Jelang Ronde Pertama: Debat Reformasi Hukum (Part 1) | Mata Najwa

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 9 Jan 2019
  • Ronde pertama debat pilpres dipenuhi kontroversi, berbagai isu menyebar seakan penuh konspirasi. Yang mengemuka masih tentang negosiasi, padahal publik butuh debat soal substansi.
    Korupsi yang menggurita, penegakan HAM penuh kendala, membutuhkan terobosan tak biasa. Publik akan menagih segala yang terucap dalam debat, semata janji surga niscaya kelak menjepit kandidat
    Mata Najwa hadirkan tim pemenangan untuk beradu program kerja masing-masing paslon. Apa prioritas utama dalam program di bidang hukum, yang ditawarkan sebagai terobosan oleh masing-masing pasangan calon?
    Menurut Direktur Relawan Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Ferry Mursyidan Baldan, ada degradasi penegakan hukum, karenanya perlu paradigma baru. Bukan sekedar norma undang-undang, tapi juga rasa keadilan.
    “Ketika pemerintahan atau pejabat negara memberlakukan peraturan hukum sekehendak hatinya, itu yang hilang dalam penegakan hukum hari ini. Apakah kita punya termin hukum yang mendasar soal itu?," ujar Ferry.
    Sementara itu, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf, Asrul Sani, menyatakan sebagai petahana, Joko Widodo akan meneruskan penguatan sistem.
    #NajwaShihab
    #MataNajwa
    #DebatPilpres
    Saksikan juga part lainnya Mata Najwa eps. Jelang Ronde Pertama:
    Part 2 - idclips.com/video/z5jEnoT_LEU/video.html
    Part 3 - idclips.com/video/UJImgnKuKvE/video.html
    Part 4 - idclips.com/video/_HZf4rovduI/video.html
    Part 5 - idclips.com/video/Wh7n9NK0CuI/video.html
    Part 6 - idclips.com/video/IGFFoJ1VHqQ/video.html
    Part 7 - idclips.com/video/pnrLB3_pExM/video.html
    (Narasi)
    Jangan lupa subscribe, tinggalkan komentar dan share..
    ada juga Narasi Channel: bit.ly/NARASICHANNEL
    dan Nara-Z bit.ly/NARA-Z
    Mari subscribe yuuk..
    instagram.com/najwashihab
    twitter.com/NajwaShihab
    facebook.com/najwashihabofficial
    IDclips Business Inquiries: youtube@drm-indonesia.com
    Najwa Shihab IDclips is under management of:
    dr.m, Indonesia's 1st Certified & Official IDclips MCN
    servicesdirectory.withidclips.com/user/directorypt-digital-rantai-maya-drm

Komentar • 1 882

  • ashleey nichole
    ashleey nichole Hari Yang lalu

    Dahnil mendukung 02 mungkin karna sebel nungguin kasus novel yang belum terungkap, tapi tetep ga yakin 02 menang bisa mengungkap

  • Zul Padli
    Zul Padli 23 hari yang lalu

    Arsul sani-..gigi loe yg trobosan ngomong salah semua blepotan nalar dungu dipelihara kambing tu pelihara biar gemuk..😂😂😂😂
    Fery-mantap...dgn kesejukan pencerahanya misi yg kuat👆.
    Nasir djamil-mantap benar tdk signifikan..keyen👆
    Aria bima-uda tua ubanan peak uda slah ngoto ngomog belepotan nalar dungu.😂😂😂
    Dhanil anzar simanjutak-mantap-cakapnya lembut dgn akal sehat dan jelas..ga kaya para cebong sebelah tu otot dungunya aja yg dipake..😂😂😂

  • Safira Yuniar
    Safira Yuniar Bulan Yang lalu

    02 : datanya mana? Indexnya mana?
    01: menurut litbang kompas... blablabla
    02:ah itu data ngga menunjukkan keseluruhannya
    Me: wtf....... emang udah baca datanya om?

  • Sumargo Margo
    Sumargo Margo Bulan Yang lalu

    akuh teteph pilih jokowi dong....

  • Abdul Haris
    Abdul Haris Bulan Yang lalu

    Intinya kubu jokowi takut di ketahuan soal kriminal dan korupsinya makanya ngak di ungkap namanya takut mah sembunyi

  • NEKVIM
    NEKVIM Bulan Yang lalu

    Tim prabowo selalu memilih orang" yg gak bisa bicara sebagai timses..
    Gbloknya dsitu

  • Micky Saputra
    Micky Saputra Bulan Yang lalu

    Kubu Prabowo nggak pakai data... ngawur...

  • Fire flies
    Fire flies Bulan Yang lalu

    Ini sudah 2019, katanya mau ganti presiden tapi nyatanya presiden saya masih jokowi

  • dewi chanell
    dewi chanell Bulan Yang lalu

    kampret mana mau instrofeksi diri

  • Vita Novita Sari
    Vita Novita Sari Bulan Yang lalu

    Duh bahasanya regulasi regulasi pembelajaran bgt nh. Bagus nh program suka

  • pipit vita
    pipit vita Bulan Yang lalu

    Jokowi lagi 😍😍😍😘😘😘😘

  • elsa lusiani12
    elsa lusiani12 Bulan Yang lalu

    menang dengan terhormat.salam 2periode

  • Shela Nuramalina
    Shela Nuramalina Bulan Yang lalu

    #2PERIODE

  • Arif Antiemo
    Arif Antiemo Bulan Yang lalu

    Th 2014 saya pilih pak Jokowi, th 2019 saya psti TTP pilih bpk Jokowi Wae...

  • Irvan Yudha
    Irvan Yudha Bulan Yang lalu

    Tahun ini Pak Jokowi dulu. Nanti 5 tahun lagi baru Pak Prabowo deh.

  • Ferry Bimbim
    Ferry Bimbim 2 bulan yang lalu

    Mantap Bang Adian Napitupulu 👍👍👍

  • aries mardy
    aries mardy 2 bulan yang lalu

    Jokowi lagi dan lagi

  • aries mardy
    aries mardy 2 bulan yang lalu

    Jokowi

  • aries mardy
    aries mardy 2 bulan yang lalu

    Hanya orang cerdas, berkualitas yg pilih jokowi

  • Piki Rosadi1604
    Piki Rosadi1604 2 bulan yang lalu

    Lanjutkan 2 periode 01 jokowi
    Yang setuju like.

  • Piki Rosadi1604
    Piki Rosadi1604 2 bulan yang lalu

    Ya ilahh kubu wowo biasa ga pake pecii pake peci keliatan bgd. Sandiwara

  • Kopasus Dayax
    Kopasus Dayax 2 bulan yang lalu

    TUHAN di Sorga sudah menetapkan yang akan menang Pilpres 2019 adalah Petahana Bapak Jokowi idclips.com/video/4ttgA9z2Fok/video.html

  • Leani Safitry
    Leani Safitry 2 bulan yang lalu

    nasir , presiden itu bukan tuhan 😉

  • Leani Safitry
    Leani Safitry 2 bulan yang lalu

    saya baru tahu kali si sandi jd wakil y sandi LOL 😅😅😅😋

  • RASYID KING
    RASYID KING 2 bulan yang lalu

    Sekali jokowi tetap jokowi...

  • Rifsan Aprianto
    Rifsan Aprianto 2 bulan yang lalu

    ingat sub back para pejuang, di pastikan akan di subs back

  • kris dede
    kris dede 2 bulan yang lalu

    Kalo prabowo lawan, a..
    Kami tetap Jokowi

  • elsi sehrah
    elsi sehrah 2 bulan yang lalu

    #jokwilagi01 gitu ajh ko repot ☝🇮🇩🇮🇩👏👏👏👏👏

  • Auzie Zz
    Auzie Zz 2 bulan yang lalu

    Prabowo insya allah pimpin indonesia 5 tahun mendatang

  • Triska Harjutri
    Triska Harjutri 2 bulan yang lalu

    Aku lihat ILC koq kayak nya berat sebelah yaaa??? Suka lihat mata najwa yang netral🤗🤗

  • ncuy jaly
    ncuy jaly 2 bulan yang lalu

    Kbanyakan pndukung'y jokowi klo ngmng ngotot" smua yahhhhh...ga di acara ilc ga di mata najwa

  • Umelda Susari
    Umelda Susari 2 bulan yang lalu +1

    Keluarga makassar tetap jokowi

  • Umelda Susari
    Umelda Susari 2 bulan yang lalu +1

    Mata najwa lebih berkualitas dari ilc

  • Aly Farid
    Aly Farid 2 bulan yang lalu

    #2019PrabowoPRESIDEN

  • Aly Farid
    Aly Farid 2 bulan yang lalu

    Ya Bang Kompas tivu

  • Aly Farid
    Aly Farid 2 bulan yang lalu

    #gantipresiden

  • Arief Ibanezz44
    Arief Ibanezz44 2 bulan yang lalu

    🤙🤘👉👈👆👇🤞✔jari

  • nichniggel vincent
    nichniggel vincent 2 bulan yang lalu

    Semua tidak bisa dibeli dengan uang.... Hukum contohnya.... Bukan pembiayaan suatu lembaga... Wkwkwkk

  • nichniggel vincent
    nichniggel vincent 2 bulan yang lalu

    Hmmmmm keadaan terbalik bosss wkwkwk...

  • hello doraemon
    hello doraemon 2 bulan yang lalu

    masih tetap jokowi 2 periode☝☝☝

  • Tatto Sutarto
    Tatto Sutarto 2 bulan yang lalu

    Hanya orang bodoh yg pilih prabowo

  • Elvan Suryatama
    Elvan Suryatama 2 bulan yang lalu

    Tim 01 Orasi FAKTA
    Tim 02 Orasi OPINI
    PILIH PRESIDEN BERDASARKAN FAKTA
    APA PILIH PRESIDEN BERDASARKAN OPINI ???

  • chanel hiburan
    chanel hiburan 2 bulan yang lalu

    #pakjokowi tetap 2 piriode, tidak ada yang bisa mengalahkan pak jokowi,hanya yang prestasinya lebih baik yng bisa mengalahkan nya

  • Dede Purwanto Gojek
    Dede Purwanto Gojek 2 bulan yang lalu

    Timses nya 01 tongkosong, bela Jokowi karena pamrih...banyak omong tpi nihil...bulshiit

  • Krisna Saputra
    Krisna Saputra 2 bulan yang lalu

    semangat pak prabowo, banyak pendukung jokowi di dunia maya karena dia korban media, tapi pendukungmu adalah kaum dari dunia nyata karena tau fakta. bapak gx usah ikut ikut pencitraan, Dan bangun topeng. cukup jadilah diri sendiri. Insyaallah bapak jadi presiden kun fayakun.

  • George Taipei
    George Taipei 2 bulan yang lalu

    Hallo semua bagi teman teman yang belum tau mau kuliah jurusan apa nih teman teman boleh banget check blog aku untuk mencari inspirasi georgedarmayudha.blogspot.com/2019/01/normal-0-false-false-false-en-us-zh-cn.html semoga bermanfaat ya guys dan jangan lupa juga untuk comment dan share. Sukses selalu teman teman

  • Ainul Mudhakir
    Ainul Mudhakir 2 bulan yang lalu

    jadi jgn melempar ke belakang kalau ada kegagalan, setiap pemimpin yang maju nanti harus mau ambil resiko permasalahan dari kepemimpinan sebelumnya (11.19 - 11.55)

  • mih ferdy faiz
    mih ferdy faiz 2 bulan yang lalu

    ttp jokowi,2 priode inshaaAllah

  • adjie blezztian
    adjie blezztian 2 bulan yang lalu

    Sebagai manusia kita pasti cari yang praktis dan efisien....,mau pilih Prabowo...harus tau sandi-nya,...mau pilih Jokowi...tinggal katakan Amin....hayo pilih mana?

  • taufik rahman
    taufik rahman 2 bulan yang lalu

    Timses jokowi kalah cerdas sama timses prabowo. Tapi kalau masalah ngotot merekalah (timsesjokowi) jagonya.

  • Muhamad Hendri
    Muhamad Hendri 2 bulan yang lalu

    02 mantap..

  • Sigit Nur Cahyo
    Sigit Nur Cahyo 2 bulan yang lalu

    kenapa menteri yang dicopot hampir semuanya ke kubu sebelah

  • Nightbot
    Nightbot 2 bulan yang lalu

    keliatan muka muka jahat yang sebelah mana ☕

  • CETEK
    CETEK 2 bulan yang lalu

    Presiden ikut2an soal hukum dbilang intervensi, gk ikut2an soal hukum dbilang presiden gk peduli...mau gmn jg bakal dcari2 kesalahannya...Pk Ahok dpenjara aja udh gk adil, coba kalau wkt itu presiden intervensi bakal jd apa coba...

  • I Irsan
    I Irsan 2 bulan yang lalu

    Gw yakin yg dukung 01 ga ngerti isi pembahasan ini video wkwkwk bahkan yg ada di video jg gitu.. wkwk keliatan lah kubu mana yg lebih smart ga pake urat tp jelas, ga ngomongin statistik2 yg ga mutu wlwkwk

  • Silky Sigit
    Silky Sigit 2 bulan yang lalu

    No 01.

  • dicky Falen
    dicky Falen 2 bulan yang lalu

    Ya Allah, mbak Nana cantik sekali.. 2019 sy tetap pilih mbak @Najwa Shihab

  • ondeonde kolekole
    ondeonde kolekole 2 bulan yang lalu

    O1

  • Nanda hamzah
    Nanda hamzah 2 bulan yang lalu

    Jokowi lagi 2019

  • Saef Waluyo
    Saef Waluyo 2 bulan yang lalu

    Danil vs mardani cocok..
    Letoy

  • Hermansyah Vivo
    Hermansyah Vivo 2 bulan yang lalu

    02✌

  • Chairul Harunsyah
    Chairul Harunsyah 2 bulan yang lalu

    Acaranya di trans...udah pasti penontonya pendukung jokowi semua...coba di Tv one...pas..ti..netral

  • Muhamad Isnaini
    Muhamad Isnaini 2 bulan yang lalu

    Indonesia ini aneh,,capres pelanggar HAM,,kenapa diloloskan,,jadinya kan gaduh terus nih bangsa

  • Muhamad Isnaini
    Muhamad Isnaini 2 bulan yang lalu

    Nih koq ga ada adian napitupulu ya,,,bakal seru kalo ada dia ,,nih

  • Calon Pengamat
    Calon Pengamat 2 bulan yang lalu

    Bang asrul dlm komunikasi debat perlu disisipi provokatif.
    Misal
    Pas orasi langsung z paparkn capaian jkw dan selipkn kata "bukan omong kosong" "bukan hoax"
    Bgitu dong. Jngn lurus2 z.

  • Rumyanah Anna
    Rumyanah Anna 2 bulan yang lalu

    Pak jokowi lanjut lg Salam 2 periode.. Biyar Indonesia lebi maju..👍👍👍👍👍👍👍👍❤️❤️❤️❤️Sehat selalu Pak persiden ku

  • Ayat Tullah
    Ayat Tullah 2 bulan yang lalu

    saya merasa adil dan saya merasa HAM saya di lindungi.... saya merasa bebsas beragama dan berekspresi
    #janganhoaxmelulu

  • Muhammad Firmansyah
    Muhammad Firmansyah 2 bulan yang lalu

    👆

  • immost hollyday
    immost hollyday 2 bulan yang lalu +3

    Udah jelaslah, orang yang ingin naik puncak, itu harus menginjak injak tangga dan merendahkan tangga agar dirinya sampai di atas, dengan hanya berbekal janji yang lebih dari tangga itu.

  • nurani ku
    nurani ku 2 bulan yang lalu

    InsyaAllah Jokowi menang lagi...

  • arawinda sahawidhiwidana
    arawinda sahawidhiwidana 2 bulan yang lalu

    mbak najwa, mau memberi masukan... tolong diadakan sesi tanya jawab dengan masyarakat via telp mbak... terimaksih

  • Rudista Kurnia
    Rudista Kurnia 2 bulan yang lalu

    #JKW2PSEMAKINKOKOHTAKTERTANDINGI👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍

  • Syarif Bima
    Syarif Bima 2 bulan yang lalu

    2019 ganti presiden...timsesnya mati kutu

  • andi kolut
    andi kolut 2 bulan yang lalu

    Saya pilih PRABOWO

  • Gito Dian
    Gito Dian 2 bulan yang lalu

    Pilih jokowi silahkan
    Ga pilih prabowo gapapa

  • Naufal Dani
    Naufal Dani 2 bulan yang lalu +1

    Disini ada yang pendukungnya bapak Nurhadi-Aldo nggak?😂

  • Theo Prayoga
    Theo Prayoga 2 bulan yang lalu

    Orng dungu lebih sering menunduk melihat contekan..bisa lihat sendiri..yg suka like

  • dicky Wahyudi
    dicky Wahyudi 2 bulan yang lalu

    Jangan terlalu percaya survei, gak sesuai dengan yg di lapangan

  • nelly fox
    nelly fox 2 bulan yang lalu

    Pokoknya hatiku tidak akan goyah tetap setia dengan jokowi sederhana dan merakyat ,AMIN.JOKOWI,👍👍👍

  • DIAT JOHANI
    DIAT JOHANI 2 bulan yang lalu

    tim 02 lebih cerdas

  • PILIHNOMOR 3
    PILIHNOMOR 3 2 bulan yang lalu

    Yang mau pilih jokowi pilih lah,.. Dan yang mau pilih prabowo ya pilihlah, yg terpenting jangan saling meng olok-olok sesama warga negara.

  • Pras mannan
    Pras mannan 2 bulan yang lalu

    SELALU,,, tujuan mata najwa meminta langkah konkrit dari kedua belah pihak, perlu diapresiasi entah siapapun yg menjadi presiden, matanajwa seakan meminta DP pada mereka

  • Rantika Simanjuntak
    Rantika Simanjuntak 2 bulan yang lalu

    uda lo nga bisa omong nga usa omong

  • Ratna Fitri Rangkuti
    Ratna Fitri Rangkuti 2 bulan yang lalu

    Kalo yang biasa menyukai debat berapi api pasti lebih tertarik dg pemikiran para TKN disini, tp kalo orang yang bs baca materi ditengah pemaparan, apa yang disampaikan BPN sangat menarik. Yaitu: bahwa mereka akan fokus pada regulasi yang dibenahi dan penegak hukum yang punya peran vital akan diambil dari non-partai.

  • Fahmi Harits
    Fahmi Harits 2 bulan yang lalu

    Yang minta ganti presiden itu koruptor.. Yang minta jokowi 2 periode itu bukan jokowi, tapi rakyat
    Yang setuju tekan tombol like 👍
    👇

  • Wiwiek Wiarsih
    Wiwiek Wiarsih 2 bulan yang lalu

    Kompas kan pro rezim
    Sebagian besar rakyat indonesia tau.. Sa'at reoni 212 gk meliput.

  • Asep Kurniawan
    Asep Kurniawan 2 bulan yang lalu

    Utk pelpres terserah rakyat indonesia.
    Pilih jokowi brrti indonesia akan tetap seperti ini,ada kenaikan listrik yg istimewa,kenaikan bbm,kenaikan harga bahan pokok,dan nilai tukar dolar yg tetap jumawa. Atau
    Pilih prabowo, mungkin tidak ada yg bisa memastikan ini pilihan sempurna tetapi paling tidak kita punya harapan indonesia bisa lebih baik lagi

  • kpli hj
    kpli hj 2 bulan yang lalu

    Terobosan bukan penjelasan hasil

  • Ari toke Diancok
    Ari toke Diancok 2 bulan yang lalu

    Pendukung jokowi emang dungunya sampek ke otak guoblok semua

  • Ali Barok
    Ali Barok 2 bulan yang lalu

    2019 ganti presiden
    2019 Prabowo presiden.
    Yg setuju like. 😄👆✌️

  • Dimaz Pradana Putra
    Dimaz Pradana Putra 2 bulan yang lalu

    "Kolom" komentar menjadi "Kolam" komentar.

  • dafit dasuki
    dafit dasuki 2 bulan yang lalu

    makin mantap pilih Prabowo,

  • randi andi
    randi andi 2 bulan yang lalu

    Niatnya mau mengangkat masalah HAM, lalu mengungkit masa lalu, eh ternyta di era pak jokowi sendiri banyak sekali masalah pelanggaran HAM, hihihi

  • Alfaindo Mart
    Alfaindo Mart 2 bulan yang lalu

    Tiap perwakilan dri O2 ngomong lsung aku skip haaa 😂😂

  • Dis Dahlia
    Dis Dahlia 2 bulan yang lalu

    jubirx pa prabowo. is the bestttttttttt!!!

  • Nur Chotimah
    Nur Chotimah 2 bulan yang lalu

    Paslon 02 itu blunder,ngomong fisi misi tp mlh kritik,
    Yg kena kriminalisasi itu yg benar korban pak Ahok brow,itu mulut "kalian yg menjerumus kan,
    02 bekas pemecatan,GK ada pretasi,HAM jg nyangkut di 02,blunder hshs,ttp Jokowi pilihan kami,slm 2 priode

  • muhammad fadil
    muhammad fadil 2 bulan yang lalu

    Tim TKN terlalu banyak menyalahkan kegagalan di masa lalu.

  • Nur Chotimah
    Nur Chotimah 2 bulan yang lalu

    Ngomong opo ngrenyem to Iki Paslon 02 ini,preet

  • Serangkul Kul
    Serangkul Kul 2 bulan yang lalu

    Pas 👆