Tap to unmute

China Tuntut Indonesia Stop Pengeboran Migas, Begini Kronologi Konflik di Laut Natuna

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 3 Des 2021
  • Konflik Natuna kembali memanas usai China menuntut Indonesia untuk menyetop pengeboran minyak dan gas alam, karena mereka mengklaim wilayah itu adalah miliknya.
    Pasalnya, Indonesia dengan tegas sudah mengatakan bahwa ujung selatan Laut China Selatan merupakan zona ekonomi eksklusif milik RI di bawah Konvensi PBB tentang Hukum Laut.
    Hingga pada 2017, wilayah tersebut dinamai Laut Natuna Utara.
    Lantas, bagaimana awal mula konflik itu terjadi?
    Simak informasi selengkapnya dalam video berikut.
    Penulis: Aditya Jaya Iswara
    Penulis naskah: Alexandra Birgitta Anandaputri
    Narator: Alexandra Birgitta Anandaputri
    Video editor: Dina Rahmawati
    Produser: Sherly Puspita

Komentar • 1 140

  • Kompas.com
    Kompas.com  9 bulan yang lalu +8

    Artikel terkait:
    www.kompas.com/global/read/2021/12/04/070338470/kronologi-konflik-di-laut-natuna-china-tuntut-indonesia-setop-pengeboran
    Media sosial Kompas.com:
    Facebook: facebook.com/KOMPAScom/
    Instagram: instagram.com/kompascom/
    Twitter: twitter.com/kompascom
    LINE: line.me/ti/p/@kompas.com
    TikTok: tiktok.com/@kompascom

    • Bluejins
      Bluejins 13 hari yang lalu

      Ini keren nih analisinya! Kepentingan China-Malaysia di Natuna idclips.com/video/iQU16HXqy-8/video.html

    • Bambang W
      Bambang W 9 bulan yang lalu +1

      Dasar ngak tau malu,

    • Muna 1234
      Muna 1234 9 bulan yang lalu

      a

    • Redmi Rx
      Redmi Rx 9 bulan yang lalu +2

      Jangan mau digertak cina NATUNA ADALAH Milik NKRI.

    • Sukirman Samsung
      Sukirman Samsung 9 bulan yang lalu

      B

  • Muhammad Najmi
    Muhammad Najmi 9 bulan yang lalu +21

    China harus tunduk pada Hukum Internasional!!. Jangan suka2 terhadap Negara Tetangga!!..

  • Mamah Teli
    Mamah Teli 9 bulan yang lalu +18

    Indonesia harus tetap menjaga kedaulatan NKRI sedikit pun Indonesia jgn mau di negosiasi oleh negara manapun. NKRI harga mati

  • Wahyu Masna
    Wahyu Masna 9 bulan yang lalu +20

    Indonesia harus mengambil sikap yang jelas dan tegas masalah natuna, jika tidak akan diremehkan negara lain terutama cina

    • main alfa Rezi
      main alfa Rezi 7 bulan yang lalu

      Kenapa ga kadi aja yakan bang,dri pda nnti diserang indo lngsung rata diserang china

  • Husen Sudarto
    Husen Sudarto 9 bulan yang lalu +44

    Jangan pernah berhenti pengeboran. Itu wilayah Indonesia. NKRI harga mati. ❤️❤️❤️👍👍👍

    • Ranih Ranih
      Ranih Ranih 5 bulan yang lalu

      Kaingatok kuase dak jahe dak daerah kepulauwan natuna.bae pait bajalatmeh.nyannyud nagare dak ngaso daerahkoh
      .ge gat Tuhan Yesus kaimahesaribu tantare
      Ngajage tanapait KAI Indonesia.

    • Ranih Ranih
      Ranih Ranih 5 bulan yang lalu +1

      Tenang nanti kalo negara luar mengklem wilayah itu kita doakan agar kekuwatan bintang fajar pengharapan yg bertindak
      Pedang pelangi.bsjalatmeh.@@@.*******

    • Ranih Ranih
      Ranih Ranih 5 bulan yang lalu +1

      Supardi Lujat
      Tetap pertahankan kepulauwan Natuna
      Karna itu wilayah negara Indonesia. Karna kita di pihak yg benar.patahkan kekuwatan hitam dinatuna.@@@.*******
      IMANUWEL

  • indri Indri
    indri Indri 9 bulan yang lalu +31

    Salam dari masyarakat kecil untuk TNI dan polri selamat berjuang menjaga NKRI jangan biarkan pihak asing berbuat semaunya rakyat siap mem bela jika dimungkinkan NKRI hargamati

    • Bluejins
      Bluejins 13 hari yang lalu

      Ini keren nih analisinya! Kepentingan China-Malaysia di Natuna idclips.com/video/iQU16HXqy-8/video.html

    • Nurlaila Oppo
      Nurlaila Oppo 5 bulan yang lalu

      Laut Natuna utara Masuk wliayah perairan indonesia.cina melihat indonesia semakin lebih Maju ingin menghalangi negara RI dgn maksud tdk ingin indonesia lebih Maju dari negara mereka

    • Nurlaila Oppo
      Nurlaila Oppo 5 bulan yang lalu

      Jika Negara itu melakukan sesuatu yg mwlanggar dari perjanjian wilayah RI dan indonesia pasti akan ada dampak yg berat untuk Negara itu

    • Nurlaila Oppo
      Nurlaila Oppo 5 bulan yang lalu

      👍👍👍

  • +@π¶@ π@m@
    +@π¶@ π@m@ 9 bulan yang lalu +35

    Mangkanya untuk para pejabat jgn mikirin untuk korup terus, harus nya sadar yg pnya fikiran jelek jahat..fikir kn lh untuk membangun dan menjaga negeri ini dari pihak negara asing.. seandainya masalah claim China itu terjadi sesuatu yg misalkan tdak kita ingin kn bagaimana.??
    Pasti rakyat jg ikut merasakan kepahitan, pasti bersama rakyat jg bersatu & berjuang mempertahankan negeri kita ini, cb dri pada dikorupsi uang2 negara lbh baik untuk menciptakan/ membeli alutsista negara kita,untuk menjaga kedaulatan NKRI..TNI POLRI & RAKYAT psti berjuang bersama, jgn mikir kn untuk isi perut sndiri dgn cara yg slh..mngkin China berani bersikap seperti itu,krna sdah tau para pejabat negeri ini sperti apa, smoga China mengurung kn sikap nya,agar sadar krna itu adalah laut ZEE Indonesia...smoga orang Indonesia jgn mau & mudah di adu domba oleh negara asing.. pertahankan seluruh wilayah negara kita Indonesia..

    • Daeng Manye
      Daeng Manye 4 bulan yang lalu

      Banyak kok yg jadi badut RRC dinegeri ini makanya mereka merasa lebih diuntungkan

    • Rohadi Surya
      Rohadi Surya 5 bulan yang lalu

      Betul

    • Radiono 71
      Radiono 71 9 bulan yang lalu +1

      Tangkap gantung pejabat tinggi jongos komunis china...

    • RONI 123
      RONI 123 9 bulan yang lalu +1

      Jika sudah mendarah daging korupsi nya susah om🤣

    • Ato Suparto
      Ato Suparto 9 bulan yang lalu +2

      Pejabat 🇲🇨??????😂😂😂😂😂😂 hilang akal

  • Husen Sudarto
    Husen Sudarto 9 bulan yang lalu +45

    Jangan pernah berhenti, teruskan mengebor. Natuna adalah milik Indonesia. NKRI harga mati, tidak ada tawar menawar. Perkuat pertahanan Keamanan, dengan Alustista yg super canggih. Alustista laut, darat, udara dalam negeri perbanyak. NKRI ❤️❤️❤️👍👍👍

    • Bluejins
      Bluejins 13 hari yang lalu

      @Abdul Syahid Ini keren nih analisinya! Kepentingan China-Malaysia di Natuna idclips.com/video/iQU16HXqy-8/video.html

    • Bluejins
      Bluejins 13 hari yang lalu

      @Joko tipu, Ini keren nih analisinya! Kepentingan China-Malaysia di Natuna idclips.com/video/iQU16HXqy-8/video.html

    • Bluejins
      Bluejins 13 hari yang lalu

      @Husen Sudarto Ini keren nih analisinya! Kepentingan China-Malaysia di Natuna idclips.com/video/iQU16HXqy-8/video.html

    • Bluejins
      Bluejins 13 hari yang lalu

      Ini keren nih analisinya! Kepentingan China-Malaysia di Natuna idclips.com/video/iQU16HXqy-8/video.html

    • Husen Sudarto
      Husen Sudarto 6 bulan yang lalu +1

      Ya, aku kiblatnya ke Ka'bah Kalau aku Sholat 5 waktu. Kawanku

  • wong desa
    wong desa 9 bulan yang lalu +14

    Nggak usah takut sama china, selama kita mematuhi peraturan international. Kita benar ngapain takut. Negara China terlalu sombong
    Yg secara nggak langsung akan banyak di benci negara lain.

  • Farid Muhaimin
    Farid Muhaimin 5 bulan yang lalu

    Indonesia harus segera perkuat militer dan pertahanan udaranya karena ancaman kedaulatan dan perang tidak bisa diprediksi.

  • Sahh Rial
    Sahh Rial 9 bulan yang lalu +14

    INDONESIA HARUS MELAWAN CINA DAN TETAP MELANJUTKAN PENGEBORAN MINYAK LEPAS PANTAI DI PULAU NATUNA UTARA

  • Inaya Mother
    Inaya Mother 9 bulan yang lalu +5

    Lanjutkan apapun yg terjadi ,demi NKRI rela mati demi Indonesian . jangan perna mundur jangan takut kepada cina . lawan apa maunya cina.

  • ibrahim
    ibrahim 9 bulan yang lalu +6

    PULANGKAN SEMUA WARGA NEGARA CINA YG ADA DI INDONESIA. MEREKA DI KASIH NUMPANG MALAH PINGIN MEMILIKI 😡

  • Al Gifarry
    Al Gifarry 9 bulan yang lalu +7

    Ingatlah apa kata para pejuang kita, NKRI HARGA MATI!!!

  • gusdin Gus saifuddin
    gusdin Gus saifuddin 6 bulan yang lalu

    NKRI harga Mati .kami masyakat Indonesia siap menjaga keutuhan NKRI ....bravo TNI

  • WHULEANDWD ZONA ANAK DUNIA
    WHULEANDWD ZONA ANAK DUNIA 9 bulan yang lalu +7

    NKRI HARGA MATI. S'moga ketamakan & kerakusan musnah dimuka bumi ini.
    (jaga bumi kita) (INDONESIA) SALAM SEJAHTERA UTK SELURUH WARGA INDONESIA. SMG kalian sllu diberi kesehatan & dilindungi
    (Allah SWT) dimana pun kalian berada.amin ya SALAM DR PEKANBARU RIAU.

  • Sis Woyo
    Sis Woyo 9 bulan yang lalu +2

    Pertahankan terussss,,pantang mundur,, NKRI harga mati

  • Sunan Dar
    Sunan Dar 9 bulan yang lalu +1

    Jangan takut NKRI maju ayo maju tanah airku

  • Rahma Mojo
    Rahma Mojo 9 bulan yang lalu

    RI. Adalah negara yang Merdeka--Berdaulat dan legitimed sesuai hukum internasional. Maka tidak akan takut sediki

  • Afdhal Karim
    Afdhal Karim 9 bulan yang lalu +9

    "Jika ingin damai maka harus siap untuk perang "

  • Syamsul Bahri
    Syamsul Bahri 9 bulan yang lalu +33

    Lanjutkan pengeboran jangan dengar apa kata CINA... ini wilayah NKRI... LAUT NATUNA HARGA MATI....

    • Arsa Tofani
      Arsa Tofani 9 bulan yang lalu +5

      Sikat saja sudah china bikin gaduh di negara Indonesia

    • Para Noya
      Para Noya 9 bulan yang lalu +3

      @silviana fransisca hahahaha trus utang jadi alasan takut sama china? lagi2 penghianat pro komunis komen, dibayar berapa jadi perek tiongkok?

    • MidnightCereal
      MidnightCereal 9 bulan yang lalu +1

      Yah udh terlanjur utang banyak sama mereka wkwk

    • silviana fransisca
      silviana fransisca 9 bulan yang lalu +1

      @Para Noya eeeh tolol natuna itu kalau diukur meterannya buat bayar utang kecina kurang..bego lu

    • Para Noya
      Para Noya 9 bulan yang lalu +3

      @Jakki Mujakki budak nya tiongkok nih kepanasan wkwkwkwkwkwk

  • Para Noya
    Para Noya 9 bulan yang lalu +2

    Setuju! kalo ditanggepin, seolah-olah mengakui dan itu memang maunya china supaya kita response secara verbal.. kalo semakin dilarang semakin perbanyak aktivitas di natuna bukan response verbal dan yg penting pasukan siap siaga

  • EF Tumbs
    EF Tumbs 4 bulan yang lalu

    setiap neg mempunyai ancaman masing2, NKRI hrs fokus menjaga kedaulatan NKRI dr ancaman dr DN & LN, jgn terlalu urus konflik negara2 lain ...

  • Hairi Haikal
    Hairi Haikal 9 bulan yang lalu +1

    Wahai saudara2ku bersatulah demi nagara kita yg kita cintai demi allah kami sebagai rakyat indonesia kami seap menhadapi nagara2 yg mengocar kacirkan indonesia

  • Lia Maharani
    Lia Maharani 9 bulan yang lalu

    TNI harus tegas..sebagai warga indonesia harus membela wilayah indonesia..sumber daya alam indonesia harus kelola ..cina mungkin tak tahu batas kedaulatan atau mencari masalah dg indonesia

  • Agoes Hernowo
    Agoes Hernowo 9 bulan yang lalu +5

    Kalo kapal Cina masih melanggar teritorial ZEE, harus diperingatkan dan diusir kalo masih nggak mau pergi tembak aja

  • Hendra Skw
    Hendra Skw 9 bulan yang lalu

    Militer kita harus kuat, Dan didukung oleh senjata yg canggih pula.supaya Org asing segan terhadap NKRI.

  • Atin Sx
    Atin Sx 6 bulan yang lalu

    Laut latuna harus di pertahankan

  • Yudha Yudha
    Yudha Yudha 9 bulan yang lalu +4

    Abaikan saja klaim cina itu, kalo di respon, cina malah bersemangat menuntut pengakuan nya, tidak usah di respon 👍👍

  • peace world
    peace world 9 bulan yang lalu +56

    Jangan lengah kedaulatan laut dan daratan Natuna, jaga, awasi dan kerahkan sebanyak mungkin personil TNI, jika perlu lakukan transmigrasi warga ke Natuna.

    • Bluejins
      Bluejins 13 hari yang lalu

      Ini keren nih analisinya! Kepentingan China-Malaysia di Natuna idclips.com/video/iQU16HXqy-8/video.html

    • DDD BOXING
      DDD BOXING 4 bulan yang lalu

      jangan jangan cuma jebakan aja.. ternyata di serang dr belakang

    • Ari Gumay
      Ari Gumay 5 bulan yang lalu

      @Myslmbr Kamarudin Malaysia Lo ya?? Kalau Lo Malaysia saya mau tanya malaysia bisa apa lawan cina🤣🤣🤣🤣

    • Fajar alfian 168
      Fajar alfian 168 6 bulan yang lalu +1

      Saya mau diam dan berdomisili di pulau Natuna

    • Wibi Hamzah
      Wibi Hamzah 9 bulan yang lalu +2

      Deportasi semua pekerja cina dari Indonesia...

  • Reylig
    Reylig 9 bulan yang lalu +1

    Kami mengharapkan ketegasan tindakan jangan sampai melunak

  • NKRI
    NKRI 7 bulan yang lalu +1

    Indonesia harus ttp komitmen dan tunduk kepada hukum internasional yaitu UNCLOS jdi tdk perlu takut ttp pertahankan hak berdaulat Indonesia ( 9 garis putus putus ( itu bukan hukum internasional) UNCLOS lah yg mnjdi dasar negara berpantai mempunyai kedaulatan terhadap lautnya (12 mil (laut teritorial) 24 mil (laut tambahan/zona tambahan) 200 mil (zona ekonomi eksklusif/zee) dan landasan kontinental 200 mil - 350 mil, sdh sgt jls
    #nkrihargamati
    #hiduptnial

  • Syahrul Pawa
    Syahrul Pawa 9 bulan yang lalu +1

    pemerintah RI harus tegas bersikap menolak klaim china..

  • maling silit
    maling silit 5 bulan yang lalu

    Cinta tanah air adalah sebagian dari iman....

  • niko euclied
    niko euclied 9 bulan yang lalu +4

    Betul Indonesia tdk usah nuruti keinginan Negara lain berdialog di lembaga Internasional , sbb SDH Syah wilayah NKR .

  • Ray Bastian
    Ray Bastian 5 bulan yang lalu

    RI jangan ragu mengexplorasi wilayah Natuna karena sesuai hukum internasional sebagai wilayah kedaulatan RI

  • Lorenart
    Lorenart Bulan Yang lalu

    Kalau sudah begitu cara China yang main klaim wilayah laut yang sudah sangat jauh dari negaranya, itu sangat tidak masuk akal, Indonesia harus tegas dan tetap mempertahankan willayah negara kesatuan Republik Indonesia.

  • Wagiman 0408
    Wagiman 0408 9 bulan yang lalu +1

    Negara Kita Indonesia Terlalu Baik Dan Lemah Bantai Seluruh Koruptor Unruk Apa Di Pelihara Bikin Negara Miskin Ralyat Menderita

  • Gaul Tete
    Gaul Tete 9 bulan yang lalu +4

    Ya Allah lindungi tni untk membela nkri , nkri harga mati

    • Gaul Tete
      Gaul Tete 9 bulan yang lalu

      @wiliam pak jokowi pak panglima pak menhan harus perhatikan kesejateran para prajurit itu sangat penting dari pada uang rakyat di koropsi bravo tni salam tni nkri harga mati

    • wiliam
      wiliam 9 bulan yang lalu

      Kami di sini siap mati, tapi kesejahteraan kami tidak terpenuhi, kami tidak dapat perumahan , tidak dapat tunjangan perbatasan hanya mengandalkan gaji untuk untuk hidup 2 dapur sama istri di jawa

  • fgothess
    fgothess 7 bulan yang lalu

    Teruskan aja mengebor ga usah takut ,kami rakyat indonesia siap bantu apapun yg terjadi untuk membela hak dan kebenaran ,

  • Indra Wes
    Indra Wes 9 bulan yang lalu +3

    Jangan pernah mundur sejengkalpun pejuang NKRI dari laut natuna ,,
    Sang Saka Merah Putih,, HARGA MATI,,
    Laut Natuna Kedaulatan RI,,,!!!
    BRAVO MARITIM👍👍👍👍👍

  • agus agustha
    agus agustha 9 bulan yang lalu

    Indonesia harus berani dan tegas terhadap protes china yg meng ada ada atas klaim laut natuna.

  • Irfan Baehaqi
    Irfan Baehaqi 9 bulan yang lalu +2

    NKRI harga mati 🇮🇩

  • Ijul sebastian georgereeno
    Ijul sebastian georgereeno 9 bulan yang lalu +26

    Rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke siap maju perang untuk melawan China.

    • john smith
      john smith 6 bulan yang lalu

      @Is Wanto jangan beraninya kroyokan dan orang ga bersenjata

    • Taruna Ophe
      Taruna Ophe 9 bulan yang lalu

      Demi nkri saya cntai . sya siap

    • Riski Ananda
      Riski Ananda 9 bulan yang lalu

      @Is Wanto jadi tidak ada hubungannya dengan genosida ya agak bingung juga kenapa tiba-tiba bawa Prabowo saat bertanya buat apa genosida

    • Riski Ananda
      Riski Ananda 9 bulan yang lalu

      @Johnny Zhao ya mungkin bukan komunis yang meluluh lantakkan Irak, Libya, dan Syria, jadi mereka meluluh lantakkan Iran dan Afganistan dan membuat beberapa negara terpecah dan menjadi Perang Sipil di Asia dan Afrika dulu, oleh Uni Soviet, contohnya invansi Afganistan yang langsung dilakukan USSR dan mengirim perlengkapan dan suplai ke Iraq saat perang Iraq-Iran.
      Bisa dibilang cina belajar dari kesalahan Uni Soviet dan Amerika dan lebih memilih menguasai melalui jalur ekonomi dengan memberi hutang dan penyuapan, contohnya Sri Lanka hutang dengan Cina untuk membangun pelabuhan dan akhirnya karena tidak bisa membayar hutang cina, Sri Lanka jadi harus menyewakan pelabuhan yang dibangun oleh Sri Lanka dengan hutang cina tersebut ke Cina sendiri dan penyuapan Perdana Menteri Kepulauan Solomon. Mereka juga menjaga reputasi mereka sebagai "Negara Asia yang diganggu oleh Negara Barat" sehingga semua kesalahan Cina adalah kesalahan Negara Barat
      walaupun membantai penduduk Filipina akhirnya merdeka juga Filipina. Kalau di Negara Taiwan sudah bukan KMT yang berkuasa lagi sudah diambil ahli oleh Partai Politik asli Taiwan.
      Ngomong-ngomong tentu saja CIA, semua orang tau kalau informasi yang diberikan Republik Rakyat Cina banyak yang disensor dan palsu. Contohnya di Hong Kong saat ini Mahasiswa Hong Kong yang selalu melakukan peringatan tentang pembantaian Tiananmen Square ditangkap karena saat ini Hong Kong dibawah kekuasaan Cina dan surat kabar disana digerobak abis. Jadi bagaimana dengan "The Great Leap Forward" dan "Cultural Revolution" di Cina itu gara-gara CIA juga kah bang? Kalau bisa saya minta tentang Trump ngaku CIA yang membuat Pembantaian Tiananmen Square ku cari-cari tidak dapat, ya bagi saya mungkin memang ada CIA disana tapi kalau CIA yang menyebabkan pembantaian agak susah dipercaya soalnya darimana mereka yakin sekumpulan warga tidak bersenjata bisa menang melawan militer yang bersenjata lengkap.
      Oiya berita tentang Peng Shuai saat ini yang sedang menghilang setelah menuduh salah satu orang teratas di Partai Komunis Cina melakukan pelecehan seksual ke dia, apa itu gara-gara CIA juga bang kalau boleh tau.
      Sayang sekali informasi ini hanya ada di media asing seperti India, Australia mungkin Negara Taiwan dan Jepang juga ada dan negara barat Media di Indonesia banyak yang kurang berani untuk melaporkan hal-hal seperti ini, jadi selalu dianggap sebagai "Propaganda Barat" sementara kalau media Cina dikontrol oleh negara jadi tidak ada kebebasan Pers disana. Ngomong-ngomong ku udah temukan yang berbahasa Indonesia www.cnbcindonesia.com/news/20201130123338-4-205686/ramai-ramai-masuk-jebakan-utang-china-sri-lanka-hingga-kenya/2

    • Salam ajja
      Salam ajja 9 bulan yang lalu

      As tkut ama dia...orang sabang nomton aja hhhhhhh
      .

  • Ari Evseu
    Ari Evseu 9 bulan yang lalu +1

    Kebutuhan masyarakat dunia..semuanya ada di indonesia

  • MelVin chanel
    MelVin chanel 9 bulan yang lalu +3

    Tetep pertahankan, ingat perjuangan pahlawan2 kita dulu

  • MM Review
    MM Review 9 bulan yang lalu

    NKRI Harga mati 💪

  • Ruth Debora
    Ruth Debora 9 bulan yang lalu +12

    Indonesia terus maju❤️

  • Sarif Hidayat
    Sarif Hidayat 9 bulan yang lalu +13

    Stop aza barang-barang impor dari Cina, memang Sulit tpi setidaknya ada upaya. Daripada rugi terus menerus.

    • Nur M
      Nur M 2 bulan yang lalu +1

      Stop di barang2 cina, jangan hutang dg cina, pejabat2 kita mikirinnya cuan2 melulu, malah ikut2 u mensukseskan jalur obor cina, jahuin cina, kita bisa tanpa cina. Harus bisa bisa

    • Rahma Wati
      Rahma Wati 6 bulan yang lalu

      Betul, lama lama akan mencaplok wilayah nkri, sudah di tentukan PBB itu wilayah Indonesia, blokir ae produk cina, Indonesia jangan membeli produk cina

  • Ferdinand Napitupulu
    Ferdinand Napitupulu 9 bulan yang lalu

    tidak ada itu china harus menghormati keputusan yang di putuskan PBB dan china harus mengormati kedaulatan teritorial negara indonesia

  • Ringin Branjang
    Ringin Branjang 9 bulan yang lalu

    Sejengkal tanah NKRI adalah tetesan darah Pahlawan yg telah mendahului kita....! Siapkan Pasukan & Rakyat yg Cinta NKRI

  • KOPI SENJA
    KOPI SENJA 9 bulan yang lalu +19

    Jangan pernah takut kenegara manapun.
    Kita punya harga diri.

    • KOPI SENJA
      KOPI SENJA 6 bulan yang lalu

      @Bambang Famungkas banyak"lah belajar dan memahami suatu konteks bukan dari satu sisi

    • KOPI SENJA
      KOPI SENJA 6 bulan yang lalu

      @john smith lu ndak tau bedanya sombong dengan motivasi dan semangat ya

    • john smith
      john smith 6 bulan yang lalu

      jangan menyombongkan diri

    • Bambang Famungkas
      Bambang Famungkas 9 bulan yang lalu +3

      Tapi jokowi berani nya sama bangsa nya sendiri sama cina gak punya nyali ciut

  • Faeyza Rolandio
    Faeyza Rolandio 9 bulan yang lalu

    Lanjut terus pantang mundur RI brapo TNI💪

  • Selo Adi
    Selo Adi 9 bulan yang lalu +9

    RI HARUS TEGAS .
    SEMUA KAPAL DAN PESAWAT CHINA TIDAK BOLEH LAGI BERLAYAR MAUPUN TERBANG MELALUI PERAIRAN DAN UDARA INDONESIA .

  • Martabak Metro Raya 16.c.Offiscial

    Rakyat Indonesia ini sensitip tetang ke daulatan nya nkri harga mati

  • indra kusuma
    indra kusuma 9 bulan yang lalu

    Jangan kendor 🇮🇩 jangan mau didikte 🇨🇳 kita harus bersatu Dan berdiri di kaki sendiri.

  • come riu
    come riu 5 bulan yang lalu

    China sebagai anggota Dewan keamanan PBB dengan mempunyai persenjataan nuklir yang besar seharusnya menjaga perdamaian Dunia bukan mengganggu kedaulatan negara-negara lain dan kalau ini terus menerus terjadi terhadap Indonesia maka pemerintah harus menarik Indonesia keluar dari perjanjian Profiliasi nuklir dunia dan Indonesia berhak membuat senjata nuklir untuk menjaga kedaulatan Indonesia dari ancaman China.

  • A.bustomi Tommy
    A.bustomi Tommy 3 bulan yang lalu

    Indonesia ibarat air
    Yg seakan sakan2 mudah dilewati kapal mana saja untuk mencari ikan
    Ikan didalamnya
    Yang kapal2 itu kadang terlena dan lupa bahwa negara jepang pernah porak2 poranda diterjang ombak sunami
    😊🇦🇹

  • Farid Muhaimin
    Farid Muhaimin 5 bulan yang lalu

    Militer indonesia harus cepat perkuat sistem pertahanan udaranya untuk bertahan dari serangan rudal china. NKRI harga mati tidak bisa ditawar lagi karena indonesia merdeka dengan tumpahan darah para pahlawan.

  • Yatiman
    Yatiman 9 bulan yang lalu +1

    Maju terus Indonesia jagan takut sama negara cina
    NKRI harga mati

  • yahiko
    yahiko 8 bulan yang lalu

    Sekarang dah tau kan betapa rapuhnya pertahanan kita sampe² negara lain berani meng klaim wilayah kita sendiri

  • BIG 70 NA
    BIG 70 NA 9 bulan yang lalu +14

    Indonesia berpeluang besar berperan dalam Perdamaian di wilayah Laut China Selatan sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 yang mengamanatkan indonesia turut serta dalam mewujudkan perdamaian dunia.
    Konflik terjadi diwilayah ASEAN ( Nusantara) dalam hal Indonesia sebaga negara terbesar
    Klaim China terhadap LCS tidak berdasar sesuai HUKUM Internasional yang berlaku.
    PELUANG BESAR Indonesia menyuarakan di forum DUNIA dalam hal ini PBB

    • Bluejins
      Bluejins 13 hari yang lalu

      Ini keren nih analisinya! Kepentingan China-Malaysia di Natuna idclips.com/video/iQU16HXqy-8/video.html

  • Ade azr
    Ade azr 2 bulan yang lalu

    Inilah bukti China tidak menghargai Indonesia, seharusnya Indonesia tegas menyatakan jika China tidak menghormati teritorial Indonesia, maka Indonesia akan memutuskan hubungan Indonesia -china.

  • deddy maskud
    deddy maskud 9 bulan yang lalu

    Indonesia ku👍👍✊✊

  • Muhamad Idris
    Muhamad Idris 9 bulan yang lalu +1

    Bor terus biar dapat minyak dan gas yang banyak biar rakyat Indonesia sejahtera jangan hiraukan China yang membuat gaduh dan koar2 doang...ayo lanjutkan angkap aja angin lalu...hidup NKRI harga mati

  • Moh Rizal
    Moh Rizal 8 bulan yang lalu

    Kalau China tidak patuh hukum internasional , lawan saja !

  • Dwierlangga Erlangga
    Dwierlangga Erlangga 8 bulan yang lalu

    Semoga terus Pertahankan jaga lebih ketat jgn sampai lepas spt pulau sipadan dan Ligitan.

  • Ikhsan Al rosyid
    Ikhsan Al rosyid 9 bulan yang lalu +3

    INDONESIA HARGA MATI 💪🏻 NATUNA KEP. RIAU MILIK NKRI

  • Nurhan sh
    Nurhan sh 9 bulan yang lalu +1

    SUARA RAKYAT. TNI AL JGN ADA RASA TAKUT KEPADA NEGARA SIAPAPUN KRN NEGARA KITA RAKYAT DANGAT BANYAK UTK MEMBELA NKRI, JGN TAKUT DGN NEGARA CHINA KOMUNIS ITU LAWAN KLO MEMASUKI NEGARA NKRI

  • Isnan Dray
    Isnan Dray 9 bulan yang lalu

    SALAM INDONESIA 🇮🇩
    NKRI HARGA MATI ... PERTAHAN'KAN 🇮🇩🇮🇩🇮🇩

  • gunawan zahry
    gunawan zahry 9 bulan yang lalu

    Indonesia pantang mundur pertahankan milik Indonesia .merdeka

  • Sanusi Siregar
    Sanusi Siregar 9 bulan yang lalu +1

    Assalamualaikun
    Kita jangan mau tunduk kpd cina masalah Natuna utara, siapa rakyat perang demi harga diri wilayah NKRI.Merdeka harga mati,✊✊✊👍👍

  • Ris Khoniah
    Ris Khoniah 9 bulan yang lalu +1

    RAKYAT INDONESIA ADALAH BANGSA YANG SUKA BERPERANG DEMI MEMBELA KEUTUHAN KEDAULATAN NEGARANYA .

  • otin salawasna
    otin salawasna 8 bulan yang lalu

    Teta semangat,ayo jaga laut natuna, laut natuna bagian dari Indonesia 🙏

  • @aisya ﹏araa💗
    @aisya ﹏araa💗 9 bulan yang lalu

    Pertahankan gariserbatasan indonesia jangan samai holang sekengkal pun 🇲🇨

  • ctc09 praya
    ctc09 praya 9 bulan yang lalu +1

    Rakyat siap perang kalau kedaulatan kita tergangu salam rakyat RI Dari NTB

  • anang nashudi
    anang nashudi 9 bulan yang lalu +10

    Kalau indo menghentikan pengeboran minyak dan gas, berarti indo mengakui pengeboran minyak dan gas bumi diwilayah laut milik cina.

  • Oppo 15
    Oppo 15 9 bulan yang lalu +1

    RI....lanjutkan dan harus eksprolasi gas baru di blok Tuna...harus di pergunakan untuk kemakmuran rakyat...dan RI...harus hentikan ekspor barang mentah ke cina lebih baik di olah di RI..daripada di ekspor ke cina stop...

  • Udin Udin
    Udin Udin 7 bulan yang lalu

    Ingat jangan muda melepaskan milik Indonesia karena kebanyakan mau menjanjah karena kekayaan bumi...

  • achmad nk
    achmad nk 9 bulan yang lalu +38

    Ayo maju terus Indonesia 🇮🇩 pantang mundur siapapun lawanmu..! 💪

    • Bluejins
      Bluejins 13 hari yang lalu

      @achmad nk Ini keren nih analisinya! Kepentingan China-Malaysia di Natuna idclips.com/video/iQU16HXqy-8/video.html

    • Bluejins
      Bluejins 13 hari yang lalu

      Ini keren nih analisinya! Kepentingan China-Malaysia di Natuna idclips.com/video/iQU16HXqy-8/video.html

    • Reza Fah
      Reza Fah 7 bulan yang lalu

      @AtarCraft lah kok rakyatnya yg disuruh pindah, presidennya lah yg mesti di ganti..
      Kalau di Jepang, ada pemimpin yg gk di sukai sm rakyatnya pasti langsung mengundurkan diri Krn merasa malu

    • AtarCraft
      AtarCraft 7 bulan yang lalu

      @Reza Fah sana bro pindah negara kalo ga seneng Ama Jokowi 😂, apa susahnya pindah negara lawak kamu 😂

    • Nurkaimah Saraan
      Nurkaimah Saraan 9 bulan yang lalu

      @Andy Sihombing siapa yg setuju ahok capres 2024 ayo zemp

  • Rifai Zuraida
    Rifai Zuraida 9 bulan yang lalu

    Makanya indonesia harus punya senjata nuklir jadi tidak diremehkan oleh negara lain dan negara tetangga, cukup senjata nukrlir wilayah indonesia akan aman ga ada negara lain berani mengklaim wilayah indonesia masuk wilayah negara lain.

  • Update
    Update 9 bulan yang lalu +1

    Kalau menurut saya acuhkan klaim sepihak China dan ga perlu di besar - besarkan. Karena lebih sakit di cuekin dr pada direspon.

  • Tambang Balap
    Tambang Balap 9 bulan yang lalu

    Kalau kurang adil pembagian batas laut, biar ALLOH yg memberi keadilan

  • Heri Heri
    Heri Heri 9 bulan yang lalu

    HERRY MUSIK,,, SLURUH WILAYAH INDONESIA SANGAT PERLU DIPERKETKAN KEAMANANNYA, NKRI MILIK SLURUH RAKYAT INDONESIA,,, LAUT INTERNASIONAL URUSAN SLURUH DUNIA🌏🌐🌍

  • Rafly Kato
    Rafly Kato 9 bulan yang lalu

    Mantap! lanjutkan China 😊👍
    Jangan kasih kendor kepada mereka (China) yang telah mereka klaim...ayo kita lawan bersama!

  • Putra Merangin
    Putra Merangin 9 bulan yang lalu

    Sifat negara penjajah selalu mau mngatur2 negara lain bila ada kepentingan yg mguntungkan bagi negaranya

  • cool maulidin
    cool maulidin 9 bulan yang lalu +1

    TIDAK USAH REAKTIF,,, SLOW BUT SURE... INDONESIA SUDAH SESUAI PROSEDUR,,,

  • Abduljaliljuanip 1943
    Abduljaliljuanip 1943 8 bulan yang lalu +1

    Putuskan semua bentuk hubungan dg."Cina", tak ada gunanya lagi. CARI SAJA NEGARA YG MAU BERSAHABAT.

  • Agus Wahid
    Agus Wahid 9 bulan yang lalu

    Indonesia maju terus

  • Sunny Original Videos
    Sunny Original Videos 9 bulan yang lalu +2

    DAMAI ITU INDAH BUKAN MAIN ❤️

  • Toni Purwanto
    Toni Purwanto 9 bulan yang lalu +1

    Harus berani apapun yang terjadi

  • Albi Albi
    Albi Albi 9 bulan yang lalu +2

    USIR DEPLOMAT CINA DARI INDONESIA KITA TAMPA CINA BISA HIDUP SOAL UTANG BISA DI BICARA KAN TAPI KEDAULATAN NKRI NO. 1.

  • Amri Utomo
    Amri Utomo 9 bulan yang lalu

    segera bentuk komponen cadangan angkatan laut, serbu natuna nkri harga mati

  • Nanang Mustopa
    Nanang Mustopa 9 bulan yang lalu

    maju ta gentar membela yang benar💪💪💪

  • Upin Ipin
    Upin Ipin 9 bulan yang lalu

    TNI DAN POLRI NKRI HARGA MATI

  • M Hairul M Rulsz
    M Hairul M Rulsz 9 bulan yang lalu +1

    Ayo siapa di sini paling NKRI,jgn ikut rakyat dgn hal ini rakyat sudah membayar pajak,rakyat Indonesia tidur saja biar yg merasa paling NKRI menyelesaikan,

  • Agung Ngurah Wirawan
    Agung Ngurah Wirawan 9 bulan yang lalu

    Nkri jangan takut maju trus nkri harga mati siapapu yang menggnggu nkri berati siap mati

  • ntuy3 ngaprak
    ntuy3 ngaprak 9 bulan yang lalu

    Maju terusss .indonesia

  • Zulfikar hasan
    Zulfikar hasan 9 bulan yang lalu +1

    Berani ga pemerintah nya ini,,, harus berani demi kedaulatan,,

  • Trens Chan
    Trens Chan 9 bulan yang lalu

    cm reminder aja ni, kita jangan 'ngumpet' dibalik hukum International, buat RRT, hukum international cm berlaku sebatas kepentingan mrk aja (semua negara super power begitu jg).. harus siap2, DepHan dan TNI harus punya bisa melakukan deterrence yg mumpuni! Bangun sistem area denial yg kuat! #NATUNAMILIKNKRI!!