Tap to unmute

[FULL] Debat Prabowo dan DPR - Rahasia Negara, Prabowo Minta Pembahasan Anggaran Tertutup

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 10 Nov 2019
  • Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengikuti rapat kerja perdana dengan Komisi I DPR pada Senin (11/11/19). Rapat digelar untuk melihat rencana kerja Menteri Pertahanan selama lima tahun ke depan.
    Rapat kerja perdana Menhan Prabowo Subianto dengan Komisi I DPR sempat diwarnai perdebatan terkait pembahasan anggaran.
    Anggota Komisi I DPR Fraksi PDI-P Effendi Simbolon sempat meminta agar Menhan Prabowo Subianto menyampaikan anggaran kerja seperti yang tertulis dalam laporan. Namun, Prabowo sempat meminta agar pembahasan dilakukan tertutup karena menyangkut rahasia negara.
    0:41 - Effendi Simbolon Minta menhan Paparkan Anggaran Kemenhan
    1:30 - Prabowo, Soal Anggaran akan Disampaikan Secara Tertutup
    2:28 - EffendI: Kebijakan Umum Sampaikan Terbuka Saja
    4:42 - Pimpinan Rapat Berhak Menutup dan Membuka Sidang
    6:23 - Jawaban Prabowo Soal Keterbukaan Anggaran Kemenhan
    8:20 - Syaifullah Tamliha: 2 Menhan Sebelumnya Selalu Meminta Sidang Tertutup Soal Anggaran
    Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live . Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.
    Media social Kompas TV:
    Facebook: KompasTV
    Instagram: kompastv
    Twitter: KompasTV
    LINE: line.me/ti/p/%40KompasTV

Komentar • 20 672

  • NCY ID
    NCY ID 2 tahun yang lalu +185

    Ga salah pak Jokowi memilih Prabowo jadi mentri pertahanan.....gw salut sama dia

    • Dimun Pakpahan
      Dimun Pakpahan 8 hari yang lalu

      Bpk prabowo subianto,mantabs👍maju truss pak,sehat selalu💪👍

    • Paijo Hambar
      Paijo Hambar 10 hari yang lalu +2

      Banyak yg gak suka sama pak Efendi sambolon sok benar sendiri

  • Irwan Saleh
    Irwan Saleh 14 hari yang lalu +20

    Gw se7 banget dgn Pak Prabowo. Tidak perlu semua harus terbuka, Negara lain bisa tau kekuatan kita sampe mana... 👍🏾

  • M Lukman
    M Lukman Bulan Yang lalu +10

    Rahasia negara Indonesia nggak harus di buka semoga pa Prabowo Subianto serta keluarga nya mendapat lindungan Allah SWT dan ridhlanya amin hebat pa pa Prabowo Subianto

  • Panda Pandawa
    Panda Pandawa 14 hari yang lalu +14

    Maju terus Pak Prabowo Subianto,,kami rakyat Indonesia mendukung penuh Pak Prabowo dan TNI , untuk kemajuan TNI dalam menjaga keutuhan, kejayaan dan kedaulatan bangsa dan negara Indonesia . Maju terus TNI ku ,,, hanya TNI lah yg kami percaya di republik ini

  • OLD VOICE ID
    OLD VOICE ID 12 hari yang lalu +2

    Setelah menjadi MENHAN Prabowo menjadi lebih calm dan bijaksana. 😇👌

  • Gos
    Gos 2 tahun yang lalu +357

    Mentri Pertahanan tugasnya Mempertahankan negara,,, apalagi rahasia negara...
    GUA bangga banget punya Menhan kayak Pak Prabowo.... good job Pak....
    negara lain pasti takut sama negara kita
    karna pertahanan negara ini rahasianya gk gampang bocor. Mantap

    • Bambang wahyu Giono
      Bambang wahyu Giono 4 hari yang lalu

      Hebat bpk,,,bravo pak prabowo...anggaran DPR yg hrsnya terbuka...

    • Alwis Gojek
      Alwis Gojek 8 hari yang lalu

      Biasa aja ton

    • Gunawan Indo
      Gunawan Indo 11 hari yang lalu

      Yg minta terbuka itu bs sj jebakan utk Prabowo sbgsi menhan br agr kelihatan bodohnya kl smpai menuruti permintaanya untung Prabowo dgn tegas tdk mau memaparkanya😁

    • Fariz Albantani
      Fariz Albantani 11 hari yang lalu

      Klo sy posisi sprti itu malu berat rasanya... Mantap menhan itu baru namanya aset negara mana yg rahasia dan tdk bisa memilah dan berfikir dewasa dan cerdas.

    • KomangAdiKene Ronaldo
      KomangAdiKene Ronaldo 2 tahun yang lalu

      @Taufiqur Rahman maen kebali biar tambah banyak kuli Dari pulaumu

  • Sutarno R15
    Sutarno R15 14 hari yang lalu +13

    aku yang bukan TNI aja rasanya naik darah lihat angota DPR kaya gitu.seolah2sok berkuasa..kalo memang merasa berkuasa mending bubarin aja DPR gx ada untung nya yg ada malah sarang koruptor

  • Ratna Dini
    Ratna Dini 14 hari yang lalu +26

    Simbolon hak negara yg harus di Rahasiakan itu harus.. semoga BPK Prabowo dalam lindungan Allah SWT Amin

    • ER Channel
      ER Channel Hari Yang lalu

      Simbol atau simbolon ya mba? Hemp...

  • Sandi Sunno
    Sandi Sunno 14 hari yang lalu +5

    Mmg seharusnya tertutup klo menyangkut keamanan suatu negara.. harusnya kita bisa jadi maklum demi keamanan kita sendiri , demi keamanan negara dan semua rakyat indonesia..

  • Ngali Plakat tinggi
    Ngali Plakat tinggi 11 hari yang lalu +14

    Hebat pak prabowo sangat bijaksana menjaga rahasia negara🙏❤️🇮🇩 jika rahasia terbuka maka negara jadi berantakan ❤️💪

  • Restu Kholifah
    Restu Kholifah 2 tahun yang lalu +361

    Sikap yg baik dan tegas pak Prabowo. Demi pertahanan Indonesia. Semoga Allah SWT selalu melindungi beliau.

    • Tugi Yati
      Tugi Yati 3 hari yang lalu

      Restu kolifah lu dungu ke bodoh otak gk jln ya ?

    • Dap Putra
      Dap Putra 6 hari yang lalu

      @Like smile and spirit mending meneng...nk ra mudeng....terbuka..kathok,e

    • Khem Phenks S Ag
      Khem Phenks S Ag 10 hari yang lalu +1

      @Like smile and spirit terbuka di parlemen, bukan di raker yg bisa di dengar banyak orang dalam dan luar, yg aneh lagi orang indo kok ngotot bongkar anggaran keamanan, ada siapa di belakangnya...

    • Ms. Emil
      Ms. Emil 10 hari yang lalu

      Aamiin

    • Wahyu Yudi
      Wahyu Yudi 15 hari yang lalu

      Jujur aja lah wo

  • Neysha azizzah
    Neysha azizzah 23 hari yang lalu +7

    Jika bangsa ini bersatu negara ini sebenarnya kaya tanpa tanding... Tapi sayang .. Banyak yg menghianati bangsanya sendiri

  • Odes Arlin
    Odes Arlin 15 hari yang lalu +14

    Anggaran pertahanan Negara harus dirahasiakan,,,klu terbuka itu melemahkan Negara sendiri dari Negara lai,,,dan akan menjadi tolak ukuran pertahanan Suatu Negara'👍🏻

    • topick maher
      topick maher Hari Yang lalu

      Ak sja rakyatnya ngerti rahasia negara

  • Meri Merimefri
    Meri Merimefri 14 hari yang lalu +6

    Kami setuju bahwa rasia tentang pertahanan negara kita tidak boleh dipaparkan ini menyangkut negara kita.. Semangat pak menhan. Kami masyarakat mendukung bapak... Jangan Negara kita terjajah lagi pak. Karna negara lain tau rasia Negara kita / kelemahan kita. Karna dipaparkan.. Untuk anggaran lain gak apa dipaparkan. Tapi untuk pertahanan negara kita jangan. Biarlah itu rasia Negara kita saja.. Wassalam....

  • Handoyo Saptomo
    Handoyo Saptomo 22 hari yang lalu +3

    Bravo Bpk Prabowo, sehat dan dalam lindungan Allah...SWT. Aamiiin...yra.🤲🤲

  • Muhammad Charis
    Muhammad Charis 2 tahun yang lalu +156

    YaAllah kuatkan pak prabowo, dalam menghadapi mereka ini, aamiin..

  • dewa master
    dewa master 13 hari yang lalu +4

    Namanya sudah RAHASIA NEGARA, sekali lagi RAHASIA. yang namanya RAHASIA tidak untuk di publikasikan ke publik/masyarakat. rahasia anggaran pertahanan negara bersifat rincian sensitif, maksud dan tujuannya untuk STABILITAS antara sebuah negara.
    pastinya negara lain yg berkepentingan di negara ini akan menyoroti INDONESIA. baik berkepentingan POLITIK, BILATERAL, MULTIRATERAL, GLOBAL, INTERNASIONAL berdasarkan politik luar negeri yang bebas aktif.

  • Terserah Lah
    Terserah Lah 13 hari yang lalu +8

    rahasia anggaran dan kekuatan negara memang hrs tertutup dan jgn dibuka ke publik,demi ke amanan negara.

  • Tarjo Tarjo
    Tarjo Tarjo 22 hari yang lalu +16

    Saya yakin Nasionalis pak Prabowo tdk diragukan lg.. Betul sekali pak Prabowo soal anggaran pasti berkaitan dg kemampuan dan kekuatan kita tdk boleh terbuka,. Pak menhan sangat beralasan krn ini menyakut kekuatan kita yg tdk boleh di ketahui oleh negara lain,. Itu mksdnya pak menhan kita.. Mantap Pak menhan saya dukung Anda... 👍👍👍.. Bravo TNI ku

    • Pak DE Jawa
      Pak DE Jawa 14 hari yang lalu +1

      Betul klo sampai lawan tau bisa berabe.. yg desak beliau adalah orang yg gk suka beliau ,egois dan sombong sdh tau itu tentang rahasia negara suruh terbuka, jgn jgn musuh dlm selimut 🤭😁😁 , bravo buat pak prabowo..👍👍👍

  • amul huzni
    amul huzni 9 bulan yang lalu +29

    "Lebih sulit mempertahankan apa yang sudah ada ketimbang memperjuangkan yang belum tentu ada"
    Itu lah Bapak MenHan, beliau sedang mempertahankan dan sekaligus memperjuangkan keutuhan kedaulatan republik Indonesia tercinta ini.💪💪

  • Risqi Adityan
    Risqi Adityan 2 tahun yang lalu +384

    Kemarin saya memilih pak jokowi
    Namun salut dengan beliau, pak Prabowo dengan kebijaksanaan atas statement tersebut. 👍🏻
    Bravo pak Prabowo

    • Imam Sub
      Imam Sub 6 hari yang lalu

      @werkudara arimbi lllllokkklklkolkkklkilllkkkiioillkkikkkkllllilkkililkiiiooiioikioklooiokkkoooiokoklkkiiiikiokioooooikiiiilkilkkiiiloikiokiiooilkliooillklokilklkookoiokolikkilkliillliilkluikiolliuioolkiookoikkklioloiikiioiiioiiilikkiilioikiikiliilklkliklliiokilllkliliililkiouoliloilluoiioololokiiikiioklokkoilukiiklkiilolyiiliilulkiiliolipiliiiylyuilioylolokyiikylouilkykluyilyiklyllulluloyoilliliolilyolukuklyikllikyloliyiliklolyiolliyiyiyiyiylolykyolylyyiiyiuuylyiluiklollllioolikloiiklioyilyilyilyilukyiyuoliluiuiklilolylulilliluiiuklluolylklulykppuyilliluiioyklooilolilklupuluioyyilliuiykykliyiuyylillilyliylioioyloiliylkylylilyyuylyiklyklyukuolliyluyulyokioyylkiiylikllyiklyklliyoiyikuyokilliyulluyolyluylukltilioyioyiiloyioulliolylikikykulkiyyluoulgijyoluoklyikioylyilykliouiyluklkyikuklikylykyuoukiliuyiilylyillykllylkiylykuoliykloyjykyklyylulyiliyluklyyluylyylyklloklyiulkkiylyoliyouuiyuoilpiliuyokikiluyiklyiuyllkiuikuklylyiyuyliluiliykylloioukyoklulykliyillliykkikylullkkiyklyllyilyulliylyuoluyiulouykloyoluollkkuiylylyloouuiulyikuyluliiikululkljlyiyklkuliluliyuolioiluliliyyilouyuoyoukililyiululiyilyiuliyuiiluiyloiltkliloloilulloulyoliiylulkouyliliylylyiliilioliilululiobuang

    • Chang Quan
      Chang Quan 11 hari yang lalu

      Becik ketitik
      Olo ketoro

    • Jessa R Wibawa
      Jessa R Wibawa 2 tahun yang lalu +1

      Bukti Pak Jokowi orang baik... Dia merangkul yg asalnya lawan menjadi kawan... Salut sama pak jokowi...

    • adihari ramijan
      adihari ramijan 2 tahun yang lalu

      Pak prabowo okey tpi sayangnya di tunggangi pendukung grombolan teroris.

    • Sapu Jagad
      Sapu Jagad 2 tahun yang lalu

      Belum tentu bro ini kan politik .. dan manusia sangat susah jika merubah watak.

  • AHONK 87
    AHONK 87 11 bulan yang lalu +10

    Siap kami mendukung P.Menhan,
    Dikarnakan orang yang menuntut P.Menhan itu memang bukan kapasitasnya,
    Makanya wahai rakyat indonesia untuk menentukan wakil harus slective jangan karna apa² dalam memilih tapi pilih berdasarkan kapasitas dan kemampuannya.

  • Van Obick official
    Van Obick official 14 hari yang lalu +2

    Saya setuju dgn pak Prabowo karena menyangkut rahasia serta keAmanan kekuatan suatu bernegara...

  • Boyke Jatikusuma
    Boyke Jatikusuma 7 bulan yang lalu +2

    Terbuka ya terbuka tapi kan tidak HARUS semuanya dibuka ke publik! Masa hal seperti itu HARUS diajarkan ke DPR...!?

  • Andik Subekti
    Andik Subekti 2 bulan yang lalu

    Tidak semua harus terbuka. Jika semua dibuka bahaya utk negara lain yg diam2 ingin menhancurkan negara ini. Mantap pak prabowo👍

  • GooYaa
    GooYaa 2 tahun yang lalu +237

    Sedih sekali liat Attitude para DPR ini, Apakah begitu cara mewakili suara rakyat? Dengan kata kasar, keras, monohok, merendahkan, jauh dari kata sopan dan tatakrama.

    • SugenK Suwandono
      SugenK Suwandono Hari Yang lalu

      Dari Pada Buwat Gaji.. Yg Gak jeles
      Mending Belikan Peralatan Buwat pasukan..Negara

    • Abu Fathur
      Abu Fathur 12 hari yang lalu

      Biasa sok2 paling jos

    • Farzan duta
      Farzan duta 15 hari yang lalu

      @Wahyu Subuh wkwkwk sok iye lu njin9

    • Mal L
      Mal L 2 tahun yang lalu

      Parah emang gaada sopan santun

    • Wahyu Subuh
      Wahyu Subuh 2 tahun yang lalu +1

      @Edi Edi dpr dibutuhkan untuk sistem demokrasi..
      Klo masalah jelek/buruk.
      Emang luw yakin ,semua orang yg ngisi di-dpr buruk semua..

  • Lili Gumilang
    Lili Gumilang 5 bulan yang lalu +1

    mantap sekali pak jendral👍
    sebaiknya anggaran pertahanan negara tidak boleh sampai negara non indonesia tau.itu harus tertutup dan rahasia.ini masalah kekuatan negara kita.

  • Abdul Aziss
    Abdul Aziss 3 bulan yang lalu +14

    Pembahasan Anggaran pertahanan negara memang sebaiknya tertutup, dikarena itu merupakan peta kekuatan negara dlm segala hal, terutama kekuatan militer dan kelengkapannya.
    Saya setuju dibahas dgn cara tertutup, Karena kekuatan strategis negara.

  • Della Arsani
    Della Arsani 11 hari yang lalu +1

    Betullll sekali,gk semua,rapt2 hrs terbuka,apa lagi masalah nyangkut dalam negara,atau nyangkut rahasia negara, tetap rahasia,...jngn sampai terpapar...

  • juhaena abidin
    juhaena abidin 15 hari yang lalu +2

    Saya setuju dgn mentripertahanan,,rahasia negara tidak boleh di buka,,,takutnya nanti di sadap olehnegara lain...ada yg harus di bublikasi ada yg di tutup

  • Lek Win 1219
    Lek Win 1219 2 tahun yang lalu +153

    Benar sekali pak Prabowo. Ada yg boleh terbuka, dan ada yg boleh tdk terbuka. Salut kepada pak Prabowo 🇮🇩🇮🇩🇮🇩

  • Ha Ha Ha
    Ha Ha Ha 5 bulan yang lalu

    Ini baru namanya pemimpin yg cerdas....
    Salut buat pak Prabowo...
    👍👍👍👍👍

  • Muhammad Asep
    Muhammad Asep 14 hari yang lalu +2

    Point paling penting ada di akhir video, saat pimpinan rapat berkata: "karena ini adalah rahasia negara"

  • M Lukman
    M Lukman Bulan Yang lalu

    Pa Prabowo Subianto pahlawan Nasional Indonesia tercinta semoga Allah SWT menjaga nya sehat selalu amin

  • Latifah Ritonga
    Latifah Ritonga 10 hari yang lalu +2

    Semangat pak prabowo. Kami bisa melihat bahwa pak prabowo baik dan tulus. Smga ALLAH SWT melindungi pak prabowo smga dimudahkan segala urusan bapak. Senang lihat pak prabowo yg bijak

  • the juling
    the juling 2 tahun yang lalu +186

    "Mempersulit Non Indonesia untuk memahami pertahanan." Mantaaaaaf!!!

  • Kristianto Kodi
    Kristianto Kodi 15 hari yang lalu +2

    Saya kurang setuju dengan sikap kedua DPR itu. Masa terkait pertahanan negarapun diminta dibuka secara umum. Saya sebagai masyarakat biasa merasa tidak terwakili dengan sikap mereka berdua ini. Klau bisa anggaran juga jangan dibuka secara umum dong. Dari jumlah anggaran saja Negara lain sudah sangat mudah menganalisa kekuatan pertahanan indonesia. Boleh ngotot tapi ingat jangan telanjangi pertahanan negara kita dong. Klau mau anggarannya tepat dan tdk disalah gunakan ya....itulah tugas kalian sebagai DPR untuk terus melakukan fungsi pengawasan kalian.

  • Bundo Kanduang IKMS Tebing Tinggi

    Semoga wakil wakil rakyat dapat memberikan yg terbaik untuk kita semua ,,

  • Nur muhammad Muhammad Nur
    Nur muhammad Muhammad Nur Tahun Yang lalu

    Para DPR dan pemerintah masaalah anggarran harus terbuka supaya masyarakat tdak marah kasiab negara

  • Jullya Lya
    Jullya Lya 2 bulan yang lalu

    Terbuka dan tertutup gak masalah emang itu rahasia negara yang penting tidak korupsi, sekali lagi yang penting tidak korupsi 👍👍👍👍✌️✌️🙏🙏🙏

  • nofita telung
    nofita telung 2 tahun yang lalu +311

    Santun,cerdas dan berwibawa
    Sehat selalu pak Prabowo

    • Tang Mo
      Tang Mo 2 bulan yang lalu

      Tetap waspada pada penghianat negara
      Pembahasan anggaran wajib tertutup 👍

    • Abdul Wahab
      Abdul Wahab 8 bulan yang lalu

      @Indi Soraya m

    • Dame Desu
      Dame Desu 2 tahun yang lalu

      Nth kenapa Santun terbaca dipikiran ku "santuy" wkwk

    • Indi Soraya
      Indi Soraya 2 tahun yang lalu

      Aamiin

    • hans irawan
      hans irawan 2 tahun yang lalu +1

      Amin

  • Tarjo Tarjo
    Tarjo Tarjo 22 hari yang lalu

    Iyalah hal hal yg menyangkut rahasia negara hendaknya anggota DPR mengerti apalagi ini menyangkut pertahanan, tdk boleh semua orang tau. Baik itu menyangkut anggaran pertahanan maupun hal hal yg mau dibelajakan oleh militer kita.. Bravo TNI ku..

  • widya riani
    widya riani 7 bulan yang lalu

    Bener sekali Pak Menhan untuk pertahanan Negera harusnya dilakukan tertutup sehingga Negara lain tdk bisa memprediksi kekuatan pertahanan kita,

  • Andre Sylva
    Andre Sylva 9 bulan yang lalu +1

    ya lah kalo terbuka yang ada ketauan lemah nya dimana, kuatnya dimana, nanti lemah nya jd sarana negara lain untuk invasi, bahaya, saya setuju sama pak prabowo 🙏

  • Vian Permana
    Vian Permana 10 bulan yang lalu +1

    Semoga bapak pak Prabowo selalu dalam Lindungan Allah SWT

  • Rica Rahayu
    Rica Rahayu 2 tahun yang lalu +354

    Seorang Jenderal yg Tegas.. Tidak akan mau di Tekan..
    Bravo Pak Prbowo 😍

    • Rudi Boyz
      Rudi Boyz 2 tahun yang lalu

      Pengen nyumpal mulut Efendi Simbolon banyak nyocot g bermutu bravo p Prabowo Subianto

    • soekardi 1006
      soekardi 1006 2 tahun yang lalu

      Mantap jendral,pertahankan,

    • Mohamad Wawan
      Mohamad Wawan 2 tahun yang lalu +1

      Si Efendi banyak bacot luh

    • royandi anderson siregar
      royandi anderson siregar 2 tahun yang lalu

      Lohh ketegasan seorang di tempa melalui beberapa tekanan dengan dukungan emosional yang stabil loh.. perdalam dulu apa itu tegas.
      Terima kasih.

    • Sayuti Noor
      Sayuti Noor 2 tahun yang lalu

      BRAVOOOO......

  • edo kurniadi
    edo kurniadi 10 hari yang lalu +1

    Tuh baru mentri yg sesuai dengan bidangnya,,, adapun anggaran yg tertutup untuk kepentingan keamanan dengan maksud dan tujuan,, agar negara2 yg mengincar kita itu bingung dengan kondisi pertahanan kita,,,, yg mereka anggap pertahanan kita lemah ternyata tidak di sangka2 oleh mereka ternyata menhan kita menyiapkan jebakan batman,,

  • Khaerudin Hidayat
    Khaerudin Hidayat 20 hari yang lalu +2

    Untuk pak Prabowo jangan terpengaruh oleh otak otak kecil seperti mereka, keamanan negara tanggung jawab dari pak menhan jadi segala hal sekecil apapun harus dirahasiaka.

  • Danissha Putri
    Danissha Putri 6 bulan yang lalu +1

    Saya percayakan negara ini kepada pak Prabowo Subianto.

  • Dharmo Adjhie
    Dharmo Adjhie 9 hari yang lalu +1

    Rahasia negara tidak seharusnya di. bicarakan secara terbuka, betul sekali apa yng di sampaikan mas Prabowo ini,.Salut buat mas Prabowo yng dng tegas menolak membicarakan rahasia negara secara terbuka. Memang perlu keterbukaan ,tapi ada hal hal tertentu yng ,sifatnya tertutup.

  • Yaser To Resay'Z
    Yaser To Resay'Z 2 tahun yang lalu +207

    Tekad seorang jiwa Angkatan Militer,,. Pahlawan Indonesia..
    Sedikit bicara & Tegas,!!
    I love Bapa MenHam bpk. Prabowo Subianto.. 💗💗💗

    • bismillah
      bismillah 3 hari yang lalu

      Ya bgimanapun kan rakyat pingin tau kmana dana buat apa dibeliin apa harusnya sih terbuka ya pasti rakyat pingin tau

  • Andri Owen
    Andri Owen Tahun Yang lalu +10

    Pak Menhan pasti melakukan yang terbaik buat NKRI... semangatt Pak.

  • Jhonson Wilson sihombing
    Jhonson Wilson sihombing 19 hari yang lalu +1

    Sangat benar pendapat dari Bpk menhan...
    Saya sepakat dgn tujuan dari pendapat Bpk menhan, saya dapat memahami apa tujuan dari Bpk menhan, apapun yg menjadi rahasia sebuah negara di dlm hal pertahanan dan keamanan, adalah merupakan inti atau jantung kekuatan kedaulatan suatu negara di dlm menghadapi dan anti sipasi dari pihak non Indonesia yg pada saat tertentu akan ada niat tuk merongrong kekuatan dan kedaulatan NKRI

  • pangeran
    pangeran 14 hari yang lalu

    Betul apa kata pak prabowo. Rahasia negara harus tertutup. Demi keamanan negara. Sehat terus pak prabowo. Kami rakyat indonesia akan terus mendukungmu.

  • Erwin Rommel
    Erwin Rommel 15 hari yang lalu

    Setidaknya beliau masih tetap setia dan terus berusaha melindungi negara apapun jabatannya

  • Gahara Maria
    Gahara Maria 2 tahun yang lalu +2217

    Pak menhan senyum senyum, dalam hati bilang " gue debat sama anak TK"🤣

    • Iin Rahayu
      Iin Rahayu 10 hari yang lalu

      hehe iya begitu

    • Muhasdi Mamad
      Muhasdi Mamad 11 hari yang lalu

      Buang

    • TIMUR MUSIC
      TIMUR MUSIC 13 hari yang lalu

      🤣🤣

    • Babang Muara.
      Babang Muara. 13 hari yang lalu

      Liat debat ini,pak Efendi trlihat logat combongnya,,pk Prabowo itu lbih paham untuk kbaikan negara ini..rahasia negara y jgn lh dibuka dimedia.

    • dewa master
      dewa master 13 hari yang lalu

      AWAS!!! di culik dia nanti...
      😅😅😅😅😅

  • Lidia Djuhardi
    Lidia Djuhardi 8 bulan yang lalu

    Setuju pak Menhan, kode etik kerahasiaan Negara mmg hrs djaga , sikap yang Negarawan pak Menhan 👍

  • Lensa Waktu
    Lensa Waktu 17 hari yang lalu

    Sehat selalu pak Prabowo..anda tetep santun tapi tegas soal rahasia negara..jangan terpengaruh sikap mereka anggota dewan yg tak sependapat. Semoga anda senantiasa dalam lindungan allah pak..sehat selalu aamiin.. 👍 🇮🇩

  • Eddie Tjou
    Eddie Tjou 19 hari yang lalu

    Betul Pak Prabowo.. setuju!! Semangat Pak Prabowo.. 💪

  • Setia Wibawa
    Setia Wibawa Tahun Yang lalu +1

    Kalau alusista nya hanya beli, maka seharusnya tdk perlu ditutup tutupi, krn toch akan ketahuan juga, kecuali kalau anggaran yg diajukan akan dipajai utk keperluan riset bagi keperluan/kepentungan negara.

  • wongsulung
    wongsulung 2 tahun yang lalu +243

    Semoga allah selalu senantiasa melindungi mu pak prabowo.

  • Yustin Alfret
    Yustin Alfret Tahun Yang lalu +2

    betul...memang harus tertutup kalau bicara masalah pertahanan dan keamanan negara...

  • King Ball
    King Ball 7 hari yang lalu

    Anggaran DPR itu yang harusnya dipublikasi.. karna selama ini anggaran DPR sangat tertutup & berapa jumlahnya kita gatau,

  • Handa Yani
    Handa Yani 2 bulan yang lalu +1

    Anggaran pertahanan seharusnya di atas rata-rata, negara kuat bukan pemimpinnya melainkan militernya

  • Ermawan Anik
    Ermawan Anik 8 hari yang lalu

    Orang jujur ..sudah kelihatan dari raut wajahnya..bravo pak Prabowo..( orang apa adanya ) 👍👍👍

  • Aan Junaidi
    Aan Junaidi 2 tahun yang lalu +516

    Menhan : ini tanggung jawab saya kepada Presiden.
    You are the right man on the right place Sir Prabowo 🙏🇮🇩

    • Niswa Farmizi
      Niswa Farmizi 12 hari yang lalu

      Hebat bgt pak

    • NFShop naadiieen OFFICIAL
      NFShop naadiieen OFFICIAL 2 bulan yang lalu

      @NUR CHOLIS UDAH DARI DULU WOYYY HAHAHA. KUNO DEH. UDAH DARI DULULAH SEBELUM SEKARANG. YAAA....SEKARANG TAMBAH BAIK BAGUS DONG, YA NGGAK?

    • yuceubudi haryati123
      yuceubudi haryati123 Tahun Yang lalu

      I zaa

    • Muhammad gaming 🥵
      Muhammad gaming 🥵 2 tahun yang lalu +6

      Sudah cocok jadi menhan... Sudah pada tempatnya...

    • NUR CHOLIS
      NUR CHOLIS 2 tahun yang lalu +7

      Prabowo jadi baik karena berkumpul dengan orang baik

  • Kacy Maruapey
    Kacy Maruapey Bulan Yang lalu

    Keren sekali bpk menhan ,,semoga selalu dalam lindungan Allah SWT,,

  • Mus lich
    Mus lich 8 hari yang lalu

    Hidup pak Prabowo
    Semoga bangsa Indonesia ini menjadi bangsa yg maju
    Bangsa yg disegani oleh bangsa bangsa lain. Bansa Indonesia sebagai macan Asia yg sllu disegani oleh lawan lawannya hidup pak prabowo

  • Admo anggun Wijayanto
    Admo anggun Wijayanto 18 hari yang lalu

    Itulah jawaban jiwa pemimpin Alhamdulillah Indonesia mempunyai pak menhan Prabowo subianto

  • Jusuf audhy semuel Dajoh
    Jusuf audhy semuel Dajoh 18 hari yang lalu

    kalau pertahanan dan keamanan negara itu perlu di rahasiakan ,, lah kenapa DPR justru tdk mau merahasiakan,,, apakah DPR ingin kunci pertahanan negara di ketahui oleh musuh negara ?,, kalau rapatnya tertutup,, kan rapatnya juga dengan DPR., bukan dengan yg lain.. lucu juga nih DPR..

  • iR Project
    iR Project 2 tahun yang lalu +289

    "kesiapan dan kemampuan itu berkaitan dengan anggaran".
    Dari situ bisa kita simpulkan bahwa negara lain bisa dgn mudah menganalisa kekuatan pertahanan Indonesia hanya dgn jumlah anggaran.

    • Dаяк• S₸0ЯЭ
      Dаяк• S₸0ЯЭ 5 hari yang lalu

      @NO_TV semua negara juga pernah dipublish bro..

    • Dudung Andimin
      Dudung Andimin 8 hari yang lalu

      @Arya Film persenjataan sj ada yg d publikasikan dan ada yg d rahasiakan..d publikasikan agar negara lain tau kekuatan persenjataannya..namun yg d rahasiakan persenjataan yg lbh handal..anggarannya jg d rahasiakan krn ada persenjataan yg d rahasiakan

    • CةDةT_TعMPU®_06~⁰²
      CةDةT_TعMPU®_06~⁰² 11 hari yang lalu

      iR Project mantap mas bro...
      Semboyan militer
      "Logistik dan Anggaran tidak akan memenangkan pertempuran, tp tanpa logistik dan anggaran pertempuran tidak akan dimenangkan"...
      Baiklah, kopral akan bantu jawab, anggaran pertahanan msh jauh dibawahnya kepolisian, itupun msh di bagi 3 matra...

    • nurul Chotimah
      nurul Chotimah 14 hari yang lalu

      Setuju

    • NO_TV
      NO_TV 15 hari yang lalu

      Tpi alustita2nya... jga kadang dipublikasikan

  • Wong Deso
    Wong Deso 2 bulan yang lalu

    Bpk. Menhan memang sangat bijak dan profesional 👍

  • Becce Mewa
    Becce Mewa 8 hari yang lalu

    Semogah bapak prbowo maju lagi sebagi calon orang no satu ..
    Sudah terbukti kesabaran dan ketegasannya ...

  • maha rantau
    maha rantau Bulan Yang lalu +1

    Sampai detik ini kalo liat anggota yang ngeyel untuk terbuka pingin banget ludahin mukanya sumpah.. Apapun yang berkaitan dengan pertahanan negara, termasuk anggaran sudah seharusnya tertutup.. malah sangat harus.. karna dari situ bisa dilihat jelas seberapa kuat pertahanan negara..

  • Alex99 Ajah
    Alex99 Ajah 15 hari yang lalu

    Udah keliatan mana yg berkualitas dan mana yg ada tunggangan...
    Salut pk Menhan.👍👍👍👍

  • Akhmad Nurzain
    Akhmad Nurzain 2 tahun yang lalu +184

    saya pendukung jokowi, tapi untuk ini, setuju statemen prabowo, jangan bicara sepeta kata pun demi rahasia negara kita

    • Oji Hamsar
      Oji Hamsar 2 tahun yang lalu +1

      mksd sy , komen anda di atas seolah olah anda tidak setuju dgn kbradaan prabowo secara mnyeluruh karena ad kata "tapi", sy mengerti karena kemarin ad "kubu 01 dan 02",, namun "02" yg sekarang adlah bagian dr presiden jokowi krn beliau sendiri yg memilih prabowo. hal ini bukan hnya ditujukan kpd anda, tp kepada kita semua yg mendukung "01" kemarin, "02" adlah masa lalu, hari ini Jokowi dan prabowo sudah bersatu utk Indonesia. kurang lebih nya begitu

    • Akhmad Nurzain
      Akhmad Nurzain 2 tahun yang lalu +1

      @Oji Hamsar adakah kalimat saya tidak mendukung keputusan jokowi??

    • Oji Hamsar
      Oji Hamsar 2 tahun yang lalu +2

      justru krn dukung jokowi ya brrti km juga harus dukung keputusan jokowi yg milih prabowo jd menhan dan setuju dgn sgl keputusan prabowo di menhan

    • Sahabat Subhan
      Sahabat Subhan 2 tahun yang lalu

      Benar bang sepakat

    • mini life
      mini life 2 tahun yang lalu +3

      @SC 1511 Jokowi bukan lagi pendukungmu ?? Belajar bahasa Indonesia dengan lebih baik lagi dan pahami isi komentar wkwkwk..

  • MD agrata
    MD agrata 9 bulan yang lalu

    Apa yg di sampaikan pak Prabowo sudah benar. Dari sisi anggaran pertahanan memang tidak boleh terbuka untuk menghindari terbacanya kekuatan negara kita sendiri....terima kasih pak. Anda sudah pantas berada di menhan.

  • Kordi Pratama
    Kordi Pratama 2 bulan yang lalu +1

    Semoga pak Prabowo sehat selalu dan dlm lindungan Allah SWT...
    Hati2 pak Prabowo ada yg mesti di buka,,ada yg mesti di tutup....

  • Becce Mewa
    Becce Mewa 8 hari yang lalu

    Mantap pak Prabowo...
    Semogah sehat selalu pak.. kami percaya bahwa bapak akan berkoban apapun bentuk nya jika menyangkut hal negara...
    Maju terus pak
    Rakyat mendukung bapak

  • Salman
    Salman 6 bulan yang lalu

    Terkadang anggota DPR itu ada goblok2@ juga ..masak rahasia pertahanan negara di publikasikan.... 😂😂😂😂

  • BELAJAR
    BELAJAR 2 tahun yang lalu +148

    IYA BETUL PAK PRABOWO.
    ITU RAHASIA NEGARA JANGAN SAMPAI NON INDONESIA TAHU SEMUANYA. KALAU SOAL DANA ANGGARAN TAHU SEMUANYA GAK PAPA..TAPI STRATEGI2 JANGAN TERBUKA LAH..SIP PAK PRABOWO SAYA SETUJU DENGAN BAPAK 👍😍

  • Wesdaha Taruna
    Wesdaha Taruna Bulan Yang lalu

    Mantabh pak prabowo....❤️❤️❤️❤️❤️

  • Gunawan Karim
    Gunawan Karim 13 hari yang lalu

    Mantap👍👍👍 pak Prabowo.
    Ajari itu Efendi Simbolon ,yg mana bisa di papar kn dan harus di rahasia kn.

  • Lim Biskit
    Lim Biskit Bulan Yang lalu

    Negara akan susah maju dan berkembang, jika sedikit² curiga Mulu kerjaan nya ke orang lain.
    Bgi mana mau membangun NKRI ini, sesama anak bangsa sj kadang memojokkan, menjatuhkan, senang jika tmn nya kesusahan atau menderita 🤦

  • PATRIOT
    PATRIOT 7 bulan yang lalu

    Dengar ya, rapat anggaran ini byk diperhatikan sm negara2 lain, apa lagi menyangkut alat2 dan mesin2 keamanan negara dan wajib dirahasiakan.., harusnya anggota dpr ngerti!!!

  • Bunda Amey
    Bunda Amey 2 tahun yang lalu +118

    Semoga Allah selalu melindungi n menjauhkan Pak Probowo ❤❤❤ dari org2 yg iri n dengki pada beliau ❤❤❤

  • Nur Hayati
    Nur Hayati 11 bulan yang lalu +1

    Kepada saudara Efendi , kami menilai , terlihat sekali ke tidak sukanya anda kepada pak Prabowo , jadi bukan mewakili dari suara rakyat yg memilih anda . . . 😭

  • Boxy daco
    Boxy daco Tahun Yang lalu

    Sebaiknya pemaparan anggaran untuk Pertahanan dan Keamanan harus transparan, tdk boleh tertutup, karena rakyat harus tau, seperti yg dikatakan bahwa pada menteri Pertahanan yg terdahulu pemaparan-nya bersifat tertutup, tdk terbuka, pantesan saja kapal selam kita pada celaka, helikopter dan pesawat banyak yg jatuh, kapal perang banyak yg rusak, dan kita selalu membeli perlengkapan perang sebagian besar barang bekas, ini pemerintah harus jujur kepada masyarakat Indonesia, jadi harus terbuka, lagian beli persenjataan juga dari negara lain, yg pastinya dunia juga tahu, jadi buat apa ditutup- tutup, ada apa sebenarnya ...

  • Suparno Saja
    Suparno Saja 14 hari yang lalu

    Apakah rahasia kekuatan negara kita mau di obral keseluruh dunia lewat media?😰😰😰😰

  • Zero Distance
    Zero Distance Bulan Yang lalu

    Yg namanya rahasia negara sebaik2nya harus tertutub cukub di ketaui oleh org yg berwajib .... Saya setuju dgn penyampean menham.

  • ʀᴀᴋʏᴀᴛ ᴊᴇʟᴀᴛᴀ
    ʀᴀᴋʏᴀᴛ ᴊᴇʟᴀᴛᴀ 2 tahun yang lalu +80

    DEMI KEAMANAN NEGARA JADI HARUS TERTUTUP, HANYA PETINGGI NEGARA YANG BOLEH TAU..

  • Andara Lintang
    Andara Lintang Tahun Yang lalu

    Prabowo smgat.smg sll.dlm lindgn allah

  • Raja Rumput
    Raja Rumput 14 hari yang lalu

    131t mungkin sudah di ketahui berapa % keuntungan , akhirnya ada yang jujur ada yang tidak 🤣

  • PATRIOT
    PATRIOT 7 bulan yang lalu

    Ada Rahasia negara yg memang ngga bisa dibuka krn negara2 lain ngga boleh tau

  • acep risdianto
    acep risdianto Tahun Yang lalu

    Untuk besaran anggaran pertahanan serta mau dibelanjakan alutsista seperti apa saja memang seharusnya pembahasannya dilakukan secara tertutup, karena menyangkut rahasia negara

  • Adityaputra 97
    Adityaputra 97 2 tahun yang lalu +252

    Semoga pak prabowo panjang umur dan sehat selalu aamiin ya rab 🙏

  • Al fahriz
    Al fahriz 4 bulan yang lalu

    Sudah saatnya anggaran pertahanan RI melesat,,,, dari pada buat bayar DPR yang gak jelas dan gak NGARUH buat NKRI

  • ivan V Tupanwael
    ivan V Tupanwael 7 bulan yang lalu

    Pak Prabowo klo sdh merasa ada yg menekannya, maka jiwa Prajuritnya/Komandonya muncul. Wibawa beliau dulu dan sekarang sama tdk berubah. Sehat dan panjang umur ya pak.

  • Khairullah Selian
    Khairullah Selian Tahun Yang lalu

    Saya setuju dgn DPR nya karena mmng klo Anggaran Menhan harus mmng terbuka dan harus trz Trang tujuannya supaya masyarat agar tau apa2 yg di blanjakan oleh menhan supaya mnghindari yg namanya koropsi

  • Riyanto Indonesia
    Riyanto Indonesia Bulan Yang lalu +1

    Sebetulnya dia yg ngotot di buka rincian anggaran sudah tau kalo anggaran sifat tertup tapi dia sedang menguji pak menhan apakah pak mehan bisa menjawab