Keterangan Pers Presiden RI, Istana Merdeka, 24 Maret 2020

Bagikan
Sematkan
  • *Serangkaian Stimulus dan Insentif bagi Masyarakat untuk Pertahankan Daya Beli*
    Pemerintah berupaya keras untuk mereduksi dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh Covid-19 yang telah menjadi pandemi. Dalam situasi tersebut, mempertahankan daya beli masyarakat dan mendorong produktivitas ekonomi menjadi salah satu hal utama yang harus dilakukan selain dari sisi kesehatan dan keselamatan.
    Untuk mencapai hal itu, pemerintah telah mengeluarkan sejumlah kebijakan dan bantuan sosial untuk memberikan stimulus dan insentif bagi masyarakat. Pertama, para penerima manfaat Kartu Sembako akan mendapat tambahan manfaat sebesar Rp50.000. Dengan tambahan tersebut manfaat yang dapat diperoleh dari program Kartu Sembako menjadi Rp200.000 per keluarga penerima.
    "Pemerintah memberikan tambahan sebesar Rp50.000 sehingga menjadi Rp200.000 per keluarga penerima yang akan diberikan selama enam bulan. Anggaran yang dialokasikan adalah sebesar Rp4,56 triliun," ujar Presiden Joko Widodo dalam keterangannya di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 24 Maret 2020.
    Di tengah wabah Covid-19, pemerintah juga menyadari akan adanya pekerja harian yang mungkin kehilangan penghasilan maupun para pengusaha mikro dan kecil yang kehilangan pasar dan omzet. Demikian halnya dengan kemungkinan para pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja. Untuk itu, pemerintah juga mempercepat implementasi program Kartu Prakerja sebagai upaya mengantisipasi hal-hal tersebut sekaligus meningkatkan kompetensi serta kualitas SDM.
    "Alokasi anggaran yang disediakan di dalam Kartu Prakerja ini adalah sebesar Rp10 triliun sehingga nanti setiap peserta Kartu Prakerja akan diberikan honor insentif Rp1 juta per bulan selama 3-4 bulan," kata Presiden.
    Selanjutnya, untuk mempertahankan daya beli pekerja di sektor industri pengolahan, pemerintah akan membayar pajak penghasilan (PPh) pasal 21 yang selama ini dibayarkan sendiri oleh para pekerja. Hal itu dilakukan demi memberikan tambahan penghasilan bagi pekerja di sektor industri tersebut. Presiden mengatakan bahwa anggaran sebesar Rp8,6 triliun telah dialokasikan untuk kebijakan ini.
    Adapun bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga memberikan relaksasi kredit dengan nilai di bawah Rp10 miliar yang ditujukan untuk tujuan usaha. Relaksasi ditujukan bagi kredit yang diberikan perbankan maupun industri keuangan nonbank. Keringanan yang diberikan tersebut berupa penurunan bunga dan penundaan angsuran kredit hingga satu tahun.
    "Oleh karena itu, kepada tukang ojek dan sopir taksi yang sedang kredit kendaraan bermotor, serta nelayan yang sedang mengambil kredit perahu agar tidak perlu khawatir. Pembayaran bunga dan angsuran diberikan kelonggaran satu tahun," ucapnya.
    Tak hanya itu, masyarakat berpenghasilan rendah yang sedang melakukan kredit kepemilikan rumah bersubsidi juga berhak mendapat rangkaian stimulus pemerintah. Setidaknya ada dua stimulus yang ditawarkan dengan anggaran yang mencapai Rp1,5 triliun.
    "Pemerintah memberikan subsidi selisih bunga selama 10 tahun. Jika bunga di atas 5 persen, maka selisih besaran bunganya akan dibayar pemerintah. Pemerintah juga memberikan subsidi bantuan uang muka bagi yang akan mengambil kredit rumah bersubsidi," tandasnya.
    Untuk diketahui, dalam arahannya kepada seluruh jajaran Kabinet Indonesia Maju dan para kepala daerah, Presiden Joko Widodo turut meminta agar dilakukan pemangkasan rencana belanja yang tidak prioritas. Anggaran yang ada selanjutnya diarahkan kepada penanganan Covid-19 baik dari sisi kesehatan maupun untuk menangani dampak sosial ekonomi yang ditimbulkannya.

    Jakarta, 24 Maret 2020
    Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
    Website: www.presidenri.go.id
    IDclips: Sekretariat Presiden

Komentar • 80

  • sony brown Marpaung
    sony brown Marpaung 38 menit yang lalu

    Setelah saya komunikasi ke pihak bank, bunga tetap di banyar pak president modal pinjaman yang di tunda..gimana nih pak president? Kalau menurut saya ya sama ajah pak president..modal dan bunga pinjaman ya harus di tunda juga dong pak president..

  • Agus Setiawan
    Agus Setiawan 3 jam yang lalu

    Pak presiden terhormat tolong pak bebaskan bu siti fadhilah supari di penjara..demi nyawa rakyat seluruh indonesia karena bu siti fadilah supari bagus dalam menangani wabah virus flu burung yg mematikan aja bisa insya allah virus corona dia bisa atau berhasil

  • Rian Hastana
    Rian Hastana 4 jam yang lalu

    Tolong lah sapa saja yg dsana.. Saya mntak tolong...
    Sampe sat ni saya masi di kjar kjar kolektor.. Saya bukan gk mw bayar.... Tp krna covid ni... Sulit... Tolong lahhh

  • Rian Hastana
    Rian Hastana 4 jam yang lalu

    Asalamualaikum..
    Pak saya mw mintak tolong...
    Sampe sat ni saya masih di kejar kejar dan di ancam sama colector.... Padahal cuman tinggal 2 bulan lg... Usaha saya tukang plaminan.. Smntara pesta pada di tutup...
    Tolong bntu kbijaksana an nya pak... Saya smpe ktakutan sama kolektor ini.... Tolong bntu pak jln kluar ny

  • INDRA WINDRA
    INDRA WINDRA 10 jam yang lalu +1

    Apakah pernyataan presiden di patuhi instansi terkait,,kita bangga dgn presiden tp apakah bawahannya mematuhi,,????itu yg perlu penegasan dgn jls

  • CGadget
    CGadget 11 jam yang lalu

    Kebanyak channel yt khususnya berita.. apalagi gk punya jurnalis.. sumber dari artikel gk jelas.... Saya mohon, usul pak, channel berita di yt wajib punya lisensi!!!
    Dari kian kebanyak channel berita di yt hanya mengambil keuntungan saja dri kejadian pandemi ini..

  • Ade Munandar
    Ade Munandar 13 jam yang lalu

    Kalau corona benar kita perlu obat anti virus yg di jual agar corona tidak menyebar

  • Ade Munandar
    Ade Munandar 13 jam yang lalu

    Corona aku orang kaya

  • Ade Munandar
    Ade Munandar 13 jam yang lalu

    Usaha untuk corona pencegah tidak boleh lebat usaha yg berlebihan cukup usaha nya sedikit saja untuk pencegahan corona

  • Bam's Nenot
    Bam's Nenot 16 jam yang lalu +1

    Malam pak presiden, semoga instruksi presiden juga memberitahukan ke ojk. Sebab banyak teman2 yg punya kredit di leasing tetap membayar seperti biasa. Tidak sesuai dgn instruksi bapak. Pihak leasing tetap nagih ke kami. Semoga cepat beri instruksi ojk ke leasing pak. Terima kasih. Semoga cepat pulih perekonomian Indonesia pak. Kami mendukung bapak. HIDUP NKRI.

  • Rama Putra
    Rama Putra 17 jam yang lalu +1

    Kepada ythbapak presiden RI,,tolong pak presiden untuk buat kepres untuk pihak lising dan bank mengenai kredit dan angsuran,,,karena saat ini para pengemudi online sudah mengeluh untuk biaya hidup,, terima kasih,,agar d respon

  • Dwi Oktarian
    Dwi Oktarian 18 jam yang lalu

    Semnagt terus pak jokowi.

  • Kuy Kid
    Kuy Kid 21 jam yang lalu

    Maaf mw tnya,kl msh d tagih sm pihak leasing melalui colector lapor kmn y..
    Sya ojol yg trkena dampak hal ini,..
    Salam satu aspal

  • Emi Kusmiawati
    Emi Kusmiawati Hari Yang lalu

    Pak bapak kenapa hanya memikirkan ekonomi, pikirkan juga kesehatan rakyat bapak. Segera lockdown jadobetabek segera.

  • Umi Mugiarti
    Umi Mugiarti Hari Yang lalu

    Kalau ditempat saya tinggal,kota wajak malang beberapa hr yg lalu ada himbauan dr petugas kesehatan+dikawal polisi peringatan virus corona tp hallo2 sambil lalu dijalan aja, padahal km berharap untuk pemeriksaan kesehatan perorang
    Karena beberapa minggu ini ada beberapa orang yg kerja diluar/hongkong dan cina yg mudik
    Yg g berburuk sangka tetapi kwatir tetang kesehatan mereka

  • Kang Maman
    Kang Maman Hari Yang lalu +1

    Mohon izin Bapak Presiden RI
    bagaimana nasib kami yg berstatus karyawan swasta & kuli bangunan yg sedng di liburkn bekerja dan tidak di gaji apakah kami juga diberikan dispensasi masalah penundaan cicilan motor & rumah,, dan yg di maksud dgn pembayaran bunga dan angsuran diberikan kelonggaran satu tahun itu seperti apa contohnya..
    karena edaran/himbauan yg bpk presiden bacakan itu sampai saat ini masih saja blum berlaku di perbankan kredit preumahan KPR dan Leasing kredit kendaraan bermotor..
    mohn segera di berikan solusi utk kami,,terima kasih

  • Deviana Marlin
    Deviana Marlin Hari Yang lalu

    sdh kewajiban pemimpin negara manapun untuk keselamatan rakyatnya

  • Fery Irawan
    Fery Irawan Hari Yang lalu

    Maaf pak jokowi...kenyataan relaksasi kredit/cicilan di bank maupun non bank kenyataannya tidak seperti yang bapak putuskan...pihak bank maupun non bank masih mengharuskan buat membayar cicilan...dan yang terdampak bukan hanya UMKM,nelayan,ojol tapi kami masyarakat kecil yg lain sprti pegawai swsta biasa dan pekerja informal lainnya juga terdampak wabah covid 19 ini...mohon bapak jokowi tegas dengan apa yang bapak putuskan ini...maturnuwun...turut berbela sungkawa atas wafatnya ibunda tercinta bapak jokowi

  • Zulvi'e Ovi'e
    Zulvi'e Ovi'e Hari Yang lalu

    Tolong sampaikan Ke pak presiden.. Kaloh saya di rmh terus saya mau makan apa...?? Saya cuma cari penghasilan hariin pak.. Jadi kolh saya gak bisa ada penhasilan... Tolong di kasih solusi nya pak presiden...

  • Lilik amalia
    Lilik amalia Hari Yang lalu +1

    Assalamualaikum...bpk bpak yg terhormat saya mohon perhatianya....saya warga bpk...saya janda fakir yg tunawisma...tlong bantu saya bpak.....saya masih menghidupi 2anak saya...1 buruh harian yg 1 msh sekolah....sampai saat ini saya menulis surat ini...saya tdk pernah tercatat sebagai penerima bantuan yg bpk berikan.....sepeserpun saya tdk pernah menerima bantuan dri pemerintah....saya mohon perhatiannya...SAAT INI SAYA DALAM KONDISI SEPERTI INI SAYA AMAT SANGAT MEMBUTUHKAN....SEMBAKO MAHAL TDK BISA TERBELI...SEDANGKAN SAYA HIDUP DI KOS2 AN DIMANA HARUS MEMBAYAR SETIAP BULANYA 250 RB....SAYA. PRT HARIAN SEHARI 30 RB....MOHON PERHATIANYA .DAN BANTUANYA..TERIMA KASIH....WASSALAMUALAIKUM...

  • Amazing Video Production
    Amazing Video Production Hari Yang lalu

    Apa betul ini Pak..., karna semua perusahaan pembiayaan (leasing) tidak melaksanakan keputusan presiden maupun ojk, saya sdah melaporkan hal tersebut ke ojk jawabannya sangat mengecewakan, karna pelaksanaan dikembalikan ke perusahaan pembiayaan (leasing)..
    Kalau sdah sperti ini bagaimana OJK tidak bisa berbuat bnyak trhadap perusahaan pembiayaan (leasing) yg tidak melaksanakan keputusan tersebut...

  • Raden Herjuna
    Raden Herjuna Hari Yang lalu

    m.liputan6.com/regional/read/4212804/ada-pesta-pernikahan-besar-tetap-digelar-di-blora-teman-bupati
    PENTING!!! Contoh buruk....Jangan ditiru....

  • AE 90
    AE 90 Hari Yang lalu

    Terima kasih Presidenku

  • Deddy AL46
    Deddy AL46 Hari Yang lalu +1

    maaf saya hanya rakyat/warga sipil biasa, masih belum paham dan keputusan yang pasti mengenai penangguhan cicilan kendaraan bermotor, untuk karyawan yang kredit sepeda motor dengan berpenghasilan dibawah 2jta/bulan , apakah sudah termasuk penangguhan cicilan dan bunga selama 1thn, karna dari pihak bank / leasing belum ada pernyataan yang pasti dan jelas untuk para konsumen nya. mungkin dari sebagian masyarakan pasti ada yang sama seperti saya dan butuh kejelasan dan kepastian,
    mohon teruntuk Bpk. Presiden RI ir. Joko Widodo yang saya Hormati🙏🙏🙏
    jawabannya....

  • Aufar Nabil akhyar
    Aufar Nabil akhyar Hari Yang lalu

    Sehat selalu pak,indonesia bisa melewati semua ini Aamiin

  • Ahmad Ridho
    Ahmad Ridho Hari Yang lalu

    3 periode,, yg setuju mana jempolnya 😊

  • ATHLET mania
    ATHLET mania Hari Yang lalu

    Selamat malam bapak presiden,pertama saya turut berduka cita atas berpulangnya sang ibunda, semoga amal ibadah ibunda diterima disisi yang maha kuasa"
    Maaf bapak, saya sampaikan sedikit keluhan kami masyarakat yang punya cicilan ke BANK, terkait yang bapak sampaikan untuk memberikan keringanan bagi kami yang punya cicilan ke BANK,,supaya membuat produk hukumnya, supaya dasar hukum nya ada, supaya pihak BANK tidak mengejar2 kami,, mengapa sy sampaikan seperti ini, saya sendiri dan banyak keluhan teman2 yang lain merasakan keluhan yang sama,,
    Dengan segala hormat sy ucapkan terimakasih bapak presiden,,
    Semoga virus yang menghantui dunia ini cepat selesai ,
    "Tuhan selalu beserta kita "
    AMEN

  • i cho renu
    i cho renu Hari Yang lalu

    Bukti kan

  • DEDE MISBAHUDIN DARMARAJA SUMEDANG TV

    Alhamdulillah akhirnya pemerintah memberikan solusi terbaik dalan pencegahan dan penanganan dampak covid 19/virus Corona..Semoga Indonesia sehat dan jaya Selalu dan doa saya sehat selalu untuk Bapak Presiden Joko Widodo beserta Staff Kerja Kepresidenan Amien.. wassalamualaikum wrwb

  • Sigit Cahyono
    Sigit Cahyono Hari Yang lalu

    Aq dpt info dr tmn... Dr pihak lising kok hrz tetep byr...

    • Sigit Cahyono
      Sigit Cahyono Hari Yang lalu

      Apa dr bank tdk g prnh lihat berita pa ya

  • Yosep Candra Sinurat
    Yosep Candra Sinurat Hari Yang lalu

    Terimakasih Pak, mudah-mudahan segera berlalu krisisnya...
    Wartawan nya sudah ga di sorot lagi...

  • Uncle Dev VLOG
    Uncle Dev VLOG Hari Yang lalu

    Pak tolong pak bantuannya langsung dor to dor aja klo harus ngambil di sutu tempat tar yang ada malah bahaya karna malah bisa jadi penyebaran covid19 meluas, bisa kan para Rt&stafnya yang membagikannya dan kalo bisa jangan perkenalan keluarga aja yg dapet buat kami yg ngekos juga perlu bantuan bahan pangan & nonton pangan juga, 🙏mohon bantuannya pak🙏
    #jokowidodo

  • Lily budi hartato ato
    Lily budi hartato ato Hari Yang lalu

    Sehat selalu pak Presiden .

  • Agustin Silalahi
    Agustin Silalahi Hari Yang lalu

    Great 👍👍👍 Pak bagaimana mendapatkan kartu pra kerjanya?

  • Tony Sanjaya
    Tony Sanjaya Hari Yang lalu

    Harus ada pihak yang berkewajiban untuk memastikan bahwa Instruksi Presiden (yang bagus) ini dilaksanakan, yang kewenangannya meliputi level administratif terbawah. Yang ada sekarang ini baru pihak yang berkewajiban untuk memastikan bahwa Instruksi Presiden ini disiarkan agar masyrarakat tahu (dan agar tambah SUBSCRIBER).

  • Sby Cak
    Sby Cak Hari Yang lalu

    sehat sllu pak jokowi, president terbaik spnjang msa..

  • AGEN INFO
    AGEN INFO Hari Yang lalu

    Mohon Pencerahannya :
    Setelah melihat dan mendengar instruksi President mengenai keringanan kredit UMKM, saya Mencoba bertanya kepada salah satu staf bank pemerintah yg mengurusi kredit saya..
    Di jawab :
    Apa yang disampaikan Presiden itu ambigu,, apa lembaga keuangan akan ditanggung negara? (tidak) kelonggaran untuk restrukturisasi itu juga harus tetap bayar (katanya)
    Saya bilang : betul, yg namanya hutang harus tetap bayar, tp apa kebijakan untuk meringankan, agar nanti nya sama2 lancar?
    Dijawab : lha itu namanya restrukturisasi atau MOLORKE JANGKA WAKTU kredit tp itupun tdk mengurangi banyak angsuran yg dibayar. dan klu dihitung global jatuhna lebih banyak.
    Saya tanya : endingnya tidak ada kebijakan yg berpihak pada UMKM pak?
    Di jawab : ya itu restruk!
    Saya Semakin Bingung, senang mendengar apa yang disampaikan Presiden tapi Kecewa saat Menerima penjelasan yang di daerah...
    Mohon dibantu penjelasannya

  • Eti Eti
    Eti Eti Hari Yang lalu

    Terima kasih presiden ku.atas peryataan bpk.semoga di dgr oleh lesing2.dan decoletor.

  • Herman Susilo
    Herman Susilo Hari Yang lalu

    Gimana caranya, prosedur kami driver ojol mendapat keringanan pembayaran cicilan. Mohon diterbitkan prosedurnya, karena kami driver ojol akan tetap ditagih, karena prosedurnya blm tau

  • Zulhadi Zulhadi
    Zulhadi Zulhadi 2 hari yang lalu

    Tadi pagi sya kompirmasi ke deler MPM..katanya blom ada kompirmasi resmi dari OJK...sy tetap di tuntut untuk bayar ansuran...bge mna agar penangguhan ini ada buktinya dan di dengar oleh faince2 yg bersankutan..

  • Bibi Ramda
    Bibi Ramda 2 hari yang lalu

    🙏🙏 maap mau tanya ,, yg bapak presiden pidato betul ada nya.,,, sya ibu ramah tangga demi membatu suami buat memenuhi kebutuhan sehari hari saya dagang d sekolah ,, skrang sekolah d liburin sampai tgl 11 april jd tidak ada pemasukan tambahan skrng keluarga sy kerepotan keuangan ,, itu betul g yg bapak presiden pidato kn d yuotub ,, kalau d tv sya belum nonton bapak presiden pidato seperti yg ada d yuotub 🙏🙏🙏 ...

  • Yudi Heryandi
    Yudi Heryandi 2 hari yang lalu

    Ko di pelabuhan ratu Sukabumi nga berlaku, masih ada tagihan,kami harus ngomong kesiapan

  • Hani Anoy
    Hani Anoy 2 hari yang lalu

    bp persiden Jokowi tolong jngn di lokdown suami saya cari uwang dimn kita masih punya anak bayi kita masih punya cicilan motor tolong bpk Jokowi kasian rakyat kecil

  • Hatta Rjs
    Hatta Rjs 2 hari yang lalu

    Salam pak de
    Peringan kridit
    Berlaku di seluruh indonesia
    Apa di propinsi aja
    Trimakasih

  • Ayu Dewi Puspasari
    Ayu Dewi Puspasari 2 hari yang lalu

    Ya Allah semoga bapak Presiden Jokowi selalu di berikan kesehatan, kekuatan dan panjang usia untuk memimpin Indonesia. Pak kemana saya harus mengajukannya pak?

  • Risma Riski
    Risma Riski 2 hari yang lalu

    Slm hebat presiden q ,slm indonesia maju

  • AGAN DAJOH
    AGAN DAJOH 2 hari yang lalu

    idclips.com/video/E95k08UwPxE/video.html dan sensitizer atau antiseptic dibuat 1-2 % water peroxide, 4-5 %, alcohol/ethanol 50 $, sabun cair 5-20 % dan sisanya air cukup murah, kita buat dari tissues dilapisi plastik (sandwich), lapisan dalam dilubangi dengan pelubang kertas. cukup tak perlu N95 dan kerta bisa diganti non woven.pabrik polyethylen non woven di mojokerto. diminta buat bulky dan lebih tebal nonwoven

  • Danur nest all channel
    Danur nest all channel 2 hari yang lalu

    Semoga covid 19 hilang dari bumi Pertiwi sebelum ramadhan amiennn ya robal alamiennn.pa Jokowi saya mau nanya pa tentang kredit motor pa saya tanya ke pihak kredit masih harus bayar pa.gimana pa Jokowi saya kerja ojek online pa belum bisa bayar pa orderan sepi sekali pa sehari2 cuma bisa untuk makan saja pa.semoga pa Jokowi sehat selalu pa.maaf pa kalau saya salah pa

  • Dian Singgasana
    Dian Singgasana 2 hari yang lalu

    Mulai kpan penundaan cicilan d laksanakan.....????ini sangat memberi keringanan buat rakyat kecil sprti saya(efek bnget)

  • darto to
    darto to 2 hari yang lalu

    aslamlikm... kepada bapak yg saya hormati. bapak presiden pak joko widodo.. bagemana wirasuasta .gimana nasib nya pak.gemana mau bayar angsuran mobil. pak . prusahan yg saya bekrja untuk sementar di liburkan smua yg bekrja di kerta cepat jkt bndung.

  • Jonni Pane
    Jonni Pane 2 hari yang lalu

    ALLAH menyertai bapa presiden amin. Mohon perhatikan kami warga kalangan bawah dan menengah ini.

  • Hendy Rusliyanto
    Hendy Rusliyanto 2 hari yang lalu

    Mantapppp pak jokowiii,🤗🤗

  • PUTRA
    PUTRA 2 hari yang lalu +1

    Yang dimaksud dengan penundaan itu seperti apa pak? Soalnya saat ini leasing seolah tidak mau tahu. Dan tetap mengancam untuk menarik kendaraan. Padahal selama ini kita selalu bayar.

  • PUTRA
    PUTRA 2 hari yang lalu +1

    Assalamualaikum wr. Wb
    Untuk bapak jokowi, kebijakan bapak tentang relaxaxi kredit itu teknisny seperti apa pak, krn saya sebagai pengusaha transportasi benar" Tidak bisa jalan saat ini, dan pihak leasing/finance seolah tidak mau tahu dengan kondisi saat ini, dan mereka masih mengancam untuk menarik kendaraan apabila kita tidak bayar. Terima kasih. Tolong ditegaskan pak kepada pihak leasing seperti apa teknisnya

  • DIVIO CHANNEL
    DIVIO CHANNEL 2 hari yang lalu

    Pak lising masih banyak yg nagih

  • Sukran Padusan
    Sukran Padusan 2 hari yang lalu

    Mantap ......

  • Haji Abdurrahman Akbar
    Haji Abdurrahman Akbar 2 hari yang lalu

    Pak saya buruh harian tidak pernah dapat yang namanya bantuan dari pemerintah dari dulu tapi saya pendukung bapak semoga bapak sehat selalu

  • Rino Rizqan
    Rino Rizqan 2 hari yang lalu

    Alhamdulillah... Wilayah tulang bawang Lampung ... Harga pada naik sepeti telor bawang dan lainnya.. semoga tulang bawang bertahan seperti baja... Aamiin

  • Agung Wibowo
    Agung Wibowo 2 hari yang lalu

    Pak leasing masih nagih.

  • Herman Aditya
    Herman Aditya 2 hari yang lalu

    Mohon maaf 🙏
    Poin ke 8, apakah berlaku pada semua kredit atau gimana ?
    Mohon penjelasannya 🙏🙏
    Terima kasih Bapak Presiden Joko Widodo.

  • Kang Adong
    Kang Adong 2 hari yang lalu

    pa kenapa cuma ojol aja bgaimana dengan kami pedagang yg punya setoran mobil

  • Agus Supriyono
    Agus Supriyono 2 hari yang lalu

    1000% dukung jokowi 3 periode

  • Muh Tadi
    Muh Tadi 2 hari yang lalu

    Kalau.bantuanya bi5a 5ampe rakyatnya..
    5iapa yg 5etuju presiden se umur hidup

  • Bang Arvhy
    Bang Arvhy 2 hari yang lalu

    Brrti bagi yg punya angsuran KPR yg sdg brjalan...ttp wajib dibayar ya angsurannya??...mhon dijawab

  • Kuwat Santoso
    Kuwat Santoso 2 hari yang lalu

    Dari sekian banyak yg komen, tidak ada 1 pun yg di jawab oleh sekertariat president hehehhhe....

  • Dian Singgasana
    Dian Singgasana 2 hari yang lalu

    Maaf pak stlh ak tanyakan d bank ktax sampai hari blm d jalankn,ktax nunggu SK presiden turun,AP bnar.....

  • Puji Mulyani
    Puji Mulyani 2 hari yang lalu

    Assalamualaikum Wr Wb Pak Ir H Jokowo yg kami cintai semoga diberi kekuatan dalam mengahadapi cobaan Negara Kita ini. Pak Jokowi mau tanya : kalau Leasing tidak boleh menagih angsuran nasabah 1 th... kemudian dari Pihak Leasing apakah diberi keringanan juga untuk membayar kewajibannya ke Bank selama 1 th? Mohon solusinya juga Pak Jokowi.. maturnuwun.. Wassalam Wr Wb.

  • roi manalu
    roi manalu 2 hari yang lalu

    saya mau bertanya bagi yg tau berita ny PENGADAIAN mengikuti inpres sprti kata bpk presiden
    apa kah pegadaian juga ikut inpres sprti kata2 bpk presiden dalam video ini ??
    mohon bagi yg tau koment

  • Racel seluler
    Racel seluler 2 hari yang lalu

    Mohon maaf pak presiden buat aplikasi khusus untuk mengontrol perkembangan virus berbasis Al untuk mempercepat pencegahan dan pengobatan yang lebih efisien dan efektif untuk saat ini dan di masa depan Indonesia

  • Racel seluler
    Racel seluler 2 hari yang lalu

    Trus percepat infrastruktur logistik yang di butuhkan untuk mencegah virus Corona 19 penyebarannya di daerah di seluruh Indonesia, susun strategi agar ekonomi Indonesia tetap terjaga, trus sinergi semua ilmuan kesehatan dan ilmuwan ilmiah semua anak Indonesia satukan misi untuk menjaga kesehatan Indonesia

  • Dim'z chanel
    Dim'z chanel 2 hari yang lalu

    Pak jokowi. Dilapangan masih nunggu surat edaran dari OJK. Tolong direalisasikan pengumuman pak jokowi. Biar lesing tau.

  • Agus Sri Irwanto
    Agus Sri Irwanto 2 hari yang lalu

    Sebelum & sesudahnya sy ucapkan banyak trims sama bpk presiden jokowi a/n kelonggaran terhadap kami rakyat kecil,sy hanya buruh harian...maaf & bnyk-bnyk trims pak presiden..

  • Syahrul Chairul
    Syahrul Chairul 2 hari yang lalu

    Ini hanya di peruntukan untuk yg usaha ajh ya kalau yg pekerja pt atau retail ngga termasukk yaaahh😖

  • Bayu Creative
    Bayu Creative 2 hari yang lalu

    idclips.com/video/XiGOl85s1Vo/video.html

  • Irfan Saputra
    Irfan Saputra 2 hari yang lalu

    Berati kalau Kita punya pinjaman di apliksi online terdafttar di OJK atau otoritas jasa keuangan itu termasuk penundaan cicilan juga ya gan...kalau yang Tau tolong Bantu jawab gan

  • ega evandi
    ega evandi 2 hari yang lalu

    Sehat selalu pak Jokowi,

  • ega evandi
    ega evandi 2 hari yang lalu

    Ass, pak saya rakyat kecil, dri UMKM punya pinjaman KUR bank BRI , pa kah benar di pending selama 1 thn, pasar tutup, usha sepi,karna Corona, mohon penjelasanya pak.

  • Mas Imam
    Mas Imam 2 hari yang lalu

    Terbaik lah mantap 👍👍👍👍👍👍

  • Andriyani Fly
    Andriyani Fly 2 hari yang lalu

    Semoga Bpk Ri 1 Jokowi Tetap sehat dan slu dalm lindungan Alloh SWT AMIN AMIN AMIN YAROBBAL ALAMIN .

  • Verry Cahaya
    Verry Cahaya 2 hari yang lalu

    berlaku mulai kapan ini pak... tolong di segerakan..