Tap to unmute

AS Pasang Badan Bela RI Lawan China di Laut Natuna

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 12 Jan 2022
  • Berita lainnya:
    Panas! AS Pasang Body Buat RI Cs, 'Serang' China di LCS
    bit.ly/3ro7VKq
    Amerika Serikat pasang badan membela negara-negara ASEAN tak terkecuali Indonesia dalam konflik wilayah di Perairan Natuna atau diklaim oleh China sebagai Laut China Selatan. Dalam dokumen resmi terbarunya Amerika meluncurkan penelitian bagaimana China melakukan sebuah pelanggaran dalam klaimnya di Laut China Selatan.
    Selengkapnya dalam program Squawk Box, CNBC Indonesia (Jumat, 14/01/2022) berikut ini. Terus ikuti berita ekonomi bisnis dan analisis mendalam hanya di www.cnbcindonesia.com/ .
    CNBC Indonesia terafiliasi dengan CNBC Internasional dan beroperasi di bawah grup Transmedia dan tergabung bersama Trans TV, Trans7, Detikcom, Transvision, CNN Indonesia dan CNN Indonesia.com. CNBC Indonesia dapat dinikmati melalui tayangan Transvision channel 805 atau streaming melalui aplikasi CNBC Indonesia yang dapat di download di playstore atau iOS.
    Follow us on social:
    Twitter: cnbcindonesia
    Facebook Page: CNBCIndonesia/
    Instagram: cnbcindonesia
    cuap_cuan
    Tiktok: bit.ly/38BYtJx
    Spotify: spoti.fi/2BR7KkT

Komentar • 6 432

  • notroublenofun
    notroublenofun 7 bulan yang lalu +2877

    Masalahnya sebenarnya ada di "Nine-Dash-Line" ini garis perbatasan laut yang di buat sepihak sama Cina dan tidak di akui oleh negara negara yang lain,. Padahal di tahun 1982, hasil konvensi PBB sudah menyatakan bahwa perairan natuna masuk ZEE, sehingga menjadi hak Indonesia untuk mengendalikan segala macam kekayaan serta masuk jurisdiksi hukum Indonesia di perairan ini.

    • akhyar agon
      akhyar agon 2 bulan yang lalu

      @Mini Hobby emang sanggup , natuna aja china dah kawalahan apalg sumatra . Indonesia negara yg cantik , banyak negara2 yg ingin mendukung kekuatan indonesia

    • Stefan William
      Stefan William 2 bulan yang lalu

      suka ga suka benci iri dengki boleh saja , Tetapi berterimakasih kepada Amerika, Jerman, Inggris, perancis , Belanda, karna mereka dunia ini canggih dan Modern negara lain hanya meniru dari karya penemuan Ilmuan mereka. Mereka pelopor, Kiblat, Tolak ukur kecanggihan teknologi yang semua pendudukan bumi butuhkan. I Love You Amerika and NATO Thanks You Amerika and Nato dan pasti kalah lawan Amerika dan NATO Karna mereka adalah Pioner dan Raja Teknologi dan militer dari dulu dan hanya Mimpi untuk menang dari Amerika dan NATO hahahah

    • DYus
      DYus 3 bulan yang lalu

      @Med X Itu klaim ngawur dan tifak diakui internasional. Bahkan pada saat itu yg berlaku klaim kedaulatan yg diakui hanya 12 mil, dan belum ada hak zee yg 200 mil (unclos 1982). Tidak ada negara manapun yg perilaku klaimnya spt China, bahkan Inggris & Amerika sekalipun (12 mil).

  • Farid Muhaimin
    Farid Muhaimin 4 bulan yang lalu +5

    Indonesia harus segera perkuat militer dan pertahanan udaranya karena ancaman kedaulatan dan perang tidak bisa diprediksi.

  • Rizky Ramadhan Perdana
    Rizky Ramadhan Perdana 6 bulan yang lalu +65

    Yang benar2 tulus membela Negara Indonesia adalah seluruh Rakyat Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia itu sendiri.

    • Victor Sitanggang
      Victor Sitanggang 2 bulan yang lalu

      Anti AS...trus mabok

    • Her JS
      Her JS 3 bulan yang lalu

      Ngakak baca komen lu nak 🤣

    • Opik Jelek
      Opik Jelek 3 bulan yang lalu

      @mr iya parah ni rombongn sakit hati, dulu triak2 pki komunis , ehhh sekarng mlh dukung russia sekutu china, sebut2 russia sahbt indonesia yg akn selalu mendukung dan membantu, ehh sekarng natuna lgi panas2nya krna china berulh lgi, mna ni pendukung russia, tanya putin brani tegas ke china gk ni, olok2 as , ehh malh amerika yg membantu indonesia tentang natuna..

    • Opik Jelek
      Opik Jelek 3 bulan yang lalu

      @Ricko O njir nyerah sama siapa...

  • Bryan Terang
    Bryan Terang 4 bulan yang lalu

    Kita negara berdaulat...klo ada pihak mana pun mengakui wilayah negara kita...rakyat Indonesia tdk gentar 💪💪

  • malaviarehu
    malaviarehu 7 bulan yang lalu +20

    Ada maunya..semua ada maunya,, semoga negara ini selalu damai dan aman

    • jems jhon
      jems jhon 4 bulan yang lalu

      AS kena imbasnya makanya dia bantu

  • Ali Imron
    Ali Imron 7 bulan yang lalu +1412

    Kita tidak perlu panik atas klaim wilayah oleh China, dan kita jangan mudah terlena oleh mulut manis dari As.
    Karena kedua negara berlomba-lomba mencari keuntungan di Laut Natuna. Intinya kita berada pada posisi Netral dan jangan membuat kedua negara tsb kecewa, tapi buatlah kedua negara tsb senang kepada kita dan sangat membutuhkan kita sebagai Cuan untuk meningkatkan ekonomi Indonesia.

    • ALLAH SWT G4Y
      ALLAH SWT G4Y 9 hari yang lalu

      Namanya aja ali imron kaya ter0ris takut sama as dalam sejarah as gak pernah nyuri natuna TNI pemerintah percaya dengan as tapi rakyat nya yang pro taliban dan tet0ris kepanasan sama Amerika maju terus indonesia Amerika🇺🇸🇮🇩

    • Ali Imron
      Ali Imron 23 hari yang lalu

      @Wiharti Tegal Lunya aja yg gak jelas, Indonesia itu non blog.

    • Wiharti Tegal
      Wiharti Tegal 23 hari yang lalu

      Justru sikap kita malah gak jelas.

    • Idola Ponsel
      Idola Ponsel Bulan Yang lalu

      Dah nyata2 cina mau mengambil alih natuna lalu AS mau bantu untuk meluruskan peta melihat kebenaran kenapa AS juga kita curigai? Aneh ya.

  • Muhtar Arifin
    Muhtar Arifin 7 bulan yang lalu +1

    Saatnya bertindak tegas,agar tidak ada lagi hal2 seperti ini di kemudian hari,,kalau melempem dan hanya diam saja semakin berani negara2 lain yg ingin menindas indonesia..

  • acelo owens
    acelo owens 6 bulan yang lalu

    ❤️❤️❤️❤️❤️👍 itulah negara adidaya yang adil...

  • aL GocenG
    aL GocenG 6 bulan yang lalu +2

    Pesan untuk Garda terdepan NKRI..Jangan berharap pada manusia apalagi Amerika dan China..sama sama Ingin menguasai Dunia..Mereka lupa masih ada Yang Maha Esa.

  • Rarey Pujha Channel
    Rarey Pujha Channel 7 bulan yang lalu +14

    NKRI harus tegas terhadap Semua Negara yang memasuki daerah NKRI, Mengklaim daerah NKRI sebagai bagian daerah negara nya, dll.

    • Rarey Pujha Channel
      Rarey Pujha Channel 7 bulan yang lalu

      @ariyadi nkri merdeka berkat kekompakan seluruh agama, suku, dll yang berjuang

    • ariyadi
      ariyadi 7 bulan yang lalu

      Emg terbentuknya NKRI itu berkat perjuangan siapa?????

    • Bagus irawan
      Bagus irawan 7 bulan yang lalu +1

      Gmn mau tegas? Bu susi yang biasa ngebom kapal asing yang maling saja dikeluarin dari kabinet

  • Lunatic Heroic
    Lunatic Heroic 7 bulan yang lalu +359

    Percayalah. Negeri kita ini negara yg sangattt indah dan banyak dikagumi negara lain. Walaupun kita pasti bisa bela NKRI karena itu harga mati. Dibalik itu negara lain jg membantu karena indonesia ini adalah negara yg damai, bak singa yg tidur jika diganggu akan terbangun dan melindungi dirinya. 🇮🇩🇮🇩

    • Lidya Elizabeth
      Lidya Elizabeth 4 bulan yang lalu

      @Eway Febrian’s 🤣😂

    • Hunter Hayes
      Hunter Hayes 4 bulan yang lalu

      @Mo Brahma HP mu merek apa ..? Masih merek China..??😀😂 bukan merek kadrun.. 😀

    • Mo Brahma
      Mo Brahma 4 bulan yang lalu

      @Hunter Hayes Berapa juta dolar perlengkapan perang Amerika Serikat yang di tinggal kabur di Afghanistan ???

  • Xiaomeng Lengfang
    Xiaomeng Lengfang 4 bulan yang lalu

    Sulit membedakan mana kawan dan mana lawan.
    Hati-hati...🙏🏻🙏🏻

  • Haroeris
    Haroeris 7 bulan yang lalu

    Ini sebenernya masalah perbatasan kelautan dan masalah yang lingkupnya regional, negara yang juauh di seberang sana sebenarnya nggak punya hak untuk ikut campur secara militer karena konflik nggak akan sampai ke arah sana. Mungkin cuma saling teriak dari kapal patroli. Ditambah lagi AS tidak ikut ratifikasi UNCLOS. AS ikut campur hanya akan memperkeruh suasana seperti kebiasaan AS yang sudah mendarah daging yang haus perang terutama Military Industrial Complex mereka.

  • Bapak Sardjan
    Bapak Sardjan 5 bulan yang lalu +3

    indonesia akan menjadi ladang perang, mungkin bisa menjadi timur tengah. di indonesia ladang perang antara nato vs china

  • nurul hidayat
    nurul hidayat 7 bulan yang lalu +2

    pasti banyak yg bela soalnya sumber daya alam sangat berpengaruh didunia

  • Rebellion _Ver2
    Rebellion _Ver2 7 bulan yang lalu +535

    Indonesia harus mengambil keputusan penting dalam persoalan tapak batas atau sengketa laut yang selalu mengambang. Indonesia juga harus berhati-hati jika Amerika ingin membela NKRI, dibalik itu pasti ada sesuatu yang terselubung dari benak Amerika. Soal kekayaan alam, sampai disini kita bisa memahami sumber alamnya dari mana. Maka dari itu, upaya untuk mengambil keputusan harus secara konkret dan transparan. Untuk persoalan ini pasti Presiden RI akan berfikir keras untuk mengambil keputusan soal persengketaan laut dengan China.

    • Muhammad Alfamada
      Muhammad Alfamada Bulan Yang lalu

      @Inter Pakpahan ngomong opo le le

    • 21_Muhammad Hadi Luqman Affandi
      21_Muhammad Hadi Luqman Affandi 6 bulan yang lalu

      @raharjo waluyo jadi mikir sebenernya pemerintah narik2 China di Ekonomi biar China kalau mau ngajak perang indonesia mikir2 dulu soalnya duitnya ada di indonesia :v

    • 21_Muhammad Hadi Luqman Affandi
      21_Muhammad Hadi Luqman Affandi 6 bulan yang lalu

      @BlessedLucky Official saking besarnya sampek bisa bikin presiden kedua turun karena dipaksa neken perjanjian dari IMF yang malah bikin keadaan tambah parah. Begitu pula presiden pertama udah berkali2 jadi target pembunuhan oleh US dan US sendiri pernah tertangkap basah ngirim bbrp pasukannya buat bantuin pemberontak di masa itu tapi mereka ga ngakuin dan numbalin orang mereka yang ketangkep.

    • 21_Muhammad Hadi Luqman Affandi
      21_Muhammad Hadi Luqman Affandi 6 bulan yang lalu

      @Malcolm Dune ini CNBC media milik barat jadi jelas banget digiring untuk bela mereka...

    • Indonesian Aspie
      Indonesian Aspie 6 bulan yang lalu

      Buat Tiongkok mah apa aja deh 😍

  • Echo Lee
    Echo Lee 4 hari yang lalu

    Latihan perang AS hanya suatu alibi AS saja.dengan hadirnya AS bikin suasana keruh.AS terlalu mencapuri urusan Negara lain.Tanpa AS.RI mampu menandingi China

  • Naruto XD (🇪🇭)
    Naruto XD (🇪🇭) 5 bulan yang lalu

    hidup indonesia

  • Ray Bastian
    Ray Bastian 3 bulan yang lalu

    Harusnya PBB dengan tegas menyatakan kembali wilayah yang disengketakan adalah termasuk wilayah kedaulatan RI.

  • Paulo Gomes
    Paulo Gomes 4 bulan yang lalu

    Jika Tanpa Amerika,Perang akan muncul dimana mana,AS selalu menjaga keamanan diseluruh negara

  • Kira Lucy
    Kira Lucy 7 bulan yang lalu +473

    Indonesia harus bersikap tegas dan berani, jangan mau di rugikan Mulu. Saatnya Indonesia berdikari melawan ketidakadilan tanpa pandang bulu sekaligus mempertahankan apa yang menjadi hak kita.
    MERDEKAAAAAA..... 🇮🇩 💪😊👍

    • Lidya Elizabeth
      Lidya Elizabeth 4 bulan yang lalu

      @MR F 🤣🤣🤣😂😂

    • Ficky Mandagi
      Ficky Mandagi 4 bulan yang lalu

      Kuncinya satu, Revisi UU koruptor dengan hukuman ⚰ 📴💀

    • Leo Saputra
      Leo Saputra 4 bulan yang lalu

      @Hunter Hayes ..😀😀😀😀😀😂

    • Hunter Hayes
      Hunter Hayes 4 bulan yang lalu +1

      @Leo Saputra dari pada di buang Hp China nya kasih saya aja bang,😁😁 siap menampung sebanyak banyaknya 😀🤭

    • Ricko O
      Ricko O 5 bulan yang lalu

      @BramSki CHINA ALIANSI RUSIA, NAPA? GK SUKA? MAU DI BIKIN KAYAK UKRAINA LU TOD?

  • Jade Cocoon
    Jade Cocoon 20 jam yang lalu

    Dan lebih tololnya lagi masih banyak orang Indonesia yg membela/mendukung China dalam situasi tegang antara hubungan China dengan Taiwan akhir2 ini, padahal di sisi lain Indonesia sendiri juga punya masalah dgn China.

  • Ali Opan
    Ali Opan 5 bulan yang lalu +2

    Sebenarnya masalah china dan Indonesia tidak sulit2 amat, hanya masalah naen desain yang tumpang tindih, sebaiknya dengarkan dulu apa maunya china dan kalau memang memungkinkan ajak kerja sama saja

  • GAMING NUSANTARA
    GAMING NUSANTARA 5 bulan yang lalu +1

    AS dalang peperangan, jangan sampai terprovokasi.

  • Tono Maryono
    Tono Maryono 11 hari yang lalu

    Perang sudah berjalan di luar sana saudaraku... Kita jangan diam saja.. NKRI harga mati.. saatnya kita bangun kekuatan...

  • KucingTekno
    KucingTekno 7 bulan yang lalu +238

    Gue sebagai etnis Tionghoa tetep membela RI untuk mengamankan Natuna.salam INDONESIA!!!

    • Mr.Ratubadis 08
      Mr.Ratubadis 08 3 bulan yang lalu

      @Anjay Mabar lah lawak lu dek,bahasa mereka itu bahasa lokal daerahnya di indo bukan bahasa di cina
      Jdi kalau lu blg gtu org batak sesama batak pakai bahasa batak kok,org jawa sesama jawa pakai bahasa jawa kok,lah mereka kan pakai bahasa suku adat daerah mereka jdi kalau mereka bahasa hokian knp lu ga blgin juga yg orang batak sma jawa?

    • Aniqa Mahira Azaria
      Aniqa Mahira Azaria 4 bulan yang lalu

      Jgan ada dusta diantara kita

    • Purwanto
      Purwanto 4 bulan yang lalu

      Ketik komen sepuas hati boleh.
      Asal jangan Rasis
      Provokatif
      Membully
      Mari kita berbahasa yang santun, apapun maksud anda asalkan itu tujuan baik akan bisa diterima jika berbahasa santun dan baik.😊🙏🙏🙏
      Ayuk lah...seduluran....toh kita se Indonesia

    • Hunter Hayes
      Hunter Hayes 4 bulan yang lalu

      @Prince Abbas mgkin dia China kere.. kalau china kaya sudah tamasya jalan2 ke luar negeri 😁

  • Risqi pratama
    Risqi pratama 5 bulan yang lalu

    Harus tegas jangan mudah terpropokasi

  • Cyborg
    Cyborg 4 bulan yang lalu

    Indonesia harus memperkuat militernya sendiri, jangan bergantung sama negara lain apalagi sama as, nanti yg ada Natuna selamat tapi Papua lepas

  • Zuhro Shohwatul
    Zuhro Shohwatul 6 bulan yang lalu

    tidak mungkin untuk kepentingan Indonesia, Amerika memikirkan kepentingan ya sendiri

  • Suryadiyadi Yadi
    Suryadiyadi Yadi 7 bulan yang lalu

    Hancurkan para pelanggar aturan hukum laut ..

  • ray
    ray 7 bulan yang lalu +186

    Kita harus tegas dan menolak klaim China. Sementara kita juga harus waspada dengan AS. Karena AS sendiri tak mengakui perairan di antara pulau2 nusantara sebagai milik Indonesia. Silahkan cek sendiri factbook di laman resmi CIA. Lihat berapa luas perairan dan luas daratan Indonesia menurut mereka. Lalu bandingkan sendiri dengan melihat peta kita. Beberapa tahun lalu pernah ada insiden pesawat kita yang melihat armada kapal perang mereka beriringan memasuki wilayah perairan kita menuju Australia.

    • Ahmad Dwiki Pradany
      Ahmad Dwiki Pradany 27 hari yang lalu

      Halahh teori konspirasi mulu😂😂😂

    • 102_Bryan Daniel Sinaga
      102_Bryan Daniel Sinaga 4 bulan yang lalu

      @Irfan WakCok provinsi bnyk ganja jgn sok keras

    • im Google
      im Google 5 bulan yang lalu

      Gambleh lambe suek

    • Sultan of the ape
      Sultan of the ape 6 bulan yang lalu

      @Wuri Rahmawati sebutkan dalil nya

    • Wuri Rahmawati
      Wuri Rahmawati 6 bulan yang lalu +2

      @Irfan WakCok orang ini saya pastikan belum belajar islam 100 %. Muslim yang paham islam pasti tahu dan mengerti bahwa kita diharamkan untuk menggulingkan pemerintah yang sah. Hanya TERORIS KHAWARIJ lah yang berusaha keras menggulingkan pemerintah sah demi keuntungan mereka sendiri. Beraninya hanya jadi keyword warrior ngga jelas...kalau dihadapkan ulama dan ditangkap intel baru dah nangis kejret.

  • Karya mulya mandiri tolib Chanel

    Yg bisa melindungi wilayah NKRI, adalah bangsa kita sendiri ! saya yakin, dengan tekad yg kuat dari seluruh masyarakat,,, kita adalah bangsa yg kuat..!!!
    Dan yg perlu mereka taU,
    kami adalah NKRI !

  • Muhammad Resky
    Muhammad Resky 2 bulan yang lalu

    AS yang bayak bantu Indonesia daripada Cina. Dulu setelah PKI Madiun AS mendesak Belanda me mberikan Kedaulatan kepada RI. Pada masa Irian Barat AS juga mendesak Bld menyerahkan Irian kepada Indonesia. AS dan sekutunya membantu memulih perekonomian RI yang hancur pada masa BK dengan IGGi.

  • Gall
    Gall 6 bulan yang lalu

    Aslinya ngga perlu panik banget sih atas klaim laut natuna oleh china, dikarenakan belum di akui negara² lainnya bahwa natuna TERMASUK lautan china, dan ya kita juga harus hati² terhadap negara yang mengulurkan tangan ke kita karena natuna, bukannya ngomongin hal buruk, cuma ya pasti ada maunya negara yang ngebantu begitu, entah untuk mempererat hubungan atau yang lain..

  • ngangkak
    ngangkak 7 bulan yang lalu

    INTI
    1. ( "China mngklaim hampir 90% itu laut china selatan"
    2. Tahun 2015 Pengadilan internasional menjatuhkan bahwa klaim cina tdak berdasar.
    3. Washington juga mengatakan itu melanggar Hukum Internasional. (Yang dimana sudah dirilis Biro klautan dan Lingkungan internasional)
    4. Tidak mematuhi perjanjian PBB tahun 1982 tentang hukum laut dan peraturan teriteorial lainnya.
    Dari 7 fungsi PBB
    Fungsi 1. Memberikan pelindungan trhadap anggotanya
    Fungsi 4. Mengendalikan konflik.
    Fungsi 7.menyelesaikan maslh secara Hukum

  • Adams Smith
    Adams Smith 7 bulan yang lalu +28

    Saatnya Pemerintah lebih fokus kpd urusan-urusan kedaulatan RI dan jangan disibukkan dgn urusan-urusan Agama, kalaupun ada pergesekan bisa diselesaikan dgn musyawarah dan bukan mempertajam keranah hukum.

    • Jandrio Manurung
      Jandrio Manurung 7 bulan yang lalu

      Setuju, cuman selama ada politik kepengan lu tau lah gimana.

  • super zaf
    super zaf 4 bulan yang lalu

    Istilahnya membela teman pun kadang ada maksud Tertentu di balik semua itu, wiw apalagi sama AS.

  • Yulia Ei
    Yulia Ei 7 bulan yang lalu

    Mungkin kita kuwalat, yang tak percaya, dan tak menghormati pemimpin kita yang dulu, rasanya kepingin kembali seperti dulu lagi, yang aman, damai, indonesia yang dulu sangat dihormati, disegani, oleh negara2 luar,

  • Ariyono Channel
    Ariyono Channel 7 bulan yang lalu

    Pemerintah lagi sibuk memerangi / memenjara ulama nya sendiri, gak sadar negara nya kalau ingin di kuasai china😓😥

  • akmal meiwanda
    akmal meiwanda 6 bulan yang lalu

    i stand with USA, God bless america

  • Ghea Satya Niha
    Ghea Satya Niha 7 bulan yang lalu +77

    negara asean khususnya indonesia harus ambil keuntungan dari ketegangan AS dan China. tidak ada negara yang mengisolasi negrinya sendiri jadi negara yang maju. manfaatkan dukungan AS untuk perairan natuna, manfaatkan China untuk perdagangan dan ekonomi. satu hal yang penting, fleksibel tapi tegas.

    • Hunter Hayes
      Hunter Hayes 4 bulan yang lalu

      Sok paten loe,.. 😀🤭

    • ariszal saputra
      ariszal saputra 6 bulan yang lalu

      @Saleho gini ya yang punya modal perusahaan china yang punya teknologi perusahaan china terus kalau enggak bawa tenaga ahli dia siapa yang mau ngerakit di sini nunggu TOT itu lama, makanya mereka bawa tenaga dari sana saya juga kerja di perusahaan china sekarang bahkan banyak orang yang kerja orang lokal dari pada bawa tenaga dari china itu mahal

    • 21_Muhammad Hadi Luqman Affandi
      21_Muhammad Hadi Luqman Affandi 6 bulan yang lalu

      @Saleho kalau di perusahaan china diisi orang china wajarlah. di perusahaan orang indonesia diisi orang indonesia di perusahaan orang jepang diisi orang jepang itu wajar. karena yang nentuin siapa yang kerja itu ya perusahaan itu sendiri bukan pemerintah. Lo mau buat perusahaan yang isinya orang jepang orang arab orang amerika orang china orang aussie orang belanda semua sah sah aja. kalau malah perusahaan china isinya orang indonesia malah ga wajar berarti pemerintah ikut2an ngatur ekonomi dan perusahaan ini ciri2 komunis padahal negara kita bukan komunis. jadi kalau mau perusahaan china atau perusahaan mana pun itu isinya orang indonesia berani gak ngembaliin komunis di indonesia? ga berani kan?

  • Dony Tirta
    Dony Tirta 3 bulan yang lalu

    Bravo US 🇺🇲🇺🇲🇺🇲 bravo indonesia🇮🇩🇮🇩🇮🇩

  • ROBIN KING
    ROBIN KING 7 bulan yang lalu

    Coopetation is the key. Asians has the wisdom to care their own business. Afghan, Iraq, Ukraine, Syria, Yeman are examples that they believe west would help them.

  • Akhmad Santoso Wicaksono
    Akhmad Santoso Wicaksono 7 bulan yang lalu

    Indonesia ibarat Cewek Abg Cantik Yang Molek yang cintanya diperebutkan banyak Pria.. Memang, Negeri yang cantik negeri yang molek negeri yang kaya negeri yang raya... Indonesia

  • Nanang Hendri
    Nanang Hendri 5 bulan yang lalu

    *NGGA PERLU BANTUAN AS, NKRI HARGA MATI SIAP MENGHADAPI SIAPAPUN YANG MENYERANG NKRI. KALAU SEJARAH PELAYARAN MAU DIPAKE KLAIM WILAYAH, NKRI LUAS SEKALI*

  • Kharist Jean Skylar
    Kharist Jean Skylar 7 bulan yang lalu +61

    Semoga Indonesia aman tantaram dan dijauhi dr bermusuhan dgn mana mana negara.

    • yap
      yap 7 bulan yang lalu

      terutama cina

  • Xi Jinping ChinChong
    Xi Jinping ChinChong 7 bulan yang lalu

    Pasti ada maunya 🤣.
    Negara yg aman diajak kerjasama itu baru Jepang, Korut, Turki, Rusia, lainnya mah gak bisa sepenuhnya dipercaya

  • raihan Maulana
    raihan Maulana 4 bulan yang lalu

    Intinya AS bukan bela indonesia..karna china dan as sedang tidak baik2 aja,

  • Luo Cun Cie
    Luo Cun Cie 7 bulan yang lalu

    Amerika bukan mau bela Indonesia...dia punya kepentingan besar di Laut Cina Selatan !

  • Lutfi Prasetyo
    Lutfi Prasetyo 3 bulan yang lalu

    Asli dan cerita tdak seperti itu Indonesia pun bingung akan kehadiran militer Amerika karna indonesia negara non-blok. Dan indonesia tdak punya kepentingan batas laut di luar wilayah Indonesia ( Natuna ) jeli melihat karna Indonesia jga tdak mudah di provokasi dan cina jga sudah menyatakan kepentingan dia bukan untuk memeiliki laut Natuna wilayah Indonesia..... Berkaca Rusia vs ukraina

  • Okepoin
    Okepoin 7 bulan yang lalu +134

    intinya kita harus tegas menolak klaim yg tdk berdasar
    unclos '82 adl sumber hukum internasional yg harus di patuhi olh seluruh negara di dunia dan juga di jadikan pijakan olh semua negara utk menetapkan batas wilayah negaranya di perbatasan laut

    • raharjo waluyo
      raharjo waluyo 7 bulan yang lalu +2

      Tegakan hukum unclos yg telah diratifikasi UU teritorial Indonesia emang negara kita hrs tegas batas batas laut ZEE milik kita ,jika perlu lawan jgn takut diembargo Chines,mereka jg berfikir investasi china di Indonesia hrs berpikir 1000x china mau lawan Indonesia...krna ap memberi utang pinjaman...mau ngk kesaur gara perang dan tentunya takut dikeroyok negara asean ,eropa,Japan,USA...pokok Indonesia siap lawan dan perang klo melanggar!!!!

    • BIMA SENA
      BIMA SENA 7 bulan yang lalu

      @Hoki Ponsel caper mungkin 😏

    • Pak Nas tpn
      Pak Nas tpn 7 bulan yang lalu

      Pintu surga te rbuka lebar idclips.com/video/J6aC5B5wdak/video.html

    • Hoki Ponsel
      Hoki Ponsel 7 bulan yang lalu +2

      Nanti sore saya akan ke Cina,dan menanyakan apa mau mereka...

  • Ahmad Yasri
    Ahmad Yasri 4 bulan yang lalu

    Walaupun pasang badan utk indonesia terhadap cina.....kami tetap tdk akan nenunggalkan hubungan baik terhadap RUSIA..

  • pangaloppa channel
    pangaloppa channel 6 bulan yang lalu +1

    As selalu menolong tp kadrun kenpa selalu benci AS??

  • Haci Ibno
    Haci Ibno 6 bulan yang lalu

    CHINA itu bossnya RI, jadi gak mungkin RI diperangi oleh CHINA.
    RI 🤝 CHINA adalah saudara.

  • Dodi i Bow
    Dodi i Bow 5 bulan yang lalu

    JANGAN BERHARAP KEPADA NEGERI LAIN

  • eva siburian
    eva siburian 6 bulan yang lalu

    Yg perlu di waspadai yg ingin menghancurkan indonesia adalah paham radikal yg bercokol di NKRI ini,

  • antok suprapto
    antok suprapto 5 bulan yang lalu

    Nkri. rakyat nyaa bersatu siap (mati) membella tanah air tercinta😀😀😀😘😍 love negaraku
    Indonesia

  • boy anton
    boy anton 5 bulan yang lalu

    WAHAI RAKYAT INDONESIA, DITITIPKAN INDONESIA UNTUK DI JAGA SELURUH NYA, JIKA ADA YG MELEWATI BATAS ,HARUS LANGSUNG DI PERANGI SIAPAPUN NEGARA ITU, RATAKAN, tidak perlu ada keputusan dan tidak ada kata kompromi. KARENA NKRI HARGA MATI. INGAT INDONESIA DIMENANGKAN BUKAN DENGAN CARA CURANG ATAUPUN DENGAN CARA DIKASIHANI. INGAT BAIK BAIK SELURUH NEGERIKU, INDONESIA DIPERJUANGKAN DENGAN PENUH PENGORBANAN, HARTA DAN NYAWA. BARANGSIAPA DIA BERKHIANAT TERHADAP NKRI MAKA DIA ADALAH MUSUH BANGSA INDONESIA. JADIKAN INDONESIA DITAKUTI DAN DISEGANI DUNIA, WAHAI PENGHIANAT BANGSA INGATLAH HIDUPMU TIDAK ABADI ,MAUT PASTI MENJEMPUTMU.

  • no name
    no name 2 bulan yang lalu

    Kita tdk butuh campur tangan As dlm hal itu.

  • Prince Corona
    Prince Corona 7 bulan yang lalu +155

    Indonesia harus benar2 tegas dlm hal batas negara hingga tdk bisa diganggu gugat!!! Dan hati2 jg trhadap negara2 lain trmasuk Amerika!!!

    • GHOST•eA
      GHOST•eA 7 bulan yang lalu +1

      @BramSki hp lu buatan china 😂

    • GHOST•eA
      GHOST•eA 7 bulan yang lalu +1

      @yahwksgak hwsyj kalau gk suka hapus aja aplikasi youtube bro

    • yahwksgak hwsyj
      yahwksgak hwsyj 7 bulan yang lalu

      @GHOST•eA 3 negara yg gw gak suka Australia,China, Amerika ketiga negara ini suka ikut campur masalah di Indonesia

    • GHOST•eA
      GHOST•eA 7 bulan yang lalu +1

      @yahwksgak hwsyj iya sama kyk tiongkok 🇺🇲🇨🇳

  • Opa M
    Opa M 7 bulan yang lalu +1

    Dunia tenang tanpa adanya China

  • The Tarigan Kempu Nini Sidua
    The Tarigan Kempu Nini Sidua 6 bulan yang lalu

    itu terjadi mgkn krn banyaknya sdh penduduk tiongkos sana. jadi ikan di laut mereka tdk cukup utk mereka sehingga mereka memberanikan diri mengklaim natuna sbg milik mereka. Indonesia jgn sempat kalah. biarpu mereka banyak, rakyat indonesia juga banyak dan penuh2 orang pemberani.

  • Dedi Irawan
    Dedi Irawan 7 bulan yang lalu

    Semoga banyak negara sahabat membela indonesia vs china

  • Indra Jatmiko
    Indra Jatmiko 4 bulan yang lalu

    kita butuh militer untuk melindungi laut natuna

  • Edy Wijaya
    Edy Wijaya 7 bulan yang lalu +212

    Mirip waktu Jepang berkata: "Jepang adalah saudara tua Indonesia" 😂😂😂😂😂😂

    • Milk Enjoyer
      Milk Enjoyer 7 bulan yang lalu

      @ecunoq bee Percuma bangun gedung kalo gak sampai 10 tahun udah roboh, coba deh kau cari Tofu Dreg Project.

    • ecunoq bee
      ecunoq bee 7 bulan yang lalu

      @Milk Enjoyer loe memang tukang sebar hoax. Justru buruh china itu kuat kerjanya. Lihat saja pembangunan kereta cepat di china. Jembatan. Gedung pencakar Langit.
      Rs dad akan covid. Semua super cepat tempat akurat.
      Otk lu kurang update.
      Atau memang sengaja nyebar propaganda disini.
      Buzzer mamarika kah?

    • Arya Kamandanu
      Arya Kamandanu 7 bulan yang lalu

      @ecunoq bee jangan mudah percaya buruh China murah , list yg ditunjukan sesama karyawan sama sesuai jabatan masing masing tapi ada list off the record khusus Tka China yg tidak disampaikan tapi berlaku ,dan disepakati

    • Milk Enjoyer
      Milk Enjoyer 7 bulan yang lalu

      @ecunoq bee Ada harga ada kualitas daripada harga murah tapi bangunan macam ampas tahu. Baru 10 tahun udah ambruk. 😙

    • Milk Enjoyer
      Milk Enjoyer 7 bulan yang lalu

      @ecunoq bee Masih zaman ya ngatain orang pake cebong kadrun? Masih banyak orang bego yg belum bisa move on dari pilpres.

  • S Al Ghifari Andie Channel
    S Al Ghifari Andie Channel 6 bulan yang lalu

    Secara tidak langsung China" yg ada di negara kita sdah mnjakah kita secara ekonomi,hati" dng niat baik China,terutama produk" atau vaksin buatan China smgoga pemimpin kita tidak terlena dng bujuk rayu china

  • Ahmad Nurwan
    Ahmad Nurwan 6 bulan yang lalu

    Ini bukan masalah perbatasan aja bapak ibu tapi lebih kompleksnya masalah ini lebih besar..masalah politik dan ekonomi juga ikut..jadi bijaklah dalam menanggapi sebuah permasalahan..

  • Dananjaya
    Dananjaya 6 bulan yang lalu

    Ikuti saja permainan mereka, tidak usah loyal ke satu pihak tidak menguntungkan untuk Indonesia

  • plat tipus
    plat tipus 5 bulan yang lalu

    Bukan pasang badan gratis, tentu ada banyak kepentingan terhadap sumber daya alam Indonesia

  • Michael Hengki
    Michael Hengki 6 bulan yang lalu

    Jangan percaya america ataupun china, tetap netral dan jaga NKRI

  • Rolidhoh Jayasri Alhaj
    Rolidhoh Jayasri Alhaj 5 bulan yang lalu

    Jangan sampai indonesia di hasut oleh AS

  • SuperMeow
    SuperMeow 7 bulan yang lalu

    China sudah merasa kuat sehingga sering berbuat ulah

  • Lidya Elizabeth
    Lidya Elizabeth 4 bulan yang lalu

    dari dulu amerika selalu bela NKRI namun masih ada juga warga NKRI yg membenci amerika,entah knpa🤣🤣😂

  • W Musafir
    W Musafir 7 bulan yang lalu +7

    Semoga bisa diselesaikan dengan kekeluargaan sehingga nggak harus sampai perang militer agar tak ada korban jiwa dan kita hargai niat baik as tapi ttp waspada jangan sampai terlena janji manis mereka

  • Elmart 17 channel
    Elmart 17 channel 7 bulan yang lalu

    tapi amerika tidak mengakui unclous indonesia.berarti amerika tak mengakui batas maritim indonesia

  • rahmat Syahnusfi
    rahmat Syahnusfi 4 bulan yang lalu +2

    Ha ha ha “ Ini TIPU CARA YAHUDI” AMERIKA BerPURA PURA JADI KAWAN / NATO dan AS 1945 INGIN KUASAI INDONESIA

  • BerLiaN KiLL
    BerLiaN KiLL 5 bulan yang lalu

    Indonesia harus mandiri.. Jika ada perang negara lain gak Mingkin membantu

  • Plg 2021
    Plg 2021 23 hari yang lalu

    Indonesia jgn mudah terprovokasi
    Negara tetanga

  • HALLFORD
    HALLFORD 7 bulan yang lalu +358

    Meskipun begitu ,, INDONESIA juga harusss Tetap Hati-hati dengan AS ,.
    Karena dibalik itu pasti ada sesuatu yang sedang AS rencanakan..

    • ©IQ XD®
      ©IQ XD® Bulan Yang lalu

      Kan sudah membuat kontrak sodara tahun 1978

    • Ahmad Fikrun
      Ahmad Fikrun 3 bulan yang lalu

      @SaRumbo setuju banget bro orang Indonesia tu anti banget yak ama Amerika sampe Amerika ngebela indo nggak seneng

    • Roy Arfendo
      Roy Arfendo 4 bulan yang lalu

      Nah kalau yg bantu Rusia menurut lu gimana?

    • Indah Valentine
      Indah Valentine 5 bulan yang lalu

      Ada Lord rangga karakternya sama kyak Mr.putin

    • Selis Marsel
      Selis Marsel 6 bulan yang lalu

      @kaftan.cantik Itu bkn jajah namanya tp krja sama antara pemerintah indonesia dgn Amerika. kan yg mmberi tanda tangan masa itu soeharto di dampingi si fadli son.

  • pian
    pian 7 bulan yang lalu

    Sikap kebanyakan warga indonesia sangat memusuhi amerika. Tapi percayalah kalau indonesia diganggu luar pasti amerika bantu. Dengan kekuatan amerika mereka gak mau ada negara asing dengan agama mayoritas apapun diintimidasi pihak yg lebih besar ekonomi dan militernya.