Maulid Nabi Bukan Bid'ah! Ini Landasan Dalilnya, Ustadz Abdul Somad

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 17 Nov 2018
  • Maulid Nabi Bukan Bid'ah! Ini Landasan Dalilnya, Ustadz Abdul Somad

Komentar • 143

  • Febri Yansyah
    Febri Yansyah 9 hari yang lalu +1

    Rasulullah ﷺ tidak merayakannya, para sahabat Radhiyallahu'Anhum tidak, tabi'in & atba'un-tabi'in dan 4 imam madzab tidak.. LALU KENAPA KALIAN LAKUKAN ? .. Wallahu'alam 😅

  • Fahmi Fadilah
    Fahmi Fadilah 3 bulan yang lalu +1

    Di kampung saya maulid setiap malam jumat di adakan alhamdulillah

  • Viora Risti
    Viora Risti 3 bulan yang lalu +4

    1.nabi tidak melakukan.2.sahabat juga tidak.3.tabiin juga tidak.4.imam madzab juga tidak....yang jadi pertanyaannya mengapa kita melakukanya?

    • Ikha Tohir
      Ikha Tohir 2 bulan yang lalu

      +Viora Risti maaf y yg bengkok itu jalan pegunungan jadi semua Islam lurus tinggal kmu Amaln yg mN KLO GX suka maulid y diam gmpg tooo yg suka maulid jg diamm gitu aja kokk repott org yg maulid aj belum tentu benar n masuk surga AP lagi yg GX maulid an biarkan tooo tohhhh manfaat bagi ndasmu amal kmu manfaat bagi kepala KMI amal kami luuu GX malu Ama bacotttt luuu bilang Islam itu lurus tapi bacotttt luuu bengkok Islam emang lurus mkny ddlm Islam GX d ajarin Sling menyalahkan orang lain KLO mau ceramah sana kgreja tuuu bilang ini org2 yg mau masuk Islam biar k.klompok waahabbbabi jgn luuu tarik KMI org KMI Islam dan kami jg PNY guruuuu Oy ktmu aj coba berani mbacotttt itu bisa bcA Arab gundul AP GX bisa nahwu Sharaf GX KLO GX berarti ente muridnya syech gogelll Al ngawuri

    • Viora Risti
      Viora Risti 3 bulan yang lalu

      jadi kalau kita terlalu mengambil fiqihnya....mungkin ribuan bid,ah akan dilakukan..Islam itu lurus saudaraku..

    • Marvelous channel
      Marvelous channel 3 bulan yang lalu

      Banyakin ngaji lagi sis. Coba lihat dr berbagai sudut pandang

    • Edwin Muhammadi
      Edwin Muhammadi 3 bulan yang lalu +1

      Viora Risti
      Karena masa kita hari ini sudah banyak yang tidak mengenal perjuangan nabi Muhammad Saw
      Klo masa dulu iman mereka kuat kuat

  • Alwi Ahmad
    Alwi Ahmad 3 bulan yang lalu +4

    Uas Gak tegas untuk agama takut di tinggal ummat ,sibuk cari dalil sampe dalil yg gk soheh di sebut2in

    • dani darianudin
      dani darianudin Bulan Yang lalu

      lo kalau ngga tau apa2 diem aja bego, berani2 nya fitnah uas

    • Ki ky
      Ki ky 2 bulan yang lalu

      simak lagi videonya, kalau tak suka uas jgn mencela, jgn membenci, silahkan tonton asal jangan ada yg mencela, kita tak sepintar beliau, kalau tak suka tak masalah, jgn nonton 1 video saja, jgn berguru kpd 1 org saja, jgn asl memvonis seseorang,
      maaf
      wa llahu a'lam

    • Ki ky
      Ki ky 2 bulan yang lalu

      alwi, kalau ndk tau apa apa diam saja, elu siapa bung. otak lu ndk sebanding sama uas kenapa saya sewot, saya sedikit kurng suka dgn tulisan anda, coba lihat dan tonton ceramah ustdz yahya waloni apa tanggapan beliau ketika ada yg mencelas ustad abdul somad.
      maaf bila salah katam
      wa llahu a'lam

    • abu khaira
      abu khaira 3 bulan yang lalu

      Mmg ustadz ini takut di tinggal followers jd make hadist yg tidak shahih...

    • fahmi u
      fahmi u 3 bulan yang lalu

      wah parah anda om. bisa2 nya fitnah uas gitu? anda tau Dr mana uas seburuk yg sperti ada bilang?

  • يوليانا سونوسي
    يوليانا سونوسي 3 bulan yang lalu

    Alhamdulillah komplit penjelasannya,,, dari Makassar nyimak terus tauziah dari UAS ,,, salam Ukhuwah

  • Haji Sugianto
    Haji Sugianto 3 bulan yang lalu

    aku suka maulid

  • bima rahmadi
    bima rahmadi 4 bulan yang lalu +3

    bagi saya yang mau maulidan ya gpp yg gak ya gpp yg pting jgn saling menjelekan ingat kita saudara,,,,
    amin dan aman
    amin : aman sampeyan maulidan atau yasinan
    aman : iya, mang kenapa
    amin : sampeyan ngaji sama siapa
    aman : ama ustadz amon
    amin : oooo ya dah istiqomah ya ngajinya
    aman : ok, lha sampeyan gak maulidan/yasinan
    amin : kata ustadz ku gak ada dalilnya
    aman : mang ngaji sama siapa
    amin : ngaji ama ustadz amun
    aman : oooo ya dah, yg pting sama2 istiqomah lah.....
    amin : yoi man gpp kita kan sodara beda pendapat soal biasa
    aman : yohi min berpelukan dulu donk min biar gak war, gak spt diluar sono pengenya bener sendiri saling nyalahin pdhl masih dlm satu payung ISLAM!!!

  • rofi
    rofi 4 bulan yang lalu +4

    para sahabat Nabi mendengar ayat quran itu, mendengar hadits itu, tapi tidak menjadikannya sebagai dalil maulidan.
    apakah ustadz Abdul Somad lebih memahami quran dan hadits daripada para sahabat Nabi?

    • Em Nurcholis
      Em Nurcholis 2 bulan yang lalu

      +Para Pejalan alhamdulillah pencerahan,, oya ad satu lagi ni yg biasa di bilang bidah membaca qunut di sholat subuh gman?? bknnya sholat subuh itu ibadah ya?? mohon pencerahannya

    • rofi
      rofi 2 bulan yang lalu

      +Ikha Tohir
      👍

    • Ikha Tohir
      Ikha Tohir 2 bulan yang lalu

      +rofi y sudah GX usah pada ribut manfaat bagi Klian Amal Klian manfaat bagi kami amal kmi yg pntg jgn suka menyalahkan orang lain Krn itu BKN tujuan diciptakannya manusia dbumi utx menilai dan menghakimi org laennn anda n saya belum tentu benar jdi mari Brendan hatilh

    • Ikha Tohir
      Ikha Tohir 2 bulan yang lalu

      +rofi y sudah lahhh yg jelas anda belum tentu benar q pun jg belum tentu benar jdi biarkan org mau Amal yg bagaimana itu urusan mereka toh manfaat bagi kami amal kmi manfaat bagi Klian amal Klian jdi yg pntg jdi manusia itu rendah hati n jgn pernah mnylhkn siapapun krn kita diciptakan BKN utx menjadi penilai org laennn yg ptg damai NU sampai mati NKRI harga mati salm damai Pekalongan

    • rofi
      rofi 2 bulan yang lalu

      +Ikha Tohir
      Ustadz Firanda : "Kalo kita katakan ini bid'ah, ini kufur, ini syirik, maka ini adalah hak kita menjelaskan kepada umat. Tapi kita tidak boleh gegabah mengatakan si Fulan ahlul bid'ah, si Fulan kafir, si Fulan musyrik."
      Al-Albani : "Orang yang terjatuh dalam kebid'ahan, tidak serta merta kebid'ahan (vonis ahli bid'ah) jatuh kepadanya. Orang yang terjatuh dalam kekufuran, tidak serta merta kekafiran (vonis kafir) jatuh padanya."

  • Eti Sumarna
    Eti Sumarna 4 bulan yang lalu +1

    Alhamdulillah dpt ilmu trs..smg pk uas sht trs dn sllu istikomah

  • calon sarjana
    calon sarjana 4 bulan yang lalu +1

    Ustazd jadi presiden Indonesia is the best....

    • SUB INDO
      SUB INDO 4 bulan yang lalu

      Nggak setuju, nanti malah nggk sempat ceramah lagi, bakalan kehilangan penceramah hebat kita

  • bonny chandra
    bonny chandra 4 bulan yang lalu +1

    Penjelasan peringatan Maulid Nabi telah dijelaskan oleh presiden RI 1 Soekarno tahun 50an...jauh sebelum ada pro dan kontra pada saat ini boleh di lihat di youtube sambutan presiden Soekarno ttg Mauli Nabi..

  • sammy issem
    sammy issem 4 bulan yang lalu +2

    Pembenci maulid bingung mencari bantah bgmn... Pasti nyimak saja.

  • Safila Imut
    Safila Imut 4 bulan yang lalu +1

    alhamdulillah dari taiwan nyimak

  • Fauzi Ferdiansyah
    Fauzi Ferdiansyah 4 bulan yang lalu +1

    Jazakallah USTASZ panutanqu

  • shelfian dumas primadi Primadi
    shelfian dumas primadi Primadi 4 bulan yang lalu +6

    MAULIDAN YUK...
    Tujuannya : mensyukuri nikmat yang sangat agung, yaitu hari kelahiran Nabi shallallahu 'alaihi wasallam
    Waktunya : setiap pekan
    Caranya : dengan berpuasa sunnah setiap senin.
    Dalilnya : Nabi shallallahu 'alaihi wasallam ditanya tentang puasa sunnah hari senin, beliau berkata :
    ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ
    "Itu adalah hari aku dilahirkan" (HR. Muslim. No. 1162)
    “dzalika yauma wulidtu fihi” (itu adalah hari aku dilahirkan)
    Bukan hanya setahun sekali dengan acara makan-makan

    • Fauzan Alba
      Fauzan Alba 3 bulan yang lalu

      d mesjid sy n byk mesjid lain baca sholawatan..bkn hy se tahun se kali..tp tiap hr...arti y mempirangati maulid bs kpn saja..
      dulu jg sahabat membuat syair buat nabi..nabi tdk melarang y..malah nabi memberi hadiah kpd sahabat tsbt

  • RACHMAN al-afghani
    RACHMAN al-afghani 4 bulan yang lalu +1

    🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏

  • Indah Cell
    Indah Cell 4 bulan yang lalu +3

    Ya beda, puasa as syura sunnah, maulid gk pernah di rayakan sahabat yakni sebaik2 manusia.

    • Marco Xyz
      Marco Xyz 3 bulan yang lalu

      +Zulvikar Aliassegaf si wahbi itu umumnya ngerti dalil kok bhw sumber hukum dlm islam itu bukn cuman quran/hadis tp ada qiyas dan ijma' makanya klo jaman nabi zakat makanan pokok setempat adl gandum/kurma maka ulama mengqiyaskan zakat makanan pokok setempat utk org2 yg gak makan gandum apa ...

    • Zulvikar Aliassegaf
      Zulvikar Aliassegaf 3 bulan yang lalu

      Si wahbi dalam diam zakat pakai beras,,padahal zaman nabi,dan sahabat gak ada pakai beras,bid'ah antum...

    • bima rahmadi
      bima rahmadi 4 bulan yang lalu +2

      heh gak boleh gitu,
      yg maulid ya silahkan karna dia punya dalil, yg gak maulid ya silahkan krn dia jg punya landasan,,,,
      gak usah pusing intinya kita itu saudara yg gak bner itu yg pas maulid malah mabok2an, ke bar, ke prostitusi, judi,,,,

    • Agus Zaenul Fitri
      Agus Zaenul Fitri 4 bulan yang lalu +1

      Walaupun dikerjakan sahabat kamu juga ga bakal mangerjakan, shalat tarawih 20 rakaat dikerjakan umar, usman, ali. 4 madzhab sepakat, tp kamu bilang bid'ah lagi.
      Maulid nabi, itu tarik spiritnya dakwah dan dlm rangka mengingat perjuangan nabi.
      Klo kita ulang tahun kita saja kita rayakan dg sedekah dan doa, apalagi kelahiran org yg paling mulia.

    • wiyan mp
      wiyan mp 4 bulan yang lalu +1

      Nabi ﷺ tidak pernah merayakan hari kelahirannya. Tidak pula dirayakan oleh Abu Bakr, Umar, Ustman, Ali serta para sahabat mulia yang lain -semoga Allah meridohi mereka semua-. Tidak pula dirayakan oleh para Tabi'in (orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik) sampai hari kiamat. Demikian juga oleh pengikutnya para Tabi'in serta ulama kaum muslimin. Hanya saja mulai muncul perayaan maulid Nabi ﷺ di pertengahan abad ke 4, yaitu tiga ratus tahun setelah hijrahnya Nabi ﷺ.
      Barakallahu Fikkum

  • Jack Joe
    Jack Joe 4 bulan yang lalu +3

    Semoga sehat selalu ustadz Abdul Somad..

  • Aldo El Barca
    Aldo El Barca 4 bulan yang lalu +2

    luar biasa ..terimakasih ustad

  • Dinar ajja Dinar
    Dinar ajja Dinar 4 bulan yang lalu +3

    Pak ustadz sy minta doa y ..putra dn putri sy biar pd sehat .rejeki saya terbuka dan barokah 🤲

  • Asal asal Ajaa
    Asal asal Ajaa 4 bulan yang lalu +1

    Subhanwloh kapan saya bisa jabatan tangan dengan tuan guru UAS LC.MA....lmpung hadirrrrrr

  • Saddam Aditya
    Saddam Aditya 4 bulan yang lalu +5

    Terima lasih atas tausiahnya UAS smoga bermanfaat bagi seluruh umat islam... aamin

  • Dende aja deh
    Dende aja deh 4 bulan yang lalu +4

    Allahu Akbar...sangat jelas penjelasan Tuan Guru, Allahumasholli 'Alaa Syaidinaa Muhammad...

  • jokry purnomo
    jokry purnomo 4 bulan yang lalu +3

    Assalammualaikum , hadir pak ustadz semoga pak UAS selalu diberikan kesehatan jasmani dan rohani amin ya rabbal allamin..

  • jasmin jasmin nu
    jasmin jasmin nu 4 bulan yang lalu +9

    Aku dulu paling seneng maulid nabi
    Mak saya bikin rames buatku di bawa kesekolahan asiik tukaran lauk ma teman

    • yodi
      yodi 3 bulan yang lalu

      sama gan smpe sekarang masih aku kira daerahku doang
      kata guru sekolah dulu
      -mengajarkan saling berbagi
      -silaturrahmi yg tiada putus

    • Alwi Ahmad
      Alwi Ahmad 3 bulan yang lalu

      Klo cuma mau tuker makan mah di acara sunatan loe kecil aja bisa

  • Tia Tia
    Tia Tia 4 bulan yang lalu +4

    asalamualaikum ,,sampit nyimak...

  • Nure Nuran
    Nure Nuran 4 bulan yang lalu +3

    UAE hadir nyimk

  • Yuni Tailor
    Yuni Tailor 4 bulan yang lalu +4

    ALHAMDULILLAH BARAKAULLOH

  • amin udin
    amin udin 4 bulan yang lalu +19

    tuan guru jadi panutan kita. kalau saya lebih percaya uas dr pada yg lain cara penysmpaian y. semua dalil n hadis ada di otak y.trmksi tuan guru.aminn

  • KISI HERI SAPUTRA
    KISI HERI SAPUTRA 4 bulan yang lalu +4

    Betul itu UAS 🙏🙏🙏 salam takzim sy buat tuan guru UAS...