Corona Ancam PHK Massal Global

Bagikan
Sematkan
  • Virus corona yg telah menjangkiti lebih dari 150 negara, tak hanya menjadi krisis kesehatan global, tapi kini juga telah menjadi krisis pasar tenaga kerja dan ekonomi yang berdampak besar terhadap hidup banyak orang.
    Simak pemaparan Andi Shalini di Closing Bell, CNBC Indonesia (Senin, 23/03/2020) berikut.
    Terus ikuti berita ekonomi bisnis dan analisis mendalam hanya di www.cnbcindonesia.com/.
    CNBC Indonesia terafiliasi dengan CNBC Internasional dan beroperasi di bawah grup Transmedia dan tergabung bersama Trans TV, Trans7, Detikcom, Transvision, CNN Indonesia dan CNN Indonesia.com.
    CNBC Indonesia dapat dinikmati melalui tayangan Transvision ch 805 atau streaming melalui aplikasi CNBC Indonesia yang dapat di download di playstore atau iOS.
    Follow us on social:
    Twitter: cnbcindonesia
    Facebook Page: CNBCIndonesia/
    Instagram: cnbcindonesia

Komentar • 80

  • Saleh Ali
    Saleh Ali 14 jam yang lalu

    Sangat dahsyat efek domino yg timbul dari tragedi virus covid19 ini..dari semua sektor kehidupan manusia secara global...baik segi kesehatan manusia dan juga dari segi ekonomi masyarakat berbagai lapisan...benar benar thn 2020 adalah masa masa yg sangat sulit..

  • B 13 CHA
    B 13 CHA Hari Yang lalu

    👍

  • Wol Leys
    Wol Leys 2 hari yang lalu

    Dimana masa keadilan sedang berjalan.

  • Yani Pekanbaru
    Yani Pekanbaru 2 hari yang lalu

    Calon suami ku di phk juga , blm 7 bru msk lagi mana mau nkh hbs lebaran ya allah ad yg sm gk nih nasib nya , komen yg sama , semoga bs melalui masa2 sulit ini ya allah , sedih bgt

  • Yudi Sudarman
    Yudi Sudarman 2 hari yang lalu

    Telat udh banyak yg kena virus...harusnya dari awal pemerintah lockdown Indonesia...bukan membanggakan diri kebal corona...siapkan payung sebelum hujan...bukan sudah hujan baru cari2 payung.

  • Nouvrie Endbeen2020
    Nouvrie Endbeen2020 2 hari yang lalu

    Pernah denger" asia bakal menguasai perekonomian dunia...
    Masa baru bgitu aja udh kebingungan ancam phk massal.
    Perusahaanmu hrus tetap berdiri seanjlok apapun akan terganti klo sudah kondusif.
    Klo tutup...masih banyak yg ingin membuat perusahaan" baru.

  • Yazri Huda
    Yazri Huda 2 hari yang lalu

    Virus corona sangat kuat tapi Allah swt lebih kuat dari corona😆😆😆😆😆😆😆😆

  • Afan Channel
    Afan Channel 2 hari yang lalu

    Itulah pentingnya Memanajemen Keuangan: Dari Total gaji anda yg ada usahakan 20% simpan untuk dana darurat juga 20% untuk investasi!

  • Pea Gaming
    Pea Gaming 2 hari yang lalu

    di bidang pekerjaan gw untung fleksibel, cuma liat temen2 di bidang lain pada ancur kasian jg, semoga cepat berakhir COVID-19

  • ROYY AZKA
    ROYY AZKA 2 hari yang lalu

    Saudara 2 saya pada di PHK perdagangan pada sepii bangkrut di tambah sembako pada naik ditambah pada ngangur mati bukan karna covid 19 mati karna kelaparan tolonggginn kami rakyat yang pas2an ini .. jangan sampai terjadi sifat negatif gara2 faktor ekonomii.. bantu tolong rakyat kecil ini

  • kaget dan menjadi sebuah Booming

    Asn pns potong gajinya lah, kerja juga kaga
    Potong pke buat yg ga punya

  • Dedy Kusuma
    Dedy Kusuma 3 hari yang lalu

    Di indonesia kartu pra pekerja sudah terealisasi apa belum?? 50% pekerja itu dari mitra outsorsing. terus kalau seperti ini. mitra outsoursing tidak akan bayar dan pemecatan masal di mana2. kebijakan seperti apa lagi yg akan diambil pemerintah.

  • detik update
    detik update 3 hari yang lalu

    Sebelum Dajjal dtg akan ada masa terik (kehancuran akibat tidak ada nya sumber kehidupan) 3 tahun berturut2. Kemudian dia dtg dgn memberikan air hujan (kemakmuran/sumber kehidupan) jika kita menjadi pengikutnya.

    Ini sudah menjadi agenda mereka
    idclips.com/video/j-hZD9IeMnY/video.html

  • Alfarizki Riyan
    Alfarizki Riyan 3 hari yang lalu +1

    Gara gara pemimpin sunda empire ditangkap polisi nih . tatanan bumi jadi hancur . 😂

  • Dhedee Alamsyah
    Dhedee Alamsyah 3 hari yang lalu

    Social distancing, lockdown, work from home, shalat jumat/pengajian dihentikan.
    Noted :
    Mhon pemerintah lakukan Rapid test kerumah2 warga, sekaligus memberikan sembako!!!
    apakah trjadi Kirisis moneter jilid-2 setelah 98.

  • Bambang Wanto
    Bambang Wanto 3 hari yang lalu

    Perut rakyat bawah pikirin oii dah mlai lapar

  • spektrum spektrum
    spektrum spektrum 3 hari yang lalu +1

    inilah saatnya pembuktian orang beriman, memberi makan pada musim kelaparan....beraaaattttt

  • Noor Zein Suryana
    Noor Zein Suryana 3 hari yang lalu

    Gw udah kena PHK ...😓😓😓

  • Saka Faniawank
    Saka Faniawank 3 hari yang lalu

    AKIBAT DARI :
    1 VIRUS CORONA
    2 KRISIS MONETER
    PENYEBABNYA SATU !!

  • Paska Rio Siregar
    Paska Rio Siregar 3 hari yang lalu

    anak teman saya lahir di tengah wabah corona, dia mulai terinspirasi dan memberi nama anaknya Cupit nineteen

  • kojeckodevipment
    kojeckodevipment 3 hari yang lalu

    Cepat ganti uang indonesia dgn dinar atau emas...maka ekonomi akan tidak mengalami resesi yg parah...

  • 9 SPADES
    9 SPADES 3 hari yang lalu

    Bukan salah IDI ya kawan2, karena memang realitanya seperti itu. Makanya Indonesia tidak bisa lockdown, banyak yg bakal mati kelaparan. Solusinya? Smoga vaksinnya segera bisa ditemukan. #saya bicara sprti ini krn ada saja orang2 yg blg ini semua terjadi karna dokter menyarankan lockdown.

  • Prastiant Prastiant
    Prastiant Prastiant 3 hari yang lalu +1

    Bagaimana ya menciptakan bisnis paradox ketika wabah melanda seperti ini, yang bisa menggerakkan eķonomi masyrakat...justru kita harus sekuat tenaga melawan arus dan pemerintah dan masyarakat tetap bersatu...😕😕😕

  • Megan Devit
    Megan Devit 3 hari yang lalu +1

    Lagian sapa suruh tangkep Sunda empair ngamuk kan rajanya

  • Arsubag Kuliner
    Arsubag Kuliner 3 hari yang lalu +1

    PHK massal didepan kita!!

  • Life is Art
    Life is Art 3 hari yang lalu

    gue tunggu jakarta di lockdown... negara lain udah panik indonesia malah cuek

  • eko sragen
    eko sragen 3 hari yang lalu

    Huru hara

  • Jendral Korak
    Jendral Korak 3 hari yang lalu

    Otw Nyepi.

  • tono tini
    tono tini 3 hari yang lalu

    Yang bisa jawab,
    Sebut 1 kebijakan Dan also nyata anies yg membantu mengatasi Corona,, selain kerjaaan baca Berita doang ttg jumlah pasien Corona
    Cik Ada yg bs jawab??

    • tono tini
      tono tini 3 hari yang lalu

      Justru karena ini bencana nasional, dan jakarta kasus terbanyak,, masa masih buat penyebaran makin cepat mau pembatasan transportasi lah,, mau buka operasi pasar murah laaah,, jelas jelas logika anak kecil juga paham itu bikin masa kumpul mempercepat penyebaran...
      Betul kata lo jangan goblokk,, pas buat abas,, peduli bagus tapi goblok jangan,,
      Makanya jawab komen boleh tapi otak dungu juga jangan

    • Muji Harto
      Muji Harto 3 hari yang lalu

      Benci boleh tapi jangan goblok,musim corona bencana nasional bahkan dunia malah bahas gubernur jakarta

  • Red Bold
    Red Bold 4 hari yang lalu

    Opsi pilihan bagi karyawan; antara "PHK" atau "Tanggung Renteng" bersama perusahaan.
    Opsi PHK...
    - Keuntungan: dapat gaji + THR + pesangon.
    - Kerugian: Bila nanti ekonomi membaik & bisa masuk lagi ke perusahaan yg sama, maka gaji & jabatan dimulai dari level terendah.
    Opsi Tanggung renteng:
    - Keuntungan: dapat gaji + THR saja sebelum dirumahkan; bila ekonomi membaik karyawan bisa masuk bekerja lagi & tidak kehilangan jabatannya.
    - Kerugian: karyawan sementara dirumahkan tanpa gaji hingga kondisi ekonomi membaik.

  • Elsa Amandav
    Elsa Amandav 4 hari yang lalu +2

    Gue baru dapat kabar kurang enak pagi ini bahwa hampir semua karyawan diperusahaan gue bekerja dicut off sementara tapi gatau sampai kapan. Yang lebih sakit hatinya gajian harus ditunda😌

  • andi fery
    andi fery 4 hari yang lalu

    Ayune mbak e

  • Stanley Michelim
    Stanley Michelim 4 hari yang lalu

    Apakah para alumni 212 bersama parpol akan gelar aksi bagi2 masker?

  • dimas anggoro
    dimas anggoro 4 hari yang lalu

    tenang, kan ada kartu pra kerja

  • Junhao Zheng
    Junhao Zheng 4 hari yang lalu

    Sudah seharusnya negara turun tgn, bantu rakyat bawah kasih tempat tinggal sementara gratis dan kasih makan gratis. Kalau gk yg di jakarta auto pulkam, siapa yg mau bayar uang sewa kalau gk kerja? Pulkam malah bawa wabah. Auto spreading wabah auto infect, auto nambah kasus wabah makin gk hilang. Semua kredit cicilan ditunda dlu. Karena kalau benar2 mau perang wabah korona, manusianya mesti tetap hidup, kalau habis wabah jumlah manusianya punah siapa yg gerakin ekonomi boss?

  • M_ chanel
    M_ chanel 4 hari yang lalu

    Tetap santuy

  • Tomi Haastinen
    Tomi Haastinen 4 hari yang lalu

    Itu yg kerja2 dipt yg gayanya tengil2 smoga diphk aja

  • Leonardo Siahaan
    Leonardo Siahaan 4 hari yang lalu

    Berdoa saja.

  • Agus Trihari
    Agus Trihari 4 hari yang lalu

    Tolong setop bang keliling

  • May Saroh
    May Saroh 4 hari yang lalu +3

    "Takdir manusia mmg sdh ditentukan sejak lahir, tapi dengan kerja keras kita dapat mengalahkan takdir" (Uzumaki Naruto)

  • Rampa Wangi
    Rampa Wangi 4 hari yang lalu

    Ini asal mula kasus corona dan amerika idclips.com/video/b6v-YjywRPg/video.html

  • chairil anwar
    chairil anwar 4 hari yang lalu

    Nah...

  • gabriel GodhanD
    gabriel GodhanD 4 hari yang lalu +1

    makan sendiri tu virus. sok suci aja

  • ione 5150
    ione 5150 4 hari yang lalu

    Seandainya dragon ball itu nyata,, ini lah saatnya utk memanggil si shen long dan mnghapus si covid 19 lenyap dr muka bumi.... 😆😆
    .......................
    Semoga pandemi covid 19 ini segera berlalu,, 🤲

  • UpNormal Traveller
    UpNormal Traveller 4 hari yang lalu +3

    Sayapun kena imbas PHK😭😫

  • Aghata Maria
    Aghata Maria 4 hari yang lalu

    Ini lo alasan presiden mikir2 klo lockdown... Gak lockdown aja bakalan krisis ekonomi apalagi lockdown...

    • tgr tgr_hry
      tgr tgr_hry 4 hari yang lalu

      Gak lockdown saja pasien positif dan meninggal bertambah drastis, apa mungkin dengan lockdown tingkat positif dan kematian bertambah drastis jg??
      Ingat ya dalam alquran nyawa itu berharga dibanding ekonomi.
      Ingat ya SAYANGI DIRIMU(PEMIMPIN) DAN KELUARGAMU.
      Anggep saja Pemimpin ini adalah Dirimu.
      Dan Keluargamu itu adalah Masyarakat.
      Itu berarti Pemimpin Indonesia hanya menyayangi dirinya termasuk ekonomi Indonesia. Dibanding Masyarakat Indonesia.
      Paham.

  • Andry Y
    Andry Y 4 hari yang lalu +2

    Lebih baik berlindung kepada Tuhan daripada percaya kepada manusia. Teguhkan hati kita, iman kepada Tuhan, Dia berkuasa dan sanggup membalikkan keadaan. Sanggup mengubahkan segala sesuatu. Amin. Kreatif dan Beriman. Ora et Labora.

    • Andry Y
      Andry Y 4 hari yang lalu +1

      Yang penting itu solusi ekonomi untuk pelaku usaha kecil menengah, karyawan tidak kehilangan income.

  • Muhammad Santri
    Muhammad Santri 4 hari yang lalu +2

    Pas Negara Lain menutup WNA asing masuk k negaranya untuk antisipasi. Malah Dr sbagian oknum Negara ku Justru masih aja menerima turis asing dr negara terkait virus trsbt tuk berwisata k negara ku tercinta . Giliran terkena dampak siapa yg terancam.

    • Muhammad Santri
      Muhammad Santri 3 hari yang lalu

      Saya. Saya d negara orang . Hanya bisa menyaksikan lewat berita . Yang awalnya keluarga mencemaskan saya dgn brita yg beredar yg mereka saksikan. d luar negri sangat mengerikan hati hati nak tak pernah lupa orang tua bahkan soudara teman ku memperingati . Sekarang kami merasakan hal yg serupa apa kbr dgn kluarga ku soudara soudara ku . Kini mereka Ter ancam . Menangis hati ini tak mampu berontak tak mengerti

    • Abdillah Raka
      Abdillah Raka 4 hari yang lalu

      Oh iya dulu kalo ga salah pas corona awal2 muncul warga bali kan pada welcome ya sama turis china ?
      Awowkwowk goblok emang kerasa nya kan sekarang

  • sweet summer bali
    sweet summer bali 4 hari yang lalu +5

    dolar naik tembus 17K+ , apakah virus ini sengaja di lepas oleh amerika ? entahlah :(

    • Jessica Maybe
      Jessica Maybe 3 hari yang lalu +1

      Ada spekulasi2nya sih, seperti fort detrick, lab yg meneliti virus sars ditutup tiba2 dan wabah penyakit vape di amrik yg mirip seperti corona gk lama sebelum corona muncul di china.

    • merry tendean
      merry tendean 3 hari yang lalu

      Amerika biang kerok nya

  • Bagoes Jr
    Bagoes Jr 4 hari yang lalu +2

    Senjata Biologis Freemason, Amerika, Uni Soviet, Israel Terlibat Dalam Kasus Ini

    • Dams 89
      Dams 89 3 hari yang lalu +1

      Udah deh drun...ceramah ustadz sesat ga usah dibagi dimari....klo mau share kegoblokan sdh cukup kaum kalian aja...bisa2nya keadaan bgini banyak orang berduka dibuat ajang menyusupkan ideologinya..

  • Teddy Pratama Abdi
    Teddy Pratama Abdi 4 hari yang lalu

    Kiamat gini gara2 corona

  • Kang Herianto
    Kang Herianto 4 hari yang lalu +1

    Ni berita bikin panik,pemicu penjarahan

  • Erik Yuspiyanto
    Erik Yuspiyanto 4 hari yang lalu +1

    Nyimak para komentar = belajar.

  • Scem Tobacco
    Scem Tobacco 4 hari yang lalu

    Q sdah kena PHK 😣

    • Paska Rio Siregar
      Paska Rio Siregar 3 hari yang lalu

      sama, bini gw juga kena phk, dia koki dan skrg mulai Stress, saya juga sedang dlm proses phk, saya di pariwisata.. ahhh sedihlah

    • Artificial Guru
      Artificial Guru 4 hari yang lalu

      dari perusahaan apa om?

  • Ffx Cfdd
    Ffx Cfdd 4 hari yang lalu

    Ya Alloh

  • Edward Aaron
    Edward Aaron 4 hari yang lalu

    Gimana dgn provinsi lain pak?

  • Muhamad Sobirin
    Muhamad Sobirin 4 hari yang lalu +4

    Di dunia f&b sudah terguncang, pariwisata.
    Sudah ada yang kena PHK, gaji dipotong, masuk kerja hanya 15 hari dalam sebulan.
    Semoga cepat berlalu virus covid-19.

  • Adenan Chamim
    Adenan Chamim 4 hari yang lalu +5

    Tetanggaku jadi dukun..setaun trakir ini rame banyak yg minta penglaris

  • PENA LANGIT
    PENA LANGIT 4 hari yang lalu +2

    Karma atas kesombongan dan keangkuhan. Sok kuat. Sudah tau ada virus berbahaya, masih aja penerbangan di buka. Sekarang, virus sdh masuk ke indonesia baru di lockdown.

    • PENA LANGIT
      PENA LANGIT 3 hari yang lalu

      Coba klo penerbangan sudah di tutup sejak virus itu ada. Pasti gak bakal begini. Sdh tau virus berbahaya dan belum ada obatnya. Wisatawan masih di bolehin keluar masuk. Ya jelas ikut masuklah virusnya. Bagi org yang punya uang mah gak masalah, bisa beli masker, bisa stock makanan. Bagi org yang kurang mampu gimana nasibnya.

    • merry tendean
      merry tendean 3 hari yang lalu

      Virus ini sd global, bukan salah pemerintah.

  • Fa Yung
    Fa Yung 4 hari yang lalu +2

    ONE EYE
    ONE GOVERNMENT
    THE ANTI - CHRIST
    HARMAGEDDON
    THE END😨😰😱😲😳😵😭😢👻👹👺👽👾💀💔👏👏👏👏👏

  • gajah belalai
    gajah belalai 4 hari yang lalu +1

    semakin banyak yg nganggur semakin banyak yg keluar rumah, malah bisa jadi stress dan sengaja nyebarin corona biar sama sama menderita, pokonya makin kompleks gak cuma sebatas jadi tukang nimbun masker saja kalo banyak yg di phk. mantap ini

  • Rio Adita
    Rio Adita 4 hari yang lalu +2

    Yg di rumahkan gara2 corona mana suaranya ☝️

    • Riza Ali
      Riza Ali 4 hari yang lalu

      Itu di gaji gk bro kalau di rumahkan?

    • Rio Adita
      Rio Adita 4 hari yang lalu

      @Riza Ali wah, sabar bro, klo gw di rumahkan, dan blm tau kedepanya gmna

    • Riza Ali
      Riza Ali 4 hari yang lalu

      Phk bro?

  • Hendro Djaja
    Hendro Djaja 4 hari yang lalu

    Gmn kalau minta tolong sama sunda empire 😃

  • lidya natalia
    lidya natalia 4 hari yang lalu

    Saran sebagai negara yang berke Tuhanan,usul pemuka agama yang ditunjuk mempimpin doa kepada Yang Kuasa.Doa bisa secara online sesuai dengan agama masing2🙏

  • rizki fadillah
    rizki fadillah 4 hari yang lalu

    yang kanan ngapain sih :0

  • rahmat
    rahmat 4 hari yang lalu

    beautyfull girl

  • Azam Syukurrahmatullah
    Azam Syukurrahmatullah 5 hari yang lalu

    Harusnya nih yeeee....Corona ini menyerang hnya khusus bagi para pejabat yang korupsi....jdi ketika ada yg korupsi secara otomatis terkena si coro ini....

  • Drajat Putra
    Drajat Putra 5 hari yang lalu +1

    Sabar sabar yg jualan harian buat makan sulit cari uang 😇😇😇
    Bukan takut karena virus nya, karena jualan sepi rakyat kecil gak bisa makan jadi malah pada sakit 😂😂😂

  • Samlekom
    Samlekom 5 hari yang lalu +8

    saya selaku pelaku bisnis di dunia wedding khusunya photographer, omset anjlog, banyak job yg di reschedule, cancel, dsn belum jelas ranah nya, semoga covid-19 segera berahir😖🙏

  • Leonardo Siahaan
    Leonardo Siahaan 5 hari yang lalu

    Semuanya tergantung pemerintah yang punya segala sumber daya. Itu aja.

  • GalaxyBrigade45 cinta
    GalaxyBrigade45 cinta 5 hari yang lalu +1

    UNTUK PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA.
    NEGARA INDONESIA BEDA DENGAN NEGARA EROPA RATA RATA INDONESIA BEKERJA DI LAPANGAN DIBANDINGKAN DI PERKANTORAN.
    DI LUAR NEGERI SANA RATA RATA KERJA DIKATORAN DAN DENGAN LOCKDOWN MEREKA BISA BEKERJA DIRUMAH.
    SEMENTARA INDONESIA? HAMPIR MENGANDALKAN LAPANGAN.
    MAKA DARI ITU TUNTUTAN KAMI AGAR SAMA SAMA ENAK
    1. TAGIHAN LISTRIK GRATISKAN 2 BULAN
    2. TAGIHAN AIR GRATISKAN 2 BULAN
    3. AKSES INTERNET GRATISKAN 2 BULAN
    4. PEMERINTAH MEMBAGI WILAYAH WILAYAH UNTUK GRATIS MAKANAN CATERING SELAMA 2 BULAN
    LEBIH BAIK MENCEGAH DARIPADA MENGOBATI BETUL??
    AMBIL APBN UNTUK INI MASYARAKAT PASTI NURUT KARENA KITA BEDA DENGAN NEGARA LAIN.
    DAN UNTUK ANGGOTA DEWAN DPR POTONG 70% GAJI NYA UNTUK RAKYATNYA. KALAU MEMANG BENAR BENAR PRO RAKYAT.
    VIRALKAN MASYARAKAT VIRAL !!

  • Lina Darlina
    Lina Darlina 5 hari yang lalu

    Apa bisa dipercaya , alat 2 dan obat 2 utk prnyembuhan dari virus corona yg berasal dari cina ,cepat dapat sembu atau Semakit bertamba

  • Memori Penuh
    Memori Penuh 5 hari yang lalu +3

    Solusi : Nabung emas,
    Pulang kampung bercocok tanam, baca buku untuk pertajam skill sekaligus sebagai investasi diri.

    • Andi Bram
      Andi Bram 4 hari yang lalu +1

      Klo semuanya nabung emas harga emas bakal jatuh

  • Maman J
    Maman J 5 hari yang lalu

    Ini yg gue khawatirin dri awal. Dmpak dri segi ekonomi.

  • abng kiki thea
    abng kiki thea 5 hari yang lalu +3

    Ini bukan mati karena virus Corona, tapi mati karena gk makan, kalo kerjaan di liburin

  • 375 viking
    375 viking 5 hari yang lalu +1

    saatnya yg bergelar ' wakil rakyat ' unjuk diri...

  • ryansah maret
    ryansah maret 5 hari yang lalu +1

    Yang sangat di sayangkan itu yg mlarang bribadah di masjid

    • ryansah maret
      ryansah maret 4 hari yang lalu

      Klo udh tkdir nya mati mah gk di mana2 gk di msjid gk di rmh sndri..harus nyakn mikir gtu

    • hazegan S
      hazegan S 4 hari yang lalu

      wkwkwk,, ya kalo mau ibadah ke masjid ya kemasjid, kalo takut virus ya ibadah dirumah,,, pusing amat,,

  • hergia luqman
    hergia luqman 5 hari yang lalu

    Judul headline: Corona Tingkatkan Ancaman Corona (?)

    • Farhan Aditya
      Farhan Aditya 4 hari yang lalu

      @hergia luqman iya kayanya banyak yg langsung komentar tanpa menonton videnya sampai habis. padahal itu tulisan sudah cukup besar.

    • hergia luqman
      hergia luqman 4 hari yang lalu

      @Farhan Aditya itu tandanya anda emang beneran nonton videonya, ga komen doang

    • Farhan Aditya
      Farhan Aditya 4 hari yang lalu

      kirain cuman saya yg ngeliat itu

  • yan sucipto
    yan sucipto 5 hari yang lalu +4

    Enak agrikultur merdeka pangan.......bio gas gratis sayur gratis makan gratis daging gratis ikan pelihara sendiri.......bumbu dapur melimpah ......maju petani

    • game nn
      game nn 3 hari yang lalu +1

      Pupukny beli bosss. Dy beli juga mnrun. Ikan hsil panen g bs keluar

  • Enteng Kian
    Enteng Kian 5 hari yang lalu

    Ini sengaja indonesia biar bodo semua di putar2 disitu terus pusing terus mati.