AUDREY DAN BULLYING (FT. KAK SETO)

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 15 Apr 2019
  • Seto Muljadi adalah Ketua Komisi Perlindungan Anak Nasional, dan psikolog anak. Kami membahas kasus Audrey dan pelajaran apa yang bisa diambil dari kasus tersebut.
    ***
    Instagram: instagram.com/raditya_dika
    Twitter: twitter.com/radityadika
    Facebook Fan Page: facebook.com/radityadikapages?ref=hl

Komentar • 1 644

  • dek oma
    dek oma 6 hari yang lalu

    Tumen seto mulyadi palsu ga ada nongol

  • Vincents Iggy Prince
    Vincents Iggy Prince 15 hari yang lalu

    om radit.... KAK seto... 🤔

  • Felicia Lashira
    Felicia Lashira 16 hari yang lalu +1

    Betul ap kata Kak Seto "pelaku bullying bisa jadi korban dari lingkungan". D linglungan rumah memang kl ad sdkit ... teriak2in org, bahkan memang sengaja ditunjukkan rumah dari org yg sedang mereka teriak2in kepada anak kecil, sdh ditunjukkan plus makian2nya lg, anak kecil td jadi melakukan bullying jg pdhal tdk tau apa2 dan mereka jg anak sekolah, bahkan anak tetangga jg pernh teriak2 pakai bhs binatang dan skr sdh rmja mulutnya makin hebat bahkan mesum, blm lg adikny yg masih balita dan balita2 yg tinggl d situ jg suka teriak2 yg tdk pantas. Pas teriak2in tetangga jg d situ ad ank kcil bahkn ikut nyinyir. Yg begini ap tdk bisa ditindak RT atau mungkin polisi yg jg tinggal d lingkungan tersbut, anak kecil yg sering bullying d lingkungan rumah ad kmungkinan jg melakukan d sekolah. Kl tdk enak kn ad ancaman hukumanny walaupun korbannya bukn ank d bwah umur. Ini kl begini bisa dilaporin k mn, kasihan generasi penerus bangsa, sy dgrnya geram kok bisa ank kcil dilibatkn.

  • Sherly Marchareva
    Sherly Marchareva 19 hari yang lalu

    kak aku sering di bully di sekolah aku aku kelas 1 smp aku pernah bangku aku di lemin untung temen sebangku aku ngsih tau jadi aku gak jadi asalnya aku mau ke BK tapu dari pada manjang jadi aku diem aja:(

  • Nabil 2108
    Nabil 2108 19 hari yang lalu +1

    Prank satu indonesia, mantap kamu audreyy👍👍👏👏

  • Alvaizy Paputungan
    Alvaizy Paputungan 22 hari yang lalu +2

    Tapi juga biasanya pas habis lapor ke guru atau orang tua si pembully, abis itu dia di marahin dan sebagainya, malah dianya lebih membully lagi si korban

  • Faisal Furqon
    Faisal Furqon 24 hari yang lalu

    Blm aja di sleding

  • Rivan Fairuz
    Rivan Fairuz 24 hari yang lalu

    04:55 akhirnya bisa mendengar kak seto bilang kata kata sakral lanjutkan kak seto sledingnya

  • nindia chairunisa
    nindia chairunisa 28 hari yang lalu

    kasus bullying memang susah untuk dihilangkan sepenuhnya. jika bicara sebagai korban bullying, dia pasti merasa tertekan dan trauma, tidak hanya mempengaruhi kesehatan mentalnya saat dibully tetapi juga pasca di bully. para korban biasanya menjadi pendiam dan kurang percaya diri didalam lingkungkannya. mungkin tidak terlalu sulit untuk melaporkan tindak bullying yg dia terima, namun tdk menutup kemungkinan saat para pelaku bullying yg mndapat sanksi contohnya oleh sekolah biasanya melakukan bullying lebih keras dan biasanya orang lain yg bukan pelaku bullying tdk mau berteman dg korban bullying karena takut nantinya ikut terlibat dilaporkan apabila tidak sengaja menyakiti perasaan korban bullying. seperti halnya yg terjadi apabila menjadi pelapor bullying, bisa jadi dia yg akan jdi korban bullying selanjutnya dan tidak dipercayai teman lainnya karena menjadi tukang lapor. jika dari posisi pelaku bullying, mungkin saja apa yg dilakukannya adalah bentuk perilaku yg dia lakukan karena dia ingin mendapat perhatian yg tidak dia dapat di keluarganya. ataupun bisa jadi perilaku bullying yg dia lakukan adalah bentuk perkembangan karakternya yg belum sempurna. contohnya saat dia kecil dia sudah melakukan bullying pada teman2nya namun orangtuanya yg mengetahui biasanya menganggap anak itu hanya bermain-main sehingga perilaku bullying tersebut dianggap biasa saja dan dianggap bukan perilaku yg buruk sehingga menjadi kebiasaan sampai dia dewasa. biasanya pelaku bullying lebih disegani oleh teman-teman lainnya dan banyak yg ingin berteman dengannya karena mungkin takut menjadi korban bullynya. hal tersebut juga menjadikan banyaknya korban bullying yg tidak memiliki teman. menurut saya, pelaku bullying juga bisa menjadikan seseorang menganggap bahwa dirinya benar dan apa yg dia lakukan sekarang atau nantinya juga benar.

  • Alexandra Graciela
    Alexandra Graciela Bulan Yang lalu

    31:14 excuse me?

  • Fahmi Fsyah
    Fahmi Fsyah Bulan Yang lalu

    Saya juga korban bullying dari Smp - Sma (cupu bgt dah gua)...

  • the sad guy from the east
    the sad guy from the east Bulan Yang lalu

    Idolaku

  • Mangaraja Nasution
    Mangaraja Nasution Bulan Yang lalu +1

    Bungkam pembunuhan anak 21-22 Mei..

  • Datu Tangkeallo
    Datu Tangkeallo Bulan Yang lalu

    sering-sering ya bang buat PORD yang buat kita bisa nambah banyak pengetahuan dan belajar kaya gini🤙

  • jaka utama
    jaka utama Bulan Yang lalu

    Sekarang lebih cocok di panggil kek seto

  • Erol Sultan
    Erol Sultan Bulan Yang lalu

    Biasanya suara orang yang Mau membela pembulian gak kedengeran, biasanya seorang pembuli itu tingkatannya diatas, misalnya ketua osis dll

  • Kim Jong Un
    Kim Jong Un Bulan Yang lalu

    Halo semua ini saya Kak Seto asli

  • inddry kecipput
    inddry kecipput Bulan Yang lalu +1

    Radit : cari semut yg Bintang nya libra. 🤣🤣🤣🤣 skalian aja cari semut yg hobby nya ngevlog 🤪

  • Farhan Agassi
    Farhan Agassi Bulan Yang lalu

    this is a content we need

  • jaka petir
    jaka petir 2 bulan yang lalu

    kangen SI KOMO.. !!! ....

  • Pakar Netizen
    Pakar Netizen 2 bulan yang lalu +2

    *maaf, itu kak seto yg asli atau bukan ya?...*

  • fivnxx yt
    fivnxx yt 2 bulan yang lalu +2

    itu yg dislike videonya bang radit gw mau nanya, knp bisa sampe dislike?

  • Kipas ColmeX
    Kipas ColmeX 2 bulan yang lalu

    Waduh aku cinta kamu bang dika

  • Tresna Ananda
    Tresna Ananda 2 bulan yang lalu

    Bang undang mbak najwa dong

  • Baqi Store
    Baqi Store 2 bulan yang lalu

    Pord sm bu elly risman dong @radityadika

  • Bagus Setiyanto
    Bagus Setiyanto 2 bulan yang lalu

    Bukan kak seto lagi ini mah tapi mbah seto

  • gIzaa
    gIzaa 2 bulan yang lalu

    Bermanfaat banget bang radit 👍👍👍👍

  • Bird Tozz
    Bird Tozz 2 bulan yang lalu +2

    Saya berterima ksh krna saya prnh di bully,di krna kan saya jd korban bully saya skrg jd lbh sadar dan lumayan percaya diri "blessing in disguise" :D

  • NPN Channel
    NPN Channel 2 bulan yang lalu

    KENAPA KAMERAMENNYA GAK DIKASIH MINUM???????HIYA HIYA HIYA

  • Amalia Mataufani
    Amalia Mataufani 2 bulan yang lalu +2

    Bingung, channel yg kaya gini subscribernya dikit dibanding channel sebelah yg udah no 1 se asia. What's wrong with these ppl😅

  • choirunnisa icaa
    choirunnisa icaa 2 bulan yang lalu

    Nonton tanpa skip. Ilmu baru yang berfaedah banget.. 👍

  • AXEL YUDARLIS BAASITH
    AXEL YUDARLIS BAASITH 2 bulan yang lalu

    Entar gua bikin kompetisi di antara anak anak gua biar nyaman di rumah

  • aldi kanful
    aldi kanful 2 bulan yang lalu

    Kak Seto gak tua gak muda intinya susah tua

  • Abubakar Abdillah
    Abubakar Abdillah 2 bulan yang lalu

    Kalo gw gini posisinya pisik gw sih lumayan cumannn gatau kenapa ketika gw dikata-katain gw gak berani mukul (untung gw gak baperan)

  • Ginanjar Widhi A
    Ginanjar Widhi A 2 bulan yang lalu

    Maaaaf Kak seto itu rambut benar g ? Saya sudah lihat 30th

  • Ridwanda Yudi Azhara
    Ridwanda Yudi Azhara 2 bulan yang lalu

    Sekarang mos udh ga ada bang di smp sma... Dan gw angkatan terakhir yg ada mos... Kan kmvrt... 😂😂

  • bagus condro nugroho
    bagus condro nugroho 2 bulan yang lalu

    udah tua kok masih dipanggil kak..wkwk

  • mimin ayee
    mimin ayee 2 bulan yang lalu +6

    Request podcast ttg homeschooling dong bang

  • Jeff Johar
    Jeff Johar 2 bulan yang lalu

    Setuju banget Kak Seto bedaiin yg namanya "bully" versus "kekerasan"

  • Seto Mulyadi
    Seto Mulyadi 2 bulan yang lalu +2

    Wkwwkkw gua masuk tipi

  • Rasya Putra Rasya Putra
    Rasya Putra Rasya Putra 2 bulan yang lalu

    Mas radit gimana sih cara nya untuk bisa konsul ke ka seto.aku ada masalah sedikit yg aku ingin konsul kan .tentang sesuatu yg membuat anak ku tertekan dan mulai murung ...karna fitna tetangga .yg membela anak nya yg salah dan di timpahkan ke anak kita .dan menghasut ibu ibu agar anak nya tdk bermain dengan anak sy .dan menyuruh anak nya untuk pengaruhi teman teman nya untuk menjauhi anak sy .karna tdk mau melihat anak nya yg salah dan melimpahkan ke orang lain

  • REX Yeager
    REX Yeager 2 bulan yang lalu

    Kak Seto: Namanya juga Kids jaman Now...

    Just kidding :v

  • Zikushi Ka
    Zikushi Ka 2 bulan yang lalu

    Kak Seto:yayayayayayayayayayayayayayayayayayayayayayay

  • penikmat kopi
    penikmat kopi 2 bulan yang lalu

    Bener kata Kak Seto. Orangtua harus jadi sahabat untuk anak. berdialog dan bergaul dengan baik dengan anak. Orangtuaku, khususnya Ibu adalah satu-satunya sahabat bagiku. Ibu jadi sahabat dimana berposisi menjadi orangtua dan teman. Jadi, sebagai seorang anak kita merasa mempunyai perlindungan, tempat berkeluh kesah, mendapatkan perhatian dan kasih sayang yang lebih maksimal. sebagai orangtua juga harus menjadi pendengar yang baik dan tidak menghakimi kisah si anak. sehingga anak tidak merasa dihakimi, karena beberapa kasus yang pernah aku tahu, beberapa anak malas, takut cerita dengan orangtua karena beberapa dampak setelah menceritakan masalah tersebut.

    Intinya. menjadi sahabat, tempat cerita, pemecahan masalah merupakan hal yang sangat dibutuhkan seorang anak, yakinlah kalau orangtua sudah berada diposisi yang seharusnya, anak akan terhindar dari pergaulan yang tidak baik. bahkan, merasa tidak membutuhkan pacar, ttman, apalah itu. karena perasaan sayang dan perhatian itu sudah didapatkan dari orangtua. sehingga, anak tidak merasa membutuhkan hal-hal seperti itu dari sosok seorang pacar.

    ;)

  • Belok Kiri
    Belok Kiri 2 bulan yang lalu

    Kak seto kok sopan bngt, sama pak jokowi sopanan siapa ya??

  • Rona Pulau
    Rona Pulau 2 bulan yang lalu

    Sejujurnya ini jadi pelajaran buat aku sebagai seorang pendidik, akan berusaha lebih memperhatikan lagi tingkah laku anak2 yang tidak baik terutama bullying🙏🙏🙏

  • Edy Zanki
    Edy Zanki 2 bulan yang lalu

    Saya pernah di buli dari kecil dan paling parah pas smp, buli mulai berhenti pas saya smk, di situ saya cari teman teman yang lebih menjaga perkataan nya... Kurang lebih kaya gitu,

  • Hanaroo
    Hanaroo 2 bulan yang lalu

    Jadi inget si komo, apa kabar ya dia?

  • kim nabilah
    kim nabilah 2 bulan yang lalu

    Kita sebagai anak bukan gak cerita, tapi gak bisa cerita, karna banyak orang tua yang gak ngerti tentang ini dan nuntut akademi dari kita, mangkanya kita semua juga milih buat gak cerita karna kita juga mikir 'emang bakal peduli?'

  • FEBRIL PUTRA
    FEBRIL PUTRA 2 bulan yang lalu

    Sleding

  • March Asadea
    March Asadea 2 bulan yang lalu

    aku juga korban bullying dan selalu gabisa ngebela diri dan efeknya sampe sekarang, semoga para pelaku cepet sadar yah uhuhuh

  • Habilian 14
    Habilian 14 2 bulan yang lalu

    Kak radit gue mau tanya kalau misalnya kita sudah melapor,tetapi guru sudah memberikan sanksi kepada anak yg melakukan pembullyan tdi, masih melakukan juga bullying terhadap anak dibully itu apakah anak yg membully itu ada ganggguan psikologi?

  • Hasbuna Mukminin
    Hasbuna Mukminin 2 bulan yang lalu

    sebenarnya kualitas yang di bicarakan oleh kak seto sudah ada dari zaman dahulu solusinya atau mungkin akan menjadi pilihan pertama adalah pesantren kalau menurut opini saya. ada ustadz yang menjadi pemerhati lalu ada kakak kelas yang saling menjaga ada juga ketua kamar yang menjaga juga lingkungan terjaga juga apa lagi yang kurang dari pesantren

  • BORNEOBOI
    BORNEOBOI 2 bulan yang lalu +1

    Daripada MOS, mendingan buat acara pertemuan 1 sekolah, entah itu tour keluar kota atau camping, kegiatan positif yg bisa ngasilin komunikasi, solidaritas🙏

  • Telview ACC
    Telview ACC 2 bulan yang lalu +1

    Saya jg pernah jd korban bullying wkt SMP, entah knp tmn2 cowo suka teriakin aku pacar ini lah, pacar itu lah, klo aku lewat diketawain lah. Padahal mereka 1 angkatan bkn senior, itu waktu aku kelas 1. Aku heran & ga ngerti tp untungnya aku ga jd down & ga mempengaruhi semangat aku utk ttp sekolah. Klo mereka ngebully aku, aku tetap jalan aja, cuek, ga takut apalagi smp nunduk. Puncaknya sekali waktu aku labrak salah 1 dari mereka (ketuanya mgkn krn dia yg paling garang) akhirnya setelah itu ga ada yg berani ngebully aku lg. Pas kelas 2 & 3, ada bbrp yg sekelas sm aku jg ga berani bully aku lg krn aku pun tegas ke mereka. Tentunya dgn menunjukkan bahwa aku lbh baik dr apa yg mereka kira & bilang selama ini. Buat tmn2 yg skrg jd korban bullying, come on jgn takut.Klo ga berani lawan, ikutin saran Kak Seto. Buat Kak Seto, sehat selalu. God bless Kak Seto.
    Buat #radit, para comedian termasuk pelaku bullying jg ga? Soalnya kan suka ngata2in org lain, mgkn buat bikin lucu2an tp kita kan ga tau hati org yg dikatain itu gmn

  • nisaul utmawati
    nisaul utmawati 2 bulan yang lalu +5

    Perlu setiap sekolah setiap semesternya ada parenting.

  • Zic_
    Zic_ 2 bulan yang lalu

    Waktu aku kecil di sekolah mah di tonjokin mulu gue sama temen2 gue.

  • Channel Aysha
    Channel Aysha 2 bulan yang lalu +1

    Hai,apa hanya aku yang umurnya -15 🙂

  • FA CHANNEL
    FA CHANNEL 2 bulan yang lalu

    Bro2 gore mans suarnya dude?.

  • Li - a
    Li - a 2 bulan yang lalu

    Ada yg mikir ga si, definisi disebut 'anak' dg ketentuan 18 thn sudah harus dipikirkan kembali untuk jaman sekarang ini ?

  • veee yuniar
    veee yuniar 2 bulan yang lalu +9

    Gue pernah tuh ngelapor dibully, eh malah gue makin dibully, dikata2in tukang ngelapor trs dilabrak -__- kurang efektif sarannya

    • Asri Anugerah Gustini
      Asri Anugerah Gustini Bulan Yang lalu

      seharusnya sih tukang lapornya dilindungi juga jadi ga merasa terancam dr pihak pengancamnya

  • Rangga Ekaprasetya
    Rangga Ekaprasetya 2 bulan yang lalu

    ngapain jg analoginya mesti ke Avengers? wkwkwkwk

  • Asyeh Fatma
    Asyeh Fatma 2 bulan yang lalu

    Bang... sekali2 poccadsnya sama Ippho Santosa dong

  • Gita V. Paramita
    Gita V. Paramita 2 bulan yang lalu

    Kak Seto udah tua ya :( astaga udah jarang lihat

  • Mbas Nibras
    Mbas Nibras 2 bulan yang lalu

    Sebagai anak,, entah knp aku nonton ini malah nangis (* ̄︶ ̄*)

  • Seeto Mulyadi
    Seeto Mulyadi 2 bulan yang lalu +1

    i=nice

  • Rizkiya Indah Putri
    Rizkiya Indah Putri 2 bulan yang lalu +15

    Gue baru bgt nonton ini serius, gue cuma mau bilang bang di sekolah gue klo ngadu ke guru cuma gara2 di bully gurunya langsung bilang “apaan si dikit2 ngadu” lah gimana :(

  • Sketsa Griya
    Sketsa Griya 2 bulan yang lalu

    Wah wahhh konten mantab mas Radit. Aku yakin akan datang hari mas Radit jadi menteri.

  • Irfansyah Putra
    Irfansyah Putra 2 bulan yang lalu +2

    Kak Seto Suaranya kaya rekaman wkwkwk

  • Dyan Safii
    Dyan Safii 2 bulan yang lalu

    Next PORD bareng komo ama ulil bang😁

  • Ditto Lockwood
    Ditto Lockwood 2 bulan yang lalu

    Gw pernah sih ngebelain temen yang di Bully sama cowok satu kelas. Yang di dapet malah gw ikutan di bully dan di jadiin sasaran baru.

  • Ditto Lockwood
    Ditto Lockwood 2 bulan yang lalu

    Gw ngakak pas Kak Seto bilang
    "Disebut nama orang tuanya"
    Gw tau kalian pernah ada di masa itu 😅

  • Fadhila Trifani
    Fadhila Trifani 2 bulan yang lalu

    kak seto panjang umurnya selalu. semoga ada banyak penerus kak seto

  • Dieny Rahmi
    Dieny Rahmi 2 bulan yang lalu

    dengerin pake headphone, dan suara kak seto enak banget hahaa bagus buat penyiar radio

  • Abdurrahman Elajami
    Abdurrahman Elajami 2 bulan yang lalu

    Konten paling berfaedah dari channel ini

  • Wishnu Fajar pratama
    Wishnu Fajar pratama 2 bulan yang lalu

    oke

  • Prananda Firdaus
    Prananda Firdaus 2 bulan yang lalu

    Saya juga jadi korban bullying saya dulu pengen nya homeschooling tapi ngk boleh sama ayah saya finally efek dri bullying di sma buat saya down

  • Eneng Kepo
    Eneng Kepo 2 bulan yang lalu

    Dari tk sampe 6sd aku sering dibully.. imbasnya sampe sekarang kalo ketemu orang banyak aku takut😅tapi gapapa aku ikhlas

  • Kimsoo bae
    Kimsoo bae 2 bulan yang lalu

    Dulu aku di bully, pas kls 3 SD inget bgt njir.. Duduk tiap minggu di rolling.. Kbtulan ktemu sm tmen duduk yg cntik parah kliatan baik tp jahat bgt.. Suka nyubit,melotot,ngata2in, meja brsama aja dia ksh batas,, dianya luass akunya sempit tp aku engga berani.. Sabar2in diri smpe 1minggu 😥

  • Kru Kra
    Kru Kra 2 bulan yang lalu +1

    Teman saya mau minta makanan sama teman saya terus ga dikasih teman saya mau ditampol :v

  • Muhammad Hammam
    Muhammad Hammam 2 bulan yang lalu

    cerdas banget ini... makasih kak seto

  • Vixionz 777
    Vixionz 777 2 bulan yang lalu

    ntah klo gw liat kak seto bs ngakak sndiri sense of humornya mang luar biasa panutanku yang satu ini

  • Kim she501
    Kim she501 2 bulan yang lalu

    kalo korban dari ekonomi bawah gimn? rata" orang tua dari ekonomi itu dan sibuk kerja denger keluhan anknya yg begitu mereka malah jawab "tahan aja, biarin, ngx udah di eroin,kamu bisa nyelesain sendiri" si ank udah tepuruk duluan dan cm bisa nyalahin diri sendiri.

  • Mr. A F
    Mr. A F 2 bulan yang lalu

    dimana mana bullying.. youtube aja banyak bullyingnya... wkwkkw sayangnya kalo gue yg dibully udh kebal.. gk ngefek :v

  • Syaiful Musa
    Syaiful Musa 2 bulan yang lalu

    Wawancara terbaik yg saya liat.. i like..

  • Dons!
    Dons! 2 bulan yang lalu

    mantap dah hujut hulup, di angkatan gue bahkan ada yg sampe pindah wkwk

  • An -one-
    An -one- 2 bulan yang lalu

    Bang lanjut podcast sama orang orang pentingnya

  • Flindo BK
    Flindo BK 2 bulan yang lalu

    Did u hv a good time at school today?. Itu pertanyaan saya ke anak tiap hari.

  • amalia rosyidah
    amalia rosyidah 2 bulan yang lalu +3

    Menit 7:19 Bang Radit klo kata khalil gibran gini:
    Anakmu bukan anakmu
    Mereka adalah anak dari kehidupan yang ingin menjadi diri mereka sendiri
    Mereka datang melaluimu, tapi bukan darimu
    Dan meskipun mereka bersamamu, mereka bukan milikmu
    Berikanlah cintamu, tapi bukan pemikiranmu
    Karena mereka memiliki pemikiran mereka sendiri
    Berikanlah rumah bagi tubuh mereka, tapi bukan jiwa mereka
    Karena jiwa mereka adalah milik rumah masa depan, yang tak bisa kau kunjungi, tak pula dalam impianmu
    Kau bisa berusaha menjadi seperti mereka, tapi jangan jadikan mereka sepertimu
    Karena hidup tidak berjalan mundur atau tenggelam di masa lalu
    Dan seterusnya......

  • Fahmi Firdaus
    Fahmi Firdaus 2 bulan yang lalu +11

    THX yang udah mau baca komenan gw. GUE mau nyampein KEJADIAN FAKTA disalah satu TK.
    . . . (BACA SELENGKAPNYA) KALO kalian SETUJU, komen ya buat SHARING
    jadi inget waktu KKN dulu, gw ikut ngajar TK didesa bersama guruny aje riwehny minta ampun. bocah2 pada rame sampe ada yang tengkar aj gw kebingungan, apalagi disatu kelas dg banyak siswa TK, guruny cuman satu, gimane tu ngatasinnye. disini gw kedapetan 2 anak yg keliatannya akrab dan itu kalo gw amatin, satu anak si A tertekan dideketin ama anak si B yg sebenarnya si B akrabny tu salah yg slalu nonyor si A. tapi menurut si B fine2 aj, melainkan si A risih dan bahkan pandangan gw males sbenarny temenan ama si B, dan si A terpaksa temenan ama si B karena ntar takutny ditoyor2. DAN disini banyak guru yang terlewat ama kondisi-kondisi anak si A tersebut. paham ga maksud gw kalian? hehe. BAHKAN banyak menurut gw kejadian seperti ini di sekolah, ga di TK aj.

    • Asri Anugerah Gustini
      Asri Anugerah Gustini Bulan Yang lalu +1

      balik lagi mas, Indonesia kekurangan sumber daya manusianya. Mau berapa kali ada tes CPNS, tetep aja yang kesaring orang2 terbaik. Indonesia juga seharusnya kembali lagi ke kebijakan KB (2 anak cukup) karena rasio pengajar dengan pelajar itu jauh banget. Sering kan kita denger2 di daerah banyak banget sekolah punya kelas banyak, 1 murid isinya 30 lebih tapi yg diajar cuman 1. Mungkin seharusnya pihak sekolah juga mencoba bekerja sama dengan lembaga non profit yg concern dibidang pendidikan, ajak beberapa relawan buat tugas disekolah tersebut, sehingga walau sedikit orangnya atau masa waktunya sebentar, tenaga dan waktunya terbantu.

    • ajang hendra
      ajang hendra 2 bulan yang lalu

      Paham pak

  • Dede Andrie
    Dede Andrie 2 bulan yang lalu

    Masih banyak yg tidak PAHAM apa yg di maksud BULLYING dan banyak banget yg tidak sadar tentang Prilakunya di internet itu termasuk dalam Bullying juga. contohnya berkomentar menghujat,menghina,mengancam dan menghakimi seseorang padahal dia tidak tahu akar masalahnya seperti kasusnya audrey ini.

  • BUKAN GAMER
    BUKAN GAMER 2 bulan yang lalu

    Pemerintah harus mewajibkan setiap sekolah untuk mengAdakan satgas anti bullying

  • dhita wulan
    dhita wulan 2 bulan yang lalu +72

    aku memang belum jadi orang tua, tp sekarang sudah concern dg komunikasi yg berkualitas. karena sadar bahwa aku tidak mendapatkan komunikasi yg cukup berkualitan dg orang tua, jadi aku mulai menerapkan komikasi yg berkualitas dg adekku. jadi meskipun ga sering2 banget ngobrol, tapi tiap ngobrol itu holistik dan akhirnya adekku jadi nyaman gitu ceritanya..
    kalopun susah buat ngubah mindset yg dulu2, mulai dr sekarang ini kita ubah perlahan biar kedepannya ga banyak perilaku bullying yg sebenernya karena masalah komunikasi yg kurang berhasil...

    • Amalia Mataufani
      Amalia Mataufani 2 bulan yang lalu +1

      Setuju bgt. Aku berangan2 kalo nanti punya keluarga bisa kaya keluarga2 di luar negeri gitu. Kalo ada apa2 diomongin, duduk bareng, cari soluso bareng, jadi sama2 enak. Padahal keluargaku ga begitu. Aku cuma bisa ngobrol enak apapun itu(entah masalah/cuma ngomongin kehidupan seharihari) sama bapak soalnya :)

    • Rico Minio
      Rico Minio 2 bulan yang lalu

      kamu kan calon orang tua dari anak-anak kita :)

  • dhita wulan
    dhita wulan 2 bulan yang lalu +1

    Nah ini loh rasanya pengen banget mamak gue suruh dengerin gini.
    Orang tua itu juga manusia, mereka bisa keliru, bisa salah. Jadi jangan melihat dr sisi kesalahan anak aja 😭😭😭
    Mayoritas stigma masyarakat masih gini banget, sudah sih tiba2 ngubah mindset gini 😭😭😭

    • dhita wulan
      dhita wulan 2 bulan yang lalu

      @Kimsoo bae iya bener tuh, diceritain etapi diceritain lagi sama orang lain dg tambahan penyedap rasa.. makin endoll beritanya..

    • Kimsoo bae
      Kimsoo bae 2 bulan yang lalu

      Yg di inget cuma negatif nya aja.. Parah lg kalo smpe di umbar ke temen arisan.. Atau sanak sodara..

  • Media Putri
    Media Putri 2 bulan yang lalu

    Disekolah sempet disuruh ngapail uud uud pemerintahan, kenapa ga belajarnya tenta uud anak aja ya kan jadi tau gitu

  • krisma pamungkas
    krisma pamungkas 2 bulan yang lalu

    Karena banyak anak" jaman sekarang jdi brengsek (maaf)....justru dri ajaran dan keteledoran dri orang tuanya,,kalau dri lingkungan itu no 2...yg terpenting itu keluarga.

  • akun baik
    akun baik 2 bulan yang lalu

    mungkin subsribenya gak nambah dengan cepat dan dengan membabi buta tapi chanel ini sangat bermanfaat .

  • Danang Mardiyono
    Danang Mardiyono 2 bulan yang lalu +1

    Masalahnya adalah pembully itu tidak sadar bahwa apa yang mereka lakukan itu sebuah tindakan bullying.

  • Jonathan Baskara N.P
    Jonathan Baskara N.P 2 bulan yang lalu

    Duduknya keliatan jauh jauhan seakan bang radit takut di sleding. Heheheh bercanda

  • media eliza
    media eliza 2 bulan yang lalu +74

    Pantes maudy ayunda pintar, wong orang tua dia persis seperty kak seto, menjaga komunikasi 👏👏👏