Maulid Nabi Bukan Bid'ah! Ini Landasan Dalilnya, Ustadz Abdul Somad

Bagikan
Sematkan

Komentar • 111

  • Viora Risti
    Viora Risti 10 hari yang lalu +4

    1.nabi tidak melakukan.2.sahabat juga tidak.3.tabiin juga tidak.4.imam madzab juga tidak....yang jadi pertanyaannya mengapa kita melakukanya?

    • Edwin Muhammadi
      Edwin Muhammadi 2 hari yang lalu

      Viora Risti
      Karena masa kita hari ini sudah banyak yang tidak mengenal perjuangan nabi Muhammad Saw
      Klo masa dulu iman mereka kuat kuat

  • Bosh Arshaka
    Bosh Arshaka 17 hari yang lalu +1

    Maulid nabi adalah contoh bid'ah.

    • Bosh Arshaka
      Bosh Arshaka 7 hari yang lalu

      +Aguz Ahmad cinta nabi bukan berarti harus melakukan maulid nabi, cukup dengan mengikuti sunnah sunnah nya... Itu baru namanya cinta nabi.... Agama islam itu sudah disempurnakan sebelum nabi meninggal, jadi ga perlu ada tambahan tambahan ibadah lain nya lagi

    • Bosh Arshaka
      Bosh Arshaka 7 hari yang lalu

      +Aguz Ahmad ada yang bisa pastikan kelahiran nabi di 12 robiul awal???
      Kalau wafat nya nabi sudah pasti di 12 robiul awal..
      Jadi antum merayakan kelahiran atau wafat nya nabi?

    • Bosh Arshaka
      Bosh Arshaka 7 hari yang lalu

      +Aguz Ahmad bagaimana dengan sahabat? Apakah sahabat nggak cinta nabi?
      Soal nya mereka nggak merayakan maulid nabi???????

    • Aguz Ahmad
      Aguz Ahmad 7 hari yang lalu

      Antum tidak mengerjakan tidak apa² antuk mengerjakan bagus karena didalamnya dapat menambah ilmu dan wawasan

    • Aguz Ahmad
      Aguz Ahmad 7 hari yang lalu

      Abu Lahab saja yg dijamin masuk neraka bergembira dan senang ketika kelahiran Nabi muhammad dan setiap hari senin Allah ringankan azab siksaannya di neraka karena ia bergembira dan senang menyambut kelahiran nabi muhammad

  • Alwi Ahmad
    Alwi Ahmad 17 hari yang lalu +4

    Uas Gak tegas untuk agama takut di tinggal ummat ,sibuk cari dalil sampe dalil yg gk soheh di sebut2in

    • Dakwah Salaf
      Dakwah Salaf 3 hari yang lalu

      Mmg ustadz ini takut di tinggal followers jd make hadist yg tidak shahih...

    • fahmi u
      fahmi u 7 hari yang lalu

      wah parah anda om. bisa2 nya fitnah uas gitu? anda tau Dr mana uas seburuk yg sperti ada bilang?

    • Fauzan Alba
      Fauzan Alba 14 hari yang lalu

      "hakikat bid'ah..
      d ulas scr fair dr berbagai pandangan ulama..tmsk ulam2 Arab saudi..
      yuk buka wawasan kita tentang bahasan bid'ah..agar kita smakin bijak
      idclips.com/video/CbokuYUp0Gc/video.html

  • yuliana sunusi
    yuliana sunusi 20 hari yang lalu

    Alhamdulillah komplit penjelasannya,,, dari Makassar nyimak terus tauziah dari UAS ,,, salam Ukhuwah

  • Haji Sugianto
    Haji Sugianto 20 hari yang lalu

    aku suka maulid

  • bima rahmadi
    bima rahmadi 21 hari yang lalu +1

    bagi saya yang mau maulidan ya gpp yg gak ya gpp yg pting jgn saling menjelekan ingat kita saudara,,,,
    amin dan aman
    amin : aman sampeyan maulidan atau yasinan
    aman : iya, mang kenapa
    amin : sampeyan ngaji sama siapa
    aman : ama ustadz amon
    amin : oooo ya dah istiqomah ya ngajinya
    aman : ok, lha sampeyan gak maulidan/yasinan
    amin : kata ustadz ku gak ada dalilnya
    aman : mang ngaji sama siapa
    amin : ngaji ama ustadz amun
    aman : oooo ya dah, yg pting sama2 istiqomah lah.....
    amin : yoi man gpp kita kan sodara beda pendapat soal biasa
    aman : yohi min berpelukan dulu donk min biar gak war, gak spt diluar sono pengenya bener sendiri saling nyalahin pdhl masih dlm satu payung ISLAM!!!

  • rofi
    rofi 21 hari yang lalu +3

    para sahabat Nabi mendengar ayat quran itu, mendengar hadits itu, tapi tidak menjadikannya sebagai dalil maulidan.
    apakah ustadz Abdul Somad lebih memahami quran dan hadits daripada para sahabat Nabi?

    • rofi
      rofi 6 hari yang lalu

      +El Che
      nih buat bahan belajar. ini perkataan Al-Baijuri ulama Asya'iroh mutaakhirin dalam kitabnya Hasyiah Al-Imam Al-Baijuri 'ala Jauharot Tauhid yang membagi tauhid.
      والمراد منها هنا : وحدة الذات و الصفات, بمعنى عدم النظير فيهما ,و اما وحدة الذات عدم التركب من اجزاء, فسبقت في المخالفة للحوادث, ووحدة الصفات بمعنى عدم تعددها من جنس و احد كقدراتين فاكثر وعلمين فاكثر وهكذا

    • El Che
      El Che 6 hari yang lalu

      +rofi ente kadzab, mana ada pembagian tawhid dari Asyairiah sprti wahabi... tri tawhid itu hanya ada dimasa abdul wahab kl bnar prlu dibagi, sudh slayaknya Nabi SAW sndiri yg mengokohkan teologi aqidah tri tawhid atau stidaknya sahabat ra yg mengokohkan, atau tabiin atau tabiut tabiin... Ahh. Sudahlah, lucu sj ente brlagak kaku tp sbenarnya wahabi sndiri melakukan hal2 baru dimasanya.. Lg pula siapa yg berhak menunggalkan pemahaman akan al quran dn hadits dalam Islam.. Islam tidk mngenal sistem gereja yg hnya memiliki 1 otoritas teologi, atau ente kaku2 gini dalam upaya bertasyabuh..??

    • rofi
      rofi 6 hari yang lalu

      +El Che
      pembagian tauhid oleh Muhammad bin Abdul Wahhab itu hanyalah rumusannya saja. tapi pada hakikatnya, tauhid itu memang ada 3.
      sama seperti pembagian bahasa arab menjadi 3 : nahwu, shorof & tashrif. ini hanya sekedar perumusannya. tapi pada hakikatnya bahasa arab dari dulu yang memang seperti itu.
      lagipula, ulama asy'ariyah juga membagi tauhid. sufi juga membagi.

    • El Che
      El Che 6 hari yang lalu

      +rofi dalam urusan agama kayak apa.. Ente pikir pembagian tawhid ala wahabi itu bukan urusan agama apa..?? Itu bid'ah parah.. Nabi SAW, sahabat ra tidk prnah mnyatakan pembagian tri tawhid..
      Dibilang ente itu nanggung kakunya makanya jadinya al kadzab..

    • rofi
      rofi 6 hari yang lalu

      +El Che
      belajar lagi yah.
      bid'ah dalam urusan agama/syariat itu semuanya sesat.
      kalo bid'ah dalam urusan dunia/bahasa itu bisa sesat dan bisa juga baik.

  • Eti Sumarna
    Eti Sumarna 22 hari yang lalu +1

    Alhamdulillah dpt ilmu trs..smg pk uas sht trs dn sllu istikomah

  • calon sarjana
    calon sarjana 22 hari yang lalu +1

    Ustazd jadi presiden Indonesia is the best....

    • Rio Gervianto
      Rio Gervianto 21 hari yang lalu

      Nggak setuju, nanti malah nggk sempat ceramah lagi, bakalan kehilangan penceramah hebat kita

  • bonny chandra
    bonny chandra 22 hari yang lalu +1

    Penjelasan peringatan Maulid Nabi telah dijelaskan oleh presiden RI 1 Soekarno tahun 50an...jauh sebelum ada pro dan kontra pada saat ini boleh di lihat di youtube sambutan presiden Soekarno ttg Mauli Nabi..

  • syamsul laremba
    syamsul laremba 22 hari yang lalu +1

    Pembenci maulid bingung mencari bantah bgmn... Pasti nyimak saja.

  • Safila Imut
    Safila Imut 23 hari yang lalu +1

    alhamdulillah dari taiwan nyimak

  • Fauzi Ferdiansyah
    Fauzi Ferdiansyah 23 hari yang lalu +1

    Jazakallah USTASZ panutanqu

  • shelfian dumas primadi Primadi
    shelfian dumas primadi Primadi 23 hari yang lalu +6

    MAULIDAN YUK...
    Tujuannya : mensyukuri nikmat yang sangat agung, yaitu hari kelahiran Nabi shallallahu 'alaihi wasallam
    Waktunya : setiap pekan
    Caranya : dengan berpuasa sunnah setiap senin.
    Dalilnya : Nabi shallallahu 'alaihi wasallam ditanya tentang puasa sunnah hari senin, beliau berkata :
    ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ
    "Itu adalah hari aku dilahirkan" (HR. Muslim. No. 1162)
    “dzalika yauma wulidtu fihi” (itu adalah hari aku dilahirkan)
    Bukan hanya setahun sekali dengan acara makan-makan

    • Fauzan Alba
      Fauzan Alba 14 hari yang lalu

      d mesjid sy n byk mesjid lain baca sholawatan..bkn hy se tahun se kali..tp tiap hr...arti y mempirangati maulid bs kpn saja..
      dulu jg sahabat membuat syair buat nabi..nabi tdk melarang y..malah nabi memberi hadiah kpd sahabat tsbt

  • RACHMAN al-afghani
    RACHMAN al-afghani 24 hari yang lalu +1

    🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏

  • Indah Cell
    Indah Cell 24 hari yang lalu +3

    Ya beda, puasa as syura sunnah, maulid gk pernah di rayakan sahabat yakni sebaik2 manusia.

    • Marco Xyz
      Marco Xyz 15 hari yang lalu

      +Zulvikar Aliassegaf si wahbi itu umumnya ngerti dalil kok bhw sumber hukum dlm islam itu bukn cuman quran/hadis tp ada qiyas dan ijma' makanya klo jaman nabi zakat makanan pokok setempat adl gandum/kurma maka ulama mengqiyaskan zakat makanan pokok setempat utk org2 yg gak makan gandum apa ...

    • Zulvikar Aliassegaf
      Zulvikar Aliassegaf 19 hari yang lalu

      Si wahbi dalam diam zakat pakai beras,,padahal zaman nabi,dan sahabat gak ada pakai beras,bid'ah antum...

    • bima rahmadi
      bima rahmadi 21 hari yang lalu

      heh gak boleh gitu,
      yg maulid ya silahkan karna dia punya dalil, yg gak maulid ya silahkan krn dia jg punya landasan,,,,
      gak usah pusing intinya kita itu saudara yg gak bner itu yg pas maulid malah mabok2an, ke bar, ke prostitusi, judi,,,,

    • Agus Zaenul Fitri
      Agus Zaenul Fitri 21 hari yang lalu +1

      Walaupun dikerjakan sahabat kamu juga ga bakal mangerjakan, shalat tarawih 20 rakaat dikerjakan umar, usman, ali. 4 madzhab sepakat, tp kamu bilang bid'ah lagi.
      Maulid nabi, itu tarik spiritnya dakwah dan dlm rangka mengingat perjuangan nabi.
      Klo kita ulang tahun kita saja kita rayakan dg sedekah dan doa, apalagi kelahiran org yg paling mulia.

    • wiyan mp
      wiyan mp 22 hari yang lalu +1

      Nabi ﷺ tidak pernah merayakan hari kelahirannya. Tidak pula dirayakan oleh Abu Bakr, Umar, Ustman, Ali serta para sahabat mulia yang lain -semoga Allah meridohi mereka semua-. Tidak pula dirayakan oleh para Tabi'in (orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik) sampai hari kiamat. Demikian juga oleh pengikutnya para Tabi'in serta ulama kaum muslimin. Hanya saja mulai muncul perayaan maulid Nabi ﷺ di pertengahan abad ke 4, yaitu tiga ratus tahun setelah hijrahnya Nabi ﷺ.
      Barakallahu Fikkum

  • Jack Joe
    Jack Joe 24 hari yang lalu +3

    Semoga sehat selalu ustadz Abdul Somad..

  • Aldo El Barca
    Aldo El Barca 24 hari yang lalu +2

    luar biasa ..terimakasih ustad

  • Dinar ajja Dinar
    Dinar ajja Dinar 25 hari yang lalu +3

    Pak ustadz sy minta doa y ..putra dn putri sy biar pd sehat .rejeki saya terbuka dan barokah 🤲

  • Asal asal Ajaa
    Asal asal Ajaa 25 hari yang lalu +1

    Subhanwloh kapan saya bisa jabatan tangan dengan tuan guru UAS LC.MA....lmpung hadirrrrrr

  • Saddam Aditya
    Saddam Aditya 25 hari yang lalu +5

    Terima lasih atas tausiahnya UAS smoga bermanfaat bagi seluruh umat islam... aamin

  • Dende aja deh
    Dende aja deh 25 hari yang lalu +4

    Allahu Akbar...sangat jelas penjelasan Tuan Guru, Allahumasholli 'Alaa Syaidinaa Muhammad...

  • jokry purnomo
    jokry purnomo 25 hari yang lalu +3

    Assalammualaikum , hadir pak ustadz semoga pak UAS selalu diberikan kesehatan jasmani dan rohani amin ya rabbal allamin..

  • jasmin jasmin nu
    jasmin jasmin nu 25 hari yang lalu +8

    Aku dulu paling seneng maulid nabi
    Mak saya bikin rames buatku di bawa kesekolahan asiik tukaran lauk ma teman

    • yodi
      yodi 16 hari yang lalu

      sama gan smpe sekarang masih aku kira daerahku doang
      kata guru sekolah dulu
      -mengajarkan saling berbagi
      -silaturrahmi yg tiada putus

    • Alwi Ahmad
      Alwi Ahmad 17 hari yang lalu

      Klo cuma mau tuker makan mah di acara sunatan loe kecil aja bisa

  • Tia Tia
    Tia Tia 25 hari yang lalu +4

    asalamualaikum ,,sampit nyimak...

  • Nure Nuran
    Nure Nuran 25 hari yang lalu +3

    UAE hadir nyimk

  • Yuni Tailor
    Yuni Tailor 25 hari yang lalu +4

    ALHAMDULILLAH BARAKAULLOH

  • Galaxy J3proo
    Galaxy J3proo 25 hari yang lalu +19

    tuan guru jadi panutan kita. kalau saya lebih percaya uas dr pada yg lain cara penysmpaian y. semua dalil n hadis ada di otak y.trmksi tuan guru.aminn

  • KISI HERI SAPUTRA
    KISI HERI SAPUTRA 25 hari yang lalu +4

    Betul itu UAS 🙏🙏🙏 salam takzim sy buat tuan guru UAS...