BOM BUNUH DIRI - Klarifikasi 14/05/2018 Ustadz Abdul Somad, Lc. MA

Bagikan
Sematkan

Komentar • 1 774

  • Rusj. Bag
    Rusj. Bag Bulan Yang lalu

    Kebolehan membunuh musuh adalah dalam keadaan terpaksa dan terancam seperti dalam pertempuran. Selain itu prioritas pertama adalah ampunan atau perdamaian jika ada pilihan.
    Akhlak seorang muslim adalah perdamaian, mendahulukan kawih sayang dan pemaafan, mencegah kerusakan, baik pada dirinya maupun orang lain. Walau tadinya ia musuh, tidak boleh lagi disakiti apalagi dibunuh jika ancamanya tidak lagi membahayakan jiwanya. Ini sejalan dengan sifat Allah yang menyayangi setiap jiwa manusia.
    Bom bunuh diri tanpa kondisi ada ancaman jiwa adalah kedzoliman. Bunuh diri dalam kebencian, bukanlah mati syahid.
    Mati syahid karena bom bunuh diri dalam peperangan adalah jika tak ada pilihan. Dia tidak berniat menghabisi diri, tapi karena ada serangan atau terdesak. Selama ada pilihan lain, maka itu bukan mati syahid.
    Perlu digaris bawahi bahwa setiap ajaran agama harus sesuai dengan sifat kasih sayang Allah, pada setiap diri manusia dan alam, tidak pandang ia muslim atau kafir. Tidak dibenarkan menghabisi nyawa siapapun tanpa keadaan yang memaksa.

  • Anom Ws
    Anom Ws 4 bulan yang lalu

    بسم الله الرحمن الرحيم
    السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    الحمد الله على كل حال والحمد الله على الصحة

  • Nani Zulfati
    Nani Zulfati 4 bulan yang lalu

    Hebat lanjutkan tonton ini mirip UAS buktikan!
    idclips.com/video/yd7ceu29geQ/video.html

  • dirgha wayne
    dirgha wayne 4 bulan yang lalu

    si ustaz uas ini asal riau jadi sarang terroris tamanta maroko n kairo uir jadi sarang terroris udeh tertangkap polisi trs apa tanggapan si uas ini masih dia mengatakan terroris bom bunuh diri itu mati sait ???

  • BayDev Sabrine
    BayDev Sabrine 4 bulan yang lalu

    Assalamualaikum wr.wb Ustadz.
    tidak ada hukumnya dan dalilnya bunuh diri itu diperbolehkan.
    Jika tdk ada ayat atau hadist yg jelas.. jangan asal bicara..
    Jangan salah bicara lagi ustd.
    salah pemahaman orang2 nanti.
    sangat mengecam saya, menentukan takdirnya dirinya sendiri.
    *tdk ada mati sahid yg bunuh diri*, walaupun lawan 100 orangpun, belum tentu dia mati.
    Ingat Allah yg menentukan takdir kita ustd.
    Tolong dalami lagi, jgn asal ngomong.
    Istigfar ustd..
    wassalamualaikum wr.wb

    • BayDev Sabrine
      BayDev Sabrine 4 bulan yang lalu

      Ustad Somad..
      Dalami lagi ya pemahaman agamamu.
      banyak2 istigfar kepada Allah.
      Mulutmu itu adalah mautmu.
      apalagi banyak yg mendengar km, bukan hal salah yg harus anda diajarkan..
      "HARAM" hukumnya bunuh diri itu.
      Pernah dengar kisah Rosulluwloh saat berperang yang lain ustad..? Kisah ini pernah diceritakan kepada saya, saat masih belajar di SD.
      ada salah satu muslim yang berperang saat jaman nabi. Dia sudah tertusuk pedang, dan pasti mati jika pedang tersebut ditarik keluar oleh sesama muslim, musuh ataupun dirinya sendiri.
      Karena sakit dan tersiksanya sudah sekarat, diapun mencabut pedangnya tersebut agar dia lekas mati dan tdk tersiksa. Dan matilah orang tsb.
      apa jawaban Rosulluwloh,.?
      dia "Bukan Seorang Muslim Lagi".
      karena menghakimi dirinya sendiri, atau menentukan takdirnya sendiri. (Bunuh Diri)
      Ingat Allah Maha pencemburu ustad, walau semenitpun kamu mendahului ketetapan takdir yg diberikan oleh Allah SWT.
      Murkalah Allah SWT.
      Hati2 dalam berbicara.
      Jangan hal2 yang masih ganjil yg diajarkan.. tapi ajarlah hal2 yang membuat para sahabat muslim mengenai indahnya islam itu.
      Jadi ragu saya menyebut anda ustadz.
      klo mengajarkan anarkisme.
      Gelar hanyalah gelar.
      tapi didalam diri manusia sumbernya kotoran.
      So, Manusia sumbernya salah..
      Kiyai atau ulamapun pasti punya salah.
      :)
      Gpp ustad, segera toubat saja dan banyak2 istigfar.
      Teguran Keras ya Ustad untuk anda, dan bagi kalian penyiar agama.
      harap dibaca dan dipahami.

    • BayDev Sabrine
      BayDev Sabrine 4 bulan yang lalu

      Anda itu Ustad sekaligus Public Figur acara2 religius.
      seharusnya anda memahami dengan perkataan saya.
      semoga bisa membantu menerangkan detail masalah yg ada.
      Islam bukan anarkis, akan tetapi cinta damai.
      dan "di atas takdir masih ada takdir."
      Jadi jangan pernah mencoba melakukan "Bunuh Diri" yang sangat jelas melanggar aturan islam yang ada. Allah maha pengasih lagi maha penyayang.
      Takdir yg menentukan itu Allah, baik hidup, mati rezeki, harta, wanita, dll.
      Selama Allah masih memberi kalian nyawa, Allah SWT akan selalu senang menerima taubatan-taubatan saudara2.
      Karena Allah sangat senang melihat orang bertaubat.
      Kita disini hanya titipan, Tugas seharusnya disini hanya beribadah, sisanya selingan.
      Itu yg seharusnya ustadz klarifikasi.
      "Banyak-Banyak Istigfar Ustad".
      Jangan hanya gelar Ustad saja, tapi pemahaman hadist/dalil , ayat alquran harus diperdalam lagi.
      ini teguran, semoga anda makin baik lagi.
      karena manusia sumbernya salah.
      Terima kasih.
      Wassalamualaikum Wr. Wb

    • BayDev Sabrine
      BayDev Sabrine 4 bulan yang lalu

      selama melawan bukan bunuh diri..
      dianggap melawan.. bukan bunuh diri.
      walaupun dia mati atau hidup.
      tdk ada ajaran Rosulluwloh yang mengatakan bunuh diri diperbolehkan dalam kondisi apapun.
      semua yang anda jelaskan adalah bukan bunuh diri, akan tetapi melawan musuh.
      walau hidup atau mati (karena mati bukan kita yang menentukan takdirnya)
      Pahami lagi hadist2 yang anda terangkan ustad.
      jangan ngaco..

  • joko ajiwibowo
    joko ajiwibowo 4 bulan yang lalu

    astaghfirulloh Pak ustad hati2 pak ni bs memecah umat dg fatwa yg tdk hati2.

  • Alif Baihaqi
    Alif Baihaqi 4 bulan yang lalu

    Kalau gerakan peledakan gudang bom senjata yg dilakukan moh toha dan kawannya yg di bandung dayeuh kolot itu gimana ya?

  • ARYA WIRARAJA
    ARYA WIRARAJA 4 bulan yang lalu

    Bgmn dg muslim yg ada di isra'el...klo mndngr ceramah anda??? aq bersumpah...DEMI ALLAH...DEMI ROSULULLOH...klo yg di ktkn UAS ini bnr...ada PENGECUALIAN...antara BOM BUNUH DIRI DI PALESTINA DAN DI INDONESIA...aq tantang UAS mari serang ISRA'EL dg bom bunuh diri...tp aq mau berdua dg UAS...biar terbukti omongannya...berarti kehidupan di dunia ini sdh tdk ada artinya lg...hayoo UAS aq tantang kau...hayoo...ke palestina..pakai rompi bom bunuh diri...demi ALLAH aq siap...asal sm UAS atau Zulkifli,atau HRS..atau Bahar...atau Haikal...atau sm FH...atau FZ....✊✊✊✊💪💪💪💪aq selalu siap...!!!

  • ARYA WIRARAJA
    ARYA WIRARAJA 4 bulan yang lalu

    Apa bedanya indonesia dan palestina??? apa selain muslim harus di bunuh??? apa bnr org perang di jamin sorga?? pdhl perangnya krn nafsu duniawi..yaitu krn minyak..

  • Siti Audio
    Siti Audio 4 bulan yang lalu

    ust... semangat ini hnya fitnah mngkin ada beberapa orang yg iri sama ustadt krn jamaahnya masyakallah... teruskan dakwahnya ya ust....

  • Gusti Nazwar
    Gusti Nazwar 4 bulan yang lalu

    Heran aq mata sipit ni banyak bacot aj,,, komen gak jelas,,, lu pasukan 50 cent ya,,, dibayar berapa lu setiap kali koment,,,

  • santri kalem
    santri kalem 4 bulan yang lalu

    Mampir ke channel saya

  • bobby boy brow
    bobby boy brow 4 bulan yang lalu +1

    Kasih ceramah jgn lah trllu extrem..
    Atau membenarkan..menganjurkan atau mendukung yg extrim2..
    Yg sejuk2 dan yg damai2 sj lah..
    Jelas ada bom meledak di kampung melayu..di tamrin..disurabaya..
    Bkn nya mengutuk pelaku..
    Atau simpati dgn korban
    Eh malah becanda...
    *"..Nanti ada kompor meleduk viral lagi.."*
    *"Hahahahaahaa..."*
    timpal hadirin...
    Ckckckck....
    sadar....
    Korban adlh bangsa kita..

    • Zainullah Ms
      Zainullah Ms 4 bulan yang lalu

      bobby boy brow
      Pertanyaan nya kan jelas,
      Bagaimana hukum bom bunuh diri di Palestina !!! ... 😎😎😎

    • bobby boy brow
      bobby boy brow 4 bulan yang lalu

      Zainullah Ms ..
      iya.. mmg kita disana ???
      Tanah Air kita di sini di Indonesia.
      Klo mau extrim2an silahkan ke sana...
      Pas mgkin klo di daratan Arab.

    • Zainullah Ms
      Zainullah Ms 4 bulan yang lalu

      bobby boy brow
      Kalau di Indonesia memang beda zaman, coba geser sedikit
      ke tempat saudara kita
      di Palestina,
      maka tak ada beda, sama" keadaan di jajah ! ..

    • bobby boy brow
      bobby boy brow 4 bulan yang lalu

      Zainullah Ms ....
      Beda konteks bro...
      Beda Zaman...
      Klo km terapkan hukum pd zaman peradaban lama semua akan hancur luluh lantak...
      Sprti kehidupan di negara arab yg sllu ber konflik.
      Mau..???

    • Zainullah Ms
      Zainullah Ms 4 bulan yang lalu

      bobby boy brow
      Kalau pejuang kita dahulu tidak ekstrem untuk memerdekakan negeri, loe bakalan masih jadi kacung penjajah bray..

  • yarno 8999
    yarno 8999 4 bulan yang lalu

    Jangan lupa tonton kajian lainnya Ustadz Syafiq Riza Basalamah, MA tentang makna hijrah.
    idclips.com/video/mFmFUFRWKX4/video.html

  • Subuhi Mataram
    Subuhi Mataram 4 bulan yang lalu

    Sabaar Akhina UAS teruskan dakwahnya al haq vs bathil meskipun dibenci olh org2 munafiq dn para pengkhianat NKRI yg kita cintai ini

  • WAJAH JAKARTA
    WAJAH JAKARTA 4 bulan yang lalu

    SEMOGA KHUSNUL KHATIMAH ...

  • Oom Jack
    Oom Jack 4 bulan yang lalu +1

    Maaf, Kali ini saya tidak setuju dgn Ustad Somad ...
    Menurut saya contoh yg diberikan ustad somad dalam menjelaskan bunuh diri dalam perang dgn terjun ke kepungan musuh yg banyak (seperti yg dicontohkan dalam riwayat Rasulullah pada perang Uhud) TIDAK PAS dgn pelaku bom bunuh diri yg juga dalam kondisi perang, seperti yg juga dicontohkan yaitu di palestina.
    Perbedaan nya adalah ..
    1. Pelaku bom bunuh tidak melakukan usaha utk mempertahankan nyawanya, sementara orang yg terjun ke Medan perang dgn musuh yg banyak berusaha mempertahankan nyawanya sekuat tenaga sambil menyerang musuh sebanyak banyaknya.
    2. Pelaku bom bunuh diri yg menghabisi nyawanya adalah dirinya sendiri, sementara yg terjun ke Medan perang yg menghabisi nyawanya adalah musuh ..
    3. Pelaku bom bunuh diri memiliki prosentase harapan tetap hidup 0 persen jika bom yg dibawanya meledak, sementara orang yg terjun ke Medan perang memiliki prosentase harapan tetap hidup diatas 0 persen ..
    Dengan demikian saya menyimpulkan orang yg terjun ke Medan perang dgn musuh yg banyak itu bukan bunuh diri, sementara pelaku bom bunuh diri dia TELAH melakukan bunuh diri. Bunuh diri dilarang dalam Islam, itu termasuk dosa besar dan neraka tempatnya ..
    Wallahu a'lam ..

  • Ronal Bultom
    Ronal Bultom 4 bulan yang lalu

    dan semua menunggu kata kata UAS ... mengatakan...
    " TERKUTUKLAH ORANG" YNG MELAKUKAN BOM BUNUH DIri "
    karna itu di benci ALLAH ....
    kita mau cari isi perkataan itu di dalam ceramah UAS ...
    ada kah ...?
    kalo salah mohon koreksi ....

  • Duta Armada
    Duta Armada 4 bulan yang lalu

    Yg jelas bom bunuh diri itu bukan islam sejati dan yg bela"bom bunuh diri itu jga bukan dari golongan umat nabi MUHAMMAD SAW. Bnyk yg salah paham dan mengerti mana jihat yg bener yg di trima Allah.tugas pak ustadz untuk luruskan itu

  • Juliana Jamil
    Juliana Jamil 4 bulan yang lalu

    Semoga ustz sntiasa dlindungi Allah swt ☺

  • asep saipul
    asep saipul 4 bulan yang lalu

    ha ha ha haaaa haduuuuuh ada aja yah, salah motong, motong tangan

  • kasep usep sep
    kasep usep sep 4 bulan yang lalu

    dasar ustad badut gayanya seperti yg paling hebat pret..pret..pret..israel dan palestina itu berebut tanah atau wilayah tidak ada hubunganya dengan agama mad nggak usah ngromet ngaco loe.

  • oskader mach
    oskader mach 4 bulan yang lalu

    BOM BUNUH DIRI ADALAH, BUKAN MATI SYAHID TAPI MATI KONYOL, MATI SYAHID ADALAH MATI DITANGAN MUSUH, BUKAN MATI DITANGAN DIRINYA SENDIRI, SEDANG BOM BUNUH DIRI, SIPELAKU SUDAH TAU, DIRINYA BAKAL AKAN TERBUNUH OLEH SENJATANYA SENDIRI, JADI SECARA NIAT DIA UDAH MENYENGAJA BERNIAT BUNUH DIRI, BUKAN MATI DITANGAN MUSUH.
    APA YANG DIPERBUAT PARA SHAHABAT NABI WAKTU MELINDUNGI NABI SAW, ADALAH TIDAK MENJADIKAN DIRINYA MATI DITANGAN SENJATANYA SENDIRI, DAN PARA SHAHABAT JELAS TAU, MATI DINIATI BUNUH DIRI ADALAH MATI KONYOL, JADI SEMATA MATA PARA SHAHABAT TETAP MEMPERTAHANKAN NYAWANYA DALAM KEADAAN APAPUN UNTUK TETAP MELAWAN MEMENANGKAN PEPERANGAN DAN MELINDUNGI BELIAU SAW DARI ORANG KAFIR, BUKAN MEMASRAHKAN DIRI NYAWANYA PADA ORANG KAFIR UNTUK MEMBANTAINYA, ITU MATI KONYOL

  • Aldy Yoga
    Aldy Yoga 4 bulan yang lalu

    kenapa sih... harus yang sadis2...

  • Neng Amey
    Neng Amey 4 bulan yang lalu

    sehat sllu ustad

  • Rizall Daim
    Rizall Daim 5 bulan yang lalu

    Bisa jdi pak, nanti klo ada balon meledak pun pasti viral lagi,

  • rapin rapbid
    rapin rapbid 5 bulan yang lalu

    hoalah mad somad

  • brojol85
    brojol85 5 bulan yang lalu

    telek

  • Dohan F
    Dohan F 5 bulan yang lalu

    lagi lagi ada yang ingin menjatuhkan UAS semoga diberi hidayah yaallah

  • Decky Putra
    Decky Putra 5 bulan yang lalu

    yg fitnah UAS TERORIS.gk punya otak,gk pnya kuota.

  • Iwan Setiawan
    Iwan Setiawan 5 bulan yang lalu

    Penjelasan uas tentang jihad dan aturan mainnya jelas dapat dipahami, seharusnys mui dan kemenag yg menjelaskan, emang pengetahuan dankeberanian uas diatas rata rata. Top markotop.

  • Lutfi Baihaqie
    Lutfi Baihaqie 5 bulan yang lalu

    Saya rasa jawaban beliau juga tidak provokatif seperti bagaimana yg diviralkan, semoga ada kedamaian dan kebersatuan diantara para ulama kita, jikalau memang ada yg perlu dikoreksi, silahkan lah yg lebih paham bisa duduk bersama, bukan saling serang komentar di pengajian masing2, agar kami makmum nya juga adem dan bisa mengaji dengan tenang dg siapapun ustadz nya, barakallah

  • Sandi 2019
    Sandi 2019 5 bulan yang lalu

    Duta Islam Tv chanel Tukang Fitnah UAS slm ini,,Media NU jateng..

  • Warnet Laksmana
    Warnet Laksmana 5 bulan yang lalu

    Semoga pak ustad tetap sabar dan istiqomah,kami yakin kelak ada pemimpin yg btul2 dapat menjaga dan membela para ulama...aamiin YRA

  • pojokbayi .com
    pojokbayi .com 5 bulan yang lalu

    Syahid kalo sedang dalam keadaan perang..
    muslim.or.id/27314-ulama-ahlussunnah-membolehkan-bom-bunuh-diri.html
    Bukan untuk kondisi non perang tiba-tiba meledaki keramaian.

  • Arwin SS
    Arwin SS 5 bulan yang lalu

    Semoga tdk ada lg syubhat

  • Phita Maniest
    Phita Maniest 5 bulan yang lalu

    Yang dislike iki wong kristen..kwkkkww

  • Mohamed Mochlis
    Mohamed Mochlis 5 bulan yang lalu

    Penjahat dan pendosa pun paham kok ini orang baik.

  • Efrata Sinukaban
    Efrata Sinukaban 5 bulan yang lalu

    O...takut ya..takut ke nusa kambangan

  • Furqon Abdul Aziz
    Furqon Abdul Aziz 5 bulan yang lalu

    Giliran kemaren video dipotong demo berjilid2...giliran ada kaya gini pasukan "nasbung" kaga ngekafirin teroris..jangan jangan....ah sudahlah...

  • a.rahman kadir
    a.rahman kadir 5 bulan yang lalu

    analoginya keliru ustadz, bukankah sahabat nabi tersebut msih ad kmungkinan untuk hidup, apa lagi sahabat tersebut sebelumnya terkenal tangguh jd bukan termsuk bunuh diri karena dia msih berjuang untuk hidup. sangat berbeda dg bom bnuh diri jelas2 dia membunuh dirinya, ini yg tdk dibolehkan oleh para ulama meskipun dalam keadaan perang sperti dipalestina serta sangat bertentangan dg firman ALLAH.

  • Shino Leve Jivi No
    Shino Leve Jivi No 5 bulan yang lalu

    Bapa alfa omega aja matinya bunuh diri mencabut nyawanya sendiri atas perintah dirinya sendiri,,kan si bapa dia tuhan,, klo bapa alfa omega ngk modyar gagal dongk penebusan dosanya hehehe

  • Nara Matsuhina
    Nara Matsuhina 5 bulan yang lalu

    Mereka itu cuma orang" bodoh yg gagal paham sama ceramah Ustadz Somad..Sehat selalu pak Ustadz.

  • Petrus Agung Nugraha
    Petrus Agung Nugraha 5 bulan yang lalu

    Mereka para pengikut budak2 DAJJAL dan IBLIS hanya dapat membunuh tubuh kami dan menghancurkan gedung2 ibadah ( gereja ) kami. Namun mereka2 tidak dapat dan tidak dapat membunuh jiwa dan roh kami dan serta menghancurkan IMAN kami. Karena sesungguhnya jiwa dan roh kami dlm IMAN akan peroleh Kemuliaan, Kemenangan dan serta Keselamatan hidup di dunia dan di sorga dari KEBINASAAN MAUT KEMATIAN KEKAL dalam API NERAKA untuk selama lamanya.

  • mister hutapea
    mister hutapea 5 bulan yang lalu

    klo video ahok gapapa di potong2.. nah klo video somad ga boleh
    gosah cari cari masalah :v

  • Ali TV
    Ali TV 5 bulan yang lalu

    Ini sudah diklarifikasi ustad abdul somad, ini ceramah nya dipotong, ini ceramah tentang bom bunuh diri di palestina, bukan bom dinegara yg aman, saya sarankan ustad abdu somat untuk menunutut Duta islam tv karena dengan sengaja menggiring opini buruk masyarakat, dan ininadalah jelas pencemaran nama baik ustad abdul somad. Disini yg ikut menyebarkan bisa kena pasal uu ite juga lho.

  • Ghazi Thahri
    Ghazi Thahri 5 bulan yang lalu

    semoga ada klarifikasi selanjutnya
    idclips.com/video/Qc6ftY97X2I/video.html

  • Yolanda Dunggio
    Yolanda Dunggio 5 bulan yang lalu

    Semoga ustad Uas slalu dilindungi allah swt. Aamiin

  • Andi Arif
    Andi Arif 5 bulan yang lalu

    dengarkan ini wahai kaum kafir !! kami islam bukan teroris !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • teguh fatoni
    teguh fatoni 5 bulan yang lalu

    Oh jdi bom bunuh diri di palestin boleh ya ??? Mati sahid kah ???

  • mei mei
    mei mei 5 bulan yang lalu

    bukannya ngejudge,tapi UAS masuk ustadz Radikal sudah di release oleh Duta islam,bisa di cek sendiri

  • Jafar Ash
    Jafar Ash 5 bulan yang lalu

    Lu aja noh ngebom, nanti palanya nyangsang di genteng

  • Tommy Pradana
    Tommy Pradana 5 bulan yang lalu

    Saya belum pernah membaca atau mendengar, sejarah atau kisah yang shahih di manapun perang terjadi di makkah, di madinah, di yarmuk, tabuk, badr dan lain-lain. Saya blm pernah mendengar, ada shahabat yang meraih syahid dengan bunuh diri. Semuanya mereka radhiyallahu'anhum, gugur karena senjata dan serangan musuh yang pantas untuk diperangi.

  • arthur dingik
    arthur dingik 5 bulan yang lalu

    perbedaan org2 yg berilmu dan tidak berilmu salah satunya adalah Orang yg berilmu Selalu senantiasa selalu menuntut ilmu sampai liang kubur sedangkan orang yg tidak berilmu lebih cendrung suka bertanya atau suka ingin menjatuhkan orang lain.
    dan hebatnya mengapa media2 pertelevisian sangat mudah dibodohi dengan video yang sudah di CUT? SUDAH JELAS sifat media yg ingin viral.( semakin viral semakin byk iklan)
    Harusnya media mencari orang2 yg melakukan CUTTING terhadap video tsb. (paling2 orang2 disekitar itu juga pelakunya). Allahu a'lam

  • Hello I am The King
    Hello I am The King 5 bulan yang lalu

    Memang kalo ngomong itu gampang..

  • Mega Asmat
    Mega Asmat 5 bulan yang lalu

    Yang memotong video kemarin dipastikan kafir,,,saya sangat yakin..
    yang sabar ustadku Allah SWT maha adil..

    • Mega Asmat
      Mega Asmat 5 bulan yang lalu

      Kalau ngomong yg jelas ada bukti
      nama lo aja gk jelas, masyaallah

    • Kin Hiung
      Kin Hiung 5 bulan yang lalu

      mat km jg dlu demo ahok ya yg di potong videonya sm jg sekarang hukum karma berjalan siapa menanam siapa yg menuai!!!

  • Wong NU Top
    Wong NU Top 5 bulan yang lalu

    Percuma klarifikasi pak ustad, semua orang juga udah tau kalau ustat di barisan islam radikal dan pendukung bom bunuh diri

  • Bayu Sugara
    Bayu Sugara 5 bulan yang lalu

    allah hu akbarr

  • Tjeppy Mulyadi
    Tjeppy Mulyadi 5 bulan yang lalu

    Lihat video ini /idclips.com/video/IXmKS87iPC0/video.html terbukti UAS mendukung bom Bali..!

  • Dunia Kita
    Dunia Kita 5 bulan yang lalu

    INI BUKTI YOU TOBE
    INI USTAD TAILORIS
    Dia tidak bicara PALESTINA
    UCAPAN UAS
    “IMAM SAMUDRA KASUS BOOM BALI ‘ disebut MASUK SURGA”
    HANYA IBLIS yang SEBUT PEMBOOM BOOM BALI MASUK SURGA
    👇🏼👇🏼👇🏼👇🏼👇🏼👇🏼👇🏼
    idclips.com/video/O9pvT8yNVI4/video.html

    Sedangkan semua agama melaknat BOOM BALI

  • Chandra Perkasa
    Chandra Perkasa 5 bulan yang lalu

    Ini yg disampaikan UAS sangat beda dgn bunuh diri, sahabat ini melawan dan musuh lah yg membunuhnya bkn dia yg bunuh dirinya. Maka sngat salah lah walaupun di medan perang kt boleh bom bunuh diri..

  • Sultoni Gopang
    Sultoni Gopang 5 bulan yang lalu +1

    sudah jelas klarifikasinya..jangan lagi menuduh atau membenturkan ...

  • Panca Tab
    Panca Tab 5 bulan yang lalu

    Sahabat pada perang Uhud itu kan Gugur oleh senjata musuhnya,bukan oleh senjatanya sendiri, sedangkan Bom.bunuh diri gugur oleh senjatanya sendiri atau sama dengan bunuh diri. Menurut sy persamaan ini ga pas Pa ustad.

    • Panca Tab
      Panca Tab 5 bulan yang lalu

      fad fad Hukum bunuh diri adalah jelas :
      وَلاَ تَقْتُلُوْا أَنفُسَكُمْ إِنَّ اللهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيْمًا
      Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu. [an-Nisâ’/4:29]
      Tidaklah dbenarkan kita berlaku diatas sesuatu yg salah(dilarang) Allah.walaupun untuk tujuan yang "mungkin" benar.

    • fad fad
      fad fad 5 bulan yang lalu

      +Panca Tab munkin dia cuma ada bom

    • Panca Tab
      Panca Tab 5 bulan yang lalu

      fad fad Apapun caranya, selain bom bunuh diri.

    • fad fad
      fad fad 5 bulan yang lalu

      +Panca Tab masa bom di guna untuk pukul

    • fad fad
      fad fad 5 bulan yang lalu

      +Panca Tab bergantung pada senjata pak

  • mr. panic
    mr. panic 5 bulan yang lalu

    maju terus pak uzdt somad, kami gak mudah percaya fitnah orang2 jahil...semoga komen saya di baca Pak Ust somad

  • fiscon malau
    fiscon malau 5 bulan yang lalu

    ustad yg dukung oposisi brt ustad antek amerika..

  • Saya Melihat
    Saya Melihat 5 bulan yang lalu

    Ceeboong lempar fitnah lagi, gk ada jurus lainkah?

    • Konser Musik
      Konser Musik 5 bulan yang lalu

      Saya Melihat emang cuma cebong yah yg nuduh?

  • Insan Hilman
    Insan Hilman 5 bulan yang lalu

    Menurut saya, org yg mati syahid pada zaman nabi yang dimaksud meskipun sama2 pasti akan mati di kerumunan, tetapi tetap dia pasti dibunuh oleh org lain tidak sama dengan bom bunuh diri, bom bunuh diri membunuh dirinya sendiri dan org lain dengan tangannya sendiri...mungkin beda cerita klo bomnya dilemparkan di kerumunan kafir israel misalnya lalu kemudian dia ditembak mati di tengah kerumunan itu...

  • Rz Az
    Rz Az 5 bulan yang lalu

    kecebong masih susah paham dengan uraian yang sejelas ini? sama kaya presenter botak plontos...

  • Jhon Thoor
    Jhon Thoor 5 bulan yang lalu

    wah .... cerama pakai laptop ne pak ustad

  • Wresti Indriatmi
    Wresti Indriatmi 5 bulan yang lalu

    Video UAS tdk boleh dipotong saudara2, yg boleh dipotong hanya video ahok, high level hypocrisy

  • Bedah Kitab
    Bedah Kitab 5 bulan yang lalu

    Ga dipotong tadz...ente fitnah syekh albani...bahwa boleh bom bunuh diri pendapat nya...ente harus tobat

  • Wiwit P Andayani
    Wiwit P Andayani 5 bulan yang lalu

    Bom bunuh diri bgmnapun dimnapun tetap ga boleh..haram ustadz..!! Krn bunuh diri tetap bunuh diri..meskipun tujuan utk mmbunuh kafir..tdk ada ulama salaf yg membolehkan..bahaya nih ustadz yg pemahaman spt ini..bisa2 makin bnyak yg mengikutinya..bukan mati syahid ttp mmg mati konyol..!!

  • Eka Ari Sandy
    Eka Ari Sandy 5 bulan yang lalu

    Ini salah satu link youtub provokatif nya idclips.com/video/2umjoxqLE1E/video.html

  • 1,3 jtx ditonton
    1,3 jtx ditonton 5 bulan yang lalu

    Aplikasi kwai go bagi bagi hadiah,
    Hadiah utama motor N Max.
    Link app :
    m.kwai.com/o/indo/invite/friends?key=bUh0NecJGOCSAkXWixlbw2uWBPj0dnj2p9MKYCDpA%2BBINSRN%2B4ZoTtjnYUPyy1IttxrkTbzDZ9zkgZsby%2B0hbg%3D%3D
    Caranya gampang,
    Klik link di atas, buka, masukkan no. HP, kirim kode verifikasi,
    Lalu Download app, log in pakai no. HP tadi.
    Semoga beruntung,, 😊

  • Black Mamba
    Black Mamba 5 bulan yang lalu

    Jadi ingat ahok 😧

  • anti pki
    anti pki 5 bulan yang lalu

    Banyak akun salib berkeliaran menebar fitnah

  • tar tar
    tar tar 5 bulan yang lalu

    ust sensassy ~

  • Gemini Boys
    Gemini Boys 5 bulan yang lalu

    Sahabat rasul matinya disebabkan oleh pedang musuh, bukan karena bom yg di pasang di badan pak Ustad..
    Banyak2 istigfar pak ustad

  • Adi Waskito
    Adi Waskito 5 bulan yang lalu

    Wah ayo daftar yang mau mati syahid ke Palestina tinggal ledakan diri aja :)... Syubhat nya kerennnn yah astagfirullah

    • Adi Waskito
      Adi Waskito 5 bulan yang lalu

      siapa yang bilang bunuh diri syahid? astagfirullah

    • Ridho142
      Ridho142 5 bulan yang lalu

      Bunuh diri Bukan syahid

  • Muhammad Yaseer
    Muhammad Yaseer 5 bulan yang lalu

    Ya Allah , Sang Pemilik Kerajaan Langit dan Bumi. Lindungilah Ustadz Abdul Somad dari fitnah fitnah yg keji,karena sesungguhnya Engkaulah Sebaik-baik Pelindung kami.

  • ijon jambi
    ijon jambi 5 bulan yang lalu

    ustas teroris

  • the dream craft
    the dream craft 5 bulan yang lalu +1

    Ustad..Kalau Allah..tidak berkata tapi Berfirman, bukan Kata Allah tapi harusnya firman Allah, kemudian Nabi tidak berkata tapi bersabda..jadi bukan kata Nabi..tapi Sabda Nabi..

  • Pas Notse
    Pas Notse 5 bulan yang lalu

    Smoga akan ada banyak lg kedepanya benih2 ustad yg seperti uas.amin

  • Cut Loucia
    Cut Loucia 5 bulan yang lalu +1

    *_Menurut saya, teroris belakangan ini memang Islam ... tapi Islam tidak semuanya teroris ... teroris itu aliran Islam yg terlalu kuat paham jihadnya ... dan memang radikal ... mereka menganggap situasi sekarang ini perang .. itu versi mereka ... maka mereka berpedoman _**_QS.At_**_ Taubah 123_*

    • cx42
      cx42 5 bulan yang lalu

      saya paham betul dengan trik " spesie iblis" yang gemar membuat lebel seperti radilak,teroris, fundamentalis...

  • Ahmad Faisal
    Ahmad Faisal 5 bulan yang lalu

    kemaren kayanya ajarannya ga bener, dukung teroris, kenapa skarang jadi sok bener? atut yaa? makanya mulut di jaga kontol

  • Meikawaty Umar
    Meikawaty Umar 5 bulan yang lalu +1

    Sabar ya pak ustadz

  • muh DOR
    muh DOR 5 bulan yang lalu

    Videonya ust Shomad itu gak boleh di potong. Yang boleh itu videonya ahok.
    ~mrk

  • Fr Mr
    Fr Mr 5 bulan yang lalu

    Hanya Tuhan yg tau. Dan manusia yg akan mempertanggungwajabkan.

  • rizkian nissa
    rizkian nissa 5 bulan yang lalu

    Menurut sy:
    berjuang dlm perang beda dengan gerakan bom bunuh diri , yg anda bilang gerakan mati syahid.
    Dalam perang ada perlawanan meski dia tau endingnya kemungkinan besar dia akan mati tp tetap berjuang dl. Ada perlawanan !
    Dan Jelas itu bkn BUNUH DIRI !!!
    Kalau bunuh diri : niat dgn sengaja melukai diri yg sdh tau akibatnya akan mati apalagi krn senjatanya sendiri meski musuh bs jg mati.
    Aq rasa Rosul tdk akan memperbolehkan umatnya bunuh diri ! Apapun alasannya ! Termasuk dlm perang.
    Wallahualam

  • mitra chicken
    mitra chicken 5 bulan yang lalu

    komentar yg baik di like semua,biar jadi trending 1 , sehat selalu tuan guru

  • mitra chicken
    mitra chicken 5 bulan yang lalu

    viralkan !!!

  • Kevin Kartika
    Kevin Kartika 5 bulan yang lalu

    Yang dulu pidato di potong pasrah" aja. Ini di potong dan gk di masukin penjara uda kebakaran jenggot. Lihay faktanya aja gk usa nyinyir.

  • Indra Tantra
    Indra Tantra 5 bulan yang lalu

    hanya allah setan aja yg mempunyai agama, allah koq punya agama....

  • first accnt
    first accnt 5 bulan yang lalu

    ahh...kotoran jamban luh!!!

  • Baharrudin Ramadhani Wicaksono
    Baharrudin Ramadhani Wicaksono 5 bulan yang lalu

    Sisi pendalilannya kok jadi begitu,,yg pasti mati itu karena dibunuh semua musuhnya bukan karena pasrah menempelkan bom di tubuhnya,,

  • safety is my life
    safety is my life 5 bulan yang lalu

    done shared

  • Antonius Seran
    Antonius Seran 5 bulan yang lalu

    Mati konyol

  • Sweet Pea Ness
    Sweet Pea Ness 5 bulan yang lalu +1

    Allahuakbar
    Allahuakbar