Tap to unmute

Debat Pelapor Gibran & Kaesang Vs Eko Kuntadhi, Cara Berpikir Pelapor Disebut seperti Kodok

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 17 Jan 2022
  • JAKARTA, KOMPAS.TV - Dosen UNJ, Ubedilah Badrun, menjadi sorotan publik setelah ia melaporkan dua anak Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep ke KPK.
    Keduanya dilaporkan terkait dugaan tindak pidana korupsi dan atau pencucian uang. Ubedillah menilai ada gejala yang aneh dari relasi bisnis Gibran dan Kaesang.
    Hal ini berawal dari dugaan kasus pembakaran hutan yang dilakukan anak perusahaan PT SM, PT BMH dan dituntut Kementerian Lingkungan Hidup Rp7,9 triliun pada 2015.
    Baca Juga Respons Gibran soal Suntikan Dana Bisnis Es Doger Rp71 M: Apa yang Salah? Uangnya Gak Masuk ke Saya di www.kompas.tv/article/252946/...
    Namun, Mahkamah Agung hanya mengabulkan ganti rugi sebesar Rp78,5 miliar. Ubedilah mengatakan kedua anak presiden ini mendapatkan dua kali kucuran dana dari perusahaan yang berafiliasi dengan PT SM.
    Total penyertaan modal yang didapat mencapai Rp99,3 miliar.
    Dalam program ROSI, Ubedilah sempat berdebat dengan Eko Kuntadhi yang juga mempertanyakan di mana letak gejala aneh dalam dugaan korupsi yang dilakukan oleh kedua anak Presiden.
    Artikel ini bisa dilihat di : www.kompas.tv/article/253052/...

Komentar • 3 841

  • naNanG H Hermawan
    naNanG H Hermawan 3 bulan yang lalu +434

    kenyataan dunia.. kebencian membutakan mata hati.. kalau sudah benci semua tindakan orang yang kita benci pasti salah dan harus salah

    • Bang Fen
      Bang Fen 25 hari yang lalu

      @Mutiara Nadita sekarang laoprannya sdh mulai dekat...๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    • Bang Fen
      Bang Fen 25 hari yang lalu

      @Roberta Simorangkir ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ sekarang laporan ini sdh mendekati....

    • Nurhayati 80
      Nurhayati 80 3 bulan yang lalu

      @Add Ppp pasti lagi mabok air gk jelas nih asal usulnya.

    • Doni raharjo
      Doni raharjo 3 bulan yang lalu

      Bukan masalah benci kkn tetap kkn , sekarang aja benci sudah di perlihatkan secara sistematis ingat loh alloh punya cctv bagaimanapun kpk harus proses ada orang melapor harus di bongkar karena anyir.....

    • Renggo Boreng
      Renggo Boreng 3 bulan yang lalu

      dengan kata lain iri tak bearkhir ...

  • MG FARM
    MG FARM 3 bulan yang lalu +17

    Jika semua tuduhan yg Ubaidillah tidak terbukti saya berharap dia di kenakan sangsi hukum atas pencemaran nama baik dan fitnah.. Terimakasih

    • Niya Ranih
      Niya Ranih 12 hari yang lalu

      ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Saleh Hambali
    Saleh Hambali 3 bulan yang lalu +16

    Siapa pun yg koroptor mau ank pejabat ato pejabat, kalo terbukti hukum harus di tegakn seberat,, nya biar Indonesia adil Makmur Aamiiin3x,

  • Fadli Fad
    Fadli Fad 3 bulan yang lalu +26

    Yang namanya korupsi harus ditegakkan tidak pandang bulu sudah wajar KPK memanggil siap pun yang tinggal di Indonesia apalagi yang punya jabatan dan istri lagi anak nya....
    Semoga Indonesia makmur..

    • Kasep Sakedik
      Kasep Sakedik 7 hari yang lalu

      Klo lapor doang tp ga cukup bukti buat apa? Hrs cukup bukti dulu dong.

    • Kim Joong Un
      Kim Joong Un 2 bulan yang lalu +1

      @Alang virgyawan ya tangkep... Ngapain repot2 ....

    • Alang virgyawan
      Alang virgyawan 2 bulan yang lalu

      @Kim Joong Un trusss... seandainya kalo terbukti lo akan bilang apa ๐Ÿคฃ

    • Kim Joong Un
      Kim Joong Un 3 bulan yang lalu +1

      @Alang virgyawan lah emang takut? Silahkan laporkan orang udah ditunggu.... Tinggal buktikan saja toh?? Kalo GK kebukti nanti jgn salahkan KPK nya ... Nanti bilang KPK pro rezim lah ... ๐Ÿ˜‚

    • Alang virgyawan
      Alang virgyawan 3 bulan yang lalu

      @Kim Joong Un kalo gak bersalah ya gak usah takut dilaporin ๐Ÿ‘Œ

  • BOB's
    BOB's 3 bulan yang lalu +10

    Sayang sekali dosen ahli universitas negeri tp berpendapat hanya dgn asumsi dan tuduhan tanpa mengetahui dan mengikuti perkembangan dunia bisnis terbaru dan mencurigai tanpa data hanya berdasarkan ketidaksukaan dan sinisme saja๐Ÿ˜“
    Sayang sekali...๐Ÿ˜”

  • FISHING Pinggiran
    FISHING Pinggiran 3 bulan yang lalu +91

    Sudahlah.. apa yang sudah benar tidak usah dijadikan salah, dan apa yang salah jangan dijadikan benar. Banyak pahlawan" negara rela kehilangan nyawanya merebut kemerdekaan negara ini. Agar generasi penerus bangsa tidak terlalu susah payah meneruskan perjuangan mereka tanpa harus kehilangan nyawanya. Tinggal nerusin semangat seperti pahlawan negara ini apa susahnya sih? Hargailah perjuangan mereka dengan cara melakukan hal yang benar saling bahu membahu bersama membangun negara ini dimasa sekarang dan mendatang.

    • Siti Rochajah
      Siti Rochajah 3 bulan yang lalu

      @Tasiah Aja wH?

    • Tasiah Aja
      Tasiah Aja 3 bulan yang lalu

      @Vivo Y33 maling nya berjamaah ....dan pny kekuatan ....yg mo nangkep ....anak buah nya maling ....jadi bingung ๐Ÿคฆ๐Ÿคฆ

    • Vivo Y33
      Vivo Y33 3 bulan yang lalu +3

      Saling membahu dalam korupsi..maling itu gak usah di bela..dipentung saja.atau dipotong tangannya.. yang membelah maling pasti hobinya sama maling.

    • Muhamad Zulfikar
      Muhamad Zulfikar 3 bulan yang lalu

      @rahmad mulyantono maksud yg gk nyabungny apa

  • Riandika Sahari
    Riandika Sahari 3 bulan yang lalu +7

    Kalau ada indikasi seharusnya bisa di selidiki, dan disampaikan kebenaran di lapangan baru profesional..๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž

  • Anton Sudianto
    Anton Sudianto 3 bulan yang lalu +5

    Kita lihat saja di pengadilan apakah ini hoax atau tidak ,kita punya hak juga tuk menuduh orang ,tapi klo tanpa bukti maka akan menajdi Boomerang ๐Ÿ™

  • Kopi Geseng
    Kopi Geseng 3 bulan yang lalu +8

    Kebencian membutakan hati,,, menciptakan fitnah

  • boedak sunda official
    boedak sunda official 3 bulan yang lalu +2

    kita sebagai rakyat hanya bisa menunggu peroses ini, benar dan salah kita lihat sama2 di akhir.

  • AGAMERS CHANNEL
    AGAMERS CHANNEL 3 bulan yang lalu +5

    Saya sangat mempertanyakan soal dia Sebagai Dosen, dr cara berpikir dan penyampaian yg berbelit belit.... sungguh miris ternyata Title tdk menjamin kualitas seseorang

  • isa ansori
    isa ansori 3 bulan yang lalu +7

    Siapapun yang salah harus di proses hukum ,

  • Tas Bonua
    Tas Bonua 3 bulan yang lalu +1

    Buktikan saja kalau tidak Ada KKN, jangan gunakan buzzer utk mematikan akal sehat.
    KPK harus bergerak dan.lakukan kerja yg benar.

  • andy lau
    andy lau 3 bulan yang lalu +1

    Allah Maha Adil, yg korupsi juga nanti bakal dapat hukuman dunia dan akhirat, apalagi kalau dia sudah disumpah si bawah kitab suci. Yuhyuh

  • Muthohar Uddin
    Muthohar Uddin 3 bulan yang lalu +140

    Jelas bahwa pangkal masalahnya adalah kebodohan (ketertinggalan cara berpikir bisnis) dan prasangka buruk

    • Renggo Boreng
      Renggo Boreng 3 bulan yang lalu +1

      menduga itu cuma dalam hati bila sdh dilontarkan dgn kata kata itu termasuk fitnah ...

    • Nur Aisyah
      Nur Aisyah 3 bulan yang lalu

      @Tasiah Aja Sampiyan ngomong kayak gak punya konsep konteks...,yg penting nyeletuk...,kayak kebiasaan panasbung... ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ™๐Ÿ™โค๏ธโค๏ธ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

    • Tasiah Aja
      Tasiah Aja 3 bulan yang lalu

      @Nur Aisyah nur ....artinya cahaya ....ternyata sekolam juga ....

  • Abdul Karim
    Abdul Karim 3 bulan yang lalu +36

    Apabila anda sedang melaporkan tindak kejahatan tetapi anda diperlakukan seperti penjahat maka anda sedang hidup di negeri penjahat...

    • Sugi yarno
      Sugi yarno 3 bulan yang lalu

      @Abdul Karim ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ...lebih baik main dikubangan tapi otak waras cara berpikirx...

    • Abdul Karim
      Abdul Karim 3 bulan yang lalu

      @Sugi yarno kamu sih mainnya kurang jauh, jangan main dikubangan doang dong ๐Ÿ˜€

    • Sugi yarno
      Sugi yarno 3 bulan yang lalu

      @Abdul Karim ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚...kebalik coyy.....mana ada ngelaporin orang kok modalx cuma asumsi/dugaan...jauhhh

    • Abdul Karim
      Abdul Karim 3 bulan yang lalu

      @Sugi yarno semoga akal sehatmu segera pulih... Kasihan otak kodok terlalu mudah dibohongin dan dibodohin.

  • Mas Huri
    Mas Huri 3 bulan yang lalu +4

    Tolong. Di aamiin. Org yg korupsi org yg zalim org yg mendukung barang yg salah. SEMOGA ALLOH MENURUNKAN AZABNYA .YA ALLOH TUNJUKAN KEKUASAANMU BUKTIKAN .TURNUKAN AZAB BUAT ORANG ZALIM KORUPSI PARA PENDUKUNG 2 ORG SALAH. AAMIIN

    • koko adi
      koko adi 3 bulan yang lalu

      Tolong diaminin jga yang iri dengki penyebar fitnah kena azab pedih

  • toehoe official
    toehoe official 3 bulan yang lalu +2

    biarlah semua bergulir, nanti ada kebenaran yg maha benar, percuma debat di ruang publik. kompas cari rating aja.

  • ridwan nardiyah
    ridwan nardiyah 3 bulan yang lalu +2

    Dunia ini panggung sandiwara
    Hanya hati kecil yg bersih yg bs meraba alur cerita kmn arah tujuan sang pembuat berita..

  • Rukmin Ibrahim
    Rukmin Ibrahim 3 bulan yang lalu +82

    Semoga Allah memperlihatkan yg benar tetap benar dan salah tetap salah amiiin ya robbalalamin

  • Gani Askhara
    Gani Askhara 3 bulan yang lalu +13

    Ini Dosen atau mahasiswa yg sedang bikin rumusan tesis....?? Karena argumen2 si Ubed masih sebatas hipotesa dlm sebuah dugaan tanpa bukti konkrit.

    • Gani Askhara
      Gani Askhara 2 bulan yang lalu

      @Nandang Faturohman Loo konslet juga, Ini laporan resmi. Masuknya delik aduan,setiap pelapor wajib menyertakan bukti laporan. Skrg gini aja...gw laporin bapak luuu maling motor, dan membunuh. Kl di tanya bukti biar aja polisi yg cari. Tangkap aja dl buktinya cari kemudian,itu logika kamu konslet dan gak mikir.

    • Nandang Faturohman
      Nandang Faturohman 2 bulan yang lalu

      Yg harus buktiin itu KPK, bukan UBED

    • intan gayatri087
      intan gayatri087 3 bulan yang lalu

      Benar sekali, kayak Masih kuliah, keganjilan d dugaan, tanpa bb lapor ke KPK.

  • penghuni pulau napi
    penghuni pulau napi 3 bulan yang lalu +6

    semoga yg salah dilaknat bersama dengan pendukungnya

    • white rascals
      white rascals 3 bulan yang lalu

      Bersama penduduknya ๐Ÿ˜‚ ๐Ÿ˜‚

  • Al Ka
    Al Ka 3 bulan yang lalu +2

    Si bapak kesulitan ngomong krn hrs memilah kata2 yg pas. Laporan yg d kirim k KPK sdg tahap penyidikan. Jadi belum boleh mengeluarkan statement.

  • Icang Simanungkalit
    Icang Simanungkalit 3 bulan yang lalu +7

    Tadinya saya dukung Ubedillah, tapi sekarang malah terlihat aneh.
    Dosen ini gak nyambung dan bingung sama pernyataannya sendiri.
    Ternyata semua hanya imajinasinya saja. Saat siapapun bisnis legal dan terbuka, gak ada nepotisme di situ. Waktu jaman Orba dia ke mana ya?

  • yayak soeyatno
    yayak soeyatno 3 bulan yang lalu +73

    Orang yang selama ini Terima amplop dari pemerintah yg korup, kemudian tidak lagi menerima amplop dari pemerintah yg bersih dari korup.
    Orang orang yang seperti ini adalah penghancur bangsa.

    • Suryanto Anto
      Suryanto Anto Bulan Yang lalu

      @Dinah Cilacap mas eko itu sangat jujur

    • Fadli Fadli
      Fadli Fadli 3 bulan yang lalu +1

      Bersih ๐Ÿ˜€

    • Dinah Cilacap
      Dinah Cilacap 3 bulan yang lalu +2

      Sudahlah tangkap saja si EKO KUNTADI karena dia adalah dedengkot koruptor.

    • capek deh
      capek deh 3 bulan yang lalu

      wkwkwk lebay

  • Thor Odinson
    Thor Odinson 3 bulan yang lalu +2

    Ini dosen loh, sumpah gini pola pikirnya!??
    Pola pikir cenderung bulat dan muter.
    Dia ga bisa jelasin awal tengah dan akhir.
    Ini contoh Bukti evolusi manusia berjalan mundur!!

  • FERDINANDUS WOSO
    FERDINANDUS WOSO 3 bulan yang lalu +28

    K Rossy mungkin menganggap apa yg di sampaikan tidak menjawab pertanyaannya......jadi argumen dari k Rossy kesannya seperti membela atau berpihak pada salah satunya.... dan jujur terlepas dari benar atau tidak dia menjawab, cara bicaranya seperti anak SMP jawab pertanyaan gurunya๐Ÿคฃ

    • Black_oriental
      Black_oriental Bulan Yang lalu

      Acara opo iki..

    • KING ELANG
      KING ELANG 3 bulan yang lalu

      @Intens Cahaya lo yang ga ngarti

    • nasrullah Nasrul
      nasrullah Nasrul 3 bulan yang lalu

      Ingat mata nujua tutup Karena...?
      Dan ingat acara ini ada karena...?
      Yg nanyaknya kelihatan Kali, gak provisional, tetap bak nana yg masik dipercaya, bos besar saja di seleding walau acaranya menghilang

    • Apas MM
      Apas MM 3 bulan yang lalu +2

      Rosi itu miderator atau apa?

  • VFV vlogerfoodvacation
    VFV vlogerfoodvacation 3 bulan yang lalu

    Semoga alloh membuka hati orang2 yg iri dan dengki

  • Saya Ernita
    Saya Ernita 3 bulan yang lalu

    Allah Maha Tau.. semoga Nepotisme di beri ganjaran setimpal..!!!

  • IS TV
    IS TV 3 bulan yang lalu +9

    Pewawancara hrs netral jangan cenderung membela salah satu pihak ingat rakyat dan negara sdng dlm kondisi kurang baik semoga anda adil dan bijak dlm mengungkap fakta

  • GOOD Nugroho
    GOOD Nugroho 3 bulan yang lalu

    Gk usah takut bang yg penting ada datanya,org kalau sudah fanatik kadang akal sehatnya hilang

  • GAMERS SEJATI 25
    GAMERS SEJATI 25 3 bulan yang lalu

    Hukum karma dan hukum alam semesta itu cepat berlaku untuk semua mahluk,berpikir negatif akan menghasil kan hidup negatif(rezeki seret),berpikir positif

  • rai Kamasan
    rai Kamasan 3 bulan yang lalu +1

    Tunjukkan faktanya dan laporkan ke KPK. Jangan dugaan saja yg dibawa ke ruang publik. Pantaslah orang ini dilaporkan ke KPK dan diproses sesuai hukum yg berlaku.

  • tan lie hian
    tan lie hian 3 bulan yang lalu +1

    Waktu akan membuktikan benar atau salah seseorang klau tak di intervensi pihak lain ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

  • Sudarwati Sudarwati
    Sudarwati Sudarwati 3 bulan yang lalu

    Orang yg udah sakit hati jg iri akan selalu menyalah kan kesuksesan dan keberhasilan lawannya

  • Mas Huri
    Mas Huri 3 bulan yang lalu

    Org yg ber usaha utuk membenarkan barang yg salah.saya do,a kan biar yg duburnya keluar matanya buta. Aamiin seluruh Indonesia harus aamiin wajib

  • rofiih marsito
    rofiih marsito 3 bulan yang lalu

    Buktikan secara hukum dong.. Siapapun yg di duga melakukan pelanggaran harus proses dg hukum lah. Hadapi saja hukum, kok repot sih.

  • Bani Borneo
    Bani Borneo 3 bulan yang lalu +23

    Menurut saya debat2 beginian tidak ada manfaatnya.... cukuplah aparat penegak hukum bertindak jujur, jalankan dengan benar dan keadilan ditegakkan. Jatuhkan hukuman sesuai aturan dan undang2 yang berlaku di negeri ini.

    • Bani Borneo
      Bani Borneo 3 bulan yang lalu

      @Drs. Sukiran.yaa....๐Ÿ˜ mestinya PENEGAK HUKUM kita seperti itu, tapi apakah PENEGAK HUKUM dinegeri ini sudah seperti itu....Mudah-mudahan sudah, kalau belum juga gampang koq, kalau mereka mau, tidak.ada yang susah bagi mereka.

    • Drs. Sukiran.
      Drs. Sukiran. 3 bulan yang lalu +2

      Ya kalau melaporkan harus ada bukti permulaan yg cukup, data yg kuat... kalau cuma katanya katanya terus penegak hukum suruh menindak lanjuti ya bisa smaput penegak hukum ya.
      Ini sepertinya si ubed lg cari sensasi mungkin gara2 gak bisa naik pangkat.

    • Bani Borneo
      Bani Borneo 3 bulan yang lalu

      @mochie owelita Kalau begitu, harusnya kalau ada pelapor korban perampokan di ajak debat aja sama korban perampokannya. biar pintar para penontonnya, gak perlu sekolah lagi. cukup nonton drama saja

    • mochie owelita
      mochie owelita 3 bulan yang lalu +1

      Justru biar jelas n pinter yg nonton

  • Sudar Sudar
    Sudar Sudar 3 bulan yang lalu

    Seharusnya kalau ada keganjilan2 jangan dulu melaporkan sebelum betul2 mendapatkan bukti yg akurat

  • Asep Buchori
    Asep Buchori 3 bulan yang lalu

    10 taun ini bisa d beda kan nya
    Mana masyarakat pintar mana penjilat.
    Sekian

  • Aep Saepudin
    Aep Saepudin 3 bulan yang lalu

    Periksa aja oleh KPK...percuma di debatkan.......benar salah nya hukum yg memutuskan bukan pembicara

  • Supandi Pandi
    Supandi Pandi 2 bulan yang lalu

    ngrhabis2 waktu aja nuduh tanpa bisa membuktitan.orng benar ttp benar walau d bolak balik di cari kesalahan..

  • Edmondus Luhat
    Edmondus Luhat 3 bulan yang lalu +147

    Kaitan korupsinya dari haluuusinasi, dan berhalusinasi.

    • lemons cell agen
      lemons cell agen 2 bulan yang lalu

      Lebih hebat netizen deh mpe kiamat๐Ÿ˜‚

    • Hai Hai Hai
      Hai Hai Hai 3 bulan yang lalu +1

      @Siwie Pambudhi klo asbun bisa jd pencemaran nama baik loh

    • Tukijan Si Anak Konglomerat
      Tukijan Si Anak Konglomerat 3 bulan yang lalu +2

      @Topan Wibowo jangan hoaks aja loe dek topan!

    • Topan Wibowo
      Topan Wibowo 3 bulan yang lalu

      Emg terjadi bro..bansos aj udh terbukti.

    • Siwie Pambudhi
      Siwie Pambudhi 3 bulan yang lalu +3

      Kalo seperti ini caranya, gue gak yakin KKN di Indonesia bisa cepat beres dan tuntas
      1 pelapor kasus KKN di keroyok rame rame sama warga Indonesia sendiri
      Pelapor kasus KKN
      ๐Ÿ”ฅDi salahkan pola pikirnya
      ๐Ÿ”ฅDi salahkan anggota partai politik tertentu
      ๐Ÿ”ฅDi salah salah in kurang bukti

  • Petrus S Widodo
    Petrus S Widodo 3 bulan yang lalu +7

    Intinya adalah: laporan ini tanpa bukti yg jelas, lapiran tanpa unsur penyelidikan terlebih dahulu.... Lalu hanya dari pikiran 1 orang yg hanya menduga-duga, lalu sudah melaporkan dugaannya.. ๐Ÿคฃ bukankah itu fitnah namanya...?? Ketika seseorang menduga bahwa motornya ilang di curi tetangganya lalu dia melaporkan tetangganya tersebut, itu namanya pencemaran nama baik & fitnah..!!!!

  • Bamz Radcliffe
    Bamz Radcliffe Bulan Yang lalu

    Pantes skrg Mahasiswa kadang di bilang "Mahasewa", Dosennya aja begini ๐Ÿคฃ

  • Indra Pranata
    Indra Pranata 3 bulan yang lalu

    Dosen Cari panggung.. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
    Kalau dose nya cara pikirnya gemana dengan cara pikir mahasiswanya?

  • NAGITA SLALINA
    NAGITA SLALINA 3 bulan yang lalu

    "Masa anda sebagai seorang jurnalis gak tau berita berita seperti ini Rossy" ~ Rocky Gerung

  • JAVACUISINE
    JAVACUISINE 3 bulan yang lalu +62

    Sekarang dunia berbisnis lewat digital itu susah dimengerti oleh orang2 awam yg kurang memahami dunia bisnis modern yg bisa membawa naik melejit investasi mereka, sehingga yg kurang mengerti bisa meraba2 klo itu bisnis aneh tapi sebenarnya itulah yg terjadi dlm berbisnis modern dimasa kini.

    • Kasep Sakedik
      Kasep Sakedik 7 hari yang lalu

      Ubedilah ga ngerti startup taunya sakit hati doang.... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    • FUAD TAMPAN
      FUAD TAMPAN 3 bulan yang lalu

      @Tommy ZRP itu kan korupsi apbdn ,la ini bisnis sendiri di kira korupsi ๐Ÿคฃ

    • FUAD TAMPAN
      FUAD TAMPAN 3 bulan yang lalu +1

      seperti IDclipsr yg tiba2 kaya , orang mengira cuma tidur di rumah ,ada tu kontennya

    • Tommy ZRP
      Tommy ZRP 3 bulan yang lalu +1

      @JAVACUISINE Klo korupsi dari keluarga pemenrintahan jaman orba klo diviralin ya bklan tinggal namanya bro. Hari ini laporan...bsk ada sdh ga ada org dg nama yg di sandang dari lahir. Penak jamanku biyen to .. itu slogan penutupnya...

    • JERICHO3
      JERICHO3 3 bulan yang lalu +5

      @Bang Muji benar ๐Ÿ‘ jangan gentar ubed dan yakinlah anda pasti nyungsep ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

  • Fransiskus Widjanarko
    Fransiskus Widjanarko 3 bulan yang lalu

    Kebencian itu.. Asal ngomong itu uang mereka kenapa dibilang Korupsi? Sekarang yg bayar anda ngomong gitu siapa? Gak Ada bukti kok berani

  • Hermin Susanty
    Hermin Susanty 3 bulan yang lalu +2

    Menyimak argumen ini, ampun ternyata Dosen ini dedel total ....

  • RDNOACH MANDARISMAN
    RDNOACH MANDARISMAN 3 bulan yang lalu

    Sama2 buktikan didepan meja hijau.... .Biar kelihatan mana yg benar atau salah ,masing2 beetanggung jawab atas tindakannya.

  • Hemmy H Qushoy
    Hemmy H Qushoy 3 bulan yang lalu +1

    Blom apa2 udah ribut !! Tunggu aja , kan semua juga ada prosedurnya !! Media massa skrg banyak yg SOK TAU , SOK HEBAT ! Pdhl bnyk rakyat biasa yg JAUH LEBIH TAU & LEBIH HEBAT !!

  • Suparno Parno
    Suparno Parno 3 bulan yang lalu

    In low ak lihat,kayaknya dosen in,kata"nya penuh kebohongan,dan sepertinya nich dosen,kayak menanggung beban ๐Ÿ™

  • Azizah Muhtar
    Azizah Muhtar 3 bulan yang lalu

    Kalo sudah benci ya semua serba salah g ada yg bener

  • Made Suastika
    Made Suastika 3 bulan yang lalu

    Dugaan vs realita=mencari kebenaran masing2

  • Mr. NEGA / BOS KUNCI
    Mr. NEGA / BOS KUNCI 3 bulan yang lalu

    Ubet x KPK x Gibran x Opini Hukum x
    Media Pers maenstream/online x Stok Ilmuan Hukum : Temukan waktu Salah benar Adalah Tujuan Panglima Hukum Untum Keamanan Membangun Struktur Indonesia

  • Dadan Cimaragas
    Dadan Cimaragas 3 bulan yang lalu +39

    Setiap warna negara berhak melaporkan ,indikasi korupsi,dan semua itu dibuktikan di KPK

    • Bekti Vm
      Bekti Vm 3 bulan yang lalu +3

      Kalau tuduhannya benar silahkan laporkan,ini kegoblokan dan kedunguan ubed yg ingin nge top
      Ada orang menanamkan modal ke perusahaan gibran dan kaesang apa salahnya

  • Nur Kahandik
    Nur Kahandik 3 bulan yang lalu +1

    Masalahnya masi banyak rakyat indonesia yg buta hukum walaupun itu dosen seperti ubadillah

  • Fakta Menarik
    Fakta Menarik 3 bulan yang lalu

    Kok semakin lama dengar penjelasannya kok kayak semakin ngejelasin kebodohannya dan kebenciannya..
    Pembuktian korupsi kok pakai asumsi, tp bukan bukti...

  • Darman Lubis
    Darman Lubis 3 bulan yang lalu

    Korupsi = ada yang dirugikan + ada yang diuntungkan....kemudian ada angka/nilai...bukan asumsi yang dikait kaitkan

  • MR POCONG
    MR POCONG 3 bulan yang lalu

    Semoga yang korup binasa dunia akhirat

  • Akhmad Fharoujk
    Akhmad Fharoujk 3 bulan yang lalu +87

    DUGAAN adalah hak Polisi menstatuskan, atas laporan aduan tindak pidana disertai 2 alat bukti, pelapor tidak berhak melapor dalam dasar dugaan tanpa alat bukti, itu namanya fitnah bosssss

    • Bamz Radcliffe
      Bamz Radcliffe Bulan Yang lalu

      @jagal costum bukan PKS kalo gak lucu ๐Ÿ˜‚

    • ExJo
      ExJo 3 bulan yang lalu

      Saya juga bingung di bilang pintar tapi kok kayak gitu..
      Melaporkan tanpa bukti dan saksi.
      Kayak mana kalau Ubed ini di laporkan di diduga membunuh, memperkosa, mencuri, dll. Apa ngk capek Ubed ini akan nemui polisi sana sini... Apa ngk capek polisi periksa si Ubed setiap hari. Itulah pentingnya ngelaporkan seseorang dengan bukti dan saksi.

    • Ferdinand Banoet
      Ferdinand Banoet 3 bulan yang lalu +1

      @Siwie Pambudhi sakit hati yah

    • Ferdinand Banoet
      Ferdinand Banoet 3 bulan yang lalu +1

      Memalukan sekali cara berpikirnya seorang Dosen di kampus ternama

  • Marsam Pandan
    Marsam Pandan 3 bulan yang lalu

    Langsung saja biar diatasi dan diusut oleh KPK,

  • Heru Suprapmoko
    Heru Suprapmoko 3 bulan yang lalu

    Ajang cari muka membela anak penguasa. Harusnya biar KPK yg menjalankan fungsinya tuk menyelidiki terbukti tidaknya.

  • Adiva mikayla azzahra
    Adiva mikayla azzahra 3 bulan yang lalu

    Bisa melaporkan hanya karna dugaan dan tidak ada bukti sama sekali wah makin hebat ini orang,lgsg kasih kpk PR gitu ,ya ampun pak mending cari kasus laporkan yg emg sudah fakta korup,jgn org yg gk korup di giring opini publik seolah2 korup,kebencian itu memang buta๐Ÿ™

  • Arsanto Susanto
    Arsanto Susanto 3 bulan yang lalu

    Katakanlah hai anak bangsa indonesia bahwa yg bathil itu bathil dan yang haq itu haq jangan kau balik karena kesenangan dan kedekatanmu karena sesuatu.

  • Before After
    Before After 3 bulan yang lalu

    Pembawa acara lebih mengerti permasalahan, dari pada nara sumber ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

  • ellyazer pada
    ellyazer pada 3 bulan yang lalu

    Ubedilah otaknya kacau... Kasihan sekali ya kalau anak pejabat sama sekali tidak boleh berbisnis dan bekerjasama dengan suatu pihak/kelompok bisnis... Tidak heran orang PKS selalu iri hati...

  • Hotline ISS Indosat Regional
    Hotline ISS Indosat Regional 3 bulan yang lalu +2

    Eko perlu di pertahankan,karena kerjanya bagus..๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

  • Hendra Setyawan
    Hendra Setyawan 3 bulan yang lalu

    kalo hanya dugaan kenapa anda melaporkan, dugaan bisa dilontarkan ke publik untuk masyarakat, biar diambil kesimpulan sendiri, karna itu belum tentu valid, ucapan juga cocoklogi kok merintah sana-sini untuk meriksa

  • Candra Susetyo
    Candra Susetyo 3 bulan yang lalu +40

    Yang gak berakal sehat vs akal sehat

  • Rouf Burjamhal
    Rouf Burjamhal 3 bulan yang lalu +1

    Kalau tak paham ilmu ekonomi dan cara berbisnis, jangan gunakan cara politis untuk menduga ๐Ÿ˜‚
    Justru saya makin penasaran siapa yang ada di belakang anda?!

  • Ferdinand Banoet
    Ferdinand Banoet 3 bulan yang lalu

    Hahahaha sangat memalukan karakter seorang Dosen model kek gini๐Ÿคฎ๐Ÿคฎ๐Ÿคฎ๐Ÿคฎ

  • Keluarga Alkije Bintan, Kepri
    Keluarga Alkije Bintan, Kepri 3 bulan yang lalu

    Kalau kita mau jujur tanpa sentimen politis suka atau tidak suka secara awam hal ini memang sangat janggal dan tidak wajar.apalagi kita tau negeri ini masih subur KKN

  • Miftahul Jannah
    Miftahul Jannah 3 bulan yang lalu

    4:26 yang aneh itu sampean.. katanya dosen pake penjelasan teoritis, tuntutannya gak masuk akal

  • Eagle Eyes
    Eagle Eyes 3 bulan yang lalu

    sy bingung bukankah korupsi itu artinya penyelewengan dana atau anggaran yg merugikan negara atau perusahaan.
    nah yg dilaporkan itu kok gk ada hubungannya dgn "korupsi" ya?
    apakah bisa melaporkan seseorang dgn dugaan tindak KKN menggunakan hipotesis yg cma cuma menghubungkan gejala atau fenomena???? ๐Ÿ˜ณ

  • Tuti Susilawati
    Tuti Susilawati 3 bulan yang lalu +2

    Terimakasih atas pencerahannya jadi faham sekarang

  • Aisyah formosa official
    Aisyah formosa official  3 bulan yang lalu

    org yg mau menjatuhkan kan org lain dg cara apa pun itu .jika suatu saat terbukti yg korupsi itu pelapor gimana kira2 malu gak,tidak jlas

  • Maindra Dinata
    Maindra Dinata 3 bulan yang lalu

    Susah klo msalah sm pnguasa.. Tidak akn menang

  • Asep Dani
    Asep Dani 3 bulan yang lalu +28

    PROSES HUKUM ITU HARUS BERJALAN TANPA INTERVENSI.....
    Siapapun KEDUDUKANNYA SAMA DIHADAPAN HUKUM, Semoga KEADILAN HADIR TANPA PANDANG BULU, TANPA DI BELA, adapun KORUPSI yang terjadi di Indonesia banyak dilakukan oleh PEJABAT DAN KRON

  • pemadh gaming
    pemadh gaming 3 bulan yang lalu

    melaporkan seseorang atas dasar dugaan ..... ketika dilaporkan mungkin diduga akan teriak" REZIM anti kritik

  • wira wirantono
    wira wirantono 3 bulan yang lalu

    ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐ŸคฃBak dagelan bangsa ini... nyata.. menggelikan๐Ÿ˜

  • lovina prasetya
    lovina prasetya 3 bulan yang lalu

    KAMI MENGUMUMKAN KEPADA SELURUH WARGA UNTUK TIDAK MEMPERPANJANG IPT - IPR DAN TIDAK MEMBAYAR RETRIBUSI KEPADA PEMKOT SURABAYA, JANGAN BAYAR MAFIA TANAH YANG DILAKUKAN PEMKOT SURABAYA.

  • lovina prasetya
    lovina prasetya 3 bulan yang lalu

    KAMI MENGUMUMKAN KEPADA SELURUH WARGA UNTUK TIDAK MEMPERPANJANG IPT - IPR DAN TIDAK MEMBAYAR RETRIBUSI KEPADA PEMKOT SURABAYA, JANGAN BAYAR MAFIA TANAH YANG DILAKUKAN PEMKOT SURABAYA.

  • bunda neni
    bunda neni 3 bulan yang lalu +62

    Tuntut balik klw memang gak ada bukti. Hukum sberat beratnya. Rakyat mana yg merasa diresahkan???

    • Anwar Syafiq
      Anwar Syafiq 3 bulan yang lalu

      @Bang Muji kebenaran yang mana

    • Fahri Akbar
      Fahri Akbar 3 bulan yang lalu

      Posisi netral aja bro,tapi kalo di lihat komentar Joman itu terlihat sekali fanatiknya nggak mendukung kinerja KPK,,pak Ubed belum tentu benar tapi tidaklah salah dengan hak"nya sebagai warga negara Indonesia.

    • Agung Nugroho
      Agung Nugroho 3 bulan yang lalu

      @Lolytha14 Gibran jadi gubernur mana?emang bisa daftar gubernur langsung diangkat??

    • Fahri Akbar
      Fahri Akbar 3 bulan yang lalu

      @Prasetyo Santoso makanya kalau anda NKRI ya serahkan saja pada ahlinya,,kita saling komen itu jangan saling menutupi biar itu sanjunganmu ya,,kita harus netral ya boss kalo pak Ubed salah y biarkan di laporkan balik dan di hukum sesuai undang" yg berlaku๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

  • dedi handoko
    dedi handoko 3 bulan yang lalu

    Carilah wakil rakyat yang kaya dari keturunan/kaya dari keluarga,sehingga bisa menggunakan jabatan dengan benar,membantu orang miskin, memperdulikan rakyat ke timbang urusan pribadi,,ingat kaya hati kaya harta bawaan,kaya sosialisasinya,itu pemimpin/wakil rakyat yang akan merubah Indonesia yang lebih baik,

  • Roy Maristha
    Roy Maristha 3 bulan yang lalu +1

    Ini yg namanya,,, kebencian hati membuat bodoh pikiran... Melainkan penilaian subyektif tidak objektif

  • ๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”
    ๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค” 2 bulan yang lalu

    ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ
    Yg jd pertanyaan sya,dosen kok ky gtu???gmn ngajar mhsiswa'a???mau jd ap ngra ini klo dosen'a ky gtu

  • Sukri Ana
    Sukri Ana 3 bulan yang lalu

    Jngan mundur pak eko.allah bersama mu.

  • ALI ZIDAN KEREN
    ALI ZIDAN KEREN 3 bulan yang lalu

    Pelapor takut2 jadi nya belepetan ngomong, coba kalau emng udah jago jangan ditahan omongan nya, plonk aja mas biar dikira gak kayak kodok.. Kalo anda ragu jangan jadi pelapor lebih baik jadi pelopor.

  • sylvester hasdy
    sylvester hasdy 3 bulan yang lalu +9

    Gw pingin ketawa denger penjelasan ini dosen, cocokology emang mantep ๐Ÿ˜Ž

    • Nandang Faturohman
      Nandang Faturohman 2 bulan yang lalu

      Buat sy sih JELAS, jelas posisi ROSSI dimana? Posisi Eko dimana? Posisi UBED dimana?

    • BREMA sitepu palembang
      BREMA sitepu palembang 3 bulan yang lalu

      Ketawa aja bro..
      Mumpung msh lucu...
      Nanti kalau si dosen masuk sel..
      Jd sedih cerita nya

    • Thrust
      Thrust 3 bulan yang lalu

      Dosen kok ngomongnya blepotan gak jelas ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  • Rebo kliwon
    Rebo kliwon 3 bulan yang lalu +3

    Hayo Bran maju terus sampai mana keberanianmu..kita orang awam mau dengar juga kekayaan yg didapat, jika tidak terbukti kamu bisa tuntut balik. Mudahan penyidik tetap tegak lurus independen setidaknya penyidik itu tidak mudah dikelabuhi. Dan utk pelapor harus dilindungi..

    • Andayani Nur
      Andayani Nur 2 bulan yang lalu

      Siriik hoeee siriik sazaaa...

    • Naniek Rasyid
      Naniek Rasyid 3 bulan yang lalu

      Menurut aku, dugaan dengan tuduhan itu berbeda. Apa salahnya dugaan itu ditindak lanjuti oleh KPK. Klo dugaan itu benar, tinggal diproses secara hukum. Klo tidak benar, hrs dibuktikan juga ketidak benarannya. Semoga KPK bisa bekerja drngan baik, serius dan amanah. Aamiin..

  • abdul azis
    abdul azis 3 bulan yang lalu

    Knapa tindakan korupsi sekarang seperti sedang dikuatkan dan dilindungi secara terstruktur.hanya tingkatan bupati yg kena kerja kpk.

  • D Gold
    D Gold 3 bulan yang lalu +18

    jangan diribetin, hukum harus d tegakkan...jangan tumpul ke atas tajam kebawah

    • FHANofficโ€ข Chanel
      FHANofficโ€ข Chanel 3 bulan yang lalu

      @D Gold.
      Asal Buka suara.... Cari Tahu dulu.mangkanya Hp itu di gunakan secara bijak

    • Murni Indrawan
      Murni Indrawan 3 bulan yang lalu +4

      emang sapa penjahatnya mas... belajar teknolagi internet gak.. kaesang itu cari investor.. siapa yg gak mau jd investor dgn nama besar kaesang

  • zainuri new
    zainuri new 3 bulan yang lalu

    Harusnya santai aja, kan nanti pengadilan yg memutuskan..

  • Dole Ali11
    Dole Ali11 3 bulan yang lalu

    Mantap di pancing2 tetep aja gak bisa.maju terus propesor semoga sehat selalu

  • Lompat Batu
    Lompat Batu 3 bulan yang lalu +1

    Intinya PKS jangan di percaya kedepannya untuk membawa negara ini
    Fitnah ujaran kebencian terus tumbuh di dalam nya

  • Wahyu setiawan
    Wahyu setiawan 3 bulan yang lalu

    Eko ini kok belum masuk penjara juga ya? Apakah dia kebal hukum? ๐Ÿค”๐Ÿค”

  • Syaiful Anwar
    Syaiful Anwar 3 bulan yang lalu +40

    Ayoo dong KPK turun agar clear masalahnya, apakah memang ada unsur korupsinya atau tdk, jd tdk jadi fitnah atau apapun itu.

    • Fitri Amel syg
      Fitri Amel syg 3 bulan yang lalu

      Hal yg mustahil kalau. KPK berrani. Mengusut Nya

    • RIDEHAN SYAH
      RIDEHAN SYAH 3 bulan yang lalu +2

      Yaa turun dan buktikan secara blak blak kan kl salah ya salah kl benar ya benar...kl di balik balik buar allah aja yg ngadilinnya๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ™

  • Sofyan Ismail Yahya
    Sofyan Ismail Yahya 3 bulan yang lalu

    Ngapain diadili di media, pelapor ya punya hak melaporkan semua indikasi korupsi. Apalagi yg dicurigai anak pejabat tinggi..