GAWAT!! Sumatera Barat Tersinggung dibilang Buta Al-Qur'an- Maruf Amin tidak Nyambung - Ustadz Jel

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 9 Peb 2019
  • GAWAT!! Sumatera Barat Tersinggung dibilang Buta Al-Qur'an- Maruf Amin tidak Nyambung Dengan Sumatera Barat - Ustadz Jel
    Ustadz Jel Fathullah, Lc
    Follow kami di instagram : @ustadzjelfathullah
    (instagram.com/ustadzjelfathullah)
    Facebook : Ustadz Jel Fathullah
    (facebook.com/ustadzjelfathullah)
    Silahkan sebarluaskan dengan tetap mencantumkan link sumber. Jazakumullah khayran.
    --- *** ---
    #1ditrending #ustadzjelfathullah #ustadzabdulsomad #tazkiyahmedia #harampemerintahdzalim

Komentar • 2 878

  • Ahmad Syafi’i
    Ahmad Syafi’i 12 jam yang lalu

    Parah nyo lai si mbah ma’ruf.. indak kenal samo sumbar..!!!!

  • Asa alul
    Asa alul Hari Yang lalu

    Saya merasa sangat tersinggung. Apa kata Buya Hamka seandainyalah beliau masih hidup. Telah di buta kan Allah hati KH Ma'ruf Amin.

  • Febrial Suitman
    Febrial Suitman Hari Yang lalu

    Sumbar..orang nya agamis...ndak perlu di ajari tentang dgn agamo.....urang awak

  • Remar Tunggal
    Remar Tunggal 2 hari yang lalu

    Politik ko gait2kan ke agama,apa hubungan nya dengan yang anda katakan.

  • Yoski Ardian
    Yoski Ardian 2 hari yang lalu

    Senakal2 org minang nggak ada yg ngga bisa baca al qur'an pak kyai,,,sebelum mngenal abc kami lebih dulu mengenal alif ba ta pak kyai

  • Bunda Queen Nilla Karim
    Bunda Queen Nilla Karim 5 hari yang lalu

    Tabuik itu setau aku...suatu seni saja....hubungan nya dengan agama apa...

  • Aku Aku
    Aku Aku 6 hari yang lalu

    Tobaik lah li uda kiyai m ruh...ugang minangko ketek disugau kadang dirantau moh...gaek pakak.. Salam anak ranatau..anak pariaman

  • URANG AWAK
    URANG AWAK 7 hari yang lalu +1

    Yang utaknyo pakak piliahlah jokoncek Jo maaruf dalang tu,dak tau nyo sia urang awak do,salah lawan ang ko ma maaruf amin,eee maaruf amin dalang,engak,urang gaek engak🔪🔪

  • Zainal Mustofa
    Zainal Mustofa 8 hari yang lalu

    Gak usah gembar-gembor di metsos klu apa lapor polisi aja.jangan buat suasana memanas. Berpikir positip aja..

  • Dee Must Die
    Dee Must Die 9 hari yang lalu

    Dasar tua bangka brengsek...mangango sabalum mangecek yuang gaek!!!

  • franky marwan
    franky marwan 11 hari yang lalu

    Kami warga Aceh merasa marah kalau pak Kiai tua itu bilang Sumatra barat buta Alquran.. asal kau tawu pak Kiai, syekh Abdul Rauf itu guru nya syekh Burhanuddin... Jadi kami di seluruh Sumatra ini sudah duluan baca Alquran dari pada t4 asal muasal kau

  • franky marwan
    franky marwan 11 hari yang lalu

    Duluan Sumatra barat Islam 💯% dari pada pulau Jawa... Paham kau kiai tua..

  • mekka gifari
    mekka gifari 12 hari yang lalu

    yang ada itu pemerintah yang merusak pelajaran al-quran di sumbar, karna waktu sekolah di perpanjang anak2 sore jadi tidak bisa pergi ke tpa/mda, makanya orang kampung saya gak mau pilih jokowi.
    kalau di minangkabau ya pak kyai tercinta, preman pasarnya bapak minta lomba ngaji sama bapak, mungkin bapak masih kalah, jangankan orang yang di masjid, itu di kampung2nya ya, kalau dikota padang saya gak tau karna saya bukan orang padang

  • Rosyidy Mun'im
    Rosyidy Mun'im 12 hari yang lalu

    Syekh Khotib al-Minankabawi dan Syekh Yasin al-Fadani adalah 2 ulama Sumatera Barat yang membawa harum Nusantara di kota suci Mekkah al-mukarramah

  • Akbar Oktavian 1990
    Akbar Oktavian 1990 14 hari yang lalu +1

    Kami ketek2 disuruh lalok mah di surau dek mandeh jo abak mah...kami di minang akhlak buat beradab ini nmor satu...jaan di jagoan kabau merah lalok,

  • MUHAMMAD YUNARDI adi
    MUHAMMAD YUNARDI adi 16 hari yang lalu

    Kami Minang sejati,, Islam sejati,, karna apa.. "ADAT BASANDI SARAK, SARAK BASANDI KITABULLAH" jaga bicara anda yg mengatakan Sumatra barat buta Qur'an,, sbagai pertimbangan buat anda,, putra saya berumur 4th sudah hapal dari surah adduhaa hingga annass,, bacaan sholat dan gerakan sholat dan cara wudhu dg sempurna,, dan doa umum sehari hari.. Mohon dg hormat tarik kata kata anda kembali. Kami urang padang ketek di surau dan gadang kami dirantau. Pandeka nyo Allah da Rasullullah.

  • Sugeng A
    Sugeng A 16 hari yang lalu

    mbah makruf kedanan donyo

  • Sugeng A
    Sugeng A 16 hari yang lalu

    jangan2 mantan kyai nakruf amin ini dah lupa baca al quran ...

  • Dedi Jayadi
    Dedi Jayadi 16 hari yang lalu

    yg pilih prabowo jaga karukunan umat...

  • Rezi Aritama
    Rezi Aritama 16 hari yang lalu

    Mantap sumara barat jgn d terima mbah itu ya arga mati mantap siumatra barat usir

  • Ismail Taharuddin Taharuddin
    Ismail Taharuddin Taharuddin 17 hari yang lalu

    UDA tukiyai buta al-Quran UDA cucu Nyo firun tu UDA APO nyo indak aja urang awk baco alquran klu Nyo pandai berdebat agama jok ulama awak baru tahu Nyo kiyai bangsat tu UDA ndak usah lwn ulama awak lawan debat agama jok amboi

  • Zulhardi Gani
    Zulhardi Gani 18 hari yang lalu

    Maklum ajalah aki² yg pikun ikut jadi cawapres..

  • Titin Azizah
    Titin Azizah 19 hari yang lalu

    Ngapain tersinggung, siapppa yg lebih hina, ....tuhanlah yg memandang kita

  • CINTA ULAMA ###
    CINTA ULAMA ### 19 hari yang lalu

    klu udah org minag. pasti islam.. saya org riau.. tau klu sudah org minag pasti islam.. kita bersatu aja bang.. pilih prabowo sandi..

  • CINTA ULAMA ###
    CINTA ULAMA ### 19 hari yang lalu

    klu udah org minag. pasti islam.. saya org riau.. tau klu sudah org minag pasti islam.. kita bersatu aja bang.. pilih prabowo sandi..

  • Abdul Rahman
    Abdul Rahman 20 hari yang lalu

    Ini suatu penghinaan berat ..ini artinya orang Padang jarang yg bisa baca qur an...padahal org Padang itu agama Islamnya taat bgt ..

  • Hery Ri
    Hery Ri 20 hari yang lalu

    Guru asyim ashari tu siapa sama ahmad dahlan siapa, kyai anda propesor tapi kurang sejarah.

  • Hery Ri
    Hery Ri 20 hari yang lalu

    Amiin, amin, anda nggak tahu Sejarah. Mahaguru di Indonesia siapa, kayak nggak tahu Sejarah. Aja. Orang minang adat basandi syarak, saya tersinggung sebagai orang minang, khatib al minang kabawi. Itu orang mana. Jangan anda asal ngomong. Aja.

  • Habi Nul
    Habi Nul 20 hari yang lalu

    minang ketek disurau gadang di rantau! ulama besar dunia orang Minang gag tau tu si akik2

  • Oki Ernando
    Oki Ernando 22 hari yang lalu

    Sasek amin ma...,wkkwkwk la gaek ndk tau sejarah.....Prabowo idola urang minang

  • Herigadevi Chaniago
    Herigadevi Chaniago 22 hari yang lalu

    Prabowo gak bisa mengaji, gak bisa imam sholat, gak bisa sholawat nabi bahkan gak bisa berwudhu dgn cara yg benar..
    Prabowo setiap tahun selalu joget2 bersama ksum Kafir utk merayakan acara natal..
    Ustad HRS-Yusril ihza mahendra menyatakan:
    Prabowo agama islamnya gak jelas.!!
    Hanya muslim gak waras alias muslim sableng atau muslim gila yg mendukung dan mau dipimpin oleh prabowo..

  • Taufik Usman Piliang
    Taufik Usman Piliang 23 hari yang lalu

    ma'ruf amin geroh .asa mangecek se bibia taba KMA ko.pro liberal nih KMA.urang minang hampir semua taat agama ISLAM.

  • Fadhly Rahmadian
    Fadhly Rahmadian 23 hari yang lalu

    Harus dikasih plajaran ni orang.....klaw memang bnar ucapan ny

  • Fadhly Rahmadian
    Fadhly Rahmadian 23 hari yang lalu

    Woi ma'ruf amin....lu klaw ngomong dipake otak lu ya....gak salah orang kaya gni diangkat jadi wapres......mulut mu harimaumu

  • Iwan Putra
    Iwan Putra 24 hari yang lalu

    Gaek pikun, Hidup Prabowo

  • sekedar share
    sekedar share 24 hari yang lalu

    Dak k kmi piliah gaek baduo tu do.

  • sekedar share
    sekedar share 24 hari yang lalu

    Kami dari sumbar dukung prabowo

  • Morvin Maco
    Morvin Maco 24 hari yang lalu

    Kia mahauruf amin...jgan asal ngomong...saya dari keci di ajari alquran..saya orang minang...buat warga smatra barat..tlong berikan dukungan kepada 02..

  • Eka Domar
    Eka Domar 25 hari yang lalu

    Mbah yai mungkin gak tau buya hamka berasal dari mana

  • M. Rhinaldy
    M. Rhinaldy 25 hari yang lalu

    Bukti perlawanan Maruf amin, agar dia kalah, itu emng sengaja, agar ada peluang untuk Prabowo sandi, sebenarnya kalau bukan karena tekanan dan paksaan Maruf amin tidak akan mau menjabat jadi calon cawapres.

  • co san
    co san 25 hari yang lalu

    nu tu siapa guru ny...cba anda serching...itu adlh org minang....siapa yg prnah jd imam di mekah org minang...nm ny aj org dungu maklumi aja

  • Putra Minang
    Putra Minang 25 hari yang lalu

    SABALUN URANG ARAB TU BARIMAN
    URANG MINANG ALAH MALAKUAN ISLAM

  • Putra Minang
    Putra Minang 25 hari yang lalu

    URANG MINANG NDAK PARALU MAARUF AMIN DO
    MANUSIA TUO MUAFIAK, NDAK MANGANA MATI

  • Aldi Nova
    Aldi Nova 26 hari yang lalu

    Gaek sumbarang ngicek

  • Ridwan Rahim
    Ridwan Rahim 26 hari yang lalu

    Apakah ini karna jabatan, Ulama pun hilang moral

  • dewok putra
    dewok putra 27 hari yang lalu

    slam dari pasisia sanak 02

  • PUBG GOKILS
    PUBG GOKILS 27 hari yang lalu

    Sumatra barat dapat dalam dari saudara se iman mun di Lombok. 😁😁

  • Ronal Doank
    Ronal Doank 28 hari yang lalu

    Iyo mah jan dipilih no 1 inyo alah menghina nagari kito nagari minag kabau manga gaek tu mangece maca tu inda di pikiy kan nyo duluh mah kalau mangece tu

  • Iwan Tagor
    Iwan Tagor 29 hari yang lalu

    Ahmad khatib alminangkabawi maha guru nya para ulama. Orang asli sumbar. Pak makruf baru kelas mui saja jadi ga usah sok tau soal histori islam di sumbar.

  • Jmr Jmr
    Jmr Jmr Bulan Yang lalu

    Mahruh amin vikun sejarah kok di pilih jadi wakil presiden banyak2baca ayat kursi besok mau mati .

  • Isam Adi
    Isam Adi Bulan Yang lalu +1

    pengalaman cuma segitu kok di calonin wapres..anwh ustat ini dulu jdiketua MUI blm kelihatn tululnya sekarng nampak betul dungunya...asal aja klo ngomong .

  • Afrizal Anwar Zal An
    Afrizal Anwar Zal An Bulan Yang lalu

    Saya asli minang Bukittinggi Agam. Saya dukung pak Prabowo Sandi menjadi Presiden 2019 sampai 224 Insyaallah mudah mudahan menang Ammin yrb'alamim.

  • Yudhi Yudhi
    Yudhi Yudhi Bulan Yang lalu

    Kiai gilo pangkek,lah baun tanah

  • Nonk bee
    Nonk bee Bulan Yang lalu

    Eeeeeee kiyai sasekkkk mangangoooo angkuuu duluuu kamangecekkkk!!!!

  • Handi Herlan ibrahim
    Handi Herlan ibrahim Bulan Yang lalu

  • Deby Irawati
    Deby Irawati Bulan Yang lalu

    Dulu sgt menghoramati dan sgt segan dgn Ma'ruf amin sbg seorang kyai dan ulama sepuh. Tp sekarang lht muka nya aja rasa nya mules perut saya.

  • Ali Asman
    Ali Asman Bulan Yang lalu

    Kiyai pikun thu

  • Jai Zhuu
    Jai Zhuu Bulan Yang lalu

    Tidak tau dia.,, sumatra barat itu diluan ngaji dari pada dikampung maruf amin,,gimana caranya orang disana buta huruf qur'an..tapi jangan kuatir ma ruf amin ga bakal kesana karna insyallah 2019 ganti presiden

  • Rico Rodriguez
    Rico Rodriguez Bulan Yang lalu

    Alah tu gaek.. pabanyak se lah baibadah di ujuang umua nan lah baun tanah ko..

  • iyos nyos
    iyos nyos Bulan Yang lalu

    Sy orng lombok sasak.. Dengr pernytaanx sj sngt miris .. Tu nmx plcehan.. Tdk ad kh kt yg lbih bagus supaya tdk ad yg tersinggung.. Pak kiyai cptlh minta maaf..

  • Adam Sikumbang
    Adam Sikumbang Bulan Yang lalu

    Si gaek maruk amin saraso inyo paling tau adek minang ajo..
    Si gaek tuh karambia pacah....
    Demi jabatan jo pangke sakandak paruik sajo mengecek urang minang

  • Mardianton Anton
    Mardianton Anton Bulan Yang lalu

    Kalau indak tau minang jan mangecek,,

    Kami orang minang kecil disurau gadang dirantau

  • Iskandar Zulkarnaen
    Iskandar Zulkarnaen Bulan Yang lalu

    Yang Buta itu Nurani dan Hatinya Makhruf Amin, mungkin Allah sudah mengangkat Rakhmat Ilmu dan Aqidahnya manusia sok suci itu

  • Pra Yetno
    Pra Yetno Bulan Yang lalu

    Ang udah tuo ba macam tuh pulo kampang ang capek mati se lah ang

  • Dedet Pramana
    Dedet Pramana Bulan Yang lalu

    Cebong tolol !

  • Broputra Kb
    Broputra Kb Bulan Yang lalu

    Kiyai dari pjawa gila pangkat kebanyakan, beda dgan ustat dari minang, ustat dari minang mengislamkan orang bukan Islam. Pilih aja p Sumatra keluar dari Indonesia, pasti Aman Dan makmur,

  • Sovhia Laurenza
    Sovhia Laurenza Bulan Yang lalu

    Ma'ruf amin tabaliek kaji..
    Lah baun tanah ..utak kurang..

  • Joel Keren
    Joel Keren Bulan Yang lalu

    Sotoy

  • Kapuyuak
    Kapuyuak Bulan Yang lalu

    Bangih den mancaliak m amin adu ilmu agama jo inyo amuah wak mah,ntah sia nan kuat agamo nyo

  • Donie Satria Wijaya
    Donie Satria Wijaya Bulan Yang lalu

    Jgn hiraukan kata kata itu.
    Menyesatkan !

  • Donie Satria Wijaya
    Donie Satria Wijaya Bulan Yang lalu

    Astagfirullah tega nian berbicara seperti itu

  • Mila Kusmila
    Mila Kusmila Bulan Yang lalu

    Sok tau!!! Antum bilang kami (urang minang) sumbar buta Al-Qur'an...
    Jngan antum remehkan akan ke islaman kami, kami orang minang tak ada yang diluar islam!
    Orang minang yang keluar dari islam tak akan di anggap orang minang, karna kami minang memegang teguh SANDI BASARAK, SARAK BASNDI KITABULLAH!
    jadi sekarang antum bilang kami buta Al-Qur'an?
    Bagaimana dengan antum dan daerah antum sendiri!!!
    Sumbar (Minang) TAKBIR!!!

  • Arjun Elfiedz
    Arjun Elfiedz Bulan Yang lalu

    Udh gk usah banyak d kuskusi lg. Gk ush mkir2 lg. Prabowo Sandi sudah pasti jdi pilihan. Jgn mau jdi cebong goblog

  • Akbar Rahmat
    Akbar Rahmat Bulan Yang lalu +1

    TIDAK PANTAS JADI KYAI ULAMA ATAU SEJENIS NYA! jgn hanya krn pangkat dan jabatan semua ilmu di lupakan, dan yg salah di benarkan!
    TAK MAU DI PIMPIN SAMA YG MACAM INI!!
    #02!!!

  • Akbar Rahmat
    Akbar Rahmat Bulan Yang lalu

    Para pahlawan dan para ulama dulu di dominasi oleh siapa bro?? TANAH SUMATERA BUKAN?!!!
    Udah ga tau HISTORI TANAH SUMATRA MALAH JANJI BERANTAS BUTA HURUF AL-QUR'AN.. TAK AKAN KAU NAIK DI 2019
    orang SUMATRA MANA SUARA NYA!!!

  • Joe Cakep
    Joe Cakep Bulan Yang lalu

    Msh bagus buta al-quran krna msh bs blajar dri pada orang pinter ngerti agama tapi tidak di amal kan
    Contoh tuh maruf katanya kyai tapi msh doyan jabatan ijo mata liat duit

  • Rusian Riflan
    Rusian Riflan Bulan Yang lalu

    Boleh aja mengklaim semua warga sumtra barat agamis semua tapi faktanya banyak juga yg belum ngamalkan atau punya aliran2 lain.

  • Kapindiang 87
    Kapindiang 87 Bulan Yang lalu

    Sumatra barat 99,9% Prabowo
    Bagi kawan*,dunsanak,apak,etek,mamak,kamanakan,niniak mamak jo nan lain nyo satuju Ndak Sumatera Barat,Padang ganti presiden ??
    Allahu Akbar 👆✌✌
    Yg setuju like,,bagi cebong silahkan merapat ke kali😂

  • antonio marcoantoniojR
    antonio marcoantoniojR Bulan Yang lalu

    Pemikiran yang sangat rendah itu adalah siapa yang pertama merendahkan orang lain atau golongan tertentu, tegakkan keadilan dan kebenaran salam PAS O2 👆👆🏁....

  • cucu Pian
    cucu Pian Bulan Yang lalu

    enak aja bilang orang sumatera barat buta Qur'an

  • depe rusdekno
    depe rusdekno Bulan Yang lalu

    Mempelajari histori suatu daerah itu perlu sebelum menawarkan suatu program, jadi kan kesannya menghina seolah menganggap warga Sumatera Barat buta Al-Qur'an.

  • Gorged Gooo
    Gorged Gooo Bulan Yang lalu

    Jujur saya sangat menghargai makruf amin ktika masih menjadi ktua MUI sbelum terjun jadi calon wapres..tapi sekarang sulit rasanya untuk menghargai beliau karna saya merasa beliau sudah berubah total..seakan2 ini bukan lagi beliau yg dulu saya liat..telah hilang rasanya ke ulamaan beliau ktika beliau harus gandeng tangan bareng psi anti islam ..belum lagi cara ngomong yg terkesan tanpa ilmu agama lagi alias menghalalkan segala cara untuk mencari simpati dgn menjual islam nusantara..
    Sudahlah pak kiai...kasian nanti klo anda kalah maka anda bakal jadi sampah....

  • tombak siiotodidak
    tombak siiotodidak Bulan Yang lalu

    bogor siap menangkan 02

  • belalang tempur
    belalang tempur Bulan Yang lalu

    Nsmo den tuangku den ndak rela ano ksiko den urang kamang tanamo bulando ndak talok k nagari den jd jan urang nan ndak jaleh ulama nyo lai iamin sakik tu..ko dpek den baka spanduk nyo nan tagak d nagari den

  • Efrizal Ef
    Efrizal Ef Bulan Yang lalu

    orang minang lebih pintar dr MA

  • jokowi pki
    jokowi pki Bulan Yang lalu

    Jawa Timur 100% prabowo

  • Shidiq Ishak
    Shidiq Ishak Bulan Yang lalu

    Maklum ustaz makruf dah tua
    Jadi pikun deh

  • Richar Guntur
    Richar Guntur Bulan Yang lalu

    Wooiii ma'ruf amin.. Ati2 kau kalo ngomong.. Jangan asal ngomong kau binatang... Kami orang sumbar minang . Ati2 kau ngomong ..

  • Richar Guntur
    Richar Guntur Bulan Yang lalu

    Ma'ruf amin murtadd.. Pengikut dajjal..

  • DAVID PB
    DAVID PB Bulan Yang lalu

    Sudah lah, ngapain mencalonkan diri jadi Capres, sudah pikun gtu, mending mundur aja. Gmana jadinya Indonesia kalau sampai terpilih nanti

  • Ariiq Jerman
    Ariiq Jerman Bulan Yang lalu

    Ya Allah semoga KH.ma ruf amin gk jadi presiden salam ✌️prabowo

  • Bernie Mighty
    Bernie Mighty Bulan Yang lalu

    Orang sumbar (minang) sangat berperan dalam penyebaran islam di bumi celebest khususnya sulawesi selatan,

  • Al de chanel
    Al de chanel Bulan Yang lalu +2

    Pa yai pa yai...
    Sumatera barat tuh wajib pandai baca al-quran.
    Melamar gadis nya aja wajib laki" baca al-quran.

  • Firma Wati
    Firma Wati Bulan Yang lalu

    Woyy pas 02 pokok nya

  • Riki Anjori
    Riki Anjori Bulan Yang lalu

    Ma'ruf amin,jgan sok thu kau,kau yg buta alquan,bkan kami?kau ulama munafik,asal kau thu,orag yg prtama x jdi imam di mekah,orag minag,mkanya bca sjrah minag,bru kau thu...

  • Willy Evi
    Willy Evi Bulan Yang lalu

    maaruup makin sinting salam no 2 dr kalimantan timur

  • ima dudiansyah123 Laki Laki
    ima dudiansyah123 Laki Laki Bulan Yang lalu

    ketika seorang yang ber iman di uji dengan segenggam kekuasaan...
    hanya Allah yang tau apa yang selanjutnya terjadi...

  • Safina 29
    Safina 29 Bulan Yang lalu

    Kyai MA semoga sadar Malu sama Allah SWT pak. Jangan sombong ilmu Pak!!!!

  • sejarah hitler
    sejarah hitler Bulan Yang lalu

    Semoga cepat2 akhir zaman aja.biar tau siapa yg suka propokatif adu domba dan dpt balasan
    Inilah tanda2 bakalan terjadi perang saudara seperti ditimur tengah.rakyat vs pemerintah,masih ingatkah kalian yg mendalangi tragedi tanjung periok dijakarta dan tragedi jumat kelabu dibanjarmasin 1997,coba pikir siapa tentaranya saat itu,kami masyarakat kalimantan masih ingat tragedi itu yg dikomandui presiden soeharto,dan capres no.2 yg memperintahkan untuk membantai mahasiswa dan pemberontak ,cuma krn agama dicampur adukkan dengan politik sama dengan kacau.inilah pembodohan

  • Daniel Chaniago
    Daniel Chaniago Bulan Yang lalu +1

    Mungkin Ma'ruf Amin belom baca ini
    id.m.wikipedia.org/wiki/Ahmad_Khatib_Al-Minangkabawi
    Datang ke kampung saya, masih ada dokumen jaman perjanjian tanah jaman belanda yang ditulis dengan aksara arab melayu (arab gundul)
    Jujur saya kasihan sama si Ma'ruf