Pandangan Mantan Hakim MK Terkait Prediksi Gugatan Sengketa Pilpres 2019 - AIMAN

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 30 Mei 2019
  • Jurnalis KompasTV mewawancarai Ketua Mahkamah Konstitusi (2013-2015), Hamdan Zoelva terkait kondisi jelang pengumuman hasil Pemilu 2019. MK pernah membuat sejarah dengan membatalkan pemenang Pemilukada Kab. Kotawaringin Barat pada Juli 2010. MK langsung menunjuk pihak yang kalah menjadi pemenang Pilkada.

    Keputusan tersebut diambil setelah melihat kecurangan terjadi secara terstruktur, sistematis dan masif (TSM) di seluruh kabupaten. Jika diulang, hasilnya sama saja. “Pelanggarannya tidak bisa ditolerir, karena sedemikian besar. MK memutuskan pemenang didiskualifikasi. Itu satu-satunya kasus yang putusannya demikian sepanjang sejarah MK,” ungkap Hamdan.

    Apakah kecurangan secara TSM juga dapat terjadi pada Pemilu 2019? Hamdan menyatakan hal itu sulit dibuktikan dengan perbedaan suara antar paslon sebanyak 10 juta suara. Pasalnya, hal itu menunjukkan pembuktian yang harus dilakukan pada puluhan ribu TPS.

    Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

    Media social Kompas TV:
    Facebook: facebook.com/KompasTV
    Instagram: instagram.com/kompastv
    Twitter: twitter.com/KompasTV
    LINE: line.me/ti/p/%40KompasTV

Komentar • 1 501

  • Yon Wisra
    Yon Wisra 8 hari yang lalu

    Jika tsm sulit di buktikan... pemilu Indonesia kedepannya pasti kacau

  • Joey Bila
    Joey Bila 10 hari yang lalu

    mendingan curang sekalian ,pembuktiannya susah ,pemilu 2024 berlomba lomba curang

  • Andhika Bayu
    Andhika Bayu 11 hari yang lalu

    "Yang mendalilkan WAJIB untuk membuktikan."
    Ini pas mendalilkan oke, sayang buktinya serba impoten, giliran ngasih argumen eh malah pd ngelawak semua saksinya, hadeuh......

  • Eros Ramun
    Eros Ramun 12 hari yang lalu

    Yg curang pasti menang. Kan indo banyak anjingnya

  • Chaniago Fams
    Chaniago Fams 13 hari yang lalu

    Hamdan kan temannya hakim2 MK sekarang...
    Wajarlah kalau dia beropini yang membela MK....
    Hahaha..😆 lol..!!

    • Pujianto Pujianto
      Pujianto Pujianto 11 hari yang lalu

      Ini bukan pertemanan.Hakim memutuskan atas data dan fakta berdasarkan KUHAP. Belajarlah hukum yang baik agar menjadi orang yang bijak, cerdas dan santun

  • Alek Sandi
    Alek Sandi 13 hari yang lalu

    Bagai mana pak .para elit politik kita .sekolah DR .apakah rela negara kita di pinpin rejim dolim .apa uud.

  • Denny Ramli
    Denny Ramli 13 hari yang lalu

    BAJINGAN LOE pAK hamdan,menjijik kn MUNAFIK

  • Jamin Pakaja
    Jamin Pakaja 13 hari yang lalu +1

    bubarkan aja MK ga ada fungsi apa2 MA juga dari kubuh zolim yah.. kedaulatan rakyat telapak kaki pwnguasa

  • Marisa Kodir
    Marisa Kodir 14 hari yang lalu

    Kemungkinan curang

  • HKS Speed
    HKS Speed 15 hari yang lalu

    MK kopet.
    bubarkan saja sampah itu

  • Meshaal Gibran
    Meshaal Gibran 15 hari yang lalu +1

    Hukum itu sudah benar, tapi yang curang aja yg salah dn akan ttp menjadi kalah..
    Alhamdulillah yg benar sudah menag dn yg kalah introspeksi dirilah.

  • Jumadi Akbar
    Jumadi Akbar 15 hari yang lalu

    kita kita Rakyat indonesia dan anda di mana" propesi anda...yang pintar dan yang pintar sekali....tapi sayang kepintaran anda telah di nafikan dan yang kasar sekali anda telah di kencingi oleh barisan hantu" kepala banteng dan di kencingi oleh mahkamah konstitusi yg di namakan....mereka mereka ini telah membuta tuli kepada suara Raktat...malu aku malu pada semut merah...aku tidak di pilih rakyat ingin berkuasa lagi...buta apa tuli.....? ini umpama menetaskan telur telur tabuan kuning yg ahirnya nanti anak2 tabuan itu berterbangan di mana"....dan menyengat kamu semua....camkan itu....!!!

  • Adih Serang
    Adih Serang 15 hari yang lalu

    Sarua bae si eta geh

  • sunarko sunarko
    sunarko sunarko 15 hari yang lalu

    Jelas prabowo yang menang

  • um shams
    um shams 16 hari yang lalu +1

    matamu buta mk benar 2 buta insyaallah allah mebutakan mata hatimu apakah kurang jelas kecurangan daras munafek ngga takot kesumpahmu

  • Suryadi Lubis
    Suryadi Lubis 16 hari yang lalu +10

    Kan mo di buktikan TPI g da kesempatan saksi yg boleh cuma 15...ini typu semua SDH lah .. MK..breknsek
    Curang... sontoloyo... Allah ya Robbi segerakan azab buat mereka pencurang...dan siapa saja yg ikut glombang curang...tak terkecuali siapapun...dia... brengsek semua...penghianat,...//

  • rohul akbar
    rohul akbar 16 hari yang lalu

    MALES LIHAT MK TENYATA ENEG. PREEET.

  • Jufgan Musa
    Jufgan Musa 17 hari yang lalu

    Z tdk perca orang ini.

  • adi pille
    adi pille 17 hari yang lalu

    proses sidang MK emang di siarkan lgsg, tp bukti video kok g di publikasikan sama rakyat, padahal byk rakyat yang tahu..

  • mukti rasyid
    mukti rasyid 17 hari yang lalu +1

    Masa bukti begitu banyak dan terang semua org juga tau masih dibilamg ga ada bukti siaa ug bodoh

    • lina nurhasanah
      lina nurhasanah 17 hari yang lalu

      9 hakim meminta bukti fisik kentut sampe kiamat pun gk bakalan nemu ,cuma hidung yg bisa membuktikanya

  • nur evianto
    nur evianto 18 hari yang lalu +1

    ayo pak prabowo bwa masalah ini ke mk internasional jangan diam aj ....

    • istina mailinda
      istina mailinda 16 hari yang lalu

      Tahu gak mahkamah internasional itu ngurusin apa? Ada brapa?

  • H. Acep Edo
    H. Acep Edo 18 hari yang lalu

    Hamdan att yg top,biar termiskin kaya hati..🤣🤣

  • Isti Larasati
    Isti Larasati 18 hari yang lalu

    Halaaah 2014 dia jg, mantan ketua MK, yang bikin pak prabowo kalah di sidang MK. 2019 dia sbgi anggota lg. Sama aja! 2019 lagi2 pak prabowo dicurangi, lah lagi jg. MK = Mahkamah Kecurangan. Takutlah kalian, 9 Hakim Agung ( ? )(Agung itu hanya milik Allah, bukan sebutan untuk manusia, apalagi manusia2 curang! ) kepada Allah TuhanMu ! Sesungguhny adzab Allah itu "amat" pedih, tiada seorangpun yg sanggup menanggungnya, takutlah kalian pada siksa api neraka jahanam, yg bahan bakarnya daging manusia dan batu ! Dan tidakkah kalian mengetahui ? Jabatan Hakim itu adalah orang2 pertama yg akan diadili kelak? Hahahahaha. Rasakan kalian! Akan kuadukan kalian kepada Allah, Tuhanku, di padang mahsyar kelak di akhirat nanti.

  • best Youtube
    best Youtube 18 hari yang lalu

    Prabowo dah di kroyok cebong2... Masa 15 gugatan ditolak semua!!.. saksi ahli aja banyak yg dukung prabowo!!,, rezim cebong bikin susah rakyat...

    • mkasli586266 mkasli586266
      mkasli586266 mkasli586266 18 hari yang lalu

      Wahai teman2 yg beriman percayalah pd takdir Allah ,,,bahwa Allah telah menTAKDIRkan pak Jokowi memimpin negeri imi,,,,mau ngotot spt apa kalau Allah ga menghendaki ya ga mungkin jd,,,,,

  • ramlan sulaeman
    ramlan sulaeman 18 hari yang lalu

    Tolol

  • ramlan sulaeman
    ramlan sulaeman 18 hari yang lalu

    Sok.pinter

  • ramlan sulaeman
    ramlan sulaeman 18 hari yang lalu

    Kurang adab aiman

  • Putra
    Putra 19 hari yang lalu

    Saatnya skrg rakyat guyub rukun..pilihan boleh beda tp qt tetap indonesia satu..jaga NKRI..siapapun presiden qt..qt hrs dukung supaya nantinya indonesia bisa maju..

  • Toba Trader703
    Toba Trader703 19 hari yang lalu

    *Lha pilpres 2019 apagak lebih parah dr waringin...?*
    Udah kenyang.?

  • Toba Trader703
    Toba Trader703 19 hari yang lalu

    Ni hakim 2014, gak jelas juga

  • ADI S
    ADI S 19 hari yang lalu

    Preettttlahhhh....

  • Muhamad Syafii
    Muhamad Syafii 19 hari yang lalu

    Sama aja pilpres 2014 curang dimenangi

  • yasin Burhanudin
    yasin Burhanudin 19 hari yang lalu

    Semua tau itu TSM, tau tapi sdh tertutup dgn iming2 & jbtan, serta uang, itu di kdpan kan gelap mata budeg tlinga, beras sdh menjadi bubur,

  • Rizal Fauzi
    Rizal Fauzi 19 hari yang lalu

    pelakunya di filipin, pelakunya ada di singapur, pelakunya ada di filipin

  • theresa thea
    theresa thea 20 hari yang lalu

    GANTENG BANGETT HAKIMNYA ❤️❤️

  • Mahdi Ara
    Mahdi Ara 20 hari yang lalu

    Pusing liat vidionya..goyang terus

  • Buyung Arizaldi
    Buyung Arizaldi 20 hari yang lalu

    Timpng ya timpng.. lntik aja si jokowek tu..mls lngganan m metrotpu..

  • Zakiya Ku
    Zakiya Ku 20 hari yang lalu

    Hamdan mantan mahkamah kalkulator...

  • Dedikarmiadi Dedi
    Dedikarmiadi Dedi 21 hari yang lalu

    Hamdan cebong munafik

  • nanda pradana
    nanda pradana 21 hari yang lalu +8

    Beneran deh, Aiman ini harus ditatar lagi lah sama Kompas. Masukkan ke sekolah kepirbadian atau apa kek.
    Iya bagus semangat dan antusias nya keliatan menggebu-gebu, tp seringkali jadi malah menyampingkan tata krama, sopan santun, bahkan ketika menginterview narasumber yg jauh lebih senior.
    Kata2 nya ga disaring, nada bicara ga diperhatikan, gesture tubuh seenak jidat, motong2 penjelasan.
    Bahkan Najwa Shihab yg banyak orang bilang terlalu judes dll, ky nya ga pernah tangan nya enteng bgt dilempar2 didepan muka narasumber.
    Iya kalo mewawancara sesama anak muda, ga masalah mau tangan dilempar2 kedepan muka juga asyik2 aja. Lha ini sama prof Zulva, yg jauh lebih senior.
    Kasih lah ini si Aiman waktu utk belajar kepribadian lagi, belajar adab lagi. Jgn semua narasumber dipukul rata dgn gaya wawancara ala investigasi begini.
    Aiman punya supervisor ga sih di acaranya ini? Apa bebas aja semau2nya dia?

  • Via Angel
    Via Angel 21 hari yang lalu

    Yg tdk bisa membuktikan kecurangan harus kalah & legowo.

  • zur rahmi
    zur rahmi 21 hari yang lalu

    masa mantan hakim MK pesimis sm gugatan yg sdh gamblang begitu dipaparkan disidang

  • Edy Suryanto
    Edy Suryanto 21 hari yang lalu +1

    Masyarakat Kita belum bisa menerima apa yg tidak menyenangkan pada diri kita...

  • Rahmat Ependi
    Rahmat Ependi 21 hari yang lalu +2

    kesimpulannya, lebih mudah melakukan kecurangan daripada membuktikan adanya kecurangan.....lieur

  • Sonskee T
    Sonskee T 21 hari yang lalu

    sudah jelas.. maling teriak maling

  • Jumbadi Badi
    Jumbadi Badi 21 hari yang lalu

    MK sebelum ini bobrok titik.

  • Saefudin Kasef
    Saefudin Kasef 21 hari yang lalu

    Pemilihan presiden sudah selesai tinggal tunggu hasil MK. Namun bagi meraka yang curang dengan menghalalkan segala cara pasti azab Allah akad datang. Bersiaplah

  • OASISS FATHURROHMAN.
    OASISS FATHURROHMAN. 22 hari yang lalu

    MALAS LIHAT KOMPAS....NO..NO..NO...HA..HA..HA...

  • ANEKA RAGAM
    ANEKA RAGAM 22 hari yang lalu

    mau saran nih klo boleh,,mas aiman klo bisa,,wawancara nya 70% sambil duduk donk,,,makasih

  • pandawa_ 72
    pandawa_ 72 22 hari yang lalu

    Sebagai seorang awam menurut saya sudah fix....curang tp tdk bisa membuktikan.....

  • Imam Solichan
    Imam Solichan 22 hari yang lalu

    Yg curang pasti kalah. Aamiin

  • Hadijaya Jaya
    Hadijaya Jaya 23 hari yang lalu +3

    Sesungguhnya janji Allah itu pasti ..! Bahwa sesuatu yg batil pasti musnah...

  • Yeni Surya
    Yeni Surya 23 hari yang lalu

    Tuh mantan mk juga psti 02 lah

  • H2 Squad
    H2 Squad 23 hari yang lalu

    Siapa yg nonton video ini habis sidang??? Dan apa sesuai dengan perkataan mantan ketua MK ini???? Anda benar sekali pak ternyata..... Hehe

  • sri qoriah
    sri qoriah 23 hari yang lalu

    Lucunya saksi dibatasi..memang diciptakan kesulitan

  • Haryanto Cipto
    Haryanto Cipto 23 hari yang lalu +2

    Hamdan zulva,sdh masuk angin dpt proyek dari bang jok.

  • Info Lalulintas
    Info Lalulintas 23 hari yang lalu

    Baju ijo itu motong pembicaraan pak hamdan

  • Vincent Chiandra
    Vincent Chiandra 24 hari yang lalu

    aiman emang dari dlu gabisa selow wkwkwk slow aja brother :v

  • Muharno Aja
    Muharno Aja 24 hari yang lalu

    Pilkada Kota Waringin Barat dan Pilpres sangat berbeda baik dari kuantitas dan kualitasnya sehingga penanganan sengketa yang terjadi harus diselesaikan secara profesional, adil dan transparan, karena telah melibatkan tokoh dan masyarakat seluruh Warga Negara Indonesia. Sehingga sangat sulit untuk direkayasa.

  • Thoyyib Malik
    Thoyyib Malik 24 hari yang lalu

    Bang aiman...reporter jangan lebay-lebay kalo lagi komunikasi,gimmick anda terlalu lebay

  • john Ngle
    john Ngle 24 hari yang lalu +1

    Aiman please kalau mo wawancara kasih kesempatan ke org yg di wawancarai .... ill feel gua liat model pertanyaanmu, Pak Hamdan baru jawab u cut, u bertanya di ulang2 ...

  • hendi hendi
    hendi hendi 24 hari yang lalu +2

    Tolong MK jgn dukung rezim,d yg dholim

    • Ani koja Koja
      Ani koja Koja 21 hari yang lalu

      Kalau kata rejim itu kan petahana maaf jolimnya dimana biar saya lebih mengerti sori bro

    • Ani koja Koja
      Ani koja Koja 22 hari yang lalu

      Maaf saya tanya bro. Dari kubu mana yang jolim maaf ini cuma zering aja

  • Adri J
    Adri J 24 hari yang lalu

    duduk atuh euyyy pegel

  • Irfan Taufik
    Irfan Taufik 25 hari yang lalu

    Mas Aimaaaaaan.........selowwwww wae.....!!!

  • Balqis Samiun
    Balqis Samiun 25 hari yang lalu

    MK tembok

  • chanel kita
    chanel kita 26 hari yang lalu

    Santai wae man aiman..

  • Aji mudrika
    Aji mudrika 26 hari yang lalu +1

    Pilih presiden yg tidak korup aja deh ,,,sp aja deh yg pnting ok

  • Edward Geofani
    Edward Geofani 26 hari yang lalu

    Padahal Pak hamdan di tahun 2014 masih terlihat muda ganteng banget.sekarang sdh terlihat menua.sehat selalu pak

  • Alaya Vijnana
    Alaya Vijnana 26 hari yang lalu

    pusing gua liat si manusia ijo aiman gerak gerak mulu woy

  • Zahrul Ullah
    Zahrul Ullah 26 hari yang lalu

    Sulit ,tdak gampang bukan berarti tdk pasti