Tap to unmute

Gempa Berkekuatan 7,4 Magnitudo Mengguncang Pulau Flores, Inilah Visual Asal Titik Lokasi Gempa NTT

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 13 Des 2021
  • JAKARTA, KOMPAS.TV - Gempa dengan magnitudo 7,4 berpusat di Laut Flores Utara, Pulau Flores.

    Titik gempa berada di Laut Flores, tepatnya 112 km BaratLaut Larantuka, Nusa Tenggara Timur.

    Kota Larantuka ini adalah kota yang paling dekat dengan titik lokasi gempa.

    Saat gempa terjadi, BMKG sempat merilis peringatan dini potensi tsunami.

    Namun selang 2 jam setelah terjadinya gempa, BMKG resmi mencabut potensi tsunami tersebut.

    Meski demikian, hingga saat ini masih tercatat lebih dari 15 kali gempa susulan dan warga pun masih diminta untuk waspada.

    Baca Juga Kesaksian Salah Seorang Warga Pesisir Pantai: Air Laut Turun Habis Itu Naik Lagi Kayak Terputar! di www.kompas.tv/article/241828/...

    Pada saat BMKG mengeluarkan potensi tsunami, ada beberapa wilayah di daratan Pulau Flores dan sekitarnya yang diminta untuk siaga.

    Beberapa daerah yang berpotensi tsunami adalah Pulau Alor, Pulau Lembata, Pulau Adonara, Kabupaten Sikka Bagian Utara, Kabupaten Ende Bagian Utara, Flores Timur Bagian Utara, Ngada Bagian Utara, Manggarai Bagian Utara.

    Daerah-daerah tersebut merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Laut Flores dimana Laut Flores menjadi titik gempa yang berkekuatan 7,4 magnitudo.

    Baca Juga Panik Akan Ada Gempa Susulan, Warga Kabupaten Sikka Memilih untuk Tetap Berada di Lokasi Aman di www.kompas.tv/article/241826/...

    Artikel ini bisa dilihat di : www.kompas.tv/article/241830/...

Komentar • 60

  • FRANSISKUS EGAR
    FRANSISKUS EGAR Bulan Yang lalu +2

    Semoga tidak membawa bencana besar, bagi Flores tanahku😔😔😔🙏

  • Rachman priadi
    Rachman priadi Bulan Yang lalu +7

    🌏🎉. semoga tetap mendapat perlindungan Ilahi Robbal Alamiin Allah SWT ....semoga tidak ada korban dan tidak ada kerusakan yg berarti 🙏

  • Dina Dina21
    Dina Dina21 Bulan Yang lalu +16

    Ya allah ende kampung ku,, semoga keluargaku tidak terjadi apa"😭😭😭

    • Elis Ibrahim
      Elis Ibrahim Bulan Yang lalu

      Smg tdk sampai stunami.dn smg saudaraku smua baik"saja di sana.Aamiin

    • anju marselinus
      anju marselinus Bulan Yang lalu +1

      @Wowok2r Lover tenang saja kak, saya tinggal di kota maumere, kabupaten sikka. Memang penduduk tinggal di perairan tapi bukit disini dekat jadi bisa mengungsi dengan cepat 👍🏽.

    • Pak Anggi2
      Pak Anggi2 Bulan Yang lalu

      @Mut Mainah wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwawwwwwwwwwwwwewwwwwwwwwwwwwwwwwwwawwwwwawwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwawwwwwwwwwwaawwwwwe

    • Wowok2r Lover
      Wowok2r Lover Bulan Yang lalu

      Kenapa GK di rumah perbukitan tapi rawan longsor report nanti Deket pantai tsunami 😞🗿

    • Panca Ropy
      Panca Ropy Bulan Yang lalu

      Ende kan deket perbukitan, gampang lah melarikan diri

  • MAMA MUDA
    MAMA MUDA Bulan Yang lalu +1

    Lindungi warga indonesia ya allah..

  • Wanty Sooai
    Wanty Sooai Bulan Yang lalu +1

    Allah melindungi saudara kita disana🙏🤲

  • Jepret Lewat
    Jepret Lewat Bulan Yang lalu +2

    Semoga tidak terjadi sunami di ntt..

  • Sembilan Delapan
    Sembilan Delapan Bulan Yang lalu

    semoga tdk terjadi tsunami di Ntt ... Amin🙏🙏🙏

  • 黃阿那
    黃阿那 Bulan Yang lalu +4

    Y'ALLAH,lindungilh,saudra"d NTT,dn briknlh kslmtn utk negra kami indonesia,,Aamiin

  • Guntur Teguh purwanto
    Guntur Teguh purwanto Bulan Yang lalu +3

    Mimpi itu trkadang menjadi kenyataan 😢 ,,tapi ada baik nya juga sampai pesisir lah itu gempa

  • Trio Agus tina ade susanto
    Trio Agus tina ade susanto 10 hari yang lalu

    Ny allah semoga sodara"kita di sana baik" aja

  • Lucia fernandes
    Lucia fernandes Bulan Yang lalu +1

    Semoga cepat berlalu amin

  • Stevanny Andara ➐
    Stevanny Andara ➐ Bulan Yang lalu +5

    Kalau flores bagian timur mmg rawan gempa ..saya jga dari flores ttpi bukan dri tempat ini daerah saya ada di dataran tinggi ..thn 1992 klo ga ribuan org mati krn tsunami d maumere

  • Samule Silla
    Samule Silla Bulan Yang lalu +8

    Ya allah lindungilah saudara saudara ku di flores jauh kan dr bencana gempa shunami. Bisa suadara suadara ku berdoa lah spya gempa shunami itu batal dan pergi

  • ibles bosuok
    ibles bosuok Bulan Yang lalu +3

    Bumi sedang menata diri.

  • Nabila Sahra
    Nabila Sahra Bulan Yang lalu +2

    yang paling dekat sebenarnya dngn pusat gempa yaitu kepulauan Selayar tepatnya pulau madu dan pulau kalautoa, silahkan cek petanyaa

  • Saifullah Ipul
    Saifullah Ipul Bulan Yang lalu +1

    Selain di Sika di kepulauan Selayar juga banyak kerusakan khususnya di Bonerate, SAMBALI, ada beberapa gambar yang sempat ditampilkan di gamabr itu

  • emanuel lewohoko
    emanuel lewohoko Bulan Yang lalu +7

    liat dari peta nya lebih dekat lurus pusat gempa nya ujung tanjung bunga.

  • BROMOBOY Osi Osi Bromo Transport

    Salam untuk semuanya dari paguyupan jeep bromo lewat pintu Tumpang Malang🙏

  • tyas
    tyas Bulan Yang lalu +3

    YaAllah..semoga semua sllu dalam Lindungan Allah SWTa.Aamiin

  • Ary Aryanto
    Ary Aryanto Bulan Yang lalu

    Dari Gambar dampak gempa tersebut bukanlah terjadi di NTT..Tetapi Di Kepulauan Selayar,Tepatnya di bonerate,kalautoa,pulau madu,Karumpa.

  • M LIan Vhabyze
    M LIan Vhabyze Bulan Yang lalu +2

    Semoga gempa susulannya jika diprediksi masih ada...yg calm aja.cukup dlm laut aja.getarannya.

  • Nuell Werang
    Nuell Werang Bulan Yang lalu +4

    Terbaik ama Yasir
    Semoga senuanya baik baik saja

  • Mr Lee
    Mr Lee Bulan Yang lalu +4

    Pusat gempa Lebih dekat ke kepulauan selayar

  • alfah raodah
    alfah raodah Bulan Yang lalu

    yeallah .lindungi semua umat mu aminn

  • Diki Defi
    Diki Defi Bulan Yang lalu

    Selama ini aku tinggal terus dirumah dan menghindari kerumunan takut covid...tapi kemaren ada gempa aku harus keluar rumah dan berkerumun dipengungsian...semoga tidak ada lagi yg mengatakan ada klaster pengungsian..

  • Akhir zaman Production
    Akhir zaman Production Bulan Yang lalu

    Kalau nggak salah visual rumah rusak ini terjadi di daerah Kepulauan Selayar

  • Affan Rofiqi
    Affan Rofiqi Bulan Yang lalu +5

    Indonesia lagi di uji sana sini bencana terus

    • Elis Ibrahim
      Elis Ibrahim Bulan Yang lalu +1

      Bkn cmn di indonesia saudaraku. Di mancanegara juga sama.berbgai bncana mlnda. Intinya kita hrs sabarr mnghdpi musibah ini dn sllu berdo,a juga hrs waspada.

  • verdetika giri
    verdetika giri Bulan Yang lalu

    Beware everyone continues praying for that

  • Popcoorn 01
    Popcoorn 01 Bulan Yang lalu +1

    😪😪😪 dsini masih was.. was.. tadi pagi gempa lagi di ende NTT

  • emanuel lewohoko
    emanuel lewohoko Bulan Yang lalu +1

    ujung tanjung bunga lebih dekat dgn pusat gempa

  • Emiliana Emiliana
    Emiliana Emiliana Bulan Yang lalu +1

    Kemana kau berlari bila SUDAH BEGINI PIKIR SENDIRI KARENA APA LUPA SANG PENCIPTA ALAMSEMETA ALLAH ESA TUNGGAL SATU ESA SEKEJAP LENYAP KEMBALI PADANYA KUN PAYAKUN BILA ALLAH BERKEHENDAK MAKA TERJADILAH

  • sinih tursinih
    sinih tursinih Bulan Yang lalu +1

    Ya allah selmtkn mereka muga ga ada korbn jiwa ya allah amin2 ya robl alamin

  • Mas Hans
    Mas Hans Bulan Yang lalu

    Nyampe ke jakarta getaran gempanya

  • Sidom Batëē
    Sidom Batëē Bulan Yang lalu

    Bang Yasir Neneama kayaknya orang NTT juga nggak

  • Lam ong sirait Ong
    Lam ong sirait Ong Bulan Yang lalu +1

    Jurnalis semua lengkap vedio nya dgn wrg kita dpt tengok semua pada kocar kacir . Knp ada jurnalis divedio berita tanpa bukti dari jurnalis.

  • Lam ong sirait Ong
    Lam ong sirait Ong Bulan Yang lalu +1

    Jurnalis semua lengkap vedio nya dgn wrg kita dpt tengok semua pada kocar kacir . Knp ada jurnalis divedio berita tanpa bukti dari jurnalis.

  • Rz Official
    Rz Official Bulan Yang lalu

    Goku superseiyyah ultra tuh makanya bergetar😂

  • Aep Abadi
    Aep Abadi 10 hari yang lalu

    Jangan panik

  • BROMOBOY Osi Osi Bromo Transport

    Bromo setiap hari selalu baru ...

  • Mand
    Mand Bulan Yang lalu +2

    Lato hadir

  • Apa yang Anda pikirkan..?
    Apa yang Anda pikirkan..? Bulan Yang lalu

    Saya trauma juga nih.

  • Ardhian Mustopa
    Ardhian Mustopa 10 hari yang lalu

    Jakpus Berasa bgt

  • Cho Gan teng
    Cho Gan teng Bulan Yang lalu +1

    Ini BMKG nya???

  • Yunita Seuk
    Yunita Seuk Bulan Yang lalu

    Belum ke jadian apa ap Uda pada Lari itu hanya percobaan iman kita.

  • Ayamgoreng Enak
    Ayamgoreng Enak Bulan Yang lalu +1

    𝚈𝚊 𝙰𝚕𝚕𝚊𝚑 𝚕𝚒𝚗𝚍𝚞𝚗𝚐𝚒 𝚘𝚛𝚊𝚗𝚐 2 𝚢𝚊𝚗𝚐 𝚖𝚎𝚛𝚒𝚗𝚍𝚞𝚔𝚊𝚗 𝚔𝚎𝚊𝚍𝚒𝚕𝚊𝚗 𝚍𝚊𝚗 𝙸𝚜𝚝𝚒𝚚𝚘𝚖𝚊𝚑 𝚍𝚒𝚓𝚊𝚕𝚊𝚗 𝙼𝚞 𝚈𝚊 𝙰𝚕𝚕𝚊𝚑.... 𝙰𝚊𝚖𝚒𝚒𝚗...

  • xnumber one
    xnumber one Bulan Yang lalu +3

    Kenapa mereka lari lari ya apa ada sunami padahal kan udh aman dluar rumah tp lari lari tanpa arah apakah saking shocknya smpe hilang kendali semoga aman sentosa

    • Erwin
      Erwin Bulan Yang lalu +3

      Karna ada amaran sunami pada awalnya tetapi sudah ditarik

    • Rahmad Sarif Anugrah
      Rahmad Sarif Anugrah Bulan Yang lalu +4

      Akibat trauma. Di tahun 1992 d flores pernah terjadi tsunami dahsyat. Menewaskan banyak orang hingga 2 ribuan jiwa

  • Muliati
    Muliati Bulan Yang lalu +3

    Sulsel juga kena
    Kok nggak dibahas

  • Adrianus Juma
    Adrianus Juma Bulan Yang lalu

    D