Fatwa Yang Salah! Dibantah Oleh Ustadz Somad - Ustadz Adi Hidayat & Ustadz Firanda

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 19 Okt 2017
  • Fatwa Yang Salah! Dibantah Oleh Ustadz Somad - Ustadz Adi Hidayat & Ustadz Firanda

Komentar • 4 407

  • sizzuan anna
    sizzuan anna 42 menit yang lalu

    Ikut Ulama pewaris para nabi Ulama yang sesungguhnya.
    bukan ulama viral produk sosmed

  • Hamba Pencari Ilmu
    Hamba Pencari Ilmu Jam Yang lalu

    Fatwa yg menyesatkan
    Bagi yg mementingkan nafsunya Dari pada agama nya
    Hijab itu wajib Dan harus
    Bukan pakaian terhormat di mata manusia tapi China dihadapan Allah

  • singa allah
    singa allah Jam Yang lalu

    pendukung jokowi itu aneh2 walaupun sudah kiyai ustad lama, tapi kalau sudah gabung ke jokowi fatwa nya aneh2

  • *DIAJENG* MUTIA ZAHRA
    *DIAJENG* MUTIA ZAHRA 2 jam yang lalu

    Orang pinter keblinger alwi sihab mah

  • Bahagia
    Bahagia 5 jam yang lalu

    Jgn ikuti quraisy tu,,, ! Sudah mulai melenceng dr ayat alquran ,,!!!!!!!!

  • Tri Hastuti
    Tri Hastuti 6 jam yang lalu

    Qurois shihab itukn syiah...jgn diikuti dia udh ngaco...udah jls di Alquran ada ayat yg mewajibkan berhijab

  • NabilCom NabilCom
    NabilCom NabilCom 6 jam yang lalu

    Qurais siheb itu bkan ulama.

  • nurmiati spd
    nurmiati spd 11 jam yang lalu

    Jilbab wajib, pakaian terhormat wajib, adapun org yg berjilbab ttp menyinggung perasaan org lain dan keluarga org lain jg hatinya tdk berjilban, adapun org berjilbab ttp pakaian ketat, adapun org berpakaian terhormat hanya menggunakan kerudung ttp hatinya berjilbab... Adapun org berjilbab sempurnah jilbab aurat dan hatinya.... Jd masing2 punya level tertentu... Semoga tubuh dan hatinya di tutup auratnya.... Jaman nabi kemungkinan kerudung ada jilbab pun ada, yg terpenting menutup aurat secara terhormat... Kira2 bgt pendapat yg lbh terhormat agar yg hanya pakai kerudung dan terhormat tdk tersinggung...

  • samsul huda
    samsul huda 12 jam yang lalu

    Beda kelas,ustad baru dengan kyai...gk nyampai pemahamanya

  • Dodi Yanto
    Dodi Yanto 13 jam yang lalu

    Klw kata saya jilbab itu wajib yg setuju like

  • Vivi Ns
    Vivi Ns 19 jam yang lalu

    Astagfirullah..jwbn qurais shihab tdk mnrt printah AllAH SWT..smg kta smua sadar diri tuk pkai jilbab sbgi tnda muslimah

  • Hiburan Masyarakat
    Hiburan Masyarakat 20 jam yang lalu +1

    Kayak gini lah ISLAM NUSANTARA!!!

  • pondok krasaan
    pondok krasaan 21 jam yang lalu

    sama sama tidak punya akhlaq......

  • Aman Aman
    Aman Aman 22 jam yang lalu

    Kurais sihab ulama shiah...

  • Suhasto Suwondo
    Suhasto Suwondo Hari Yang lalu

    Menurut ku benar yang di ucap kan qurais sihab........karena ada yang lebih penting dari sekedar hijab........yaitu menjaga lisan jauh lebih penting.........bahkan sekarang ini banyak ustadz yang lisan nya ngawur............dàn ngga layak untuk di dengar..........

  • bayu angga
    bayu angga Hari Yang lalu

    kalau menurut saya , bapak quraisy shihab mengambil jalan tengah , mengambil kesimpulan dari berbagai ulama'

  • MALADO YADIN
    MALADO YADIN Hari Yang lalu

    Siapa yg akan lemparkan pak siapa tadi yah? Ke neraka? Jangan jangan kamu yang nuduh langsung masuk neraka.

  • Zennyleary Hadieningrat
    Zennyleary Hadieningrat Hari Yang lalu

    Astagfirollah ustadz , jilbab adalah wajib

  • Ridwan Muslim
    Ridwan Muslim Hari Yang lalu

    Sebenernya yang dibantah tu ustad somad bukan ustad firanda,jelasin kok nggak pake dalil.

  • *M* kp
    *M* kp Hari Yang lalu

    "Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan pakaian, untuk menutupi auratmu, dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang baik. Yang demikian itu, adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat." - (QS.7:26)

    "Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabb-mu, dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa," - (QS.3:133)
    "(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan." - (QS.3:134)

  • prince of street
    prince of street Hari Yang lalu

    Saya awam ilmu agama,tapi yakin hijab hukumnya wajib untuk semua muslimah dimuka bumi.

  • Kurniawan Kasep
    Kurniawan Kasep Hari Yang lalu

    Shihab itu cocok ny d IRAN/SYIAH baru nyambung

  • Sony Ardiansyah
    Sony Ardiansyah Hari Yang lalu +1

    Ustad adi hidayat kalo emang ente g sependapat dengan kyai qurai sihab., didebat aja bukan dengan menghasut orang dan menjelekan nya., anda blum tentu lebih baik dari beliau., anda bisa nya mencela ulama yg g sependapat dengan anda.,
    Istigfar tad.,

  • Irfan Irfan
    Irfan Irfan Hari Yang lalu

    Putri Raja Arab Ameerah Al-Tawel, Deena Aljuhani Abdulaziz, Reem bint Al-Waleed, dari Dubai ada Putri Haya bint Al Hussein dan Ratu Rania Al-Abdullah aja ga berhijab. ayo tadi siapa yang bilang sesat :)

  • roy geo ghe
    roy geo ghe 2 hari yang lalu

    khotbah demi kepentingan diri sendiri bkn berdsarkan Al Quran dan Al Hadist Rosul..makanya dr dlu gk respek..kok khutbah tdk dasari dng dalilnya

  • Ali Khaidlari
    Ali Khaidlari 2 hari yang lalu

    buka kitab imam ibnu hajar yang berjudul az zawajir.kenyataannya buka aurot itu dosa kecil.

  • Bambang Anji
    Bambang Anji 2 hari yang lalu

    Bukn sesat/ kesadaran dan tdk mau memksakn- msalhya kita bukn bergara Arab yg penting hati baik sdh bro

  • Rama dhan
    Rama dhan 2 hari yang lalu

    Jadi jilbab itu harus dengan penuh kesadaran, bukan dengan perintah.

  • Pandi Sopandyy
    Pandi Sopandyy 2 hari yang lalu

    Ngaco pisan ieu jelema atah

  • Lala Chan
    Lala Chan 2 hari yang lalu

    Sehat terus gurunda Quraish Shihab, UAH, dan UAS.. 😇😇

  • Shasanah Gold
    Shasanah Gold 2 hari yang lalu

    Ulama pluralisme itu ulama fatwa suka suka dia..

  • adam bayu
    adam bayu 2 hari yang lalu

    Quraish shihab、kh. Ma'ruf amien.. Orang pintar berilmu.. Tapi ingat lah wahai netizen... Dahulu ada ulama yang sangat alim, sholeh dan banyak dikisahkan dalam kitab", pada akhir hayat nya tergelincir pada kemaksiatan... Apalgi ulama zaman sekarang, banyak kepentingan lain".. Buat netizen hati" memilih panutan.. Kalau buat orang munafik terserah.. Karena orang munafik hanya mencari kebenaran untuk kesalahan dirinya. Ok

  • Ahmad Ikhwan
    Ahmad Ikhwan 2 hari yang lalu

    Quraish sihab ulama yg menyesatkan.....

  • Saputra goke
    Saputra goke 2 hari yang lalu

    Pertanyaan ibu ini mantap tp sayang ibu ini bertanya sama org yg salah,jadi jawabannya gak tepat sasaran dan menyimpang dari perintah allah.

  • Sakwia Lamundi
    Sakwia Lamundi 2 hari yang lalu

    Iya org ini syiah tulen

  • Miyuki Kawasaki
    Miyuki Kawasaki 2 hari yang lalu

    Mana dalilnya om Shihab, kok silat lidah doang. Katanya ulama

  • Rona Nopitriana
    Rona Nopitriana 2 hari yang lalu

    Itulah kenapa rujukan nya adalah bukan pendapat ulama. Jelas saja banyak pendapat karena mengikuti akal fikiran dan nafsu manusia. Kita harus mengikuti dalil, dalil dari Al-Qur'an dan hadits sebagai rujukan dalam kehidupan dan keseharian.

  • Rona Nopitriana
    Rona Nopitriana 2 hari yang lalu

    Itulah kenapa rujukan nya adalah bukan pendapat ulama. Jelas saja banyak pendapat karena mengikuti akal fikiran dan nafsu manusia. Kita harus mengikuti dalil, dalil dari Al-Qur'an dan hadits sebagai rujukan dalam kehidupan dan keseharian.

  • Benny Zar
    Benny Zar 2 hari yang lalu

    Jawaban nya quraish shihab gk pke dalil Al quran/hadist nabi, cuma mnurut logika dia,,,

  • AlIf Umar
    AlIf Umar 2 hari yang lalu +3

    Hampir semua ustad ustad muda yg berkomentar diatas....maaf saya katakan ," ambisius/ ego pribadinya lebih ditonjolkan dari pada ilmunya" krn apa yg disampaikan QS ada kalimat para ulama berbeda pendapat dlm hal berjilbab (dg memberi contoh spt istri buya Hamka tidak pakai jilbab, muslimah muslimah banyak tidak pakai jilbab) krn pemahaman yg berbeda atas wajibnya hukum menutup aurat .....dan batasan aurat itu sendiri juga berbeda pendapat.
    Mudahan ustad ustad muda lebih bijak lagi jika mau mengomentari pertanyaan ttg pendapat seorang ulama /org alim lainnya hendaklah teliti kembali kalimat yg disampaikan dan bertabayyunlah biar lebih jelas permasalahannya dan ini adab dlm islam yg seharusnya..

  • Herman taher
    Herman taher 2 hari yang lalu

    Luaarr. Leoorrr. Bulat. Beulitt. Maksud sayaa. Itu. BELUT

  • review news
    review news 2 hari yang lalu

    Quraish shihab asli syiah.

  • rizal fatkur
    rizal fatkur 3 hari yang lalu

    Kok ada ya ustad yang bilang ketika saya cari di internet tidak ada yang membolehkan tidk memakai hijab... Hmmm... Saya bersyukur kalau banyak ustad yang bertausyiah tapi latar belakang kelilmuannya luas. Dan Tidak mudah memunafikkan.

  • Ifa Astila Rahma
    Ifa Astila Rahma 3 hari yang lalu +2

    aku muak pingin muntah lihat najwa sarap ini, kalau ngomong suka motong orang, ngomong cepat cepat seperti kebelet BAB, wajahnya bengis kejam licik, sok pinter sok intelek, beraninya cuman di tv penjilat tajam pada lawan junjunganya, munafik, orang arab syiah ya ini kelakuanya, bahasanya penuh sarkas majas pengiringan opini tertentu, sanwich bahasa halus tapi kebusukan yang indah. hati hati kalian melawan orang munafik seperti najwa sarab ini mereka memusuhi kita tidak terang terangan dan licik..
    laknatuallah najwa sihab semoga kamu segera hancur diberikan azab allah agar kamu sadar.....

  • Toko Cerah
    Toko Cerah 3 hari yang lalu

    Tolong.... Meskipun kita berbeda pendapat, hendaknya kita masih perlu hormat pada org yg lebih sepuh dari kita, apalagi beliu ulama yg lebih alim dri kita..... Klo komentar pake kata2 yg indah aja biar adem

  • Makan Ayam
    Makan Ayam 3 hari yang lalu

    Mantaf ustad adii ..

  • Meisya Ridha Maghfira
    Meisya Ridha Maghfira 3 hari yang lalu

    Duh mbak nana mbak nana 😔

  • youtube chanel
    youtube chanel 3 hari yang lalu

    Mungkin maksud nya banyak yang pakek hijab tapi tidak menutup aurat....

  • Saya Sendiri
    Saya Sendiri 3 hari yang lalu

    Saya sih stuju sma pak kyai Quray sihab...krena beliau lebih mumpuni ilmu nya..dari pada uah / uas

  • eman sulaeman
    eman sulaeman 3 hari yang lalu

    Ini yang namanya bid'ahdholalah!

  • eman sulaeman
    eman sulaeman 3 hari yang lalu +5

    Hati-Hati itu fatwa sesat dan menyesatkan!
    Wajib tobat !!!

  • Soenarto Soeroso
    Soenarto Soeroso 3 hari yang lalu

    Apakah Islam itu cuma saling berbantah fatwa?
    Fokuslah pada kebaikan sesama, Saya sependapat dgn Quraisy shihab

    • Septian Nurul Fadilah
      Septian Nurul Fadilah 3 hari yang lalu

      Saya pun, saya lebih sependapat dengan Ulama yg mengatakan Hijab atau Jilbab tidaklah wajib, tp ketahuilah Semua Ada konsekuensinya, WALLAHua'alam Bisowab

  • Dewi kartikas
    Dewi kartikas 3 hari yang lalu

    Sedih dengarnya

  • rachmad dumai
    rachmad dumai 3 hari yang lalu

    Ikut uas dan uah insyaallah selamat

  • Elilla Putry Raufsy
    Elilla Putry Raufsy 3 hari yang lalu

    Namanya Qurais Sihab,
    Kafir Qurais Sihab itu aja,

  • Black Super
    Black Super 3 hari yang lalu

    bapak ini aja yg tdk bisa beri jawaban pastinya.kalau memang tdk ada kewajiban,kenapa harus di paksakan di aceh dan bilang ini pakaian muslim.

  • Rofiq Bedul
    Rofiq Bedul 3 hari yang lalu

    Qurais Shihab Tobatlah engkau

  • Yuli Yuliana
    Yuli Yuliana 3 hari yang lalu

    Itu msh aja liat di tv ...alhmdulilah untung kita udh pinter tdk ikut fatwa sembarangan krn bnyk ulama muda tinggi ilmu yg mengingatkan .

  • Muhammad Tapsirin
    Muhammad Tapsirin 3 hari yang lalu

    sdh menyimpang ngapain d dengar mhn hti3

  • MH Subhakti
    MH Subhakti 4 hari yang lalu

    Org skrg paling ska jdi pling bnar dn mnyalahkn org yg mereka kira salah

  • Zulfan Hendri Harahap
    Zulfan Hendri Harahap 4 hari yang lalu

    Mungkin karna uda tua pak shib itu jd mikirnya ngk normal.masa jilbab ngk wajib.

  • Adis Mardinas
    Adis Mardinas 4 hari yang lalu

    pemahaman yg salah ustad

  • SINDI RUBIANTI VSP BANDUNG
    SINDI RUBIANTI VSP BANDUNG 4 hari yang lalu

    setuju sama ust. UAH, ust. UAS, Ust. Khalid, ust. Firanda, di Al-Qur'an tertulis jelas klo perempuan muslimah wajib menutup aurat.

  • mario Dopo
    mario Dopo 4 hari yang lalu

    Aurat (Arab: عورة, transliterasi: Awrot) adalah bagian dari tubuh manusia yang wajib ditutupi dari pandangan orang lain dengan pakaian.
    Apakah Rambut pun tidak boleh dipandangi oleh orang lain?
    Apakah Rambut dan Kepala dapat mengundang dosa?
    Saya setuju dengan Bpk.Quraish Sihab.

  • Andika Dwi Febrianto
    Andika Dwi Febrianto 4 hari yang lalu +1

    Saya mau nanya kalau misal ada 2, wanita yg satu tdk berhijab tpi berpakain tertutup dan tidak menimbulkan syahwat bagi laki", nah wanita yg satu pakai hijab tetapi semua lekuk tubuhnya keliatan (pakaian ketat) dan menimbulkan syahwat bagi laki". Dari 2 wanita diatas lebih baik yg mana?
    Saya tau lebih baik yg berhijab sesuai syariat islam(tdk menimbulkan syahwat). Jgn ada yg jawab itu karna saya sudah tau.
    Tolong beri jawaban kalian!
    Terimakasih

  • Anjar Waty
    Anjar Waty 4 hari yang lalu

    Astaghfirullahal'adziim

  • Imam Subeki
    Imam Subeki 4 hari yang lalu

    7 an adminnya berhasil,??

  • Muhammad Hayat
    Muhammad Hayat 4 hari yang lalu

    Setidaknya kalo tidak terima dengan pendapat beliau, ya tidak usah mencaci,
    Karna selain beliau bergelar mufassir beliau juga habaib
    Lah kalian punya gelar apa?
    Mufassir ya tidak, habaib apalagi.

    • Muhammad Hayat
      Muhammad Hayat 3 hari yang lalu

      +Rid One yang saya bidik bukan hanya tentang gelar yang di miliki, tapi usaha untuk mendapatkan gelar itu, mendapat gelar mufassir bukan hal yang mudah, tentunya harus dengan kecerdasan yang luar biasa, dan terbukti beliau sudah mendapat gelar itu, yang artinya hukum yang beliau fatwakan tidak asal asalan, meskipun keliatannya provokatif.

    • Rid One
      Rid One 4 hari yang lalu

      Kalau punya gelar bebas yah .kalau buat patwa,kata dia nabi juga belum tentu masuk surga,ini omongan macam apa dari seorang yang punya gelar habib,🤣🤣🤣🤣

  • Sabar Rambe
    Sabar Rambe 4 hari yang lalu

    Ulama Zaman akhir
    Bangga anaknya g pake hijab
    Naudzubillah

  • harryaragon5
    harryaragon5 4 hari yang lalu +1

    Contoh org tua munafik putar belit..

  • Uqy Shop
    Uqy Shop 4 hari yang lalu +7

    Quraisy shihab menafsirkan quran dengan hawa nafsunya

  • Elang Rama
    Elang Rama 4 hari yang lalu

    Ilmu nya kelebihan y

  • ali shema
    ali shema 4 hari yang lalu

    Mohon maaf ya jangan salah pak quraisy shihab
    Pahami lebih jauh dengan pak quraisy shihab dia lebih mengerti.
    Paham ya

  • Muhammad Irvan
    Muhammad Irvan 4 hari yang lalu

    يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمً
    Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS Al ahzab ayat 59)

  • Ali Khaidlari
    Ali Khaidlari 4 hari yang lalu +3

    beliau udah sesuai kitab para ulama.memang khilaf para ulama tentang aurat wanita.udah pernah 2 kali di bahas dalam bahtsul masail.lagian ayat lain menjelaskan orang2 baik itu alladzina jajtanibuna kabairol itsmi illal lamam(orang2 yang menjauhi dosa2 besar walau sulit menjauhi dosa kecil).buka aurot itu dosa kecil.zina yang dosa besar.di bandingkan dengan menghina atau ngejugde orang itu juga dosa besar.ibarat orang yang ngebalik ayat itu sama dengan orang yang anti soda tapi minum arak😍😀😀😀

    • Ali Khaidlari
      Ali Khaidlari Hari Yang lalu

      Arma wati salafi dari yaman,ekstrim banget dan wahabi itu dari najd arab saudi.kalo mbak orang wahabi ikuti aja syekh utsaimin dan syekh bin baz di saudi.jangan khalid basalamah dan ustad2 wahabi baru laennya.bertolak belakang dengan ajaran aslinya di saudi

    • Ali Khaidlari
      Ali Khaidlari Hari Yang lalu

      Arma wati khalid basalamah itu ulama wahabi..pelajari sejarah wahabi sebelum nganggap beliau sebagai ulama besar.ulama besar itu kayak mbah maimun,mbah dimyati kendal,yai miftahul akhyar,buya syafi'i,gus nadir husen,guru zaini kalimantan.yang sudah jelas2 ribuan santrinya jadi kyai dan ustad dan tokoh bangsa.

    • Arma wati
      Arma wati Hari Yang lalu

      +Ali Khaidlari tpi kebanyakan ustad ataupun para ulama seperti ustad Khalid basalamah mengatakan bahwa membuka aurat itu dosa besar, tingkatan dosa membuak aurat itu sma dengan berzinah,krn kenapa krn setiap perempuan tersebut keluar rumah tanpa menutup auratnya ia pasti selalu mendptkan dosa krn memperlihatkan yg seharusnya tdk boleh dilihat oleh si yg bukan mahramnya, wallahualam.
      Mengenai kitab yg dikarang ibnu hajar yg judulnya azzawajir jujur sya blum baca mengenai membuka aurat itu termasuk dosa kecil, krn saya cari di google kitan itu gak dpt2,dan klw misalkan anda punya kitabnya tolong ditunjukkan sma sama statement nya😊, biar salin sharing ilmu jga

    • Ali Khaidlari
      Ali Khaidlari 2 hari yang lalu

      Arma wati buka kitab imam ibnu hajar yang berjudul az zawajir.kenyataannya buka aurot itu dosa kecil.

    • Arma wati
      Arma wati 2 hari yang lalu

      Sebaiknya hati2 dengan statement anda yg mengatakan bahwa buka aurot itu dosa kecil

  • Arifin Wibowo
    Arifin Wibowo 4 hari yang lalu

    Astagfirullah...

  • Dwi Ikmawati
    Dwi Ikmawati 4 hari yang lalu

    Yg parah itu berjilbab tapi suka selingkuh. Itu baru penomenal

  • X SHIZU'I
    X SHIZU'I 4 hari yang lalu +2

    cobak anak kmu sruh berhijap kecebong....

  • Ashr Miftahul
    Ashr Miftahul 4 hari yang lalu +1

    Udah ada di al-qur'an wajib

  • Muhammad Ikhsan
    Muhammad Ikhsan 4 hari yang lalu +14

    seperti yg di ungkapkan ustadz jngan buang energi... gk usah d dengar...

  • sigid saputra
    sigid saputra 4 hari yang lalu

    Klau memahami islam tanpa hadist 2 yg shahih dari pemahan para sahabat psti akan tersesat pemahamanya,

  • dian pratiwi
    dian pratiwi 4 hari yang lalu

    Jilbabnya sudah menutup aurat belum?

  • abdul rahman palinge
    abdul rahman palinge 4 hari yang lalu

    assalamu alaikum pak prof..Qurais shihab...semoga sehat selalu.

  • Ai Link
    Ai Link 4 hari yang lalu +1

    Tdk ada pernyataannya Abi yg mengatakan bahwa menutup aurat itu tidak wajib, tp yg saya pahami dr beliau memberi beberapa pendpt dr ulama ttg jilbab, beliau malah menegaskan bahwa menutup aurat harus dgn kesadaran...

    • abdul rahman palinge
      abdul rahman palinge 4 hari yang lalu +1

      inilah kelebihan pak qurais...
      karna memaparkan berbagai pandangan ulama masalah jilbab..
      jadi bukan menenggelamkan pendapat yg lemah...tetapi memberikan pilihan pada kaum muslimat....
      saya tetap hormat/memuliakan pada beliau...seorang yg sudah 60 tahun lebih bergelut dengan ilmu ilmu quran tidak akan hina dimata Allah hanya karna celaan orang2....
      saat ini beliau menjadi jembatan saya mengenal al Quran/ dari berbagai karyanya...
      semoga saya bisa dipertemukan dengan beliau...didunia dan akhirat.

  • Black White
    Black White 5 hari yang lalu +1

    bagus ibu pertanyaannya
    kasian bapak menyimbang jawabannya ...
    disebutkan siapa ulama berkata, jangan ngarang garang

  • Hasbi Ansyari
    Hasbi Ansyari 5 hari yang lalu

    Ngawur bnget quraish

  • Andre Gendeng Andre1975
    Andre Gendeng Andre1975 5 hari yang lalu +1

    ALIRAN SESAT....

  • ServusAudio
    ServusAudio 5 hari yang lalu

    Jawaban sakarepe dewe

  • Sidik Ali
    Sidik Ali 5 hari yang lalu

    Bila terkena btang hidung dewek bukan jadi macan malaaa ngawoor jawapan nyaaa ...

  • Muhammad Raju
    Muhammad Raju 5 hari yang lalu

    Parah sesat total quraish shihab jancokk

  • Neni Juliani
    Neni Juliani 5 hari yang lalu +1

    Keponakan yg msh TK aja tau .jilbab kewajiban perempuan ...

  • gandol sakti
    gandol sakti 5 hari yang lalu

    Nyangkal aja anda itu ustad,astagfirullah kesinggung kali dia,malu deh lo,kok ga d paksakan,nyleneh lo pak jg bikin orang awam ga jd kerudungan donk,

  • Tampan GAMING
    Tampan GAMING 5 hari yang lalu

    Udah jelas hukumnya wajib menutup aurat dengan cara berjilbab atau berhijab (pembatas) malah cari seribu alasan pembelaan, udah tau salah dibela pula sama pens pens nya dengan berbagai alasan. Yang gue mau tanya kalian yang ngebela salah begini lebih paham Alquran daripada Rasulullah apa gimana ??

  • Agha Nugraha
    Agha Nugraha 5 hari yang lalu +15

    Bukan masalah jilbabnya paaak !!!! tapi pertanyaan ibu ini masalah auratnyaaa !!!!. Menjaga aurat itu wajib, dan jilbab adalah sala satu penutup aurat, simple !

    • RISMAN IMAN
      RISMAN IMAN 2 hari yang lalu

      +anifah nuriha afwan

    • anifah nuriha
      anifah nuriha 2 hari yang lalu

      RISMAN IMAN ya salah satu. Kan selainnya ada kaos kaki. Gamis. Dll. Hehe. Mgkn gt maksudnya

    • Ziero Aro
      Ziero Aro 2 hari yang lalu

      Wanita itu batas auratnya kecuali muka dan telapak tangan. Nah si ustad juga bilang masa jilbab disamakan dengan cadar. Mungkin lagi khilaf si ustad

    • RISMAN IMAN
      RISMAN IMAN 3 hari yang lalu

      Salah satu?

  • Javan Fauzi
    Javan Fauzi 5 hari yang lalu

    Quraisy shihab ke agamaannya masih di pertanyakan.anak,istri,cucu gak ada yg pake jilbab dan yg parahnya si kakek ini menjabarkan suara kasus sesuai akalnya bukan dari hadist

  • Vivie Toyibul
    Vivie Toyibul 5 hari yang lalu

    Ini negara Indonesia bukan negara Khalifah

  • Anisa Adja
    Anisa Adja 5 hari yang lalu +1

    Ulamak yg sesat dan menysatkan, nnati setelah lepas kerudung akan melepaskan pakaian

  • Solihin Salleh
    Solihin Salleh 5 hari yang lalu +3

    Ah gila ni arab....skuler ke bablasan...kahwinkan anak harus habaib tapi islam ngak di jaga...sudah kebarat2 an...

  • marvin ligart studio
    marvin ligart studio 5 hari yang lalu +2

    maunya di debat sama ust adi, biar imbang n sy yakin bp.qurais kalah

    • marvin ligart studio
      marvin ligart studio 5 hari yang lalu +1

      +Fandi Achmad ga jaminan mas, klo banyak prestasi tapi membelokkan hukum islam, cam mana itu

    • Fandi Achmad
      Fandi Achmad 5 hari yang lalu

      Beda kelas mas... Dai lokalan sama Mufti yg karyanya dibaca di universitas Islam seluruh dunia...
      Dari segi ilmu dan adab UAS dan UAH masih harus belajar...

  • Ferdy Vidic
    Ferdy Vidic 5 hari yang lalu +3

    Eh Qurai sihab... Gw orang bodoh ya. Menutup aurat itu wajib dalam Al Quran. Bkn mslh ulama ulimi siapapun.

    • Eli Sutrisno
      Eli Sutrisno Hari Yang lalu

      beraeti lu gak bodoh bg, masih bodihan dy