Huawei VS Google? Gak Boleh Pakai Android Lagi? #NGANU

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 20 Mei 2019
  • NGANU: Ngobrol Santai Sama Wisnu.
    Wisnu Kumoro dan Divy Gadgetainment ngobrolin tentang Huawei vs Google yang lagi ramai karena Huawei di blacklist oleh US pimpinan Trump, sehingga Huawei terancam gak bisa bekerjasama dengan Google, terutama untuk Android nya.
    Lalu gimana?

Komentar • 1 579

  • ip ip man
    ip ip man 3 menit yang lalu

    tai

  • uang gratisss
    uang gratisss Hari Yang lalu

    Pasti bursa saham HUAWEI turun wkwkwkwk

  • susanto santo
    susanto santo 2 hari yang lalu

    Huawai harus mandiri pake OS hongmeng aja

  • Rendy Sormin
    Rendy Sormin 2 hari yang lalu

    Bagus jg maspion bikin hp, biar build in ada kipasnya biar ga kepanasan klo lagi di angkot wkwk

  • Hen's Someone
    Hen's Someone 2 hari yang lalu

    Ribet bgt dahhh... Cuma tinggal flashing pake custom room😬😬 Beres👌

  • Ali Muhdor
    Ali Muhdor 2 hari yang lalu

    *Penjelasan yang objektif mengenai kasus Huawei vs USA*
    Orang banyak yang salah kaprah ttg kasus Huawei karena terlalu sering dijejali propaganda China. Orang banyak mengira China yang menemukan teknologi 5G, ini juga salah. Platform 5G pertama kali diciptakan oleh Ericsson February 2017. Ada juga yang bilang 5G awalnya dikembangkan oleh Israel.
    Kompetisi yang sekarang adalah standard setting untuk memastikan semua HP bisa jalan di semua jaringan selular seluruh dunia. Jadi ini sebenarnya hanya persaingan produksi equipment dan antena 5G yg bisa diterima dan bisa paling cepat di rollout di berbagai negara. Perusahaan-perusahaan USA dalam hal ini memang kalah cepat dari Huawei dan Nokia dalam hal produksi equipment dan implementasi jaringan. Tapi 5G di USA sudah dimulai oleh Verizon bulan April lalu di sebagian Chicago dan Minneapolis. Bulan May kemarin Sprint sudah mengaktifkan jaringan 5G nya di Dallas, Houston, Kansas City dan Atlanta.
    Kasus Huawei sebenarnya bukan karena Trump dan sudah ada bahkan sebelum Trump jadi presiden. Untuk lebih mudah dimengerti mesti dipilah-pilah dulu kasusnya.
    *Penangkapan CFO Huawei Meng Wanzhou di Canada*
    Huawei didakwa menjual peralatannya ke Iran (yang diembargo USA). Orang awam berpikiran apa urusannya USA melarang Huawei dagang barang produksinya sendiri dengan Iran. Kenyataannya tidak sesederhana itu. Tidak semua komponen barang Huawei produksi sendiri. Sebagian microchip utamanya masih buatan USA seperti Qualcomm dan banyak patent masih milik USA. Dalam perjanjian dagang dan lisensi dengan Huawei ada larangan menjual ke negara-negara yang diembargo OFAC (Iran salah satunya) tapi Huawei main kucing-kucingan tetap ekspor ke Iran melalui anak perusahaannya. USA menggugat tapi Huawei cuek dan menganggap USA gak akan bisa apa-apa, makanya begitu ada kesempatan Weng ke Canada dia langsung disuruh tangkap oleh FBI.
    *Larangan produk Huawei digunakan di USA*
    Sebelum Trump jadi presiden, inteligen USA sudah mendeteksi adanya backdoor di equipments buatan Huawei yang bisa dimanfaatkan untuk spyware. Meskipun belum ada bukti adanya spyware, Huawei bisa dengan mudah menginstalnya kalau mau atau kalau dipaksa pemerintah China. Ini yang dikuatirkan pemerintah USA apalagi CEO Huawei Ren Zhengfei adalah mantan anggota People's Liberation Army dan sangat dekat dengan pemerintahan komunis China. The US Congress sampai mengeluarkan UU melarang ini, jadi bukan hanya inisiatif Trump saja.
    *Larangan perusahaan USA berdagang dengan Huawei*
    Ini kebijakan baru pemerintahan Trump dan memang ada kaitannya dengan trade war. Jadi selain masalah risiko keamanan produk Huawei yang bisa mengancam nasional security USA, Huawei juga kena apes disasar pemerintahan Trump.
    Orang banyak bersimpati dengan Huawei dan menganggap USA semena-mena karena takut kalah bersaing dengan China. Itu kalau dilihat dari kacamata China atau kalau baca tulisan2 propaganda China.
    Kenyataannya tidak sesederhana itu. Kalau dari kacamata orang Amerika, China selama ini juga tidak fair terhadap perusahaan-perusahaan USA. Contohnya pabrikan mobil USA seperti Ford, GM, dan Chrysler kalau mau masuk China dipaksa mesti join dengan perusahaan lokal untuk alih teknologi. Kalau selama ini China gembar gembor teknologinya udah canggih kenapa mesti paksa alih teknologi.
    Di China WhatsApp dilarang supaya WeChat bisa berkembang. Facebook dilarang supaya Renren bisa hidup. Twitter dilarang supaya Weibo gak ada saingan. IDclips dilarang supaya Youku nggak mati. Google dilarang supaya Baidu bisa perkasa. Amazon dipersulit supaya Alibaba bisa berjaya. Dan banyak lagi perusahaan USA yg diblok di China dengan alasan keamanan nasional seperti Instagram, Linkedln, dll. Lucu juga sekarang orang berteriak tidak adil kalau USA melarang perusahaannya berdagang dengan Huawei.
    Software buatan USA bisa dengan bebas dibajak di China tanpa ada penegakan hukum yang berarti. Demikian juga movie2 Hollywood gampang dicopy di China. Hacker China yang disponsori pemerintahnya setengah terang2an menjebol server2 perusahaan USA untuk dicuri rahasianya.
    China secara rutin memproduksi tulisan2 dan video2 propaganda yang mengunggulkan teknologinya dan dalam waktu dekat akan menjadi pemimpin internet dunia. Pertanyaan sederhananya gimana China mau jadi pemimpin internet dunia dan mau set standard 5G atau nantinya 6G kalau internet di China saja masih disensor, arus informasi masih disaring pake great firewall dan transparansi hukum tidak jelas.
    Dari tulisan ini mungkin orang bisa lebih objektif melihat permasalahan Huawei dari dua sisi.

  • Xda_dev id
    Xda_dev id 3 hari yang lalu

    Yang jelas si AS kalah saing soal teknologi jaringan, karena Huawei adalah perusahaan jaringan terbesar,..., bukan sekadar mata mata bagi China, lebih kepada pasar

  • Jedaiyoda 23
    Jedaiyoda 23 4 hari yang lalu

    Mito gimana😁😂

  • asal asalan
    asal asalan 4 hari yang lalu

    Huawei jadi barang langka...semakin langka semakin mahal....horeeeeeee

  • Syaifuddin Munis
    Syaifuddin Munis 4 hari yang lalu

    Kalo lihat data-data kesiapan sebuah negara dan negara-negara yg ketergantungan dalam ekonomi dan perdagangan. Kyknya China negara yg sudah siap dlm hal apapun tuh brooo...
    Kalo jumlah penduduk Indonesia mungkin sama dengan jumlah satu provinsi di China.
    China cuma Sepakbola nya aja yg kurang bagus. Tapi, kalau atle2 di Cabor-cabor lainnya. Ampun, bakal susah dibendung. Lihat aja di OLYMPIC Tokyo 2020 nanti, negara mana yg bakal juara umum...????
    Di dunia usaha/perdagangan pun begitu..
    Huawei memang mengejutkan. Gara-gara di band Trums, publik sudah tahu apa tu Hongmeng OS, Ark OS. Selama ini belum pernah terpublikasi sama sekali.

  • Juan Blower
    Juan Blower 4 hari yang lalu +1

    Ini kesempatan emas bagi negara2 di Asia. Smartphone asia bisa bekerja sama membangun sebuah os kerja sama utk digunakan di smartphones asia. Perusahaan hardware dan software mesti menggaet negara2 asia utk bekerjasama dlm pengembangan teknologi yg menguntungkan negara2 asia dlm teknologi dan ekonomi. Semoga terwujud dan kita bisa lepas dari monopoli Amerika.

  • Andar Komeng
    Andar Komeng 4 hari yang lalu +2

    5g kecepatannya 100 kali lipat dari 4g !! Dahsyat.
    Amerik akan ketinggalan sama China
    Gw tggu.

  • U_tamah Mdy
    U_tamah Mdy 6 hari yang lalu

    OS ganti sidamuncul aja

  • RSC Familiar BTK
    RSC Familiar BTK 6 hari yang lalu

    spertinya Huawei akan Nyusul Black Berry dan Nokia.wkwkwkwkwk

  • Ronny ajay
    Ronny ajay 6 hari yang lalu

    Saya menunggu system Hongmeng dan akan saya buang hp Android

  • jeffry surjarehardja
    jeffry surjarehardja 7 hari yang lalu

    Gimana kalau pembicaraannya diangkat lbh mendekati sasaran. Krn sasaran utama adalah sistem keuangan dunia yg sedang ancang2 pindah dr kertas ke elektronik.

  • chang cutris
    chang cutris 7 hari yang lalu +2

    Huawei is the best

    • Riza Royal
      Riza Royal 6 hari yang lalu

      chang cutris sudah bisa gunakan android

  • Agoeng Poerboekoesoemo
    Agoeng Poerboekoesoemo 8 hari yang lalu

    Saya hanya berpikir seandainya 5G tdk bisa dipakai secara global tapi dibeli oleh negara khusus u keperluan militer apa akibatnya ?

  • Susenny Bin Machmud
    Susenny Bin Machmud 9 hari yang lalu

    🖒🖒🖒pilih huawei aja kak 😁😁

  • bambino
    bambino 9 hari yang lalu

    Gk gitu ...

  • Andry Lim
    Andry Lim 9 hari yang lalu

    Menurut saya, China bisa menang. Apalagi kalau OS nya dibuat bukan oleh satu perusahaan saja, melainkan gabungan semua vendor dan dipakai bersama. Mereka buat R&D bersama2. Dan OS nya compatible dengan APK Android, sehinggga membuat developer mudah hanya tinggal memasukkan ke market. Lalu dengan berjalannya waktu meteka buat extension sendiri dimana menjamin kelancaran aplikasi lebih baik, lebih kecil, lebih ringan, dan lebih safety daripada apk Android. Dijamin semua pindah ke os buatan vendor china. Populasi china 2 milyar lebih, dan itu baru yang di daratan china saja belum perantauan uang ada diluar negara china. Marketnya sangatlah besar. Market iphone ga ada apa2nya. Secara nasionalis orang vhina sangat tinggi. Belum lagi Negara yang bersekutu dengan China akan dengan senang hati dan tidak masalah menggunakan OS mereka. Disini juga ditambah dengan teknologi 5G yang dipelopori oleh Huawei. Yakin ga ara yang mau pakai? Saat ini sangat mudah buat china kalau mau menumbangkan Amerika. Baik dari segi teknologi konsumtif sampai dengan teknologi perangnya yang sudah diatas Amerika.

  • cds broken
    cds broken 10 hari yang lalu

    Welkom tu may cendol

  • Kepo 79
    Kepo 79 10 hari yang lalu

    Pendapat gw :
    - Huawei sukses mengembangkan ARC OS
    - Apple hancur sahamnya karena seluruh orang China di dunia meninggalkan iPhone. FYI, waktu gw ke China, malah sedikit sekali orang2 sana menggunakan HP buatan China sendiri. Rata2 semuanya iPhone. Bayangkan kalo mereka ini berbalik.
    - Ekonomi US terguncang hebat, karena Apple salah satu penyokong perekonomiannya.
    - Negara-negara lain, banyak yang mendukung Huawei karena sudah terlalu benci dengan kebijakan Trump yang selalu mau menguntungkan sepihak saja.
    - Rakyat US sendiri akan demo besar2an karena tidak dapat lagi menikmati barang-barang pangan, sandang, dll dengan harga lebih murah, yang biasa diimpor dari China. Trump dilengserkan.
    - Korea Selatan akan berhasil dirayu US untuk memboikot Huawei, karena mereka punya Samsung, LG, dll.
    - Google meyerah karena takut kehilangan ratusan juta gadget yang menggunakan Android. Ini terjadi apabila Xiaomi, Vivo, Oppo, Infinix, Meizu, dll ikut2an. ZTE sudah menjadi korban US.

    Ini hanya opini yah. heheh

  • Li Maidy
    Li Maidy 10 hari yang lalu

    idclips.com/video/cXJsT_qmvvM/video.html

  • Verry Ansyah
    Verry Ansyah 10 hari yang lalu

    Penguasa lama Apple/AS menggunakan cara diktator untuk mempertahankan pasar global. kalau Maspion bisa sekuat Huawei bakal kenal embrago juga. Bukan komunis menjadi patokan tapi pendapatan pajak yg bakal hilang.

  • azi alif
    azi alif 11 hari yang lalu +1

    Perang gak akan ada kalo ga ada gengsi satu pihak yg tidak mau menerima maju nya pihak lawan.

  • NoCash Player • NCP
    NoCash Player • NCP 11 hari yang lalu +2

    10 tahun kemudian..
    POLYTRON JAYA!!!!!

  • dicky satria
    dicky satria 11 hari yang lalu

    ah masa apple selesai kalau diblock china, gak mungkin lah

  • dicky satria
    dicky satria 11 hari yang lalu

    haha china sukuriiinn!! tao rasa looh

  • Wani terus
    Wani terus 11 hari yang lalu

    Full service anjir kok gw jd inget nganu

  • Aida Channel
    Aida Channel 11 hari yang lalu

    Para budak cina... Ngakak
    Gak usah ikut campur lah mereka yg lagi perang dagang...

    • Asep Mubarok
      Asep Mubarok 9 hari yang lalu

      Hdup cina lwan ruh kmperet As

  • Supian Rahman
    Supian Rahman 12 hari yang lalu +13

    Huawei cuma perlu bikin saingan google yg udah didukung 5G....dan mempersulit google untuk menggunakan 5G dan dijamin seluruh dunia auto pindah ke huawei 😂

  • naruto gede
    naruto gede 12 hari yang lalu

    gegara donald trump berulah.

  • Mulavin Cen
    Mulavin Cen 13 hari yang lalu

    Google sering mau ditutup China tapi ngemis2 minta dibuka di China merasa besar pada pelayanan umum , tapi terpuruk dalam pelayanan gelobal , masih terbatas ! Menghukum pemakai dengan tuduhan curi salah gunakan androit google , dasar murahan !

  • Midian Tsai
    Midian Tsai 13 hari yang lalu

    Huawei akan buat hybrid os yaitu huawei os hybrid yang mendukung semua aplikasi terdahulu baik aplikasi untuk android maupun ios.

  • pinghui lin
    pinghui lin 13 hari yang lalu

    Nantinya china akan terapkan OS nya Huawei menjadi OS wajib buat HP HP china, dari xiaomi, meizu, lenovo, ovo, vivo, oneplus, dll semua harus lepas OS android dan pakai OS Huawei, so nantinya 50℅ HP yg beredar didunia akan dipaksa utk memakai OS Huawei.

  • Junior Iqfar
    Junior Iqfar 14 hari yang lalu +2

    Hybrid apps dulu bisa build dengan Cordova atau Phonegap. Skg bisa pake Flutter...

  • Nanang Muhamad
    Nanang Muhamad 16 hari yang lalu

    kalau misal di oprek sekala kecil mungkin masih aman, tapi kalau ada Industri oprek wuahahaha..... bahaya pasti ada masalah entar dengan suatu negara yang pake produk Amerika buat industri oprek itu hehe... masih banyak pertimbangan bro

  • Nanang Muhamad
    Nanang Muhamad 16 hari yang lalu

    Tapi semua ada hitungannya bro, ngk ngasal alibaba dan perusahaan china lainnya tidak beriklan di google tergantung pengaruhnya kuat mana?

  • Rich Pao
    Rich Pao 16 hari yang lalu

    perang dagang AS thd cina adalah bukti perusahaan AS sdh kalah bersaing dgn perusahaan cina, sehingga pemerintah nya perlu turun tangan utk main tdk fair,,, wkwkwkwkwkwk,,, cina pasti tambah eksis, dan AS menuju keterpurukan nyaaa,,,

    • Felix Khing
      Felix Khing 15 hari yang lalu

      Yaa bagaimana nanti google dan android dilarang pakai dunia ?
      Mungkin seandainya pakai google II atau android no.2 .
      Jadi Hwa Wei versi 2.??

  • Adam Peck
    Adam Peck 18 hari yang lalu +1

    Tikhoo Tiongkok akan menakluka semua lawannya
    Jangan menghina Tiongkok pakai istilah cina cina dasar tikhoo keparat !

  • Adam Peck
    Adam Peck 18 hari yang lalu +1

    Huawei sudah jauh jauh hari mereka punya plan B
    Tidak terbukti hanya tuduhan
    Huawei bukan perusahaan Amerika tidak akan tunduk terhadap hukum Amerika
    Huawei sudah punya OS sendiri “HONG MENG” idclips.com/video/cxOw7_yw1cg/video.html, HUAWEI Store dan APTOIDE
    HUAWEI semakin jaya, mereka akan menandingi Amerika

  • mahagiri laundry
    mahagiri laundry 18 hari yang lalu

    Alibaba itu gede..klo mngkin sbagian kcil org gk ngerti.. tp klo untuk mencari sebuah unit. Alibaba ibarat pasar online serba ada. Apple buat finger print d layar aja gak muncul2.. ehh malah vivo ada.. ngoahahahah

  • awas dompet
    awas dompet 19 hari yang lalu

    huawei d tuduh trump ada sesuatu berbahaya d produk nya wahwei . alias mata2 .

  • Ketawain Aja
    Ketawain Aja 19 hari yang lalu

    Kalau Cina "Hangusin" pabrik Iphone di Cina. USA bisa apa ?

  • Andri Hermansyah
    Andri Hermansyah 19 hari yang lalu

    Cintailah ploduk ploduk Indonesia.. njir ngakak online.

  • indra
    indra 19 hari yang lalu

    Saya yakin china akan ambil jalan berperang total. China akan mulai memimpin dunia.

  • Barong Kakapa
    Barong Kakapa 19 hari yang lalu

    Klo ada symbian gw mau pilih symbian drpd android,symbian kaya customisasi ga sprti android yg monoton

  • Alit Suadnyana wiratama
    Alit Suadnyana wiratama 19 hari yang lalu

    Kalo Indonesia buat smartphone baru dikasi nama brand apa ya?

  • abdul muis
    abdul muis 19 hari yang lalu

    Indonesia tutup selat malaka....terguncang Cina Amerika bangkrut mimpi ganih...wakk,

  • Alpha Mike01
    Alpha Mike01 20 hari yang lalu

    Apapun dari cina semua kaleng kaleng 😅

  • Melki Alvarez
    Melki Alvarez 20 hari yang lalu

    Honor juga kena,,tolong imfo nya

  • Yusup Ashari
    Yusup Ashari 20 hari yang lalu

    The hell with them we can produce all that stuff then show them that indonesia can do it....!

  • samsone aja
    samsone aja 21 hari yang lalu

    baru berencana mau beli huawei, jadi ragu kalo gini..

  • PapaLuna
    PapaLuna 21 hari yang lalu

    Menurut gw yg mungkin akan terjadi adalah:
    1. Iphone turun harga
    2. Mobile Phone China akan stabil harganya
    3. Kalau, sampai perang dagang meluas. Efeknya ga cuma bisnis teknologi aja tapi akan ke semua aspek kehidupan
    4. Revolusi Teknologi akan mulai di 2019

  • Oskar Galih W.K.
    Oskar Galih W.K. 21 hari yang lalu

    Winter war is coming..

  • bay los
    bay los 21 hari yang lalu

    Ploduk ploduk indonnnn aaa

  • Dhimas Muhamad
    Dhimas Muhamad 21 hari yang lalu

    Solusi custom rom :v

  • adiptawf
    adiptawf 22 hari yang lalu +3

    Gue gak kebayang sih Apple dropprice dan Huawei dropprice di Indonesia. Huawei P30 PRO dijual 5 jutaan aja, gue beli sumpah walaupun gak dapet update. Otak atik gampanggg

  • Eddi Toni
    Eddi Toni 22 hari yang lalu

    Bro mantap. P kita bs jiplak solfware org gak ?

  • Eddi Toni
    Eddi Toni 22 hari yang lalu

    Kita sdh pernah di embargo samp skrg ini. Bgmn ?

  • Muiz Gemok
    Muiz Gemok 22 hari yang lalu

    iPhone kaya namanya saja.inti patinya langsung x bagus.bateri saja x sampai 1 Hari pakai.

  • RAFLES TAMBUNAN
    RAFLES TAMBUNAN 22 hari yang lalu

    Menurut ku ini bakal senjata makan Tuan buat USA. Gak bakal lama lagi, USA yg akan memohon mohon ke Cina.
    Seperti kata Napoleon Bonaparte mengenai China,
    "China adalah raksasa yang tertidur, biarkan ia tidur, karena kalau ia bangun, ia akan menggentarkan Dunia" termasuk Amerika.

  • Sit Pat
    Sit Pat 22 hari yang lalu

    Kalau mau saingan sama apple harus jualan tomat

  • Sit Pat
    Sit Pat 22 hari yang lalu

    Ga di potong tapi nyontek 👎🤪

  • Rizki Djibran
    Rizki Djibran 22 hari yang lalu +1

    No ARM architecture, means no more kirin...no more phone for Huawei

  • Man Slayer
    Man Slayer 22 hari yang lalu

    Eh.. Siapa tau maspion berminat..
    Secara maspion juga perusahaan yang lumayan besar...
    Mungkin ini saatnya pelebatan sayap dan berinovasi..

  • Febryn Pradana
    Febryn Pradana 23 hari yang lalu

    nuuub mnudu2 ni

  • achmad mubharak
    achmad mubharak 23 hari yang lalu

    Mampus huawei

  • Hendrawei Hendrawei
    Hendrawei Hendrawei 23 hari yang lalu

    China kerja sama sama iran As ketakutan karena china pro Muslim

  • Thalia Ticketing Tour & Travel Service

    Tujuan trump dr awal agar semua pabrik milik amerika di luar amerika agar kembali bikin pabrik di daratan amerika sendiri

  • ade ronny
    ade ronny 23 hari yang lalu

    Mas wisnu jidatnya lega juga kaya saya

  • NB Gaming
    NB Gaming 23 hari yang lalu

    Waduh Malah Gua Baru Beli huwawei Lagi;( abis Duit Gua Udh beli mate20 pro eh gatau nya pen di blokir:( Tau Gtu Gua beli samsung note9 @jeee nyesel

  • Jefry Aulia Andika
    Jefry Aulia Andika 23 hari yang lalu

    Islam mengajarkan tuntutlah ilmu sampai ke negeri china, bukan ke negeri amerika, jadi ya semoga semua pada paham maksudnya, sekedar info, google tidak berniat dan sangat menyayangkan putusnya kerja sama dengan huawei, mereka hanya terpaksa menuruti kebijakan donald trump, yang saya tidak mengerti, huawei kan menggunakan os (perangkat lunak) milik perusahaan amerika yaitu android miliknya google, kenapa huawei masih aja di tuduh menanam backdoor di ponsel mereka untuk memata matai pemerintah amerika, padahal kan system operasi nya dari amerika sendiri 🙄, bagi yg paham tolong pencerahannya donk

  • Idham Kholid
    Idham Kholid 23 hari yang lalu

    Nonton chanel ini berlama2bga bosen,byk pengetahuan yg didapet,beda sama chanel yg cm unboxing2 doank,seringnya diskip2 mulu krna membosenkan

  • Idham Kholid
    Idham Kholid 23 hari yang lalu

    Difi ko kaya org ga mudeng si ya

  • herdo dimas
    herdo dimas 23 hari yang lalu

    lebih enak tanpa di cut bang, ekspresi nya lebih dapet dan runtut

  • kapten tempe
    kapten tempe 23 hari yang lalu

    Ketakutan AS thdp China

  • erico jefry
    erico jefry 23 hari yang lalu

    tiap negara punya os sendiri saling ban kocak juga y wkwk.. produk lokal is the best🤣pemperkaya negara masing masing

  • Eka Arianto
    Eka Arianto 23 hari yang lalu

    bajupitih nyempit" doang hahhaaa

  • Andra Sumarna
    Andra Sumarna 23 hari yang lalu

    Hhh bener banget cuman berani di sosmed dan bikin rusuh, kalau ketangkep bilangnya hilaf hilaf 🤣🤣🤣

  • Red Donkker
    Red Donkker 23 hari yang lalu

    Gue pake Huawei honor magic 2 udh ga ada Google playstore.ny.. tp ada cara biar diinstall si 😁.

  • yon subky
    yon subky 23 hari yang lalu

    Kayaknya sih... Bener. China bakal ngeluncurin OS nya sendiri.
    Liat aja dari dulu, facebook china ga pake, pake nya weiboo , whatsapp ga pake , pake nya wechat, semuanya berjalan sampe sekarang,
    Bayangin kalo tiba2 apa yg bang wisnu omongin beneran terjadi? DUAAARRR,,, china memblokir semua perusahaan amrik, bisa2 OS android R itu versi terakhir. Atau bisa jadi ada 3 os smartphone yg bersaing. Dan china tetep jadi rajanya karena banyak device yg ga make android lagi, cuma nokia n samsung.
    Waw... Jangan coba2 bangunin naga tidur lah si amrik ini.

  • deen iko
    deen iko 23 hari yang lalu

    Menarik ulasan nya

  • Abdul Basyithanafie
    Abdul Basyithanafie 23 hari yang lalu

    dua hari yg lalu sy beli huawei p30lite, anjiir baru liat beritanya skrg,, sumpah gw galau.. ini gmn sih...

  • Ridho Ali
    Ridho Ali 23 hari yang lalu

    Memang bener di tahun ini lagi gencar gencarnya perang teknologi kita tinggal doa aja

  • Shaiful Munir Yawafie
    Shaiful Munir Yawafie 23 hari yang lalu

    Ploduk ploduk

  • Jimmy Chelsea
    Jimmy Chelsea 23 hari yang lalu

    Google ga ngasih os besutannya di pake huawei,ini bisa membuat google rugi sendiri,dan ini bisa membuat huawei mandiri,tidak bergantung sama android,huawei pasti sudah belajar dari kegagalan samsung dengan os TIZENnya,lihat aja huawei nanti bisa buat os sendiri

  • ojol lali
    ojol lali 23 hari yang lalu

    Dan gue baru beli p30 lite

  • ihsan 1254
    ihsan 1254 23 hari yang lalu

    Hidup merk lokal,, saya dukung klean utk berinovasi 🇮🇩🇮🇩🇮🇩

  • Xuyên Đô Gaming
    Xuyên Đô Gaming 24 hari yang lalu +1

    AI AM ĐÉO HIỂU TIẾNG ANH

  • winstone yacob
    winstone yacob 24 hari yang lalu

    untuk hp huawei yg telah beredar d pasaran msh dpt update dan msh bs gunakan layanan google service. tp u seri terbaru kemungkinan tidak dpt lg servis google kecuali ada perubahan kebijakan dr AS. sejauh ini msh ada kelonggaran yg di beri oleh AS sekitar 90 hari klo nda salah. yg jd persoalan bukan itu karena mayoritas hp cina yg di pasaran lokal cina emang gk pake google krn google d blokir d cina tp pake aplikasi lokal mereka terkecuali hp huawei u pasar global yg agak pengaruh kecuali AS melunak soal huawei. huawei ini tipe perusahaan "keras kepala" trhdp kebijakan sangsi amerika jd mrka pasti siapkan OS alternatif pengganti google sbg perlawanan trhdp AS. hal ke-2 yg jd problem, huawei skrng ini lg dlm momentum bagus dlm upya mengejar posisi 1 sbg produsen dg pengapalan ponsel terbesar yg diduduki samsung. otomatis akan terjd perlambatan dlm upy mjd brand ponsel no.1 krn hrs merancang ulang OS dll dan belum tentu os tsb akan diterima pasar global seperti IOS dan android, dan akan terjdi hambatan yg signifikan bila lisensi ARM sampe ikut di cabut dan dampaknya ke produksi modem dan chipset terbaru kirin itu jelas akan menjadi problem yg amat pelik krn ARM sbg pemegang lisensi chipset dan modem akn tunduk pd kebijakan amerika lantaran patennya ARM ada pd AS. hal ke-3 yg terjadi, akan ada bnyk perusahaan yg beramai2 memblokir kerjasama dg huawei sept: intel, broadcom, qualcom, microsoft dll termasuk panasonic, ARM yg notabene bukan perusahaan amerika dan itu sangat berpengaruh pd pasokan komponen pd produk anyar huawei kedepan. tp soal eksistensi perusahaan, sy yakin mereka tetap solid krn dukungan china jg sngt kuat u memproteksi kelangsungan perusahaan. masalah utama hny pd target daya saing perusahaan yg agak terhambat terhadap kompetitor seperti samsung dan apple. tp bisnis infrastruktur mereka di prediksi msh lancar krn ketergantungan berbagai negara msh tinggi seperti: kawasan amerika latin, bbrp negara eropa, afrika dan bbrp negara asia (termasuk proyek infrastruktur 5G). Btw, kita lihat nanti perkembangan kasus ini kedepannya gmn, ok guys...👌

  • Mohamad Aripin
    Mohamad Aripin 24 hari yang lalu

    Samsung bakalan laris lagi

  • Abang Tampan
    Abang Tampan 24 hari yang lalu

    Kebayang juga Jutaan karyawan cina di pecat Apple

  • choirul 2004
    choirul 2004 24 hari yang lalu

    Di ROOT Bang

  • Shinji Guy
    Shinji Guy 24 hari yang lalu

    Yakin inovasi huawei bakal menggebrak dunia.. dari dulu perusahaan eropa sana cuma pengen bikin masyarakat seluruh dunia itu berhutang sama mereka.. justru dengan ada nya inovasi asia (china) mereka tersaingi.. terbukti masyarakat kita (indonesia) sebagian besar disupply oleh produk2 china karena dari segi harga pun lebih terjangkau. Kita dukung asia menguasai perekonomian dunia. "This time is our turn, let's go asia nations. Time for Eastern to survive, prove to the world that we can do it" 😎

  • Wida Newin
    Wida Newin 24 hari yang lalu

    Menurut saya, Amerika memutuskan Huawei dari gogle dengan alasan memata matai itu hanya alasan yang tidak terbukti ( seperti kasus amerika menyerang Afghanistan). Alasan utama menurut saya amerika takut sama perusahaan China Huawei krn sudah mengalahkan apple ke posisi kedua, sebelum mengusai di posisi pertama maka pemerintah amerika mengintervensi semua perusahaan Amerika agar memutuskan kerjasama atau memakai produk Huawei.
    Hampir kalah dagang, Amerika mau curang dengan alasan memata matai militer

  • POLRES METRO
    POLRES METRO 24 hari yang lalu

    Siapa sih lu?

  • Rodih Hartono
    Rodih Hartono 24 hari yang lalu

    yg mahal aplikasi Android doang

  • Ndeso vlogger
    Ndeso vlogger 24 hari yang lalu

    Apapun yg terjadi gue ttep pakai SAMSUNG