ROCKY GERUNG PRESIDEN NGACO

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 3 Peb 2019

Komentar • 4 804

  • Ilfa Hendri
    Ilfa Hendri Hari Yang lalu

    Memang tidak ada kok prestasi, kalau janji2 banyak bejibun....

  • Heru Riyanto
    Heru Riyanto Hari Yang lalu

    Hidup Rocky Gerung dan logika serta faktanya..

  • tyo vianno
    tyo vianno Hari Yang lalu

    wong dibilang ga ada koq ngotot...wkwkwk.. dasar kecebong tanpa akal sehat.. udh ketutup akalnya sma nafsu

  • Sonny Setiawan
    Sonny Setiawan Hari Yang lalu

    Pembawa acaranya goblok..

  • Hakim Rafh
    Hakim Rafh Hari Yang lalu

    BKN lawan Roky Gerung sampean mas.....ora genah Alias GK nyambung

  • Iqbal Hanafi
    Iqbal Hanafi Hari Yang lalu

    jijik ngeliat samsul

  • Muhammad Arif
    Muhammad Arif Hari Yang lalu

    Mantaap bung... Jenius dan mudah di pahami dengan akal...

  • Fadel Fadillah
    Fadel Fadillah Hari Yang lalu

    Tanpa analisis bagaimana kita memperbaiki kesalahannya untuk masa mendatang, yang ada rezim menetupi kesalahan mereka. Cebong dongo menyembunyikan masalah.

  • cakra buana
    cakra buana Hari Yang lalu

    Pembawa acara sepertinya tim sukses๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ #dungu

  • Jamli Jen
    Jamli Jen Hari Yang lalu +1

    Prof akal sehat.salam waras

  • Fitriah enas
    Fitriah enas Hari Yang lalu

    Ayo download dan sebar di medsos

  • Endy Fatah Joesoef
    Endy Fatah Joesoef Hari Yang lalu

    Salam Akal Sangat Sehat .....

  • Jebe Rezolla
    Jebe Rezolla Hari Yang lalu

    hiiiiissszzz bos rg..hxa pintar bermain kta2..sja. emangxa loe udh buat ap tuk ngri ini..?? loe seolah klo org jdi presid3n itu adlah org yg smpurna.. klo bgt mka itulah kebdohan.. !!loe aja bisa apa?? emangx loe iti udh sempurna..?? ne org pintar yg sok tau.. sok pintar tpi ktahuan dia ini goblok..!! klo org brtxa dia ga lgsung jwab..tpi nnti dia putar2 dg klimat yg brbaau filsafat..?,nhe org gilaaa..??hhhee

  • Ali Zaenal
    Ali Zaenal Hari Yang lalu

    Santri nasi uduk Lo MH..

  • Ryan putra
    Ryan putra Hari Yang lalu

    idclips.com/video/wzcbiuc-p14/video.html
    Pernyataan blunder jokowi.. Hahaha

  • moto dian
    moto dian Hari Yang lalu

    Itulah beda...pemikir berbicara hasil pikiran dari pengamatan dengan pembicara membicarakan pemikir.... ... hehehehe.. akal sehat akan mencerna bila jernih ...

  • Franki Datu
    Franki Datu Hari Yang lalu

    Merdeka akal sehat....
    Yang mereka bicarakan sudah sering di sampaikan.....
    Tapi yang di sampaikan oleh bung rocky garung adalah hal baru , dan gairah baru dalam ilmu pengetahuan... Mantaappp... Semoga ilmunya bermanfaat...

  • Soleha Soleh
    Soleha Soleh Hari Yang lalu

    Yg nomer 4 Cebong dungu

  • Arfan Ramadhani
    Arfan Ramadhani Hari Yang lalu

    Salah...memang semua salah....wkwkwk
    Rockky the best of party....hahah
    Justru saya tajam anda tumpul anda harus mengikuti saya.....hahah
    Masok pak ekoo

  • Budiansyah Lapandewa
    Budiansyah Lapandewa Hari Yang lalu

    100% mantap rg

  • Ayah Gita
    Ayah Gita Hari Yang lalu

    Yang selalu saya tunggu dari bung Rocky, bagaimana beliau berargumentasi menjawab/menyanggah/mengelak pertanyaan yang memojokkan/menyudutkannya. Original akal sehat, bernas dan logis...

  • kurniawan aan
    kurniawan aan Hari Yang lalu

    selalu kagum sama RG

  • Ju Hari
    Ju Hari Hari Yang lalu

    Program itu butuh di analisa gimana sih.....๐Ÿ˜”๐Ÿ˜”๐Ÿ˜”

  • Bedjo akalsehat
    Bedjo akalsehat Hari Yang lalu +1

    Hahaahaha... Yg begini yg dinamakan orang punya akal sehat? Kemana2 ceramah ttg akal sehat. Tp menganalisa kebaikan pemerintah aja gk mampu...
    Hny mencari pbenaran utk tdk suka kepd pemerintah.
    Bahkn dlm stu ceramahnya hnya mblow up efek jln tol yg temeh temeh, mengesampingkn manfaat dr jln tol.
    Menuduh negeri ini dihuni oleh akal bulus.
    Pdhl lbh bnyk manfaatnya drpd efeknya.
    Nih ta' kasih tau nih kebaikan pemerintah...
    Ribuan bhkn jutaan pbangunan yg sdh dan sedang dilakukn oleh pemerintah yg manfaatnya lgsug dirasakan oleh rakyat indonesia dr sabsng sampe merauke.
    Mulai rakyat kelas bawah, menengah sampe kelas atas.
    Masing2 ada porsinya.
    Mulai dr pbangunan rumah2 susun/ rmh murah, posyandu, rumah ibadah, sd inpres, gratis uang sekolah, gratis biaya rs, irigasi, jln2 desa, listrik msuk desa, internet msuk desa, kesamaan harga bbm diseluruh indonesia, waduk2, pelabuhan, jln tol, dll.dll.dll.
    Sdh jelas????
    Kita yg awam aja tau dan bisa menjabarkn kebaikn pemerintah, eeeeh ini yg dijulukin profesor dan filsuf kok gk mampu menyebutkn 1 pun kebaikn pemerintah.
    Apakh punya akal sehat?
    Sungguh amat miris....
    Yg lbh miris lg..sdh tdk mampu menggunakn akal sehat, tp memberikan ceramah dan kampanye tentang akal sehat.
    Weleh weleeeh weleeeeh....

  • fenny rochimatus serliana
    fenny rochimatus serliana Hari Yang lalu

    Chanel yang asli itu yang mana sih ya. Kok ada banyak chanel roky

  • Wharino Tohdjoyo
    Wharino Tohdjoyo Hari Yang lalu +1

    Siapapun kalau di cari kesalahannya seperti ungkapan Rocky garong. Pasti gudang,

  • Onigiri lol
    Onigiri lol Hari Yang lalu

    Ini host wanita, kyk nya cebong ya, dri omongan nya kyk mau ngejatuhin RG deh

  • erlina yuliani
    erlina yuliani Hari Yang lalu

    pak presiden kita yg terhormat, bangun jalan tol terus di jual deh ,, hehe menurut km itu program bener apa engga?

  • Roy Becks
    Roy Becks Hari Yang lalu

    sadar diri tumpul nalarnya kok masi aja debat sama bung rg, dasar dungu haha

  • arian reenaldo
    arian reenaldo Hari Yang lalu

    Kaum tumpul klo debat keliatan tumpul nya, IQ sekolah

  • Djuliantini Zuardi
    Djuliantini Zuardi Hari Yang lalu

    Tuh orang syaraf yg ngomong kurang kerjaan pokok nya 2019 sd 2024 JOKOWI PRESIDEN RI SELANJUT NYA TERSERAH LO

  • Anti Sumiati
    Anti Sumiati Hari Yang lalu

    Rongos gila memohon pujian

  • Sri Hastiwi
    Sri Hastiwi Hari Yang lalu

    Kritikan tdk untuk dilawan.tapi untuk koreksi diri supaya lebih baik.

  • Sri Hastiwi
    Sri Hastiwi Hari Yang lalu

    Santri? Diperingati? Dimana Ikhlasnya jd santri.jadi santri tujuannya 1 masuk syurga.
    1.kpn sy lahir?
    2.kpn sy jd santri?
    3.kpn hari santri?
    4.sejak ada iman kemudian masuk islam .ya itu hr santri.setiap orang berbeda2.
    5.maaf berpendapat.

  • Ningsih Ning
    Ningsih Ning Hari Yang lalu

    Mantab bang Rocky..truskan kritikan tajam n pedas itu. Allah Huakbar.

  • nyoman apa adanya
    nyoman apa adanya Hari Yang lalu

    ngaco dan tidak
    rakyat yg menilai
    bukan segelintir manusia

  • Tri Mei Haryani
    Tri Mei Haryani 2 hari yang lalu

    Ga menemukan p rockynya kok masih dipaksa sihhhhh

  • rizal nurwidi
    rizal nurwidi 2 hari yang lalu

    Pegimana kalo kita ngopi?

  • Eko Saputro
    Eko Saputro 2 hari yang lalu

    Fokus k presenternya aja saya mah

  • ican mp
    ican mp 2 hari yang lalu

    Kasian yah,cuma RG yg punya akal sehat yg ngebela sehat juga akal'a kebawa politik,pemimpin di kritik knapa gx daftar capres pasti menang kalo pake akal sehat RG(80%),JA(10%),PS(10%) dan ateis jadi pemimpin mantap kalian

  • dien safarudien
    dien safarudien 2 hari yang lalu

    Ngaco gundulmu ... Omongan RG yang sering ngaco koyo wong edan.

  • Andas Alief
    Andas Alief 2 hari yang lalu

    good job

  • paSYa Heer
    paSYa Heer 2 hari yang lalu

    Menit ke 1ยฆ54 kek orang baru sadar bahwa ada org lain disekeliling dia

  • paSYa Heer
    paSYa Heer 2 hari yang lalu

    ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„kondisi korban LOGIKA_HAM #analisafilsafat

  • Agung Patas
    Agung Patas 2 hari yang lalu

    Wkaakkkak cangak mampus di skak. โ€œ justru anda TUMPUL SAYA LEBIH TAJAM MAKA IKUTI SAYA โ€œ abis itu ada yg KETAWA JAHAT HaHaHa.. jadi di mata anda kebaikan nya cuma 1 ya ? Ada hari santri ?! Tp kondisi saat ini masyarakat kebelah. Tp si dungu bilang kebaikan gak bisa di bandingkan keburukan!!?? Ceboong!!! AkI aja ada (+) dan (-) masa kebaikan di bandingkan dgn kebaikan ? Sama aja aki (+) ktmu (+) mana nyala bong? Mana connect ? Ohya cebong mah gak prnh bisa konek alias mikir akal sehat!!

  • Prima Aji
    Prima Aji 2 hari yang lalu

    Saya sebagai warga negara Indonesia setuju mengapa 212 itu tidak ada di tv nasional. Sedangkan warga negara Indonesia berhak tahu apa itu 212. Saya suka kritik Rocky โœ‹๐Ÿ‘

  • Barber Shop
    Barber Shop 2 hari yang lalu

    mbak nya cantik,

  • akbar rully sobiring
    akbar rully sobiring 2 hari yang lalu

    Bung rocky ini pengamat politik .. dia kritik pak jokowi bkn dia pro prabowo .. dia sudah bilang di ILC " ngapain sy kritik prabowo prestasi nya aja blm ada" .. lalu di dialog bung rocky sama siapa nama nya aku lupa, yg d tanya ke bung rocky gini " bung rocky sering kritik karena syg sama pak jokowi, yaa seolah2 rekan yg tdk mau sahabt nya ke jalan yg salah"
    Tp sebelum bung rocky menjelaskan video nya habis ..

  • syafrizal syafrizal
    syafrizal syafrizal 2 hari yang lalu

    Kita bangga dengan Jokowi adalah Pintar mengelabui siapa saja
    Dari para petinggi sampai rakyat banyak
    Jokowi PRESIDEN yang ingkar janji
    , Kami tidak akan impor beras nyata nya impor beras
    ,
    tak impor gula
    , nyatanya impor gula
    , tak impor daging, nyatanya impor daging
    , Jokowi PRESIDEN Pintar dan Cerdas, ngelabui, Jadi karena sudah ingkar janji disebut presiden Pintar dan Cerdas berbohong
    ,

    Di sebut Presiden Hebat dgn kekuasaan... Mohon doa pada ALLAH SWT, orang ini agar di beri hidayah..

  • Abu Khalid Ryan
    Abu Khalid Ryan 2 hari yang lalu

    Dikeroyok Rocky Gerung, Bahkan Pembawa Acarapun ikut jadi Pemotong pembicaraan. Hahaha....Ngeri, Untung yg dikeroyok org cerdas jadi pada mental semua. ditanya apa yg harus di puji ng dijawab jawab... nyerocos aja mulu kerjax lah Rocky Gerung aja ditanya spontan langsung dijawab itu ciri org cerdas... Salam Akal Sehat

  • Rahul Ilham
    Rahul Ilham 2 hari yang lalu

    Pintar dan masuk diakal sehat pak roky.... 1000 org bentuk rocky ini mgkn negara ini sehat....

  • thoriq nurrahman
    thoriq nurrahman 2 hari yang lalu

    Kalau kebaikan 10 kejahatan 1000, apa balans. Kalau kita sampai mati kebaikkan seperti ibarat di atas kira kira ke surga atau neraka?

  • Supriyadi Supriyadi
    Supriyadi Supriyadi 2 hari yang lalu

    Biar pada cerdas..dengerin noh..jgn mau mnjdi dungu..hnya krna gengsi mngakui kslhan rezim inii..gunakan akal sehat anda untuk mnyuarakan kbnaran...salam akal sehatt

  • Takim Dela
    Takim Dela 2 hari yang lalu

    No roky no party

  • Shodiq ompong
    Shodiq ompong 2 hari yang lalu

    Ane tidak suka rocky gerung. Ane orang bebas.....๐Ÿ˜‚

  • Pargaulan Sidjabat
    Pargaulan Sidjabat 2 hari yang lalu

    Rocky Gerung ketahuan pintar sendiri. Orang yang merasa pintar sendiri menunjukkan ketololannya dan dungu

  • Sugiharto Zidan
    Sugiharto Zidan 2 hari yang lalu

    Jokowi bikin rakyat bawah lebih sengsara, jln tol rakyat yg buruh tdk bs menikmati, yg punya kampung tdk bs menikmati, listrik mahal, bensin naik terus, premium yg murah cuman utk bohongi rakyat, tulisannya habis, umat islam terpecah belah, hutang menumpuk, pajak ditekan, ulama byk yg dipenjara, gas mahal ndak terkontrol, bpjs semrawut, baru kali ini lihat presiden jd imam, karna ngawur, impor beras, jagung, kedelai, gula pasir, gila gilaan, TKA banjir di indonesia

  • Budi Surya
    Budi Surya 2 hari yang lalu

    mantaf rocky.m

  • sodron marsodo
    sodron marsodo 2 hari yang lalu

    Salam waras!! Rocky gerung,,cerdasss,,,

  • Jon Hendri
    Jon Hendri 2 hari yang lalu

    Kalu program jokowi terbukti gagal buat apa coyyy

  • Manusia Bertopeng
    Manusia Bertopeng 2 hari yang lalu

    pengen cepet tgl 17 april,.....pengen liat nasibnya cebong2,...โ€ฆ.

  • urban arch
    urban arch 2 hari yang lalu

    Org sakit gini klo ga ada tvone ga bakal muncul nih
    ๐Ÿ˜

  • Kentung Gendut
    Kentung Gendut 2 hari yang lalu

    Akal sehat ngk punya solusi sama aja anjing menggonggong kapirlah berlalu wkwkwk

  • ani rohani
    ani rohani 2 hari yang lalu

    emang bung Rocky keren

  • dimas pratama
    dimas pratama 2 hari yang lalu

    Mantaaaap betul

  • Kentung Gendut
    Kentung Gendut 2 hari yang lalu

    Ngaku cerdas malah mirip orang gila

  • ANDREAS YANMOP
    ANDREAS YANMOP 2 hari yang lalu

    Akal sehat tidak mungkin hilang, karena akal sehat MELEKAT pada setiap individu setiap manusia,. tentunya tergantung kepada pribadi" seseorang ,..mau ato tidak digunakan akal sehat itu.,..
    salam hormat !

  • susilawati sadini
    susilawati sadini 2 hari yang lalu

    Roky pintar.. Pintar ngomong doang.. Roky di juluki raja ngomong..

  • Hany Wahjuningarti
    Hany Wahjuningarti 2 hari yang lalu

    Presiden tidak hanya dilihat hidup sederhana tapi punya program yg harus dilaksanakan selama masa pemerintahannya ....

  • Habi Bi
    Habi Bi 2 hari yang lalu

    Debat tukang becak

  • mualif amint
    mualif amint 2 hari yang lalu

    Mantap rocky is the best,,#salam2jari bung rocky,,,

  • putra Gym
    putra Gym 2 hari yang lalu

    Klo saya pribadi.. kebaikan rezim ini Minus.. lbh parah drpd nol..

  • Abell motovlog
    Abell motovlog 2 hari yang lalu

    Kerja nyata aja dahh

  • Candy April
    Candy April 2 hari yang lalu

    Itu baju yg kotak kotak.. Klou bicang tetang cilok pasti nyambung..

  • Heri Yanto
    Heri Yanto 2 hari yang lalu

    Lowongan mi BB j on k on ubjk

  • Denisha Darra Anggita
    Denisha Darra Anggita 2 hari yang lalu

    Gua rasa ni yg host nya mendesak bgt bg rocky dah, gua tauu ni pemilih nya siapa ni cewek ๐Ÿ˜‚

  • Zen Zense
    Zen Zense 2 hari yang lalu

    Bravo Roky Gerung

  • Eriska Von Bergen
    Eriska Von Bergen 2 hari yang lalu

    Budiman2...be smart

  • Om Undun
    Om Undun 2 hari yang lalu

    Sangat ngaco,semoga rakyat makin lama makin cerdas sdh cukup orang orang diperkampungan saja yg masih dongok mau terus kena tipu.

  • Ahmad Supriadi
    Ahmad Supriadi 2 hari yang lalu

    Samsul bodoh. Budak jokowi

  • Ahmad Supriadi
    Ahmad Supriadi 2 hari yang lalu

    Jokowi kampret

  • salamah ahmadi Salamah ahmad
    salamah ahmadi Salamah ahmad 2 hari yang lalu

    Presiden kodok bung.maklum..akal cebong

  • Restian Rizka
    Restian Rizka 2 hari yang lalu

    rocky gerung muka tonjokan anjing

  • Restian Rizka
    Restian Rizka 2 hari yang lalu

    yg ngerasa ISLAM kitab suci kalian di anggap fiksi, apa kalian terima??? PIKIR!!!! Allahu Akbar!!!!

  • Restian Rizka
    Restian Rizka 2 hari yang lalu

    rocky garong

  • Jhon Octavian
    Jhon Octavian 2 hari yang lalu

    Si rocky gerung ini hanya bicaranya tok,mulutnya komat kamit seperti pantat ayam ,hanya mau lihat kesalahan orang dirinya sj tdk bisa urus,manusia seperti si gerung ni cocoknya senbilih aja.

  • Giant Tamma fika
    Giant Tamma fika 2 hari yang lalu

    Salam Akal Sehat

  • Arch samson
    Arch samson 2 hari yang lalu

    RG Penghina Bayaran

  • Zahdan Aryo
    Zahdan Aryo 2 hari yang lalu

    Lebih baik kalau racky gerung jadi tkn jadi akal sehat nya

  • Sofieee Raya
    Sofieee Raya 2 hari yang lalu

    Logis dan realistis sangat RG ini, makin sering denger debat yg hadirkan RG, jadi makin kuat strategi nalar orang berpikir dgn akal sehat....

  • M. dahnial M. dahnial
    M. dahnial M. dahnial 2 hari yang lalu

    Siapapun RG Itu ,dia adalah sosok yg sgt cemerlang dalam menyampaikan buah pikiran untuk anak bangsa ini, Agar kita jgn mdh terbuai melihat sepihak saja, trutama dari Pemerintah, Agar kita terbuka dalam Akal Sehat,

  • ignazio wator
    ignazio wator 2 hari yang lalu

    Pengkhianatan Pikiran kepada Publik (RG sang PEMIKIR SEMU)
    PEMILIHAN Presiden 2019 ini sungguh mengentalkan polarisasi yang bersemayam sejak 2014 dan mendapatkan amplifikasi di pilkada DKI kemarin. Polarisasi antara kelompok konservatif yang dikotomistik dalam melihat segala hal dengan kelompok yang melihat peluang kemajuan terletak pada kebinekaan dan keterbukaan.

    Benturan ini bukan kisah baru. Di berbagai belahan bumi lainnya, pertarungan politik semacam ini terjadi. Namun, berbeda dengan negara lainnya, polarisasi yang sangat tajam saya kira terjadi di tubuh politik bangsa ini. Polarisasi yang bukan hanya membelah politik, melainkan juga segala sesuatu yang bukan politik. Keyakinan terbelah. Profesi terbelah. Kampus terbelah. Semua terbelah.

    Dalam pekatnya polarisasi semacam ini, semua hal menjadi politik. Kita tidak bisa berbicara apa pun tanpa disangkutkan ke politik. Semua menghamba pada politik. Seolah, politik adalah hidup mati kita semua. Alhasil, ruang publik kita saat ini disesaki fitnah, kampanye hitam dan asasinasi karakter.

    Ruang publik bukan tempat pikiran dipertukarkan, melainkan sebaliknya, tempat kebencian dipropagandakan dan akal sehat diselewengkan. Bayangkan, orang sibuk berdebat tentang kriminalisasi tanpa tahu apa artinya โ€˜kriminalisasiโ€™ sesungguhnya. Orang berdebat dengan kebencian sehingga melupakan kejernihan pikiran.

    Kekeruhan ruang publik kita ditambah lagi dengan kehadiran cendekia-semu macam Rocky Gerung yang pandai meramu kata tetapi tidak menjelaskan apa-apa. Cendekia-semu ini, alih-alih menerangi publik dengan konsep-konsep yang jernih malahan berbuat sebaliknya.

    Dia mengedarkan retorika bukan logika, hasutan bukan keterangan. Retorika cendekia-semu ini enak didengar, renyah diucapkan tapi tidak menambah apa-apa terhadap kualitas diskusi publik atau lebih jauh lagi: demokrasi kita. Publik tidak belajar apa-apa, tetapi hanya membeo apa pun yang dilontarkan cendekia-semu tersebut tanpa banyak tanya.

    Kita semua patut curiga apa sebenarnya yang dipertaruhkan. Apakah itu kekuasaan? Ataukah uang? Apa pun itu yang pasti bukan kebenaran. Cendekia-semu selalu mengatasnamakan akal sehat. Namun, di sisi lain, rajin membombardir publik dengan hasutan, agitasi, atau propaganda yang tak berdasar.

    Orang dibuat kagum dengan sofistikasi kata dan menjadi umat yang ikut kesana kemari. Mereka tidak sadar tengah menjadi korban agitasi yang dibungkus rapi dengan filsafat. Padahal, filsafat bukan bungkus, ia ialah isi. Filsafat bukan celotehan. Dia pikiran.

    Pengedar pikiran-pikiran palsu di ruang publik ini yang merusak demokrasi. Dia membuat orang beropini tanpa tahu apa yang diopinikannya. Kebebasan berpendapat menjadi kesemenaan berpendapat. Ini diperparah lagi dengan media sosial kita yang membunuh kecendekiaan.

    Semua orang bisa ahli semua hal di media sosial. Tidak ada lagi pakar. Semua pakar. Netizen sibuk berdebat dengan pengetahuan ensiklopedis: tahu banyak cuma sedikit-sedikit. Dalam situasi seperti itulah, pengedar pikiran palsu macam Rocky Gerung mendapatkan tempat terhormat.

    Demokrasi kita harusnya bisa lebih baik lagi dengan kehadiran intelektual publik macam Rocky Gerung. Sayangnya, apa yang beliau lontarkan adalah pikiran partisan bukan konsep yang jernih dan membuka percakapan. Bolak-balik dia menghantam kebijakan pemerintah dan mengunci penentangnya dengan kata โ€˜dunguโ€™.

    Anehnya, dia tidak pernah mendungukan posisi politik tempatnya berdiri. Memang, pilihan politik adalah hak semua orang. Namun, pikiran jangan sampai diringkus sedemikian rupa oleh politik sehingga menurunkan mutu percakapan.

    Rocky Gerung disebut sebagai profesor akal sehat. Dia berfilsafat di berbagai kesempatan. Saya setuju betapa pikiran berat macam filsafat harus urun rembuk membincang perkara-perkara publik. Pikiran filsafati harus mampu menjadi lampu penerang ide-ide sumir dan membangkitkan daya kritis publik.

    Ketidaksetujuan filsafat terhadap posisi politik tertentu tidak diharamkan. Yang diharamkan ialah serangan intelektual tanpa basis pikiran yang solid. Demokrasi bukan basa-basi. Dia ialah proses pengambilan keputusan publik melalui akal sehat banyak orang. Untuk itu, filsafat tentu saja dibutuhkan supaya demokrasi bukan pertarungan opini belaka, apalagi opini bayaran atau sewaan.

    Saya sendiri memandang demokrasi dengan ringan dan sederhana. Demokrasi hanya antrean ide untuk secara bergilir menjelma kekuasaan dan mengabdi pada orang banyak. Semua bisa keliru. Namun, saat pikiran menghianati publik secara brutal demi kekuasaan, saya takjub betapa kekuasaan ternyata disyahwati dengan sangat serius. Saat pikiran menghianati publik, inkonsistensi, retorika, kesemrawutan berpikir menjadi sebuah peluang kemenangan. Selamat tinggal kebenaran. Selamat datang kekuasaan.

  • ignazio wator
    ignazio wator 2 hari yang lalu

    Pengkhianatan Pikiran kepada Publik (RG sang PEMIKIR SEMU)
    PEMILIHAN Presiden 2019 ini sungguh mengentalkan polarisasi yang bersemayam sejak 2014 dan mendapatkan amplifikasi di pilkada DKI kemarin. Polarisasi antara kelompok konservatif yang dikotomistik dalam melihat segala hal dengan kelompok yang melihat peluang kemajuan terletak pada kebinekaan dan keterbukaan.

    Benturan ini bukan kisah baru. Di berbagai belahan bumi lainnya, pertarungan politik semacam ini terjadi. Namun, berbeda dengan negara lainnya, polarisasi yang sangat tajam saya kira terjadi di tubuh politik bangsa ini. Polarisasi yang bukan hanya membelah politik, melainkan juga segala sesuatu yang bukan politik. Keyakinan terbelah. Profesi terbelah. Kampus terbelah. Semua terbelah.

    Dalam pekatnya polarisasi semacam ini, semua hal menjadi politik. Kita tidak bisa berbicara apa pun tanpa disangkutkan ke politik. Semua menghamba pada politik. Seolah, politik adalah hidup mati kita semua. Alhasil, ruang publik kita saat ini disesaki fitnah, kampanye hitam dan asasinasi karakter.

    Ruang publik bukan tempat pikiran dipertukarkan, melainkan sebaliknya, tempat kebencian dipropagandakan dan akal sehat diselewengkan. Bayangkan, orang sibuk berdebat tentang kriminalisasi tanpa tahu apa artinya โ€˜kriminalisasiโ€™ sesungguhnya. Orang berdebat dengan kebencian sehingga melupakan kejernihan pikiran.

    Kekeruhan ruang publik kita ditambah lagi dengan kehadiran cendekia-semu macam Rocky Gerung yang pandai meramu kata tetapi tidak menjelaskan apa-apa. Cendekia-semu ini, alih-alih menerangi publik dengan konsep-konsep yang jernih malahan berbuat sebaliknya.

    Dia mengedarkan retorika bukan logika, hasutan bukan keterangan. Retorika cendekia-semu ini enak didengar, renyah diucapkan tapi tidak menambah apa-apa terhadap kualitas diskusi publik atau lebih jauh lagi: demokrasi kita. Publik tidak belajar apa-apa, tetapi hanya membeo apa pun yang dilontarkan cendekia-semu tersebut tanpa banyak tanya.

    Kita semua patut curiga apa sebenarnya yang dipertaruhkan. Apakah itu kekuasaan? Ataukah uang? Apa pun itu yang pasti bukan kebenaran. Cendekia-semu selalu mengatasnamakan akal sehat. Namun, di sisi lain, rajin membombardir publik dengan hasutan, agitasi, atau propaganda yang tak berdasar.

    Orang dibuat kagum dengan sofistikasi kata dan menjadi umat yang ikut kesana kemari. Mereka tidak sadar tengah menjadi korban agitasi yang dibungkus rapi dengan filsafat. Padahal, filsafat bukan bungkus, ia ialah isi. Filsafat bukan celotehan. Dia pikiran.

    Pengedar pikiran-pikiran palsu di ruang publik ini yang merusak demokrasi. Dia membuat orang beropini tanpa tahu apa yang diopinikannya. Kebebasan berpendapat menjadi kesemenaan berpendapat. Ini diperparah lagi dengan media sosial kita yang membunuh kecendekiaan.

    Semua orang bisa ahli semua hal di media sosial. Tidak ada lagi pakar. Semua pakar. Netizen sibuk berdebat dengan pengetahuan ensiklopedis: tahu banyak cuma sedikit-sedikit. Dalam situasi seperti itulah, pengedar pikiran palsu macam Rocky Gerung mendapatkan tempat terhormat.

    Demokrasi kita harusnya bisa lebih baik lagi dengan kehadiran intelektual publik macam Rocky Gerung. Sayangnya, apa yang beliau lontarkan adalah pikiran partisan bukan konsep yang jernih dan membuka percakapan. Bolak-balik dia menghantam kebijakan pemerintah dan mengunci penentangnya dengan kata โ€˜dunguโ€™.

    Anehnya, dia tidak pernah mendungukan posisi politik tempatnya berdiri. Memang, pilihan politik adalah hak semua orang. Namun, pikiran jangan sampai diringkus sedemikian rupa oleh politik sehingga menurunkan mutu percakapan.

    Rocky Gerung disebut sebagai profesor akal sehat. Dia berfilsafat di berbagai kesempatan. Saya setuju betapa pikiran berat macam filsafat harus urun rembuk membincang perkara-perkara publik. Pikiran filsafati harus mampu menjadi lampu penerang ide-ide sumir dan membangkitkan daya kritis publik.

    Ketidaksetujuan filsafat terhadap posisi politik tertentu tidak diharamkan. Yang diharamkan ialah serangan intelektual tanpa basis pikiran yang solid. Demokrasi bukan basa-basi. Dia ialah proses pengambilan keputusan publik melalui akal sehat banyak orang. Untuk itu, filsafat tentu saja dibutuhkan supaya demokrasi bukan pertarungan opini belaka, apalagi opini bayaran atau sewaan.

    Saya sendiri memandang demokrasi dengan ringan dan sederhana. Demokrasi hanya antrean ide untuk secara bergilir menjelma kekuasaan dan mengabdi pada orang banyak. Semua bisa keliru. Namun, saat pikiran menghianati publik secara brutal demi kekuasaan, saya takjub betapa kekuasaan ternyata disyahwati dengan sangat serius. Saat pikiran menghianati publik, inkonsistensi, retorika, kesemrawutan berpikir menjadi sebuah peluang kemenangan. Selamat tinggal kebenaran. Selamat datang kekuasaan.

  • Ricko Novfitriano Suryanto
    Ricko Novfitriano Suryanto 2 hari yang lalu

    Lihat gayanya rocky beda sekali sm manusia tertentu, meganh mic, jaket ikat di leher, ngomong putus2, ngomong tokkkkkkkkkkkkkk

  • agenging2 maliki
    agenging2 maliki 2 hari yang lalu

    Prof Rocky Gerung Cerdas nya gak ketulungan. GBU Prof RG

  • Abdullah Mitra Foto
    Abdullah Mitra Foto 2 hari yang lalu

    Yes,akal sehat,Roky Gerung.

  • dwi mahesa mahesa
    dwi mahesa mahesa 2 hari yang lalu

    Cebong pekok orng suruh analysis tapi gk nemu kebaikan trus cebong ngotot harus nemu kebaikan

  • just ME
    just ME 2 hari yang lalu

    RG tanya apakah kebaikan yg ada? Bagitau aja lah kalu ada tapi tidak makna mungkin memang tidak ada.

  • Arif Arif
    Arif Arif 3 hari yang lalu

    To orng siapa sih berani lwn rocky๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  • Joko rizky
    Joko rizky 3 hari yang lalu

    Cocot comberan gerung tu