DUOWARRR | Gunung Merapi tiba-tiba MLETUS,Para Pendaki KocarKacir 11/5/2018

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 11 Mei 2018
  • KOMPAS.com - Letusan Gunung Merapi yang terjadi pada Jumat (11/5/2018) pagi disertai dengan suara gemuruh dengan tekanan sedang hingga kuat dan tinggi kolom 5.500 meter dari puncak kawah. Hal itu disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, Jumat. Sutopo menjelaskan, Gunung Merapi yang terletak di Kabupaten Klaten, Megelang, Boyolali dan Sleman itu saat meletus melontarkan abu vulkanik, pasir dan material piroklatik. "Letusan berlangsung tiba-tiba. Jenis letusan adalah letusan freatik yang terjadi akibat dorongan tekanan uap air yang terjadi akibat kontak massa air dengan panas di bawah kawah Gunung Merapi," kata Sutopo melalui rilis. Dia memastikan, jenis letusan ini tidak berbahaya dan dapat terjadi kapan saja pada gunung api aktif. Biasanya letusan hanya berlangsung sesaat. Gunung Merapi sebelumnya pernah terjadi letusan freatik. "Status Gunung Merapi hingga saat ini masih tetap normal (level I) dengan radius berbahaya adalah 3 kilometer dari puncak kawah. PVMBG tidak menaikkan status Gunung Merapi dan masih terus memantau perkembangan aktivitas vulkanik," tandasnya.
    Sutopo mengimbau masyarakat tetap tenang. Hingga kini, belum ada laporan korban jiwa akibat letusan itu. BPBD dan aparat masih melakukan pemantauan. BPBD Sleman telah menginstruksikan masyarakat yang tinggal dalam radius 5 km seperti daerah Kinahrejo mengungsi ke bawah di barak pengungsi. "Masyarakat merespons dengan evakuasi mandiri ke tempat yang aman," kata Sutopo. Para pendaki gunung Merapi juga diimbau mengikuti rekomendasi dan tidak memaksakan diri mendekati puncak kawah. Berdasarkan laporan sementara, terdapat sekitar 120 orang yang mendaki dan mendekati Pasar Bubrah. Kondisinya semua selamat.
    BPBD telah mendistribusikan masker. Hujan abu diperkirakan turun di sekitar Gunung Merapi khususnya di bagian selatan dan tergantung dari arah angin. Dilaporkan hujan abu vulkanik terjafi di Tugu Kaliurang Sleman Yogyakarta. Posko BNPB terus berkoordinasi dengan BPPTKG PVMBG dan BPBD.

Komentar • 317

  • suwondo aris
    suwondo aris 5 hari yang lalu

    itu kan hari jumat, pada gak jumatan....?

  • fathur channel
    fathur channel 8 hari yang lalu

    Semoga gk tambah parah

  • cemplon azah
    cemplon azah 10 hari yang lalu

    mudh"an tidak Ada korban jiwa amiin,,

  • Sаняцl манмцdiи
    Sаняцl манмцdiи 10 hari yang lalu +1

    Selesai gunung, ganti bom ya opo iki rek teroris #jancok

  • dynnos naurotnabmul
    dynnos naurotnabmul 10 hari yang lalu

    Pada kurang kerjaan atau memang ga ada wanti wanti dari pengawas gunungnya ya? Tau gunung berapi aktif, mbok ya lebih bijak antisipasinya.

  • papua merauke
    papua merauke 10 hari yang lalu

    Sudah tau gunung berapi...,wong...wong, ngolek molo mang

  • BigBall TV
    BigBall TV 10 hari yang lalu

    waoooo..ati ati mbak...

  • iLham KampanK
    iLham KampanK 10 hari yang lalu

    Apa ini yg Dinamakan Wedus Gimbal???

  • Untung irawan Wawan
    Untung irawan Wawan 11 hari yang lalu

    Gws merapi
    #merapitakpernaingkarjanji😸

  • Titi 2018
    Titi 2018 11 hari yang lalu

    Untuk semuanya semoga selamat dan ada dlm lindungan Allah SWT Aamiin

  • Om Yon
    Om Yon 11 hari yang lalu

    Keren gunung Kelud.....sekali dor trus tenang. Yg lain gunung mewek bolak balik kentut ga keren blas

  • Kiwil Widigdo
    Kiwil Widigdo 11 hari yang lalu

    Allohuakbar

  • Yugga Qiano
    Yugga Qiano 11 hari yang lalu

    Semoga selamat semuanya,tetap hati",saling menjaga sesama.

  • Rikoh Setiani
    Rikoh Setiani 11 hari yang lalu

    Alhmdlh gk da korbn. Cuman pda luka di kaki. Buat tmn2 pendaki q , Gws.
    Salam Lestari

  • Andi Kupang
    Andi Kupang 12 hari yang lalu

    paling ada yg mlakukan hal tdak senonoh dia atas. jdi gunungnya ngamuk

  • Rohina Rohina
    Rohina Rohina 12 hari yang lalu

    semoga keluarga sy di kampung selamat semua Aamiin

  • ikabwi lia ikha2banyuwangi
    ikabwi lia ikha2banyuwangi 12 hari yang lalu

    Ya allah serem banget...semoga semua selamat. .amiin

  • Wilis Daniar
    Wilis Daniar 12 hari yang lalu

    terima kasih yang sudah mem-video kn ini, saya pribadi jadi lebih tau kita semua tidak ada apa2 nya ketika sebuah alam telah mengingatkan kita dengan cara nya. tersimpan banyak makna dari video ini..

  • May Nie
    May Nie 12 hari yang lalu

    Moga slamat semua

  • Dedik Putra
    Dedik Putra 12 hari yang lalu

    Bisa buat pengalaman yang tak terlupakan mas brow dan cerita utk anak cucumu kelak😊😊😀👍👍👍

  • Nur Lmg
    Nur Lmg 12 hari yang lalu

    menakutkan sekali..
    iki to yg di namakan
    bumi reresik nandang gawe marang dunyo lan manungsane

  • Vika Paula Devita
    Vika Paula Devita 12 hari yang lalu

    Pantes rame di grup keluarga besarku:( semoga jogja selalu aman yaAllah

  • jasmine tea
    jasmine tea 12 hari yang lalu

    laa haula wa laa quwwata illa billah. semua selain Allah adalah kecil. Allahu Akbar

  • Misbahul Munir
    Misbahul Munir 12 hari yang lalu

    Untung bukan api

  • Julia Sbg
    Julia Sbg 12 hari yang lalu

    Semoga g ad korban jiwa

  • imam firmansyah
    imam firmansyah 12 hari yang lalu

    Jaga kebersihan. Jangan mesum diatas gunung

  • khadijah III
    khadijah III 12 hari yang lalu

    heran dg pegawai pendeteksi...koq bs kecolongan?

  • khadijah III
    khadijah III 12 hari yang lalu

    semoga keselamatan bagi seluruh mahluk insyaallah aamiin

  • sio hekk
    sio hekk 12 hari yang lalu +2

    Akan ada peristiwa besar apakan di Indonesia setelah ini...semoga dan semoga banyak yang lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta sesui ajaran agama masing masing...karena ini hanyalah peringatan kecil untuk manusia dari sang pencipta .. Dan terkadang peringatan itu menjadi sebuah pertanda kepada manusia yg sudah mulai lupa... Ambil hikmah darisebuah peristiwa bahwa kelak tak ada yg harus di bawa hnya tubuh lah yg akan terpendam tanpa harta benda...semoga semua di berikan keselamatan ...amin

    • Lentera Berasa
      Lentera Berasa 10 hari yang lalu

      Ardie Nugraha, dan terjadi lagi

    • Ardie Nugraha
      Ardie Nugraha 10 hari yang lalu

      peristiwa bom teror dimana2

    • sio hekk
      sio hekk 11 hari yang lalu

      Lentera Berasa Allahualam..karena Allah punya kejutan tersendiri dan hnya peringatan kecil sebelum semua terjadi...

    • Lentera Berasa
      Lentera Berasa 11 hari yang lalu +1

      kira2 pertandanya apa

  • susanti susanti
    susanti susanti 12 hari yang lalu

    udah tau lgi siaga mlh mau naik herann

  • Alfian Angga Pratama
    Alfian Angga Pratama 12 hari yang lalu

    Sukurin wkkw

  • Febe Love
    Febe Love 12 hari yang lalu

    Kok gk ada lavanya ya ? Kl di film film kok gunung meletus ada lava yg keluar ... ngeri bangett deh kl bener bener trjd 😱😱😱😱😱

  • Febe Love
    Febe Love 12 hari yang lalu

    Ya Allah pasti suara letusan pertamanya kaya bom ya ... yg mendaki was was bangettt tuh deket bangettt loh itu

  • elegenzy silvergirls
    elegenzy silvergirls 12 hari yang lalu

    Untung meletusnya kok udah pagi hr cb klo mlm or tengah mlm gmn nasib pendaki itu,,, kok msh santai" nya tdk cpt lari cr perlindungan,untung nya lg meletusnya tdk pake keluar lahar

  • Syahril Mb
    Syahril Mb 12 hari yang lalu

    Kok lari......

  • raaj Jakhmi
    raaj Jakhmi 12 hari yang lalu

    yaalloh semoga pada selamet

  • Gede Redasta
    Gede Redasta 12 hari yang lalu

    Musiknya kayak berasa nonton film misteri gunung merapi.

  • tri wahyuni ningsih
    tri wahyuni ningsih 12 hari yang lalu

    Semoga diberikan keslamatan semua pendaki

  • Cinta Tox
    Cinta Tox 12 hari yang lalu

    Semoga semua aman& ga ada korban jiwa.aminn

  • NK Production's Kenny Ragil
    NK Production's Kenny Ragil 12 hari yang lalu

    itu gunung pasti menandakan untk d antara pendaki ad yg melanggar..
    pepatah

  • Diana Okinawa
    Diana Okinawa 12 hari yang lalu +1

    Semoga tidak ada korban jiwa

    • Diana Okinawa
      Diana Okinawa 11 hari yang lalu

      alllhamdullilah kalo gak ada

    • Bagas
      Bagas 11 hari yang lalu

      Diana Okinawa ga ada korban jiwa mbk

  • Rizta Ratna
    Rizta Ratna 12 hari yang lalu

    Semoga tidak ada korban jiwa,amin

  • taiger tank division
    taiger tank division 12 hari yang lalu +1

    Walaupun status aman tapi kita gak tau kapan akan meletus. Sama halnya dengan kita, kentut gak bisa di prediksi 😂😂😂

  • Ms Ms
    Ms Ms 12 hari yang lalu

    YA allah lindungilah saudara2 kami

  • Agilwahyupratama Pratama
    Agilwahyupratama Pratama 12 hari yang lalu

    Ud tau gunung aktif.tp didtgi jg.gt ud mletus tkt mati jg ny.

  • Reynol Afdhal
    Reynol Afdhal 12 hari yang lalu

    Lain kali semoga para pendaki di selimuti abu panas YA ALLAH....AMIN..

  • Info Kisah Nyata
    Info Kisah Nyata 12 hari yang lalu

    Astaghfirullah cepet turun

  • ena Gladis
    ena Gladis 12 hari yang lalu

    semoga kawan kawan pendaki selamat semua

  • Ms Rosa
    Ms Rosa 12 hari yang lalu

    Dajal keluar dari gua api

    • Nn wjy
      Nn wjy 12 hari yang lalu

      kaum dajjal e di pindah ke nusakambangan

  • Rifqy Maulana
    Rifqy Maulana 12 hari yang lalu

    Merapi tak pernah ingkar janji

  • Cha Cha
    Cha Cha 12 hari yang lalu

    Ya Allah merinding aku liatnya..😱😱
    Smoga yg disana semua dan warga skitar slu dalam lindungan Allah SWT .
    AMIN

  • FAL -AH
    FAL -AH 12 hari yang lalu

    Siapa tuh yang nge rokok

    • Hvmv!
      Hvmv! 12 hari yang lalu

      Bencana kok dibuat bercanda-_-

  • MA Production
    MA Production 12 hari yang lalu

    Sudah hadir

  • syarief nur
    syarief nur 12 hari yang lalu

    Semoga di beri keselamatan.

  • Hidayu Hussin
    Hidayu Hussin 12 hari yang lalu

    Semoga semua nya selamat...

  • rafa 5540
    rafa 5540 12 hari yang lalu

    Auto kabur

  • Mayat Satanic666 Worshiper
    Mayat Satanic666 Worshiper 12 hari yang lalu

    weh ono para jagoan nantang merapi. ne podo modar gur di guyu kowe kabeh le

  • lehapo manis
    lehapo manis 12 hari yang lalu

    udah tau bhaya ga cpet menggalkan tmpt tmbh enak" distu ntar kalau ada apa" ktnya takdirnya mati digunung mrapi. udah diksh ksmpatan pergi tmbh enak"kan bkin mkn kya ga ngrti bhya aja.

  • Wahyu racun
    Wahyu racun 12 hari yang lalu

    Kalo bikin brita yg betul aja jing. Aku orang klaten.. Merapi ngga meledak cuma atif. Yg du akibatkan. Lereng lonsor masuk kawah. Dan menyebabkan melelehnya batuan tersebut dan berterbangan menjadi abu.. Goblok kamu ya bikin brita cuma hoax bikin panik orang lain!!

  • Muna Munawaroh
    Muna Munawaroh 12 hari yang lalu +3

    Ya alloh moga gk Ada korban jiwa. Moga slmt semua 😭😭amin

  • 蘇瑪蒂
    蘇瑪蒂 12 hari yang lalu

    innalillahi wainnaillaihi rojiuun

  • BETRYXZ BEIB
    BETRYXZ BEIB 12 hari yang lalu

    Emng dr hri2 kmrin apa tdk ada tnda2 gunung mau me letus k msh bnyak pendaki

    • BETRYXZ BEIB
      BETRYXZ BEIB 12 hari yang lalu

      Kang Mas Ngapak ohhh gtu ___

    • Kang Mas Ngapak
      Kang Mas Ngapak 12 hari yang lalu +1

      BETRYXZ BEIB itu bkn meletus cm erupsi kecil, merapi klo mw meletus bs 2 3 bln tanda2 nya ada kubah di pucuknya

  • Asia Yah
    Asia Yah 12 hari yang lalu

    Saudi Riyadh, Karawang.. mkasih yah Vidio nya.. mudahan selamet semua.

  • Sri Jumiati
    Sri Jumiati 12 hari yang lalu +5

    hanya ada di Indonesia. ..masyarakat tdk pernah takut...jgnkan gunung meletus...bakso geranat...Soto setan...kacang atom..
    sampai bakso beranak pun di lahap...hebat org indonesia...ibarat nyawa di ujung jurang msh sempat bikin vidio 😆😆😆😆😅😅😇

  • Sonyaledoh Ledoh
    Sonyaledoh Ledoh 12 hari yang lalu

    Ya allah lindungilah mereka...

  • Muktiaji Prabowo
    Muktiaji Prabowo 12 hari yang lalu

    meledak apanya orang cuman longsor

  • lEri Chaniago
    lEri Chaniago 12 hari yang lalu +1

    Aku yakinngak ada korban jiwa allah waakbar

    • claudio wisnu
      claudio wisnu 11 hari yang lalu +1

      ALLAH AKBAR kalau nulis yg bener

    • Rikoh Setiani
      Rikoh Setiani 11 hari yang lalu

      lEri Chaniago alhmdlh.gk ada,cuman luka2 pda kaki.

  • Drakensang Indonesia
    Drakensang Indonesia 12 hari yang lalu

    Subhanallah,,, Untung asapnya nyembul keatas mas.... kalau ada kenceng adja.. wes bubar
    T_T

  • KRistiana 123
    KRistiana 123 12 hari yang lalu

    Kok y gk dg2 mlyu sg bntr kok jk sempet2e video to yyy....

  • Banny Vransisca
    Banny Vransisca 12 hari yang lalu

    ga ada kerjaan lo.pda ngpain diem disitu

  • Razedsgn Raze
    Razedsgn Raze 12 hari yang lalu

    kok ono muni montor?

  • Aqish Manja
    Aqish Manja 12 hari yang lalu

    Astaghfirullahal'azim kamu ni penting nyawa atau video sih.....knp ga masuk dlm gunung sekali buat video

  • putri sari
    putri sari 12 hari yang lalu

    Semoga para pendaki selamat semua Aamiin

  • Edison Rahmat
    Edison Rahmat 12 hari yang lalu

    Dari pada 6ratus juta buat beli burung mending di sodakohkan ke rakyat miskin

  • Taufiq Firmansyah
    Taufiq Firmansyah 12 hari yang lalu +1

    MERAPI TAK PERNAH INGKAR JANJI

  • Melati Wijaya
    Melati Wijaya 12 hari yang lalu

    Moga selamat semua.aamiin

  • riezky maulana
    riezky maulana 13 hari yang lalu

    Ini gunung merapi meletus lagi GUNUNG SINABUNG AJA GK KELAR KELAR MELETUSNYA

  • Sri Wahyuni
    Sri Wahyuni 13 hari yang lalu

    Ya Allah lindungilah semua nya ya Allah, semoga para pendaki selamat semua turun ke bawah semoga tdk ada korban jiwa...Aamiin

  • Istini Istini
    Istini Istini 13 hari yang lalu

    Semuga semua selamat

  • Bunda Kevin
    Bunda Kevin 13 hari yang lalu

    Ini orang kok gk takut sich,sdh kaya gitu bukan nya lari malah santai2...

  • Eni love212 enilove8
    Eni love212 enilove8 13 hari yang lalu

    ya allah ya robb semoga gk ada korban amiin....

  • kudanil kudakepang
    kudanil kudakepang 13 hari yang lalu

    Digilmu aman aman aman.... kena wedus gembel langsung angus lo semua

  • Bend Zuma
    Bend Zuma 13 hari yang lalu

    Serem ya......seperti di pulau hawaii yg banjir lava

  • Paijah Jare
    Paijah Jare 13 hari yang lalu

    Allohkuakbar...
    Alloh maha besar,ada gunung bisa meletus pasti ada pasir,dan pasiry u kbutuhan mmbangun rumah..
    Ada laut dlaut byk ikany u lauk ummaty,alloh maha besar...

  • Cut Loucia
    Cut Loucia 13 hari yang lalu +3

    *_kebanyakan kejawen kejawen dan mistik mistik makanya meletus_*

    • dynnos naurotnabmul
      dynnos naurotnabmul 10 hari yang lalu

      Cut Loucia komentar embaknya ga penting dan ga relevan. Kebanyakan nonton acar mistin dan sinetron

  • Paijah Jare
    Paijah Jare 13 hari yang lalu

    Smg gk ad korban jiwa

  • eka rinanda
    eka rinanda 13 hari yang lalu +1

    jum.at hari yg sama seperti erupsi merapi 2010

  • Muhammad Yusuf
    Muhammad Yusuf 13 hari yang lalu

    ALLAH masih beri kesmpatan kalian untuk bertaubat. terlebih kalian kaum wanita.

  • vivit vvt
    vivit vvt 13 hari yang lalu

    semoga tdk ada korban jiwa senantiasa dalm perlindugan Allah swt

  • Tangguh Kharisman
    Tangguh Kharisman 13 hari yang lalu

    Semoga meletusnya merapi tidak separah 2010 amin

  • dunia Artis
    dunia Artis 13 hari yang lalu

    ngeri..

  • edy kanesa
    edy kanesa 13 hari yang lalu

    Untung gak ada wedus gembel.. Klo ada mateng smua tu pendaki.. Harusnya segera lari. Berlindung model apapun ya gosong kena wedus gembel. Lha wong besi aja meleleh

  • Saria Sara
    Saria Sara 13 hari yang lalu

    Pasti tegang iya mas mbk eh

  • Eti RuLiansyaH
    Eti RuLiansyaH 13 hari yang lalu

    Ya allah semuga tidak terjadi apa" amin

  • trijaya station
    trijaya station 13 hari yang lalu

    meledak.. kayak bom... 😆

  • Muhroni Wonk 453m Ron1
    Muhroni Wonk 453m Ron1 13 hari yang lalu +4

    Buset gunung lagi ngvave😁

    • Muhroni Wonk 453m Ron1
      Muhroni Wonk 453m Ron1 12 hari yang lalu

      Fajar AY sudah jangan d perpanjang, problem kecil kya gini doang, maaf jj dah, mau puasa cuyy.. Haaa

    • Fajar AY
      Fajar AY 12 hari yang lalu

      Muhroni Wonk 453m Ron1 mknya itu walaupun ngk ada korban jiwa tpi aktifitas di sana juga ke hambat kalo lu kena musibah trus di buat lelucon orang lain gimna prasaannya??

    • Muhroni Wonk 453m Ron1
      Muhroni Wonk 453m Ron1 12 hari yang lalu

      Fajar AY emang blom pernah, n gw sangat bersyukur..

    • Fajar AY
      Fajar AY 12 hari yang lalu

      Muhroni Wonk 453m Ron1 lah ada korban atau enggak sma aja.coba itu deket rumah lu gimna gblok belum pernah kena bencana???

    • Muhroni Wonk 453m Ron1
      Muhroni Wonk 453m Ron1 12 hari yang lalu

      Fajar AY gk ada korban ini, pea...

  • Petrus Agung Nugraha
    Petrus Agung Nugraha 13 hari yang lalu

    Menungso yen kokehan polah setilah tumindak maksiat mesum ning gunung merapi mulo gununge watuk2 nesu muntahke eropsi awan panas.

  • Ansyafa Hanenda
    Ansyafa Hanenda 13 hari yang lalu

    Semoga tidak terjadi hal" yg tdk d inginkn...bwat nenek d klaten,,,sodara" fafa di condong catur jogja smoga di lindungi,amin yra 🙏

  • Arian  OO
    Arian OO 13 hari yang lalu +1

    kui Kon medun persiapan jumatan, eksistensi tinggalkan dlu

  • noer hady
    noer hady 13 hari yang lalu

    Itu yg namanya bencana, manusia tidak tau kapan terjadinya,kalau tuhan berkehendak tidak ada yg tidak mungkin, tidak hanya di gunung saja, di laut,dikota,bahkan di rumah juga bisa terjadi, jangan menyalahkan pendaki,jangan menyalahkan pihak terkait, ini terjadi secara tiba tiba tanpa ada tanda tanda yg aneh, berfikir positif aja kawan,ambil hikmahnya, semoga tidak ada korban jiwa,dan semoga teman teman pendaki yg ada di lokasi semuanya selamat amin.....