Tanjakan Emen Angker, Berikut 6 Kecelakaan Maut yang Pernah Terjadi

  • Dipublikasikan tanggal 11 Peb 2018
  • Tanjakan Emen di Subang kembali memakan korban jiwa. Kali ini, 27 orang tewas setelah bus yang mereka tumpangi terguling di kawasan turunan Cicenang, Desa Ciater, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu sore 10 Februari 2018. Bukan sekali ini saja tanjakan Emen ini memakan korban.
    Sebelum kecelakaan kemarin, terakhir tercatat kecelakaan maut yang memakan korban cukup banyak adalah pada Juni 2014. Saat itu bus yang ditumpangi siswa SMA Al Huda Cengkareng, Jakarta Barat terguling di lokasi ini. Sembilan orang yang terdiri dari murid dan guru tewas.
    -- ADVERTISEMENT --
    thanks for watching!
    Tanjakan Emen di Desa Cicenang diberi nama dari seorang sopir bus bernama Emen yang mengalami kecelakaan maut di lokasi itu pada sekitar 1960.
    Baca juga: Bus Terguling di Tanjakan Emen Subang, 26 Orang Tewas

    Setelah kecelakaan itu, muncul mitos: setiap tahun tanjakan Emen menelan korban jiwa. Untuk menghindari nasib sial, banyak sopir membuang puntung rokok yang menyala saat melintas di tanjakan Emen. Konon, para sopir selalu merokok saat menyetir kendaraannya.
    Struktur jalan di tanjakan Emen sepanjang 3 kilometer di kawasan Tangkuban Parahu itu sejak dulu memang curam. Kecuraman tanjakan Emen sebenarnya masih kalah dari tanjakan Puncak, Cianjur. Namun kemiringan 45-50 derajat membuat beda Tanjakan Emen. Pengemudi kerap merasa enak meluncur dari arah Tangkuban Parahu. Sebaliknya, pengendara sangat berat jika menanjak dari arah Ciater.
    Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pernah mengatakan akan mengevaluasi struktur jalan di Tanjakan Emen ini. "Saya khawatir mitos (tanjakan) Emen jadi bener, setiap tahun ada saja masalah di situ," kata Aher pada 18 Juni 2014 silam.
    Menurut Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Subang Ajun Komisaris Budhy Hendratno kondisi jalan yang yang dilalui bus pengangkut rombongan dari ciputat itu memiliki permukaan aspal hotmix yang bagus.
    "Jalan beraspal bagus, menikung dan menurun dari arah Bandung menuju arah Subang," ujar Budhy lewat keterangan tertulisnya Sabtu, 10 Februari 2018.
    Baca juga: Kecelakaan Bus di Tanjakan Emen, Korban Tewas 27, Luka 32
    Berikut daftar kecelakaan yang direkam Tempo di Tanjakan Emen:
    November 2004, tiga tewas
    Bus pariwisata asal Jakarta bernasib kurang beruntung di Tanjakan Emen. Setelah pulang dari arah Bandung, sopir bus tidak kuasa mengendalikan bus dan tergelincir kemudian terbalik. Diduga bus mengalami rem blong yang mengakibatkan tiga orang tewas dan belasan luka. Selain rem blong, kondisi ban bus sudah gundul.
    September 2009, tujuh tewas
    Medan berat Tanjakan Emen dirasakan warga Buaran, Serpong, Tangerang Selatan. Sebanyak 41 orang mencarter bus Parahyangan berwisata ke Tangkuban Parahu. Nahas, ketika pulang bus mengalami rem blong. Sempat menabrak sebuah mobil dan terguling beberapa kali. Tujuh korban warga Serpong itu tewas sementara belasan lainnya luka berat.
    Oktober 2011, tiga tewas
    Kecelakaan kali ini menimpa penumpang minibus pariwisata yang membawa wisatawan asal Belgia. Saksi mata melihat minibus sempat mengebut dari arah Tangkuban Perahu kemudian minibus oleng dan menabrak tebing. Tiga penumpang langsung tewas di tempat dan sembilan orang mengalami luka berat.
    Oktober 2012, empat tewas
    Bus Dian Mitra berjalan menurun dari Tangkuban Parahu ke arah Ciater. Waktu itu bus membawa sekitar 20 wisatawan asal Taiwan. Pukul 11.20 bus menabrak motor sehingga langsung membuat bus oleng dan menabrak tebing dan terguling menutupi jalan. Sebanyak tiga orang asing dan seorang pemandu wisata langsung meninggal. Korban lain sebanyak 26 harus dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung.
    Juni 2014, sembilan tewas
    Rombongan SMA Al Huda, Cengkareng, Jakarta Barat mengalami kecelakaan di Tanjakan Emen setelah bus yang mereka tumpangi terguling. Sebanyak 9 orang yang terdiri dari guru dan murid tewas.

Komentar • 67

  • Ryan Asulami
    Ryan Asulami 4 hari yang lalu

    inalilahiwaninalilhiroziuun

  • Kude Astor
    Kude Astor 5 hari yang lalu

    tanjakan emen taiiii endi s emena ku aing d ajak duel

  • sallas zarahman
    sallas zarahman 6 hari yang lalu

    udah tau banyak kecelakaan...dishub tak pernah membuat jalur alternatif...polantas nggak punya post jaga permanen di area tsb....
    kantor polisi dan puskesmas apalagi rumahsakit jaraknya sangat jauh...

  • ANDRA SPRAY INSULASI
    ANDRA SPRAY INSULASI 8 hari yang lalu

    Teknologinya salah, kakak saya pengendara motor dari lembang menuju subang

  • widia aliya
    widia aliya 8 hari yang lalu

    Innalillahiwainalilahirojiun... Kejadian'y og pas n bareng am kejadian d hongkong.. Dari tgl, hari, dan wkt/ jam yg sama.. D hongkong jg makan korban 19 jiwa meninggal dunia..

  • Tg Cilacap
    Tg Cilacap 8 hari yang lalu +2

    Jembatan paling Angker ADALAH SIROTOL MUSTAQIIM
    dan tempat paling Serem ADALAH ALAM KUBUR ' WASSLM

  • opok net
    opok net 9 hari yang lalu

    Aneh dunia sekarang,, banyak yg percaya mitoss,dan tahayull,, kecelakaan it terjadi bukan karna ada hantu /mintak tumbal,, tpi karna kelalaian supir ,,gk ad cerita bawa yg mati akan hidup kembali dan menghantui yg masih hidup,, dan semoga allah tebal kan iman kita,, cuma allah yg maha segalanya, buat yg meninggal semoga allah mengampuni dosa dan menerima amal ibadah nya amin,,, ingat jgn percaya dg mitos dan dunia gaip,,, cuma allah yg hrs kita percaya dan di takutti,, allahhuakberr

  • Exips official
    Exips official 9 hari yang lalu

    Bismillah 3x klo mau berkendara
    Insya Allah di lindungi Allah SWT

  • Kabarnesia
    Kabarnesia 9 hari yang lalu

    Semoga semua di tabahkan ❤😞

  • Koltongkoltongkoltong Koltongkolkontoltolkontol

    Tanjakan EMEN gk angker broo
    Tanjakan ENEN baru angker..
    1:1000 yg mau menajakinya..

  • Imam Jogja
    Imam Jogja 10 hari yang lalu

    Geometris jalannya perlu d perbaiki Kalau memang extrime

  • Rafie Julio
    Rafie Julio 10 hari yang lalu

    Klo memang angker apa gak bisa di pindah jalur jalan itu?

  • Mellanie
    Mellanie 10 hari yang lalu

    Kenapa kebanyakan, ganjil korban😭😭

  • Bang Ali Rjs
    Bang Ali Rjs 10 hari yang lalu

    Paket komplit sdh q tempel d channel agan..... Salam

  • Yhoelie Alvian
    Yhoelie Alvian 11 hari yang lalu

    astagfirullah....coba bongkar jalannya jangan menikung gitu

  • Jerry Mangkubumi
    Jerry Mangkubumi 11 hari yang lalu +1

    Saya Orang Subang.y jarang denger namanya kecelekan sampe tewas d tajakan emen itu paling juga luka ringaan kebanyakan pendatang she yg tewas seperti itu..
    Saran z klw lewat d tanjakan emen habis bada magrib jgn nyalain tlakson v maenin lampu deket-jauh z..insallah om selamat..
    Dan yg pasti.y sebelum brangat baca doa .. 😬

  • imam gubal
    imam gubal 11 hari yang lalu

    Itu turunan emen, bukan tanjakan emen

    • imam gubal
      imam gubal 11 hari yang lalu

      gyo semi itu kan posisinya lagi turun, berarti turunan kan

    • gyo semi
      gyo semi 11 hari yang lalu

      imam gubal ya kan kalo naik nanjak.begitu jg sebaliknya.klo turun.

  • raditya taufan
    raditya taufan 11 hari yang lalu

    Itu arah ciater ya kalo dari arah jalan cagak kasomalang??

  • Putra Bungshu
    Putra Bungshu 11 hari yang lalu +3

    Mana saya sering lewt jlanan tanjakan emen lagi.
    Yg mau liburan ke tangkuban perahu, ciater dri arah subang hrp hati2
    Yg pasti kmu akan diperlihatkn tugu mobil yg tak berbntuk. WASPADALAH........

  • Putra Sitorus
    Putra Sitorus 11 hari yang lalu

    tahayull.
    allah yg berkehedak.
    bukan si angker atau jin setan. karna jin dan setan dimana2 ada paham...

  • robi pasirera
    robi pasirera 11 hari yang lalu

    baru aja minggu kmren kecelkaan motor ,,,,skrg ada lagi :(

  • Dayang Nusakambangan
    Dayang Nusakambangan 11 hari yang lalu

    İtu hari pasti kecelakaan dn meninggal hari sabtu biasa minta korbam lgharusnya diyasinin massal

  • Rinrin Saharawati
    Rinrin Saharawati 11 hari yang lalu +2

    intinya.bukan tempatnya yg angker.tpi pengemudi.egk fokus.pgen cepet2.dan emng udah takdirnya.celaka.

  • Ricki Amri
    Ricki Amri 11 hari yang lalu

    Coba liat dua dunia-tanjakan emen idclips.com/video/5ruAb2gGZ3Y/video.html

  • Sulasih Sulasih
    Sulasih Sulasih 11 hari yang lalu

    Kenapa yaa gak di tutup aja udah banyak banget yg kecelakaan di situ. Cari tempat buat jln. Mudah2 ada cara lain. Kasian banget yaa alloh.

  • Alek  Kores
    Alek Kores 11 hari yang lalu +2

    Mudah*an setelah ini tidak ada lagi korban kecelakaan lagi amiin, dan semoga yang meninggal menjadi khusnul khotimah,

  • Halema Halema
    Halema Halema 11 hari yang lalu +1

    inalilahiwainalilahirozi'un...demi keselamat kita krna udh seringnya menelan korban knpa g di pindahin tuh jlan nya ....cari yg lebih aman tnjakn nya

  • rena aurelia devi
    rena aurelia devi 11 hari yang lalu +1

    setiap thn memakan korban

  • Sugy Anto
    Sugy Anto 11 hari yang lalu +1

    ikut berbela sungkawa yg Sedalam dalamnya,buat keluarga korban

  • Ade Supriatna
    Ade Supriatna 12 hari yang lalu

    dalam bentuk apapun kematian nya,itulah kehendaknya allah,

  • FARREL CHRISTOPHER
    FARREL CHRISTOPHER 12 hari yang lalu +8

    Ya Alloh,semoga dilapangkan khuburnya

    • Azka Agus
      Azka Agus 10 hari yang lalu

      FARREL CHRISTOPHER bang ente kan polis tolong usul kan pos polisi di daerah situ dan lampu kuning biar aman..

  • matahari dan bulan
    matahari dan bulan 12 hari yang lalu +1

    Hhh angker

  • Aura Cinta
    Aura Cinta 12 hari yang lalu +5

    Astgfirullah,,, Ko Angker yah, brrti ada yg minta tumbal tuh, semoga
    Amal ibadahnya dtrm d sisi Allah,,Amin merinding dgrnya,,,

    • Inara Dwi Nailab
      Inara Dwi Nailab 4 hari yang lalu

      Aura Cinta gdlpmpgireblp

    • Bhe Dhe
      Bhe Dhe 8 hari yang lalu

      inti ny 2 hal,1 supir/kondektur yg lalai+pngusaha po bus ntu sndiri yg lalai.... 2 mngkn ada makhluk ghoib yg jail

    • Muhammad Ilham
      Muhammad Ilham 10 hari yang lalu

      Aura Cinta haha ada lagi orang Yg kurang faham sama suratan takdir....orang yg mati itu ya udah ajal dan udah kodrat a beliau mati a di sana....

    • Koltongkoltongkoltong Koltongkolkontoltolkontol
      Koltongkoltongkoltong Koltongkolkontoltolkontol 10 hari yang lalu

      Aura Cinta anjay ada lagi dia

    • Ahmad Faozan
      Ahmad Faozan 10 hari yang lalu

      Itu bukan minta tumbal.kejadian itu terjadi karena bis gk laik jalan terutama rem.klo busnya gk ada masalah pasti aman2 aja.

  • Ardi Fai
    Ardi Fai 12 hari yang lalu

    Knapa harus di sensor,, kita juga pengen lihat korban dngan jelas,, emg lu doang

  • Rifa Fatahillah
    Rifa Fatahillah 12 hari yang lalu +9

    Innalillahi ya Allah lindungilah kami semua🙏 semoga yg mninggal khusnul khotimah dan kluarga yg dtinggalkan sabar dan tabah dbrikan kkuatan 🙏

  • Puput Lina Sari
    Puput Lina Sari 12 hari yang lalu +9

    smoga kita dlm lindungan nya. ya allah 😢

  • Soo Kim
    Soo Kim 12 hari yang lalu

    Yaa Alloh Robbi 😢😢😢

  • tiyon srby
    tiyon srby 12 hari yang lalu +8

    Semoga Pemerintah setempat memperbaiki Rambu Rambu nya dan mencari solusi keamanan agar tak terjadi lagi peristiwa tersebut..!! Semoga semua korban di terima Amal ibadah nya dan di tempat kan di sisi Tuhan YME tempat yg mulia. Amien.

  • Nha Oyes
    Nha Oyes 12 hari yang lalu

    setahun sekali di tanjakan emen

    • muhammad rifqi
      muhammad rifqi 12 hari yang lalu

      tiap tau emang ada kecelakaan disini tau lalu bulan september Elf kecelakaan tunggal disini sy liat sendiri

    • Ahli Micin
      Ahli Micin 12 hari yang lalu

      Nha Oyes masa?

  • Dunia dipatel Lele
    Dunia dipatel Lele 12 hari yang lalu

    Dukur minta bantuanya ya Subsback terimakasih

  • Pelangi Senja
    Pelangi Senja 13 hari yang lalu

    subang tanjakan itu emang angker..tmpat orng cari tumbal utk pesugihan🙈🙈👹👺