Fatwa Yang Salah! Dibantah Oleh Ustadz Somad - Ustadz Adi Hidayat & Ustadz Firanda

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 19 Okt 2017
  • Fatwa Yang Salah! Dibantah Oleh Ustadz Somad - Ustadz Adi Hidayat & Ustadz Firanda

Komentar • 3 523

  • Danuri Junior
    Danuri Junior 4 menit yang lalu

    Ustadz2 atau ulama muda jaman sekarang cuma melihat Islam dari kacamata syari'at. Semua dinilai secara hitam putih, dan sangat tekstual tidak melihat secara kontekstual. Karena ilmunya ya baru sampai disitu. Padahal hukum al Quran selalu kontekstual. Misal bangkai, darah, dan daging babi haram , tapi dalam kondisi darurat boleh dimakan. Wudhu pakai air, tapi jika tidak ada air ya tayamum. Puasa Romadhon itu wajib tapi jika sakit bisa diganti hari yg lain, atau jika benar2 tidak mampu diganti bayar fidyah. Artinya Allah itu menetapkan hukum fleksibel sesuai kondisi dan kemampuan manusia. Jaman sekarang banyak Ustadz muda yang baru hafal beberapa potong ayat Qur'an dan Hadis. Dan belum menguasai betul konteks ayat2 itu sudah berani menuduh sesat dan mengolok-olok dan membodoh-bodohkan, menuduh sesat ulama sepuh seperti Habib Quraish Shihab yang sudah lebih 50 tahun mendalami ilmu al Qur'an dan sudah membuat buku tafsir lengkap 30 juz dan diakui secara internasional dan Bahkan Quraish Shihab tidak pernah membalasnya. Kalau mereka ditanya mana tafsir Quran karyamu kalau memang lebih baik dan lebih benar paling-paling ngeles kiri kanan bersilat lidah. Anyway beda pendapat boleh saja tapi jangan memaki dan merendahkan. Salamun'alaikum.

  • Ade Irawan
    Ade Irawan 5 jam yang lalu

    Saya lebih menyenangi pandangan Ust. Quraish Shihab. Kedudukan beliau dalam keilmuannya diakui di dunia akademisi.

  • Ipank Nova
    Ipank Nova 21 jam yang lalu

    org yang berkomentar pada ga ngerti...hijab itu tdk di paksakan harus ada kesadaran

  • Siti Nur Hidayah
    Siti Nur Hidayah Hari Yang lalu

    Propesor ngawur mukin gelar asli nya kompersor

  • Dyar Paramitha
    Dyar Paramitha Hari Yang lalu

    Saya ada pertanyaan yang benar-benar ingin saya tanyakan (bukan untuk dipojokkan dan hal negatif lainnya). Kalau jilbab itu wajib, mengapa tidak ada di dalam daftar rukun islam? Terima kasih atas jawabannya (siapapun yang menjawab nantinya, terima kasih)

    • Halil Ays
      Halil Ays 16 jam yang lalu

      lantas mengapa kita wajib menjauhi yg haram sedangkan di rukun islam tidak ada?. Allah menurunkan Al quran untuk di jadikan pedoman dalam hidup kita, jika dalam al quran kita di perintahkan untuk ini itu dll maka kita harus menjalaninya karena al quran itu ialah firman Allah. termasuk hijab yang dalam al quran, hijab di perintahkan untuk wanita. semoga membantu

  • Eko Sulastio
    Eko Sulastio 4 hari yang lalu

    Sesat

  • Hikman Sirait
    Hikman Sirait 4 hari yang lalu

    Buat semua, kalo merasa ilmu agamanya paling mumpuni dan punlya nyali ya mbok datangi beliau di sekolah kajian islam yg beliau dirikan. Adu dalil dgn beliau di sana. Jadilah pemberani jangan jadi pecundang.

  • Ria Apriani
    Ria Apriani 4 hari yang lalu

    Nauzubillah... Ngeri bngt. Klo yg bnr bnr awam bisa terjerumus kita nya... Astagfirullah, petinggi ko gitu siih!!

  • Amiril Pga
    Amiril Pga 4 hari yang lalu

    Saya setuju dengan pendapat ustad qurahisihab

    • Amiril Pga
      Amiril Pga 4 hari yang lalu

      Adam Lutfy kamu sendiri yang kafir

    • Adam Lutfy
      Adam Lutfy 4 hari yang lalu

      Kamu kan kafir

  • Nasya Arsyila
    Nasya Arsyila 4 hari yang lalu

    Yg penting hatiny

  • Alangkah Indahnya
    Alangkah Indahnya 5 hari yang lalu

    Chanel kaya gini bukannya mempersatukan umat malah menyudutkan ulama... pinter dikit bro... percuma sekolah 9 tahun

    • Adam Lutfy
      Adam Lutfy 4 hari yang lalu

      Wajar kl di sudutkan..krna sudah dia yg akan menghancurkan islam dan hadis hadis nabi..masa jilbab tidak wajib..alasannya apa bilang bgtu

  • Alangkah Indahnya
    Alangkah Indahnya 5 hari yang lalu

    Kalo ga sependapan gausah di bikin video nya juga kali... apalagi sampe bawa2 ulama lain... tinggal diem aja kalo emg ga sependapat apa susahnya. Kalo kaya gini si sama aja menyudutkan orang yang belum tentu salah... toh kalian kalo di banding ilmunya Quraish shihab ga ada apa2 juga... mikir dikit

    • Zahra Ali
      Zahra Ali 5 hari yang lalu

      Kata pak Ndul...: harus dinaikkan beberapa level keilmuannya utk memahami prof Quroish Shihab,,karena beliau ahlinya ahli, intinya inti, core of the core. Wkkkk

  • Arif Muntoha96
    Arif Muntoha96 6 hari yang lalu

    Orang yang tau ilmunya pasti lebih diam daripada nyinyir...tongkosong nyaring bunyinya

  • Arif Muntoha96
    Arif Muntoha96 6 hari yang lalu

    Orang yang tau ilmunya pasti lebih diam daripada nyinyir...tongkosong nyaring bunyinya

  • Sukma Wati
    Sukma Wati 7 hari yang lalu

    Ini ustas adi hidayat, sok pintar. Seakan mengaggap ulama itu ada yang salah... justru abi quraish meluruskan beberapa pendapat ulama yang bertentangan.... dan abi quraish lebih bijak dan cerdas jawabannya dari pada ustas berjanggot seperti kalian...
    Ustas somad lebih salah lgi...

    Hati2 murtad

  • David Septihadi
    David Septihadi 7 hari yang lalu

    ditanya malah nanya lagi, ni orang keliatan lom dapet hidayah!

  • Bengbeng Merz
    Bengbeng Merz 8 hari yang lalu

    Nama z quraish sesat. Hebat cara mulut mulut dajjal. Inilah agama liberal.

  • Miftachul Jannah
    Miftachul Jannah 8 hari yang lalu

    Lihat omongan terakhir ustadz adi hidayat tentang orng Munafik jdi inget jaman sekarang
    Bnyak yg beragama Islam tpi 'alergi' kata Khilafah,cadar,jenggot dll tpi ga semua orng bgtu hnya beberapa sja

  • Ocim Kosasih
    Ocim Kosasih 9 hari yang lalu

    Quraish shihab slh tafsir

  • Jacky will
    Jacky will 10 hari yang lalu

    Umat jgn tertipu hanya karena gelar DR atau prof .

  • apple banana
    apple banana 12 hari yang lalu +1

    Ada yg bs jelasin kenapa di indonesia baru banyak yg berhijab 20-30 tahun blkgan ini seperti yg beliau tanyakan ? Klo memang katanya hijab itu wajib ?

    • Cipta karya harmonika
      Cipta karya harmonika 6 hari yang lalu

      Kata siapa baru belakangan 20 30 tahun ini ?. Mari saudara kita belajar lagi.

  • xX_Kimberly_ Xx
    xX_Kimberly_ Xx 12 hari yang lalu

    Pakai jilbab atau tidak berjilbab kesimpulan nya KARENA BERBEDA PENDAPAT ANTAR ULAMA, beda nya si quraish shihab itu menyarankan BERJILBABLAH DENGAN KESADARAN, knp ? Krn percuma berjilbab jika hatimu masih nyinyir, sholat bolong2, masih nipu, masih nyolong, karena klo kmu berjilbab tp masih berbuat seperti itu apa yg terjadi ? Orang akan menilai "ih jilbab an kelakuan kaya gitu". Pdhl jilbab itu pakaian terhormat, memang bukan berarti klo kita berhijab lantas jadi suci, manusia tempat segala dosa, tapi disini menghindari orang2 yg masih berkelakuan buruk. Banyak kan kita ketemu di kehidupan nyata muslimah berhijab masih suka nebar fitnah, atau berjilbab tp jilboob, dll. Nah seperti kalian skrg yg comment ga suka sama quraisy shihab, kalian ga melihat dr 2 sisi, melihat nya dr segi kalian aja, dari awal udh dibilang SETIAP ULAMA PUNYA PENDAPAT BERBEDA. Kl kmu ga sreg sama si quraish shihab toh ga masalah, tp ga usah lah kalian cela beliau, sama seperti misal kalian ga sreg sama si abdul somad, ya tak usah lah kau cela juga, dengarkan isi omongan nya baik2, di cerna dgn akal sehat. Bijaklah kl berkomentar, liat dr 2 sisi, dan di muslim di ajarkan tabayun, jgn su udzon mulu klo komen 😊

  • Syafrina Yunita
    Syafrina Yunita 12 hari yang lalu

    ehmm harus hati2 menjaga diri dari ulama yg membelok2an al-qur'an.

  • Kecamatan Margadana
    Kecamatan Margadana 13 hari yang lalu

    aki aki mah itu seharusnya rawat cucu ae...
    g usah ceramah tentang akidah wahai qurais...s.

  • Suwoyo Mr.
    Suwoyo Mr. 14 hari yang lalu

    Yai, dg hormat gih. Pertsnyaan ibu ibu itu hsnys tahapan sareat yiii. Dia bingung...

  • sorotun sorotun
    sorotun sorotun 15 hari yang lalu

    Pantesan anaknya ngga pake jilbab...pake rok pendek...
    Ya...allah ya.rob bukanya sudah di jelaskan di dalam al-qur'an itu sebuah kewajiban sebagai umat islam

  • Muhammad Fadil
    Muhammad Fadil 16 hari yang lalu

    Ya allah
    Inilah ulama yang menyesat kan umat,jelbab itu wajip se wajip2 nya

  • Jim Steward
    Jim Steward 17 hari yang lalu

    ITU BUDAYA ARAB.

  • Zizou Vins
    Zizou Vins 17 hari yang lalu +2

    AURAT : Sesungguhnya adalah Hati dan Fikiran ...
    Jgn jadikan Hati tempat sampah,
    dan jgn jadikan Fikiran sebagai sarang penyakit,
    Dan Allah Maha Mengetahui isi Hati Manusia .

    • Adam Lutfy
      Adam Lutfy 4 hari yang lalu

      Otakmu dungu..kafir kafir

  • Yt Crops
    Yt Crops 17 hari yang lalu

    yang bilang jilbab tidak wajib atau hijab tidak wajib..itu suda menentang alqur`an ..yang bilang itu orang munafik di campakan ke neraka orang ngk jelas itu...semoga dia yang ngomong bertobat..kalau ngk semoga di tabrak truk dia

  • Melkianus Musawaro
    Melkianus Musawaro 17 hari yang lalu +2

    Buka rok bawah boleh.....biar atas di tutup ya

  • Melkianus Musawaro
    Melkianus Musawaro 17 hari yang lalu +1

    Tutup atas buka bawah

  • Garuda Apaantu
    Garuda Apaantu 17 hari yang lalu

    Qurais itu tua bangka sdh pikun,
    Ingatlah pesan Rasulullah didlm hadist2Nya, sebagian ulama' pengikut Dajjal,sebagiannya ttp pd sunnah Rasulullah, bisa jadi si Qurais ini pengikut Dajjal.

  • Easy Tell Mobilr
    Easy Tell Mobilr 19 hari yang lalu

    Knpalah ngak mampus aja ni orang tua.

  • mantan santri zahra
    mantan santri zahra 19 hari yang lalu

    Berarti jika aku menjalankan hukum beragama harus perlu sadar dlu yah , jika aku mati sebelum sadar? Syari'at agama yg wajib jika gak di laksanakan akan berdosa gak ?

  • Almaturidzi Iyaz
    Almaturidzi Iyaz 19 hari yang lalu

    Quraisy sihab, ini sangat menyesatkan ummat

  • maman suherman
    maman suherman 19 hari yang lalu

    Parah penjelasanya melenceng hehe

  • Istu Alaka
    Istu Alaka 19 hari yang lalu

    arab2 yg jaman dulu hijrah ke indonesia zaman dulu, kita tdk tahu apa islam yg dia ajarkan sesuai dengan nabi kita ajarkan?,, qurais sihab ni perna buat jawaban kontropersi tentang nabi muhamad,, di arab ,,yahudi pd zaman dulu pura2 islam hanya untuk merubah ayat2 suci,,

  • NaRA
    NaRA 20 hari yang lalu

    Astaghfirulloh

  • Roe toe
    Roe toe 20 hari yang lalu

    Penjelasan Qurais Shihab luas. pemahamnnya dalam. Coa kalian dengar cara dakwanya sangat menentramkan hati.
    Beda ustad yg baru lulus. Analoginya kalau kita pergi ke dokter untuk berobat mana yang harus kita pilih dokter yg baru lulus atau yang berpengalaman. Jelas dokter berpengalaman.
    Sehat selalau Abi Qurais Syihab.

  • Yahoedd Yahya
    Yahoedd Yahya 20 hari yang lalu

    Yg terpenting adalah hakekat jilbab...yaitu menjaga aurat .,dan memelihara kesuciannya.,.jilbab hanya bungkus...yg terpenting adalah tetap suci..

  • idahrun
    idahrun 20 hari yang lalu

    ribut terus masalah yg tdk prinsip umat lain udah ke bulan ust2 sibuk bikin pusing umat sj !!!!

  • Nani Yani Maryani
    Nani Yani Maryani 21 hari yang lalu

    Yaa Allah berikan aku sll bimbingan, agar aku sll istiqomah dgn laranganMu.

  • martha Fals
    martha Fals 21 hari yang lalu

    nauzubilah
    sehat selalu UAS UAH

  • Marcell Wiliam
    Marcell Wiliam 21 hari yang lalu

    Kewajiban itu menurut saya harus dilaksanakan ,bukan menunggu kesadaran,karena yg sadar juga blom tentu melaksanakan

  • Widji Santoso
    Widji Santoso 21 hari yang lalu

    Yuk terusin mbandingin fatwa antar pemuka agama, biar makin terpecah seneng saya liat nya 😀

  • zali nasution
    zali nasution 21 hari yang lalu

    Gile lu ndro

  • lia citra Amallia
    lia citra Amallia 21 hari yang lalu

    assalamualaikum bapak, semoga allah memberikan hidayah sm pak ust, jilbab bukan dari pendapat ulama, namun berdasarkan firman allah langsung di al quran, sama dengan kewajiban utk syahadat solat zakat puasa .

  • Zahrah Alia
    Zahrah Alia 21 hari yang lalu

    Orang klo mau memakai hijab jgn terlalu dipaksakan nnti ujung" nya seperti Rina Nose memang dri hati kita

  • Setetes Embun
    Setetes Embun 21 hari yang lalu

    Qurais2 jwb soalan ibu itu aja gk bener......udh jls bagi wanita menutup aurat itu wajib mlh pake pakaian terhormat.
    Kiai dunia dan munafik nie

  • Lucky Hermawan
    Lucky Hermawan 21 hari yang lalu

    Berarti anak anda dan anda bermadhab pada siapa...

  • mohd imran
    mohd imran 22 hari yang lalu

    Nada sombong menjawabnya

  • Pulung Erawan
    Pulung Erawan 22 hari yang lalu

    Ternyata profesor pun bisa TERSESAT

  • Kantuick Bown
    Kantuick Bown 22 hari yang lalu

    kalau begitu najwa belum sadar ya pak qurais

  • Puput Nova
    Puput Nova 22 hari yang lalu

    Astagfirullah

  • romi endri pratama
    romi endri pratama 23 hari yang lalu

    Cari dalil aja tu qurai.

  • Habibi Tsugiant
    Habibi Tsugiant 23 hari yang lalu

    Jilbab itu wajib.

  • Ulfah Hanif
    Ulfah Hanif 23 hari yang lalu

    Astagfirulloh... Wlpun. Tua jg aurat.. Org kaya gini. Ko. Masih di. Panggil di. Acara tv.. Heran saya.. Semoga dpt hidayah kluarga ini

  • Muhammad rafif
    Muhammad rafif 23 hari yang lalu

    Orang pinter beladiri sah2 aja 😂

  • Apan sohid srd
    Apan sohid srd 23 hari yang lalu

    Di sini banyak cebong wkwkwk

  • Yusuf Mild
    Yusuf Mild 23 hari yang lalu +1

    Itu pendapat kurais sihab..klo pendapat sy se x.wajib ya wajib.

  • Najwa Humairah
    Najwa Humairah 23 hari yang lalu

    Jilbab itu sebenarnya pakai takwa itulah sebaik,2,pakaian lihat srt al,araf,26,27baru nabi mengajar pada istrinya lihat,al,ahzab,59,

  • MOHAMMAD SUHUD
    MOHAMMAD SUHUD 24 hari yang lalu

    Hobi amat mengadu pendapat,.... Terusakan....

  • ferry hakim
    ferry hakim 24 hari yang lalu

    Quraish Shihab jelasin dong ayat dan dari ulama yg mana..?. Kok malah balik nanya... Keluarganya tertawa mereka berolok olok

  • beto media
    beto media 24 hari yang lalu

    Hebatnya QS itu selalu bijaksana dlm menjawab persoalan. Dia nggak pernah lgsg menghakimi. Karena dia berpedoman dg rasul bhw menjadi baik (benar) itu bertahap.
    Di dalam al-quran aja masih ada ayat ttg meniduri budak. Tp apakah berarti boleh ada budak zaman skrg? Anda harus bertanya kpd org yg ahli tafsir agar bisa memahami itu atau baca karyanya.

  • beto media
    beto media 24 hari yang lalu

    Merasa pendapat sendiri yg benar dan menyesatkan pendapat orang lain, itu namanya sombong. Hanya Tuhan pemilik kebenaran. Kembalikanlah kpdaNya.
    QS itu ulama besar. Ahli tafsir yg diakui dunia. Meski jumhur ulama mengatakan menggunakan jilbab itu wajib, bukan berarti bisa menafikan pendapat ulama yg mengatakan tdk wajib.

  • Oscar Farid
    Oscar Farid 24 hari yang lalu

    ustad somad nya mana
    wkwkwkwk judul aja yg benar

  • imam faridi
    imam faridi 25 hari yang lalu

    Semua punya dasarnya masing-masing,jadi jngan saling menghujat,imam madzhab aja punya perbedaan,apalagi ulama ulama kita yang sekarang,mungkin yang mrngatakan wajib karna di quran jelas,yang mengatakan tidak wajib karena ada dasar hadist atau ayat lain mungkin yang menerangkan seprti itu,jadi yang menurut saya buruk adalah orang yang berani mrnghujat atau menjudge seseorang tpi dia sendiri tidak punya dsar untuk hal itu,atau hanya ikut ikutan,mungkin itu menurut saya,maaf klau ada yang kurang berkenan

  • Siti Nur Indah
    Siti Nur Indah 25 hari yang lalu

    Nggak jelas sihab itu.lebih baik nggak liat dia.ngawur l.sesat

  • Eka rayhana
    Eka rayhana 28 hari yang lalu

    Edan... Alias Gila... Alias Sudrun... Kok berhijab tdk wajib

  • Morenni Vagain
    Morenni Vagain 28 hari yang lalu

    aq aj yg minim ilmu agama bisa merasakan keraguan ats perkataan pak quraisy itu..bagi qu dy bukan Ustadz..

  • W. J
    W. J 28 hari yang lalu

    Yang masih menghalalkan cara buat terlepas dari perintah ALLAH menutup aurat kecuali muka dan telapak tangan. Dengerin penjelasan ulama ulama lainnya coba. Udah denger belum? paham kan bhs indonesia.??
    Memakai HIJAB itu wajib. Ada di alquran. Mau dia udah merasa akhlaknya baik atau belum. Yang penting sudah menjalankan salah satu kewajiban sebagai wanita muslimah. setelah itu sambil membenahin diri dari waktu ke waktu.
    Jadi kalian sebagai wanita beragama islam sudah berhijab?

  • sip unik
    sip unik Bulan Yang lalu

    quraishsihab.. aneh ya.. ..

  • Amira Honey
    Amira Honey Bulan Yang lalu

    UASku paling okee ❤❤🖒🖒🖒

  • hafizh potos
    hafizh potos Bulan Yang lalu

    awas menyesatkan !!!!

  • Xiaomi Aja
    Xiaomi Aja Bulan Yang lalu

    Hrs dpertayakan keislaman y pa qurais tuh ngeri/kacou

  • Riki Priyadi
    Riki Priyadi Bulan Yang lalu

    Kan sudah jelas, banyak perbedaan pendapat. .

  • ajo ojol
    ajo ojol Bulan Yang lalu

    Fatwa macam apa itu.semoga orang sadar dengan kesalahan bapak dan tidak mengikuti fatwa sesat ini.

  • vidio inspiratif
    vidio inspiratif Bulan Yang lalu +1

    Sayidina Ali RA menceritakan suatu ketika melihat Rasulullah saw menangis manakala ia datang bersama Fatimah.

    Lalu keduanya bertanya mengapa Rasulullah SAW menangis. Beliau menjawab, “Pada malam aku di-isra’- kan, aku melihat perempuan-perempuan yang sedang disiksa dengan berbagai siksaan. Itulah sebabnya mengapa aku menangis”.

    Wahai putriku, adapun mereka yang tergantung rambutnya hingga otaknya mendidih adalah perempuan yang tidak menutup rambutnya sehingga terlihat oleh laki-laki bukan muhrimnya

  • sep tian
    sep tian Bulan Yang lalu

    saya ikut
    1 Al Quran
    2 Hadist
    3 Ulama
    yang mana ulama harus berdalil AL QURAN dan Hadits, titik tanpa koma

  • sep tian
    sep tian Bulan Yang lalu

    yang bilang wajib itu AL QURAN, pak, so bila anda tidak yakin terhadap salah satu ayat Al QURAN,, maka anda tau sendiri, secara orang pintar???

  • sep tian
    sep tian Bulan Yang lalu

    semua tanggung jawab di orang tua, pak

  • Shinta K
    Shinta K Bulan Yang lalu

    W terima ya kalau ada beberapa pandangan beliau banyak yang ga kalian setujui. Tapi terus nyimpulin sesat, syiah apalagi ngegoblok-goblokin dll wkwkwk diadu kapasitas otak juga pada minggir lol. Sebagian besar hidupnya dihabiskan buat belajar agama lho, nun jauh di Kairo sana bahkan pernah dinobatkan salah satu dari 500 muslim berpengaruh di dunia *bisa dikoreksi kalau saya salah. Ga sekedar level ulama, beliau ahli tafsir. Ga mau pamer apa gimana cuma risih aja sama yang asal ngejudge beliau berasa mulut lemes banget gila. Manusia tempatnya salah. Ada satu, dua, tiga hal bisa keliru tapi jangan disama ratakan apa-apa yang disampaikan beliau keliru. Bisalah kalau beliau membuka forum diskusi kalian tanya beliau, sharing dll jangan asal menghakimi. Thanks.

  • Nur subadianto Badi
    Nur subadianto Badi Bulan Yang lalu

    Sekelas bapak kiyai, lulusan Mesir masih di salahkan. Yg liberal lah yg penganut islam nusantara lah,yang menyesatkan lah.....
    Wahai para netizen yg maha benar.... Apakah hidup anda udah benar.

  • Studio cestaro
    Studio cestaro Bulan Yang lalu

    Assalamualaikum ..muslim wajib balas..

  • Susilo Wati
    Susilo Wati Bulan Yang lalu

    Orang munafik lebih berbahaya dari orang kafir

  • Aisah P
    Aisah P Bulan Yang lalu

    Anakmu suruh beljilbab

  • fahmi bin yusuf Alqudsiy
    fahmi bin yusuf Alqudsiy Bulan Yang lalu

    akan ada umat nabi muhammad yang di usir ketika hendak menuju telaga rasullah ,mereka di usir oleh malaikat karna membelok belokkan ajaran nabi ...naudzubillakhimindzalik

  • Ali Imron Lesany
    Ali Imron Lesany Bulan Yang lalu

    Bahaya...!!

  • fakhriza yatim
    fakhriza yatim Bulan Yang lalu

    Antum munafik

  • Tjah Pinggiran
    Tjah Pinggiran Bulan Yang lalu

    islam tidak mengajarkan paksaan bro , catat itu.......! nyinyir e koyo''wis top top o.,.,

  • Papa Sayang
    Papa Sayang Bulan Yang lalu

    Laknatullh ale

  • Mas Usuf 84
    Mas Usuf 84 Bulan Yang lalu

    Muslimah berjilbab. Istimewa. ditambah Bercadar lebih terjaga istimewanya ...

  • Star Meteor
    Star Meteor Bulan Yang lalu

    Saya lebih setuju kepada uas dan lainnya tp tdk dg habib qurais.
    Yg baik ttp saya ikuti tp klo ttg hijab ini maaf bgt saya juga tdk setuju,apalagi hanya membela sang anak yg tak pakai jilbab.

  • pras Tio
    pras Tio Bulan Yang lalu

    wah bisa jd sesat neh kn wajib

  • sasky music
    sasky music Bulan Yang lalu

    Setuju dgn ustadz Adi Hidayat , Ust Abdul somad. Lebih mengikuti perintah Allah yg maha benar dr pada ulama yg mencari pembenaran sendiri.

  • konferCab NU BOJONEGORO XXIII

    Hehehehe.... beda yang baru belajar dan sdh berilmu

  • Norein Nathan
    Norein Nathan Bulan Yang lalu

    Namun sekarang ada bahkan banyak cowok yang lebih nafsu liat cewek berhijab ketimbang yg kebuka2

  • Wa_Sa_Bie Family
    Wa_Sa_Bie Family Bulan Yang lalu

    Gila ni urang.

  • Irfan Munawar
    Irfan Munawar Bulan Yang lalu +2

    Quraish Liberal dan Syi'ah WAHABI