Tap to unmute

AS Pasang Badan Bela RI Lawan China di Laut Natuna

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 12 Jan 2022
  • Berita lainnya:
    Panas! AS Pasang Body Buat RI Cs, 'Serang' China di LCS
    bit.ly/3ro7VKq

    Amerika Serikat pasang badan membela negara-negara ASEAN tak terkecuali Indonesia dalam konflik wilayah di Perairan Natuna atau diklaim oleh China sebagai Laut China Selatan. Dalam dokumen resmi terbarunya Amerika meluncurkan penelitian bagaimana China melakukan sebuah pelanggaran dalam klaimnya di Laut China Selatan.

    Selengkapnya dalam program Squawk Box, CNBC Indonesia (Jumat, 14/01/2022) berikut ini. Terus ikuti berita ekonomi bisnis dan analisis mendalam hanya di www.cnbcindonesia.com/ .

    CNBC Indonesia terafiliasi dengan CNBC Internasional dan beroperasi di bawah grup Transmedia dan tergabung bersama Trans TV, Trans7, Detikcom, Transvision, CNN Indonesia dan CNN Indonesia.com. CNBC Indonesia dapat dinikmati melalui tayangan Transvision channel 805 atau streaming melalui aplikasi CNBC Indonesia yang dapat di download di playstore atau iOS.

    Follow us on social:
    Twitter: cnbcindonesia
    Facebook Page: CNBCIndonesia/
    Instagram: cnbcindonesia
    cuap_cuan
    Tiktok: bit.ly/38BYtJx
    Spotify: spoti.fi/2BR7KkT

Komentar • 5 568

  • notroublenofun
    notroublenofun 7 hari yang lalu +2555

    Masalahnya sebenarnya ada di "Nine-Dash-Line" ini garis perbatasan laut yang di buat sepihak sama Cina dan tidak di akui oleh negara negara yang lain,. Padahal di tahun 1982, hasil konvensi PBB sudah menyatakan bahwa perairan natuna masuk ZEE, sehingga menjadi hak Indonesia untuk mengendalikan segala macam kekayaan serta masuk jurisdiksi hukum Indonesia di perairan ini.

    • Muhammad Hanafi
      Muhammad Hanafi 2 jam yang lalu

      @Anglosaxon arse ya karena kekayaan gass alam nya melimpah di natuna ,,, siapa coba yang g tergiur sama kekayaan laut negara kita .

    • Breeze
      Breeze 5 jam yang lalu

      Gara2 sigamping nih

    • Eka Cahyadi Sakti
      Eka Cahyadi Sakti 8 jam yang lalu

      AS pasang badan 🤨.
      Ada apa ya 🤔?

    • Aristoteles
      Aristoteles 10 jam yang lalu

      Tidak ada cerita Dashline2an. Yg ada bilang saja enDashmu pada mereka. Cerita zaman phytecantropus kok dijadikan patokan wilayah laut zaman sekarang. Dasar mereka songong

    • Gilang Dewa Brata
      Gilang Dewa Brata 10 jam yang lalu

      Sepertinya saya harus banyak membaca lagi

  • ray
    ray 4 hari yang lalu +135

    Kita harus tegas dan menolak klaim China. Sementara kita juga harus waspada dengan AS. Karena AS sendiri tak mengakui perairan di antara pulau2 nusantara sebagai milik Indonesia. Silahkan cek sendiri factbook di laman resmi CIA. Lihat berapa luas perairan dan luas daratan Indonesia menurut mereka. Lalu bandingkan sendiri dengan melihat peta kita. Beberapa tahun lalu pernah ada insiden pesawat kita yang melihat armada kapal perang mereka beriringan memasuki wilayah perairan kita menuju Australia.

    • Irfan WakCok
      Irfan WakCok 27 menit yang lalu

      @gerry tian Cebok dlu😂😂

    • gerry tian
      gerry tian 34 menit yang lalu

      Ngantuk cuk

    • Irfan WakCok
      Irfan WakCok Jam Yang lalu

      @Dimas Pratama kalian tdk bisa merasakan sblum kalian merasakan sndri
      Ini lah hati org" di akhir zaman zaman modren dan wanita" moderen

    • Irfan WakCok
      Irfan WakCok Jam Yang lalu

      @Dimas Pratama skrg sdh di tuduh,jika sudah di tuduh salah apa harus diam saja??.....
      Ku menangis jika cakap kalian sebut kami ini anarkis

    • Dimas Pratama
      Dimas Pratama Jam Yang lalu

      @Irfan WakCok salahnya dimna

  • Ghea Satya Niha
    Ghea Satya Niha 5 hari yang lalu +54

    negara asean khususnya indonesia harus ambil keuntungan dari ketegangan AS dan China. tidak ada negara yang mengisolasi negrinya sendiri jadi negara yang maju. manfaatkan dukungan AS untuk perairan natuna, manfaatkan China untuk perdagangan dan ekonomi. satu hal yang penting, fleksibel tapi tegas.

    • Hieronimus Nicolas
      Hieronimus Nicolas 8 jam yang lalu

      @Saleho tenaga kerja indonesia di luar negeri jg banyak tki penghasil devisa negara. Klo pekerja cina ya namanya tkc. Tki ga sebanyak tkc? Ya itu urusan pribadi lah, klo lu mau tki lebih byk dari tkc ya lu aja kerja jd tki biar tki makin banyak

    • ヤスミン王女^^  ✓
      ヤスミン王女^^ ✓ 2 hari yang lalu

      @justforfin masalahnya gini lo bong

    • Saleho
      Saleho 2 hari yang lalu +1

      @justforfin ya tpi gak sebanyak pekerja china disini, yg hampir seluruh pekerja didatangkan dari china, banyak bgt ya yg pro china 😅

    • justforfin
      justforfin 3 hari yang lalu +1

      @Saleho bro pekerja kita juga banyak di luar negeri.. Apakah kita memanfaatkan negara luar?

    • Saleho
      Saleho 3 hari yang lalu

      @ariszal saputra yg paling kelihatan dari sektor pekerja, banyak tu yg masuk ke indo, bahkan pas rame2nya corona kemarin

  • bj ardian
    bj ardian 3 hari yang lalu +7

    Ada maunya..semua ada maunya,, semoga negara ini selalu damai dan aman

  • Rizky Ramadhan Perdana
    Rizky Ramadhan Perdana 3 jam yang lalu

    Yang benar2 tulus membela Negara Indonesia adalah seluruh Rakyat Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia itu sendiri.

  • Ali Imron
    Ali Imron 7 hari yang lalu +1106

    Kita tidak perlu panik atas klaim wilayah oleh China, dan kita jangan mudah terlena oleh mulut manis dari As.
    Karena kedua negara berlomba-lomba mencari keuntungan di Laut Natuna. Intinya kita berada pada posisi Netral dan jangan membuat kedua negara tsb kecewa, tapi buatlah kedua negara tsb senang kepada kita dan sangat membutuhkan kita sebagai Cuan untuk meningkatkan ekonomi Indonesia.

    • Nathan Channel
      Nathan Channel 8 jam yang lalu

      @JARKONI jangan dulu pak masih ada corona.. nanti kl bepergian keluar negeri takutnya pulang2 membawa virus baru

    • Ali Imron
      Ali Imron 9 jam yang lalu +1

      @GANDIL TV Salam cerdas 😊😊😊

    • GANDIL TV
      GANDIL TV 9 jam yang lalu +1

      Sepaham banget

    • Btnzorg 25
      Btnzorg 25 11 jam yang lalu +1

      Bener banget sh kita mah netral aj, biar kita yg jadi wasitnya dan Amerika China yang perangnnya intinya kita yg adu domba awokawoka

    • Lenong Rumpies
      Lenong Rumpies 14 jam yang lalu +1

      AS sudah terbukti mengambil gunung mas di Papua tanpa kontribusi buat rakyat Indonesia. China niatnya juga sama. Hati hati saja

  • Rarey Pujha Channel
    Rarey Pujha Channel 4 hari yang lalu +12

    NKRI harus tegas terhadap Semua Negara yang memasuki daerah NKRI, Mengklaim daerah NKRI sebagai bagian daerah negara nya, dll.

    • Rarey Pujha Channel
      Rarey Pujha Channel 3 hari yang lalu

      @Elisa Yulianti nkri merdeka berkat kekompakan seluruh agama, suku, dll yang berjuang

    • Elisa Yulianti
      Elisa Yulianti 3 hari yang lalu

      Emg terbentuknya NKRI itu berkat perjuangan siapa?????

    • Bagus irawan
      Bagus irawan 3 hari yang lalu +1

      Gmn mau tegas? Bu susi yang biasa ngebom kapal asing yang maling saja dikeluarin dari kabinet

  • Muhtar Arifin
    Muhtar Arifin 3 hari yang lalu

    Saatnya bertindak tegas,agar tidak ada lagi hal2 seperti ini di kemudian hari,,kalau melempem dan hanya diam saja semakin berani negara2 lain yg ingin menindas indonesia..

  • Jagat satria totoksaraf
    Jagat satria totoksaraf 5 hari yang lalu +1

    NKRI HARGA MATI!!
    JANGAN BIARKAN SEJANGKALPUN JATUH KETANGAN ASING
    SIAP PERANG BELA NEGARA INDONESIA
    ALLAHUAKBAR.......!!!!!!

  • acelo owens
    acelo owens 16 jam yang lalu

    ❤️❤️❤️❤️❤️👍 itulah negara adidaya yang adil...

  • Rebellion _Ver2
    Rebellion _Ver2 7 hari yang lalu +479

    Indonesia harus mengambil keputusan penting dalam persoalan tapak batas atau sengketa laut yang selalu mengambang. Indonesia juga harus berhati-hati jika Amerika ingin membela NKRI, dibalik itu pasti ada sesuatu yang terselubung dari benak Amerika. Soal kekayaan alam, sampai disini kita bisa memahami sumber alamnya dari mana. Maka dari itu, upaya untuk mengambil keputusan harus secara konkret dan transparan. Untuk persoalan ini pasti Presiden RI akan berfikir keras untuk mengambil keputusan soal persengketaan laut dengan China.

    • Panglima Gaib
      Panglima Gaib 6 jam yang lalu

      Hanya Orang Bodoh Yang Gak Paham Sama Kelicikkan Kerakusan Pencurian Kejahatan Negara Negara Penjajah Dan Penjajahan Model Modern Gaya Zaman Now.
      Kasian Anak Cucuk Kita.

    • korega anatami
      korega anatami 9 jam yang lalu

      Eqesmdessm

    • Panglima Gaib
      Panglima Gaib 2 hari yang lalu

      Pemimpin Pemimpin Indonesia Harus Bijaksana Cerdas Tegas Harus Berani Dalam Kebenaran.
      Korupsi hrs dhpuskan
      Bila tidak hrs dhkum mati biar jera.
      Kita Anak Bangsa Indonesia jgn mau di adudomba difitnah.
      Kita anak bangsa Indonesia harus bersatu Bhinneka Tunggal Ika.
      Pemimpin Pemimpin Indonesia Harus buat infrastruktur diseluruh perbtsn wilayah NKRI.
      Kita Anak Bangsa Indonesia Harus selalu waspada dg kelicikkn tipu daya negara adidaya maupun pngkhianatan.
      Media mrka yg kuasai.
      Kroni kroni mrka bnyk.
      Indonesia Harus Ciptakan Kembangkan Tingkatkan Alusista segala kekuatan kmampuan perthnn negara Indonesia biar tambah kuat.
      Pemimpin Pemimpin Indonesia harus Bersatu harus sama sama bertujuan mengabdi membela memberthnkan negara kita tercinta dr Sabang sampai Merauke.
      Pemimpin yg acuh tak acuh mementingkan diri sendiri maupun zholime
      Kalo Mereka brsifat bgitu
      Sama jg dgn menggali lubang kubur ksengsaraan untk dirinya sendiri kluarganya anak cucuknya kelak dan rakyatnya.
      Sungguh Azab yg sangat pedih
      Jauhkan bala ya Rabb.
      Semoga Allah Memberi Kekuatan Pertolongan Kepada Seluruh Anak Bangsa Indonesia Rakyat Indonesia.
      Bhinneka Tunggal Ika.

    • Mr.lonely
      Mr.lonely 2 hari yang lalu

      @gamma dan juga kita gak ngebahas tentang siapa pembuat youtube produk youtube dan asalanya,
      disini gw lagi bahas netizen yang ngubah sejarah itu aja jangan di sangkut pautkan dengan teknologi seakan akan kmu mau memojokkan saya wkwkwk berdiskusi lah dengan sehat tampa memojokkan lawan.

    • Mr.lonely
      Mr.lonely 2 hari yang lalu +1

      @gamma iya gw gak terlalu tau sejarah dunia cuma sedikit aja, gw cuman ngasih tau doang kalo netizen ngubah sejarah bilangnya amerika bantuin indo padahal dari amerika ny sendiri kgak ada bilangny bantuin cuma kebetulan aj pas lagi perang. gw cuma ngerasa komen2 mereka kek pahlawan sama rakyat dulu yg berjuang gak guna gitu kan dimerdekain amerika wkwkw ngapain pahlawan berjuang mati matian kan dimerdekain amerika.

      kalo bisa lawan sama yg ahli sejarah jangan ngelawan gw soalnya gw noob sejarah wkwkw dan juga jangan menilai orang bocil cuma karna pfp akun sama deskripsi, gw bukan bocil gw cuman gak ahli di sejarah jangan karna gw gak tau sejarah2 lainnya terus dibilang bocil penilaian macam apa itu wkwkw.

      justru disni elu yang lucu sih menilai orang bocil atau kagak cuma karna pfp sama deskripsi wkwkw bagaimana dengan orang yang umurnya 20 tahunan keatas make pfp sama deskripsi kek gw apakah lu bakalan bilang semua yg make itu bocil wkwkwk lucu aja sih.

  • RIZKY ALAM
    RIZKY ALAM 5 hari yang lalu +2

    Indonesia bisa membela negaranya sendiri , jangan masuk2 wilayah indonesia dengan alasan membela .

  • Shin Azura
    Shin Azura 5 hari yang lalu +5

    musuh kita di laut Natuna itu ASEAN karena paling banyak maling ikan. dan Laut Natuna itu wilayah kedaulatan RI. Sedangkan dgn Tiongkok itu yg diributkan adalah Laut Natuna Utara atau ZEE yg bukan merupakan wilayah kedaulatan tapi Indonesia punya hak berdaulat atas SDA tsb karena konvensi hukum laut PBB>

  • Putri Olta
    Putri Olta 5 hari yang lalu

    .. 🇮🇩 tetap waspada! banyak yg berkepentingan dgn Indonesia dgn sumber alamnya yg saat ini #bungah 👍

  • Jalan BANGTUA
    Jalan BANGTUA 5 hari yang lalu +3

    Berharap dunia penuh kedamaian dan kasih 🙏🙏

  • Kira Lucy
    Kira Lucy 7 hari yang lalu +438

    Indonesia harus bersikap tegas dan berani, jangan mau di rugikan Mulu. Saatnya Indonesia berdikari melawan ketidakadilan tanpa pandang bulu sekaligus mempertahankan apa yang menjadi hak kita.
    MERDEKAAAAAA..... 🇮🇩 💪😊👍

    • Toegas
      Toegas 3 hari yang lalu

      Perang perang, orang kaya ketar ketir

    • Kampret memang GiLa
      Kampret memang GiLa 4 hari yang lalu

      @JOTARO KUJO murni cuma selera doang, ane tau banyak tokoh bijak filsuf spt konfusius, judge bao, taoisme, dll di china. Ane suka mengutip kata2 bijak china tapi ga ampuh meluruskan kelakuan buruk china. China lebih gila dari israel.

    • Noel jse
      Noel jse 4 hari yang lalu

      Ayo pasukan nasi bungkus ,lawan cina .buktikan kalo memng kalian Armi kadrun

    • xi anjing Pig
      xi anjing Pig 4 hari yang lalu

      @GUMUN Vlog Nahhh loooo🥶🥶

    • Joanna Syarief
      Joanna Syarief 4 hari yang lalu

      @Andra Fandi takutkah?

  • Haroeris
    Haroeris 3 hari yang lalu

    Ini sebenernya masalah perbatasan kelautan dan masalah yang lingkupnya regional, negara yang juauh di seberang sana sebenarnya nggak punya hak untuk ikut campur secara militer karena konflik nggak akan sampai ke arah sana. Mungkin cuma saling teriak dari kapal patroli. Ditambah lagi AS tidak ikut ratifikasi UNCLOS. AS ikut campur hanya akan memperkeruh suasana seperti kebiasaan AS yang sudah mendarah daging yang haus perang terutama Military Industrial Complex mereka.

  • Hanif Firmansyah
    Hanif Firmansyah 5 hari yang lalu +1

    stop expor ke China dan indonesia harus tegas..karena ini masalah pencaplokan batas wilayah, tidak peduli meski Indonesia punya hutang ke China..klo Indonesia g bisa berperang, ya mainkan SDA kita

  • Rohmah Rohmah
    Rohmah Rohmah 5 hari yang lalu

    NKRI itu harus kuat jgn mau di monopoli

  • MR. AR 23
    MR. AR 23 Hari Yang lalu

    "Ada udang dibalik batu"
    Negara yg dibela Amerika selama ini justru rusak/hancut.
    Gw prcaya pimpinan kita memperhitungkan hal ini

  • KucingTekno
    KucingTekno 7 hari yang lalu +198

    Gue sebagai etnis Tionghoa tetep membela RI untuk mengamankan Natuna.salam INDONESIA!!!

    • Iqbal Fabriansyah
      Iqbal Fabriansyah 4 jam yang lalu

      @Samuel Herman intinya apapun etnis mu, mau yahudi atau chinese atau apapun itu kalau lahir di Indonesia ya harua bela Indonesia apapun itu yang terjadi

    • God And Son And Holy Spirits
      God And Son And Holy Spirits 5 jam yang lalu

      Etnis cina juga banyak yang diam2 pro cina

    • KucingTekno
      KucingTekno 7 jam yang lalu

      @Anjay Mabar gue etnis Tionghoa ga bisa bahasa cina.bisanya Indonesia aja.keluarga gue jg macem2 agama dan sukunya .

    • Anjay Mabar
      Anjay Mabar 8 jam yang lalu

      @Aristoteles iya bener

    • UserOffline
      UserOffline 9 jam yang lalu

      gk perlu bikin statement aneh , lw bukan orang cina mainland , lw Chindo. lw ke mainland juga gk di anggap Cina melainkan orang Indonesia www.

  • raharjo waluyo
    raharjo waluyo 5 hari yang lalu

    _The enforcement of the Unclos law which has been ratified by the Indonesian territorial law, indeed, our country must firmly define our EEZ maritime boundaries, if necessary, do not be afraid to oppose China's embargo, they also think that China's investment in Indonesia should think 1000 times, China wants to fight Indonesia... because they give debt loan... want to leave because of the war and of course afraid of being attacked by ASEAN countries, Europe, Japan, USA... the main thing is that Indonesia is ready to fight and war if it violates!!!!_

  • raharjo waluyo
    raharjo waluyo 5 hari yang lalu

    _The enforcement of the Unclos law which has been ratified by the Indonesian territorial law, indeed, our country must firmly define our EEZ maritime boundaries, if necessary, do not be afraid to oppose China's embargo, they also think that China's investment in Indonesia should think 1000 times, China wants to fight Indonesia... because they give debt loan... want to leave because of the war and of course afraid of being attacked by ASEAN countries, Europe, Japan, USA... the main thing is that Indonesia is ready to fight and war if it violates!!!!_

  • Alavara ARL
    Alavara ARL 5 hari yang lalu

    sekalipun perang dengan RRC, kita harus mempertahankan kedaulatan NKRI

  • Mizane Zooft
    Mizane Zooft 4 hari yang lalu +4

    Biar Rakyat Indonesia pada sadar kalo SDA Indonesia itu jadi incaran negara besar. Warga Harus Wajib military bersiap berperang Menghadapi siapa saja Yang mencoba merebut kesatuan NKRI!

    • Mizane Zooft
      Mizane Zooft 2 hari yang lalu +1

      @KQ Channel Ya kalo negara dalam situasi perang Pasti bakal mengadakan Wajib Militer dengan Pergerakan "Rakyat Semesta" udah dari Zaman Bung Karno itu.
      Dlu tahun 60n BK bisa Recruiting -+ 15 Juta Relawan.
      Yoo Basically TNI saja Gak Cukup Buat pertahanin NKRI yg harga mati ini 🤦‍♂️

    • KQ Channel
      KQ Channel 2 hari yang lalu

      Dah.. boro2 mikirin sampe kesitu om. Mikirin buat makan aja susah.. biar lah itu urusan negara wkwkwkwk

  • Lunatic Heroic
    Lunatic Heroic 6 hari yang lalu +320

    Percayalah. Negeri kita ini negara yg sangattt indah dan banyak dikagumi negara lain. Walaupun kita pasti bisa bela NKRI karena itu harga mati. Dibalik itu negara lain jg membantu karena indonesia ini adalah negara yg damai, bak singa yg tidur jika diganggu akan terbangun dan melindungi dirinya. 🇮🇩🇮🇩

    • Irfan WakCok
      Irfan WakCok 3 hari yang lalu

      @Wu Gaming Jika tdk ada yg dukung aceh maka di takutkan terjdi lgi jajahan 300thn sperti belanda mnjajah kalian dlu

    • Irfan WakCok
      Irfan WakCok 3 hari yang lalu

      @Balyan Damanik kalian akan di jajah lgi sperti belanda mnjajah kalian dlu

    • Balyan Damanik
      Balyan Damanik 4 hari yang lalu

      Bicara soal Cina, kita sepertinya rakyat goblok mengapa,? Didarat sudah menguasai skarang mau di. Laut pula lagi, jadi kita ini mau di jadikan apa? Ya kira2 yang merasa masih Indonesia bangunlah engkau dari tidur mu.

    • DECODE
      DECODE 4 hari yang lalu

      membantu namun jelas ada maunya, yg jadi pertanyaan harga yg harus bayar utk bantuan dr AS ini apa? sempat dengar bocoran dr ortu bahwa AS akan membantu dgn langsung berposisi di area Natuna namun dgn bayaran tambang Nikel. sepertinya memang lebih baik kekayaan tanah air dikeruk oleh negara lain agar tetap dapat menjaga & melindungi perdamaian di tanah air.
      #betapaironi

    • Farid Muslim
      Farid Muslim 4 hari yang lalu

      singa kalo terlalu banyak utangnya bkl jd singa ompong

  • Yulia Ei
    Yulia Ei 3 hari yang lalu

    Mungkin kita kuwalat, yang tak percaya, dan tak menghormati pemimpin kita yang dulu, rasanya kepingin kembali seperti dulu lagi, yang aman, damai, indonesia yang dulu sangat dihormati, disegani, oleh negara2 luar,

  • Zuhro Shohwatul
    Zuhro Shohwatul 10 jam yang lalu

    tidak mungkin untuk kepentingan Indonesia, Amerika memikirkan kepentingan ya sendiri

  • Ahmad
    Ahmad 3 hari yang lalu

    Simpadan Ligitan menjadi kepemilikan Malaysia 😁😁 karena Indonesia kurang bukti kuat dari Belanda 😁 sedangkan Malaysia mendapatkan bukti lebih kuat dari Inggris 😁😁 tentulah Belanda tidak mau membantu Indonesia karena sejarah 😁 sengketa Indonesia vs Belanda dan Inggris 😁

  • Youtome
    Youtome 4 hari yang lalu

    Hidup indonesia

  • Okepoin
    Okepoin 7 hari yang lalu +132

    intinya kita harus tegas menolak klaim yg tdk berdasar
    unclos '82 adl sumber hukum internasional yg harus di patuhi olh seluruh negara di dunia dan juga di jadikan pijakan olh semua negara utk menetapkan batas wilayah negaranya di perbatasan laut

    • Jack
      Jack 5 hari yang lalu +2

      Cina cebong komunis emg bikin masalah mulu

    • raharjo waluyo
      raharjo waluyo 5 hari yang lalu +2

      Tegakan hukum unclos yg telah diratifikasi UU teritorial Indonesia emang negara kita hrs tegas batas batas laut ZEE milik kita ,jika perlu lawan jgn takut diembargo Chines,mereka jg berfikir investasi china di Indonesia hrs berpikir 1000x china mau lawan Indonesia...krna ap memberi utang pinjaman...mau ngk kesaur gara perang dan tentunya takut dikeroyok negara asean ,eropa,Japan,USA...pokok Indonesia siap lawan dan perang klo melanggar!!!!

    • BIMA SENA
      BIMA SENA 5 hari yang lalu

      @Hoki Ponsel caper mungkin 😏

    • Pak Nas tpn
      Pak Nas tpn 6 hari yang lalu

      Pintu surga te rbuka lebar idclips.com/video/J6aC5B5wdak/video.html

    • Hoki Ponsel
      Hoki Ponsel 6 hari yang lalu +2

      Nanti sore saya akan ke Cina,dan menanyakan apa mau mereka...

  • Sahril Sahril
    Sahril Sahril Hari Yang lalu

    Secara tidak langsung China" yg ada di negara kita sdah mnjakah kita secara ekonomi,hati" dng niat baik China,terutama produk" atau vaksin buatan China smgoga pemimpin kita tidak terlena dng bujuk rayu china

  • Firman Barca
    Firman Barca 5 hari yang lalu

    Semoga baik2 saja ya Allah

  • nurul hidayat
    nurul hidayat 4 hari yang lalu +1

    pasti banyak yg bela soalnya sumber daya alam sangat berpengaruh didunia

  • gomu gomu
    gomu gomu 5 hari yang lalu

    Di Indonesia.. Surat tanah keluaran tahun 2010 masih kalah sama surat tanah 1800 .. Terus peraturan 1982 gimana bisa di jadikan patokan? Sedang kan pihak RRT GA MASUK KE KONFERENSI..
    RRT PATOKAN 1949 LEBIH TUA MANA?
    1949 APA 1982?

  • Praditya Eka Saputra
    Praditya Eka Saputra 7 hari yang lalu +623

    Rusia membela Indonesia demi AUKUS agar tidak terjadi hal buruk.

    Amerika serikat pasang badan untuk membela Indonesia di laut Natuna, jangan sampai kita cuma diam saja kita harus ikut membela Natuna jangan bergantung sama negara superpower.

    • Rizal Luddin
      Rizal Luddin 2 hari yang lalu

      @Yoko Dwi politik negara supaya mencari keuntungan

    • Randhi Ikhsan
      Randhi Ikhsan 3 hari yang lalu

      Astaghfirullah Kamerad......

    • rezha firmansyah
      rezha firmansyah 3 hari yang lalu

      @Johanes3 Situmorang16 senjata nya belum battle proven, apa lagi tentara nya kualitas nya di ragukan

    • DAVIN FAHLEVI
      DAVIN FAHLEVI 3 hari yang lalu

      Peter agung jir

    • HD
      HD 3 hari yang lalu

      Secara tidak langsung US membantu indonesia merdeka. Dan dari semenjak indonesia merdeka US yg selalu membantu indonesia. Dari segi modal dan pembangunan. Koreksi kl sya salah.

  • Alma Shanum
    Alma Shanum 4 hari yang lalu

    Jangan salah apapun di lakukan AS antas kepentinganya.
    Perang saja bisa di ciptakan.biarpun untuk suatu mengorbankan negara orang.
    1 standar ganda /propaganda di ciptakan
    2 adu domba ancur di dalam
    3 perang .ekononi dan sumberdaya alam di kuasa i.

  • Ginanjar Sasongko
    Ginanjar Sasongko 5 hari yang lalu

    Negara kita itu jd rebutan negara2 superpower dunia, krna ke netralan Indonesia di dunia. China paling agresif dg masuk ke Indonesia melalui berbagai sektor, mereka berani modal bnyak buat masuk ke Indonesia. Cara yg di pake China rapi, nanti pas udah waktunya siap2 aja.. Amerika deketin Indonesia krna kontra sama China, persaingan perdangangan dunia dll jd faktor

  • Ibrohim Yusuf82
    Ibrohim Yusuf82 5 hari yang lalu

    Kedepankan dialog kondusif dengan china, khawatir jika konfrontasi dengan iming2 AS "pasang badan" Bisa ketipu seperti Taiwan, AS tidak bener2 berani konflik terbuka dengan china saat ini

  • Alanko Rudho Wicaksono
    Alanko Rudho Wicaksono 5 hari yang lalu

    Percayalah
    Indonesia adalah kunci utama gerbang perang besar. Bila berpihak pada salah 1 aja dengan secara formal, maka pecahlah perang.
    Kita negara besar, militer kita juga diperhitungkan dunia. Bagi China maupun amerika, mempengaruhi kita utk mau bergabung sangatlah penting.

    AS membela kita hanya krn kepentingan utk bersama sama melawan china.
    Sikap secara militer china kepada kita jg harusnya bisa menggandeng mesrah kita bila mau, utk bersama memusuhi sekutu, namun itu tak dilakukan. Bagi china gk perlu menggoda kita, toh hutang kita sudah gak karu2an ke china, kalo ada apa2 tinggal, ah gk tega.

    Di luar semua itu ada dalang utama, dan tokoh2 besar kita mungkin sudah tau. Kita hanya bisa mengedepankan doa dan harapan. Sebagian dr kita sudah tau bocoran pesan menuju masa depan.

    Semoga kita2 insan yg faham, diberikan kekuatan dan iman yg mantab

  • The Ghost
    The Ghost 5 hari yang lalu

    Jika terjadi perang dunia ke 3 maka akan sangat menyusahkan wilayah² yg jadi medan peperangan,contohnya perang pertama dan kedua.

  • Mulavin Cen
    Mulavin Cen 5 hari yang lalu

    Sebelum Cina jadi anggota PBB tak ada satupun negara yg ditakuti setelah dijajah jepang . PBB diremehkan Cina jika semua hak dia jangan disentuh , PBB tidak diakui harus tunduk ke Cina . Setelah terbentur yg ada nama Cinanya seperti Laut Cina selatan . Cina tidak perduli siapa itu PBB dan negara terkait . Walau perang risikonya terima aja .

  • Yana maulana
    Yana maulana 4 hari yang lalu

    Sebenarnya China juga gak mau ada konflik. Bahkan China Sanggup bela Belain RI, Bila Indonesia ada diserang, karena ekonomi China bergantung Terhadap Indonesia..

  • Dananjaya
    Dananjaya 11 jam yang lalu

    Ikuti saja permainan mereka, tidak usah loyal ke satu pihak tidak menguntungkan untuk Indonesia

  • Ariyono Channel
    Ariyono Channel 4 hari yang lalu

    Pemerintah lagi sibuk memerangi / memenjara ulama nya sendiri, gak sadar negara nya kalau ingin di kuasai china😓😥

  • Buddy_Sipit@88
    Buddy_Sipit@88 5 hari yang lalu

    AS cuma Modus aja sama Indonesia.
    Indonesia akan semakin Lemah Pertahanan Militernya,jika masih tetep condong ke AS .
    Karena AS tidak Mau Militer Indonesia semakin Kuat di ASIA .
    Cukup Australia n Singapura yg Cocok Menyandang Gelar Sang Macan Asia .

  • Rhey HSK
    Rhey HSK 4 hari yang lalu

    Thanks United States for the security natuna sea

  • Nitu Tilman
    Nitu Tilman 4 hari yang lalu

    AS bela RI namun dibalik itu RI malah sanjungi Rusia. Sadissss sekali.

  • Kharist Jean Skylar
    Kharist Jean Skylar 5 hari yang lalu +61

    Semoga Indonesia aman tantaram dan dijauhi dr bermusuhan dgn mana mana negara.

    • yap
      yap 4 hari yang lalu

      terutama cina

  • Luo Cun Cie
    Luo Cun Cie 3 hari yang lalu

    Amerika bukan mau bela Indonesia...dia punya kepentingan besar di Laut Cina Selatan !

  • Win Arto
    Win Arto Hari Yang lalu +1

    Alhamdulillah semoga Amerika pasangbadan dengan hati yg tulus tidak dengan Embargo atau boikot hehehe 😂😂
    0ke selamat bertugas Amerika di Natuna pasang badan... 🙏👍
    ..

  • BRAYAH 89
    BRAYAH 89 5 hari yang lalu

    Baik China maupun AS sama ajah,,,RI tetap Waspadai,,,karena semua hanya sandiwara mereka,,,Korut vs AS,,,,China vs AS,,,Rusia vs AS,,,dari dulu sampai sekarang gak perang,,,hanya ingin merusak keamanan wilayah yg terdapat SDA melimpah,,

  • Muhammad Asrul
    Muhammad Asrul 11 jam yang lalu

    Kurangnya ketegasan pemerintah akan berdampak, tidak baik bagi negara kita, apalgi negara singapur menjadi negara kedua antara eropa china dan amerika. Tapi entahlah

  • Prince Corona
    Prince Corona 7 hari yang lalu +152

    Indonesia harus benar2 tegas dlm hal batas negara hingga tdk bisa diganggu gugat!!! Dan hati2 jg trhadap negara2 lain trmasuk Amerika!!!

    • United States of America
      United States of America 5 hari yang lalu +1

      @Jack hp lu buatan china 😂

    • Jack
      Jack 5 hari yang lalu

      Cina cebong komunis emg bikin masalah mulu

    • United States of America
      United States of America 5 hari yang lalu +1

      @yahwksgak hwsyj kalau gk suka hapus aja aplikasi youtube bro

    • yahwksgak hwsyj
      yahwksgak hwsyj 5 hari yang lalu

      @United States of America 3 negara yg gw gak suka Australia,China, Amerika ketiga negara ini suka ikut campur masalah di Indonesia

    • United States of America
      United States of America 5 hari yang lalu +1

      @yahwksgak hwsyj iya sama kyk tiongkok 🇺🇲🇨🇳

  • Pandia Bagia Suhardiman
    Pandia Bagia Suhardiman 4 hari yang lalu

    Amerika bukan sepenuhnya bela Indonesia tapi Amerika memang suka buat onar jadi setiap negara yang berkonflik pasti ada amerika dibelakangnya..

  • Susu Kedelai
    Susu Kedelai 4 hari yang lalu +1

    Amerika adalah sahabat Indonesia yang sesungguhnya

    🇮🇩❤🇺🇲

    • ecunoq bee
      ecunoq bee 4 hari yang lalu +2

      Sahabat tidak mungkin mengembargo Indonesia.
      Dan mengancam sanksi catsaa

  • pian
    pian 4 hari yang lalu

    Sikap kebanyakan warga indonesia sangat memusuhi amerika. Tapi percayalah kalau indonesia diganggu luar pasti amerika bantu. Dengan kekuatan amerika mereka gak mau ada negara asing dengan agama mayoritas apapun diintimidasi pihak yg lebih besar ekonomi dan militernya.

  • VAKULSI_RP¿2
    VAKULSI_RP¿2 Hari Yang lalu

    America memang membenci asia tapi indonesia tidak di benci nya

  • Adams Smith
    Adams Smith 6 hari yang lalu +29

    Saatnya Pemerintah lebih fokus kpd urusan-urusan kedaulatan RI dan jangan disibukkan dgn urusan-urusan Agama, kalaupun ada pergesekan bisa diselesaikan dgn musyawarah dan bukan mempertajam keranah hukum.

    • Jandrio Manurung
      Jandrio Manurung 5 hari yang lalu

      Setuju, cuman selama ada politik kepengan lu tau lah gimana.

  • Suryadiyadi Yadi
    Suryadiyadi Yadi 4 hari yang lalu

    Hancurkan para pelanggar aturan hukum laut ..

  • Hadi Lalu
    Hadi Lalu 4 hari yang lalu

    Katanya juga beberapa waktu lalu Rusia pasang badan bela Indonesia masalah Natuna Utara yg diklaim china. Berarti Indonesia sudah aman dong dr jangkauan china tapi kenyataannya dilapangan tidak seperti itu. Intinya saat ini, Indonesia menjadi rebutan banyak negara.. 😭

  • Sera Delta
    Sera Delta 5 hari yang lalu

    Harus tegas !
    China itu serakah !

  • irma yutiva
    irma yutiva Hari Yang lalu

    🤣china dan As adalah negara kemaruk. Ingin menjadi yg terhebat. INDO adalah negara netral dari dulu.yuk bisa yuk memamfaat kan mereka berdua tapi jangan sampai kita jadi negara yg sama dengan mereka yg punya visi jadi negara superior.fokus mensejahahterakan rakyat indo,urusan negara lain jangan terlalu ikut campur.sedia payung sebelum hujan,

  • WhisperViz
    WhisperViz 3 hari yang lalu

    Lebih tepatny AS tidak mau China menguasai wilayah itu. Mereka itu kan musuh bebuyutan. Musuhny musuhku adalah temanku.
    jadi bukan karena AS peduli sama Indonesia. Tapi ok lah, asal menguntungkan Indonesia.

  • Akhmad Santoso Wicaksono
    Akhmad Santoso Wicaksono 4 hari yang lalu

    Indonesia ibarat Cewek Abg Cantik Yang Molek yang cintanya diperebutkan banyak Pria.. Memang, Negeri yang cantik negeri yang molek negeri yang kaya negeri yang raya... Indonesia

  • The King
    The King 3 hari yang lalu

    Inget pepatah "Musuh dari musuh mu adalah temen" selama Indonesia bertindak jadi negara bawahan atau ga pernah nunjukin taringnya negara" besar yg punya kepentingan pastilah mau nolongin Indo karena Indonesia itu sumber tenaga kerja murah, tempat Investasi murah, pasar dagang yg gampang...🤷🤷

  • Xi Jinping ChinChong
    Xi Jinping ChinChong 3 hari yang lalu

    Pasti ada maunya 🤣.
    Negara yg aman diajak kerjasama itu baru Jepang, Korut, Turki, Rusia, lainnya mah gak bisa sepenuhnya dipercaya

  • Edy Wijaya
    Edy Wijaya 7 hari yang lalu +213

    Mirip waktu Jepang berkata: "Jepang adalah saudara tua Indonesia" 😂😂😂😂😂😂

    • Milk Enjoyer
      Milk Enjoyer 4 hari yang lalu

      @ecunoq bee Percuma bangun gedung kalo gak sampai 10 tahun udah roboh, coba deh kau cari Tofu Dreg Project.

    • ecunoq bee
      ecunoq bee 4 hari yang lalu

      @Milk Enjoyer loe memang tukang sebar hoax. Justru buruh china itu kuat kerjanya. Lihat saja pembangunan kereta cepat di china. Jembatan. Gedung pencakar Langit.
      Rs dad akan covid. Semua super cepat tempat akurat.
      Otk lu kurang update.
      Atau memang sengaja nyebar propaganda disini.
      Buzzer mamarika kah?

    • Arya Kamandanu
      Arya Kamandanu 4 hari yang lalu

      @ecunoq bee jangan mudah percaya buruh China murah , list yg ditunjukan sesama karyawan sama sesuai jabatan masing masing tapi ada list off the record khusus Tka China yg tidak disampaikan tapi berlaku ,dan disepakati

    • Milk Enjoyer
      Milk Enjoyer 4 hari yang lalu

      @ecunoq bee Ada harga ada kualitas daripada harga murah tapi bangunan macam ampas tahu. Baru 10 tahun udah ambruk. 😙

    • Milk Enjoyer
      Milk Enjoyer 4 hari yang lalu

      @ecunoq bee Masih zaman ya ngatain orang pake cebong kadrun? Masih banyak orang bego yg belum bisa move on dari pilpres.

  • Gunarso Modin
    Gunarso Modin 5 hari yang lalu

    Begitulah hidup, ketika kita sdh merasa kuat, maka kita akan mulai melanggar kesepakatan karena kita merasa mampu melawan fihak yg td. setuju....dan dari sinilah bencana itu datang.

  • Aria Cahyadi
    Aria Cahyadi 5 hari yang lalu

    Amerika tidak pernah bela siapapun kecuali kepentingannya. Klaim China adalah untuk menghindari pangkalan militer Amerika didepan pintu mereka, dulu Amerika berusaha merebut Korea Utara dan Vietnam agar militer mereka hadir dipintu depan China.

    Dan sebenarnya negara Asian paham hal ini makanya tidak pernah ada konflik senjata apapun di laut China Selatan.

    Begitu juga kenapa Amerika mengganggu Xinjiang dan Tibet, karena sumber air China berasal dari 2 tempat itu.

    Rusia pun menjaga wilayahnya dengan cara yang sama, Amerika ingin memiliki pangkalan militer di depan pintu Rusia yakni Ukraina dan sekitarnya.

    Jadi siapa yang sebenarnya kolonial?

  • Michael Hengki
    Michael Hengki 2 hari yang lalu

    Jangan percaya america ataupun china, tetap netral dan jaga NKRI

  • Kartana Nana
    Kartana Nana 4 hari yang lalu

    Setuju as membela negara kedaulatan nkri

  • Si Anak Motor Banget
    Si Anak Motor Banget 7 hari yang lalu +103

    Sebenernya di dunia politik internasional nggak ada bantuan yg gratis. Mungkin amerika nggak meminta langsung, tapi pasti menguntungkan untuk as dikemudian hari. Makanya indonesia harus kuat dan bisa mempertahankan wilayahnya sendiri. Jangan sampai dikemudian hari kita dirugikan

    • Jack
      Jack 5 hari yang lalu

      Cina cebong komunis emg bikin masalah mulu

    • raharjo waluyo
      raharjo waluyo 5 hari yang lalu

      Tegakan hukum unclos yg telah diratifikasi UU teritorial Indonesia emang negara kita hrs tegas batas batas laut ZEE milik kita ,jika perlu lawan jgn takut diembargo Chines,mereka jg berfikir investasi china di Indonesia hrs berpikir 1000x china mau lawan Indonesia...krna ap memberi utang pinjaman...mau ngk kesaur gara perang dan tentunya takut dikeroyok negara asean ,eropa,Japan,USA...pokok Indonesia siap lawan dan perang klo melanggar!!!!

    • Kevin Kotzen
      Kevin Kotzen 5 hari yang lalu

      Mau sekuat apapun , secara alokasi keuangan utk militer aja kita udh kalah ama cina , mana bisa nyaingin

    • Erich Von Meinstein
      Erich Von Meinstein 5 hari yang lalu

      @cah kene China ilmu nya lebih ngeri lurrrr

    • BB FriendZ
      BB FriendZ 6 hari yang lalu

      @Surend
      halo sénder,.
      kamoe tahoe tidak, djoestroe karena kita negara Non-Blok ini lah, kita tidak pernah dibantoe oléh blok manapoen, makanja dari doeloe sampé sekarang, kemadjoean kita jaa begini² sadja (diloear koroepsi ataoe apalah itoe jaa), ini masalah téknis kerdjasama jaa (boekan internal kaija koroepsi 'gitoe)

  • Gama Liris
    Gama Liris 4 hari yang lalu

    Indonesia tidak memihak, Indonesia bersahabat dengan semuanya, cinta damai... tapi kenyataannya tidak... Indonesia anti-Israel, waktu Perang Dingin ada di kubu barat, waktu konflik Bosnia vs Serbia memihak Bosnia, waktu masalah Rohingya mengecam Myanmar, waktu masalah Uighur mengecam Cina, netizennya nyerang siapapun...

  • benyamin netanyahu f**k
    benyamin netanyahu f**k 5 hari yang lalu

    Takkan ada negara yg mau bantu Indonesia. Kalo untuk memanfaatkan untuk di ambil sumber daya nya sudah buanyak.... Contohnya freeport di papua.
    Bisa jadi USA mau bantu, syarat nya papua jadi bagian USA

  • Yakuza Jogja
    Yakuza Jogja 5 hari yang lalu

    Semoga negara kita dijauhkan dr yg namanya perang! Perang mulut,perang sosmed aja gpp!

  • Rere Cintya
    Rere Cintya 5 hari yang lalu

    Indonesia merdeka NKRI harga mati

  • HALLFORD
    HALLFORD 7 hari yang lalu +338

    Meskipun begitu ,, INDONESIA juga harusss Tetap Hati-hati dengan AS ,.
    Karena dibalik itu pasti ada sesuatu yang sedang AS rencanakan..

    • Selis Marsel
      Selis Marsel Hari Yang lalu

      @alphabet Itu bkn jajah namanya tp krja sama antara pemerintah indonesia dgn Amerika. kan yg mmberi tanda tangan masa itu soeharto di dampingi si fadli son.

    • Setiawan
      Setiawan 2 hari yang lalu

      Saat ini semua negara berkedok dan bermanis muka, karena semua kebutuhan hasil tambang terbesar di dunia, ada di Indonesia..mereka berpura-pura baik. Jgn kita jd spt irak, hancur nanti.

    • SOBAT GAMER
      SOBAT GAMER 3 hari yang lalu

      @Ricky Siburian betul , Orang mikir Indonesia cuma di manfaatin , Padahal kalo Mau nguasain Indonesia Amerika tinggal invasi militer selesai

    • SOBAT GAMER
      SOBAT GAMER 3 hari yang lalu

      @Kyqorios Kygo salah satu orang bodoh yang mikir tinggal tembak selesai

    • Ricky Siburian
      Ricky Siburian 4 hari yang lalu

      Itu team pbb. Bukan masuk tujuan tertentu..

      Mereka datang krna dari misi pbb.
      Perdamaian dunia
      Indonesia konfik china dan pbb turun tangan mendamaikan ke dua neraka agar tidak ada lgi konflik antar negara

      Sama seperti istrael dan palenstina
      Pbb nyuruh team tni indonesia untuk melakukan misi perdamaian dunia ke wilaya palestina dan istrael.
      Bukan krna hal lain tni datang ke palenstina dan istrael krana mereka dapat tugas dr pbb

      Jadi orang jangan sensitif mulu pikiran nya
      Orang datang membatu bukan terimah kasih malah di omelin.
      Ibarat kata ketika ada bencana alam dan amerika bikin bantuan berupa makan dan minuman harus di tolak gitu sma indonesia. .

      Pikiran orang sombong gitu. Tak butuh uluran tangan orang lain

  • Semangat Garuda
    Semangat Garuda 25 menit yang lalu

    Rusia, iran, china.. mereka akan mengadakan latihan perang besar besaran.
    Dan ini ancaman untuk amerika yg punya kepentingan khususnya dikawasan asia pasifik.
    Tanpa sekutu agak mustahil amerika bisa menang lawan 3 negara sekaligus dan mau gak mau mereka mendekati negara2 asean yg notabene non blok.
    Bisa jadi amerika memanfaatkan isu panasnya klaim china di laut china selatan..
    Semoga hal seperti ini tidak merubah haluan indonesia yang non blok dan bebas aktif.

  • keong channel
    keong channel 2 hari yang lalu

    Walaupun warga 86 benci mamarika tetapi mamarika sayang warga 86🙂

  • Om Alex
    Om Alex 4 hari yang lalu

    Taktik dan skenario Amrik agar "diminta" bangun pangkalan kapal induk disini 😎

  • Cecep Kurniawan
    Cecep Kurniawan 3 hari yang lalu

    Teruntuk TNI yang saya hormati dan anggota kopasus kekuatan militer negri ini paling di takuti oleh semua militer di dunia maka saya yakin jangan mau di sandiwarai oleh babah dan bosnya mereka sama aja bila perlu kita lawan saja mereka dari pada negri tercinta ini di obok obok sama mereka...! #SATU_KATA_LAWAN!!!

  • noer man
    noer man 7 hari yang lalu +4

    Indonesia harus optimis , maju dan jaya lah lagu2 nasionalis Indonesia semangat 💪🇮🇩

  • BRAZZERS
    BRAZZERS 5 hari yang lalu

    MAKIN ANEH YA..? 🤔
    RI DEKAT DENGAN CN
    RI STOP EXPORT BAHAN MENTAH KE BARAT
    CN SEKETA NATUNA DENGAN RI DAN AM PASANG BADAN UNTUK RI..? 🤔

    RASANYA KOK ADA YANG ANEH YA

  • Levi Nome
    Levi Nome 3 hari yang lalu

    Sejarah kemerdekaan RI TDK lepas dr peran penting Amerika dan sekutu

  • Fahri Indra
    Fahri Indra 4 hari yang lalu

    Jangan terlena sama jargon sekutu. Mereka ada agenda buat nyaplok2 area khususnya asia tenggara. Bangun pangkalan militer dan akhirnya kita jadi medan perang mereka. Indonesia harus bersikap tegas.

  • Dedi Irawan
    Dedi Irawan 3 hari yang lalu

    Semoga banyak negara sahabat membela indonesia vs china

  • Andika Channel78
    Andika Channel78 5 hari yang lalu +34

    Smoga semua bisa di selesaikan dg baik... tanpa harus dgn permusuhan... Damai itu indah....

    • Liam Xavier
      Liam Xavier 3 hari yang lalu

      Tidak seindah yang dikatakan ferguso

    • TaaN Xiu
      TaaN Xiu 4 hari yang lalu +1

      @Widhi Banuardhi Susanto wkwk mahal brp bro harganya. Mnurutku gk ada kata damai buat orang2 rakus seperti cina.

    • Widhi Banuardhi Susanto
      Widhi Banuardhi Susanto 4 hari yang lalu

      Padahal membayar 'kedamaian' itu bisa jadi sangat mahal
      Preman itu menjaga kedamaian dan keamanan jg, yaitu kedamaian yg terancam dr dirinya sendiri maka dia minta bayaran utk pengganti

      Ingat kedamaian bukan kedamaian jika dg membiarkan wilayah kita dicaplok dg alasan kedamaian atau dg deal2 yg merugikan asal damai.
      Persis yg dilakukan preman spt diatas jika demikian

      Itulah knp negara butuh kepemimpinan yg kuat, diplomasi yg baik, kekuatan militer bukan utk menjajah tp membela diri dari preman, perampok
      Jika negara kuat militer kuat siap tempur menjaga NKRI, diplomasi antar negara baik, negara lain pun berfikir ulang utk menekan secara militer, damai bakal dicapai tanpa merugikan negara.

      Tapi jika lemah militer lemah rakyat ga percaya pemimpin, damai itu didapat dengan bayaran yg mahal dg menyerahkan kekayaan kita dg deal2 yg merugikan.

    • Un Limited
      Un Limited 4 hari yang lalu

      @Wildan Smith ha ha

    • Day Old Chicken
      Day Old Chicken 5 hari yang lalu

      Pakai lg maskernya bg.

  • Eighty Six
    Eighty Six 4 hari yang lalu

    Orang Hongkong dan Taiwan saja tdk mau dibilang org Cina , dan mereka tdk mau tunduk sama Beijing, krn Taiwan dan HOngkong bukan faham komunis, mereka open minded dan demokratis

  • F Indrawan
    F Indrawan 4 hari yang lalu

    sayangnya kita ga ada kapal tempur, destroyer dan kapal induk

  • NETIZEN CERDAS
    NETIZEN CERDAS 4 hari yang lalu

    INTI
    1. ( "China mngklaim hampir 90% itu laut china selatan"
    2. Tahun 2015 Pengadilan internasional menjatuhkan bahwa klaim cina tdak berdasar.
    3. Washington juga mengatakan itu melanggar Hukum Internasional. (Yang dimana sudah dirilis Biro klautan dan Lingkungan internasional)
    4. Tidak mematuhi perjanjian PBB tahun 1982 tentang hukum laut dan peraturan teriteorial lainnya.
    Dari 7 fungsi PBB
    Fungsi 1. Memberikan pelindungan trhadap anggotanya
    Fungsi 4. Mengendalikan konflik.
    Fungsi 7.menyelesaikan maslh secara Hukum

  • Melki Anugrah
    Melki Anugrah 5 hari yang lalu

    Di saat pemerintah dan TNI AL susah payah mempertahankan batas wilayah laut Indonesia di natuna dari China masih ada saja penyebar hoax tentang pemerintah antek aseng, dan banyak pula yang percaya, Miris sekali..

  • Opa M
    Opa M 3 hari yang lalu +1

    Dunia tenang tanpa adanya China

  • akmal meiwanda
    akmal meiwanda Hari Yang lalu

    i stand with USA, God bless america

  • kurang ganteng
    kurang ganteng 3 hari yang lalu

    Jgn senang dulu, kita tau mereka siapa kan. Pemerintah harus kritis dlm menyikapi hal ini. Apa lg letak geografis kita berada di jalur sutra.

  • KURO ART
    KURO ART 5 hari yang lalu

    aneh ya indonesia msh aja pro cina padahal d tindas gtu,sedangkan amerika yg melindungi indonesia malah d musuhi

  • Dian Purnomo
    Dian Purnomo 7 hari yang lalu +12

    Itu kan namanya laut Cina Selatan, bukan serta-merta milik Cina, ada batas-batas laut yang telah disepakati lewat perjanjian UNCLOS. Kalau misalkan begitu caranya. Indonesia bisa saja mengklaim bahwa seluruh Samudra Indonesia/Hindia itu milik RI, tanpa menghiraukan batas-batas laut negara lain.

    • Erich Von Meinstein
      Erich Von Meinstein 5 hari yang lalu

      @Ahmad Dafffaa penjajah? Bro mau nanya
      Adakah China melakukan penjajahan sejak dulu di luar tanah China?

    • Kang ijo
      Kang ijo 7 hari yang lalu

      @Med x
      Cina minta Batu bara dari Indonesia

    • Med x
      Med x 7 hari yang lalu

      @Ahmad Dafffaa kena mental apa???
      China negara penghasil batu bara terbesar di dunia

    • Med x
      Med x 7 hari yang lalu

      @Ahmad Dafffaa emas indo di sikat AS, emas freeport dikeruk habis selama 40 tahun

    • Med x
      Med x 7 hari yang lalu

      China klaim LCS sejak tahun 1958 setelah perang dunia selesai berdasarkan peta yg dibuat tahun 1947 sebelum UNCLOS dibentuk.
      Peta LCS atau 9 dash line itu dibuat oleh Chiang khai sek yg jadi pemerintahan TAIWAN

  • Buff Merah
    Buff Merah 5 hari yang lalu

    Gw Chindo.
    dan gw siap melakukan apapun demi Tanah kelahiran gw, Indonesia..

  • Sugeng Hariyono
    Sugeng Hariyono 4 hari yang lalu

    Memang perlu juga tindak tegas ini wilayah NKRI jangan ganggu sikat saja pa biar tidak nglunjak

  • ATEP MINATO
    ATEP MINATO 5 hari yang lalu

    Hati2 Amerika gak akan membela kalo gak menguntungkan dirinya. Sudah jadi sifatnya. Mau Amerika atau China sebenernya sama aja.