Cak Nur : Mengapa Memilih Prabowo Sandiaga Uno

Bagikan
Sematkan

Komentar • 12 393

  • rian ade
    rian ade 22 jam yang lalu

    PADI 2

  • Timbul Wae
    Timbul Wae 15 hari yang lalu

    cak nur cangkemme rusak,,, oraaa tak gugu norr norr... mesti kroso ngiseng bar delok raimu...

  • Ibnu Jamil
    Ibnu Jamil Bulan Yang lalu

    Innalillahi wainna ilaihi rojioun.
    Tidak kah Prabowo mempunyai sejarah dzolim menculik beberapa manusia yang tiada khabar berkena’an mereka hingga hari ini.
    .
    Mengikut pernyata’an beberapa mantan pembesar askar Indonesia, kelakuan Prabowo itu bertentangan dengan procedure atau undang military Indonesia se hingga Prabowo itu di pecat.
    .
    Dengan itu, mari kita fikir sendiri adakah orang seperti Prabowo Subianto layak memimpin Indonesis.
    Bahkan besar kemungkinan anda sendiri tidak akan mahu mengambil orang berwatak seperti beliau sebagai menantu atau ipar mengahwini saudara perempuan kamu.
    .
    Begitu juga dengan Sandiaga Uno yang ada kasus uwang.
    .
    Wallahu’alaam.
    .

  • bee quar
    bee quar Bulan Yang lalu

    hidup Prabowo-Sandiaga.. semoga jadi CAPRES-CAWAPRES abadi selamanya..

  • chanel pancing
    chanel pancing Bulan Yang lalu

    Hanya orang2 yang cerdas yang dukung @2019gantipresiden..yang setuju tekan like

    • Ronggo geni
      Ronggo geni 29 hari yang lalu

      Saya udh tekan like Nungging ke bawah

  • Duf goetze
    Duf goetze Bulan Yang lalu +1

    Cak Nur, semoga baca ini.
    Apa kamu gak ngerasa Bodoh, hasil ijtima' para ulama udah jelas, "UAS dan Habib Salim.
    Tapi kalian di khianati dengan keputusan kmrn itu!
    Mikir ngak?
    Terbaik dan kehendak Allah? lalu skrg kamu ingkar?
    Jokowi di takdirkan jadi presiden,
    Knapa malah minta ganti!
    Baca Nur, baca!!
    Kami umat turun juga lihat koncteks ulama membela apa?
    Kalau islam di sentuh, kami akan turun.
    Tidak perlu aba2 ulama, itu kewajiban kami membela agama!

  • al pindo
    al pindo Bulan Yang lalu

    pak jokowi dan pak ma'aruf amin sudah sesuai dengan syarat yg anda katakan cak,
    presiden nya nasionalis, wakil nya ulama.

  • AhmadJausan 06
    AhmadJausan 06 Bulan Yang lalu

    GUS NUR TRIMAKASIH ATAS PENCERAHANNYA...PARA KOMENTAR SETUJU GA KALAU GUS NUR MENCERITAKAN SILSIILAH KELUARGA PRABOWO DARI PRABOWO BAYI SAMPAI JADI CALON PRESIDEN TERMASUK CALON WAKIL PRESIDENNYA DEMIKIAN JUGA MENCERITAKAN SILSILAH JOKO WIDODO DARI JOKO WIDODO BAYI SAMPAI BELIAU JADI PRESIDEN TERMASUK CALON WAKIL PRESIDENNYA...JADINYA NANTI KITA BISA BERKOMENTAR MANA YANG LEBIH BAIK..JANGAN RAGU YA GUS UNTUK MENJELASKAN..JANGAN BERAT SEBELAH..NETRAL AJA

  • Shoffa Aditya
    Shoffa Aditya Bulan Yang lalu

    Raimu wanine ning youtub

  • Shoffa Aditya
    Shoffa Aditya Bulan Yang lalu

    Usthad ngentot cak nur

  • Sutardi Triyoga
    Sutardi Triyoga Bulan Yang lalu

    Klo mau lihat kepemimpinan prabowo ya prabowo jadi presiden baru bisa membandingkan kepemimpinan prabowo dan jokowi la klo prabowo tdk jadi presiden gimana mau membandingkan begitu yg merasa nyaman tetap jokowi dan yg kurang nyaman tdk puas dng pemerintahan skrng pasti ganti presiden itu hal yg wajar hargailah befa pilihan

  • Ceker Bebek
    Ceker Bebek Bulan Yang lalu

    Ah jadi wagub aja gak bener dan belum ada hasil ngurus jakarta malah jadi wapres haha, gw malah respect sama pak Anies masih amanah dan fokus di DKI

  • Hendrik Boyz
    Hendrik Boyz Bulan Yang lalu

    Percuma ngmg pnjg lebar yg jd presiden ntr ttp jokowi.

  • Ahmad Taufik Taufik
    Ahmad Taufik Taufik Bulan Yang lalu

    Kok yg terahir d dengar nggk enak

  • LUKMAN HS BOS BESAR
    LUKMAN HS BOS BESAR Bulan Yang lalu

    politik itu tidak bisa d hubungkan ama sakral cak. mendukung sih bole aja tpi ingat anda" ini kan suda ada bidang nya masing"

  • Ilham Wiguna
    Ilham Wiguna Bulan Yang lalu

    Pa sandiaga uno baik dan mapan. Hanya pendapat pribadi saya blom matang. Itu yg jadi kurangnya. Harusnya selaikan dulu dan buktikan pada masyarakatnya.

  • Dede Supriatna
    Dede Supriatna Bulan Yang lalu

    Kalau kata allah jadi. maka terjadi lah.. Seperti jokowi sekarang. Terima kasih

  • Dede Supriatna
    Dede Supriatna Bulan Yang lalu

    Kita lihat aja bagaimana keputusan allah, takdir allah siapa pun yang jadi presiden.

  • Giyo Wage
    Giyo Wage Bulan Yang lalu

    Kakean bacot asugik #2019 tetap pak jokowi

  • M. Rizky Yunanda
    M. Rizky Yunanda Bulan Yang lalu

    Wajib hukumnya 2019 ganti presiden

  • Ami Maruf
    Ami Maruf Bulan Yang lalu

    Ganti ganti ganti saya butuh pemimpin yg menepati janji kalo prabowo gk bner juga 2024 paksa ustad abdul somad jadi presiden wkwkwwk karna gw pengen pemimpin yg takut sama allah.

  • Up Army
    Up Army Bulan Yang lalu

    Wejangan islam
    "Kalo segumpal daging itu baik...
    Maka omongan dan tindak laku pun baik."
    Ingat wejangan gusdur
    "Banyak hafal quran hadist, lalu merasa benar sendiri"
    Saya bukan bicara politik... siapapun presidennya nanti tetap dialah pemimpin saya

    Cuma sayang aja sama orang ini...
    Pengetahuan islamnya banyak tapi gak tau cara menempatkannya...
    Jangan kotori martabat ulama

  • khoirul anwar
    khoirul anwar Bulan Yang lalu

    penginnya #2019GANTIPRESIDEN....cuman penggantinya bukan ulama...jadi sebagai muslim saya lebih dukung ulama...jadi saya pilih Prof.KH. ma'ruf amin .... (bukan hanya ahli agama tapi juga eorang akademisi ekonomi syariah ) .... pasangan naionalis dan ahli agama

  • cah lali omah cah lali omah
    cah lali omah cah lali omah Bulan Yang lalu

    Lidah bersilat..lo nurrr..kasian deh lo...cramah kao ngak bermutu di mata masarakat.🤗🤗🤗🤗🤗🤗🤗

  • Abdul Hasan
    Abdul Hasan Bulan Yang lalu

    Klo presiden ttp Jokowi berarti anda goblok, hr siang sj berganti malam, pagi berganti siang dll, kenapa presiden tidak boleh berganti? Apa anda tuhan yg tahu apa yg terjadi besok? Ganti..ganti..hrs ganti presiden, selebihx terserah Allah. Jgn berjln ditempat goblok, atau takut.

  • hikmat budiman
    hikmat budiman Bulan Yang lalu

    Ijtima ulama ngak dipakai probowo..kasihan lho.

  • Galaxy One
    Galaxy One Bulan Yang lalu +1

    Cocotmu mencla mencle nur...
    Bangsat koen coookkk....

  • RR Tommi
    RR Tommi Bulan Yang lalu

    Huahuahua... Ngakak sek cah.. #2019belumgantipresiden

  • Iman L
    Iman L Bulan Yang lalu

    Mengapain memilih Prabowo dan Uno yg katanya dekat dgn ulama.

  • cak mimin
    cak mimin Bulan Yang lalu

    Mengapa pilih prabowo-sandi?
    Karena anaknya LGBT.
    Fix ane dukung jokowi

  • Gat Arifin
    Gat Arifin Bulan Yang lalu

    yg like video ini 12rb yg unlike 8.7rb

  • Black Ficran
    Black Ficran Bulan Yang lalu

    hmmm..bikin sakit hati dgr si nur ngomong..

  • Teyeng Ireng
    Teyeng Ireng Bulan Yang lalu

    ASUdah lah

  • Teyeng Ireng
    Teyeng Ireng Bulan Yang lalu

    Yang mau suginur jadi presiden like..

  • jhuan herawan
    jhuan herawan Bulan Yang lalu +1

    Ustad munafik,,,kasar awas kalok datang ke Lombok orng Lombok menunggu mu

  • Rico Verdian
    Rico Verdian Bulan Yang lalu

    Kena syndrome mafud ni orang.

  • Alrasyid Listanto
    Alrasyid Listanto Bulan Yang lalu

    Maaf pak ustad .... Udah lah .... Mungkin prabowo sandi yg terbaik .... Kecewa boleh mingkin itulah kehendak yg maha kuasa

  • Amin Liza
    Amin Liza Bulan Yang lalu

    Ngomong opo kamu cak nur..seperti mulut perempuan

  • Amin Liza
    Amin Liza Bulan Yang lalu

    Ulamak uang .beda sama ulama yg warok

  • Aswan haha Aswan
    Aswan haha Aswan Bulan Yang lalu

    sehat selalu ustad

  • Amin Liza
    Amin Liza Bulan Yang lalu

    Tetap presiden jokowi .yg lain cuma besar gaya.. caknur sok pintar ...

  • You Tuber
    You Tuber Bulan Yang lalu +2

    Saat Sumpah Pak Jokowi dari Gubernur ke Presiden dianggap MELANGGAR SUMPAH, tapi kalau Sumpah Bang Sandi dari Wagub ke Wapres malah BOLEH DIBATALKAN dgn alasan ADA HADISTnya?hahaha
    Jauhkan hambamu ini dari orang MUNAFIK dan para PENJUAL HADIST yg akan menerima laknat darimu ya Allah😇😇😇

  • Elis Warliah
    Elis Warliah Bulan Yang lalu

    Alquran itu Manual Books nya Umat Manusia..sehrsnya para Ustad Wajib berpolitik di Masjid_Mushola & ilmu Politiknya hrs lebih Mumpuni,jngn bilang"Serahkan pd Ahlinya" itu berarti penguasaan ilmu Alqurannya blm 100% Alias Ustad Karbitan, yg cm bsnya menina bobokan Umat,pdhal Nabi Sulaeman.as pernah jd Raja,Nabi Muhammad.saw pernah jd Panglima itu semua perumpamaan bg para Ustad sbg pewaris Nabi. ingat ulama/ustad tuanku imam Bonjol .

  • Dicky Saputra
    Dicky Saputra Bulan Yang lalu

    Love you ustadz, sehat selalu berlimpah berkah

  • Majid deka
    Majid deka 2 bulan yang lalu

    Nek prabowo delalah kalah nu wong sing ngomong ning video kui kiro2 arep ngomong opo ya ning video ne suk emben?

  • setia budi budi
    setia budi budi 2 bulan yang lalu

    si nur,
    pecundang banyak tingkah.

  • ari sunartik
    ari sunartik 2 bulan yang lalu

    SUGIK...mulut rombengan...gk ngaruh

  • ali maskur
    ali maskur 2 bulan yang lalu +1

    SAYA PENDUKUNG PRABOWO DALAM SETIAP POLINGSAJA HARUS MENANG... CAPRES NOL BESAS MAU JADI CAPRES LAGI ADUHHH BUAT MALU NEGARA APA LAGI AGAMA...MAU DI TARUH MANA...MUKA INI...UDAH PENYEBAR ISU SARA BRUTAL ..MAKANYA KITA 1000 PERSEN KITA LIKE AND SUBSEKROP BUAT PRABOWO...YG GILA JABATAN TAK MALU DG KEMAMPUAN DI UKUR DARI KELAKUAN TAK ADA CERMIN KE ISLAMAN.. PUAS dah BOSAN

  • roma dani
    roma dani 2 bulan yang lalu

    Ko ada sdikit kebodohan wong iki katon,,
    Lbih baik ULAMA menjadi Pemimpin atau Penasihat,, kalau cuma jadi "WAKIL", apa fungsinya,,??
    Tetap jadi suruhan & ban serep doank,,
    Terlalu nafsu kekuasaan jg wong iki,, Ya Allah Gusti,,

  • ichsanul hakim
    ichsanul hakim 2 bulan yang lalu

    Hanya satu yang mau saya tanyakan ke pada umat muslim yg membela PAS bisa buktikan gak soal kevalid'an data pidato prabowo soal LRT dunia yang katanya prabowo harganya hanya 8jt USD per km yg pernah di pidatokan prabowo sebulan yg lalu, masak sih prabowo menyebar hoax? Ayo bisa benarkan gak? Umat muslim pasti bisa membenarkan

  • Leo Emy
    Leo Emy 2 bulan yang lalu

    Bpk Jokowiii ,,, yessss......
    Lain nya , Nooo........

  • Adi Rakeri
    Adi Rakeri 2 bulan yang lalu

    Kalo cuma omongan ente aja gak ngaruh lik nur, coba dikasih duit sekardus pasti langsung meleleh

  • Farin tya Huawei
    Farin tya Huawei 2 bulan yang lalu

    Wedus nur kayak orang ngerti ae. Padahal orang ini sama persis ma bungklon yg slalu berubah2 cuma pengen cari sensasi

  • Mohamad Ibnu
    Mohamad Ibnu 2 bulan yang lalu

    Bisakah jokowi baca alquran???
    Bisakah prabowo baca alquran???
    Muslim bersatu okeee...

  • Mohamad Ibnu
    Mohamad Ibnu 2 bulan yang lalu

    Bismillah...
    Saya ngerti mana yg mau saya pilih..
    Siapa yg bisa baca alquran itu yg pasti saya pilih

  • M Yusuf
    M Yusuf 2 bulan yang lalu

    Cak nur kenapa ente tidak pilih ulama besar kaya Prof. Maruf amin...........katanya ente cinta ulama...................Jangan bohongin umat...cak.. Dosa.......

  • rizki kuncoro
    rizki kuncoro 2 bulan yang lalu

    jadi untung yang mana nih.. kayak pedagang aja cari untung teruuuus

  • muhammad musni
    muhammad musni 2 bulan yang lalu

    preeeeettt, wedus

  • Para Komando
    Para Komando 2 bulan yang lalu

    Saya juga sempat kecewa... Tapi yaa sudahlah.... Saya mendukung sesuai hati nurani saja... Yang paling kecil mudhorotnya... Insyaa Allah

  • Agus Priyanto
    Agus Priyanto 2 bulan yang lalu

    Cocok jadi menteri penerangan nich Pak Ustad.

  • pakaN uLo Pia
    pakaN uLo Pia 2 bulan yang lalu

    SeLamat pakdhe...SaLam ✌periode 2019 ttp pak jokowi....

  • defri anto
    defri anto 2 bulan yang lalu

    #2019gantipresiden utk indonesia yg lebih baik..

  • Fernando Ratynez
    Fernando Ratynez 2 bulan yang lalu

    Yg jelas njenengan korban politik hahahaa.. ntr klo udh gk di butuhin njenengan bru tau kejam'y politik

  • Bolong Momplong
    Bolong Momplong 2 bulan yang lalu

    ababmu mambu taik

  • Adelia Dewinra2
    Adelia Dewinra2 2 bulan yang lalu

    Gaya kaya ustadz.... Ko mau pilih dari kaum nasrani... Gak ngaji apa surat almaidah... Dasar ustadz p o litik

  • Astor Didut
    Astor Didut 2 bulan yang lalu

    Prabowo pilih sandi karena diberi KARDUS ... plain and simple ... tp knp banyak org tidak mau terima kenyataan ini ... aneh

  • Yulian Mardianto
    Yulian Mardianto 2 bulan yang lalu

    Goblok

  • Rafa Adit
    Rafa Adit 2 bulan yang lalu

    ulama sekarang mah doyan duit...apalagi cik nur mulutnya udh kesumbat duit 500 jt...

  • Ubaydillah Akbar
    Ubaydillah Akbar 2 bulan yang lalu

    anda ngga dengar ustad abdus somad ngomong klau mencari pemimpin harus taat kepada ALLAH DAN RASULNYA dan kuat agamanya.masa seorang islam abangan kya prabowo kata pks termasuk yg disebut ustad abdus somad lu pikir jangan hanya anda membenci pak jokowi prabowo islam abangan kata pks yg dipuja puja.

  • ahmad hafid
    ahmad hafid 2 bulan yang lalu +2

    Saya suka berfikirnya TGB. Bukan orang ini.

  • Djoko Kartiko
    Djoko Kartiko 2 bulan yang lalu

    Gus Nur orang gila

  • supriyono bekasi
    supriyono bekasi 2 bulan yang lalu

    bahasa jawa nya MBLGDHS

  • Numero Wan
    Numero Wan 2 bulan yang lalu

    Yaa Alloh tunjukanlah bahwa azab Mu sangat dekat, terutama pada calon atau pemimpin dzalim, aamiin..

  • Tammar Vega
    Tammar Vega 2 bulan yang lalu

    ada Ulama ada juga Ubaru

  • Rizal Adalahfenomena
    Rizal Adalahfenomena 2 bulan yang lalu +1

    Ketika anda memberikan paparan ttg sumpah disitulah sy sedih nilai sakral agama didegradasi dgn penafsiran politik. Bukan saja tidak fair tp jg menunjukkan kebingungan anda thd substansi yg hendak anda paparkan. Anda salah fatal, Anis sandi tdk pernah bertarung dlm pilkada melawan jokowi ahok. Ahok jarot jg tidak pernah maju sebagai cawapres. Benar2 kesalahan fatal hilang substansi paparan anda Padahal anda sdg mencoba menerangkan soal ini lantas harus komen apa pendengar anda thd paparan anda..?. Kenapa bisa muncul kesalahan itu? Tak bukan karena anda membungkus politikn dgn baju agama. Lisan anda tidak bs menutupi kebingungan hati anda. Kedepan ambilah jalan yg lebih tegas..pilihlah jalur ompol (omong politik) atao omag ( omong agama). Maka Anda akan terlihat lebih bermartabat.

  • Wisnu Tri
    Wisnu Tri 2 bulan yang lalu

    Majuo dewe cak 🤣

  • sate ayam btn
    sate ayam btn 2 bulan yang lalu

    upi ipi

  • Suju Andika
    Suju Andika 2 bulan yang lalu

    Maaf, sy lihat Prabowo kok jd ingat:
    1). Penculikan aktivis pd jaman orde baru
    2). La Nyalla M secara spontan mengtakn: “Orang itu (Prabowo) sakit apa?, blum apa2 sy kok diperas setor uang 40M”, dan
    3). “Jenderal Kardus“ oleh Andie Arief ( PD), krn ada transaksi di pemilihan Cawapres S Uno.
    Maafkn sy, skrang ini sy meyakini Prabowo sedang Bangkrut ( Sebangkrut2nya), krn semua dilihatny dr sisi uang !

  • ntika part2
    ntika part2 2 bulan yang lalu

    Kata kata nya d ahir vidio kok bikin kesel gt y hmmm,,, y sdh bapak j yg maju klo yg lainnya pd mundur

  • arya ressurection
    arya ressurection 2 bulan yang lalu

    Prabowo ksatria Jawa sejati, mengalah demi rakyat thn 1998 akibat dihasut kelompok jenderal merah dan taipan keturunan tionghoa, dan kelompok aktivis binaan CIA. Prabowo forever

  • Desi Wulan
    Desi Wulan 2 bulan yang lalu

    saya bingung sama video ini.. omongannya kesanakemari.. memang intinya video ini memihak prabawo sandi.. tp disisi lain dia juga mengungkapkan kekecewaannya ke prabowo.. hmm..

  • MrAsian298
    MrAsian298 2 bulan yang lalu

    Mungkin ... keadaan seperti inilah yg terbaik untuk umat muslim saat ini. ya ... daripada orang2 shi'ah radikal yg maju ... ini masih lebih baik. InsyaAlloh. Jika mau memperbaiki, Ijtima ulama harusnya menyarankan persatuan partai Islam.

  • Alan Maulana Khabibi
    Alan Maulana Khabibi 2 bulan yang lalu

    Maaf kalo anda kecewa kenapa harus di share ke publik itu adalah rahasia anda sendiri kalo anda kecewa biarkan anda sendiri yang tahu tak perlu orang lain tahu kekecewaan anda jika toh tidak suka ya sudah anda tak perlu bercakap panjang tingal anda sendiri yang menilai jangan membuat image ulama buruk karena anda juga mengingikan nya (kekuasaan) dan sekali lagi saya tekankan kepada anda sebagai ulama yang mencerminkan kepada umat khususnya umat muslim Indonesia jangan sesekali anda berbicara seperti itu nanti akan menjadi boomerang buat anda sebagai ulama yang gila akan kekuasaan semata jadilah ulama yang arih dan bijaksana untuk kemaslahatan umatnya.

  • el marz
    el marz 2 bulan yang lalu

    intinyakan #2019GANTIPERSIDEN bukan ganti wakil persiden

  • eko susanto
    eko susanto 2 bulan yang lalu +4

    Tolong jawab dgn jujur pak ustad, katanya kan capres pilihan Ulama. Adakah satu ulama saja yg berani menjamin kl prabowo sudah benar dan hafal bacaan sholat nya? Dan bisa ngaji Qur'an ga? Kl lihat history beliau soal sejarah pendidikan di sekolah non muslim trs, dr keluarga non muslim dan jd mualaf ketika dah tua. Jgn sampai anda2 menjual Agama dgn murah demi kekuasaan..

  • Erul Ceff
    Erul Ceff 2 bulan yang lalu

    Sok tau anda

  • Lisan lbp
    Lisan lbp 2 bulan yang lalu

    CANGKEME BOSOK

  • muhammad ito95
    muhammad ito95 2 bulan yang lalu

    kbanyakan iklan👎👎👎

  • Almiyra Damayanti
    Almiyra Damayanti 2 bulan yang lalu

    Akuuu seneng cak nuur iki cocotte neng ngomong yenengke.

  • djoehan koesnadi
    djoehan koesnadi 2 bulan yang lalu

    wahai saudaraku yg muslim, jika anda ragu akan pilihan anda, lakukanlah shalat tahajud untuk memohon siapa yg lebih baik untuk mmimpin masa depan indonesia, jgn smpe terkecoh golongan2 tertntu demi tercapainya keuntungan kelompok atau golongannya.

  • Bowo Zireq
    Bowo Zireq 2 bulan yang lalu

    GUSNUR SIMULUT PANTAT, ISINYA HANYA EEK DAN KENTUT 😆😆😆😆😆😆

  • Robby Tirta
    Robby Tirta 2 bulan yang lalu

    Suginur cari dahli lg utk membodohi msyrkt,, yg pasti prabowo itu menghingkari ulama,klu pak jokowi jls lbh mengutamakan bgsa,ini fakta! Egk usah prcya,nie sugi nur org islam yg bodoh dan jahat..

  • Joehan The Pit
    Joehan The Pit 2 bulan yang lalu

    Dus nur kox diguguh, ajor...

  • Badoey Melek
    Badoey Melek 2 bulan yang lalu

    waduh..ngomong apaan nih soleh solihun..masih auto skip nih pc gw liat dia..wkwkwk

  • Reno Garden
    Reno Garden 2 bulan yang lalu

    Kamu mau bilang apa aku ngga urus tetap pk jokowi aja oke

  • Indra Moses
    Indra Moses 2 bulan yang lalu

    🤗?????????????????????

  • Si Kadal
    Si Kadal 2 bulan yang lalu

    2019 ANTAR JOKOWI PULANG KE SOLO..
    suruh diem di rumah,banyakin istigfar..

  • Rendi Pratama
    Rendi Pratama 2 bulan yang lalu

    Jokowi milih ketua MUI biar dpt CAP HALAL dari MUI... Dan harus di pilih oleh umat islam... Haha licik

  • Taufik Adjua
    Taufik Adjua 2 bulan yang lalu

    Tetap jokowi lh top

  • Ares Goendel
    Ares Goendel 2 bulan yang lalu

    duh disimak mneh2 ujung2nya nyari yg berduit...mani politik