Tap to unmute

KE DESA INI UNTUK SKRIPSI TUGAS AKHIR JURUSAN TARI

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 16 Sep 2022
  • Halo gengs!
    -----------------------------------------------------------------
    Support terus ya kita berteman dengan klik tombol SUBSCRIBE
    ------------------------------------------------------------------
    Instagram : hirotadaradifan
    TikTok : hirotadaradifan
    Email : hirotadaradifan.bisnis@gmail.com
  • HiburanHiburan

Komentar • 5 235

  • Hirotada Radifan
    Hirotada Radifan  16 hari yang lalu +4105

    Tungguin part 2 nya ya..masih di edit, gak kuat gengs wkwkwk.... Endingnya ternyata bukan sembaran tari sintren biasa lohhh!

    • Yayan Sopiyanti
      Yayan Sopiyanti 15 hari yang lalu

      mana lanjutan nya ka

    • Pram Ridona
      Pram Ridona 15 hari yang lalu

      Buruan bang gua ampe bgadang ni nungguin part2.

    • Selly little game
      Selly little game 15 hari yang lalu

      Aduh mana penasaran lagi..... Cepat bg

    • Bella Ciao
      Bella Ciao 15 hari yang lalu

      Rentetan ceritanya kayak kkn bang,wkwk

    • Yunus Umama
      Yunus Umama 15 hari yang lalu

      Buruan bang part2

  • Irma story
    Irma story 16 hari yang lalu +2027

    Kakek ku orang cirebon, dan dari dulu kalau aku mudik suka nnton pertunjukan Tari sintren ini, dan memang udah budaya disana sperti ini. Btw aku dr lahir sampai skrg tinggalnya di jakarta yah karna ayahku org Betawi menikah sama ibuku yg keturunan Cirebon jd ibuku yg merantau ikut ayahku. makanya kita suka mudik gtu.. karna aku ga tinggal d kampung dan udah biasa dengan perkembangan zaman di kota jd setiap lihat Tarian ini berasa beda bgt memang Aura nya, apalgi kalau penarinya udah keluar dari kurungan ayam itu kaya berubah bukan sperti org aslinya yg nari tp bener² kaya d rasuki sosok yg ahli bgt menari, entah benar atau gak kalau yg masuk itu bidadari.

    • Auliya YULIA
      Auliya YULIA 8 hari yang lalu

      @Hirotada Radifan kapan ka.. Udah lama nunggu

    • ᅩ무ᅮᄆᄀᄃ햐ᅮᄆ
      ᅩ무ᅮᄆᄀᄃ햐ᅮᄆ 10 hari yang lalu

      @SailorMoon🌙 biar matanya ga keliatan...klo org lesurupan biasa mata nya putih smua. Alias hitam2 nya keatas

    • Jisung's mom127
      Jisung's mom127 12 hari yang lalu

      @Hanis Nurjanah iya betul, di indramayu masih ada tarian ini. aku terakhir liat udah lama wktu masih SD tapi, yg ku inget pas kurungannya goyang2 trus pas dibuka si penari udah cantik bnget dengan baju khas sintrennya.

    • Anto Verstappen Burik
      Anto Verstappen Burik 13 hari yang lalu

      Kau percaya ama bidadari di dunia?..

    • Marsya Karsihati
      Marsya Karsihati 13 hari yang lalu

      benaar , anak seni ngemper dimana aja bisaa tidur kayak susun sarden pun oke, panas panasan ayoook setting panggung dari pagi sampek ketemu pagi udah hal biasa, makan 1 nasi padang bagi ber 5 ttp kenyang 😂

  • Sahatun
    Sahatun 12 hari yang lalu +62

    Sangat tertuju nonton ini karena membahas Kota Kelahiranku. Memang dari zaman dulu, kotaku tidak pernah lepas dari hal2 mistis, tradisi, adat, dan sejarah. Terimakasih kak Hiro sudah berkenan menceritakan. Sukses selalu

    • is a
      is a 8 hari yang lalu +1

      Yes bener
      Alm kakek w
      Meski ga maen klenik2an tp bs komunikasi sama mrk

  • Mira Indiana
    Mira Indiana 14 hari yang lalu +120

    Ikut bangga jd salah satu mahasiswa jurusan tari.. cerita ttg tari dibawain babang glowing kesayangan .. ditunggu part 2 nyaa 😍❤️

  • Monisha Pradina
    Monisha Pradina 3 hari yang lalu +3

    Saya asli orang cirebon, memang di cirebon itu msh kental dengan budayanya dan masih melekat jg dengan tradisi, ga nyangka cirebon masuk ke teman ceritanya bang hiro🙆

  • Vivi Silvia
    Vivi Silvia 6 hari yang lalu +8

    Saya org cirebon asli bang, memang kesenian di cirebon terkenal sakral . Waktu ujian akhir kesenian sma saya juga pernah memantaskan sintren. Teman saya yang tidak kuat pun pingsan setelah tampil di aula sekolah.

  • Mommy Gembul
    Mommy Gembul 16 hari yang lalu +792

    Beneran gk bohong ya abang. Kirain katanya "panjang ceritanya",pas diliat 30 menit bener sih panjang. Ehh rupanya masih ada prat 2 doong. Keren banget lu bang, makin hari kontennya makin top. Mudah2an cepat melejit ke 10M subs ya! Jaga kesehatan lu bang, biar makin rajin upload 🤣

    • Fiona Park
      Fiona Park 2 hari yang lalu

      Amin❤

    • ayurhmwti
      ayurhmwti 15 hari yang lalu +5

      Andd kalauuu durasinya banyakk lebihhhhhh menarikk, dannnn kerenn bgt kalau pendek kaya kurangggg dnger suara bang hiro

    • Futikha Rizquna
      Futikha Rizquna 15 hari yang lalu

      Amiiin

  • Chouw Puehun
    Chouw Puehun 14 hari yang lalu +14

    Ngk sabar nunggu part 2 .klu ad sutradara bisa nih di bikin film penari bukan penari biasa 🙏🏻 bang geraaan ya part 2 nya 😘😘😘

  • Aulia Khairat
    Aulia Khairat 8 hari yang lalu +2

    Bg, banyakin upload teman cerita dong
    Suka banget soalnya sama cerita2 horor gitu🤣

  • Regina Naura Putri
    Regina Naura Putri 15 hari yang lalu +19

    Hallo bang hiro... Begitu tau trending langsung pingin liat lagi, padahal kemarin udah liat pas bang hiro baru update... ☺️ Sebegitu sukanya kalo lagi liat bang hiro cerita seru aja g ada bosennya... 😂 love bang Hiro semangat terus...sukses terus... ❤️

  • tsara destiana
    tsara destiana 15 hari yang lalu +43

    Wah baru kali ini Teman Cerita sampe ada part 2. Aku orang asli Cirebon walau ngga paham tari2an tapi tari Sintren ini memang kental akan nuansa mistis dan bener setiap nonton ini kaya agak 'terhipnotis' wahh gtu. Tapi kadang agak skeptis juga si apa penarinya beneran 'dimasuki' sesuatu atau cma akting belaka.

  • shelly mom f2
    shelly mom f2 16 hari yang lalu +571

    Seru bangettt.. ga sabar ingin segera part 2, ayoo semangat bang hiro, jangan lama2 cepetan launching part 2 nya yaa penasaran bgt kenapa bu rt sampe jadi judes gitu ke dara, terus gimana nasib mita dan toni, aduuh alamat ga bakal tidur nyenyak nih 🥴😂

    • rezza ratnasari
      rezza ratnasari 4 hari yang lalu

      @ryssed 18 film kkn bukan sih? Aku sihh ingetnya ituh whwhw

    • ryssed 18
      ryssed 18 15 hari yang lalu +3

      @Lusiana Rahardjo gw juga sepemikiran.. Jadi keinget pernah nonton apa gitu ya, yg tentang diminumin kopi itu, kl kopi pahit dirasa manis enak artinya orangnya dirasuki..

    • shelly mom f2
      shelly mom f2 15 hari yang lalu +3

      @Lusiana Rahardjo nah iya sama say aku jg berpikir gitu, apalagi pas adegan si toni ma dara masuk rumah terus si toni dikata2in sambil becanda ma ambar itu lho langsung deg ah pasti c dara udah di apa2in, hhuhu pikiranku sampe melancong kesana 😂

    • Riska Mobile
      Riska Mobile 15 hari yang lalu +3

      @Lusiana Rahardjo sama aku juga mikirnya gitu, yaallah tp vera pgn banget solat tbtb malah kayak gitu kasian 🥺

    • tyara dwita
      tyara dwita 15 hari yang lalu +1

      @Lusiana Rahardjo aku jga mikirnya kaya gt, soalnya kan penarinya harus perawan. Lah ini tetiba....kaya ada sesuatu soalnya.

  • Emi Kyoto
    Emi Kyoto 15 hari yang lalu +13

    Ayo part 2 kak hirooo
    Sampe sejam juga gapapa, selalu bikin good mood hehe🌝😁

  • jeje oaoe
    jeje oaoe 5 hari yang lalu

    Tarian sintren sangat fenomenal sepanjang jalur pantura khusunya daerah cirebon...klo g salah ada lagunya juga..turun..turun sintren..❤budaya indonesia....

  • randy lien
    randy lien 14 hari yang lalu +30

    Saya penggemar bang Hiro.kebetulan saya asli Cirebon , wah seneng akhirnya tarian sintren bisa di bahas di bang hiro ,,, pokoke akeh2nang crita2 dri cirebon soale akeh cerita2 mistis ning kotae isun ang Hiro 😊

    • Rosawati Merdeka
      Rosawati Merdeka 12 hari yang lalu

      aku juga orang cirebon, CIrebon ga semistis itu nok. mistise sepira sih, akehe sing dilebih lebih nang baen. tekan Indramayu nembe isun percaya, ari ning cirebon kabupaten sih patia lebih kayak mengkenen.

    • Dimas Lutfi
      Dimas Lutfi 14 hari yang lalu

      Saya juga penggemar bang hiro bagus bagus konten horornya😂😀😂😀😂😀😂

  • Yuudith
    Yuudith 15 hari yang lalu +13

    24:02 "dilalanya" hahaha ortuku 2-2nya dari cirebon, jd relate bgt suka pke kata "dilalanya" (itu tuh kayak "=eh ga taunya blabla, atau eh taunya blablabla" githu klo mnurutku) jd ngerti bahasa jawa dikit".. mamaku jg bisa bhs sunda dikit.. tp aku dan kakak"ku lahir n besar di jakarta smwa, cuman klo dgr org ngomong ngerti tp klo jawabin suka bingung. Tiap tahun pasti balik cirebon, brp kali krna masih ada rumah & keluarga jg di sana.
    Pokoknya org cirebon suka ngomong "blabla...tah?" Contoh "iya tah?" Atau pakai akhiran "jeh" contoh : "Ning kono jeh" ("disitu tau") dgn logat yg khas. Jawa cirebon rada kasar dibilangnya dan ngomongnya rada cepet, aku jd kebawa juga, suka ada temenku yg ngomong aku cepet bgt, bhkn kakakku jg suka bilang aku ngomong kayak ngerap (rapper detected, yo) haha beda ama jawa solo n jogja yg lebih halus nadanya. Walau blm tentu semua wong cirebon begitu yah. Mgkin dikeluarga tertentu aja, tp keluarga mama n papaku smwanya saman, ngomongnya pada cepet" bgt dan suaranya keras.
    Btw papaku baru berpulang tgl 15 kmrn, skrg ud selesai di kremasi dll. Tp ttp akan sering balik ke cirebon sih krna masi ada mama n sesuatu yg mesti diurus.

  • kfkzsss
    kfkzsss 2 hari yang lalu +1

    saya orang Cirebon asli ka, emang di Cirebon masih kental banget sama tarian tariann tradisional nya.

  • Ede Mbul
    Ede Mbul 7 hari yang lalu +3

    Padahal Gua nonton sndri tapi berasa ada temen yg ngajak ngerumpi 😆 kehibur bgt dah sm pembawaan cerita nya ka hiro yg kek emak2 rumpi 😆

  • Apriliaputri Carolin
    Apriliaputri Carolin 13 hari yang lalu +8

    Thxyou so muchh bangg slalu buat para kaum rebahan ga gabutttt.
    Sehatt slalu ye bangg , dimudahin sgala urusannnn luu , lancaaar trs rezeki lu yaaa bangg

  • budi kurniasati
    budi kurniasati 14 hari yang lalu +15

    Terharu bangeeet sama kak hiro ngikutin dari jaman dulu sampe sekarang sering trending....

  • Lathifah Mardhiyah
    Lathifah Mardhiyah 15 hari yang lalu +8

    dr jaman baheula ngikutin babang hiro, baru kali ini bisa merinding ndengerin critanya.....huaaaaa....

  • Anwar Mahardika
    Anwar Mahardika 11 hari yang lalu +6

    YaAllah bang, sangking demennya bini gw dengerin cerita lu ,sampe lagi kerja pun ttp masih di dengerin dah tu walau ga liat layar. Kek udh dngerin radio aja gtu.

  • Sekar Utami
    Sekar Utami 7 hari yang lalu +1

    dari baca judul aja vibesnya kayak KKN Desa Penari. Eh bener aja pas ngikutin ceritanya, ada beberapa hal yg mirip. Apalagi di akhir video, Vera menari sendiri bikin panik Ambar, kalo di cerita kkn kan, Widya menari sendiri tengah malem, bikin panik Nur dkk.
    Jadi penasaran kelanjutannya kek gimana...

  • Miftach Afiyah
    Miftach Afiyah 11 hari yang lalu +6

    Suka banget sama cara bang hiro ini cerita... Biasanya aku gak terlalu fokus sama cerita horor, tapi aku bener2 fokus kalau bang hiro yg cerita...

  • Mary Kate
    Mary Kate 16 hari yang lalu +167

    wah 30 menitan, ga ngerasa cepet bngt masa berlalu, enjoy bngt denger bang hiro bercerita! ga sabar denger part 2 ^-^

  • Tashawinona
    Tashawinona 14 hari yang lalu +4

    CEPAAAATTT UPLOAD PART 2, ini keluarga gue nungguin looh 😢

  • Intan Siti Masitoh
    Intan Siti Masitoh 13 hari yang lalu +8

    Ternyata banyak orang Cirebon ya 😂 Aku juga SMA dan kuliah di Cirebon, pernah nonton Sintren dan temenku juga pernah nari sintren. Emang rada 'ngehipnotis' sih 😁

  • Mentari Mardiansyah
    Mentari Mardiansyah 10 hari yang lalu +1

    Aku asli org cirebon kebetulan di daerahku jg masih kental dgn tari topeng, sintren dsb. Sitren setau aku ada 2 versi. Versi 1 manggil roh2 gitu buat dirasukin dan emg bener syarat penarinya Harus perawan. Nah versi ke 2 yg tanpa adanya kerasukan2 gtu atau sekedar nari2 biasa.

  • Ismiatul Kibtiyah
    Ismiatul Kibtiyah 14 hari yang lalu +2

    Baaang d tunggu part 2 nya..., Ak nungguin part 2 nya dah gelisah, nafsu makan hilang, susah tidur gegera nungguin part 2 nyaaaa😌
    Ini dah 2 hr lhoh bang

  • Firavelina
    Firavelina 16 hari yang lalu +172

    Terimakasih untuk kerja keras dalam mengupload video-video minggu ini, Bang Glowing. Jangan lupa untuk istirahat yang cukup juga ya, Bang Hiro!

    • Ferdi Hasan
      Ferdi Hasan 15 hari yang lalu

      Hiro mana ni horotada apa hirohito

  • Pan fandom Taynew
    Pan fandom Taynew 14 hari yang lalu +1

    Di tunggu part2 nya bang Hiro❤️🥰

  • Dian Ayu
    Dian Ayu 12 hari yang lalu +2

    #39 di trendingg😭selamatt bang hiroo, semangat ngontennya yaa dan sehat selaluu

  • Laila Khairani
    Laila Khairani 14 hari yang lalu +1

    kalo tau ada part 2 nya gue nontonnya nanti aja pas udah ada 😂😂 kaya gini ngegantungggg penasaraaan.. lu tau kan bang ditinggal pas lagi sayang2nya itu gimanaaaa 😭😂

  • Pejuang Moment
    Pejuang Moment 14 hari yang lalu +1

    Ayo dong bang udah seharian ini nunggu part 2 nya 😭😭

  • Anggun Nurjannah RA
    Anggun Nurjannah RA 16 hari yang lalu +133

    Kereeeenn bang hiroo. Dari sekian banyaknya cerita dari channel ytb lain, cm bg hiro yg masuk ke hati dan pikiran. Enak bgt dengerinnya apalagi sendirian di kosan, lg sakit pun jd obat nih. Penasaran sama part 2 nyaaaaa

    • DragonBilly
      DragonBilly 15 hari yang lalu +1

      @Mutia Novia siapa plsss spill dongg

    • [Yu_ka] F. Q. A
      [Yu_ka] F. Q. A 15 hari yang lalu

      @Mutia Novia 😂

    • Mutia Novia
      Mutia Novia 15 hari yang lalu

      Betul bgt.. Beda ama chenel Cwe sblh yg gaya ny kaku kaya gmna gtu 😂

  • Robby Iqbal Dzulfiqar
    Robby Iqbal Dzulfiqar 14 hari yang lalu +1

    yaallah mana part 2 nya ditungguin dri pagi😭

  • sayaa
    sayaa 14 hari yang lalu +6

    gak cuma di Cirebon Jawa barat, di daerah Jawa tengah juga ada misalnya Brebes atau daerah perbatasan dg cirebon, dulu tiap ada acara hajat,acara desa kadang ditampilkan sintren ini, apalagi waktu tahun 2000an sering bgt org" nampilin sintren sbg hiburan malam.
    kalo sekarang masih ada tapi udah jarang bgt.

  • Riyani
    Riyani 14 hari yang lalu

    semangat part 2 nya bang hiro, sehat terus yak🦭

  • Mayang Prihantini
    Mayang Prihantini 14 hari yang lalu +1

    Selamat ka Hiro masuk trending 30 wahhhhh😁

  • Ayya Lovelly
    Ayya Lovelly 16 hari yang lalu +359

    Cirebon hadir kak Hiro EMG ada banyak tarian dan hampir 80 persen org Cirebon bisa nari topeng tari sintren ,biasa y di masa SMP seperti aku dulu waktu THN 2007/2008 msh ada sanggar2 tari gitu kak Hiro ,dan jam latihan itu ada sore setelah pulang sekolah, ada MLM setelah ngaji MLM✋😅 tp masa2 SMP yg paling menyenangkan dan selalu mau belajar

    • DD234 gaming
      DD234 gaming 10 hari yang lalu

      Saya SMA 2 anak SMA 3 sering pada latihan di rarasantang Bima ,gak jauh dari situ 2008 saya dan temen2 kecil saya liat mahluk gitu baju ijo nari diatas gedung nari kata warga namanya NYI ronggeng real gaboong panjang ceritanya wkwkwk merinding nih malam Jumat

    • Nur Rohani
      Nur Rohani 15 hari yang lalu

      Salam sing kertasemaya..
      Jaman cilike isun geh sering deleng sintren, sing joged lan dalang e anaknya bapa dewek..
      Smoga lestari terus kebudayaan cerbonan

    • Ayya Lovelly
      Ayya Lovelly 15 hari yang lalu

      @Sir Gawain 🙄he..he... Masa sih salah , EMG km asal mana ? SMP THN brp an,yg aku presentasi kan kan masa SMP kuh THN itu dan d sekitar aku yg sy tahu 😁, SMP mn? SMA mn? Masa SMP mu berbobot ga, uang saku mu brp, main y kmn aja? 😁😁😁 Apa cuma nongkrong dan yg kosong kantong?

    • Sir Gawain
      Sir Gawain 15 hari yang lalu +1

      80%? wkwkwkw persentase asal sebut.

    • Best Fighter
      Best Fighter 15 hari yang lalu

      Celancang hadir

  • Andiyan
    Andiyan 15 hari yang lalu +1

    PARTT 2 CEPETT DI UPLOAD DONG KAK HIROOO

  • Divana Hitipeuw
    Divana Hitipeuw 14 hari yang lalu

    Gw nontonin udah 5 kali gara2 nungguin lu upload part 2 bang 😢 Smangaadh ngeditnya 😼

  • me
    me 15 hari yang lalu +1

    Ayo part 2 nyaa bang hiro🔥🔥🔥🔥

  • asnita anit
    asnita anit 14 hari yang lalu

    setuju aku sm bang hiro, klu di buat flm psti seru ini,, bang hiro semangat terus ,kita nungguin tiap buka youtube soalnya udah ketagihan

  • Uklam Tahes
    Uklam Tahes 16 hari yang lalu +435

    Entah kenapa dari sekian banyak youtubers yang nyeritain cerita horor, cuma bang hiro yang selalu sukses bikin merinding. Pinter bgt milihnya. Yang lain kadang ada yang mrinding kadang kayak cerita fiksi aja, tapi kalau bang hiro selalu bikin mrinding asli

    • Zhia Mazidah
      Zhia Mazidah 14 hari yang lalu

      setuju

    • Uklam Tahes
      Uklam Tahes 14 hari yang lalu +1

      Aku dah bilang semua youtubers aku dah liat semua. Cuma cerita bang hiro yang kayaknya semua nyata gak karangan paham maksut aku ya

    • Zilva Mawaddah
      Zilva Mawaddah 14 hari yang lalu

      Kalo gua mah ngakak mulu denger bang hiro😂

    • Nurjanah_ amu
      Nurjanah_ amu 14 hari yang lalu

      @Nur Hidayatul Fiqiyah wah iya udah lama gak dengerin lagi lembara sunyi

    • dion sutrisna
      dion sutrisna 15 hari yang lalu

      Ewing nyimak

  • yoyoh komariah
    yoyoh komariah 14 hari yang lalu +2

    sehat selalu yaa kaa sukses selalu yaa di tunggu part 2 nya yaa kaa 😊😍❤🙏

  • novia tryas
    novia tryas 9 hari yang lalu

    Tari sintren jg merupakan tarian yg bersifat sebagai upacara religi, atau dlu biasanya ditarikan untuk permohonan hujan

  • Intan Nugraha
    Intan Nugraha 14 hari yang lalu

    buruan part 2 nya bang hiro... ga sabar ini😂😂😂

  • Senja Langit
    Senja Langit 12 hari yang lalu

    Aku anak seni tari jg bang hiro dulu aku mau neliti sintren yg ada di tempatku tapi ga di acc sama dosenku alhamdulillah akhirnya neliti lengger 😅 memang di seni itu khususnya seni tari pasti memang banyak mistis2 nya bang... Kalo mau ujian koreo tari aja pasti banyak sajen2 bang di sudut2 gedung pertunjukan

  • Kania Ceysa Khair
    Kania Ceysa Khair 14 hari yang lalu +5

    Nanggung banget bang, pengen sekalian selesai deh wkwk berasa didongengin ini. Ayoook part 2 yookkk !!!

  • Nada Azkia
    Nada Azkia 15 hari yang lalu +1

    Sampai dibagi dua part dong :"))
    Nggak sabar banget nih :""

  • Anjani Inda
    Anjani Inda 14 hari yang lalu

    bang hiro kalo bisa jangan ada part 2 dong wkwk

  • Tommy Chenz
    Tommy Chenz 13 hari yang lalu +1

    wew mntap bang hiro jarang2 ad cerita ampe 2 part 😎👍

  • Lola Lian
    Lola Lian 16 hari yang lalu +64

    Excited bgt tiap dengerin segmen teman cerita, berasa bisa kebayang langsung ceritanya kalo bang Hiro yang ceritain. Pokonya bener bener the best storyteller deh🥰

  • Ibuk Ammar
    Ibuk Ammar 15 hari yang lalu

    Bang ngapa blm diupload jua part 2 nya penasaran bgt knpa bu RT marah bgt sama dara, apa yg terjadi sama Vera selanjutnya apakah dia pengganti dara? dan kemana perginya Toni sama Mita, ayo buru upload bang. Mau cari selingan horor dtmpt lain, bukan horor tapi ngantuk bwaannya . disini tmpt terbaek emang 🤭

  • Salsabila Q.R.A
    Salsabila Q.R.A 14 hari yang lalu

    gak sabar mau denger part 2 nya bang hiroooo

  • Khusnul Khatimah
    Khusnul Khatimah 13 hari yang lalu +1

    Wah syukur alhamdullillah dari sekian video yg aku nonton dari awal merintis youtube sampai sekarang baru kali ini video abang trending yg ke-33, dan semoga bisa trending sampai 10 besar aamiin🤲🤲
    Menurut aku sih memang pantas sih trending karena ceritanya seru sampai kemarin aku penasaran sama kelanjutannya dan lumayan mistis sih tp kalau bang hiro yg bawain yah mistisnya hilang😅😅. Makasih yah bang sudah ngeceritain cerita dari teman cerita yg di email kamu dan sering-sering membawakan segmen seperti ini karena pasti masih banyak teman-teman yg seru ceritanya seperti mbak Ambar. Dan terima kasih jg kepada mbak Ambar yg sdh membagikan ceritanya kepada bang hiro tentang pengalamannya selama skripsi, semoga sehat selalu yah mbak Ambar🙏🙏

  • Rara Diandra Siswondho
    Rara Diandra Siswondho 14 hari yang lalu

    penasaran sama part2, kak. Ditunggu kak. Heheh. Semangat ngedit+upload 😁

  • Daradyn
    Daradyn 16 hari yang lalu +163

    Saya orang cirebon asli. Memang tari sintren ini sudah ada dri jaman dulu bangett... Terima kasih sudah memilih teman cerita dari Cirebon ini mas Hiro 👍🏻 ditunggu di Cirebon yaa... Ada Empal gentong, Empal asem, Nasi jamblang, Tahu gejrot, Kerupuk mlarat, dan batik mega mendung 😎 skuyyyyy mampir. Ehe!

    • jovita allisha
      jovita allisha 8 hari yang lalu

      WKWK nasi jamblang mang dul samping grage enak tuh

    • Fetty V
      Fetty V 9 hari yang lalu

      jamblang bu nur sama H. apud debest sih 😂

    • Music Of My Life
      Music Of My Life 12 hari yang lalu

      kerupuk mlarat favorit bgt

    • Jisung's mom127
      Jisung's mom127 12 hari yang lalu

      makanan favorite semua itu aplgi tahu gejrot 🤤
      ortu dari pihak bpku juga org jamblang, tapi lama pindah ke indramayu.jadi lumayan ga asing sama khas2 cirebon.

    • Vynna Lusyanah
      Vynna Lusyanah 13 hari yang lalu

      @Zalika Melzan Islam kak, tpi aku kurang tau. Klo didesa aku sih rata² Islam, mungkin ini desa yg emang terpencil aku sendiri aja kaget ada desa yg masih mistis kek gini pdhal aku orang Cirebon

  • Vivi Channel
    Vivi Channel 15 hari yang lalu

    Part 2 nya donk bang..penasaaran sama endingnyaa😂

  • Maharani Safitri
    Maharani Safitri 13 hari yang lalu +1

    Aku dr Cirebon, aku pribadi bbrp kali memang pernah memainkan sintren emang ada sisi mistisnya dr sejarah tapi skrg hanya dibuat untuk hiburan semata biar pelestarian budaya di Cirebon tidak punah

  • Rnjn Rere
    Rnjn Rere 7 hari yang lalu +1

    Demiiii video part 1 ini trnyata stngah jam? Aslik dah ga berasaaaa. Seruuu!!!

  • Yano Firma
    Yano Firma 14 hari yang lalu

    Lanjutin dong yang part 2 nya, udah ngak sabar bg hiro

  • Fir Ja
    Fir Ja 16 hari yang lalu +236

    Emang ga ketebak sih bang hiro ini, tiba2 dlm seminggu ngaplot video banyak2😆. Senang banget akutuuu💖

    • DragonBilly
      DragonBilly 15 hari yang lalu +1

      @눌ᄏ앗안앟 jadi youtuber juga kerja kalee.. wkwkwk

    • @poembyselly
      @poembyselly 16 hari yang lalu +2

      Baru mo nulis ini...😆

    • Yogi Kurniadi
      Yogi Kurniadi 16 hari yang lalu +1

      Lebayy

    • Sanusi Nusi
      Sanusi Nusi 16 hari yang lalu +2

      Nah😀

    • 눌ᄏ앗안앟
      눌ᄏ앗안앟 16 hari yang lalu +4

      Yak ampun......... kelihatan banget itu kalo pengangguran ya khan buuk 😂 (canda bang hiro)

  • annCT
    annCT 14 hari yang lalu +1

    Kok ini kayak mereka masuk desa penganut cult atau sekte aneh gitu nggak sih?? Jangan bilang yang dikurungan antara Mitha sama Toni lagi??? Alurnya kayak film banget. Seru nih di film-in 😂

  • herna yuliani
    herna yuliani 6 hari yang lalu

    Ceritanya seru bang.. Smg ada yg tertarik dijadiin film layar lebar.. 🤭Salam dari cirebon

  • CFN
    CFN 14 hari yang lalu

    Ayo bang upload part 2, semangat bangg

  • Ery Adiwira
    Ery Adiwira 14 hari yang lalu

    Ayolah .. ga usah terlalu banyak diedit .. buruan tayangin part 2.. sdh ga sabarr nee.. wkwkwk

  • LINGGAARTS
    LINGGAARTS 15 hari yang lalu +278

    Saya orang Cirebon asli, dan sekarang saya menempuh pendidikan tinggi Seni Teater memang di Crbn, masih kental akan budaya dan mistisnya. Semua tarian dan kesenian pasti mengandung nilai sakral.

    • ghaisaa
      ghaisaa 10 hari yang lalu +1

      Aku juga orang cirebon asli,kak. Sempet belajar tari topeng,suka ngulik" sejarah dan kesenian" asli cirebon gitu.
      Dan untuk sintren ini, aku sempet ditawarin untuk belajar & bawain tariannya, tapi katanya sintren ini ga sembarangan,harus perempuan yang bener bener masih suci dan bersih, sadar diriku kotor,jadi yaaaaa aku skip deh drpd kenapa kenapa🥲

    • Devi Marlia
      Devi Marlia 11 hari yang lalu

      masih penasaran di cirebon barat atau cirebon timur ya? malah ada asumsi juga di cirebon utara juga. soalnya di 3 daerah tsb masih kental.

    • Jisung's mom127
      Jisung's mom127 12 hari yang lalu +2

      @Si embem wahhhh... aku baru tau malah asa org cirebon aslinya yg gatau tari sintren 😄
      kakek neneku org jamblang tapi aku tinggal di indramayu,pun tau sintren.mungkin anak jaman skrg udah jarang yg tau ya aplgi yg tinggal di daerah kota.

    • Choco fi
      Choco fi 13 hari yang lalu +1

      Tapi harusnya emang tari sintren ini dirasukin atau nggak?. Kayak misal tari jaipong, tari saman, tari piring dll itu kan ya biasa aja gak harus dirasukin dulu atau yg nari nanti dirasuki gk gitu kan. Beda lagi sm kuda lumping. Biarpun kuda lumping bkn tarian sih cm kan pertunjukan juga dan pas adegan makan beling ya mereka pasti dirasuki jin kan.

    • DIMAS DOME
      DIMAS DOME 14 hari yang lalu +1

      Jaman dulu di desa saya di Majalengka kalau ada hajatan orang terpandang suka ada yg ngundang sintren,

  • Ovianty Fahrezzy
    Ovianty Fahrezzy 14 hari yang lalu +1

    Cerita emakku dlu prnah jdi sintren, dlu waktu masih remaja emakku nonton pentas tari sintren. Sbelum d mulai biasanya kan ada ritual, pas ritual yg kena malah emak😅. Smnjak itu emak jdi penari sintren, tp pas udh nikah udh ngga nari lgi. Dan klo skrg nonton org nari sintren, emak tau mana yg sintren asli mana yg fake. Aku masih skeptis tp yg cerita tentang Ema jdi sintren itu bukan cuma Ema, tp smua d desaku bahkan di desa tetangga tau. Mamak ku dlu penari sintren.

  • Caramello
    Caramello 15 hari yang lalu +8

    Masih setia menanti part 2. Yok kemon Bang... Gw do'ain biar makin sukses IDclips lo, cepat ketemu jodoh, lancar karirnya jg. Aamiin Semangat Bwaaang! Hehe

  • Zee Version
    Zee Version 8 hari yang lalu +2

    Emang bang di cirebon makanan masih murah , apa lagi nasi jamblangnya , nasi lengko , empal gentongnya 🤣

  • Hardima Chemistry
    Hardima Chemistry 15 hari yang lalu

    nunggu part 2 nya ❤

  • Citra Seni
    Citra Seni 15 hari yang lalu +48

    berhubung aku juga berada di lingkungan kesenian yg berpendidikan di jurusan tari juga , sungguh aku tertarik banget untuk dengerin cerita bang hiro kali ini.. apalagi besok rencana ambil Tugas Akhir mengangkat kisah Sintren hihi

  • Dararari
    Dararari 14 hari yang lalu +7

    Ini bukan gue yaaa.. 😂
    btw makasih banyak ih ceritanya panjang banget😍 ada part 2nya lagi. Huh makin sedep dah ceritanya 😁
    Sehat selalu ya bang hiro ❤️

  • me
    me 15 hari yang lalu +1

    31 menit berasa cuma 10 menit doang kalo ka hiro yg ceritaaa 😂

  • Yulia Sari
    Yulia Sari 14 hari yang lalu

    Akhirnya ada kehidupan lagi dr kemarin udah lemes ga da semangat gitu..soalnya video kaka udah abis aku tonton sampe bawah..paling suka kalo udah bawain temen cerita

  • Byla Ve
    Byla Ve 14 hari yang lalu

    Seruu ni kalo cerita ky gini, banyakin teman cerita bang 😍

  • Bhekti_ Art
    Bhekti_ Art 15 hari yang lalu +45

    Makasih bang sdh bawaain temen cerita kali ini, suka deh.. the best story' telling bang Hiro ini,
    serasa nyimak cerita sejarah.. jadi yg wrg luar Cirebon bisa tahu sejarahnya.. bener2 wonderful Indonesia..

  • Ayu Sri Rahayu
    Ayu Sri Rahayu 14 hari yang lalu

    Wah senengnya tarian khas daerahku dibahas :D

  • Who are u? Hah?
    Who are u? Hah? 14 hari yang lalu +1

    Ditahan dua hari ngak liat konten bang radifan gak bisa videonya asyik keluar loh 😭💖

  • Ahmad Rizal
    Ahmad Rizal 14 hari yang lalu +2

    Alhamdulilah, akhirnya masuk trending 🥳

  • Shella Khaifa
    Shella Khaifa 13 hari yang lalu

    Kemarin nonton ini pagi-pagi sambil masak. Pas lagi nyuci piring wajan yang aku simpen goyang goyang sendiri. Mendadak suasana nya jadi hening bangeeet 😅

  • Trefia Jung
    Trefia Jung 16 hari yang lalu +287

    Ndilalah disambung ke part 2. Padahal dikasih durasi sejam dua jam pun kkita ga masalah kok :') but, makasih udah kasih cerita² keren ya, Bang Hiro. Nungguin banget nih aku part 2-nya hehe

    • Didin Puspa Dini
      Didin Puspa Dini 14 hari yang lalu

      @Hirotada Radifan Weh bang Hiro keren ngedit sendiri 👍, kukira ada tim

    • Happy Mood
      Happy Mood 15 hari yang lalu

      @Hirotada Radifan buruan up ya bang... nungguin nih

    • Bella Yuyun Ayunda
      Bella Yuyun Ayunda 15 hari yang lalu

      ​@Hirotada Radifan banggg, up dong yg part 2. uda aku tunggu loh dari kemarennn

    • logika jalan
      logika jalan 15 hari yang lalu

      @Hirotada Radifan wkwkkwkwkw.....

    • Otik & Ncilz Channel
      Otik & Ncilz Channel 15 hari yang lalu

      @Hirotada Radifan kirain dirimu meragukan kuota qta bang eheeeee 🤣🤣🤣

  • Ema Imtihana
    Ema Imtihana 15 hari yang lalu +1

    DEMI APA kok ga dilanjut lanjut si kakk PART 2 NYAAAA😭😭😭
    Udah gw tungguin dari kemarin lhoo kak, keburu lupa cerita PART 1 nyaa hikss😭😭😭

  • Syafia Suhaili Fahma
    Syafia Suhaili Fahma 15 hari yang lalu +2

    Nungguin part 2 kaya nungguin gajian 😫

  • Alghifari Tareh
    Alghifari Tareh 14 hari yang lalu +6

    Saya lahir dicirebon, dan sampe sekarang masih dicirebon, dulu pas jaman² sekolah pas pelajaran seni budaya dan keterampilan ada yg memperagakan tari sintren, yg mitosnya hanya boleh dilakukan gadis yg masih perawan dan tentu saja ada semacam ritual²nya terlebih dahulu, memang sangat banyak mitos² yg beredar dicirebon bukan cuman dari tari sintren aja masih banyak lagi😁

    • Ayip Muzakhi
      Ayip Muzakhi 10 hari yang lalu

      Wah ketemu mas Alghif di sini 😂

  • Rahayu Jaya
    Rahayu Jaya 14 hari yang lalu

    Part 2 nyaa dong bang hiroooo😥

  • Nur Amrilia Maulidasari
    Nur Amrilia Maulidasari 16 hari yang lalu +94

    Walaupun sering ketinggalan update, tetep nonton sampai Habis, bener bener deh bang Hiroo kek Wak Genk Ghibah, cerita jadi Menarik banget kalau di tambahi Bumbu-bumbu Ghibah dan Julid 😹😹😹

  • Rayzah Park 🐼
    Rayzah Park 🐼 14 hari yang lalu

    Masih lama yah bang part 2 nya 😩 penasaran jan lama lama yah bang hiro, semangat 💪

  • Novia Triafifah
    Novia Triafifah 14 hari yang lalu +1

    Nunggu part 2 lama nya penasaran ini 🥺

  • juliana
    juliana 14 hari yang lalu +1

    buset ampe ada part 2😭😭😭🤘🏻

  • Ruang masak
    Ruang masak 15 hari yang lalu

    di Pemalang jg ada pertunjukan sintren, dulu waktu kecil suka ikut nonton sama almh ibuku

  • Princess Athanasia
    Princess Athanasia 16 hari yang lalu +102

    Wow gak Nyangka sintren masuk ke segmen Temen Cerita.. Saya orang pemalang sampai sekarang pun Di Kampungku masih ada seni tari sintren ini.. gak sabar nunggu part 2..

    • Diajeng indah
      Diajeng indah 14 hari yang lalu +2

      Eh aku di Randudongkal pemalang juga masih ada sintren loh

    • nuruleldiana
      nuruleldiana 14 hari yang lalu +2

      Di pemalang jg ada ya tariannya.

    • Aulia Tri Astuti
      Aulia Tri Astuti 15 hari yang lalu +3

      Iya mbak sama.malah di tempatku pemalang pas 17 ada yang ngadain sintren... aku jg kemarin baru pertaama kali dalam hidup nonton tarian itu.emang mistis bgt sih wkwkwkw

  • Nisa shabila As
    Nisa shabila As 14 hari yang lalu

    Iihh Abang jangan lama" ini saya dah nunggu nih dari kemarin. Semangat bang Hiro semoga sehat selalu.

  • Saina husna
    Saina husna 15 hari yang lalu

    Ibu saya waktu kecilnya mantan penari sintren..sering diceritain..dulu.selain tarian ada jg kaya semacam sulapnya..kaya jln diatas tali dll....
    Nyanyiannya yg saya inget..
    Turun sintren ..
    Sintrene bidadari...
    Kesananya lupa.udahlama😂

  • Arif Hermawan
    Arif Hermawan 7 hari yang lalu +1

    Keluarga aku orang Cirebon. Kemaren pas acara 7 bulanan bibi, hiburannya sintren :D

  • Caramello
    Caramello 15 hari yang lalu

    Ya Allah Bang, nunggu part 2 kek nunggu BLT turun. Semangat Bang ngeditnya.. sehat2 selaluuu

  • Sridevi Wahyuningsi
    Sridevi Wahyuningsi 16 hari yang lalu +73

    Lagi mikir" buat makan,eee tiba" dapat notif,langsung cus ambil nasi,emang paling pas nonton bang Hiro sambil makan..
    Ngak sabar part 2 😁

  • KuroRein47
    KuroRein47 14 hari yang lalu

    Bangggggg ditunggu part 2 nyaaaa 🙏🙏🙏🙏🙏