy gerung

  • ifransyah sanjaya
    ifransyah sanjaya 28 hari yang lalu

    Kt om rocky, kita tunggu 2019 bedebah jatuh hihihi

  • Mutiara Hati
    Mutiara Hati 28 hari yang lalu

    kayak rocky gerung baru bole masuk politik ,,,negara luarpun raspek
    Sehat ,,,