Dialog: Pemicu Penembakan 31 Pekerja Trans Papua karena Isu Lokal, Betulkah ? (2)

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 4 Des 2018
  • TNI dan Polri telah mengantongi kelompok yang membunuh 31 orang pekerja proyek Trans Papua di Kabupaten Nduga, pelaku diduga merupakan kelompok bersenjata pimpinan Egianus Kagoya.

    Kelompok Egianus Kogoya selama ini dikenal sebagai kelompok kriminal sipil bersenjata yang beroperasi di pedalaman Kabupaten Nduga.

    Kita bahas penembakan pekerja pembangunan jembatan di kabupaten Nduga Papua bersama Andreas Hugo Pareira anggota komisi I DPR F-PDIP dan Staf khusus Presiden bidang urusan Papua Lenis Kogoya.

     

     

     

     

Komentar • 4 508

  • Aditya Prabowo
    Aditya Prabowo 5 jam yang lalu

    Entah unsur apakah yg bikin mereka seperti ini

  • Awawa Wawa
    Awawa Wawa 6 jam yang lalu

    Indonesia bisa buka Mata Dan lihat
    Jangan hanya fokus membangun Papua saja,prioritaskan dulu membangun manusianya dulu.
    Ini yang sering di lupakan
    Org Papua juga butu makan, ini menjadi problem untuk oap, masa setiap pekerjaan dan lain lain tidak bisa libatkan org asli papua utk bisa menggurangi kemiskinan, Jangan menamba kemiskinan di Papua.
    Dalam data statistik Papua termasuk provinsi termiskin di indonesia.
    Sangat di prihatin,seakan akan Papua tidak memberikkan kontribusi bagi indonesia.
    Jangan cintai alamnya Papua saja
    Lalu manusianya tidak di cintai.
    Mungkin peristiwa ini menjadi bahan evaluasi untuk membangun Papua kedepan seperti Apa.

  • Virgi Febrian
    Virgi Febrian 6 jam yang lalu

    Kerahkan Pasukan FREE FIRE dan PUBG , mereka ahli strategi dan pengintaian... Booyaaahhhhh

  • Janji I
    Janji I 8 jam yang lalu

    Gua tau semua ini ulah pihak luar yang menipu daya salah satu pulau negara kita

  • Ari Wiyanto
    Ari Wiyanto 13 jam yang lalu

    INGAT BUNG, MENDEKATI PILPRES. ANTEK PKI APAKAH KALIAN LUPA?

  • Dro Sandi
    Dro Sandi 21 jam yang lalu

    Mari kumpulkan receh untuk berangkatkan abu janda cs...ke papua....!

  • Mimit Ariwibowo
    Mimit Ariwibowo 23 jam yang lalu

    kebiasan mas penyiar, sll motong bicara narasumber....
    biarkan nara sumber cerita dulu om.... yg dengar ini gak enak...

  • mbok ayune
    mbok ayune Hari Yang lalu

    inti dari semuanya adalah soal perut dan kesejahteraan

  • Didi Wahyudi
    Didi Wahyudi Hari Yang lalu

    emang org nya yg kurang bersukur

  • Hate Me In Perfect
    Hate Me In Perfect Hari Yang lalu

    Pembawa acaranya nafsu banget. Jadi gak nyimak; doi motong2 pembicaraan

  • ZX ML
    ZX ML Hari Yang lalu

    Kenapa OPM menjadi pemberontak karena uang koordinasi'y kurang

  • Frain Tangdilintin
    Frain Tangdilintin Hari Yang lalu

    Mbaik mbapak

  • maudy rokim
    maudy rokim Hari Yang lalu

    orang orang bodoh, di bikinin jalan malah bikin onar,,,

  • Ary Ramdhan
    Ary Ramdhan Hari Yang lalu

    Gila ga tuh presiden ,beliau bukan berasal dari militer tapi berani melintas ke daerah rawan kaya bgtu ,salut gue.. presiden yang lalu2 yang basic nya militer aja ga berani nginjekin kaki ke daerah ini

  • Bert Ene
    Bert Ene Hari Yang lalu

    Orang masi jelaskan jelaskan Juga sudah di potong potong,Ini moderator sombong atau apa sih?..

  • Wong Mageti
    Wong Mageti 2 hari yang lalu

    Ngapain pake ngecek ngecek segala kelamaan. Udah jelas pernyataannya ingin merdeka dan menolak pembangunan kok. Habisi aja.

  • THIUS Ilintamon
    THIUS Ilintamon 2 hari yang lalu

    lenis kogoya, kau cari sesuap nasi tahu satu borsi saja bicara menyakinkan masyarakat indomi, kau adalah ALAM Papua dikutuk

  • Ardian Costa
    Ardian Costa 2 hari yang lalu

    Yang komen saling menjelekkan kelompok lain silahkan lebih baik anda turun ke lapangan/TKP langsung.. Siapa berani silahkan hubungi saya tinggalkan nmor kontak anda di balasan kolom komentar dsini klo brgkt dr Surabaya trun Wamena biaya 10 juta PP blm lain" transit Jayapura sbntar langsung terbang ke Wamena kalau cuaca bagus mengingat kondisi alam sangat mistis. Kebetulan saya kelahiran Wamena perjalanan ke distrik Nduga makan waktu sekitar 2 hari 2 malam dr Wamena.. Jangan asal bunyi dengan menjelekkan smua kelompok yg sok hebat dan jagoan buktikan sndiri di lapangan! Alangkah baiknya bersatu demi Indonesia dengan kasus HAM sprti ini tidak ada rasa simpatiknya kalian dengan korban dan problem berat ini. Di kira alam yg masih perawan di Papua ini kyk masuk hutan naik gunung se enak nya sndiri ditambah cuaca yg ekstream sulit di prediksi.. Untuk pemberani silahkan balas pesan ini mari kita lakukan sesuai yg anda ekspetasikan!!

  • vicky alhabsyi
    vicky alhabsyi 2 hari yang lalu

    Itu kebanyakan main pubg itu wkwkwk..

  • al mashuri
    al mashuri 2 hari yang lalu

    Mungkin itu kesalahan pekerjanya, kok turun di pocinky...yah kena serbu..๐Ÿ˜‚

  • Gus Iwan
    Gus Iwan 2 hari yang lalu

    Padepokan alas purwo siap di kirim untuk membunuh para pemberontak negara. Hanya satu jam aja mati smua

  • aku sopo
    aku sopo 2 hari yang lalu

    Pekerja jauh2 dr kampung k papua buat krj untuk anak isteri&orang tua...tp d habisi gitu.,kenapa???
    Kalo memang mastarakat lokal mau mengisi pekerjaan itu..y biarkn saja lah mereka yg mngerjakan...tdk perlu lg ada korban slanjutnya.

  • Adin Arema
    Adin Arema 2 hari yang lalu

    KOK KALIAN BANGSA SENDIRI MAU BIKIN ONAR ... MAU PERANG DENGAN NKRI .... AMERIKA AJA MASIH MIKIR MAU NYERANG BANGSA INDONESIA .... UNTUK BERADAPAN LANGSUNG DENGAN NEGARA INI NKRI NEGARA LAEN MSIH MIKIR ... KRNA JIKA BANGSA INI PERANG MAKA GAK CUMAN MILITERNYA AJA YG IKUT PERANG .... TAPI SELURUH WARGA NKRI IKUT PERANG ....

  • sarawak fighter
    sarawak fighter 2 hari yang lalu

    bebas kan papua!!!+!

  • Hadi Mentet
    Hadi Mentet 2 hari yang lalu

    Seandainya presiden sebelum pak jokowi mempunyai pemikiran seperti pak jokowi.. memberikan pembangunan yang merata.. bukan jawa, sumatra, sulawesi, bali, kalimantan.. papua kan juga butuh pembangunan.. itu yang aku sesalkan kenapa presiden terdahahulu tidak seperti pak jokowi.. presiden dulu cuma ingin dibayar tapi pembangunanya abal2an

  • Reynaldi Editya
    Reynaldi Editya 2 hari yang lalu

    Kasihan para pekerja yg jd korban mereka tdk tahu apa apa# smoga masalah ini cepat selesai dgn damai#

  • Misvaro Tallica
    Misvaro Tallica 2 hari yang lalu

    FPI pura " buta dan tuli ya?
    Katanya penumpas kejahilan
    Noh d papua jelas jihat itu
    Apa sudah turun mentalnya?
    Mental nasi bungkus mental tempe

  • Fajar Maulana
    Fajar Maulana 2 hari yang lalu

    host nya ini ;O

  • Rahmat Hidayat
    Rahmat Hidayat 2 hari yang lalu

    Harap bersabar Banser sedang latihan untuk menghadapi OPM di Papua :v

  • Wong Ndeso
    Wong Ndeso 2 hari yang lalu

    Zona merah..pegunungan tengah Papua..jalur OPM...

  • Lukman Handoko
    Lukman Handoko 2 hari yang lalu

    Pahlawan konstruksi
    Pahlawan pembangunan
    Pahlawan trans

  • zen fauzan
    zen fauzan 3 hari yang lalu +1

    Sok tau sepertinya staff khusus presiden ini, jgn percaya omongannya, sdh jelas2 kebiadabannya kok msh ada rencana negosiasi lg,
    buktikan omonganmu, jgn malah memperkeruh suasana dg statemen ada dalang dibalik ini semua.
    Divideo2 nya sdh jelas2 k, mrk anti NKRI.

    • zen fauzan
      zen fauzan 2 hari yang lalu

      Sy bisa koment seperti itu, krn sy cukup lama difak-fak, walaupun bukan di TKP, tp kultur masyarakatnya hampir sama bung.
      Coba anda simak btl jawaban nya, yg awalnya mrsa semua bs dia atur, tp setlh ditanya apkh anda kenal dg orang2 itu, tp apa jwbannya, tergagap2 bhkan mau melarikan topik ke pihak lain.

    • faizal fahmi
      faizal fahmi 2 hari yang lalu

      Anda pernah k'papua klo anda tidak pernah k'papua mendingan diem aja gak usah koment,org gunung sama org pantai dipapua beda bung.

    • sarwo edi
      sarwo edi 3 hari yang lalu

      Elu yang sok tau

  • DASEP RISMAN
    DASEP RISMAN 3 hari yang lalu +1

    Klo ada yg mengacam nkri katanya mau dikejar mau digebuk kok diem2 z ya BANci SERem Ngopi ngapa ngopi๐Ÿ™„

  • IKAN IJO
    IKAN IJO 3 hari yang lalu +1

    YANG SOK TAU NGOMONG MEREKA BUTUH PERHATIANLAH APALAH DIAM AJA YAHHHHH!!!!!! TRUS KAGA ADA NAMANYA TANAH MEREKA!!!!! BENDERA INDONESIA MASIH BERKIBAR DARI SABANG SAMPAI MERAUKE. INDONESIA YANG MEMBEBASKAN MEREKA DARI BELANDA!!!!!!!!!!!!!

  • Dinda As
    Dinda As 3 hari yang lalu

    apa pun alasanya ,,udah mmbunuh y d tangkap dong.

  • Dwi Waluyo Benny
    Dwi Waluyo Benny 3 hari yang lalu +1

    Aiman terlalu cerewet kyak cewek.

  • Faris 57 58
    Faris 57 58 3 hari yang lalu +1

    Kenapa Pak Jokowi gak intruksikan penumpasan saja ya?kayak di aceh dulu..GAM langsung binasa

    • Faris 57 58
      Faris 57 58 2 hari yang lalu

      +pal opal lha buktinya itu si opm nyembelih orang umum??terus??

    • pal opal
      pal opal 2 hari yang lalu

      Saya tdk bilang begitu, kalau pertanyaan saya balik bagaimana? Jd lebih baik yg jd korban rakyat sipil mas? Maksud saya penumpasan itu tidak bisa seperti anda menyembelih ternak. Ini megara hukum! Nyawa itu tidak ternilai

    • Faris 57 58
      Faris 57 58 2 hari yang lalu

      +pal opal jadi lebih baik yg jadi korban itu TNI / Polisi ya Mas?apa anda punya kluarga TNI atau Polisi Mas?

    • pal opal
      pal opal 3 hari yang lalu

      Faris 57 58 anda tau bagaimana Daerah oprasi militer aceh th 89-98 itu? Rakyat sipil banyak jd korban.

  • semut merah
    semut merah 3 hari yang lalu +1

    Gampang..Nanti FPI akan dikirim kesana

    • Komang Ariani
      Komang Ariani 3 hari yang lalu

      Banser garda terdepan..!
      Katanya cih..

  • Agus Susanto
    Agus Susanto 3 hari yang lalu

    Itu orang udh pda mati, hrus tindak tegas

  • Rukiya Kiya
    Rukiya Kiya 3 hari yang lalu

    ini keterangan palsu mn mungkin para pekerja berani mendatangi markas opm dan mengambil foto mereka jgn tutupi kesalahan opm kau yg harus bertangung jawab sebagai pimpinan di papua knp hal ini bisa terjadi

    • JAWHEAD
      JAWHEAD 3 hari yang lalu

      Dia bilang contohnya om,di simak dong klw dia lg ngomong...

  • BADRUN. 28
    BADRUN. 28 3 hari yang lalu +1

    Gila Korban 31 Orang??? ini sudah Masalah serius tolong tindak Lanjuti!!

  • SAG chenel
    SAG chenel 3 hari yang lalu

    sapurata opm

  • Penikmat Karya
    Penikmat Karya 3 hari yang lalu

    Pasukan pegang TOA mana ni

  • aan andani
    aan andani 3 hari yang lalu

    Cari dalang nya habisi mereka*

  • Lord Satria
    Lord Satria 3 hari yang lalu +1

    Karena pak prabowo reinkarnasinya pak suharto,
    pikir aja sendiri

  • Arbab Rozak
    Arbab Rozak 3 hari yang lalu +1

    Gencarnya Islamisasi patut diduga penyebabnya rakyat papua memberontak. karena tidak sesuai dengan adat istiadat setempat.

  • Nadia Liora Magdalena
    Nadia Liora Magdalena 3 hari yang lalu

    FPI mana mungkin berani. Lawan preman2 kalijodo aja kocar kacir ketakutan .

  • Angga Dwi
    Angga Dwi 3 hari yang lalu

    senjata nya sapa yang ngasik
    padahal tu orang pedalaman

    • IKAN IJO
      IKAN IJO 3 hari yang lalu

      Pejabat mereka ngasih duit, mereka beli entah dari mana, yg pernah gua denger mereka beli dari orang suku mereka sendiri yg jadi TNI. Adapula pemasok senjata mereka yaitu AUSTRALI DAN MASIH ADA BEBERAPA LAGI sayang. Mmuaaccchhh.

  • zie to
    zie to 3 hari yang lalu

    apapun alasanya pembunuhan tetap pembunuhan..pemerintah harus bertindak atas semua ini dan memberi perlindungan kesejahteraan pada rakyatnya..hapus pembunuh rakyat..ingat yg bertanggung jawab saja yg harus dihapuskan..sebelum pemerintah dihapuskan rakyat

  • Muhammad Azizur rahman
    Muhammad Azizur rahman 3 hari yang lalu

    Yg ngasih senjata udah jelas asing lah,amerika disana punya kepentingan.kalo papua merdeka otomatis asing akan mengambil freeport makanya amerika ngasih senjata ke OPM

    • Ekosiswanto Ekosiswanto
      Ekosiswanto Ekosiswanto 3 hari yang lalu

      +Muhammad Azizur rahman ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    • Muhammad Azizur rahman
      Muhammad Azizur rahman 3 hari yang lalu +1

      +Aira veronika lo nya yg tolol,gak punya ilmu

    • Aira veronika
      Aira veronika 3 hari yang lalu

      +Muhammad Azizur rahman sok tau bnget .
      #tolol

    • Muhammad Azizur rahman
      Muhammad Azizur rahman 3 hari yang lalu

      +Aira veronika kalo ngomongin papua itu pemimpin OPM dikasih suaka di inggris,sedangkan senjata OPM yg didapati adalah produk buatan senjata Amerika ditambah OPM didukung negara2 ocenia.berarti itu ada kepentingan asing yg udah masuk,udah ngerti lo?masih enggak?amerika punya freeport yg udah lama mereka pegang walaupun sekarang saham mayoritas nya udah indonesia yg pegang,australia di papua nugini juga punya perusahaan kayu yg katanya kayu di papua pun juga diincar.jangan asal ngomong kalo lo gak ada ilmu sama analisis!!!!!!!!

  • Herwin SH
    Herwin SH 3 hari yang lalu

    smg bapak ini tdk asal ngomong soal ada yg bermain di papua..kalau benar tau langsung tunjuk dan sebut nama saja pak.
    smg sj yg bpk maksud " bermain " adlh negara luar..

  • Hengky Ahongz
    Hengky Ahongz 3 hari yang lalu

    Aneh juga apa ingin membuat kisruh ? Siapa yg membiayai ? Apa tdk ada politik d dalamnya
    Hmm

  • Prabowo Prabowo
    Prabowo Prabowo 3 hari yang lalu

    Bohong

  • Tatang Uye
    Tatang Uye 3 hari yang lalu

    jangan kerja tanggung tuntas habiskan seperti kaman pak harto menumpas pki

  • Edi Martana
    Edi Martana 3 hari yang lalu

    Kita ingat saat tim tim masih dlm NKRI melakukan pembrontakan , banyak orang komen seperti membenarkan dg alasan ekonomi rakyat tim tim , akhirnya orde baru memutuskan mempercepat pembangunan di tim tim sampai sampai propinsi lain iri karena propinsi tim tim seperti dianak emaskan .
    Namun ternyata tim tim tak butuh pembangunan tetapi butuh memisahkan diri dari NKRI .
    Seharusnya ini menjadi pembelajaran bagi kita anak anak bangsa terutama yg punya otoritas pengambil kebijakan .

  • peratama putra
    peratama putra 3 hari yang lalu

    seperatis/teroris...

  • DD IO N InoI
    DD IO N InoI 3 hari yang lalu

    Tolong bang lenis kogoya,adakn pertemuan dgn opm! Adakn dulu pertemuan soft power dgn opm n beri pemahaman n rangkul mereka masuk kembali kepangkuan nkri krn mereka itu trmasuk jg korban adu domba bngsa luar.

  • Liem xiu qing
    Liem xiu qing 3 hari yang lalu

    Ngeri๐Ÿ˜ถ

  • Dominggus maghu
    Dominggus maghu 4 hari yang lalu

    Kelompok senjata dari pemerintah indonesia, yang jadi pahlawannya dari indonesia juga

  • Suudya Qhusnah
    Suudya Qhusnah 4 hari yang lalu +7

    Ndiiii FPI rekkk...aksi2 bela NKRImuuuu ndiiii oeeeeee

  • sya chira
    sya chira 4 hari yang lalu +1

    Yang teriak2 NKRI harga mati kemana??
    Yg setuju Abu janda dan Gus nuril di kirim Papua Mana suaranya

  • slanky skak
    slanky skak 4 hari yang lalu

    narasumber sedang menjawab pertanyaan jdi biarkan dia menguraikan jawaban tsb...jng si wawancara memberi pertanyaan terus yg ada malah g jelas pernyataan si naraaumber...yg nonton bingung
    jadi kasihlah jeda...klo org bilang mah kasih nafas biar ploooong wkwk

  • Vitub Indo HD
    Vitub Indo HD 4 hari yang lalu +1

    Mungkin oknum polisi dan tetara banyak yang penghianat disitu yang menjual senjata dan pluru kepada masyarakat situ ๐Ÿ˜ก๐Ÿ˜ก๐Ÿ˜ก๐Ÿ˜ก๐Ÿ˜ก๐Ÿ˜ก๐Ÿ˜ก๐Ÿ˜ก๐Ÿ˜ก๐Ÿ˜ก

    • Teori and Piano Cover N4TH4N3L
      Teori and Piano Cover N4TH4N3L 3 hari yang lalu

      +Arif Bona Tua L Gaol ya tdk lha

    • tebat royo
      tebat royo 3 hari yang lalu

      Mereka (OPM) dia itu dapat senjata dari hasil merampas dari TNI/POLRI yg terbunuh atau dia dapat dari bantuan dari negara2 pendukung OPM.

    • Arif Bona Tua L Gaol
      Arif Bona Tua L Gaol 3 hari yang lalu

      mereka dapat senjata itu dari luar negri bos, karna ada negara yg membantu mereka untuk merdeka ,bukan dari indo

  • Vitarly Poto
    Vitarly Poto 4 hari yang lalu

    Terjadinya korban di papua bukan karena ingin merdeka melainkan permainan politik.....bisa terjadi rasa iri dari saingan politik pak jokowi...

  • stenly fatie
    stenly fatie 4 hari yang lalu +3

    UUD 1945___ Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus di hapuskan karena tidak sesuai dengan prikemanusiaan....
    Ini UUD nya yg salah atau manusia indonesia yg belum paham???

    • Khoiru Anam
      Khoiru Anam 8 jam yang lalu

      Hahaa klo tidak bisa memaknai jgan menafsikan sendri bos

  • fauji rifai
    fauji rifai 4 hari yang lalu

    Butuh makan sih yang jelas...haha

  • br14n009 mL' squad
    br14n009 mL' squad 4 hari yang lalu

    menurut saya moderatornya terlalu menekan bapak dari papua ini, memberikan kesan seperti sering memotong penjelasan dari bapak dari papua ini

  • Zhafran Wisanggeni
    Zhafran Wisanggeni 4 hari yang lalu

    Ini wartawan yang nanya pak edy

  • zhi and chuk
    zhi and chuk 4 hari yang lalu

    Tumpas sampai akarnya

  • Ratih Maharani
    Ratih Maharani 4 hari yang lalu

    Makanya klo kerja sma pejabat jgn terlalu byk cari muka, ahirnya sperti ini. Skarang presiden masih berani ga naik motor disitu,

  • peregrino santoz
    peregrino santoz 4 hari yang lalu

    Dari tahun 69 sampai sekarang bru kaget bangun papua???lucu.

  • herman crespo
    herman crespo 4 hari yang lalu

    OPM Loe mh Ud saLah AZ orang Lg kerja maLah Loe tembakin ga ad aLesan buat ngiLangin nyawa orang
    Kn daerah sama wiLayah Loe Lg d bngn Loe diem2 AZ Opm duduk manis ga usah kaya binatang keLaparan
    Omongan Loe ga masuk akaL Bos

  • Ganteng Sajari76
    Ganteng Sajari76 4 hari yang lalu

    Ngomong ya bikin puyeng, ya allah

  • Eka Fera
    Eka Fera 4 hari yang lalu +1

    Hayoo Banser yg katanya kebal senjata & paling cinta NKRI selamatkan negara & berangkatlah ke Papua. Kami mendukungmu... Jangan cuma bisanya jaga gereja& bubarkan pengajian doank. Haha...

  • fs fy
    fs fy 4 hari yang lalu

    Itu kalian kalian yang pake baju kotak2 selalu (sok) teriak teriak NKRI harga mati manaaa ??? Sono buktikan... Itu NKRI mau ditawar nih harganya.. berani gak lu angkat senjata bela NKRI sono?

  • Hendrick Ansah
    Hendrick Ansah 4 hari yang lalu

    Sy harap mega gk lepaskan lagi pupua... cuman era mega yang gampang lepaskan.. negeri tercinta NKRI harga mati..

  • Raden Sapto
    Raden Sapto 4 hari yang lalu

    Kok cm di sebut KKB.Pdhl inilah Teroris,Makar,anti NKRI,anti pancasila dan intoleran yg nyata!!!

  • RA Aja Aja
    RA Aja Aja 4 hari yang lalu

    Bahar bin smith ama FPI berani gak datang ke Papua?

    • sri purwanti
      sri purwanti 4 hari yang lalu

      itu kan urusannya si Yakult dan BANSER tong wkwkw ,kalo urusan FPI itu melawan kemaksiatan , dan membantu yg terkena bencana alam, yang teriak" NKRI harga mati dan akan jadi garda terdepan untuk membela NKRI itu kan BANSER wkwkkw ,jadi kalo benar dijiwa banser itu NKRI harga mati dan akan menjadi garda terdepan dlm membela NKRI harusnya banser dan si yakult dong yang pergi ke papua wkwkwkw , kudet kayak nya elu ini tong

  • G4mer LOLz
    G4mer LOLz 4 hari yang lalu

    WAKANDAA BAR !!

  • Dicky 03
    Dicky 03 4 hari yang lalu

    2019 ganti presiden, musnah OPM dan penjilat penjilat pemerintah

  • Dicky 03
    Dicky 03 4 hari yang lalu

    #2019 ganti presiden, selesai OPM dan penjilat penjilat pemerintag

  • Yogi Asima
    Yogi Asima 4 hari yang lalu +4

    Sekedar membantu menjawab teman2 disini.
    Ada sebagian kecil politikus dan warga Australia yang berdonasi uang ke OPM.
    Berhubung petinggi2 OPM berkampanye Papua Barat merdeka di Australia, Inggris, dan Belanda.
    Mempengaruhi negara2 luar bahwa Indonesia telah melanggar HAM dan meminta donasi uang.
    Uang yang mereka dapat, mereka beli senjatanya dari pabrik senjata ilegal di Filipina dan Papua New Guinea.
    Itu saya tonton dari berbagai dokumenter jurnalis luar negeri.
    Sumber senjata lainnya, rampasan OPM dari TNI/POLRI yang gugur.

  • arwah aja orangsuccess
    arwah aja orangsuccess 4 hari yang lalu

    FPI ke mari apa jadinya ya?

    • sri purwanti
      sri purwanti 4 hari yang lalu

      banser kesono apa jadinya yah? yang suka terik" NKRI harga mati yang suka teriak" akan jadi garda terdepan dalam membela NKRI ,

  • abi toge
    abi toge 4 hari yang lalu

    Penghianat bangsa

  • Pondok Koding
    Pondok Koding 4 hari yang lalu

    Referendum aja biar bilik suara yg menentukan

  • Jo Caruban
    Jo Caruban 4 hari yang lalu

    Adain dangdutan dulu baru baniserbet mau brngkt serr serrr aaah

  • HausKasihSayang
    HausKasihSayang 4 hari yang lalu

    Apa hubungannya sih sama FPI/BANSER? situ mau trending? Coba Like komen W.

  • murgi yanto
    murgi yanto 4 hari yang lalu

    Jangan ngusung BANSER & FPI & HTI
    Kasus papua inikan kriminal biarlh urusan polisi dg dibackup TNI

  • Jerry
    Jerry 4 hari yang lalu

    Terlalu banyak cerita..
    Tangkap dulu dan adili sesuai hukum yg berlaku.

  • fighter cuank
    fighter cuank 4 hari yang lalu

    hostnya bikin hilang fokus.. host noob

  • Muhammad Sirajul
    Muhammad Sirajul 4 hari yang lalu

    Masyarakat muslim demo dibilang teroris!
    Ini pasukan sudah dilengkapi standar militer dan membantai pekerja dibilang "KKB" (kelompok kriminal bersenjata) lol

  • fi channel
    fi channel 4 hari yang lalu +9

    Pasukan mm mobile legend dengan pasukan sniper pubg harus bersatu

  • ubay pamungkas
    ubay pamungkas 4 hari yang lalu

    Udah jelas melanggar nkri dan ingin memisahkan dri nkri..ko masih bilng ini masalah lokal..harus dintangkap dalang nya teroris. Papua.merdeka..

  • Arya Nsyah
    Arya Nsyah 4 hari yang lalu

    Ayooo yang sering teriak aku pancasila mana ni..wkwkwk...banser banser...aku indonesia aku pancasila yang lain bukan pancasila.๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  • Anjar Widi
    Anjar Widi 4 hari yang lalu

    Jangan di komen dulu om aiman, ini bukan interogasi.
    Biar cerita dulu

  • Rahel Harahap
    Rahel Harahap 4 hari yang lalu

    Bapak Panglima TNI dan Kapolri tolong prajuritnya biar kembali saja dari Papua. dan tolong di kirim ke papua kemarin yang pada teriak-teriak Jihad untuk membela NKRI dari penjajah...Katanya Mau Jadi Garda terdepan kalau ada yang mau memecahbelahkan NKRI. m.merdeka.com/peristiwa/fpi-kami-akan-jadi-garda-terdepan-jaga-nkri-dari-kelompok-pemecah-belah-bangsa.html

  • Johan mlt
    Johan mlt 4 hari yang lalu

    Tujuan pemerintah untuk lebih memajukan papua sudah sangat tepat, tapi kita haruslah bijaksana dalam berfikir dan berbicara. sebab aral selalu melintang. segelintir manusia yg sudah bertindak bagai pemberontak tidak cukup hanya di basmi. tapi apa latar belakang visi dan misi mereka harus di telusuri lagi. manusia tidak akan bisa jadi sempurna tapi manusia bisa di cerahkan hati dan pikirannya. salam 2 periode.

  • Satya Adhi
    Satya Adhi 4 hari yang lalu

    Aiman: Apakah mereka bisa didekati utk dikembalikan ke NKRI?
    Kenapa harus mengembalikan diri ke penjajah?

  • yohan yohan
    yohan yohan 4 hari yang lalu

    Kompas tolong di pantau..
    www.tabloidjubi.com/artikel-21764-majelis-gereja-di-nduga-tewas-ditembak-.html

  • de kost' board
    de kost' board 4 hari yang lalu

    yg satu suka potong2 bicara orang kurang sopan