Tap to unmute

DEBAT PANAS!!! RAMAI-RAMAI PETISI TOLAK IKN

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 10 Peb 2022
  • - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
    Thank u for watching. Don't forget to subscribe, like, and comment my youtube channel !
    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
    Find me on social media :
    Instagram : presidenilc
    Instagram : indonesialayters.. .
    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
    For IDclips business inquiries related to My video/channel, such as brand's placement, contact: ilccomeback@gmail.com
    Contact Business Inquiries Only: ilccomeback@gmail.com
    Indonesia Lawyers Club IDclips is under management of ILC Management

Komentar • 5 881

  • Bintang Masa depan
    Bintang Masa depan 8 bulan yang lalu +4

    Hilangkan sifat iri dan dengki yg bs memecah bela bangsa!!

  • PRAMS CHANNEL
    PRAMS CHANNEL 9 bulan yang lalu +2

    Smga bang karni ilias selalu diberikan kesehatan , dan selalu memberikan jamuan yg mendidik dan berwawasan rindu sekali lihat seperti ini , mantab mantab , mau pindah baik gak pindah juga baik karena setiap orang pasti punya argumentasi masing masing , kalo saya sabar dulu karna keadaan nasional indonesia masih blm pulih . Ya coba 1 thn ini kita lihat situasi dan kondisinya sembari 1 thn ini siapakan semuanya agar jgn sampai salah berhitung dan bersikap , beehitung anggarannya , bersikap dlm menjalankannya , terima kaaih

  • sobirul istiqam
    sobirul istiqam 9 bulan yang lalu +1

    Melihat jalannya diskusi : Dari gayanya berbicara msg2 narasumber, bisa terlihat dengan gamblang mana yg menggunakan 'kekuatan logika' dan mana yg hanya memiliki 'logika kekuatan' dan tdk beretika alias ngotot

  • Bimo Adji Wicaksono
    Bimo Adji Wicaksono 9 bulan yang lalu +2

    Dengan pindahnya IKN RI, semoga hilang keangkuhan dan eksklusifme pulau Jawa, termasuk orang2nya.

  • Cahyo Umar Guritno Guritno tarjoo lelono.

    .."dlm dunia politik yg tidak dikatakan itu bagian yg terpenting.."..Gestur dan Kecemasan..itu..Kira paling menjawab mendekati keadaan sbenarnya..🤔

  • Satuman man
    Satuman man 9 bulan yang lalu +7

    Berfikir bening jernih dan berkarya untuk bangsa Indonesia menuju jaya raya lebih utama dari yang lain

  • Elria Sidabutar
    Elria Sidabutar 9 bulan yang lalu

    Apapun ceritanya Ibu kota adalah tempat bersatunya segala bentuk persaingan dalam mencari nafkah bukan mencari kekokoran,maka dari itu warga desa di seluruh RI datang ke Ibu kota untuk merubah nasib dimana orang pergi jalan kaki pulang naik taksi,bukan sebaliknya,itu intinya.

  • Mbah jenggot vloq
    Mbah jenggot vloq 9 bulan yang lalu +2

    Orang orang yg menentang ibukota pindah itu orang2 yg gak ingin NEGRI ini Majuu.

  • Agus Yulianto
    Agus Yulianto 9 bulan yang lalu

    Semoga Indonesia baik-baik saja

  • Gaming SovT
    Gaming SovT 9 bulan yang lalu +6

    Sungguh cerdas mereka bersilat lidah 👅

  • Grab Strong
    Grab Strong 9 bulan yang lalu

    "sekarang momen yang tepat" pengin ngakak... segitunyakah gak punya duit mau membangun rumah...akhirnya ngutang, saat utang gak sanggup bayar disitalah rumahnya... apa sengaja mau begitu ya, mereka ini pro NKRI apa pro Aseng..? Pindah kemanapun silakan, tapi kok ngotot saat kondisi seperti ini. Memajukan daerah lain itu tinggal banyak2in aja pembangunan di daerah itu.

  • Sukamto Yanto
    Sukamto Yanto 9 bulan yang lalu +2

    Orang2 yg setuju IKN itu orang2 yg ga mau maju otaknya egois tidak tau pemerataan ekonomi di Indonesia

  • ira maniza
    ira maniza 7 bulan yang lalu

    Semoga apa saja polemik di negri ini bisa terselesai kan dengan baik

  • Sheza Travelling
    Sheza Travelling 9 bulan yang lalu +5

    Diskusi yang menambah pengetahuan dan wawasan,.. kita bisa tau mana pendapat yg benar utk kepentingan masa depan dan mana pendapat utk kepentingan saat ini... Jika perencanaan dilakukan dengan kajian dan kematangan yg sunguh2, maka hasilnya akan menjadi baik, jika perencanaan dilakukan dengan nafsu, kesempatan dan keinginan utk cepat berubah, ya hasilnya akan saling menyalahkan... Moga aj para petinggi dan elit negara yg kita cintai ini bukan merencanakan dg nafsu dan keinginan cepat berubah...
    Katanya di Sumatera ekonominya aman2 aj.. tapi kenyataannya bnyak yg ngeluh terutama bagi masyakarat menengah kebawah... Terima kasih ungku @karniilyas kita baru tau, Riau atau sumatera lebih besar kontribusinya terhadap bangsa yg kita cintai ini...

    • doddy santoso
      doddy santoso 9 bulan yang lalu +2

      Keluhan sebagian masyarakat tetap akan ada broooo, ini bkn terjadi di Indonesia saja. Di negara maju pun tetap ada, ini sdh hukumnya alam semesta, ada yg kaya ada yg miskin. Tp pemerintah tetap hrs memperlakukan adil antara yg kaya dan miskin. Jd pemindahan IKN jg mrpkn bagian dari merubah peradaban masyarakat Indonesia agar siap bersaing dgn negara lain. Klo kita melihat dari sisi negatifnya terus, ya Indonesia tdk akan maju.

  • Wak Nolong
    Wak Nolong 9 bulan yang lalu

    boleh sampaikan sesuatu yang sekiranya terlihat, terlewatkan seakan tidak ada tim atau pihak yang mengomentarinya atau sekilas ingin bersikeras agar pendapatnya musti di dengar atau , "harus", bahkan pemerintah pun harus mendengarkannya atau wajib patuh, akal hal apa?, berapa kali pemerintahan yang sudah kita lewati yang mewajibkan setiap yang kalah harus mengikuti atau harus legowo (tidak terlalu mencampuri sekali setiap keputusan pemerintah yang telah menang atau yang berkuasa), terkhususnya terhadap IKN ini, katanya IKN ini sudah lama ada kok enggak pernah terealisasikan, coba di ingat kita udah berapa kali pemerintahan ini seharusnya sudah jadi (IKN) bukan seperti yang sekarang, "masih dalam wacana saja", pintar tidak orang pintar Kita, perduli tidak mereka akan nasip bangsa ini (berbicara anggaran ini sudah harus di persiapkan diri pemerintahan yang terdahulu bukan pemerintah yang sekarang, boleh rakyat bertanya mana dana itu (untuk IKN ini).

  • AbdulWahabNasar AWN
    AbdulWahabNasar AWN 9 bulan yang lalu +1

    IKN tetap jalan walaupun kita banyak hutang, krna tdk ada kekuatan yg bisa menghalang

  • Ery Ernest Nasution
    Ery Ernest Nasution 9 bulan yang lalu +3

    Semua kebijakan Pemerintah mau nantinya baik atau tidak baik pada akhirnya semua dampaknya rakyat yang merasakan. Intinya setuju2 aja IKN dipindah kalau pada akhirnya tidak membebani rakyat.

  • Amir Al Qodri
    Amir Al Qodri 9 bulan yang lalu

    Pindah IKN seperti rumah tangga yg terjerat pinjol, nyicil utang pake utang, tapi maksa diri beli rumah mewah. Dah miskin, belagu.

  • Syarif Usman
    Syarif Usman 9 bulan yang lalu +5

    Saya nggak PRO dan nggak juga KONTRA. Tapi kalau IKN memang harus pindah, ya pindah aja, kan semuanya udah dibangun. Daripada ditunda-tunda, ujung2nya nanti bangunannya malah rusak. Kalau mau dirame-in, mestinya dulu, waktu masih dalam bentuk wacana.

    • imashu story
      imashu story 9 bulan yang lalu +1

      Ngambil keputusan sepihak tdk memdengarkan yg kontra dgn mrk, seperti puan kalau ada yg protes berseberangan dgn keinginan mic dimatikan, kalau sdh seperti itu yg mau protes bgmn caranya

  • dirman suharto
    dirman suharto 9 bulan yang lalu

    Petisi Jalan terus, IKN juga harus Jalan terus, Kita sama Jalan sajalah yg penting jangan saling mengganggu. Masing2 Jalan ditreknya saja. Kalau saling ganggu2 sikat saja.

  • Naruto Hinata
    Naruto Hinata 9 bulan yang lalu

    Abaikan aja yg nolak bgmn pun g mungkin pemerintah itu membangun apapun itu kecuali untuk kemajuan bangsa ini.

  • Affan Said Djumakari Gassing
    Affan Said Djumakari Gassing 9 bulan yang lalu

    Hahahaha detik2 terakhir bang karna mantap sebut Riau. Maka ketahuan penjilat dan pendusta yg hanya memikirkan diri sendiri bukan untuk NKRI. Mantap IlC

  • Erwin official007
    Erwin official007 9 bulan yang lalu +14

    Semoga Indonesia menjadi lebih baik kedepannya aamiin.. Apapun yg terjadi

    • JASMERAH NUSANTARA
      JASMERAH NUSANTARA 9 bulan yang lalu

      @A Suardi persepektif yang cerdas !

    • I Nyoman Sudarma
      I Nyoman Sudarma 9 bulan yang lalu

      Kalau kamu pinter,dan mengatasnamakan rakyat tentu kamu sudah jadi dpr dong nyatanya nggak tuh

    • A Suardi
      A Suardi 9 bulan yang lalu

      Achmad Nur Hidayat pemuda yang Fesimistik , tidak cocok untuk jadi kaum milenial, manusia berpikiran sempit dan tumpul, tidak ambisius dan inspiratif. Kaum Muda Milenial harus punya Visi dan Misi besar untuk masa depan Indonesia yang lebih Megah Maju dan jaya. Ibukota Baru akan menjadi awal sebuah Peradaban Kejayaan Indonesia. Coba Achmad lihat mau diapakan lagi Jakarta yang sudah tak layak lagi jadi Ibukota Negara, Jawa saja sudah sangat Padat 160 Juta jiwa penduduk , melebihi setengahnya Penduduk Indonesia, ini bahaya Besar buat masa depan Indonesia dan Khususnya pulau jawa. Jangan Ego dan takut akan miskin ditinggal Ibukota Negara. Justru Jakarta akan lebih mudah dibenahi dan jawa akan lebih mudah diurus, Lahan bisa dikembalikan jadi kawasan Hijau lagi, kalau Ibukota RI sudah pindah ke kalimantan, karena Migrasi ke pulau jawa akan berhenti, orang akan memilih hidup di tempat yang dekat ibukota atau mengembangkan daerahnya masing masing karena Ibukota menjadi Netral dan adil , karena ibukota terletak di tengah tengah dan setiap bangsa Indonesia akan mengembangkan wilayahnya berkualits karena Ibukota Baru tidak lagi menjadi tempat mencari kehidupan Baru atau tempat mencari peruntungan dengan berbagai bisnis atau berpolitik, Ibukota Nusanatara hanya menjadi Pusat Administrasi negara yang akan lebih efisien dan efektif dalam membangun Negara dan Wilayah secara merata

  • Wid Wira
    Wid Wira 9 bulan yang lalu

    Kelihatan banget mana yang kurang data dan ngotot, lebih baik dari pihak yang membuat petisi nyapres 2024, dari pada sakit hati jargonnya belum pernah menang😊😁

  • Lutfie Pribadi
    Lutfie Pribadi 9 bulan yang lalu +1

    Kami warga Jateng tolak ikn Krn ekonomi sedang susah rakyat sedang payah

  • MŘ ĐJ
    MŘ ĐJ 9 bulan yang lalu

    Yg menolak gerombolan itu2 aja, apapun yg di putus kan pemerintah gerombolan2 itu slalu teriak2 seolah2 mewakili rakyat, padahal mereka bajingan2

  • Jayadi Aja
    Jayadi Aja 9 bulan yang lalu +2

    Ane sih nyimak aje deeeh ....
    Tapi ane dukung PARA PETISI yg menolak IKN.
    Semoga para petisi selalu di berikan kesehatan & kekuatan oleh Allah SWT.
    PEMERATAAN EKONOMI & PEMBANGUNAN DI SETIAP DAERAH .
    BUKAN BERARTI IBUKOTA HARUS PINDAH.

  • MUHAMAD
    MUHAMAD 9 bulan yang lalu +7

    Apapun yang terjadi, seribu cara akan dilakukan untuk suksesnya IKN?

  • yoga gandhozt
    yoga gandhozt 9 bulan yang lalu

    Duduk berdebat dan di bayar. Apakah kita juga hrs memusingkan diri sama ucapan mereka ? Tentu tidak perlu.

  • Rosyid Muji Asmoro
    Rosyid Muji Asmoro 9 bulan yang lalu

    ada nara sumber sangat penting yg belum dihadirkan, yaitu ahli strategi letak ibu kota yg tidak mudah dijangkau olrh persenjataan musuh yg ingin menguasai ibu kota negara.

  • Helmi fajar Helmi fajar
    Helmi fajar Helmi fajar 9 bulan yang lalu

    Semakin dewasa, maka semakin tau & terlihat kita terlalu bnyak kejahatan2 & pengkianat2 bangsa d negri ini..yg bertopeng. Semoga ALLAH SWT LAH YG MENGAZAB KALIAN PARA PENGJAHAT & PENGKIANAT2 BANGSA, AAAMMMIIÌN.

  • vetri ardi
    vetri ardi 9 bulan yang lalu

    Ibu kota belum boleh pindah, kawasan industri silakan pindah. Pemindahan ibu kota harus dikaji sematang matangnya.

  • manusia aja
    manusia aja 9 bulan yang lalu +9

    Menghindar dari Jakarta yg katanya akan tenggelam th 2050 menuju ke tempat yg tidak ada airnya tp sering banjir krn tanahnya lempung semua.
    Negara Belanda dari dulu lebih rendah dari laut dan sampai skrg baik2 saja.
    Biasakan untuk membuat sesuatu yg lebih baik dari lama.
    Lebih baik geografisnya, keamanannya, pertahanannya , udaranya , airnya dll.
    Dan pastikan di bangun 100% dari dana sendiri dan oleh BUMN yg terkait tanpa campur tangan negara lain agar pertahanan ,keamanan dan kerahasiaan terjaga dg baik.
    Jangan gegabah, jadilah orang yg cerdas.
    Tau gak punya uang, punyanya cuma hutang...lg pandemi bukannya fokus pd pembenahan mental, moral, kesehatan dan ekonomi.
    Malah sibuk dg IKN yg asal di mulai dulu !!!

    • tri hartanto
      tri hartanto 9 bulan yang lalu

      iya, tapi sayangnya pemerintah dki gak kooperatif sama pemerintah pusat buat ngatasin teluk jakarta, klo nunggu2 terus... blm sempet dipindah udh tenggelem duluan pemerintahan di dki, karena buat ikn baru aja butuh 20thn lebih perkiraan di thn 2045 baru siap

    • Rian danito
      Rian danito 9 bulan yang lalu +1

      Bener bgt !

  • Rudolf Napitupulu
    Rudolf Napitupulu 9 bulan yang lalu +4

    Debat tidak menyelesaikan masalah,hanya mempertahankan pendapat masing-masing,masyarakat biasa hanya bisa tertawa menyaksikan.

  • Soekardi Kardi
    Soekardi Kardi 9 bulan yang lalu

    Wajar , karena panik, sakit hati, kecewa, iri hati, stress, marah .... campur aduk jadi satu, merasa intelektual,punya kelebihan dari yg lain...namun tak dpt bagian kue.... dari pembangunan merasa tersingkirkan, wa laupun punya gelar terhormat..!!

  • Cellovita Ramadhani
    Cellovita Ramadhani 9 bulan yang lalu

    Betul bang arya sangat setujuh sekali orang2 yg gak setujuh itu karena itu hanya ingin jatuhkan pemerintah jokowi,takut miskin mereka itu.jossssssss bang arya

  • anthony luhulima
    anthony luhulima 8 bulan yang lalu

    IKN langkah tepat untuk mengubah wajah Indonesia dari Jawasentris menjadi Nusantarasentris, yang Nyinyir adalah Pecundang Tanpa Prestasi bagi NKRI.

  • LANTUNAN ZAMAN
    LANTUNAN ZAMAN 9 bulan yang lalu +69

    "PENJAHAT" JIKA SUDAH KETAHUAN "BELANGNYA" / "KEJAHATANNYA" / KESALAHAN/KEKALAHANNYA = CENGAR-CENGIR!
    :)

    • Seribu Channel
      Seribu Channel 9 bulan yang lalu

      @Dimas Angga Kadrun Penipu Pencuri Duit Rakyat antek-antek cukong komunis enyahlah kalian semua dan masuk ke gorong-gorong yang gelap

    • Mr DenKu
      Mr DenKu 9 bulan yang lalu

      @Sai Pudin yaiyalah rakyat kredit panci, kompor, kendaraan dll Krn ketidakmampuan membeli cash klo ga bisa bayar siap2 dc datang tarik dah tuh dan bagi yg mampu tinggal tunjuk bayar cash 😁
      Masa pemerintahan kredit ibu kota klo tunggak bayar masa mau di tarik dc, kan lucu 🤣

    • Mr DenKu
      Mr DenKu 9 bulan yang lalu

      @Yuweni Esthi meneruskan hutang 7000T ya.
      Kata pemimpin barunya, apes ditinggalin beban hutang 🤣🤣🤣

    • CV INTAN BRILIAN
      CV INTAN BRILIAN 9 bulan yang lalu +1

      Tengelamkan
      mafia oĺigarki.

    • Seribu Channel
      Seribu Channel 9 bulan yang lalu

      @Dimas Angga Kadrun Maling duit Rakyat - Nipu Rakyat..- Penjahat yang di bela kaum gorong-gorong...... cengar-cenger tunggu nyungsep di tawur rakyat wkwkkww se7 bro

  • Nandang Saifuddin
    Nandang Saifuddin 8 bulan yang lalu

    Mungkin ibukota negara memang harus pindah, tetapi skrng ini waktunya belum tepat, dlm keadaan negara yg serba sulit seperti skrng ini pemerintah terkesan memaksakan diri, karena mungkin ingin di nilai berhasil membangun ibukota negara yg baru, pdhl kita sama2 tau bahwa wacana perpindahan ibukota negara bukan hal baru, dlm kata lain bukan program pak jokowi, tp presiden yg dulu2 sudah merencanakan nya, cuma momen nya belum pas, mengingat hutang kita masih besar, saya bersyukur klw pembangunan ikn ini pake uang dingin (duit kita sendiri), tp klw dr hasil ngutang, minjam, maka saya prihatin dngn masa depan negri ini klw hutang luar negri kita sudah di batas kemampuan kita.. Kerena taruhanya negara dan rakyat yg akan jd korban,

  • yosep didik hernanto
    yosep didik hernanto 9 bulan yang lalu +1

    Saya yakin kalau sudah jadi WOW WOW WOW hebat ya, anggap saja mereka kerikil tajam dan Pak Jokowi jalan terus menuju Indonesia HEBAT.

  • Hamdani Saberan
    Hamdani Saberan 9 bulan yang lalu

    Saya org klimntan yg merantau di jawa.. saya sangat mendukung IKN

  • Kristoflomabol Kristo
    Kristoflomabol Kristo 9 bulan yang lalu

    Yg menolak IKN adalh komplotan para kadrun yg sakit hati..klu ibu kota pindah ke kltim mereka sdh tdk dapt panggung ..tdk sprti di jkarta lg yg seenak udelnya demo demi mendpatkn nasi bunkus..🤔🤔

  • Bang toba⁷⁰³
    Bang toba⁷⁰³ 9 bulan yang lalu +3

    MK layak memprioritaskan Jusidial review ini.
    Sebab menyangkut masa Depan NKRI

  • Agung Mahkota
    Agung Mahkota 9 bulan yang lalu

    Jangan takut maju dan jaya Indonesia SDA melimpah

  • S_bjanto
    S_bjanto 8 bulan yang lalu

    Yang menolak itu karena gak kebagian "kue" atau mungkin dengan hengkangnya ibukota malah mengancam "kue" yang sdh ada dan di dapat, jadi takut kehilangan "kue"

  • amsori Sori
    amsori Sori 9 bulan yang lalu

    Yg nolak sampah mnghambat kmjuan bangsa , bisa ny cm menolak tnpa mmberi solusi, utk kmjuan bangsa ,,

  • Juragan Anom
    Juragan Anom 8 bulan yang lalu

    Aneh tapi nyatu ini para pengelola negeri prilakunya makin busuk aja semakin hari ,dikira mau hidup sendiri dan selamanya ngelola negara sa ena e udel e dewe

  • Tanjung Sitanggang
    Tanjung Sitanggang 9 bulan yang lalu +11

    Kata tokoh layaknya diberikan kepada orang yg berpengaruh dan punya banyak jasa kebaikan untuk bangsa dan negara. Dan punya visi dan misi membawa indonesia ke arah kemajuan.

  • chenel petualang
    chenel petualang 9 bulan yang lalu

    Hanya segelintir golongan kadrun yg menolak IKN, dan barisan sakit hati

  • Gilang Ramadhan
    Gilang Ramadhan 9 bulan yang lalu

    petisi itu yg mendukung cuma seglintir orang" yg sakit hati dan grombolan itu" aja. dan petisi itu bukanya berhentikan Pak Jokowi. justru tambah semangat untuk membangun IKN. din samsudin kan grombolan sakit hati. tetap orangnya itu" jg.

  • Simon Lelaona
    Simon Lelaona 9 bulan yang lalu

    Wajah ini propokator yg sesungguhnya..mereka2 ini anti dgn pemerintahan terutama benci kpd jokowi jd saya sbg rakyat kecil tdk heran,krn sebaik apapun kebijakan pemerintah di jidat mereka tdk ada yg benar.

  • Widy Wijaya
    Widy Wijaya 9 bulan yang lalu

    lanjut terus IKN, jgn dengarin para songong2 ini

  • Sudrajat Sudrajat
    Sudrajat Sudrajat 9 bulan yang lalu +58

    Jangan samakan pembangunan infrastrurtur dengan pemindahan ibu kota, ibukota itu ada sejarah, pertahanan dari luar, letak geografis untuk mobilisasi yang efektif, biaya yang dikeluarkan, dll

    • A Suardi
      A Suardi 8 bulan yang lalu

      @Jaka Andra justru kamu harus memahami sekali mengapa ibukota RI harus pindah ke laur jawa. Pertama penduduk jawa 160 juta melebihi setengahnya penduduk indonesia. Kenapa ? Karena migrasi sangat tinggi ? Kenapa sangat tinggi ? Karena jawa punya ibukota dan kualitas berbagai kesempatan ada di jawa. Lalu sampai kapan kondisi Ini akan terus begini? Semua usaha sudah diusahakan dari jaman Soeharto Sampai SBY , yg terjadi penduduk jawa terus padat kosentrasi hanya berputar di jawa dan khususnya jagotabek. Saya orang Sunda mendukung sekali perpindahan ibukota RI ke luar jawa. Jabar jadi korban migrasi yg sangat tinggi. Konglomerat turunan China banyak membangangun apartemem di bandung dan jabar sekitar dan jakarta untuk siapa? Bukan untuk penduduk asli. Jelas perpindahan ibukota akan membangun zona ekonomi baru, bukan memindahkan perekonomian Tetapi membuka zona ekonomi baru. Dalam artian akan diusahakan tumbuh perputaran dan Pertumbuhan ekonomi baru di pulau kalimantan khususnya, dan perekonomian di jawa tetap biasa berjalan. Dan Karena dengan pindah ibukota ke kalimantan, jumlah penduduk di kalimantan akan bertambah den itu syarat utama membuka zona ekonomi baru, dan penduduk IKN akan menjadi Konsument terbesar. Jangan bandingkan pemindahan ibukota dgn negara lain, negara lain bukan kepulauan Tetapi daratan, punya kepentingan yg sama Tetapi tujuan berbeda.

    • Jaka Andra
      Jaka Andra 8 bulan yang lalu

      @A Suardi kalau ngomong itu make data ga ada sejarahnya pemindahan ibukota di dunia ini dapat menambah ekonomi

    • Dimas Angga
      Dimas Angga 9 bulan yang lalu

      K DRUN nyungsep di negri yg subur... 🤣
      Merantau sana nyangkul.... Ongkang-ongkang kaki sih... 🤣

    • edi hermawan
      edi hermawan 9 bulan yang lalu

      @MR Buls 😂😂😂 tehnologi 5 - 10 th ketinggalan jaman ? Lha yang di pake indonesia kan emang yg kecepatan mak 300 km/ jam , kalo indonesia mau china juga bisa ngasih yang sistem mgnetic kolaborasi dgn jerman dgn proyek kereta maglevnya cuman otomatis biayanya lebih mahal lagi . N coba anda nyari berita proyek kereta cepat kerjasama jepang n india yg sampe sekarang malah nggak jelas n kemungkinan besar mangkrak. Akibat dari g to g . Jepang maunya ngajarin n ngasih pinjaman doang nggak mau ngambil resiko dgn investasi kereta cepat di indonesia jadi berhasil ato tdk proyeknya jepang tetep dapet cuan dari hasil pinjaman . 😏😏😏 mosok yang kayak gitu nggak mudeng. Pemerintah nggak mau dikadalin jepang yg cuman nawarin ngasih pinjaman duit doang minim resiko. Contoh yg sedang terjadi di india. Anda bisa nyari beritanya dari sumber mana aja, krn hari gini nyari berita yg valid gampang kecuali anda seneng yg hoax2 🤭🤭🤭

    • MR Buls
      MR Buls 9 bulan yang lalu

      @edi hermawan sudah gw nonton dan aku dah bilang gw setuju pemindahan ibukota tapi cara membangunnya yg ga setuju.yg kita bahas kreta cepat.dan aku nyari referensi dari smua brita bro bahkan sampe cokro tv pun q tonton

  • Ratnawati Lestari
    Ratnawati Lestari 9 bulan yang lalu +3

    Ya allah, apabila ikn baru bisa membawa kebaikan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat maka "ijinkanlah ya allah". Tapi apabila proyek ini hanya ambisi dari kelompok dan hanya akan menguntungkan kelompok tertentu dan akan mjd beban rakyat maka "Hentikanlah proyek ini ikn ya allah".

    • badrijah 51
      badrijah 51 7 bulan yang lalu

      Kita tidak percaya pasti ada keinginan menguntunhkansepihak

    • badrijah 51
      badrijah 51 7 bulan yang lalu

      Warga kalimantan berhak penuh atas daerahnya maka pada akhirnyakalah dengan pendatang yang sangat cerdas politik dan gerudug banyak rasa gak nyaman bagi penduduk asli

  • captain baper
    captain baper 9 bulan yang lalu

    Yg menolak ikn paling kroni nya para kadrun takut GK bisa hidup di ibu kota baru GK ada kerjaan nganggur terus mau makan apa maka nya mereka menolak ikn

  • Suardi Ningrat
    Suardi Ningrat 9 bulan yang lalu

    Harus perusahaan besar di bangun di luar Jawa untuk menumpang ekonomi rakyat

  • rusdi bahrum
    rusdi bahrum 9 bulan yang lalu

    Debat nya ramai, tapi tdk berbobot.
    Salut sm pak Batu Bara

  • Mas Billal Fajrie GOR
    Mas Billal Fajrie GOR 9 bulan yang lalu +38

    Kelihatan tokoh yg Pro kepentingan RAKYAT....& mna tokoh yg Acuh terhadap Penderitaan RAKYAT...😫😫😭🙆🙉 Benar2 negeriku terCinta sedang SAKIT Luar dalam...semoga Allah SWT segera menurunkan RAHMATnya 🤩

    • Low Profile
      Low Profile 8 bulan yang lalu

      @Dimas Angga cebong makmur di negeri korupsi

    • Low Profile
      Low Profile 8 bulan yang lalu

      @D_P PUTRI ZAFIRA makanya otak lu dungu
      Kebanyakan makan sihh

    • Dimas Angga
      Dimas Angga 9 bulan yang lalu

      K DRUN nyungsep di negri yg subur... 🤣
      Merantau sana nyangkul.... Ongkang-ongkang kaki sih... 🤣

    • Bam Noor
      Bam Noor 9 bulan yang lalu

      Iri bilang .kalimantan indonesia juga.ente sudah nyaman dijakarta.jadi berbagai alasan menolak.alasan pki.cina.oligarkilah bosen dengarnya

    • Dea haliza Halizah
      Dea haliza Halizah 9 bulan yang lalu

      Rahmatmu yg kebalik .wongmau dikasi ikan kok pilih taik .pemerintah membanggun membangun dengan penuh keringat tenaga dan pikiran sekolah negri gratis anak sekolah di biayai walau gak semua bantuan dan UBpat semua melek o matamu .seolah olah rakyak menderita.apa

  • Khoir Z
    Khoir Z 9 bulan yang lalu

    Orang yg di kota pengen cari ketenangan di desa2 malah yg didesa pengen desanya jadi kota
    Silahkan pasti tambah mumet
    Hutang negara yg menanggung rakyat sudah sangat mengawatirkan

  • Joe Suyitno
    Joe Suyitno 8 bulan yang lalu

    Semoga pembangunan ikn berjalan lancar Aamiin Ya Robb.

  • Romadhon Sani
    Romadhon Sani 9 bulan yang lalu

    Andai saja ada yg buka donasi buat pemindahan ikn saya dengan ikhlas siap menyumbang demi negara indonesia maju......

  • Mr DenKu
    Mr DenKu 9 bulan yang lalu

    Bangun aja ibu kota di setiap pulau biar adil 😅
    Pemerataan ekonomi itu bukan pembangunan pusat pemerintahan tapi pembangunan sumberdaya manusianya.

  • ZIPSDI GAMING
    ZIPSDI GAMING 9 bulan yang lalu +1

    Demi terwujudnya Indonesia maju ,makmur,sejahtera sudah pas dan tepat pindah ibu kota sangat setuju semua rakyat demi kemajuan bangsa

  • Rifkie Primartha
    Rifkie Primartha 8 bulan yang lalu

    Dari gaya duduk yg baju biru itu padahal berada di tengah2 org2 tua/sepuh sungguh mencerminkan sifatnya yg angkuh. Biasanya cm oportunis cari panggung ingin eksis. Hati2 gaess...!

  • Absalom Gabe
    Absalom Gabe 9 bulan yang lalu +1

    Orang orang yg tidak setuju dgn pemindahan ibu kota adalah orang yg pemikirannya TDK mau maju.

  • Rony Fenat
    Rony Fenat 8 bulan yang lalu

    Ide2 dari para petisi soal penolakan IKN ba gus dan logis asal saja tulus ikhlas, TDK bermuat rasa kebencian dan sikap kontra terhadap pemerintah

  • Yahadi Yahya
    Yahadi Yahya 9 bulan yang lalu +18

    Aneh jg ya memakmurkan daerah harus pindah ibukota berarti klo mau makmurkan Papua ibukota pindah lg ke Papua, mungkin tiap presiden terpilih ke depan harus pindah ibukota

    • Dimas Angga
      Dimas Angga 9 bulan yang lalu

      K DRUN nyungsep di negri yg subur... 🤣
      Merantau sana nyangkul.... Ongkang-ongkang kaki sih... 🤣

    • Byu Done
      Byu Done 9 bulan yang lalu

      @Kaderun Adi Armanto
      Sudah ada alokasi dana desa sejak lama.. situ mainnya kurang jauh..
      Untuk daerah, ada dana bagi hasil dari APBN yang diberikan ke kepala daerah.. tinggal bagaimana kepala daerah mengelola dana tersebut..
      Berpikir jangan cuma gampangnya aja, belajar lagi biar pinter..

    • Equatorial flower
      Equatorial flower 9 bulan yang lalu

      @Kaderun Adi Armanto kamu bilang Kalau mau merata makmur, uang 460 T dibagi merata ke 83.000 desa/kelurahan.
      per desa akan mendapat Rp 5 M untuk memajukan potensi ekonomi desa..
      Bagus memang teorimu. tapi kamu lupa bawa setiap manusia tidak mungkin memiliki sifat dan kejujuran yang sama.
      contoh di salah satu kementrian yang jumlahnya hanya sekian orang saja. ada yang menyalah gunakan dana bantuan. itu artinya teori tdk sama dg prakteknya.
      bagaimana dengan 83 ribu kepala desa ? apa anda bisa menjamin bahwa mereka semua akan amanah ?

    • Deswandri Sikumbang
      Deswandri Sikumbang 9 bulan yang lalu

      @Kaderun Adi Armanto apa artinya uang 5m yg hanya akan habis tidak lebih setahun,.
      Anda tidak ingin Negara ini maju. Anda tidak berfikir jangka panjang,. Yg dipersiapkan pemerintah sekarang ini bukan untuk kita yg sekarang ini, tapi untuk anak cucu generasi kedepan.

    • Anwar Harisu
      Anwar Harisu 9 bulan yang lalu +1

      @Kaderun Adi Armanto , sejak jaman orba ada terus bantuan desa namanya inpres desa tertinggal sampai saat ini namanya dana desa . Sekarang 1 M /th kalau uang negara dihabiskan ke desa negara ini ngga akan maju " , mikir jakarta sudah mau tenggelam air laut sudah masuk kedarat apa harus nunggu tenggelam baru pindah,IKN pindak kedaerah lain banyak potensi bencana alamnya, ya gempa, ya g. Berapi, banjir, di Kalimantan belum pernah ada gempa dan gunung berapi, di lokasi IkN berada di perbukitan, dan kalimantan berada di pertengahan Indonesia, kalau di papua yg dr aceh kerepotan.

  • Fajar F
    Fajar F 9 bulan yang lalu

    Kita tidak butuh ibu kota baru, yg kami butuh kan hanya lapangan pekerjaan, kesejahteraan, orang negara hutang masih membeludak mau bikin ibukota baru yang biaya tidak sedikit

  • Adi nusa
    Adi nusa 9 bulan yang lalu +1

    Untuk menguasai suatu negara kuasai ibu kotanya... selama ini Jakarta tidak bisa di kuasai oleh "mereka" Gubernur Jakarta murni dipilih mayoritas penduduknya. Kelihatan sekali pemindahan ibukota seperti dipaksakan dengan kondisi saat ini.. monggo di analisa sendiri mau dibawa kemana NKRi.

  • Yusam Yusam
    Yusam Yusam 9 bulan yang lalu

    Petisi ini dari dulu sekarang dan selamanya tdk lah pernah mengakui keberhasilan hasil kerja Jokowi.
    Namun apapun kata petisi dan kadrun rakyat uda pd tau krn kebencian nya kepada rezim Jokowi.

  • penjas dennis surya
    penjas dennis surya 9 bulan yang lalu

    kalau sumber daya indonesia bisa membiayai ikn, kita lihat nanti apakah indonesia bisa bangun sendiri atau masih bekerja sama dengan swasta atau hutang lagi...

  • Suko Harjo
    Suko Harjo 9 bulan yang lalu +9

    IKN lanjutkan!!!!!!, Kelompok yg menolak berati tidak mikiri 50-100th kedepan Negara dan bangsa Rl. ..biarlah cecunguk2 busuk ngoceh.

    • Low Profile
      Low Profile 8 bulan yang lalu

      @Mr DenKu namanya jg cm kerja kerja kerja tp gak pakai otak ya gitu dweeehhh

    • Rony Sulistio
      Rony Sulistio 9 bulan yang lalu

      Ada kok.... Lepas aja kaltimbdari RI biar uangnya ga usah lari ke provinsi2 parasit macam kalian

    • Mr DenKu
      Mr DenKu 9 bulan yang lalu +1

      Lucu kali kau, mau bangun aja duitnya kaga ada 🤣
      Biar adil bangun aja ibu kota disetiap pulau, yg katanya bangun ibu kota itu untuk pemerataan 🙏
      Maaf saya bkn tinggal dijawa ntr di sangka saya orang Jakarta lagi 😁

    • Hendra Galuh
      Hendra Galuh 9 bulan yang lalu

      Betul sobst S77777👈👍🏾🙏

  • OwlFpv
    OwlFpv 9 bulan yang lalu

    Pemerintah skrg pada sakit otaknya, gda rasa kasih, terlalu ambisius. Turun lah

  • Susi Pangabean
    Susi Pangabean 9 bulan yang lalu

    Sayang Media di Indonesia tdk Netral & Objektif aplgi sebagian besar dimiliki oleh Oligarki

  • Charles P
    Charles P 9 bulan yang lalu

    Komentar Anggota DPR RI, sangat masuk akal,oleh karena itu bagi yg tdk setuju jgn menduga2 hal yg negatf, berpikirlah dgn positif dan bersatu bergandegan tangan tentu Allah akan merestui

  • partar xarix
    partar xarix 9 bulan yang lalu

    IKN itu diperuntukkan bagi pejabat birokrasi seperti K/L dan pusat pemerintahan, Jakarta tetaplah Jakarta dengan giat sosial ekonomi tidak ada yg berubah

  • Epipatar Nainggolan
    Epipatar Nainggolan 9 bulan yang lalu

    Rakyat Waras pasti dukung IKN.

  • Masjidi Masjid
    Masjidi Masjid 9 bulan yang lalu

    memang bagus bl pindah ibu kota tetapi kita jg harus melihat masyarakat yg kelaparan disitu juga nnt sumber korup bansos saja dikorup pikir akibatnya

  • Zero Distance
    Zero Distance 9 bulan yang lalu

    Yg tidak suka IKN di pindahkan itu cuma org2 tertentu sj.... Semua sudah di sepakat oleh DPR yg nolak cuma PKS yg lain semua setuju... Dlm politik sudah pasti suara terbanyak yg layak,, untuk itu IKN pasti terus berjalan....

  • Badrus Syamsi
    Badrus Syamsi 9 bulan yang lalu

    Alasan yg rasional penolakan IKN adalah Penanganan Pandemi... Padahal di lapangan kemungkinan besar mereka juga menolaknya dengan penanganan Pandemi yg di rancang pemerintah. Lah... Terus konsepnya gmn..?

  • Bonah ST-U
    Bonah ST-U 9 bulan yang lalu +4

    negara tanpa rakyat emang ada?
    sehebat apapun pembangunan klo rakyat y d telantarkan = 0 besar yg ada
    pemerintahan sekarang terburuk,tergagal,terancur dr segi apapun

  • G-STAR STUDIO
    G-STAR STUDIO 8 bulan yang lalu

    Masalah macet,padat penduduk, dll di jakarta sudah terjawab oleh statement Bpk.Haris azhar tentang pemerataan pembangunan yg lebih prioritas, jika pembangunan sudah merata, orang2 tidak lagi berbondong2 mencari rezeki di jakarta.. Pandangan saya tentang IKN sudah terwakilkan oleh Bpk.Haris Azhar..

  • Petilo Liliwano
    Petilo Liliwano 9 bulan yang lalu

    Orang2 yg menolak IKN adalah manusia2 sakit hati melihat kesuksesan Pemerintahan Jokowi yg begitu pesat dan di akui dunia.makanya mereka2 pada baper, kasian deh...makanya buang jauh2 tu hati kalian yg kotor' karena yg lebih banyak yg mendukung berdirinya IKN yg baru agar bisa menjadikan pemerataan pembangunan bukan Jawa sentris,tapi daerah2 lain juga harus bisa tersentuh pembangunan yg modern..bravo Jokowi..kerja.kerja..

  • Roby Riski
    Roby Riski 9 bulan yang lalu

    Daripada dana yg segitu besar buat IKN mending lunasin tuh hutang negara,,klu hutang lunas rakyat pasti sejahtera

  • Chyntia Tarihoran
    Chyntia Tarihoran 9 bulan yang lalu

    Kalau bisa dirubah penentuan dibentuknya IKN baru di Sepaku dan di Kutai Kertanegara dengan adanya petisi..berarti semua undang undang bisa dibatalkan dengan petisi..bingung gue...padahal dah disetujui sebagian besar DPR yg nota bene DPR adalah wakil rakyat banyak yg dipilih oleh rakyat banyak...lah bapak bapak ini kemarin milih siapa anggota DPR nya....

  • Bang toba⁷⁰³
    Bang toba⁷⁰³ 9 bulan yang lalu +22

    PANSUS DPR udah gak bisa jadi Patokan.
    _SUARA RAKYAT DI DAERAHLAH YG MENENTUKAN._

    • D_P PUTRI ZAFIRA
      D_P PUTRI ZAFIRA 9 bulan yang lalu

      @Djunaedi Rokanda BETULL GAS TERUS IKN

    • Agus Lia
      Agus Lia 9 bulan yang lalu

      Daerah mana yg nolak woii tunjukkan dong apa daerah gurun Sahara yang nolak

    • Masnan Masnan kholik
      Masnan Masnan kholik 9 bulan yang lalu

      @Djunaedi Rokanda BETUUUULLLLL

    • Djunaedi Rokanda
      Djunaedi Rokanda 9 bulan yang lalu +1

      MAAF YG NOLAK IKAN ORANG YG TAK WARAS. KAPAN NKRI MAJU

  • Edgar Adhi Nugroho
    Edgar Adhi Nugroho 9 bulan yang lalu

    Kok gk ada ungkapan yg betul2 menolak IKN .... artinya para pengkritik sendiri gk yakin dgn kritik mereka sendiri ..

  • fend14 so
    fend14 so 9 bulan yang lalu

    Saya mendukung IKN nusantara !

  • Abdul Azis
    Abdul Azis 9 bulan yang lalu

    Iya buktikan aja nanti adanya IKN, apakah penataan kotanya dengan segala fasilitas umumnya, kebersihan lingkungannya sehingga mencerminkan kota yg benar benar kota yg manusiawi?
    Kota yg damai penduduknya ramah" gak ada pengamen pemulung nggak ada preman" gak sumpek ngga banyak nyamuk...dan yg paling penting Ibu kota yg aman dan sejahtera penduduknya ... gak ada tawuran gak ada banjir ... semua rakyat bisa mengakses Ibu kotanya bukan untuk elite aja... benar' kota yg aman bagi semuanya.... silahkan berbeda pendapat bagi kami rakyat biasa nggak masalah namanya juga demokrasi

  • Agus Sugengharianto
    Agus Sugengharianto 9 bulan yang lalu

    Ya pantas Pak Karni kalo menolak ikn ,yg di undang aja yg opo sisi,yg tidak suka Pak Jokowi alias kadrun kadrun

  • R3_ Lab
    R3_ Lab 9 bulan yang lalu +58

    Mantap bang Karni, statement paling mengena acara ini pas di endingnya "RIAU" 😁

    • taufik ihsan
      taufik ihsan 9 bulan yang lalu

      @Posihusnu dhon sori boss,, saya bukan pesimis,, baca lg komentar saya,, saya bukan gg setuju pemindahannya,, tetapi utk saat ini belum tepat waktunya,,, karena ada hal2 prioritas lain yg musti didahulukan,,, jgan sampai,, pemaksaan pemindahan IKN ini,, menambah hutang lagi,,, utk 1 ato 2 tahun ini tentunya belum terdampak,, tapi cepat ato lambat,, kita akan digerogoti utk membantu membayarnya,, pajak yg akan naik,, subsidi akan dicabut,, lihat aja sekrang,, premium dit4 saya saja tidak ada lg,,
      Nah,, harusnya pemerintah itu,, lebih efisien dan efektif utk melakukan kebijakannya..
      Salam sehat dari Pekanbaru,, 😇😇😇

    • Zaimon Zaimon
      Zaimon Zaimon 9 bulan yang lalu

      @Dimas Angga kamu cucu PKI. Ya

    • Dimas Angga
      Dimas Angga 9 bulan yang lalu

      K DRUN nyungsep di negri yg subur... 🤣
      Merantau sana nyangkul.... Ongkang-ongkang kaki sih... 🤣

    • Cleo Ardyansyah
      Cleo Ardyansyah 9 bulan yang lalu

      @Bos yos Ada aspek bisnisnya. Yaitu menarik investor untuk berinvestasi wilayah 2x di dekat Ibukota. Yang mana hal tersebut bisa meningkatkan ekonomi. Dan juga bisa mengubah jalur urbanisasi yang sebelumnya pada pindah ke Jawa yang membuat beban jawa semakin tinggi dan membuat jawa mau gak mau harus lebih berkembang lagi karena tuntutan penduduk yang semakin banyak dengan menghabiskan APBN. Dan itu membuat seolah-olah Indonesia adalah Jawa dan berpotensi menimbulkan perpecahan dalam beberapa waktu mendatang. Ditambah perbaikan Jakarta yang lebih mahal dari pembangunan Ibukota baru karena telat diperbaiki dari jaman dahulu. Dan Jakarta tetap jadi pusat bisnis karena sayang jika di pindahkan dan Ibukota baru bisa menjadi lokasi perkembangan ekonomi yang baru. 🙏

    • Zaimon Zaimon
      Zaimon Zaimon 9 bulan yang lalu

      @Harvest mont kau suruh ngutang tu si kurus nanti bayar oleh Mak mu.. begok.. dunguuuuuuuuuuu kau Tahar

  • YUTAKA OZAKI
    YUTAKA OZAKI 9 bulan yang lalu

    Perlu diketahui potensi gempa jadi salah satu yg terpenting. Itu yg sangat dipikirkan. Bayangkan kalau ada gempa megatrust dan tsunami dan jakarta terdampak maka akan membuat roda pemerintahan menjadi terganggu. Blm lagi soal penurunan permukaan tanah. Abaikan faktor ekonomi atau faktor lainnya, pentingkan faktor alam dulu.

  • Dadang Supriadi
    Dadang Supriadi 9 bulan yang lalu

    Oposisi ya pasti nolak apa apa yg dilakukan pemerintah apalagi pasukan sakit hati org2nya ya itu itu aja.jadi rakyat hrs cerdas klu untuk kemajuan dan kemakmuran rakyat mengapa kita hrs nolak.klu masukan yg masuk akal ya wajib kita memperhatikan ambil baiknya.

  • Petrusmete Mete
    Petrusmete Mete 9 bulan yang lalu

    Yg nolak IKN hanya segelincir orang aja yg tidak punya andil dlm pembangunan IKN

  • Mifta Shadri
    Mifta Shadri 9 bulan yang lalu

    Orang2 yg mentingi diri sendiri,nggk mikiri generasi penerus. This is people old ...

  • Hj Supartini
    Hj Supartini 9 bulan yang lalu +31

    Bang Karni lain kali mengenai IKN ini mohon diundang yg mengerti ahli Giologi kaya Frof. Baktiar

    • meyek dar
      meyek dar 9 bulan yang lalu

      @Mang Ucca72 gue tanya paa lu jawabnya apa drun,wkwk...gmna mau paham,lu aja kgak mudeng,susah jelasin mah sama lu drun

    • Mang Ucca72
      Mang Ucca72 9 bulan yang lalu

      @meyek dar mau paham gimana bong, jawabanya juga mutaaar muter, cuma bisanya kudran kadrun
      Yg di bahas wakil rakyat tp lu larinya ke rocky gerung dll
      Sampean itu ngerti kaga sih

    • Dimas Angga
      Dimas Angga 9 bulan yang lalu

      K DRUN nyungsep di negri yg subur... 🤣
      Merantau sana nyangkul.... Ongkang-ongkang kaki sih... 🤣

    • meyek dar
      meyek dar 9 bulan yang lalu

      @Mang Ucca72 wah msih gk paham jga lu drun,mumet drun klau debat gk paham,terserah lu drun ah,wkwk...msih gk paham males ah drun

    • Mang Ucca72
      Mang Ucca72 9 bulan yang lalu

      @Putu Agus yakin lu lebih pintar dan wawsanmu luas di bandingkan yg kau sebut dungu?

  • Sombayang Channel
    Sombayang Channel 9 bulan yang lalu

    Setiap ada hal baik atau perubahan yg baik..tetap sjha ada org2 yang tdk setuju....adohhhh🤦‍♂️🤦‍♂️

  • Machlon Titus
    Machlon Titus 9 bulan yang lalu

    Para orang yg tidak mendukung ini pola pikirnya masih lama ..tidak pingin berubah takut terganggu kepentingan nya .pahal momen kebangkitan Indonesia ini ya pada zaman pemerintahan Jokowi kalau tidak tak akan ada keadilan pembangunan secara merata di indonesia...

  • M.Thamrin Intam
    M.Thamrin Intam 9 bulan yang lalu

    UU bisa dirobah, yang tidak bisa dirobah hanyalah "KITAB SUCI"

  • Denking
    Denking 9 bulan yang lalu

    Gini mau ibukota dimanapun di dalam lautan sekalipun
    yang pertama harus di bangun adalah Moral, Adab akhlak dulu,
    sebelum ilmu pun akhlaknya di dahulukan.
    biar apah? biar bernegara yang bersih, hatinya bersih gak kotor seperti korupsi dimana-mana
    kalo mau belajar dari masalalu, gak usah jauh" kita baru berapa tahun merdeka dan terbentuk negara
    apa itu karena ada banyak mentri?
    atau banyak anggota DPR?
    Atau pengusaha sukses?
    kita tau pasti jawabanya.
    Karena mempunyai misi yang sama harapan yang sama, keyakinan bersama, dan kekuatan yang di bangun dengan akhlak untuk kebaikan di masa depan.
    Jadi Bukan tempat yang sekarang penting kita bahas tapi Prilaku diri kita yang harus bisa menempatkan dimanapun kita berpijak sebagai manusia.