Ust Evie Effendi Bilang Nabi Muhammad Awalnya Sesat. Simak Penjelasan UAS Berikut Ini

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 9 Agu 2018
  • Ust Evie Effendi Bilang Nabi Muhammad Awalnya Sesat. Simak Penjelasan UAS Berikut Ini
    Ustad Evie Effendi membuat pernyataan kontroversi karena telah mengatakan bahwan Nabi Muhammad Awalnya sesat, dia salah mengartikan makna dalam Al Quran. Kemudian muncul beragam tanggapan dari pihak tokoh agama lainnya yang mengatakan bahwa penyataan tersebut murni salah dan keliru.
    Sumber Video : FSRMN TV
    idclips.com/channel/UC9_GyaJCZ3dsZOLjGLGBpMw
    Berikut adalah penjelasa Ustad Abdul Somad, Lc., MA mengenai kata Sesat tersebut yang terdapat dalam Alquran Surat Adh-Dhuha, ayat 1-11.
    Surat Adh-Dhuha, ayat 1-11.
    وَالضُّحَى (1) وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَى (2) مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلَى (3) وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ الْأُولَى (4) وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ رَبُّكَ فَتَرْضَى (5) أَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيمًا فَآوَى (6) وَوَجَدَكَ ضَالًّا فَهَدَى (7) وَوَجَدَكَ عَائِلًا فَأَغْنَى (8) فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ (9) وَأَمَّا السَّائِلَ فَلَا تَنْهَرْ (10) وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ (11)
    Artinya:
    1. Demi waktu matahari sepenggalahan naik.
    2. Dan demi malam apabila telah sunyi.
    3. Rabbmu tiada meninggalkan kamu dan tiada (pula) benci kepadamu.
    4. Dan sesungguhnya akhir itu lebih baik bagimu daripada permulaan.
    5. Dan kelak pasti Rabbmu memberikan karunia-Nya kepadamu, lalu (hati) kamu menjadi puas.
    6. Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim lalu Dia melindungimu?
    7. Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung lalu Dia memberikan petunjuk?
    8. Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan lalu Dia memberikan kecukupan?
    9. Adapun terhadap anak yatim, maka janganlah kamu berlaku sewenang-wenang!
    10. Dan terhadap orang yang minta-minta, maka janganlah kamu menghardiknya!
    11. Dan terhadap nikmat Rabbmu, maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur).
    Tafsir Surat Adh-Dhuha, ayat 1-11 bisa baca di link di bawah ini juga
    www.ibnukatsironline.com/2015/10/tafsir-surat-adh-dhuha-ayat-1-11.html
    Rasulullah ﷺ bersabda:
    فَوَ اللهِ ، لأَنْ يَهْدِيَ اللهُ بِكَ رَجُلاً وَاحِداً خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ يَكُونَ لَكَ حُمْرِ النَّعَمِ
    “Demi Allah, apabila Allah memberikan hidayah kepada seorang laki-laki dengan perantaraan usahamu, maka hal itu lebih baik daripada engkau memiliki unta-unta merah.” (Muttafaq ‘Alaih)
    Rasulullah ﷺ bersabda:
    مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ
    “Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim No. 1893).
    Follow Kami di :
    Subscribe : bit.ly/2JUz0Om
    Google + : plus.google.com/114686549239673160974
    Fanspage : facebook.com/pencintaulamaaswaja/

Komentar • 1 889

  • Rico Rico
    Rico Rico 8 hari yang lalu +156

    سُبْحَانَ اللّهُ
    اَلْحَمْدُلِلّهِ
    اَللّهُ اَكْبَرُ
    Terimakasih Ustadz Abdul Somad atas penjelasan & pencerahannya semoga Allah سبحانه و تعالى selalu menjaga ustadz dgn rahmat & raheemnya..
    Untuk Ust. Evie ada baiknya kita sama2 doakan semoga beliau tetap Istiqomah & semakin memperdalam ilmu agama Islam (terutama kita semua). Manusia gudangnya salah, mari kita sama2 belajar utk bertabayun & belajar utk memaafkan.. wallahu a'alam.. 😊🙏

    • Syita Tengku
      Syita Tengku 5 hari yang lalu

      deepInmyheart 14 setuju sekali👍

    • deepInmyheart 14
      deepInmyheart 14 5 hari yang lalu +1

      tapta jani lihat saja ceramahnya saat menyebut baginda nabi, seperti dia menyebut nama temannya, padahal sudah diberi tau jangan menyebut nama nabi seperti menyebut nama temanmu, kang evi seperti tidak menghargai baginda nabi

    • deepInmyheart 14
      deepInmyheart 14 5 hari yang lalu +1

      tapta jani kalo cuma belajar baca tulis mah guru sd juga bisa, tapi mencari guru Agama yang benar itu susah

    • deepInmyheart 14
      deepInmyheart 14 5 hari yang lalu +1

      tapta jani ga perlu dibalas komentar saya, cukup pikirkan yang saya katakan ini benar atau salah, itu saja

    • deepInmyheart 14
      deepInmyheart 14 5 hari yang lalu +1

      tapta jani jangan panggil ustad, panggil aja kang evi, seorang ustadz untuk ceramah itu harus ditelusuri riwayat pendidikannya, dia berguru dimana, jangan sampai saat berceramah dia malah menafsirkan ayat atau hadits menurut nafsunya seperti kang evi, contohlah UAS menafsirkan sesuatu menurut pendapat para ulama, tidak seperti kang evi yang menafsirkan menurut nafsunya saja

  • Muhammad Dendi alvian
    Muhammad Dendi alvian Hari Yang lalu +1

    Uas😚😚😍

  • HATTA HAMBALI
    HATTA HAMBALI Hari Yang lalu

    mahasuci Alloh dari apa yg beliau jelaskan
    .......

  • Jaka Syukur
    Jaka Syukur 2 hari yang lalu

    Ya seharusnya ulama yg lain membetulkan ulama yang lain suapaya tidak ada kebencian untuk ulama tersebut

  • Saeful Ramdani
    Saeful Ramdani 2 hari yang lalu

    Ustad UAS urutan ayatnya ada yg ga berurutan ..cmiw

  • GREAT BUSINESS
    GREAT BUSINESS 2 hari yang lalu

    HALLO GUYSSS.. CARI KERJAAN? ATAU KERJA SAMPINGAN? TAPI YANG HASIL NYA MEMUASKAN?? YUK CEK INSTAGRAM SAYA. BISNIS AMAN HALAL 100%, BAHKAN SUDAH LEGALITAS DARI KEMENTERIAN DAN PERPAJAKAN INDONESIA. APARAT TNI POLISI PUN SUDAH BERGABUNG BERSAMA KAMI.
    -NO MLM
    -NO DATA BASE
    -NO MONEY GAME
    CEK CHANNEL SAYA :)

  • Fandy C
    Fandy C 3 hari yang lalu

    5:43 bikin sakit hati

  • LISNA WATI
    LISNA WATI 3 hari yang lalu

    UAS the best pokonya

  • Snat Cher
    Snat Cher 3 hari yang lalu

    sumpah si evie bilang maaf ke ormas doang
    jadi cuma ormas ya yg tersinggung??
    sama bilang saya belum banyak tau
    kalo mau ceramah ya kudu tau dulu lah
    bukan maksud gw adu domba gw cuma berpendapat kenapa yg dimintai maaf cuma ormas??
    rakyat muslim yg lain tidak dianggap??

  • Utay Alfian
    Utay Alfian 3 hari yang lalu

    pas Orok Te nyaho Nanaon,, pas Gede Lakah Nyanyahoanan...
    nafsirkeun al-qur'an sembarangan..
    mang Evi evi..

  • Arid Nuzman
    Arid Nuzman 3 hari yang lalu

    Mana...gak ada yg BAP.....!!!???

  • Arid Nuzman
    Arid Nuzman 3 hari yang lalu

    Demo dong....demo sejuta umat gitu....penjarain....Baginda Rosulullah dikatakan seperti itu...Diem aja

  • Ahmad Yani
    Ahmad Yani 3 hari yang lalu

    evie efendi ituuu yg sesat,,,dasar setan evie efendi thuu.

    • khensin gaming
      khensin gaming 3 hari yang lalu

      Ahmad Yani kaya ente gs pernah salah aja

  • KUSFRIADI ADI
    KUSFRIADI ADI 3 hari yang lalu

    ustad evi itu tidak suka maulid, itulah akhirnya mudah bilang sesat

  • Siti Azizah
    Siti Azizah 3 hari yang lalu

    Org kayak gini ini yg bahaya.....ngaku2 ustadz....padahal ceramahnya ngawur....saya pernah lihat evie ini diacara tv swasta pd bulan puasa....saya heran dgn tv swasta tsb, kok bikin acara pengajian nampilkan ustadz yg gk jelas banget.

  • shammy syamlan
    shammy syamlan 4 hari yang lalu

    Alhamdulillah, wktu kcil sempet belajar ngaji...masih inget klo nabi umur 7 thn saat bersama sayyidina Ali didatangi malaikat Jibril...wallahu alam bisawab, Jibril mengganti hati nabi dg hati yg lbh bersih sehingga Nabiallah Muhammad bersifat Maksum sedari kecil sblm akhil baliq...buat saya pribadi dan sy yakini/imani hingga sekarang tiada kesesatan yg nabi alami sblm menjadi seorang nabi dan rasul sekalipun...Julukan Al "Amin yg terpercaya sdh nabi sandang sblm datang kenabiannya.

  • ad ri an adrian
    ad ri an adrian 4 hari yang lalu

    bismillah : tidak ada mahluk yg allah ciptakan yg allah benci dan seperti itu juga dengan para malaikat melain kan ke pada mahluk yg tidak beriman dan bertakwa ke pada allah

  • FRANS SALMON
    FRANS SALMON 4 hari yang lalu

    ❎❎❎❎❎KRISTEN...PERHATIKAN...
    👇👇👇👇👇
    Keluaran 23:13 (TB)
    Dalam segala hal yang Kufirmankan kepadamu haruslah kamu berawas-awas; nama allah lain janganlah kamu panggil, janganlah nama itu kedengaran dari mulutmu."
    👆👆 YAHWEH...BAPA KITA / BAPA TUHAN KITA YAHSHUA/ YESUS / JESUS BILANG...JANGAN...
    ====%%========
    @@@ ALLAH / Allah adalah NAMA ILAH BANGSA ARAB / NAMA TUHAN AGAMA ISLAM
    ===========%====
    ❎❎ INGAT...INGAT...
    YAHWEH YG LARANG..
    BUKAN FRANS YG LARANG.

  • sogol mogol
    sogol mogol 4 hari yang lalu

    Saya risih Nabi Muhammad di panggil Muhammad. Gak ada santunnya. Contoh kecil. Seorang yang keilmuanya secuil saja dipangil ustad terus dipanggil nama katanya ngak sopan. Ini nabi yang agung, kok dipanggil nama.!!! Heran.

    • Dewi Masluhah
      Dewi Masluhah 3 hari yang lalu

      setuju.. kmren wktu ust.evie ceramah.. nyebut nama nabi muhammad cm "muhammad" doang..kyk nyebut nama temen main masa kecil aja.. rada kesel jg dngernya

  • moe r25
    moe r25 4 hari yang lalu

    Pantas lah smpean slh kng evie.karna mnerjemh kan ayat.hanya melalui pemahmn sendiri bukan melalui pemahaman par ulama yang di smpaikan....
    Hati2..

  • panji hartanto
    panji hartanto 4 hari yang lalu

    belajar dan betobatlah kau ustad abal2 agar kau tdk hina nabi dan rasul kami Muhammad SAW !! jangan menyampaikan ilmu agama seenaknya sendiri. belajar ilmu agama harus punya guru yg mempunyai sanad atau urutan sumber ilmu sampai rasulullah. "Al isnad minaddin laula isnad qola mansha'a" yg artinya sanad itu bagian dari syariat agama tanpa sanad orang akan berucap sekehendak nya (tanpa ilmu)
    Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa menguraikan Al Qur’an dengan akal pikirannya sendiri dan merasa benar, maka sesungguhnya dia telah berbuat kesalahan”. (HR. Ahmad)
    Imam Syafi’i ~rahimahullah mengatakan “tiada ilmu tanpa sanad”.
    jadi bertobat lah wahai kau @evieeffendie

  • Rismon Simorangkir
    Rismon Simorangkir 4 hari yang lalu

    Ust ee tdk bilang seaat karena menyembah berhala kan?
    Yg beliau maksud Setiap bayi itu sesat dalam artian blm mengenal Alloh SWT atau blm tahu apa2, termasuk nabi Muhamad SAW.
    Itu artinya beliau gak faham tafsir dari surah ad'duha.
    Dan yg jdi soal juga beliau mempermasalahkan maulid nabi.
    Kalau yg ngerti bahasa sunda pasti faham apa yg beliau maksud.

  • Andi Marthen
    Andi Marthen 4 hari yang lalu

    Entah apa jadinya kalo ini tidak viral, tidak ada ulama2 seperti uas yg menjelaskan yg sebenarnya.
    Bagaimana nasib bagi umat yg paham agamanya masih rendah. Saya yakin tidak sedikit jamaah yg hadir di majelis itu akan meng iya kan ceramah bro kita ini.
    Betapa bahayanya lisanmu evendi. Kau rendahkan nabi besar kita kau hinakan dia dengan bilang maulud adalah merayakan hari kesesatan nabi. Dan kau panggil nabi seolah2 nabi adalah kawan sepermainanmu dimana ADABmu wahai saudaraku yg bergelar USTADZ apkah kau tau arti gelarmu itu...
    Laaillahaillallah......

  • Kusti Telco
    Kusti Telco 4 hari yang lalu

    Eh, evi.. ilmu baru se ujung kuku mending ente santri aja, cuma bikin malu islam doang loe, ktemu gw di jalan , gw klepakin pala lo

  • harmi suhermin
    harmi suhermin 4 hari yang lalu

    Evi kayaknya perlu belajar dulu sebelum dakwah biar tdk asal ngomong

  • Oji Fahruroji Fahruroji
    Oji Fahruroji Fahruroji 4 hari yang lalu

    Waduh payah ni ustadz efendi...

  • nothing last forever
    nothing last forever 4 hari yang lalu

    Emang ustad goblok Evie Evendi , kyk setan namanya evil menafsirkan sendiri padahal udah ada ulama yg menafsirkan dia malah mengarang goblok, untung ustad sudah banyak yg menjelaskan yg sebenarnya kalo di diamkan nih ustad goblok org" bisa sesat emang setan Efendi dia ustad yg ngarang waktu di OVJ sahur asu dia tolol waktu di acara ovj sahur aja dia hampir di tuntut karena menghina langsung minta maaf asal bacot tuh ustad.

  • Asep Sanji Kun
    Asep Sanji Kun 4 hari yang lalu

    Si evi ga pantes di bilang ust. Tapi pantes di bilang abal abal.

  • Khoirul Imam
    Khoirul Imam 5 hari yang lalu

    Seharus yg ini yg dilarang dtng Ke Bali Sm semarang bukanya UAS..klo perlu tmpat lain larang..ilmu msih cetek ngsih tausyiah...jmaah iya2 aja lgi gk ada yg protes...

  • tiger famiglia
    tiger famiglia 5 hari yang lalu

    Nabi muhammad bukan SESAT tapi dia tersesat dan di kasih petunjuk yang lurus dan benar oleh allah swt . ASTAGA MAKIN BANYAK ORANG YANG SOK PINTER AJA MAKANYA PAK USTAD EVI YANG DI MULIAKAN ALLAH KALO BELAJAR YG BENER YANG TINGGI JANGAN SOK TAU KALO GAK TAU

  • Reza Muhamad Ramdani
    Reza Muhamad Ramdani 5 hari yang lalu

    Erek k mana atuh gaya ?
    Mun teu nyaho ulah sok nyanyahoanan !
    #e'e 😏

  • Hamba Allah
    Hamba Allah 5 hari yang lalu

    ustad evie masih se enak jidat mentafsirkan,ngaji lg dong ke ustad abdu somad atau ke habib rizieq

  • Iqbal Hamidi
    Iqbal Hamidi 5 hari yang lalu

    Seperti inilah seharusnya menjelaskan mana yg benar. Bukan ngatain goblok sampai2 ngajak berantem. Ustad macam apa itu -_-

  • Putra Jingga
    Putra Jingga 5 hari yang lalu

    Assalamu alaikum wR.WB
    Terima kasih pak UAS atas penjelasannya krna ini sngat berarti sekali !
    Wassalamu alaikum WR.WB

  • Muhammad Amin
    Muhammad Amin 5 hari yang lalu

    Evie..klo bicara jngan asal ngomong nt..belajar agama dlu lah yg bnar..baru nt berdakwah...

  • cece supiandi
    cece supiandi 5 hari yang lalu

    Maka nya ngaji goblok

  • Ahmad Fatahillah
    Ahmad Fatahillah 5 hari yang lalu

    hehehe... mantap deh

  • siti salma
    siti salma 5 hari yang lalu

    Ngastrol lagi atuh evi pek aji ilmu mantek ilmu bayan.biar ngomong nya g asal asalan

  • Jaka Husein
    Jaka Husein 5 hari yang lalu

    evi lo mending jadi penyayi aja ga usah jadi pendakwah...ga cocok banget omongan kya ngarang lagu...hadeuh

  • Pak Oman
    Pak Oman 5 hari yang lalu

    eviii makmum aj dulu jgn so,soan dakwah.

  • Suwardi Wardi
    Suwardi Wardi 5 hari yang lalu

    Wah Enak banget Evi sudobol:Sdh kleru malah di undang MUI bukannya polisi,Zaskia pekok jadi duta pancasila,Lhah kalau maling pitik ketangkep bonyok di keroyok, baru di bawa ke polisi,Apeees jadi pelanggar hukum kecil kecilan yg sekedar hanya untuk makan . maling

  • gushendri aldi
    gushendri aldi 5 hari yang lalu

    Ustad evie kan belajar'a otodidak ya beda SM ustad Hanan ataki yg memang belajar.. style mereka sama to pertanyaan'a siapa duluan sih sbnr'a yg dakwah dgn gaya busana bgtu hehe soalnya sama persis

  • Noor Ipansyah
    Noor Ipansyah 5 hari yang lalu

    Mantap uas, ini baru ustad ane.

  • Pinang Tanjung
    Pinang Tanjung 5 hari yang lalu

    Ustad efi. Udah jelas2 mensalah artikan ayat2 suci ALQURAN. Berarti juga melecehkan agama islam. Juga nabi junjungan kita. Nabi MUHAMAD SAW. mana keadilan ni? Ahok aja yg jelas2 tidak sepaham, langsung dijebloskan, didemo, dll.. Mana pengadilan hukumnya???? Trims atas pecerahan UAS.. jadi kita lebih tau lagi..

  • Konami Sasuke
    Konami Sasuke 5 hari yang lalu

    👏

  • Heru Purnama
    Heru Purnama 5 hari yang lalu

    Aah si Evi mah nyanyahoanan

  • Nurdin Hakim
    Nurdin Hakim 5 hari yang lalu

    Alhamdulillah.. Seharusnya beginilah cara meluruskan yg salah.

  • Sohib Cupliz
    Sohib Cupliz 5 hari yang lalu

    UAS is the best..

  • aang ado
    aang ado 5 hari yang lalu

    Pantes aja bapa gw kurang suka dari dulu dgn gaya ceramahnya, Ust evie ceramah nya emang lebih condong untuk kaum remaja kurang cocok kalo ceramah untuk orang tua, harus banyak belajar lagi ilmu agama jangan setengah2 ini akibatnya fatal kalo salah dalam berceramah

  • Aroni Kia
    Aroni Kia 5 hari yang lalu

    Saya sarankan belajarlah sama ustad seperti UAS jadi penceramah harus ilmunya mumpuni ya makasih

  • FAKHRI SETIO
    FAKHRI SETIO 5 hari yang lalu

    subhanallah

  • Aji reki lesmana
    Aji reki lesmana 5 hari yang lalu

    menurut ustd yang lain nabi muhammad pernah TERsesat , tapi menurut ustd evvie nabi muhammad sesat , kurang huruf "TER" nya ustd evvie , mungkin disini bisa dibilang ustd evvie belum betul paham tapi insya allah dengan diberi arahan bukan cibiran atau hinaan , semuanya akan baik baik aja
    gagampang loh belajar agama , banyak ujian dan cobaan yang datang , maka kita seharusnya memberi arahan bukan mencaci orang yang salah , apalagi sesama muslim ,
    terimkash Ustadz Abdul Somad buat ilmu dihari ini

  • Iwan Budiman
    Iwan Budiman 5 hari yang lalu

    nabi ubur ubur

  • Double Zz
    Double Zz 5 hari yang lalu

    Seperti inilah seharusnya, ketika ada yang salah diluruskan, bukan dihujat dan dihina karena islam itu bukan agama penghujat. Semoga sehat selalu UAS

  • Rauzatul Jannah
    Rauzatul Jannah 5 hari yang lalu

    Om evi monggo belajar agama dulu kalo udh professional bari ceramah,, karena salah ngomong salah pemahaman

  • Sanjoto Tri Pamungkas
    Sanjoto Tri Pamungkas 6 hari yang lalu

    hhaahahaa gayanya aja udh sok sok an gtu.dah ilmu gk seberapa mau jd ahli ceramah naon naon ndasmu!!!! emg kl org yg sok pintr itu keliatan lbh hina drpda org yg diam tp bodoh.sesat???otak dia yg sesat.ceramah pke topi pke kaos dibilang ustad gaul????? iya gaul tp rendah ilmu!!!

  • Suhendi Rahmat
    Suhendi Rahmat 6 hari yang lalu

    UAS the real ustad, tahu asbabun nuzul ayat al-quran tidak secara mentah2 dalam menerjemahkan atau menafsirkan suatu ayat, beliau viral karena ilmunya bukan karena identitas,cara berpakaian atau lain-lain .

  • syamsul maarief
    syamsul maarief 6 hari yang lalu

    Yg dislike pengikut ustad Evie goblok!. Maulid lah sesat! Ustad goblok.. belajar Qur'an kulit nya doang Kya gini nih

  • Darmaone Liem
    Darmaone Liem 6 hari yang lalu

    Nabi tidak pernah salah apalagi sesat, karena Nabi selalu terkontrol dengan wahyu dari langit. Kalau nabi salah langsung Allah tegur, salah satunya dengan turunnya wahyu melalui malaikat jibril. Semua yg dilakukan nabi, ada hikmahnya.

  • Budi Setiawan
    Budi Setiawan 6 hari yang lalu

    Semua orang pasti pernah salah atau khilaf .mo ustadz kek mo siapa kek yg penting bisa dan mau klarifikasi

  • Darmaone Liem
    Darmaone Liem 6 hari yang lalu

    Ternyata Ustad Evi ilmunya masih kurang, wawasan keagamaannya masih sempit, sebelum nabi Muhammad diangkat jadi Nabi, beliau, orang tua, kakek dan neneknya adalah pengikut setia ajaran Tauhid Nabi Ibrahim. Ajaran Tauhid itu meng-ESA-kan Allah, hanya menyembah Allah saja.

  • Farhan Dhika
    Farhan Dhika 6 hari yang lalu

    Back sound pembuka nya judul nya apa

  • Kataki Doaririnkato
    Kataki Doaririnkato 6 hari yang lalu

    kaga dmna" klu udah tercyduck PASTI meminta maaf 😂

  • Umam  Milanisti
    Umam Milanisti 6 hari yang lalu

    Penjelasan nya sm kyk penjelasan ustadz yg gondrong itu, alhamdulillah suda diluruskan oleh beliau berdua

  • Dede Iduy
    Dede Iduy 6 hari yang lalu

    Si Goblok Efendi ga ada bilang NABI atau Rasulullah ya , jadi langsung nama nya , terlihat jelas kalo dia tuh ada sentimen .. jangan panggil si bego itu ustadz!

    • Dede Iduy
      Dede Iduy 5 hari yang lalu

      Yoga Ramdani lu bilang gitu sama Effendi ngapa gw? Ketularan bego lu

    • Yoga Ramdani
      Yoga Ramdani 6 hari yang lalu

      apakah anda sempurna? jangan begitu bro sesama muslim. sesungguhnya Allah benci orang orang yang Merendahkan dan menghina orang lain.

  • Bima Hananggoro
    Bima Hananggoro 6 hari yang lalu

    terlalu tinggi mengukur diri..

  • Rvp Rvp
    Rvp Rvp 6 hari yang lalu

    .makanya jangan gampang" panggil ustad !!!!
    Bisa ngaji dikit, ngerti hadist dikit, pinter ceramah langsung dipanggil ustad, diundang sana sini !!!!
    Pilih ustad seperti ustad abdul somad, jgn yg abal".

  • Erlan160586 Erlan
    Erlan160586 Erlan 6 hari yang lalu +1

    terlalu mudah memvonis orang, kalian harus tahu Evi Efendi tdk ada niatan menyesatkan ummat.. cobalah berfikir luas..
    kalian yg menghina Evi blm tentu lbh mulia dari Evi dimata Allah.. Allah maha pemaaf, dan Evi sudah mnta maaf secara terbuka..
    justru yg memecah belah Islam itu para ustadz yg mengompori umat dgn kata2 kasar, bknnya mendinginkan malah mengajak perang.

    • Neng Kasniawati
      Neng Kasniawati 6 hari yang lalu

      org kafir yg menghina rasulullah jadi sievi. ......liat dari topi yahudi nya. ...

  • Xiomi Xiomi
    Xiomi Xiomi 6 hari yang lalu

    Evi kontol emang

  • Ghembel Styl
    Ghembel Styl 6 hari yang lalu

    Males komen blm cukup ilmu

  • Hardiansyah ardhie
    Hardiansyah ardhie 6 hari yang lalu

    1..Ada sebagian orang yang berpura-pura paham&mengerti agama kita,bahkan sampai di panggil ustad, dll padahal dibalik tausiyahnya bertujuan merusak,menghancurkan&menyesatkan akidah umat..
    2. Ada sebagian orang yg baru sedikit mengerti agama kita tapi sudah di panggil ustad, dll padahal tausiahnya sesat&menyesatkan akidah umat..
    Dan yang lebih berbahaya lagi..
    3. Ada sebagian orang yang memang sangat paham,mengerti agama kita tapi dia sengaja merusak&menyesatkan akidah umat..hanya karena duniawi
    Maka dari itu :
    - Kita umat Islam harus cerdas karena dgn ilmu kita tidak mudah ditipu&di sesatkan mereka
    - mulai kembali belajar&pahami ajaran agama kita dengan panduan guru agama yg jelas&memiliki kredibilitas tentang agama Islam yg baik&benar,pelajari Al-Qur'an & hadist dengan bimbingan guru agama yang tepat (sanad& Mazhabnya)
    - berikan ilmu pendidikan agama&formal anak2 kita dengan baik sejak dini agar mereka kelak pun tidak mudah ditipu mereka
    Ingat!!! iblis tak akan berhenti berusaha untuk sesatkan umat Islam sampai hari kiamat dengan berbagai cara&upaya mereka melalui media apa saja dari zaman ke zaman
    Semoga kita termasuk orang2 selalu mendapat petunjuk Allah SWT,amin..

  • nhanhoenk PCB
    nhanhoenk PCB 6 hari yang lalu

    Gak gampang menjadi ustadz, tidak hanya tahu terjemahan Al Qur'an saja tetapi juga harus tahu asal muasal kenapa ayat tersebut turun, karena salah ustadz menjelaskan maka sesatlah semua jama'ah yang menpercayainya

  • aditya prawira
    aditya prawira 6 hari yang lalu

    woy yang lo gunjingin tuh ustad loh! kalian kafir apa muslim?
    selayaknya sesama umat muslim saling kasih dukungan, kalau salah ya mohon di ingatkan bukan malah di hakimi sendiri. beliau juga manusia apalagi beliau ikut serta untuk menyebarkan ilmu agama islam.. ingat manusia itu tak luput dari khilaf..ustad lain aja yg ilmunya lebih2 hanya meluruskan dan mengingatkan kalau ucapan evie itu salah, nah lo pada gak malu gitu bisanya cuman ngerempongin orang dan yg lo rempongin ustad lagi.. astagfirullah..dimana jiwa muslimin yg baik di diri kalian. dimana

  • al banjary palui
    al banjary palui 6 hari yang lalu

    Apa judul intro lagu pembukax

  • Brandal Lokajaya
    Brandal Lokajaya 6 hari yang lalu

    Evie Effendie manusia fasik.. jahanam.. tidak punya adab.. kurang ajar pada Baginda Rosulullah SAW...!! menafsirkan ayat seenak isi kepala sendiri..! bangsat...!! Menghina Nabi, Menghina Maulid Nabi..!!
    Evie Effendi Anjing khawarij takfiri..!! 😡😡😡😡

  • Arya Pancala
    Arya Pancala 6 hari yang lalu

    Assalamualaikum...
    Ini baru klarifikasi.........
    Tak ada hinaan ,ucapan kasar tantangan ,menyombongkan,.. hanya klarifikasi, meluruskan,mengingatkan,islam memang harus saling mengingatkan bukan menjatuhkan ,..meluruskan yang salah bukan menghina,..mengingatkan bukan langsung menilai sesat,...agar negara ini semakin bersatu ,baik agamanya baik juga umatnya ,..terima kasih ust maju terus ,jangan sombong dengan apa yg sudah di capai ,...wassalam

    • Muhammad Amirul Huda
      Muhammad Amirul Huda 6 hari yang lalu

      Arya Pancala Ini bukan klarifikasi mas. Video Uas 2016 kok ini. Niat dia kn mau bilang maulid sesat, eh terselip lidah ngutip ayat ditafsirkan sendiri. sampai mngatakan Nabi Muhammad SAW sesat. Wajar klau teman2 aswaja marah.

  • 7 Famly
    7 Famly 6 hari yang lalu

    Klo tidak tau mending diam, otodidak terkadang berbahaya jika tidak di dasari dengan ilmu.
    Pandai2lah mendengar ceramah.

  • Ruki Rahman
    Ruki Rahman 6 hari yang lalu

    usir si evie ke medan tempur

  • ratnaa prihardana
    ratnaa prihardana 6 hari yang lalu

    belajar dulu deh ust evi efendi sama ulama yg lebih cerdas dalam tafsir jga
    terima kasih pa ustad abdul somad

  • riyansyah riyanto
    riyansyah riyanto 6 hari yang lalu

    kenapa orang2 selalu menganggap kata "sesat" dengan kemusyrikan?

  • Dzurriyat Angling Darmo
    Dzurriyat Angling Darmo 6 hari yang lalu

    6:09 dmn y dl org2 begini bljarnya??? Kok bs d tinggal toh tafsirnya.

  • bimo wicaksono
    bimo wicaksono 6 hari yang lalu

    Yg gini kok dibilang ustad heran. Cuman gara2 "style" yg beda dengan dri ulama lain bisa jadu ulama.. Well..

  • ochan asharie
    ochan asharie 6 hari yang lalu

    Si evie efendi ngajinya kurang jauh, kurang lama, kurang kitab!!

  • Abadi Ponsel
    Abadi Ponsel 6 hari yang lalu

    😘😘😘

  • gatillo silencioso
    gatillo silencioso 6 hari yang lalu

    Uiama saja saiıng menyalahkan

  • alina Alin
    alina Alin 6 hari yang lalu

    UAS 😊😊😊

  • hamka Kancil
    hamka Kancil 6 hari yang lalu

    efendi goblokkkkk

  • deri sat
    deri sat 6 hari yang lalu

    semoga Allah melaknat musuh2 islam yg menyamar jadi ustad demikian pula orang bodoh wahabi ngaku salafi yg bersamanya yg merasa ilmunya shohih..klo mereka ditempat kami maka penggal leher2 kepala mereka.

  • Soleh Kindys
    Soleh Kindys 6 hari yang lalu

    ga stuju.. cm gr2 ad anjing mlkt tdk msuk rmhnu nabi... aneh bin ajaib hadis gni kok dojdikan pedoman... emangnya malaikat gg bs nemui nabi di lain waktu atau ngbrol dtmpt lain..
    hadist itu byk yg menyesatkan dan jdi perdebatan... mnding tinggalkan perdebatan

    • Muhammad Amirul Huda
      Muhammad Amirul Huda 6 hari yang lalu

      Soleh Kindys sebanarya mles ane ngladenin ente. wong anda bukan muslim, mau dikasih tau ya percuma 😁. skedar hiburan aja nanggepi koment anda. 👌oke lnjutkan 👌.

    • Soleh Kindys
      Soleh Kindys 6 hari yang lalu

      masak malaikat takut sm anjing... masak wahyunya di pending gr2 ada anjing...
      stauku klo ada setan.... anjing itu juguk... lha malaikat jibril masak di juguk in sm anjing kalah...
      pelajarilah ttg hdsi sohih itu apa.. klo gg ada di alquran... gg usah dipercaya.. gpl gak dosa

    • Muhammad Amirul Huda
      Muhammad Amirul Huda 6 hari yang lalu

      Soleh Kindys ente temenya lia eden ya?😂😂. Bikinin kopi aja bang 😁.

    • Soleh Kindys
      Soleh Kindys 6 hari yang lalu

      Muhammad Amirul Huda tak bikinin hadist sahih mau?

    • Muhammad Amirul Huda
      Muhammad Amirul Huda 6 hari yang lalu

      Soleh Kindys hadist sohih kok ditinggalkan 🙄.

  • ARPONG ARPONG
    ARPONG ARPONG 6 hari yang lalu

    Kamu itu nafsir ayat kok sak penak dewe...evi sama yg sebelahnya itu pekok apa lagi mendem....ngaji dimana itu....

  • Dais Samok
    Dais Samok 6 hari yang lalu

    Kofyah nyeh maneh kofya. Tofi laken yeh suruh taro dulu tuuuuuh

  • Dislike Boy's
    Dislike Boy's 6 hari yang lalu

    HARUSNYA DIADILI COEG. DIPROSES SECARA HUKUM SEPERTI KASUS AHOK. BUKAN KARNA DIA MUSLIM HARUS DIMAAFKAN BEGITU SAJA.
    INI LEBIH PARAH DARI KASUS AHOK.
    HARUS ADA YANG MEMBAWA KEJALUR HUKUM INI. BIAR JADI PELAJARAN BUAT YANG SOK NGAKU JADI USTAD DADAKAN.
    ORANG YANG BERANI MENGHINA BAGINDA NABI MUHAMMAD HANYALAH ORANG KAFIR.

  • Anto Walker
    Anto Walker 6 hari yang lalu

    Gitu di bilang ustad si evi,,,pantesan jdi pelawak... klo ceramah penampilannya kaya orang yahudi...mana ada ceramah dia pakai baju koko dan peci,,, yg ada pke jaket,kaos trs pake topi ,ketu...

  • Mr Alic HGIDAN
    Mr Alic HGIDAN 6 hari yang lalu

    Ya ini salah satu dampak d negative dari era ketebukaan , byk anak bau kencur artinya (kalau abis pipis aja blm bs vebok yg bersih) pake bcr agama kmd yg lucu lagi dgn pedenya ngangep otak dia encer,dgn berasa begaya (cool style) otak nya,. Malah minus kelain banget kalau cara dia berpikir ga waras .type2 spt ini saya nyebutnya " udik oon tp begaya" sok modern, idealis krn etika dan ahlaknya minus krn dia tdk pernah mengerti nabi itu siapa.. Masa dipanggil namanya doang..!! Sebenernya
    Byk nih yg model begini, yg otaksatusen bergaya
    Ya udah kita doain saja manusia2 spt ini spy dpt hidayah dan diketemukan guru spt uas

  • Mae Saroh
    Mae Saroh 6 hari yang lalu

    ustadz warung pojok make nya aj topi😂😂

  • AmQ Eam
    AmQ Eam 6 hari yang lalu

    evie itu ustad asal2an ...

  • adhi fadli
    adhi fadli 6 hari yang lalu

    evi belajar dulu yg bener Dalil dan Hadits..setelah itu insya allah ente pantes nyandang gelar ustad

  • Trips Anan
    Trips Anan 6 hari yang lalu

    Ustadz Evi SESAT

  • Hobi Tahlil
    Hobi Tahlil 6 hari yang lalu

    Ustadz Evie effendi Bangsat.... kamu menghina Nabiku, Junjunganku, Kurang Ajar kamu...... belum hilang sakit hatiku sama ustad yg mengatakan orang tua Nabi masuk neraka, kamu lagi.... bangsat..... mengatakan Nabi Muhammad Sesat..... menyebut Nabi saja tidak menggunakan adab....Goblok... kamu.... bagimana umat Islam nantinya kalo yg kaya gini dianggap Ustad, Ilmu masih minim..... rusak....rusak.....umat Islam kalo kaya gini....., menangis saya atas hinaan yg kamu ucapkan untuk Nabiku..... demi Allah aku tidak terima atas ucapanmu.....

  • Riky Ardiansyah
    Riky Ardiansyah 6 hari yang lalu

    Terimakasih untuk pak ustad Abdul somad insya alloh pencerahan nya berkah buat saya Aminnn....