Alasan Terselubung Cina Menduduki Natuna

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 8 Jan 2020
  • Pekan lalu, kapal nelayan Cina dengan kawalan kapal militer nyelonong masuk wilayah perairan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia. Mereka menolak angkat kaki, sebab mengaku masih berada dalam teritori Cina. Lho, kok bisa begitu?
    Rupanya, insiden diplomatis ini adalah bagian dari ambisi besar Cina untuk menjadikan dirinya negara adikuasa dan superpower di Asia.
    --------------------------------------------------
    Like and follow us on Facebook, Instagram and Twitter @asumsico
    and also check our website asumsi.co

Komentar • 605

  • Raden Haryo
    Raden Haryo 4 jam yang lalu

    Mirip Timur tengah dong? Dimana Ada Islam Dan minyak disitu Ada conflict Dan perang

  • AKATSUKI MUGEN SUKOYOMI
    AKATSUKI MUGEN SUKOYOMI 6 jam yang lalu

    Negara cina ingin cari minyak dan gas di perairan natuna, tak peduli itu wilayah negara lain, jika ada konflik sengketa wilayah,cina siap hadapi masalah,lewat di plomasi atau konfrontasi militer, semua negara asia tenggara di anggap lemah,cina ingin seperti amerika serikat yg di segani dan di takuti negara lain, dari kekuatan militer sampe ekonami, cina ingin menjadi penguasa asia dan dunia, mewujudkan cita cita presiden cina seumur hidup xi jinping secara nyata, mengubah tatanan dunia baru.

  • Nahla Farsa
    Nahla Farsa 6 jam yang lalu

    anak stm turun tangan

  • De' Mang
    De' Mang 12 jam yang lalu

    Pilih amerika apa china?? Mau non block terlalu munafik... mau mandiri masih jauhhhhh... hidup adalah pilihan!!

  • Ahmad Bukhori
    Ahmad Bukhori 15 jam yang lalu

    Tabrak ajah ...banyak bacot

  • wong ngesor arushtbawah
    wong ngesor arushtbawah Hari Yang lalu

    Bunuh PKI NKRI anti komunis

  • Infotualang
    Infotualang Hari Yang lalu +1

    MENDING USIR KETURUNAN CINA SEPERTI AHOK DARI INDONESIA GW CURIGA KETURUNAN CINA INI PENGHIANAT DAN MATA2 DARI NEGARA CINA

  • sahara
    sahara Hari Yang lalu

    Kecewa berat sama pejabat pejabat kita termasuk presiden Jokowi yang bilang China tidak melanggar kedaulatan.. diketawain dunia. Pemi.pin kita sangat lemah.

  • Uto Lodaya
    Uto Lodaya 2 hari yang lalu

    Ini klo terjadi sekali pengeboman terhadap kapal cina...pasti terjadilah peperangan

  • RIANTOKUNTUL
    RIANTOKUNTUL 2 hari yang lalu

    Apesnya jadi negara kaya sumber alam....jadi rebutan

  • Pemirsha haha
    Pemirsha haha 2 hari yang lalu

    BUKTIKAN BAHWA NKRI ITU HARGA MATI. Sudah rentenir, Maling lagi...kok mau dibegoin sama china??

  • Excellent copy
    Excellent copy 2 hari yang lalu

    SUDAH TAU SEMUA MIMIN KARENA NATUNA SUMBER KAYA ALAM NYA..
    NELAYAN CHINA CURI IKAN DI KAWAL KAPAL YG PUNYA SENJATA MAKA-NYA BERANI..
    NELAYAN KITA DI USIR BAKALMA CUMAN BAWA KERIS.

  • Buk Linn
    Buk Linn 2 hari yang lalu

    Indonesia mna NKRI nya..klau cina melanggar/mencuri tangkap bkn di usir.mna keadilan mu presiden dngn rakyat mu.sampai kapan dngn kegagalan mu rakyat mu jdi korban

  • agung setiadi
    agung setiadi 3 hari yang lalu

    laut natuna boss... bukan laut china selatan...sertifikat dah terbit dari PBB...intinya, nyolong ikan di ZEE Indonesia berarti MINTA TENGGELAM...kalo mentri kelautan ga berani nenggelamin, COPOT AJA.

  • si mulut pedas
    si mulut pedas 3 hari yang lalu

    Apa yang akan terjadi , cingcay aja lah

  • jalu_weling ckk
    jalu_weling ckk 3 hari yang lalu

    Dan nyatanya katanya nanti mengganggu ..... bisa apa kita wkwkwk, kita yg tegang mereka yg senang.... udah lah, bangun ngapa bangun,,,...!!!

  • Erwin Santoso
    Erwin Santoso 3 hari yang lalu

    Daratan tiongkok itu sangat2 jauh dari natuna...kenapa ngaku2 memiliki natuna...aneh

  • Ibrahman Nasution
    Ibrahman Nasution 3 hari yang lalu

    sandiwara tingkat tinggi. untuk meng kaburi pengelihatan rakyat atas besarnya peranan aseng dalm pemindahan ibukota kenttt+tt

  • Pratama Gaming123
    Pratama Gaming123 3 hari yang lalu

    China meng klaim natunan karena nine dhas line (intinya karena historis masa lalu aja gitu biar Gampang)
    Majapahit : emhem :'v

  • My Name
    My Name 3 hari yang lalu

    Kalau memang adanya cadangan minyak yang begitu besar di Natuna.. Pemerintah suda harus membuat kilang minyak di Natuna pada Tahun 2020 ini.. Karena kalau tidak sekarang kapan Lagi..
    Supaya hasilnya untuk Kemajuan NKRI..
    NKRI HARGA MATI..

  • imron syafei
    imron syafei 3 hari yang lalu

    Bila diplomasi tetap gagal kekuatan militer yg akan menjawab. Masalah jumlah alutsista jangan jadi beban toh itu knyataan nya. yg penting mental berperang suatu negara. Itu lh dasar slama ini yg membuat indonesia di perhitungkan oleh negara lain . Prediksi ber sipat sementara tidak bsa sepnuh nya di ukur dari kekuatan alutsista suatu negara. Walaupun slama ini sebagian perspektif masyarakat dunia dan para pengamat ber asumsi . Bahwa militer dan alutsista yg kuat itulah identitas kekuatan suatu negara . Tpi itu hnya prediksi saja. Jngn takut untuk mmpertahankan tanah air indonesia tercinta allahu akbar merdeka

  • imam Jebod
    imam Jebod 3 hari yang lalu

    Semua rentetan ini sudah di kabar kan oleh ustad Rakhmat baequni.......cek dan ikuti saja kajian beliau

  • Gundar Varr
    Gundar Varr 3 hari yang lalu

    Manusia LEBAY SEMUA. Kapal penjaga laut bukan kapal perang, Indo punya Bakamla china punya coastguard.

  • REANG CHANEL
    REANG CHANEL 3 hari yang lalu

    Negara cina pintar...tp pintar picik tak menghargai negara tetangga... kebijakan seenaknya dan semaunya sendiri....

  • Bei mulyana
    Bei mulyana 4 hari yang lalu

    aaahhh nglawan cina itu kagak usah pke tenaga,d kentutin aja kapal2 perang cina itu bisa ancur,,ingat barang buatan cina kagak ada yg awet,,murah meriah dan murahan.banyak kw kw'an..apapun yg made in cina psti murahan.,senjata perang mrekapun murahan dn gampang rusak

  • RUDI SINYO xxx
    RUDI SINYO xxx 4 hari yang lalu

    Ya itu lah China
    Rakus

  • ParaYOGI
    ParaYOGI 4 hari yang lalu

    Jadi indo bakal kalah melawan cina, iya kalah

  • Asep Solihin
    Asep Solihin 4 hari yang lalu

    Masihkankah blm menyadari niat busuk negri china thd negara kita, wahai para pemimpin negri ini ...

  • Dodi Girang
    Dodi Girang 4 hari yang lalu

    Senyap,,,,👍👍👍👍 salam jendral 🙏🙏🙏🙏

  • wardoyo hadisuyitno
    wardoyo hadisuyitno 4 hari yang lalu

    Bertahan itu karena persatuan terbina karena kesamaan pandangan maka samakanlah visi-misi Asean.

  • Samfana Wawan
    Samfana Wawan 5 hari yang lalu

    Kirim orang2 jenius indonesia belajar ke luar negri lalu suruh mereka membangung pengelolaan minyak sendiri, pembuatan hp sendiri, dan bahan elektronik sendiri dan lain lainya tentu negara membiayai mereka dan tentu negara yang memegang saham terbesar.
    Walau susah dan butuh waktu.
    Karna kita kebanyakan orang pintar tapi kurang dukungan untuk memulai

  • Dian Prasetyo
    Dian Prasetyo 5 hari yang lalu

    China negara sahabat????? ... Sahabat kog nyolong 🤣 .... pengen jadi negara global power tapi maksa 😅...
    Sekuat"nya militer China, klo musuh negara se Asia tenggara sekaligus ya tetep Ancur tu si Beijing.an ... 😅...

  • arif ardiansah
    arif ardiansah 5 hari yang lalu

    Jiwarasa 30 T di korup bajingan" anjing masuk kantong pribadi... Bayangkan 30 T buat investasi alusista atau buat infrastruktur di natuna kan jdi balik modal biar utang ke cina segera di lunasi.... Dasar koruptor babiiii..... Kasih gu AK47 biar koruptor" bangsat gue yg bunuh dosa" dah gpp yg pnting matiin para penggrogot negri ini.....

  • BLK 55
    BLK 55 6 hari yang lalu

    LAWAN

  • Nurul Hajijah
    Nurul Hajijah 6 hari yang lalu

    CHINA MISKIN GK PUNYA LAUT. KERE.

  • Yudianto 06
    Yudianto 06 6 hari yang lalu

    Biat pengawalan zee ri super ketat..... Biar gak terjadi lagi kalo sudah kebobolan tu... Kekayaan alam nkri..... Matilah kita....

  • star sport
    star sport 6 hari yang lalu

    Kayaknya china tidak takut tni. Mungkin china hanya takut sama rakyat indonesia yang 250 jt

  • bunda ayu
    bunda ayu 6 hari yang lalu

    NEGARA ASEAN hrs Besatu utk Melawan CINA RRC...

  • pt. patraco mechine
    pt. patraco mechine 6 hari yang lalu

    sudah saatnya NKRI punya senjata nuklir...

  • Azizah Amir
    Azizah Amir 6 hari yang lalu

    Cina tiongkok sengaja cari ribut dg negara kita untuk pengalihan Muslim uygur supaya masyarakat NKRI tidak pergi utk membela muslim uygur di cina ,ini pengaliha Cina utk negara" lain spy pokus ke natuna .

  • normawan norma
    normawan norma 6 hari yang lalu

    Tkt ckp aje bsar

  • test my wall
    test my wall 6 hari yang lalu

    Yang nyata Indonesia tetap harus pertahankan kepentingan rakyat jelata,kok ngangkap ikan di laut punya orang,dasar cina,biadap lo...
    #WalaysaWithYouIndonesia.

  • Yanto allam Allam
    Yanto allam Allam 6 hari yang lalu

    Cina itu memang ingin memecah belah indonesi, klau pecah cina kuasai, terutama pulau sumatra dan kalimatan, itu yg cina incar, pulau jawa enda, hasil bumi trutama minyak, sumatra /kalimatan apa lgi kalimatan dekat laut cina selatan,,

  • Shugy Virgo
    Shugy Virgo 6 hari yang lalu

    China skrg di mata gue sdh gk punya hrga diri. Tukang caplok. Tukang jiplak.
    Bngsa keparat!! Gk tw diri. Gk tw malu. Ini ni,saking tingkat kpadatan penduduk trbesar di dunia smpe2 rakyatnya terhmbur kocar kacir di negeri org utk tgl dn mnetap. Hrusnya tw malu kalian. Hrusnya brtrima ksih, sdh bnyak tu rkayat china tgl dn mnetap di Indonesia. Bahkn klo di nilai dri segi keuangan lebih besar kekeyaannya di banding bngsa asli Indonesia.
    Asli sdh kaya benalu. Perlahan Merayap dn tumbuh hidup tpi perlahan jga mnyengsarakan inangnya..
    Itupn rakyat se tanah air msih mndiamknnya. Ech.,,. skrg wilayah kelautan Indonesia jga mau kalian ambil.. bnar2 gk tw diri. Jgn bwt konflik. Sekali pnyerangan di mulai. Kmi bngsa Indonesia tdk akn segan2 prtahankn Indonesia smpe titik darah penghabisan.
    Walaupn kalian punya teknologi yg canggih, itu bhkn masalah walau resikonya besar.. dmna tmpat kalian mnta prtolongan klo sdh mulai kalah.. dg Tuhan kalian gtu?? Budha?? Patung bisa apa?? Gk bsa brgerak sma sekali. Bwt nolong drinya sndri aj gk bsa ap lgi nolong kalian para china luck nute. Keparat.!! Coba hantam tu patung pkai benda keras, balok kh,, palu kh. Linggis kh. Atw jtuhkn kelantai. Ptong jari saya klo tdk hncur atw tdk pecah...
    Siapa di sini yg spndapat dg saya
    Klo China gk tw diri. Gk tw malu.
    N gk usala ada yg namanya pepatah. " Tuntutla Ilmu sampai ke negeri china". Cma mnyengsarakan rakyat Indonesia.
    Selainnitu ilmu gk punya salah ap2 mau di tuntut. Wkwk. Cma cnda.
    Hidup Tanah air bngsa Indonesia..!!!

  • Gideon Gccc
    Gideon Gccc 6 hari yang lalu

    PENCURI IKAN DI NATUNA WAJIB DITANGKAP DENGAN SEGALA CARA, COASTGUARDNYA WAJIB DISTOP KRI!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • rrc invaders
    rrc invaders 6 hari yang lalu

    Dan pada akhirnya secara halus kata Pa Mul "Sumber Daya Alam Kekayaan di wilayah ZEE Indonesia bisa Bekerjasama Dikelola Bersama Komunis China salah satunya termasuk Natuna".

  • Teguh Rianto
    Teguh Rianto 6 hari yang lalu

    Cina vs Indonesia 1,4 milyar jiwa vs 270, jt jiwa lebih hidup NKRI tentara kita lebih unggul ketimbang cina di medan peperangan

  • Siti Naimah
    Siti Naimah 6 hari yang lalu

    NKRI vs china, Rusia pihak mana😄

  • Hartak Hartati
    Hartak Hartati 6 hari yang lalu

    Negara cina tamak serakah

  • Lie Andy Livan
    Lie Andy Livan 6 hari yang lalu

    Dgn mengubah nama laut china selatan menjadi laut natuna sama dgn merampok hak negara lain .
    China sdh menguasai dan hadir di laut china selatan semenjak zaman raja2 china hingga 1947 .
    Peta pulau natuna belum ada di map indonesia 1980 cuma baru2 ini saja .

  • Taniwa Halawa
    Taniwa Halawa 7 hari yang lalu

    Indonesia sedang asyik perdebatan agama&surga,sampai lupa negara asing mau merampas wilayah negara kita.

  • DIENO AGUNG
    DIENO AGUNG 7 hari yang lalu

    China sialan laknat kalian

  • Ibnu Sayfudin
    Ibnu Sayfudin 7 hari yang lalu

    Yg pro sama China mana suaranya 🤣

  • Fajar batari
    Fajar batari 7 hari yang lalu

    Seharusnya Pak Jokowi membuat sekolah untuk membuat rudal,atau senjata2 sejenisnya dalam rangka menyambut perang global

    • Surawan Wawan
      Surawan Wawan 6 hari yang lalu

      Sekolah buat rudal nggak ada mas.
      Tapi sekolah buat nangkap jin dan tarik pusaka banyak.
      Sementara negara2 diluar sana sudah maju dlm bidang tekhnologi,kita masih ngurusi setaaan terus.
      Banyak youtuber dalam hal klenik/hal2 ghoib.
      Tapi nggak ada you tuber dlm bidang tekhnologi."kapan majunya negeri ini"?!

  • Dent Bagoes
    Dent Bagoes 7 hari yang lalu

    Gmn china g kaya,,, kita itu ibarat negara persemakmurannya,para cukong china yg sudah kaya di indonesia Mereka menjadi penyumbang devisa dinegaranya, sehingga tanpa penghasilan pun dinegaranya cina masih bs hidup dg sumbangan uang dr indonesia,,, klo pemerintah terus menerus membiarkan keadaan seperti ini maka tdk mungkin klo anak cucu kita nanti akan menjadi budak dinegrinya sendri.... Waspadalah

  • Dent Bagoes
    Dent Bagoes 7 hari yang lalu

    Itu khan imbalan balas jasa untuk cina krn sudah menggelontorkan dana 24T sewaktu jokowi nyapres,,, g mungkin klo g deal2an cina mau kasih uang sebanyak itu,,, presiden seolah tutup kuping unt masalah ini. Cuma action tanpa power,,,

  • Eko Pasir
    Eko Pasir 7 hari yang lalu

    kalo perang cina komunis ga bakal tahan lama bbm terbatas kapal ga bisa melaut ga bisa terbang, daging babi langka mahal tentara bakal kelaparan, negara maju tutup pabrik ga ada barang buat dagang ga ada suku cadang.
    Langit pasti hancurkan cina komunis same akarnya.

  • Noufal Scorpius
    Noufal Scorpius 7 hari yang lalu

    Apakah kalian melihat Lambang palu urit PKI Komunis di rapat President China

  • Tarmizi Zulkarnaen
    Tarmizi Zulkarnaen 7 hari yang lalu

    Udah lama minyak katanga banyak.knp ga di proses2 si?kburi dicaplok orang tau

  • Andy Kusumadiningrat
    Andy Kusumadiningrat 7 hari yang lalu

    Laut China Selatan itu kan hanya nama saja, bukan berarti laut itu milik China, enak aja ngaku2 bukan miliknya! Dasar sableng! Disekitar laut itu kan banyak negara2 republik yg lain, bukan China saja yg letaknya jauh dari laut itu! Disamping Indonesia, Philipina, Malaysia, Vietnam, mikir donk pakai otak!