TNI Siaga Penuh Kapal China Terpantau Sudah Tinggalkan Natuna

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 10 Jan 2020
  • Meski kapal-kapal China, diidentifikasi mulai meninggalkan perairan Natuna, namun pengamanan terus ditingkatkan.

    TNI bahkan mengerahkan KRI Usman Harun, serta empat jet tempur untuk patroli laut dan udara.
    Klaim China dan masuknya sejumlah kapal asing, ke Wilayah Zona Ekonomi Ekslusif membuat pengamanan di perairan Natuna, terus ditingkatkan.

    TNI bahkan memberangkatkan KRI Usman Harun, untuk patroli pengaman laut Natuna sebagai bagian peningkatan pengamanan. Selain kapal, empat jet tempur juga dikerahkan untuk melakukan patroli udara di perairan Natuna. Keempat jet tempur F-16 diterbangkan dari pangkalan udara di Pekanbaru, Riau.

    Sebelumnya, pada Rabu 8 Januari lalu, Presiden Joko Widodo, berkunjung ke Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

    Presiden datang untuk membagikan 26 ribu sertifikat tanah kepada warga. Di tengah kunjungannya, Presiden juga mengecek kesiapan kapal perang, yang ditugaskan di tapal batas utara.

    Presiden menegaskan bahwa Natuna adalah bagian tak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan menyatakan Kepulauan Natuna masuk ke dalam wilayah NKRI.
    Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen Sisriadi menjelaskan, kapal-kapal China telah meninggalkan Natuna, tak lama setelah Presiden datang.

    Operasi penjagaan secara rutin untuk mengawal kawasan Natuna akan terus dilakukan oleh TNI.
    Senada dengan hal itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, meyakini kapal China mulai meninggalkan wilayah Natuna Utara, berdasarkan informasi dari Badan Keamanan Laut.

    Bakamla melaporkan Kapal China terdeteksi melakukan pergerakan, keluar dari wilayah Natuna Utara.
    Tak hanya membuat tensi hubungan Indonesia - China sempat tegang. Nelayan Indonesia di perairan Natuna, juga mengeluhkan keberadaan kapal China yang kerap kali mencuri ikan dengan pukat, hingga sumber daya laut di Indonesia benurun.

    Nelayan juga mengeluhkan alat yang kerap kali rusak, ketika kapal asing masuk ke Perairan Indonesia, serta mengurangi hasil pencarian nelayan lokal.

Komentar • 1 617

  • agung gumilar
    agung gumilar 18 jam yang lalu

    jokowi presiden nya.prabowo mentri pertahanan nya πŸ‘

  • Denny Yusmiadi
    Denny Yusmiadi Hari Yang lalu

    Kagak ngaruh bos...china balik lg...patroli jg kaga dianggap sm china...πŸ˜‚

  • Reyz gaming
    Reyz gaming Hari Yang lalu

    4 pesawat terlalu sedikit :(...China Punya Kapal induk dengan Lebih dari 10 pesawat jet...itu terlalu Kalah Jumlah

  • Safira Agustin
    Safira Agustin Hari Yang lalu

    Biarlah mrk curi ikan kita, beberapa ka pal, laut kita luas dan kaya ikan, itu tak ada artinya limpahan kekayaan laut kta, tapi yg jelas sekarang dunia tahu china adalah pencuri. Klu tak mencuri tak makan ikan mrk.

  • Achmad Farel
    Achmad Farel 2 hari yang lalu

    Buang-buang biyaya,jadi miskin gara-kelamaan patroli.

  • muhamad aldiansyah RDL
    muhamad aldiansyah RDL 2 hari yang lalu

    Telalu banyak juga orang china di indonesia,

  • adi jaya
    adi jaya 3 hari yang lalu

    Kalau China terus masuk ke Natuna..mending kita akui aja Taiwan sebanggai negara berdaulat dan merdeka dari China..nunggu apa reaksi mereka apakah mereka terima..

  • Adit Hardinata
    Adit Hardinata 3 hari yang lalu

    Bagaimana kalau kita hancur kan perusaan cina yang ada di indonesia salah satu nya perusaan minyak

  • Siska Falentina Worshiper
    Siska Falentina Worshiper 3 hari yang lalu

    Check juga kapal selam pak, di permukaan ga bermain, tapi dibawah laut bereaksi...

  • Chandra Gultom
    Chandra Gultom 3 hari yang lalu

    Coba bu susi langsung tenggelamkan

  • nyai anik
    nyai anik 3 hari yang lalu

    Sejujur kita kalah kok sama cina seharus nyerah aja

  • jojo bek
    jojo bek 4 hari yang lalu

    jng di usir bila cina curi ikan tangkap dan adili pa

  • ade ervi
    ade ervi 4 hari yang lalu

    Mubgkin karena indonesia rajanya toleransi,,,

  • ade ervi
    ade ervi 4 hari yang lalu

    Cina tak tahu malu,,

  • ade ervi
    ade ervi 4 hari yang lalu

    Cina bodoh

  • Eci Angelita
    Eci Angelita 4 hari yang lalu

    bravo indonesia ku

  • ε…«ε°ΎYao-san
    ε…«ε°ΎYao-san 4 hari yang lalu

    Mau menghina TNI? Haha yg ngehina itu memang ga tau malu Uda tau warga sipil ga berkontribusi Ama negara lagi masih mau aja ngehina ksatria kita maka itulah kegunaan TNI saat negara kita dalam bahaya

  • Rezky Kecil
    Rezky Kecil 4 hari yang lalu

    HIDUP INDONESIA

  • Erwin Erwin
    Erwin Erwin 4 hari yang lalu

    Lucu pas bilang kapal lokal. Apah kah anda ori

  • gembel ningrat
    gembel ningrat 5 hari yang lalu

    Cina lupa kalau di indonesia biasanya yg punya hutang lebih galak.πŸ˜‚

  • gilang gaming
    gilang gaming 5 hari yang lalu

    Batedong kw

  • Sinta Ratna purie
    Sinta Ratna purie 5 hari yang lalu

    Eweh kawani banci

  • jamesboii PH
    jamesboii PH 6 hari yang lalu +1

    SHEJEKKSNBWHZBNODPPWNAHWBSHXJINZHHSJKWOOAKSHEB
    ITO YUN SINASABI NILA EH..

  • Pakih Hudin
    Pakih Hudin 6 hari yang lalu

    Gimana pendapat anda tentang kapal asing cina masuk ke wilayah perairan natuna yang sudah jelas merupakan wilayah perairan Indonesia

  • Suci Bone
    Suci Bone 6 hari yang lalu

    Habis kan orang cina d indonesia

  • Suci Bone
    Suci Bone 6 hari yang lalu

    Indonesia tidak punya harga diri di hadapan tiongkok

  • star sport
    star sport 6 hari yang lalu

    Terbukti nyata tni takut china...hanya kapal penjaga pantai.

  • Jidan Ibnu hadid
    Jidan Ibnu hadid 6 hari yang lalu

    Gimana tuh kabar Papua?

  • Helmi Kedah
    Helmi Kedah 6 hari yang lalu

    saya harap indonesia perang dengan cina.. kamu mahu sangat perang kan.. kamu ingat best kan perang.. kamu lihat bila jadi perang ekonomi kemu akan jatuh cina akan jatuhkan ekonomi kamu... πŸ˜€πŸ˜€

    • Gerobakpasir 1989
      Gerobakpasir 1989 5 hari yang lalu

      Bicara apa kmu bahasa km sulit dimengerti😁😁😁

  • putra Qw
    putra Qw 6 hari yang lalu

    Usir penjajah,

  • putra Qw
    putra Qw 6 hari yang lalu

    Mau diurus mau egk, tetap milik indonesia. Bukan muilik asing.

  • Gojek Jakarta
    Gojek Jakarta 6 hari yang lalu

    Tidak ada persahabatan dengan negara komunis, yang nyata nyata menjadi duri di dalam daging,.'";!? Tinjau ulang untuk kerjasama dengan negara komunis, seperti China dan Rusia,.'":;!? Mereka licik kejam dan jahat,.;:'"!???

  • Gojek Jakarta
    Gojek Jakarta 6 hari yang lalu +1

    Ayo patungan Seribu satu orang, untuk beli Alusista canggih dan modern, untuk menjaga laut Natuna yang kaya akan kandungan migas serta hasil laut,,,,,,,,,
    Takbir,,,,..!??
    Takbir,....!???"':';
    Takbir,,,,!?;:'",
    Takbir,,,,,!?"'

  • Lina Revo
    Lina Revo 7 hari yang lalu

    Kipas kapal maling ikan cina itu

  • afiz aprians
    afiz aprians 7 hari yang lalu

    Block semua produk china

  • Ω…Ψ­Ω…Ψ― Ψ¨Ω† Ψ³Ω„Ω…Ψ§Ω†

    Kaleng kaleng
    berani y nyuruh orang pakai uang bikin ribut itu lah negara cina

  • Al Rafly
    Al Rafly 7 hari yang lalu

    Indonesia punya nuklir apa tidak

  • Randy 02
    Randy 02 7 hari yang lalu +1

    Semoga Allah swt ngirim ikan nabi yunus as. Buat nelen kapal2 china Aminn

  • One Hit
    One Hit 7 hari yang lalu

    Berani boleh tapi jangan bodoh, lihat siapa lawanmu. Sekarang jamannya senjata modern bukan lagi bambu runcing, . Dan harus diingat china sudah punya 3 model rudal antar benua dan mereka memproduksi sendiri.. mereka Punya RUDAL bukan MERCON

  • Ali Amran
    Ali Amran 7 hari yang lalu

    padahal dari dulu hubungan RI dan china selalu aman2 baik dr segi apapun, bahkan baynak warga cina yang migrsi ke indonesia mencari sandang pangan dn banyak yang makmur hidpunya dan jd warga negara indo... kek mana baiknya pemerintah indo menerima warga cina yang lebih dri 1milyar migrasi kemari.. tp semnejak cina d tangani rezim komunis, tiba2 hubgan yg sudah sebesar gunung di bina baik baik selama ini jadi hancur... inilah sifat komunis... serakah

  • husnul 123
    husnul 123 7 hari yang lalu

    Semangat buat tni kami rakyat indonesia dukung sepenuhnya buat tni,, hidup tentara kita,,,,,

  • Libo Zed
    Libo Zed 7 hari yang lalu

    Kenapa ga di tangkap??? Kayanya ada yg ModusπŸ€”πŸ€”πŸ€”

  • sasa aprilia
    sasa aprilia 7 hari yang lalu

    Semangat untuk TNI INDONESIA. laut Natuna adalah milik INDONESIA. warning to get away from Indonesian peace. this is Indonesia's territorial boundary. Indonesia will remain united!!!

  • Al Father
    Al Father 7 hari yang lalu

    Pantang pulang sebelum menang, habisi mereka untuk negara..!

  • Ahmad Munsyi
    Ahmad Munsyi 7 hari yang lalu

    ya iyalah kapal udh penuh ma ikan , ya cina pulang dlu nanti balik lagi..

  • madini lubis
    madini lubis 7 hari yang lalu

    Sdh meninggal kn natuna,karna udh bnyk dapet ikannya.awokawok

  • Dobleh Kabur
    Dobleh Kabur 8 hari yang lalu

    1 like utk damage TNI...
    ngemisAjgg:v

  • jp gamers
    jp gamers 8 hari yang lalu

    tiongkok itu licik.. besok kalo penjagaan longgar mrk pasti balik lagi..

  • hari haron
    hari haron 8 hari yang lalu

    paling nanti juga balik lagi

  • dani talpa 33
    dani talpa 33 8 hari yang lalu

    hlahh.. wi.joko ....gya mu gya mu mn brani lo bnyk utang wii am cina jdi tkut

  • Esthere Ycca
    Esthere Ycca 8 hari yang lalu

    Siapapun yg menang...ga akan merubah status kejombloan gue....πŸ˜‚

  • Helga Helga
    Helga Helga 8 hari yang lalu

    Musuh nekad knpa NKRI ngk ad tekad ok

  • Ahmad Syafii
    Ahmad Syafii 8 hari yang lalu

    Buat warga masyarakat natuna jangan takut.pemerintah gk akan goyan dan pasti menang.

  • Syam Sudin
    Syam Sudin 8 hari yang lalu

    Cirita ini sudah lama terdengar malah sudah basi ya itu juga dari dulu ceritanya ga ada habisnya kalau memang sudah dan dijaga dari dulu mungkin aja ga ada lagi cerita nya wayang dilaut latuna tegas ya tegas berani ya berani tapi meserakat ga ada yg tau wayang nya dilaut nya latuna siyapa yg harus disalah kan mesarakat nelayan hanya dikasih hiburan sementara aja amin

  • Aisyah Hanif
    Aisyah Hanif 8 hari yang lalu

    Gk bisa ditawar kok cuma diusir :< logika nya gk nyampe saya maling cuma kena usir.

  • Emanuel Rande
    Emanuel Rande 8 hari yang lalu

    Sudah banyak tangkapan ....pulang ...nanti owe balik lagi curi lo punya ikan.

  • broneng gecek
    broneng gecek 8 hari yang lalu

    Kabur Ikan sudah di kuras 🀣..
    Bukan Krn di usir..

  • naswa tutorial
    naswa tutorial 8 hari yang lalu

    Bacain ayat kursi aja,,biar pulang :(( **canda syg

  • nomor juli
    nomor juli 8 hari yang lalu

    mangkanya kalau ada tawaran dari negera lain yang mau kerja sama buat nuklir, harus mau, kan kalau gini, indonesia punya senjata penghancur nuklir yang buat nakutin negara yang macem macem

  • lukisAG
    lukisAG 8 hari yang lalu

    Mau Kyk Iran + AS ? ,,,, INGET! RAKYATMU BANYAK YANG NUMPANG DI INDONESIA . China!!!!!!!!!!!!!