Tap to unmute

Highlight Mata Najwa: Cerita Dua Sahabat (Bagian 1)

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 20 Jun 2017
  • Sekali persahabatan sejati terbentuk, akan sulit ikatannya menjadi remuk. Sebab persahabatan bukan interaksi dua badan, namun juga kesepahaman hati dan pikiran. Dibentuk oleh intensnya perjumpaan dan keimanan, merajut ikatan batin terkembang pelan-pelan. Inilah kisah persahabatan Muhammad Quraish Shihab dan Ahmad Mustofa Bisri, mari bicara tentang persahabatan yang sejati.

Komentar • 687

  • aris hulu
    aris hulu 5 tahun yang lalu +313

    saya non muslim, saya sangat terharu mendengarkan ceramah kedua orang yg hebat dan luar biasa ini, membuat hati tenang, adem dan menyejukkan hati.....apalagi yg islam pasti sangat bangga punya kedua orang2 hebat ini....apalagi abi Quraish shibab...

    • Ceng Bes
      Ceng Bes 5 bulan yang lalu

      Semoga anda segera dpt hidayah

    • Dark justice
      Dark justice Tahun Yang lalu +2

      Inilah islam yg benar saudaraku, bkn diluar sana yg teriak2 dan suka kafir2kan orang lain...

    • S o e
      S o e 2 tahun yang lalu

      Salam โค๏ธ

    • cinta anugrah sayang
      cinta anugrah sayang 2 tahun yang lalu +2

      Sama kawan..aku Kristen aku sangat kagum dengan 2 bapa ini..sangat luar biasa

    • LEGIMAH Imah
      LEGIMAH Imah 2 tahun yang lalu

      Islam seperti ini

  • hai rino
    hai rino 3 tahun yang lalu +6

    MasyaAllah....semoga Allah swt memberikan kebrkahan kesehatan untuk om quraish shihab dan gus mus.Allahu Akbar...inilah seorang ulama yg sangat berilmu...bijak...lirih,santun dll...masyaAllah

  • ika alise
    ika alise 5 tahun yang lalu +28

    2 tokoh idola dari masih kecil, tokoh muslim yg menyejukkan jiwa semua manusia yg mendengarkan termasuk saya sendiri adem bgt mendengarkan ceramah atau kultum semoga beliau berdua sehat dan mbak najwa saya mengidolakan mbak najwa yg smart bgt dan tidak lupa 5waktu โคโคโค

  • Tama Fajari
    Tama Fajari 4 tahun yang lalu +14

    Dua ulama senior yang sudah sangat sarat pengalaman kehidupan, santun akhlaknya, dalam ilmunya, sejuk dakwahnya. Hal yang sudah jarang ditemui pada ustad-ustad muda masa kini.

  • Daeng Sadly
    Daeng Sadly 5 tahun yang lalu +5

    Allahu Akbar,,,,,dua tokoh yg mempuni di bidangnya masing2, patut jadi toladan kita semua khususnya ummat muslim,,,,semoga beliau2 di berikan umur panjang, sehat dan selamat dunia akhirat. Amin

  • Ray Andy
    Ray Andy 5 tahun yang lalu +150

    Ini ulama...adem..sejuk....bahkan yg non muslim pun tertarik mendengar ceramah mereka/..sehat terus prof dan gus

    • king brajamusti
      king brajamusti Tahun Yang lalu +1

      Karena mrk ilmunya lbh tinggi dibanding ulama2 lain, betul kata gus mus, kalo org berilmu tinggi itu tdk mudah tersinggung, tetep adem damai meskipun dihina.

    • Dinda Nadine
      Dinda Nadine Tahun Yang lalu

      @Gungun Online Fiesta crott

    • Nailir Ridlo
      Nailir Ridlo 2 tahun yang lalu +1

      @Gungun Online Fiesta siip

    • ahmad maulan maulana
      ahmad maulan maulana 4 tahun yang lalu +1

      +ZhuanQQie FlyinQ sya salut ke anda.

    • Gungun Online Fiesta
      Gungun Online Fiesta 4 tahun yang lalu +9

      Ray...Ray....Bukan Masalah Tertarik Ray.......Untuk Kami di luar Muslim....Kami Malah SANGAT MENGHORMATI Sosok Mereka dengan Nila-Nilai KeIslaman Mereka, Yang Mereka Miliki........Sosok Yang Luar Biasa Menunjukan Sesungguhnya Islam Itu Sebenarnya Indah.........

  • Joe Sebayang
    Joe Sebayang 3 tahun yang lalu +6

    Buset deh...ga berasa nonton setengah jam...itu lah ciri2 pendakwah yang berilmu..betah org mendengarkan.
    Sehat2 terus Abi dan Gus Mus..Tuhan memberkati.๐Ÿ™๐Ÿ™

  • andri wijaya
    andri wijaya 5 tahun yang lalu +126

    Gw kagak bisa ngomong apa2 lagi......numpang bangga punya 2 sosok ini
    Gw non muslim tapi seneng banget denger kalo 2 sosok ini ngobrol....bikin adem dan bikin gw tambah wawasan...salut!!!

    • Paong Lapo
      Paong Lapo 3 tahun yang lalu

      Itulah ISLAM yg sebenar benarnya saudaraku..

    • Alya febrianti
      Alya febrianti 4 tahun yang lalu

      terimakasih sdh bangga dng kedua ulama' kami...km sllu taat dn mendengarkan apa yg dia ajarkan...๐Ÿ˜Š

    • Shafi Emir
      Shafi Emir 4 tahun yang lalu

      andri wijaya Alhamdulillah saya masih bisa berbangga sbg orang Islam punya 2 ulama hebat ini, selama ini yg di pertontonkan hanya ustad yg selalu ceramahnya bikin marah, menimbulkan kebencian, suka bicara kotor, mencaci maki orang lain, sementara ulama2 spt ini jarang di publish๐Ÿ˜ซ๐Ÿ˜ซ๐Ÿ˜ซ๐Ÿ˜ซ๐Ÿ˜ซ

  • Agus 77
    Agus 77 4 tahun yang lalu +12

    Subhanalloh inilah ulama yg sesungguhnya, ulama yg patut di jadikan panutan, smoga beliau slu di beri ksehatan dan pnjng umur

  • Ati Ati
    Ati Ati Tahun Yang lalu +7

    Inilah Ulama Indo yg patut kita tiru dan kita banggakan adem,sejuk mendengarkan" Semoga semua Ulama yg sprti ini sehat terus amin x yarobal alamin

  • Abdul Jalil
    Abdul Jalil Tahun Yang lalu +1

    Alhamdulillah masih ada ulama seperti beliau-beliau .... wawasannya luas, dapat menjadikan sesuatu yang ruwet menjadi mudah dipahami .... membuat adem dan nyaman siapapun yang mendengar obrolan beliau. Sehat selalu Gus Mus dan KH Quraish Shihab ....

  • Ridwan Umar
    Ridwan Umar Tahun Yang lalu +2

    Masya Allah... Dua ulama besarku telah memberi contoh bagaimana arti sebuah persahabatan. Semoga Allah memberi kedua ulamaku ini kesehatan agar bisa terus membimbing Umat. Hormat ku pada beliau berdua.

  • Agung Baskoro
    Agung Baskoro 8 bulan yang lalu +2

    Tiap kali mendengar habib Qurais shibab berdakwah hati saya selalu bahagia adem dan semangat untuk menjalani hidup

  • Asifudin Udin
    Asifudin Udin 4 tahun yang lalu +6

    Terimakasih saya ucapkan kepada kedua tokoh yg semua saya hormati...
    Semoga pendapat dan pandangan mereka dapat diikuti oleh masyarakat luas di dunia...
    Dan saya sangat bangga kepada kedua tokoh yg saya kagumi...

  • Musbaryus 060256
    Musbaryus 060256 8 bulan yang lalu +1

    Subhanallah.
    Dua sahabat, yang sama sama berilmu, memberi pencerahan.
    Yang satu Habib, yang satu Gus

  • ARF 610
    ARF 610 5 tahun yang lalu +184

    Ingat dulu waktu SMA kelas 1 ikut ngaji tafsir di kediaman bpk Quraish Shihab di Ampera tiap malam selasa klo ga salah. Pernah 1 waktu beliau panggil sy utk duduk disebelah beliau & men-asistenin beliau selama ngaji.
    Beliau sosok yg lembut..sejuk ada disebelah beliau

    • Bima Azhary
      Bima Azhary 5 bulan yang lalu

      Cerita beneran atau cuma halusinasi kmu

    • Kamdi Sip70
      Kamdi Sip70 2 tahun yang lalu +1

      Beruntung sekali....

    • puji yasa
      puji yasa 3 tahun yang lalu +1

      beruntung sekali anda .
      saya dulu hanya bisa mendengar lewat radio saja.

    • Rudy yanto
      Rudy yanto 3 tahun yang lalu +3

      Wah... Beruntung skali bro

    • Bamars Bam
      Bamars Bam 3 tahun yang lalu +2

      Oooooh

  • Hadiri Ajha
    Hadiri Ajha 2 tahun yang lalu +2

    Ulama besar,persahabatannya sangat amat indah,contoh yg nyata utk kita semua dan generasi2 muda,semoga n.u. selalu sejuk bagi ummat,aminnnnnnnnn.

  • KB-TK BMD BINTARO
    KB-TK BMD BINTARO 4 tahun yang lalu +13

    INI BENAR-BENAR ORANG 'ALIM. BERILMU... dari kata2nya, dari pembawaannya, ya allah, semoga beliau dipanjangkan umurnya, di berikan sehat, indonesia butuh orang seperti beliau berdua... dengan beliau kita memahami islam yang sebenarnya, yang sejuk, yang rahmatan lil 'alamin..

  • Makmur tani jaya (HS)
    Makmur tani jaya (HS) 3 tahun yang lalu +5

    Ulama besar yg sebenarnya
    Menyejukan umat
    Setiap perkataanya bs membuat tersenyum umat
    #Gusmus&Habib Qurais shihab

  • Nina Walewangko
    Nina Walewangko 5 tahun yang lalu +10

    inilah islam islam sesungguh nya. pintar , membawa damai, cinta kasih . saya non muslim bangga melihat beliau berdua

  • Julius Sihotang
    Julius Sihotang 3 tahun yang lalu +12

    Saya Pendeta Nasrani... saya tonton siaran ini dari awal sampai akhir. Sangat meneduhkan. Karena mereka berbicara nilai-nilai Allah bagi manusia bukan sekedar berbicara dalam sudut pandang "Agama" yang sempit. Semoga mereka sehat selalu dan panjang umur. Tuhan memberkati KH Gus Mus dan KH Quarish Shihab

    • Rita Juwita
      Rita Juwita 8 bulan yang lalu +1

      terimakasih pak pendeta !!! anda betul. dua tokoh ini org alim yg aiim.

  • edy nugraha
    edy nugraha 7 bulan yang lalu

    Melihat wajah kedua ulama ini terasa sangat menyejukkan... Ya Allah, berilah kesehatan dan panjangkanlah umur mereka agar senantiasa membimbing banyak umat di negeri ini.... Aamiin

  • Cipto Korompot
    Cipto Korompot 5 tahun yang lalu +492

    4 ulama yg sangat saya kagumi setelah GusDur di Negeri ini . Mustofa Bisri,Maimun Zubair,Quraish Shihab, Habib Lutfi

  • Andy Lau
    Andy Lau 11 bulan yang lalu +1

    ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘ .... Gus Mus sangat ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ†’โ„ keren.... Kalau d Indonesia d perbanyak orang2 baik seperti ini d jamin Indonesia Hebat dan maju...

  • Sarwena Abdul Kadir
    Sarwena Abdul Kadir 3 tahun yang lalu +20

    Wajah ulama indonesia yg damai.. sehat terus Abi Qurays dan Abi Gus Mus..

  • Panggih Wibowo
    Panggih Wibowo 4 bulan yang lalu +1

    Contoh persahabatan yang tulus dan wajib kita tiru dalam kehidupan sehari-hari berbangsa dan bernegara yang majemuk ini jangan andalkan ego dan emosional yang menambah perpecahan sesamanya ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™.

  • udik mugiraharjo
    udik mugiraharjo 3 tahun yang lalu +4

    2018 saya masih menonton ini..subhanallah,kyai2 kok teduh sekali,sangat masuk hati dan logika

  • Lageday
    Lageday Tahun Yang lalu +1

    Adem bgt kalau lihat ulama2 sepuh yg penuh dgn keilmuan. Damai rasany hati ini.

  • mati pitik e
    mati pitik e 4 tahun yang lalu +5

    senangnya jika setiap hari bersama sosok2 bijaksana seperti beliau2

  • Rahmad Dan
    Rahmad Dan 3 tahun yang lalu +1

    Semoga masih banyak orang-orang seperti beliau di negeri ini, belajar mencari ilmu sampai jauh, lalu pulang dengan ilmu yang banyak, dan disampaikan ke masyarakat secara mudah dimengerti. Bukannya pulang-pulang membawa ilmu yang luar biasa besar, lalu mencaci maki yang belum berilmu, dan parahnya lagi menyalahkan bukan mengajari baik-baik kepada masyarakat. Sehingga masyarakat menelan mentah-mental ilmu itu, dan membuat memperluas salah tafsir yang Ia bawa ke orang terdekatnya (meng-kafirkan) yaitu keluarganya sendiri.
    Saya suka bagaimana Pak Quraish memotong Gus Mus, saat menyampaikan tentang "Nahi Mungkar" 23:01 dan lalu menyampaikannya secara mudah dipahami oleh masyarakat awam.
    "Maka, jangan meng-kafirkan orang", kata Nabi 18:34

  • Hendy Herijanto
    Hendy Herijanto 5 tahun yang lalu +51

    Usulan bg Metro, buatlah acara ini berseri.Bagus buat umat Islam khususnya, dan masyarakat Indonesia umumnya.

  • Robby Tirta
    Robby Tirta 4 tahun yang lalu +7

    Jika mendgr dua toko ulama ini,tampak betapa kerdilnya pemahaman rizieq sihab dan kelompok agama garis keras di tanah air ini" sungguh luas pandang ilmu islam pak qurais dan pak gusmus ini. Sy bangga dan terharu!.

  • Fransiskus Ambon
    Fransiskus Ambon 3 tahun yang lalu +13

    Saya Katolik, sya sangat suka mendengar ceramah kedua tokoh pluralis ini. Selalu sehat abi-abi terkasih๐Ÿ˜˜

    • Rizal bani umar
      Rizal bani umar 3 bulan yang lalu

      Language indonesia โ†” inggris..
      Aku Rizal
      keluarga mbah mama keturunan orang arab (๐Ÿ‘‘hj zulayha)orang arab ๐Ÿ‘‘alwi fatah.amerulmukminin rizal syayidina umar bin khotop paman NABI MUHAMMAD SAW.
      Jawa and arab๐Ÿ‘ช
      Muslim or islam.
      Jendral bintang 4.
      Mbah mama ponpes di sedayu and mbah ayah ponpes ada di kepanjen malang kh abdula satar.
      Saudarah mama neng alik ponpes ada di sidoarjo mindi porong kh nafik.
      Rumah ku jl kh kolil no 82 and no 84 ada baliho or seponsor dji sam soe kedai adek ku mifta or jalan raya sekarang tinggal di jl kh fakih usman gg10 no 11 gresik. Sakti.
      Mbah mama banggun sekolah tahun 1915 di desa sukodono belakang pasar gresik and ibu mama (hj mskyah lahir di kota mekah tahun 1899 )di jl bubutan kota pahlawan surabaya.
      Mas mantu wakil presiden sudarmono TNI.mbak hj evi bangun TPQ BAJAI ALWI BLANDONGAN GRESIK.
      Mantan tunanggan elis setiawati salam ya pundut trateh desa bejeng gresik.
      Topi ripcul.
      Bertetanggah denggan tiga ponpes kh kolil alias marlan mantu ghozali marlan, ponpes abror, ponpes nurul mustofa and bertenggah denggan masji jamaatul ikwan depan alfa mard di jl kh kolil blandongan gresik jawa timur from indonesia.
      Mbahnya kh mustofa rembang murit or santri mbah ku ponpes sedayu, kh mustofa๐Ÿ˜Š

  • Juari Wah
    Juari Wah 4 tahun yang lalu +44

    kemana aja saya baru tau dua tokoh ini duduk bareng. smoga allah swt. memberikan kesehatan serta umur yg panjang.

  • Denny Santoso
    Denny Santoso 3 tahun yang lalu +2

    ๐Ÿ‘mantap..semoga menjadi contoh yg lain dan tetap menjaga NKRI.

  • jauhar najid
    jauhar najid 2 tahun yang lalu

    Dua ulama panutan kami..Ya Allah Sehatkanlah mereka berdua agar terus membimbing kami

  • 11daisies
    11daisies 4 tahun yang lalu +8

    "Janganlah menyinggung perasaan sahabatmu dengan mengandalkan persahabatanmu"

  • ruangseni ayahnanang
    ruangseni ayahnanang 4 tahun yang lalu +170

    mereka ulama yang tidak pernah berkata kasar, tidak pernah menginjak kepala tukang sound system, tidak pernah menghina fisik manusia meskipun orang yang salah, tidak pernah mencacimaki siapapun dalam dakwahnya apalagi seorang presiden, mereka ulama yang saya dengar.......

    • Tembok Beton
      Tembok Beton 2 tahun yang lalu +2

      @ruangseni ayahnanang
      Saya minta maaf boskuh, atas komen saya ya .
      Soalnya, tukang sound di bawa bawa,hihi.โœŒ๏ธ

    • ruangseni ayahnanang
      ruangseni ayahnanang 2 tahun yang lalu

      @Tembok Beton 1. Banyak jalan2 bos. Jgn ngrumpi doang. 2. Siapa yg bilang ulama 212? ๐Ÿคฆโ€โ™‚๏ธ๐Ÿคฆโ€โ™‚๏ธ๐Ÿคฆโ€โ™‚๏ธ

    • Tembok Beton
      Tembok Beton 2 tahun yang lalu +2

      Baru denger, Emang dari kubu 212 , mubalig nya ada yg nginjek kepala tukang sound sistem

    • ucing
      ucing 3 tahun yang lalu +7

      ini memang bener2 ulama...semakin tinggi ilmunya semakin merasa kurang...makanya tdk pernah merasa paling benar...

  • Ria Diana Tampubolon
    Ria Diana Tampubolon 3 tahun yang lalu +2

    Enak banget ndengerin diskusi ini. Walaupun gak ngerti bhs Arab nya krn sy bukan Muslim tapi isi diskusi bener2 dalam nilai falsafahnya ๐Ÿ‘๐Ÿ‘ bravo Mata Najwa

  • ivan V Tupanwael
    ivan V Tupanwael 7 bulan yang lalu +1

    Melihat wajah kedua tokoh ini saja sdh sangat meneduhkan hati. Keduanya adalah assets Bangsa dan Negara. Sehat dan panjang Usia untuk Prof Quraish Shihab dan Gus Mus.

  • Redi Setiawan
    Redi Setiawan 4 tahun yang lalu +12

    indahnya islam, semoga oknum" yang masih bertopengkan islam tapi berperilaku ekstim segera sadar. amin

  • Obeng Baskoro
    Obeng Baskoro 3 tahun yang lalu

    Semoga beliau2 diberi panjang umur .. Bangsa ini memerlukan orang2 spt mereka.

  • Jazuli Ashfawi
    Jazuli Ashfawi 2 tahun yang lalu

    Semoga beliau berdua dipanjangkan umurnya untuk "menjaga" negeri ini, Aamiin ya rabbal 'alamiin

  • Hasan Hy
    Hasan Hy 4 tahun yang lalu

    Subhanalloh...dua ulama yg sangat toleran semoga Alloh mmberikan kebaikan dunia dan ahirat..amin..

  • jusuf nasution
    jusuf nasution 8 bulan yang lalu +1

    ya Allah berikan kedua tokoh ini kesehatan dan umur panjang, engkau karuniakan bangsaku dengan kedua tokoh ini...sangat menyejukkan hati

  • iskandar Muda
    iskandar Muda 3 tahun yang lalu +20

    Semoga media memperbanyak ceramah2 ulama sekelas beliau2 ini.
    Kasihan rakyat banyak di provokasi oleh "oknum2 ulama" garis keras/radikal.
    Semoga banyak ulama2 cerdas yg "lahir" di indonesia seperti beliau2 untuk mencerdaskan umat.
    Saya non muslim tapi kalau melihat 2 ulama ini senang..
    sejuk.. damai.. Ilmunya dalam...
    Sekedar sharing : kalau di kami ajaran kristen ada ajaran : kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
    Sehingga apapun agamanya tetap harus kami kasihi dan bantu jika kami mampu melakukannya.

    • Yongki Amirson
      Yongki Amirson Tahun Yang lalu +1

      Sen diri send iri.. s end.iri..
      Ysa Mdn

  • Nurhadi Coyudan
    Nurhadi Coyudan 3 tahun yang lalu

    Alhamdulillah selalu senang dengar perkataan ke 2 beliau yg penuh dengan ilmu agama yg mumpuni..
    Yg bikin adem bahkan kepada non muslim seperti ahlak Rasulullah saw

  • Krisna Saputra
    Krisna Saputra Tahun Yang lalu +1

    Subhanallah ... Gus Mus & Yai Quraish Shihab... โค

  • Moch Yusuf
    Moch Yusuf 3 tahun yang lalu +6

    Inilah yg dikatakan orang Ulama yg benar, tdk mengkafirkan orang lain dan tidak menjelek2kan agama lain..

  • Nunung Nurhayati
    Nunung Nurhayati 5 bulan yang lalu +1

    Subhanalloh menyimak ke2 tokoh Ulama Besar Guraish Shihab dan Gus Mus tutur katanya begitu menyejukan, Pemikirannya maju ke depan patut dicontoh oleh Ulama2 Muda supaya Indonesia menjadi negara yang besar dan Beradab Aamiin๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ™

  • xmen
    xmen 5 tahun yang lalu +42

    bener2 orang yg berilmu.. subhanallah

  • Andi Julianto
    Andi Julianto 3 tahun yang lalu +2

    Inilah ulama yang cinta NKRI..contoh Ulamah yang cinta bangsa dan tanah airnya...

  • Satria Bergetar
    Satria Bergetar 4 tahun yang lalu +86

    panjangkan umur beliau2 ya Allah....

    • Ahmad Jauhari
      Ahmad Jauhari 8 bulan yang lalu

      Aamiin... Dan semoga saja selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT.. Aamiin..

  • anak johar baru
    anak johar baru 4 tahun yang lalu +2

    Ini ilmu agama mereka tinggi tapi rendah hati ,tulus,bercanda dan adem didengarkan ngga mencela orang. keren deh pokoknya ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

  • krisna
    krisna 5 tahun yang lalu +28

    love gus mus so much .... bijaksana dan sederhana bahasannya

  • faiq zamani
    faiq zamani 3 tahun yang lalu

    Panutan kita semua...semoga lahir ulama2 seperti ini..Indonesia aman tentram damai..

  • Tan Pipit Suhandi
    Tan Pipit Suhandi 4 tahun yang lalu +8

    Kalo semua ulama seperti Gus Mus indonesia gak perlu ada polisi buat jogo demo 2 murahan , ceramah nya adem sejuk ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • ZOOMEDIA
    ZOOMEDIA 4 tahun yang lalu +53

    Melihat dan mendengar sosok mereka berdua kok beda sekali dengan melihat dan menyaksikan sepak terjang bahkan kata-kata ulama zaman now yaa, lucu, jenaka tapi ngeri dengernya, bahkan mendidih kita dibuatnya..
    Sementara mendengarkan nasihat-nasihat beliau-beliau ini justru jadi terinspirasi untuk terus belajar, belajar, belajar.. dan berbuat yang terbaik agar bermanfaat untuk orang banyak, baik yang suka maupun yang tidak suka, yang sejalan maupun yang tidak sejalan, orang Islam maupun non-Islam..
    Sementara ulama zaman now kok sepertinya malah lebih banyak memanfatkan popularitasnya untuk memainkan emosi pendukungnya, ngeledek tapi begitu keplesett ngaku di zalimi hufff..
    Efek dalil โ€œBersikap sombong kepada orang sombong adalah sedekahโ€ sepertinya nih..

    • Nursu Rahman
      Nursu Rahman 4 tahun yang lalu

      ZOOMEDIA ... byk memang type2 "ulama" ... yg ori ya cuma dikit.....

  • Towaf Udin
    Towaf Udin 3 tahun yang lalu +4

    Sebelum saya nonton video ini dari dulu saya meyakini bahwa Gus Mus dan Quraish Shihab satu faham. Ceramah beliau sungguh menyejukkan hati. Subhanallah ternyata mereka bersahabat dan sama-sama nyantri di Mesir. Semoga yang nonton video ini termotivasi untuk berhati baik.

  • ุงูŠุฏ ุณุฑุชูŠูƒ

    Ulama itu memang seperti ini setiap ucapannya bikin adem bikin kita mikir kearah positive bukan yang menggembar gemborkan kebencian
    Semoga Para ulama di Indonesia selalu dalam lindungan Allah semoga selalu sehat supaya negeri ini Ada yang masih diandalkan

    • Niku Azzukhruf
      Niku Azzukhruf 3 tahun yang lalu

      Karena ulama itu orang yang berilmu

    • mcgfr piss
      mcgfr piss 4 tahun yang lalu

      kok terasa panas tulisanmu ya.

    • nurul hikmah
      nurul hikmah 5 tahun yang lalu +1

      iya betul, adem dengernya

  • AKU GANTENG
    AKU GANTENG 3 tahun yang lalu +4

    Dua Ulama Idola dan Panutan saya......sama2 berilmu di maqamnya masing2, Yaa Allah... berikan keberkahan dan kesehatan kepada Beliau berdua...Aamiin

  • Nee Na
    Nee Na 4 tahun yang lalu +1

    Adem sekali denger 2 kiyai ini, jd ingat jaman dulu sebelum muncul orang orang baru yg tdk toleran, yg Ada hati penuh kebencian, tp kalo ke 2 kiyai ini hati damai

  • Hj. Rusminah
    Hj. Rusminah 9 bulan yang lalu +1

    Beginilah ulama yg disayangi oleh umatx,semoga dua ulama ini slalu sehat n panjang umur. Aaaminnn.

  • Gerry Takaria
    Gerry Takaria 11 bulan yang lalu +1

    Saya mendapatkan banyak nasihat dari percakapan dua sahabat baik yang sangat bijaksana. Terima kasih ๐Ÿ™๐Ÿพ

  • Jihan Karolin
    Jihan Karolin 5 tahun yang lalu +14

    Panjang umur dan terus di beri kesehatan dua sahabat semangat gus Mus dan kiai Qurais shihab.

  • Nurwiyatmo 1965
    Nurwiyatmo 1965 7 bulan yang lalu +1

    Semoga beliau panjang umur sehat selalu, Indonesia belum siap ditinggalkan tokoh agama seperti Gus Mus dan Quraish Shihab, ya Allah hanya padamu aku meminta dan hanya padamu aku memohon, aamiin

  • Benjo Vi
    Benjo Vi 3 tahun yang lalu +2

    Adem bahasanya adem sejuk didengarnya semogo muncul .... Ulama muda yg adem seperti eyang2 kita ini .....

  • Esem Official Channel
    Esem Official Channel 3 tahun yang lalu

    Allahumma berkah indonesia punya ulama yg dri segi ilmu menguasai dan dari segi adab sangat baik..sehat2 nggeh kyai

  • Agus Sholikhin
    Agus Sholikhin 4 tahun yang lalu +9

    Subhanallah...islam itu agama indah dan para wali nya pun menunjukan keindahan.

  • alighazali9
    alighazali9 2 tahun yang lalu

    Ya Allah seandainya Para Habaib dan para Kyai seperti beliau, saling menghargai tanpa merasa superior atas nama sampah rasisme

  • Wafiq Ainul
    Wafiq Ainul 9 bulan yang lalu +1

    Pelajaran yg sangat sangat luar biasa tentang apa itu ilmu dalam agama islam yg sesungguhnya.
    SEHAT TERUS PARA ULAMA AHLUSUNNAH WALJAMA'AH PARA PEWARIS NABI ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ

  • Siti Rokanah
    Siti Rokanah Tahun Yang lalu +1

    Bangga punya ulama yg saling menghargai kpd siapapun dan apapun agamanya

  • Benny Surjoatmodjo
    Benny Surjoatmodjo 3 tahun yang lalu +2

    Semoga Gus Mus dan Prof Quraish selalu sehat dan panjang umur .

  • Manipulasi Anti
    Manipulasi Anti 3 tahun yang lalu +3

    contohnya dua insan ini .damailah NKRI bila semua punya pemahaman seperti beliau berdua ini.tanpa sorban versi timur tengah macam dakwanya kanjeng sunan sunan kali jogo.

  • Nenk Dhewie
    Nenk Dhewie 3 tahun yang lalu +9

    Dua ulama besar yang sangaaatt...sangaaaat luar biasa semoga di berikan kesehatan, keberkahan usianya...

    • Rizal bani umar
      Rizal bani umar 3 bulan yang lalu

      Language indonesia โ†” inggris..
      Aku Rizal
      keluarga mbah mama keturunan orang arab (๐Ÿ‘‘hj zulayha)orang arab ๐Ÿ‘‘alwi fatah.amerulmukminin rizal syayidina umar bin khotop paman NABI MUHAMMAD SAW.
      Jawa and arab๐Ÿ‘ช
      Muslim or islam.
      Jendral bintang 4.
      Mbah mama ponpes di sedayu and mbah ayah ponpes ada di kepanjen malang kh abdula satar.
      Saudarah mama neng alik ponpes ada di sidoarjo mindi porong kh nafik.
      Rumah ku jl kh kolil no 82 and no 84 ada baliho or seponsor dji sam soe kedai adek ku mifta or jalan raya sekarang tinggal di jl kh fakih usman gg10 no 11 gresik. Sakti.
      Mbah mama banggun sekolah tahun 1915 di desa sukodono belakang pasar gresik and ibu mama (hj mskyah lahir di kota mekah tahun 1899 )di jl bubutan kota pahlawan surabaya.
      Mas mantu wakil presiden sudarmono TNI.mbak hj evi bangun TPQ BAJAI ALWI BLANDONGAN GRESIK.
      Mantan tunanggan elis setiawati salam ya pundut trateh desa bejeng gresik.
      Topi ripcul.
      Bertetanggah denggan tiga ponpes kh kolil alias marlan mantu ghozali marlan, ponpes abror, ponpes nurul mustofa and bertenggah denggan masji jamaatul ikwan depan alfa mard di jl kh kolil blandongan gresik jawa timur from indonesia.
      Mbahnya kh mustofa rembang murit or santri mbah ku ponpes sedayu, kh mustofa๐Ÿ˜Šo

  • Faisal Ahmad Official
    Faisal Ahmad Official Tahun Yang lalu +2

    Persahabatan yang bisa jadi contoh anak zaman sekarang seperti kita anak generasi z ini

  • Anton Setiawan Budi
    Anton Setiawan Budi 4 tahun yang lalu +6

    obrolan tingkat lebih tinggi dari malaikat,hanya manusia yg benar2 menggunakan akalnya yg bisa memahami. panjang umur kiai ku..๐Ÿ˜ซ

  • Jafar Aula Channel
    Jafar Aula Channel 3 tahun yang lalu

    Semoga beliau berdua diberikan panjang umur, sehat untuk senantiasa membimbing kita semua...

  • Di2n Aquars
    Di2n Aquars 2 tahun yang lalu +2

    2020 masih melihat,,
    Semoga kehidupan beliau makin berkah,Aamiin..

  • Hari Yono
    Hari Yono 11 bulan yang lalu +1

    Mereka inilah sosok" kyai yg bs jd panutan & menentramkan hati

  • Wayan Wirayasa
    Wayan Wirayasa 8 bulan yang lalu +1

    Dua tokoh bangsa yang inspiratif dan menyejukkan.

  • Dani Bagus Santosa
    Dani Bagus Santosa 4 tahun yang lalu +8

    2 ulama yang menjunjung tinggi toleransi

  • Hadi Purwanto
    Hadi Purwanto 4 tahun yang lalu +4

    Bagi seorang dai, emosi yang berlebihan itu berbahaya dan bisa membuatnya terpeleset. Hidayah semacam hadiah yang diberikan dengan baik, dikemas dengan baik. Tidak memberikan dengan cara dilempar-lemparkan.

  • cinta damai
    cinta damai Tahun Yang lalu +1

    Tak kusadari air mata ku menetes melihat mendengar dua sahabat wali Allah.....

  • Fendi Salamony
    Fendi Salamony 4 tahun yang lalu

    Allahuakbar, sejuk hati saya mendengar cerita 2 sahabat ini.

  • Nina Mulyani
    Nina Mulyani 3 tahun yang lalu +6

    Ya Allah ulama dan habib alim seperti ini masih saja banyak yg memfitnah dengan kejam semoga mereka di beri hidayah oleh Allah SWT.

  • Kirana Larasati
    Kirana Larasati 4 tahun yang lalu +1

    2 ulama hebat pemberi kesejukan bagi umat

  • Selis Marsel
    Selis Marsel 8 bulan yang lalu +1

    Ulama yang punya ahklak baik dn penuh dgn kesopanan dlm brtutur kata. sehat sllu para pencerah yang baik..

  • Ali murtado SE
    Ali murtado SE 8 bulan yang lalu +1

    Inilah ulama penerus nabi, yg satu seorang habaeb dan satu kyai dg budi pekerti yg luhur yg sesui dg nusantara...... smoga berdua sehat2 selalu dan dlm lindungan allah...... amien. ๐Ÿคฒ

  • Asep solihin
    Asep solihin 3 tahun yang lalu +2

    Inilah Tokoh yg mesti menjadi contoh bagi para pemuka Agama Islam agar tidak saling bergesekan diantar ihwan Kiyai A Mustofa dan Kiyai M Quraish Shihab menjadi contoh buat semua Aamiin ๐Ÿคฒ

  • M Fadli
    M Fadli Bulan Yang lalu

    Dua ulama besar, kekayaan intelektual muslim Indonesia.
    Semoga beliau berdua dikaruniani umur yg panjang, barokah. Amien yra

  • Ema Chanels
    Ema Chanels 4 tahun yang lalu +14

    ya alloh gus mus.....
    sehat bah mus,abah quraish shihab...
    bangga dengan njenengan

  • Vyuna
    Vyuna 4 tahun yang lalu +3

    Benar benar bikin hati sejuk dgr ceramah ini.....alhamdulillah....

  • Dark justice
    Dark justice Tahun Yang lalu

    Sejuk damai indah melihat dan dengar kedua Ulama Asli ini. Obrolan dan ilmunya tingkat tinggi namun sangat mudah diserap oleh pikiran tingkat rendah model saya ini... Semoga selalu sehat Ulamaku, salam...Aamiin....3X

  • Rubiyanto
    Rubiyanto 4 tahun yang lalu +5

    Ini ulama yang sesungguhnya...

  • Ginanjar AP
    Ginanjar AP 4 tahun yang lalu +4

    Saya garis bawahi pembahasan ttg "kafir" sehat terus gus sehat terus proff kalian ulama yg sangat hebat , Indonesia butuh org2 seperti kalian

  • Wafiq Ainul
    Wafiq Ainul 9 bulan yang lalu +1

    Sahabat fiddunya wal akhiroh. . . .ulama ahlusunnah waljama'ah sejati !!!

  • Lia Lia
    Lia Lia 2 tahun yang lalu +2

    Walaupun ulama yang belajar di mesir dan timur tengah yang lainnya dan tidak menonjolkan arabnya,tetapi tetep menonjolkan adat indonesianya,MUSLIM INDONESIA

  • Rubi Ruebz
    Rubi Ruebz 4 tahun yang lalu +1

    True leader.. hormat kami pada ayahanda kehidupan kami di Indonesia.

  • Aldo Christian
    Aldo Christian 5 tahun yang lalu +58

    Emang berbeda yang pengetahuannya banyak tapi tetap rendah hati , keren !