Lenis Kogoya Curigai Aktor di Balik Tragedi Pekerja Trans Papua

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 5 Des 2018
  • Untuk melihat video-video menarik lainnya kunjungi: video.medcom.id/
    Staf Khusus Presiden Urusan Papua, Lenis Kogoya menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo sejak awal telah menginstruksikan agar pekerja proyek Trans Papua dijaga aparat keamanan. Proyek ini pun melibatkan masyarakat asli Papua yang biasanya turut menjadi pengawas. Lenis Kogoya menduga ada aktor di balik ini karena sebelumnya proyek Trans Papua berjalan aman.

Komentar • 3 503

  • Kasih Kasdi
    Kasih Kasdi Hari Yang lalu

    Hanya dimasa Jokowi ..ada penembakan masal....
    Di jaman SBY ....tidak ada ..itu real ...tidak hoak.

  • pekas walker
    pekas walker 3 hari yang lalu

    Mkn tay ko. Ko bicara kaya anaka kecil mkn tayi

  • ARLENZ
    ARLENZ 3 hari yang lalu

    Dimana mana. Kampung halaman sendiri pasti dibela

  • Indra Erianto
    Indra Erianto 9 hari yang lalu

    Lebih baik melihat dari pada mendengar ....

  • Hams Siwak Telu
    Hams Siwak Telu 10 hari yang lalu

    Simpulannya,dia g mau jokowi presiden,dulu gak ad kayak ini,skrg jaman jokowi opm meraja lela,pemerintah harus tegas habisi opm jgn peduli sama ham,karna udah banyak korban.opm puck u

  • Yuliyana Sasmita
    Yuliyana Sasmita 11 hari yang lalu

    Di tangkap sekarang tungguh apa lagi

  • Aken Doang
    Aken Doang 11 hari yang lalu

    Ko.musibah.qw kuranq nqerti oranq nqomonq yq qk jelas yq jelas ine teror.beqo separatis ya nebakin yq kerja.di ajak kerja juqa oranq papu qk bejus kerja binqunq .tapi luh nqomonq yh kuranq penqetahuan

  • langit bumi
    langit bumi 13 hari yang lalu

    sekarang sudah ada 3 korban lagi, semakin hari kkb opm semakin menjadi-jadi ,mau sampai kapan begini terus,presiden seharusnya bertindak tegas untuk memberantas kkb opm.lenis kogoya tak bisa di percaya (musuh dalam selimut).BRAVO TNI NKRI HARGA MATI

  • Susi Tirloit
    Susi Tirloit 14 hari yang lalu

    Pak Jokowi 100%di Papua,.masalah papua adalah permainan kotor dari org org tertentu.

  • Muhammad Umar
    Muhammad Umar 28 hari yang lalu

    Orang papua harus bersatu kalau ada yg niat menghasut lawan,soalnya jokowi niatnya baik orang lain tidak mau melihat papua maju dan aman

  • Irfan Zidny
    Irfan Zidny Bulan Yang lalu

    Walaupun Papua sudah dibangun jalan oleh pemerintah RI, mereka kelompok OPM tetap berjuang untuk merebut kemerdekaan. Sama seperti ketika Belanda membangun jalan dari Anyer sampai Panarukan di Jawa, sebagian orang Indonesia tetap menuntut kemerdekaan. Padahal Belanda kala itu sudah merangkul orang Indonesia, beberapa contohnya dengan menjadikan orang Indonesia sebagai pegawai Belanda, membangun jalan di Jawa, membangun sarana pendidikan dan kesehatan. Kala itu juga sama, sebagian orang Indonesia menganggap orang yang memerangi Belanda adalah teroris dan harus dibantai habis habisan. Baik Jokowi maupun Prabowo yang jadi Presiden, sebagian orang Papua tetap menganggap pemerintah RI adalah penjajah, karena baik Jokowi maupun Prabowo pernah mengadakan operasi militer ke sebagian orang Papua. Prabowo tepat menjadi Presiden RI tahun 2019, karena pengalamannya dalam mengatasi berbagai macam konflik, salah satunya konflik di Papua

  • CLEMENS ADOPAK
    CLEMENS ADOPAK Bulan Yang lalu

    Cuma orang bodoh saja yg menilai presiden sukses.....kita bicara logika.....sebelum membangun selesaikan dulu ham Papua......presiden janji di depan korban ham SJ tidak ditepati apa itu berpihak......pembangunan fisik itu tidak melukai manusia...tp yg melukai manusia adalah kejujuran ttg ham...????

  • Susila Sudarti
    Susila Sudarti Bulan Yang lalu

    Jangan llupa sejarah thn 65. Sukarno runtuh krn ada pengkianat bangsa yg bekerja sama dng pihak luar.
    Sekarangpun juga demikian bahwa musuh terbesar kita adalah bangsanya sendiri yg berkianat untuk berkuasa dengan cara minta bantuan dan dukungan dari pihak luar.
    Hal ini sangat erat kaitannya dng saham 51.2 persen yg diminta oleh Indonesia. Maka rakyat Indonesia harus waspada krn Jokowi bisa hancur bila ada bangsa Indonesia yg berkhianat dng minta bantuan luar untuk menjatuhkan Jokowi seperti di jaman thn 65.
    Rumus dan taktik tsb mau dipakai lagi agar bisa merebut kekuasaan sehingga pihak luar diuntungkan dan segelintir orang Indonesia bisa mengenyam kenikmatan setelah menduduki jabatan terutama RI 1.
    Waspafa waspada jangan lupakan dan buta politik serta sejarah thn 1965.

  • anna stingel
    anna stingel Bulan Yang lalu

    Minggu kemarin adat duking prabowo mana yang benar

  • Gus Indra
    Gus Indra Bulan Yang lalu

    Ooo berarti disuruh cek ulang dlm pembunuhan pekerja...siapa dalangnya, berarti ini cari Kagoya Egiyanus dan tanyakan siapa mereka itu dalangnya.

  • Gus Indra
    Gus Indra Bulan Yang lalu

    Perlu ditanyakan ke KKSB OPM...kenapa hanya dgn difoto oleh pekerja itu hanya sebagai kenangan di tempat mereka bekerja hanya difoto saja kon bisa terjadi sampai ada pembunuhan kejam dan semuanya pekerja itu dibunuh semestinya kalau itu dianggap salah itu sangat meng ada2 si pembunuh kejam dan keji.

  • Dua jalan Damai
    Dua jalan Damai Bulan Yang lalu

    Pak lenis,bisa tidak Opm yg bersenjata itu dibubarkan atau disidangkan,karena mereka sudah bertentangan dengan aturan hukum yg berlaku di Indonesia,dimana rakyat sipil dilarang membawa,menyimpan dan menggunakan senjata api militer,tolong biar negara ini aman dari hal hal yg bapak bicara kan,saat ini.sebagai kepala suku dan yg bertanggung jawab pak lenis untuk mencairkan masalah hilangnya nyawa seseorang.itu ada hukum nya ...Pak, kami memohon ini demi kedamaian di Papua dan demi kemajuan Papua ke masa yg akan datang.jadi tidak ada lagi tuduh menuduh satu dgn yg lain nya.salam Papua cerdas.

  • Akun Barukuj100
    Akun Barukuj100 Bulan Yang lalu

    Bandit nya kodok dan cebong cebong nyaa

  • miya ml
    miya ml 2 bulan yang lalu

    Ya.. Allah... lindungi pak Jokowi dari kejoliman orang yang jahat
    Mereka yang berbuat jolim
    Dan berikan lah azab buat orang yang serakah

  • Jonijuada Jonijuanda
    Jonijuada Jonijuanda 2 bulan yang lalu

    ooh berati setiap pembangunan harus ada orang papua biar aman

  • Pipitfaisal Faisal
    Pipitfaisal Faisal 2 bulan yang lalu

    Untuk meredam tindakan brutal OPM sebenarnya tidak begitu sulit, setiap ada kegiatan atau proyek apapun jenis pekerjaan nya harus di kawal dan di jaga 24 jam oleh TNI. Lebih di utamakan pendekatan di ajak kerja sama kasih pekerjaan sama sama.

  • Mosad Elite
    Mosad Elite 2 bulan yang lalu

    Sssttttttttt...ada udang dibalik batu

  • Nenek Sarumpet
    Nenek Sarumpet 2 bulan yang lalu

    Papua sdrku, sukses selalu.

  • Venerdy Indrawanto
    Venerdy Indrawanto 2 bulan yang lalu

    Tangkap aza orgΒ² yg buat rusuh jangan pandang pangkat, kedudukan dan jabatan maupun ormas, NKRI harga mati. Leluhur papua dlu jga berjuang bersatu memerdekakan diri kedalam kedaulatan wilayah RI dari tangan penjajahan asing

  • Abdul Wahyudi
    Abdul Wahyudi 2 bulan yang lalu

    Betul sekali orang papua .harus dilibatkan.untuk bekerja.

  • Apusi Indai
    Apusi Indai 2 bulan yang lalu

    Semua kepala suku mana yg betul..

  • shakira charolin
    shakira charolin 2 bulan yang lalu

    mantap kepala suku ini

  • Mar Zukki
    Mar Zukki 2 bulan yang lalu

    Muka orang ini muka sex, mungkin di Bandung terus di suap Indonesia dgn sex ya?asik ya jadi penjilat penjajah

  • BIAstore edo
    BIAstore edo 2 bulan yang lalu

    Benar itu kata pk lenis, pssti ini rekayasa dari elite

  • MUSIK ku
    MUSIK ku 2 bulan yang lalu

    Alasan Saja... Mana Mau Papua kerja Jalan ..... Bisa bisa Kerja tidak selesai.... HEHEHE Kalau Mabuk No.1
    Orang Papua Tidak Cocok Kerja Proyek.... Kerja satu hari bolos satu minggu.... Kalau Kerja di Kantor atau Hutan baru cocok.

  • Yaniel Yanielwuar
    Yaniel Yanielwuar 2 bulan yang lalu +1

    memng betul juga,, masa dlm pekerjaan tidak melibatkan org pribumi?? apa maunya uang proyek di kasi saja buat org jawa ka?? anjing kalian org jawa.

  • di block
    di block 2 bulan yang lalu

    5:13..sebagai pengawas..mang nya lulusan ap n punya skill apa..
    ketauan males nya...mau kerja tapi milih2...
    yang sudah2 dikasih kerja tapi kerjanya semaunya..
    binatang yg uda ngebantai pekerja yg tdk bersenjata jgn dikasih hati...
    tangkap hidup / mati...penggal kepalanya & diarak dri sabang s/d mareuke...biar jadi pembelajaran tuk yg lainnya..
    NKRI HARGA MATI...

  • Dhomy Ubuleba
    Dhomy Ubuleba 2 bulan yang lalu

    Ini kmentar yg sngat tegas buat indonesia...

  • Umar Sumang
    Umar Sumang 2 bulan yang lalu

    Semangat

  • Umar Sumang
    Umar Sumang 2 bulan yang lalu

    Pace ko hebat

  • elfarizi fauzi
    elfarizi fauzi 2 bulan yang lalu

    Ah sudahlah 🀣🀣🀣

  • Maksima Betaubun
    Maksima Betaubun 2 bulan yang lalu

    Reklami ini tidak bagus tentang kredibilas Pa jokowi masa mau jadi istri ..

  • ian pieter
    ian pieter 2 bulan yang lalu

    Betul Bung Lenis. "Kepala Suku & Adat" perlu dilibatkan. Ada aktor disebalik konflik Papua.
    Perbaikan kedepan, "Libatkan orang Papua" dalam pembangunan daerahnya. Orang- orang di Gunung perlu makan yang cukup & sehat. Dengan pembangunan, mereka mulai sadar. Dan masih perlu tetap disadarkan dengan pentingnya pembangunan yang dilakukan dengan cara melibatkan mereka dalam pembangunan.
    Ini untuk mengikis 'fitnah' dari orang- orang yang berkepentingan pribadi, karena sekarang sokongan terhadap mereka makin berkurang bahkan memudar.
    Pemerintah pusat jangan mudah terpancing untuk melakukan hal yang sama seperti pemerintahan jaman sebelumnya. Kalau Bung Lenis berani jamin dengan keamanan di Papua Barat atas nama sebagai kepala suku, maka dengan libatkan kepala suku lainnya untuk menjaga keamanan agar boleh mudah dicapai.
    Untuk para mahasiswa Papua yang belajar di luar, pelajari dengan baik apa tindakan- tindakan anda. Jangan mudah terpancing untuk minta merdeka, yang anda sendiri tidak terlalu paham. Anda orang Indonesia! Anda sudah merdeka! Yang minta merdeka, adalah orang- orang menempatkan dirinya sebagai orang-orang yang diikat dengan dendam dan kebodohannya sehingga terjajah dengan perasaan dan pemikirannya.
    Anda harus bersyukur karena kehidupan anda sudah mulai lebih baik (sudah merdeka... dari kelaparan, kebodohan, dan kemiskinan) daripada saudara- saudara yang tinggal di gunung- gunung, yang kini pun sedang dibangun.
    Anda perlu belajar dengan baik dan setelah lulus boleh kembali ke daerah anda untuk membangun Papua. Lihat kedepan, jangan selalu lihat ke belakang karena dendam. Papua tidak akan maju kalau selalu melihat ke belakang. Masa depan ada di hadapan, bukan di belakang!
    Bung Lenis...segeralah turun ke lapangan. Check dan selidiki, mengapa hal ini terjadi. Ini karena orang- orang Indonesia dari suku- suku lainnya adalah juga sayang kepada orang- orang Papua.

  • Gabriel Iyai Iyai Gabriel
    Gabriel Iyai Iyai Gabriel 2 bulan yang lalu

    papua Merdeka baro Indonesia Siap miskin termasuk lenis kokoya

  • Ridwan Iwan
    Ridwan Iwan 2 bulan yang lalu

    ini bener2 manusia paling bodoh..

  • Ghefira Nurfatimah
    Ghefira Nurfatimah 2 bulan yang lalu

    PAPUA adalah INDONESIA ... !!!!

  • Muhammad Arya
    Muhammad Arya 2 bulan yang lalu

    sdh jelas itu warga sipil di bnh sm senjata bikangx musibah ...musibah taemu mata mu buta ...msibah itu kecelakan bkn di brondong peluru ....brarti jaman pki jg itu musibah yah ....wwkwk lucu bnhget ni orang g jelas bgmn papua mau merdeka kl macam ini orngx....

  • Muhammad Arya
    Muhammad Arya 2 bulan yang lalu

    asu orang ini bicara g jelas bicara hy bolak balik pakta...sj?bgm jokowi mau di teror ...di kawal ketat y g bs di dekatin lah...maux bicara mng sendiri sj..sok pinter bicara maux ngrocos sj...

  • Gus Indra
    Gus Indra 2 bulan yang lalu

    Kagoya Anda tdk usah bicara membalikan fakta bahwa itu sudah nyata dan fakta pekerja dibunuh dgn kejam dan keji. Tidak mungkin Anda sedang merayakan sesuatu atau berulang tahun kalau benar dgn alasan ada yg foto foto saja hanya berakibat fatal sampai membunuh pekerja..maka kejar tangkap atau tembak pembunuh itu yg disebut KKB OPM.

  • dion senopati
    dion senopati 2 bulan yang lalu

    JAGA JOKOWI DARI SERANGAN FITNAH2 KEJI YANG DILAKUKAN KHILAFA FPI

  • dion senopati
    dion senopati 2 bulan yang lalu

    BETUL3X PARA BINATANG2 PEMBANTAI ITU HANYALAH BUDAL DARI JURAGAN YANG TIDAK ASING BAGI KITA😷😷😷😷😷😷😷

  • piyo Nero
    piyo Nero 2 bulan yang lalu

    sepertinya ada kejanggalan di balik penembakan itu ..smga cepat terungkap ..!

  • Sunset
    Sunset 2 bulan yang lalu

    Pak Lenis Kogoya : Bagaimana pendapat anda mengenai Lukas Enembe?

  • Sunset
    Sunset 2 bulan yang lalu

    Jangan kebiasaan memotong pembicaraan orang yang anda wawancara.

  • Dudy Suryadi
    Dudy Suryadi 2 bulan yang lalu

    Saya setuju dg apa yang disampaikan pak Lenis Kogoya. Masyarakat Papua semua dari bermacam duku dan diwakili oleh masing masing kepala adat (kepala suku ) baik yang pro dan kontra diajak bicara dari hati kehati . Terutama dalam hal kesejahteraan nya. Baik dalam kecukupan sandang pangan . Pendidikan .dan pembangunan yang merata di berbagai daerah wilayah Papua supaya terhubung dg berbagai sarana .nya jalan Air. Listrik. Dirikan sekolah. .pasar Rumah sakit. Puskesmas . Alat komunikasi .Dirikan Balai pelatihan BLK dari berbagai keterampilan
    Pertanian .kerajinan setelah itu buat pabrik Ringan yang non polusi. Seperti pengolahan hasil pertanian. .Tanah Papua itu sangat kaya.. klw perlu semua hasil pembagian Saham tambang dipakai untuk semua kebutuhan pembangunan ditanah Papua. Buat tanah Papua tdk tertinggal . Buat kota baru yang orang merasa tdk tersingkir. Masyarakat Papua merasa menjadi warga Indonesia tdk percuma. hidup Papua Sejahtera Papua. .jangan lupakan Papua .wahai pemerintah dan pengusaha Indonesia ..Bangunlah Papua dalam semua bidang

    . Supayarakat Papua dapat merasakan

  • Dede Kayla
    Dede Kayla 2 bulan yang lalu

    Blm selesai kq udah dipotong

  • Hhgt Hgfv
    Hhgt Hgfv 2 bulan yang lalu

    Betul kasih kerja orang tempatan biar mereka ada kerja walau di bawa teknisi dari luar tetapi perkerja dari orang tempatan ,diapa pun orang tempatan di utama kan biar aman merekan ada gaji .ada kerja jadi aman .

  • Kriss Kriss
    Kriss Kriss 2 bulan yang lalu

    Ini poin yang sangat penting, khusus pemerintah dan para kontraktor, dimanapun kerja dilakukan harus, harus, harus menggunakan tenaga 70% orang/masyarakat sekitar dan 30% luar daerah ( tenaga mahir) , marilah kita sama sama berfikir dan mengambil pelajaran, agar kejadian dipapua tidak terulang lagi dimanapun, terima kasih

  • Renaldi Saputra
    Renaldi Saputra 3 bulan yang lalu

    Pak lenis tetap bagus pendapat nya

  • Rahmat Supriyanto
    Rahmat Supriyanto 3 bulan yang lalu

    Cari solusi dari setiap masalah jangan cari alasan.nkri harga mati.

  • Claudia Tabita1125
    Claudia Tabita1125 3 bulan yang lalu

    Bicara masalah pembunuhan..
    Katanya ada unsur2 tertentu..
    Kekecewaan atau sakit hati..
    Jadi tidak sembarang membunuh..
    Baru yang kasus pemerkosaan itu apa ya?
    Kira2 unsur apa????

  • mrs anne
    mrs anne 3 bulan yang lalu

    intelejen asing yg bermain di sini, pastinya didukung aktor2 tinggi rakus

  • Akmal Asa Akbar Ilal
    Akmal Asa Akbar Ilal 3 bulan yang lalu

    Prabowo blh

  • bright light
    bright light 3 bulan yang lalu

    udah APACHE nya keluarin 3 aja cukup yang kemarin datang dari AMERIKA kerjasama pertahanan indonesia mau ngumpet dmana juga keliatan tembak aja dari jauh yang bawa senjata dan ga bawa keliatan kok

  • Pay Tile
    Pay Tile 3 bulan yang lalu

    orang papua harus pinter jngan mau di adu domba..

  • Muhammad Iqbal
    Muhammad Iqbal 3 bulan yang lalu

    Semoga cepat merdeka saja lah

  • Ahmad Iqbal
    Ahmad Iqbal 3 bulan yang lalu

    WOW... Kalau saya sih sudah faham metro tv ini... Ngeles aja jokowi ini... Seakan" jokowi tidak salah.. hmm

  • Sugeng Sore
    Sugeng Sore 3 bulan yang lalu

    p lenit bagus.cara bicaranya.mmng betul presiden jokowi bagus untuk bangsa indonesia

  • Neli Oktapiani
    Neli Oktapiani 3 bulan yang lalu

    100000% buat jokowi

  • Sarip Pudin
    Sarip Pudin 3 bulan yang lalu

    mantap pa lenis....

  • Billy Dallas
    Billy Dallas 3 bulan yang lalu

    Kita doakan agar mereka diterima disis bapak di Neraka.......

  • Wisnu Prana
    Wisnu Prana 3 bulan yang lalu

    Moga papua damai moga kita kedepan perhatikan papua buat pendidikan dan sejahterakan NKRI tetap kita jaga PAPUA. Masa depan papua tolong pemerintah pusat demi kemajuan bersama.....

  • Asta Gionino
    Asta Gionino 3 bulan yang lalu

    musuh papua bukan jawa..bkn indonesia..musuh papua adlh koruptor..orang2 yg mmentingkan isi prutnya sndri..kami jg djwa jg sma bnyak yg drugikan oleh segilintir orang yg mmkan uang yg bkn hak mreka..kami djawa jg sma mayoritas hdup dkmpung, ddesa..kitalah indonesia..kita sma2 pnya hak untuk hdup layak dan sejahtera..krna sdh sdbutkan dlm pancasila dan UUD 45 smua wrga ngra pny hak yg sma..mari kita bgun brsma negri ini..krja keras..krja jjur..dmulai dr kita sndri dn kluarga..jayalah papua..jayalah indonesia..
    Bagi partai opisisi slhkan kritisi pmerintahan apa itu yg prlu diperbaiki dn apa yg hrus dtingkatkan tp jgn adu domba kami..pmerintah jg jgn lngsung bruk sngka klo ada pristiwa mcm ne opini publik dgring bhwa ada cmpur tgn opisisi.. slhkan brkopetisi dgn sehat byr rkyat yg mnentukan...

  • Alif Nizar SMANEMA
    Alif Nizar SMANEMA 3 bulan yang lalu

    wah kamera buat LIVE di bandung nya kualitasnya masih kaya Betacam dkk
    kalau di studio udah kamera HD

  • kartina sari
    kartina sari 3 bulan yang lalu

    Tumpas para pemberontak.

  • Nurmati88 Wati
    Nurmati88 Wati 3 bulan yang lalu

    Ya"Harus"Bersukurlh"sdh"Di"Banggun"Daerah"Pak"Persiden"Jokowi,"Salin"Menjalh"Bukan"dimusuhi"Jalh"Negeri"Papua"Saling"Mengertilh"masak"orang"brkrj"Dibunuh"Apa masudnya"disebalik"ini"Harus"tanggung"Jawab"Yg mati"Anak"istrinya"sedih"tidak"itu"yg"Aja perang"itu"apa masudnya"Mau"Merdeka"Pak"Persiden"JOKOWI"MAU"MAKMUR"DESA"PAPUA"MALA ORANG"BERKRJ"MALA"DIBUNUH SADIS"PAK"BUPATINYA"ATAU PAK"NGAK"BOLEH"DIAM"AJA"HARUS"IKUT"MEMANTAU"NEGARA"KLU"MAU"MAJU"CARI"PELAKUNYA"SAMPAI SADIS"SUNGUH"NGAK ADA"PERIK"KEMANUAAN"APA"NGAK"INGAT"ALLAH"MEREKA"OTAK NYA SUDAH KOTOR"MAU"KRJ"BILANG"BAIK2LH"AMIN. YA"ALLAH"ROBAL"AlAMIN?

  • Bowo Oryza
    Bowo Oryza 3 bulan yang lalu

    Saya cuma berharap untuk saudaraΒ² saya dan para pejabat dinegri ini sadar dn jangan mengeluh karna menurunnya anggaran daerah, tapi banggalah dan bahagialah saudara kita dipapua sekarang bisa merasakan jalan yg bagus dan marilah kita dukung selalu untuk bisa merasakan seperti apa yang kita rasakan dinegri kita agar tidak ada lagi opm disana demi NKRI
    Maju terus pak jokowi dan para pemimpin dinegri merah putih ini

  • Gita Nasution
    Gita Nasution 3 bulan yang lalu

    Haha. Cepat kali kait mengkaitkan mengambil kesempatan dalam kesempitan, demi perseorangan, justru menurut saya gak ad kaitannya dengan karena siapa oleh siapa memang Papua sedang disorot oleh PBB untuk pensejahteraan sosial kalo dibiarin merdeka mungkin papua.. menurutku rasionalnya seperti ini... Indonesia pada tahun 2016 kalo GaK salah menjadi sorotan pelanggaran HAM terkait masalah Papua dan Papua barat yg didukung oleh negara2 di Pasifik 6 negara yg mencampuri kedaulatan NKRI mulai sejak dahulu.. yg menjadikan tuduhan pelanggaran HAM tuduhan tersebut dijadikan PR untuk Indonesia membenahi Papua.. pembenahan Papua sudah dilaksanakan dari dahulu.. karena puncaknya disidang HAM PBB tahun 2016 maka di genjot lah pembangunan Papua.. jadi kalau menurut pembicaraan disidang PBB waktu 2016 yg dimana Indonesia di intervensi 6 negara pasifik.. Papua dan Papua barat menjadi tinjauan pemerataan pembangunan untuk mensejahterakan Papua namun ketika ditengah pembangunan dan pensejahteraan kehidupan sosial di papua yg minim menurut 6negara Pasifik yg mengintervensi tiba2 terjadilah kasus yg sekarang.. jadi logikanya sepertinya "ada usaha penghambatan pembangunan dan pensejahteraan sosial di Papua, supaya terkesan tetap tidak dibenahi agar tercapainya yg dinamakan menentukan nasib sendiri alias merdeka tercapailah perjuangan OPM dengan didasari dalil dari pelanggaran HAM sampai ketidakadilan penderitaan sosial di Papua oleh indonesia " .. itu menurut saya.. mohon maaf bila salah namanya pemikiran jd jangan dijadikan fakta.. intinya hal ini tidak ada kaitannya dengan politik di Indonesia, menurut saya menurut nalar saya... Jangan kaitkan dengan elektabilitas perseorangan... No.. terimakasih

  • Agus Santoso
    Agus Santoso 3 bulan yang lalu

    Bang ,, presiden dan panglima OPM harus di minta dan di periksa pertanggung jawaban pembunuh an para pekerja di Papua tolong di koordinasi kan dgn polri ,..........

  • Agus Sutikno
    Agus Sutikno 3 bulan yang lalu

    Metro tvπŸ‘ŽπŸ€

  • Bayi Management
    Bayi Management 3 bulan yang lalu

    Pak lenis org pinter jujur perkatan y tolong pak lenis bantu spa yg suru dbelakang y opm ini .. pak jokowidodo uda cnta sayang sm rakyat papua brkali2 k papua cb pikir kan baik2 tulus y bt papua bensin turun dbelain semen lumayan dturunin cb pikir baik2 sy aja rakyat y sedih nangis harus seneng bngga sm presiden jokowidodo . Knpa presiden baik krj krj bt rakyat y sll djahatin d jelek2in bpk harus bls kbaikan jokowidodo

  • Bayi Management
    Bayi Management 3 bulan yang lalu

    Bpk ini benar prkatan y betul pak lenis sy setuju .. bpk org pinter bpk jg harus bantu spa org y yg dbelakang opm itu mohon masp ya

  • Bayi Management
    Bayi Management 3 bulan yang lalu

    Tp jng dbunuh langsung pulangin aja k jkrta bilang k presiden jokowidodo ...

  • Jumaroh Jumaroh
    Jumaroh Jumaroh 3 bulan yang lalu

    Yg skrg terjadi zaman siapa.jokowi melulu. Emg presidenya .ma.ruf amin ya wok.

  • Achmad Fauzi
    Achmad Fauzi 3 bulan yang lalu

    Kok malah bcrakan era presiden? Klo emg d era ini papua maju seharusnya OPM sdh tdk minta merdeka...faktanya KKB (teroris) msh mnyerang warga...😒

  • Ivan Agustian
    Ivan Agustian 3 bulan yang lalu

    Betul pak...ini ada otak kotor..yg mau menjatuhkan jokowi..

  • Ivan Agustian
    Ivan Agustian 3 bulan yang lalu

    Setuju dengan kalimat...kapan dimanusiakan..kenapa gak dilibatkaaan

  • M. Yani Sp
    M. Yani Sp 3 bulan yang lalu

    sipil itu dapat senjata dari mana?

  • bambang sumardi
    bambang sumardi 3 bulan yang lalu

    Apa betul tidak ada pekerja pribumi nya..?
    Pernyataan bercabang alasan.. katanya marah petugas pekerja trans mengambil foto..
    @ pemerhati..

  • herson budianto
    herson budianto 3 bulan yang lalu

    Bisa krn keamanan tdk lagi di libatkan oleh perusahaan..jdi seakan2 tdk aman klu tdk pakai keamanan.artix uang pengamanan yg jdi masalah..

  • Jokotole Tole
    Jokotole Tole 3 bulan yang lalu

    Dah jelas pelaku nya..gk usah cari kambing hitam..hhhh..lagu lama..

  • Darul Aksa
    Darul Aksa 3 bulan yang lalu

    Hidup Papua , Hidup Jokowi Hidup Pa Lenis, maju terus, majukan Papua sikat habis yang mengganggu kemajuan Papua.

  • Agus Niawan
    Agus Niawan 3 bulan yang lalu

    sby yg bangun jalan dipapua jokowi yg ngaku2 wkwkw mknya ngamuk mereka

  • Dr.Wifiek Goenawan
    Dr.Wifiek Goenawan 3 bulan yang lalu

    Merdeka merdeka merdeka...Apa itu....

  • Dr.Wifiek Goenawan
    Dr.Wifiek Goenawan 3 bulan yang lalu

    Yang salah itu perusahaan..Bukan..merdeka

  • Dr.Wifiek Goenawan
    Dr.Wifiek Goenawan 3 bulan yang lalu

    Tidak bisa itu kelompok anda....knp anda upacara...berarti merdeka

  • Dr.Wifiek Goenawan
    Dr.Wifiek Goenawan 3 bulan yang lalu

    Bukan kkb, mereka jelas jelas mau merdeka,,,kenapa terlalu simpang siur...geprag habis saja sudah

  • onimambrasar Onimambrasar
    onimambrasar Onimambrasar 3 bulan yang lalu

    jgn selalu bilang itu penembakan OPM trus mana buktinya.
    jangan di blakang itu ada sesuatu.

  • Dadan Hardyana
    Dadan Hardyana 3 bulan yang lalu

    semua teroris separatis OPM PAPUA harus ditumpas habis krn sdh puluhan orang yg jadi korban jangan ada lagi negosiasi

  • Victoria Victoria
    Victoria Victoria 3 bulan yang lalu

    Belajar baik2 dlu br jd kpl suku, kpl suku tu org cerdas,bijak ,karismatic, dan memiliki kemampyan intelekgensi yg luas,oresuden ganti stsf kusus asal papua tu...

  • Boy Kafiar
    Boy Kafiar 3 bulan yang lalu

    Lenis kogoya tukang tipu , tukang kubur uang rakyat juga itu ..πŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ˜œ

  • Putra Banyuwangi
    Putra Banyuwangi 3 bulan yang lalu

    Ini Pasti Berhubungan Dengan Tambang Emas Freport..
    Ini Jelas Menyerang PT Dan Orang" Pendatang.
    Karena Warga Lokal Tidak Di Pekerjaan di Setiap PT.
    Jangan Bawa" Politik Bang.

  • deki zeidri irawan
    deki zeidri irawan 3 bulan yang lalu

    Benar kata lenis Nagoya seharusnya nya di libat kan pekerja nya dr papua atau semua nya dr pupus biar biar gak ada ribut memang mantap pak president Jokowi

  • Putra Wardana
    Putra Wardana 3 bulan yang lalu

    Mana densus 88..uji nyali kalian ke papua..jangan cuma menkriminal kan yang nggak bersalah..

  • idol boy
    idol boy 3 bulan yang lalu

    Jagan asal nuduh klo engga ada bukti bener engga teman teman