Tap to unmute

Menelusuri Ibu Kota Baru (FULL VERSION) | Mata Najwa

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 9 Des 2021
  • Tim Mata Najwa terbang ke kawasan ibu kota baru di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur untuk menelusuri jejak pembangunan ibu kota baru. Sebelum berangkat ke Kalimantan Timur, tim Mata Najwa bertemu dengan Isran Noor, Gubernur Kalimantan Timur, yang singgah di kantor Narasi.
    Bersama Isran Noor, tim Mata Najwa berbincang mengenai persiapan pemerintah daerah setempat terkait proyek pemindahan ibu kota, sejauh mana warga dilibatkan, dan hak atas tanah warga yang digunakan untuk kawasan ibu kota negara baru. Isran Noor menyampaikan bahwasanya di kawasan IKN tidak ada tanah warga yang digunakan.
    “Tidak ada, saya jamin. Tidak ada tanah adat di situ dan tidak ada tanah masyarakat yang akan digunakan untuk pembangunan ibu kota,” kata Isran Noor, Gubernur Kalimantan Timur.
    (Narasi)
    Subscribe Newsletter Newsroom untuk update informasi terkini dari Narasi juga ya. Klik link bit.ly/newsletter_newsroom
    Jangan lupa subscribe, tinggalkan komentar dan share video ini.
    Tonton konten video-video lainnya di www.narasi.tv
    Follow:
    narasi.tv
    narasi.tv
    narasitv
    Konten video dan IDclips Channel ini adalah bagian dari Narasi.

Komentar • 2 731

  • Petualangan Sin
    Petualangan Sin 11 bulan yang lalu +124

    meiihat bahasa tubuh dan penyampaian verbal dari bapak Isran Noor mengingatkan saya bahwa beliau adalah tipe banyak para pegawai di Indonesia (baik pemerintah/ non pemerintah) ketika menghadapi aspirasi dari klien (dalam hal ini masyarakat). Tidak lugas, bertele, dan emosional sejak dari awal (video wawancara). Dan jawaban juga tidak konteks , ada banyak blunder kata-kata(diksi) yang semestinya bisa dimanfaatkan oleh tim Narasi untuk mempertajam isi pertnyaan. Saya kurang tahu apakah jangan2 tim Narasi terbebeani dengan pertanyaan lain yang dinilai bobotnya lebih, sehingga blunder dari pak gabener ini bisa terlewatkan...??

    • dyah ayu veronica
      dyah ayu veronica 9 hari yang lalu

      @Salim Suharis pemilihnya disuap

    • Salim Suharis
      Salim Suharis 10 bulan yang lalu

      @sri sulistiyani gubernur kan yg milih juga warga sana juga, jadi kl bulshit ya berarti bisa juga diarahkan ke yg milih

    • Mariyam Yuh
      Mariyam Yuh 10 bulan yang lalu +3

      Terkesan memaksakan, dan menyudutkn rakyat, mgkn supaya rakyat takut dan menyerah bgtu saja

    • Ibar zuchrih
      Ibar zuchrih 10 bulan yang lalu +11

      Yaah gubernur itu khan perpanjangan tangan pemerintah pusat...jd bgmn cara beliau utk membenarkan semua ambisi istana.

    • sri sulistiyani
      sri sulistiyani 10 bulan yang lalu +1

      Gubernur Bullshit

  • Thari Tube HD
    Thari Tube HD 8 bulan yang lalu +2

    saya setuju pemerataan pembangunan , tapi tolong lebih di perhatikan warga suku tempatan yg sudah dari leluhurnya tinggal di kaltim hak hak mereka , kesejahteraan hidup mereka, agar mereka tetap mampu bertahan , tugas pemerintah menjaga keseimbangan

  • Yusron Efendi
    Yusron Efendi 10 bulan yang lalu +18

    Bapak ini pantas jadi kepala suku...cerdas dan pembela warga nya...sabar mukanya sangat tulus....

  • Panji Laksana
    Panji Laksana 10 bulan yang lalu +15

    Sejarah saja sudah tidak di tanamkan kepada genersi kita. Mengingat kembali sejarah adanya Negara Indonesia dikarenkan kesepakatan Raja2 dan Sultan2 dari tiap kerajaan di Nusantara karena rasa persatuan ini terbentuklah Negara Indonesia. Namun sekarang perundingan itu hanya di lakukan oleh Elit Negara saja tidak melibatkan Kaum Adat, Raja dan Sultam yg berkuasa bahkan masyarakat pun tidak di sosialisasikan terlebih dahulu. Elit Negara punya pikiran sendiri untuk membentuk Ibu kota sendiri dan tempat kerja sendiri. Kalau memng Elit Negara sudah membicarakan dan membuat keputusan secara bersama dengan Sultan serta Masyarakat Adat dan telah berfikir dampak yg di timbulkn baik Ekonomi sosial dan Budaya. Maka Elit negara adalah manusia yg menjunjung Sejarah Negara.
    Jangan hanya berkata JASMERAH toh sejarah di lupakan juga. Jngan hanya bicara NKRI HARGA MATI toh Sultan dan Raja serta Masyarakat Adat tidak di rangkul untuk membicarakan ini.

    • Ibad Kain
      Ibad Kain 10 bulan yang lalu +1

      betul .. raja2 jaman dahulu dikibulin smua sm bung karno terutama aceh sulses ternate tidore dan kesultanan2 lainnya

  • Nurudin Md
    Nurudin Md 10 bulan yang lalu +13

    Problemnya pak ketua adat suku Balik : "Jika selama ini kami jumpa preman dengan bawa golok dan bertato sehingga bisa kami lawan, lha nanti kalau kampungnya dijadikan sebagai IKN yang dihadapi berbeda yaitu preman berdasi yang menggunakan otak kepandaian, mana mungkin bisa kami melawan pendatang itu...???" Waow tetap semangat berjuang pak Ketua adat suku Balik.

  • dody yusuf bachtiyar
    dody yusuf bachtiyar 11 bulan yang lalu +711

    Saya bisa menangkap perbedaan persepsi antara pemerintah/pejabat dengan masyarakat. Persepsi tentang kemakmuran, persepsi tentang kesejahteraan, semua berbeda. Pemerintah melihat dari segi makro ataupun kapital, sedangkan masyarakat melihat lebih merinci dari segi sosial, adat dan sebagainya.
    Disini bisa dilihat gap antara pemerintah dengan rakyat. Tujuan sama tp persepsi tentang tujuan berbeda. Masalah yg sangat dasar sekali dan fundamental.
    Terkadang iming2 kemajuan, kesejahteraan dari pemerintah mengaburkan dampak lingkungan, sosial budaya yg mungkin terjadi.
    Semoga kedepan Indonesia memiliki kualitas pejabat yg lebih sensitif dengan isu lingkungan disamping kemajuan ekonomi.

    • dody yusuf bachtiyar
      dody yusuf bachtiyar 2 bulan yang lalu

      @Black N White wah aku blm tau jg konsepnya gimana belanda bisa mengendalikan air.
      Tp sependek pengetahuanku, bahwa salah satu fungsi dari pohon ada selain menjaga kelembaban jg sebagai penyimpan cadangan air tanah, dimana panas sinar matahari gak lgag kena bumi dengan adanya pepohonan sehingga mengurangi penguapan, dan dengan adanya pohon dengan akar yg kuat sebagai pencegah erosi, itu kenapa di pinggir pantai banyak di tanam pohon bakau, akar juga mampu menyimpan cadangan air tanah, itu kenapa digunung atau ditempat2 yg banyak pohonnya banyak sumber air, dibandingkan di gurun pasir, .
      Maap nih mungkin ilmuku blm sampai, atau masih kuno. mungkin anda punya keilmuan lain perihal air tanah, erosi, banjir, atau konsep banjir mungkin. Silakan sharing.atau mungkin bisa sharing pengalaman anda ttg belanda. 👍

    • Black N White
      Black N White 2 bulan yang lalu

      @dody yusuf bachtiyar Banyak salah kaprah Banjir karena Hutan gundul bla..bla..bla,Banjir itu karena salah Manajemen/Pengaturan Air,Di Belanda G ada Hutan,tanah g terlalu tinggi tapi bisa mengendalikan air laut bukan hanya air darat,pikir

    • dody yusuf bachtiyar
      dody yusuf bachtiyar 2 bulan yang lalu

      @Aan Armes iy, nah itu yg mungkin jadi problem jg bang. Negarapun jg harus melaksanakan kewajibanya, dengan "ganti untung" katanya, sekarang dah gak boleh ganti rugi lg, harus ganti untung.

    • dody yusuf bachtiyar
      dody yusuf bachtiyar 2 bulan yang lalu

      @Hasanah Hasanah kebenarannya sqya belum tau kalau masalah utang😁, tp saya setuju kalau harus mengurangi beban hutang, apalagi hutang dengan mata uang asing. Terlalu beresiko kn, untuk sekarang rawat terjadi inflasi, bahkan mungkin sudah inflasi, tinggal sampai seberapa tinggi tingkat inflasi, yg di takutkan lagi adalah resesi yg di prediksikan tahun depan. Bukan saya yg ngomong, tp bu menkeu dan pak Jokowi sendiri.
      Membangun butuh sih, bagus juga, siapa yg gak mau negaranya maju? Tp prioritas nya apa, sehingga berani m3ngambil resiko?
      Mudah2n pilihan terbaik buat Indonesia. 🙏

    • dody yusuf bachtiyar
      dody yusuf bachtiyar 2 bulan yang lalu

      @Supri Yanto baik terimakasih mas, saya seruju dengan pernyataan mental generasi muda yg harus dibentuk. Bukan bermaksud menolak perpindahan ibukota. Saya kira ibukota dimanapun kalau itu membuat Indonesia lebih berdaulat, lebih maju, sedikit resiko diintervensi bangsa lain, siapa yg gak mau y kan?

  • Ramadhan A
    Ramadhan A 10 bulan yang lalu +58

    Pinteran ketua adat dari pada gubernur 😢 indonesia ku, semoga Allah selalu lindungi dan majukan negeri ini, sedih banget masalahnya selalu tentang ekonomi kalau gak mempertahankan nafkah dan lahan untuk kehidupan sehari hari dgn mempertahankan kasta terpandang dari pihak pejabat,

    • Ramadhan A
      Ramadhan A 9 bulan yang lalu

      @Fire Bird tidak bodoh sama sekali, saya hanya menambahkan update informasi, maaf jika ada mis persepsi disini 🤗🙏🏻🤍

    • Ramadhan A
      Ramadhan A 9 bulan yang lalu

      @Fire Bird iya memang sdg dalam proyek pengerjaan, saya tinggal di kabupaten penyangga ikn cuma saya gk tau isu ketua adat sebelumnya keberatan dgn pemindahan IKN karena takut ada penggusuran lahan warga seperti di Jakarta

    • Fire Bird
      Fire Bird 9 bulan yang lalu

      @Ramadhan A ikn di kalimantan sudah jadi tidak tertutup kemungkinan wib berpusat di jakarta wita di borneo.itu cuma prediksi orang bodoh seperti saya ini maaf kalau salah.

    • Ramadhan A
      Ramadhan A 9 bulan yang lalu

      @Fire Bird fyi, disidang komisi 3 dpr ri kasus edy kmrin, aliansi borneo meminta ke pada pak jokowi terkhususnya supaya sdm suku dayak terutama di berdayakan, jadi sekalipun ikn di kalimantan, yg mengelola ada yg memimpin juga harus org dayak, krn kata mereka org dayak gk pernah dikasih kesempatan kerja dipusat, dan kalimantan hanya dikeruk saja / dijadikan tempat cuci piring, rekaman isi rapat bisa diakses secara full dan banyak di post di channel youtube, jadi permintaan adat juga sdh masuk ke komisi 3 dpr mengingat waktu memindahkan ikn jokowi izin mengumpulkan banyak tetua adat dari seluruh penjuru kalimantan
      Ini updatean dari perjuangan hak asasi sdm di kalimantan🙏🏻🤗🤍

    • Fire Bird
      Fire Bird 9 bulan yang lalu

      ya jelas to gubernur beban beratnya berhadapan dengan penguasa dan perangkatnya sedang ketua adat kan kepada adatnya.

  • Rafie Madjid
    Rafie Madjid 10 bulan yang lalu +21

    " Tahun 75 Perusahaan masuk, Perusahaan itulah yang menghabisi hutan kami" Sangat Menyayat hati. Tanahnya di keruk, hutannya di curi, kesejahteraan nya tidak diperhatikan.

    • Rifqi Alhasfihani
      Rifqi Alhasfihani 7 bulan yang lalu

      Hantam dengan mandau

    • Nurul Huda
      Nurul Huda 10 bulan yang lalu

      Di curi dibawa kemana om?, Klo dari th 75 udah otonomi daerah kira" jakarta khususnya dan jawa pd umumnya sudah semakmur saat ini kah???

  • POSYANTEK HARJAMUKTI
    POSYANTEK HARJAMUKTI 9 bulan yang lalu +17

    Yg harus dilakukan sblm pembangunan adalah kehawatiran penduduk kehilangan tanah, jadi berikan mereka legalitas tanahnya, sertifikat tanah yg sdh tinggal lama disana, spy ketenangan ketentramam mereka terjamin dan merasa aman dan nyaman

  • Muhammad Toha
    Muhammad Toha 10 bulan yang lalu +4

    Semoga rakyat kalimantan terlindungi dari musibah

  • Ruly Fitrah
    Ruly Fitrah 11 bulan yang lalu +11

    Seharusnya masyarakat diajak diskusi. Bukan tanya setuju atau tidak adanya IKN. Tapi tanya dulu kebutuhannya apa misalnya rumah sakit kurang, sekolah dan kejuruan gak ada. Itu dulu dibangun, shg masyarakat dapat manfaat dulu dan merasa siap, baru kemudian IKN masuk.

  • Jalal Bonjeruk
    Jalal Bonjeruk 10 bulan yang lalu +28

    Cerdas kepala suku, walaupun orang kampung tapi pemikirannya jauh ke depan. Pintar pak kepala suku, salut saya.

  • oliiiip
    oliiiip 9 bulan yang lalu +4

    Mba nana aku nangis semenjak para ketua suku angkat bicara. Kesel banget sama gubernur kaltim. Aku yakin alam memiliki hukumnya sendiri dan manusia gabisa untuk ikut campur atas penentuan hukum alam. Hati-hati mba dimanapun, sehat selalu. , Terimakasih banyak ❤️🙌🏻

  • Aleesya Management
    Aleesya Management 9 bulan yang lalu +13

    Saya sebagai orang jawa merasa malu kepada tetua2 adat, mohon maaf buat warga kalimantan jika sebagian orang dr suku saya tak memiliki tata krama 🙏🙏🙏🙏😭😭😭😭😭😭😭

  • Thomas Sulistiono
    Thomas Sulistiono 10 bulan yang lalu +2

    Saya do'akan agar Pemerintahan Pusat lebih bijaksana terhadap warga yang terkena jalur IKN, seperti penggantian lahan sesuai yang dimiliki nya saat ini, serta bersertifikat /legalitas kepemilikan.

  • Mimik Cucu
    Mimik Cucu 11 bulan yang lalu +35

    Keren nih pak ketua Adat. ini namanya dunia terbalik : ) Warga desa terlihat smart berpendapat sementara Gubernur berdebat seperti preman tanah abang, dikit-dikit nge gas,

    • dyah ayu veronica
      dyah ayu veronica 9 hari yang lalu

      @Richo Rv karena pada akhirnya jawabannya itu kurang tepat. Tidak benar-benar peduli dengan yang terdampak

    • Richo Rv
      Richo Rv 9 bulan yang lalu

      karena yg di tanya berulang ulang dan sudah di jawab makanya ngeGas

    • Maqvira Achmad
      Maqvira Achmad 9 bulan yang lalu

      Nah setuju.

  • muhammad izzatur ro'id
    muhammad izzatur ro'id 10 bulan yang lalu

    Intinya kekhawatiran masyarakat itulah yang harus dijawab oleh Pemerintah. Terlepas dari segala hal negatif yang ditujukan kepada Pemerintah, semua lini di dalamnya yang terlibat dalam megaproyek sekelas ibukota juga tidak bisa dibilang serampangan. Pemerintah daerah maupun pusat terus berusaha untuk mensosialisasi, menjelaskan, dan mendengarkan masyarakat soal IKN, tetapi kompleksnya masyarakatlah yang membuat sebagian dari mereka merasa tidak mendengar atau tidak dilibatkan dalam hal tersebut.
    Tujuan yang baik tercipta dari komunikasi yang baik🇮🇩🙏

  • BAGAJUL
    BAGAJUL 9 bulan yang lalu +2

    Ambisi tanpa SOLUSI sama saja dgn ANARKI....
    Meski saat ini masih ada miskomunikasi megenai prosedur pembangunan dan permasalahan sosial. Banyak masyarakat yg merasa takut tidak dapat bersaing dgn penduduk pendatang di IKN tsb. Data empiris msyarakat berkaca pada penduduk asli Jakarta yaitu masyarakat BETAWI...sebuah kekhawatiran lain adalah masyarakat terlanjur membangun rumah dan mengolah tanah di TANAH NEGARA dgn izin HGU yg menurut mereka tidak akan dapat ganti rugi dari PEMERINTAH....mengingat tidak ada kejelasan masalah trsb....Jadi, apakah solusi dari pemerintah dan pemimpin saat ini dan pemegang estapet selanjutnya dalam memberi PROBLEM SOLVING untuk hal ini ???? Ingat, dalam pemecahan masalah HARUS BERKEADILAN....jika TIDAK ADIL...maka SEMUA PEJABAT telah melanggar PANCASILA dan UUD 45 ....apakah artinya ????

  • Kurnia Ilahi
    Kurnia Ilahi 10 bulan yang lalu +10

    Ternyata jaman penjajah
    Hidup lagi dg nyata di negri ini .
    Untuk bangsa ini .semoga saudara “
    Kita di Kalimantan senantiasa sllu
    Dalam lindungan Allah swt amin

  • Denis Ropa
    Denis Ropa 9 bulan yang lalu

    Mudah2an pemerintah akan memperhatikan lebih kepada masyarakat penduduk Balik dan warga2 yang ada disekitar IKN sehingga mereka tidak terpinggirkan tapi akan memberikan dampak yang baik bagi Masyarakat 👍👍

  • indra
    indra 11 bulan yang lalu +387

    Kekhawatiran kepala sukunya bener bener jujur mewakilkan masyarakat adat. Semoga pemerintah dengar & meningkatkan kontribusi dibidang pendidikan🥲

    • Sadikin Hisyamuddin
      Sadikin Hisyamuddin 7 bulan yang lalu

      L lll lll l lll llllllllllllll lll llllllllk at me u

    • Kelana putih
      Kelana putih 9 bulan yang lalu

      Hutan Kalimantan adlh salah satu paru² dunia setelah hutan Amazon di Brazil. Alangkah baiknya jgn sampai Kalimantan di jadikan IKN. Wahai saudara²ku di KalTim jgn sampai nasib kalian sm seperti suku asli Betawi yg terpinggirkan. Pikirkanlah dan jgn sampai kalian menyesal dibelakang hari.🙏

    • Muh.Ridwan Idris
      Muh.Ridwan Idris 9 bulan yang lalu +1

      Apakah mandau akan kembali bekerja?

    • Tumpak Wilis
      Tumpak Wilis 9 bulan yang lalu +1

      Klu aku tambah suka tambah maju

    • Pudji Utomo
      Pudji Utomo 10 bulan yang lalu +1

      Ĺ
      Jangan pernah mundur, ragu, negatif tingking, dalam memulai suatu kebaikan, seperti dulu waktu Ir.Soekarno dalam membangun monas, senayan, dst.

  • Suyono Fadhal
    Suyono Fadhal 10 bulan yang lalu +1

    Setiap pembangunan dimanapun akan ada yang harus berkorban dan selalu ada yang menolak, apakah kalau ada yang menolak maka pembangunan harus dibatalkan? Jadi hal seperti ini biasa saja dan harus dipikirkan untuk kepentingan yang jauh lebih besar, pemerintah harus lebih fokus pada kemakmuran yang lebih besar supaya tidak mudah dihambat oleh kepentingan kecil yang pasti ada dimanapun. Waktu bangun GBK ataupun TMII juga ada penolakan, tetapi kalau pembangunan itu untuk kepentingan yang lebih besar maka pembangunan harus tetap berlanjut

  • Abraham Naji
    Abraham Naji 10 bulan yang lalu

    Kalimantan mungkin akan diekplorasi dengan massive. Lalu, lahan yang strategis bisa menjadi alasan strategisnya untuk distribusi/ekspor ke negara lain untuk kebutuhan industrinya yang besar, terutama yang letak demografisnya sangat berdekatan dengan kalimantan.

  • ADE ADE
    ADE ADE 10 bulan yang lalu +1

    Masyarakat Kalimantan harus di libatkan disegala bidang

  • irfan aebid
    irfan aebid 10 bulan yang lalu +4

    Mudahan bapk kepala adat /masyarakat tak diteror.... Semoga dikuatkan,dan dicukupkan,dan dimudahkan segala urusannya...

  • Jiri Prochazka
    Jiri Prochazka 11 bulan yang lalu +139

    Tetap bersyukur tinggal di Kalimantan timur yg jarang terkena bencana orangnya juga sangat ramah peduli sesama manusia

    • Amaq Amy
      Amaq Amy 9 bulan yang lalu

      Ee... sdh berapa kali aku sampaikan kmu bertanya mengulang ulang, kata Pak Gubernur

    • Mariyam Yuh
      Mariyam Yuh 10 bulan yang lalu +1

      @Sugiarto Sugiarto dampak negatif'a sdh d pikirkn blm???

    • Wowok2r Lover
      Wowok2r Lover 10 bulan yang lalu

      @Jimmy Hopkins tapi banyak kaum Ragil di sana 😱

    • Jimmy Hopkins
      Jimmy Hopkins 10 bulan yang lalu +5

      Saya juga bersyukur tinggal di kota bogor, ga pernah ngerasain bencana, orangnya juga ramah dan terintegrasi dengan pusat negara.

    • Sugiarto Sugiarto
      Sugiarto Sugiarto 10 bulan yang lalu +2

      Assalamualaikum warahmatullahi wa barokatuh.
      Saya salut dgn p. Gubernur Kaltim, yg telah menjelaskan tentang ikn.
      Saya yakin, ini akan menumbuhkan ekonomi warga sekitar, dan memperluas lapangan kerja warga negara.
      Semoga menjadi berkah bagi seluruh bangsa Indonesia.
      Aamiin Allohumma Aamiin.

  • Haryagung Yogyasworo
    Haryagung Yogyasworo 10 bulan yang lalu +11

    8:58 Itu Bapak lakukan?// Nggak ada!
    10:03 E e... Kamu ni berapa kali aku sudah nyampekan berulang-ulang, Jangan diulang-ulang! 😒
    17:32 Itu yang ngabisin hutan kami😌
    21:24 Alasannya mereka kan begitu
    22:28 Ini premannya kan, berdasi ?!
    30:58 Kami masyarakat suku adat asli disini, kami yg punya kampung yg mau diletakkan tempat ibu kota itu, kami tidak pernah diajak
    39:42 (Hidung tidak gatal)
    40:05 (Hidung mungkin pilek)
    40:08 (Tertawa karena ketahuan sesuatu)
    40:14 (Hidung mungkin pilek, paru-paru sesak, menyeka keringat)
    41:20 (Hidung tidak gatal)
    43:38 Itulah peran pemerintah daerah, harusnya mendengarkan rakyat, bukan mendengarkan pusat, meminta-menyerap aspirasinya
    46:58 Harusnya, pembangunan hadir untuk dimanusiakan dulu manusianya
    47:43 Kaltim itu menanggung beban puluhan tahun dari kebijakan obral habis ruang hidup
    48:00 Kembalikan mandat ini kepada rakyat, minta untuk terjadinya partisipasi-dialog
    48:07 Pemerintah melakukan proses negosiasi terlebih dahulu dengan para investasi daripada kepada rakyat, itu yang kita kritik
    57:48 Jadi menurut Pak Iswan mereka akan rela aja gitu~// Rela pasti kan selama ini kan ndak ada yg ngeluh kok
    1:06:39 Berani itu penting, tapi kecermatan itu juga penting
    1:10:00 Secara substansi, banyak hal yang kami sendiri-apalagi publik ya, belum bisa memahami jalan pikiran pemerintah

  • CULTURE TAROT
    CULTURE TAROT 10 bulan yang lalu +6

    Mba Najwa, Teruslah Bergerak ntuk Melindungi Hak_hak Masyarakat Lokal🙏😭👍👍Smga Allah Sll Melindungi dan Memberi Kemudahan kpd Mba Najwa serta Masyarakat Lokal yg sedang Berjuang thdap Hak_haknya

  • Stefan Fadli Kelen
    Stefan Fadli Kelen 9 bulan yang lalu +1

    Keren, Mata Najwa mendialektikakan tesis pemerintah dan realitas di tengah masyarakat

  • 安迪卡Andika
    安迪卡Andika 10 bulan yang lalu +16

    GUBERNUR: "Masayarakat disana itu sangat welcome"...
    MASYARAKAT: "Kami tidak pernah diajak musyawarah..."....

    • Bang Jaka
      Bang Jaka 9 bulan yang lalu

      Padahal kalo jadi tuh ibukota pindah..pak gubernur itu GA KEPAKE.. krn sistem pemerintahannya daerah nya adalah otorita...yah minimal jadi ketua RT tuh gubernur...:)

    • eb 1
      eb 1 9 bulan yang lalu +1

      Biasa bos yg kayak gini, gw aja pernah liat untuk ekspose rtrw suatu kabupaten, yg dilibatkan dari pihak masyarakat itu hanya opd. Perwakilan masyarakat diwakili sama kades yg gak berani ngomong karena takut dinonjobkan

  • Jim Red
    Jim Red 10 bulan yang lalu

    untuk para pemangku kepentingan, bila nanti telah diresmikan menjadi ibukota, kalimantan boleh dibangun tapi jangan sampai mengorbankan hutan dan kawasan hijaunya. hutan kalimantan adalah satu dari beberapa "paru-paru" bumi yang esensial untuk keberlangsungan ekosistem. tanpa jadi ibukota saja deforestasinya sudah pada taraf yang memprihatinkan.

  • Puspito Adi
    Puspito Adi 9 bulan yang lalu +3

    Semua kebijakan pasti ada dampak buruknya. Disini diperlukan kedewasaan berfikir bagi kita.
    Jangan tendensius.

  • MAMBULU CHANNEL
    MAMBULU CHANNEL 9 bulan yang lalu +1

    Salam warga Indonesia.
    Jangan terlalu jauh berfikir masalah IKN,pemerintah tolong dijelaskan sejak tahun berapa bahasa HGU itu muncul dan sejak kapan masyarakat adat tersebut berada di tempat kelahiran nenek moyangnya.
    Kebun masyarakat dijadikan HGU untuk IKN,bagaimana masyarakat bisa jadi hidup senang,sejahtera kalau hak/kebun kami yang selama ini sudah memenuhi kebutuhan rumah tangga kami lalu di renggut oleh pihak-pihak tertentu.
    apakah itu adil bagi kami sebagai masyarakat biasa ini?
    Sumber kehidupan kami nanti dari mana?

  • Rudy K
    Rudy K 10 bulan yang lalu

    teruskan perjuanganmu mata najwa...pemerintah sudah berjalan ke alur yang salah. semoga bisa disadari soal IKN..separah2nya issue kesalahan ORBA aja masih meninggalkan warisan yang baik buat alam bangsa ini. saya berharap pemerintahan ke depan bisa sadar..bangsa ini perlu kelestarian alam yang seimbang.

  • IKOBE (Ikawangi Korwil Bekasi)
    IKOBE (Ikawangi Korwil Bekasi) 11 bulan yang lalu +13

    Antara warga dan pemerintah sangat berbeda secara sudut pandang, gubenur mewakili pemerintah semuanya terlihat aman2 saja dan tidak ada kendala, tapi masyarakat yg mewakili isi hati dan apa yg mereka rasakan langsung harusnya jauh, jauh, jauh di dengar dan dipikirkan kekawatirannya, karena itu sangat jauh lebih baik dari pada memaksakan yg impact-nya sangat besar kepada warganya, menurut warga +62 setuju jika sebelumnya di musyawarahkan terlebih dahulu bersama masyarakat penajem, yakin Indonesia lebih baik lagi

  • Lukman Aqordia Batik Kita
    Lukman Aqordia Batik Kita 10 bulan yang lalu +6

    Pada umumnya pembangunan menyebabkan org2 asli terusir krn sulitnya bersaing dg pendatang. Sy setuju ibukita pindah dg syarat memberikan sumber kehidupan yg sangat layak dan tanah yg luas (tdk utk dijual) utk penduduk setempat

  • Seger Waras
    Seger Waras 7 bulan yang lalu

    Jooosss kepala suku.
    Smg sll di rahamati Allah atas lahir nya Nusanatara,.di sampingnnya ,Aamiin
    Lahir nya Nusantara bangkit nya bangsa NKRI ,

  • Ahmadbekoffcial
    Ahmadbekoffcial 10 bulan yang lalu +2

    Pembangunan yg lebih baik lagi ajah , Supaya jangan sampai para Masyarakat - Nya tdk kecewa !!!!

  • Jericho Fernando
    Jericho Fernando 10 bulan yang lalu +2

    tetap awasi pemerintah dan kritik apa yg belum benar . Tetapi ingat posisi pemerintah adalah orang tua bagi masyarakatnya yg niatnya selalu baik untuk anaknya jadi segala kekhawatiran masyarakat setempat dan keluhan setempat di rembuklah secara musyawarah

  • Yaya Aizumi
    Yaya Aizumi 10 bulan yang lalu

    Semestinya Ketua Adat Balik yg jd bpk gubernur,,lebih bijaksana, lebih ramah,lebih perhatian dgn masyarakat,bicara sesuai kenyataan, peduli dgn marwah bumi Kalimantan, saya bangga dgn Bapak Ketua Adat,Semoga Sehat selalu Bpk, Sehat selalu dan Sukses untuk tim Mata Najwa.

  • Panji Kusumo
    Panji Kusumo 8 bulan yang lalu +2

    Di manapun masyarakat itu jarang yang di libatkan hanya dampaknya yang akan merasakan ..jarang pendekatan dulu di lakukan .

  • Ruhli Afuazen
    Ruhli Afuazen 9 bulan yang lalu

    Yang paling penting buat masyarakat lokal adalah keadilan. Ini prinsip utama sesuai pancasila. Jangan ada relokasi dengan rasa diskriminasi kental dan meminggirkan mereka tetapi bangunlah mereka. Buat mereka berbaur secara deografis dan sosiologis dengan pendatang dengan tetap berdaulat atas apa yg menjadi hak mereka. Silahkan pemerintah pusat membangun tetapi biarkan masyarakat lokal menikmati tempat mereka yg dihuni sejak lama. Jika tidak, maka itu adalah kezaliman yang menyakitkan, bukan pembangunan kemanusiaan.

  • #ROY
    #ROY 10 bulan yang lalu +2

    Kepala suku. Yang jujur dia tahu akan sesuatu yang terjadi. Di masyarakat nya. Sehat selalu pak kepala suku.

  • Angga Senjaya
    Angga Senjaya 9 bulan yang lalu

    harus di persiapkan sarana pendidikan yg baik untuk warga sekitar mulai dari sekarang, pada saat pemindahan terjadi warga lokal tidak tersisihkan dan bisa bersaing kedepannya.

  • leoncay
    leoncay 9 bulan yang lalu +1

    Percakapan ini akan sangat menarik sekali kalau Najwa dan team melakukan research yg lebih thorough dilengkapi dengan evidence yang jelas, factual dan objective. Feedback buat Najwa dan team. Saya pribadi selalu enjoy DW documentaries team reporter mrk selalu well prepared sebelum interview.

  • Burhan Tiakoly
    Burhan Tiakoly 10 bulan yang lalu +1

    Saya paling senang dgn mata najwa...mata najwa selalu menjalakan tugas tdk berpihak satu dgn yg , mata najwa selalu lurus...hidup mata najwa👍👍👍👍🙏🙏🙏

  • Sunarsih Bunar
    Sunarsih Bunar 9 bulan yang lalu

    Bismilahnirohmanirohim semoga bila Kalimantan
    Jadi ibukota mudahan Kalimantan tetap damai tenang agamis dan warga Kalimantan bisa menjaga kedamaian bisa memberantas orang munafik g berkedok Islam juga mudahan orang Kalimantan akan menjadi orang yg ngerti serta tambah kepandaiannya dan pendidikannya semoga alloh SWT akan menuntun dnmelundungi tanah borneo menjadi ibukota yg aman damai dan berkah dijauhkan dari segala kejahatan semoga pula bisa menjadi ibukota percontohan diseluruh dunia dngn menjadi ya Kalimantan ibukota yg agamis insya alloh amin

  • Kucing MeongMeong
    Kucing MeongMeong 11 bulan yang lalu +33

    saya melihat ketulusan penyampaian Warga Kalimantan Timur salam bersaudara

  • Herdianto Robbi
    Herdianto Robbi 10 bulan yang lalu +6

    Parah!!! Bupati itu kan di pilih rakyatnya untuk ngurus rakyat sekabupaten bukan ngurus penguasa pusat.tamat sudah harapan rakyat

  • Andreas Hely
    Andreas Hely 9 bulan yang lalu +1

    Pemerintah daerah bilang gak ada pemukiman masyarakat terdekat tapi ternyata ada2 kelurahannya. lalu ada apa?dengan para pejabat sekarang.sebagai orang Kalbar saya merasa risih dengan IKN baru.

  • Muhammad Rizqi
    Muhammad Rizqi 9 bulan yang lalu +1

    Semoga persepsi mereka tersampaikan, saya menangkap kenapa rakyat kecil lebih pintar dari pemerintah?

  • Johan Surbakti
    Johan Surbakti 9 bulan yang lalu

    Management tata kelola sumberdaya resapan air wajib
    Kita pelihara dan jaga bersama.!!!
    Untuk lingkungan yang lebih tertata
    rapi menurut skala tataruang Ibu kota Negara baru.

  • DKC Karaoke
    DKC Karaoke 11 bulan yang lalu +22

    Sehat dan sukses selalu utk Najwa dan Tim, pertahankan eksistensi informasi kalian thd tabir kebenaran, di tengah carut marutnya politik dan sistem di negara tercinta ini

  • Alif Furu
    Alif Furu 10 bulan yang lalu +1

    Pemindahan ibukota negara memang harus terjadi,tapi blm sekarang semuanya butuh proses panjang bukan terburu buru seperti saat ini,adapun wacana pemindahan ibu kota sejak era orde lama,orde baru sampai orde reformasi itu hanya gagasan ELIT atas saja bukan atas kebutuhan mendesak,perlu di ingat desakan dari rakyat belum terdengar sejauh ini tentang IKN karena kemauan rakyat adalah taraf kehidupan yg layak serta keadilan sosial bagi rakyat yg perlu didahulukan.kalau disuruh pilih apakah ingin pindah ibukota negara atau pembentukan Daerah otonom baru,sdh barang tentu rakyat akan memilih aspirasi Daerah Otonom baru daripada IKN baru. karena rakyat ingin pemerataan pembangunan sampai pelosok.kembali ke IKN disini butuh kajian ilmiah yg dalam seperti Ekonomi,kebudayaan,Politik,Lingkungan hidup,HanKam(militer),perhubungan DUL,Mitigasi Bencana,Energi,Pangan,Topografi,Sumber Dana IKN serta berbagai aspek lainya.mari kita bercermin pada Malaysia dgn Putera Jaya yg barusan kena Banjir Hebat,demikian pula dgn Myanmar yg ibukota barunya jadi kota hantu.mohon maaf ini hanya pendapat pribadi masih byk yg kurang.

  • real yours
    real yours 10 bulan yang lalu

    Menurut saya sendiri sebagai warga Balikpapan (dekat kutai) kebijakan pindah ibukota gak tepat. Karena seperti memindahkan masalah yg sudah lama ke tempat yg baru. Alasannya karena di ibukota, Jakarta, udah banyak bgt masalahnya. Banjir, kriminalitas, dll. Menurut saya, daripada dana segitu banyaknya dipakai untuk pindah ibukota, kenapa gak memperbaiki kondisi yg sudah ada di jakarta sana ? Biarlah kami disini, Kalimantan lahannya tetap terjaga, ga ada pembukaan lagi

  • Bala Hindank
    Bala Hindank 10 bulan yang lalu

    Perlu diketahui, tanah air ini adalah milik rakyat yang dikuasai oleh negara!!!

  • Yuyus Nur Ali Husni
    Yuyus Nur Ali Husni 8 bulan yang lalu

    Bukalah mata hati !!!, Selagi masih ada rakyat yang miskin mengemis, selagi masih ada rakyat yg benar sulit mencari nafkah, slagi masih banyak anak2 brgizi buruk, tunggakan SPP, putus sekolah, selagi masih banyak ank2 yg hrs bantu org tuanya mencari nafkah sembari sekolah dan masih banyak LG selagi2 yglain saat ini,
    Mereka yg benar2 butuh TDK trdengar bersuara Krn brsuara butuh tenaga buat cri nafkah sj sdh habis KRNA sulitnya,
    semoga smua pihak dpt mengrti kmana dulu uang ngara hrsnya d alokasikan.

  • Nagus Muhammad
    Nagus Muhammad 10 bulan yang lalu

    Terus kawal Rencana Permbangunan IKN mbak Nana,, jangan sampai saudara kita yg terdampak atas Permbangunan IKN, terlupakan,terabaikan,dan tersingkir. Kami percaya dengan ketajaman Mata Najwa menyingkap persoalan yang tersembunyi,, terus berjuang untuk bangsa Mbak Nana.

  • Mukhlis Aco
    Mukhlis Aco 8 bulan yang lalu

    Semoga cepat selesai dan aman pemindahan ibukota ini.👍

  • Abdul Majid
    Abdul Majid 10 bulan yang lalu +4

    Indonesia ini luas sekali. Sebenrnya kita hanya bisa memilih antara mau terus menerus menjadi penonton atas kemajuan dari negara2 lain. Atau mengambil tindakan untuk membuka mata kalau kita juga bisa maju dan bersaing dengan negara2 lain. Dengan catatan rakyat harus digembleng secara tegas, mau tidak mau harus berkompetisi dgn yg lebih maju. Dengan begitu di zaman yg smakin modern ini, Indonesia juga bisa mempunyai daya saing dan kualitas dimata dunia.

    • MAMBULU CHANNEL
      MAMBULU CHANNEL 9 bulan yang lalu

      Kita ambil contoh BERKEBUN.siapkan alat lengkap parang,batu asa,air dan bekal makanan supaya tenaga tetap kuat untuk menebas. setelah selesai karena sudah luas dan bersih baru pelan2 membuat pondok.
      Negara luar kalau di pandang sebelah mata pembangunan maju,coba buka kedua mata bulat2 alat pertahanan negara mereka yang lebih diutamakan dan dikembangkan.sehingga mereka disegani oleh seluruh dunia.

  • Rid_One One
    Rid_One One 10 bulan yang lalu +11

    Seharusnya pemerintah pusat dan daerah mencontoh para kepala2 suku itu, karna sesunguhnya mereka adalah ideal dari seorang pemimpin. Mereka jujur, mau mendengar dan memiliki daya juang (Type Petarung).
    walaupun ditengah segala keterbatasan, mereka memberi kita pelajaran yaitu arti dari harkat dan martabat manusia.

  • Kucing Liar
    Kucing Liar 11 bulan yang lalu +60

    Bapak Ketua Adat Suku Balik sangat cerdas, jujur, bijaksana, visioner. Salam hormat, sejahtera selalu saudara-saudara suku Balik disana.

  • wayan mertha
    wayan mertha 10 bulan yang lalu

    Well kerusakan lingkungan, memang kita membangun rumah sendiri sudah aman dari banjir atau tanda2 kerusakan akibat sikon iklim dan perubahan pilihan pola hidup peradaban manusia? Apakah pindah ke gunung akan aman dari banjir, bukannya berdampak parah gunungnya digunduli jika pemukiman pindah. Masyarakat harus belajar dan berpikir keras untuk beradaptasi terhadap perbahan waktu dan lingkungan termasuk mengkondisikan diri lebih cerdas jika membangun dan membuka daerah pemukiman. Kita harus jelajahi riwayat pemukiman asal usulnya mereka dan perubahannya, begitu juga dgn pengolahan lahannya. Apakah kita menentang perubahan yg dimana ada baik buruknya.....tanyakan kepada diri kita, sudahkah kita memilih pola hidup ramah lingkungan, sudahkan kita mendukung melestarikan adat istiadat budaya sendiri, apakah kontribusi diri kita terhadap pelestarian itu semua.....apakah jaminan keadaan dan keberadaan diri kita akan memberikan kontribusi bermanfaat terhadap generasi akan datang dan perubahan waktu dllnya atau kita hanya dengar mereka yang hanya mengerti dgn apa yg mereka mengerti...? Bagaimana dgn sikon pemerintah pusat sekarang...MACET, BANJIR, DEMO, POLUSI lainnya.....pernahkan kita berpikir berapa kerugian perjam akibat kemacetan dan akibat gangguan iklim serta DEMO ini itu? Bijaknya, JADILAH PENDATANG atau INVESTOR yang mampu menjadi bagian dari solusi dan bukan bertujuan menguasai, memonopoli, merubah memaksa dan memperbodoh bahkan menjajah budaya dan lingkungan yg kita tuju. IMAGE PENDATANG PUSAT atau KOTA BESAR dgn apa perubahannya, terbukti tidak menjadikan terutama Ibukota sbg contoh baik dimata masyarakat daerah apalagi daerah pedalaman. Kesannya, RAKUS, MEMAKSA, MONOPOLI dan BANYAK DRAMA permaian hak kewajaran dimata hukum. PENTINGNYA, mendengar dan pendekatan dari semua pihak sehingga didapat kesepakatan membangun.

  • Indria R.
    Indria R. 9 bulan yang lalu

    Masyarakat setempat takut tersingkir, pemerintah harus memperhatikan betul soal ini.

  • rachmardi satoe
    rachmardi satoe 9 bulan yang lalu

    Setiap perubahan itu pasti ada yg pro dan kontra...
    Dan untuk sesuatu perobahan belum pasti baik..tapi untuk pembaruan harus dengan perubahan....

  • Rinjani Raya
    Rinjani Raya 10 bulan yang lalu

    Semua memilki dampak positif dan negatif...tinggal menghitung mana lebih besar dampaknya terhadap kesejahteraan rakyat Indonesia secara Umum.
    Kawasan Hutan ada regulasi yang diatur oleh negara demi kesejahteraan rakyat Indonesia.
    Sebaiknya Mata Najwa harus minta info dan belajar mengenai KAWASAN HUTAN agar jelas infonya dan tidak berat sebelah mendapatkan info.
    Kita semua harus bersyukur terhadap pemerintahan yang sekarang...semua sisi pembangunan Indonesia menjadi prioritas yang serius dan dijalankan dengan benar-benar dan banyak buktinya.
    Insha Allah pemerintah selalu amanah dalam menjalankan pemerintahannya dan rakyat ikut mengambil peran untuk kemajuan negara Indonesia.
    Salam MAJU UNTUK indonesia.....MERDEKA

  • Widi Septiyaningrum
    Widi Septiyaningrum 11 bulan yang lalu +79

    padahal masyarakat di sana kritis, cerdas, tahu permasalahan yg ada, sudah memperjuangkan haknya, dan konstruktif juga untuk kedepannya demi kebaikan warga dan keberlanjutan alam.. tapi sayangnya tidak diajak musyawarah.. miris ketika ada yg cerita, bahwa para pejabat menjalankan kunjungan tapi masyarakat desa adat hanya bisa melihat tanpa dilibatkan..
    semoga pemerintah lebih mendengarkan suara-suara yg tulus dan disampaikan dengan hormat seperti ini..

    • Pontus purba
      Pontus purba 8 bulan yang lalu +2

      Orang kalimantan ,harus bersyikur dgn adanya Ibukpta Apalagi tanahnya dekatnya Lahan Ibukota semua Fasilitas bisa di Dapat Dari RS, Sekolah,pasar sarana olahraga,penerimaan Lowongan peegawai negeri dan Swasta. Catatan Penduduk lokal harus berjuang ( kerja keras ) utk bisa bersaiing dgn di fasilitasi Negara.
      2. Kalau menjual tanah harus digunakan dgn baik Al. Bangun rumah yg baik,usaha, menabung dgn catatan Jangan jual tanah utk haji, kecuali sdh bethasil dari dagang ( usaha lain) maaf saya tdk menista agama hanya saja saya lihat dulu Betawi, juàl tanah tdk utk isaha jadi banyak yg ngontrak. itu yg saya maksud. saya sangat prihatin Jgn sampai terjadi.menjadi sengsara.

    • Ori
      Ori 10 bulan yang lalu

      Bener sekali dari cara ngomongnya aja udah kelihatan kalo mereka cerdas & kritis

  • Alexa Dessert
    Alexa Dessert 10 bulan yang lalu +1

    Pindahnya IKN Indonesia adalah bukti ambisi negara demokrasi menuju oligarki. Apakah itu demi gengsi atau pun demi harga diri, yang pasti rakyat Indonesia akan menjadi korban kebijakan yg dadakan.

  • warga bonza
    warga bonza 10 bulan yang lalu

    Mungkin baik jika penduduk yang saat ini tinggal di dekat calon IKN belajar dari Suku Betawi yang tinggal di DKI Jakarta tentang berbagai proses dialog dengan Pemprov DKI Jakarta untuk menjaga eksistensi adat dan budaya Betawi. Di Jakarra ini ada BAMUS adat Betawi.
    Untuk mengantisipasi kerugian penggantian lahan , bisa belajar dari warga Jakarta eks Senayan yang tanahnya digunakan utk membangun ISTORA SENAYAN. Mereka mendapat tanah pengganti di daerah Tebet Jakarta Selatan. Sampai hari ini tanah pengganti inj tak bisa dibuat serifikat hak milik.

  • Alma Gawei
    Alma Gawei 9 bulan yang lalu

    Sedih sekali masyarakat adat di sana jelas dianggap tidak ada oleh para pejabat karena dianggap tidak punya alas hak di HGU yang jadi wilayah IKN itu. Padahal mereka sudah berusaha mengurus sejak lama tapi tidak ada ada bantuan dan kemudahan untuk mereka mendapat haknya.
    Kepala adat dan pengurus adat sudah kritis tapi rupanya suara mereka tidak sampai juga ke atas. Tidak ada pasal di UU IKN tidak ttg pengakuan dan perlindungan hak-hak masyarakat adat.
    Kata Bupati kalau bisa ada 1000 ha utk merelokasi masyarakat adat 😢 Beberapa minggu lalu bupati ini tertangkap OTT KPK. Bisakah kita tetap percaya dengan klaim pejabat?

  • Gunawan Bahri
    Gunawan Bahri 10 bulan yang lalu +6

    Untuk kesekian kalinya merinding tengok matanajwa. Sehat terus mbak nana dan team. Aamiin.

  • galih channel
    galih channel 11 bulan yang lalu +16

    Semoga masyarakat adat selalu dilindungi.....dan dimanusiakan......
    Mereka warga suku asli dan orang Indonesia asli hrs dilindungi🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏👍👍👍👍

  • Kastina Kastina
    Kastina Kastina 8 bulan yang lalu

    Semoga semuanya berjalan dgn lancar. Dan semoga kedepannya sesuai harapan kita bersama.

  • Wina S
    Wina S 10 bulan yang lalu

    Bila bertanya pada PETINGGI, narasinya semua baik2 saja.., krn sbg pejabat yg dilantik presiden, tidak mungkin berbeda dgn junjungan. Sesungguhnya, yg pertama dilakukan : Bertanya pada sebanyak-banyak unsur masyarakat.
    Karena mereka lah pembayar pajak, merekalah yg pertama kali berdampak.
    Jangan sampai keringat yg dikeluarkan masyarakat, menenggelamkan kehidupannya sendiri, sementara pejabat sudah berganti membawa kemewahannya dihari tua.

  • Tatyana Hamid
    Tatyana Hamid 9 bulan yang lalu

    Klo untuk kepentingan seluruh Rakyat Indonesia....untuk Pembangunan Bangsa Indonesia.....Rakyat harus mengikuti Pemimpinya
    Dan jangan ada rasa di singkirkan....di rampas haknya dan lain2 s3bagainya
    Karena sebagai bangsa indonesia kita harus vrela berkorban demi
    HAK DAN MARTABAT BANGSA INDONESIA

  • Sijabat TV
    Sijabat TV 10 bulan yang lalu +4

    pastinya pembangunan itu tidak ada yg sempurna, dan ketika sdh ada masalah itu nanti diperbaiki tentunya, mari kita positif dalam berpikir, posisi seorang jurnalis itu harusnya netral bukan mencari kesalahan yg tak perlu

    • Rigit Putin
      Rigit Putin 10 bulan yang lalu

      positif berpikir gimana ?
      perusahaan disana milik siapa ? perusahaan semen, perusahaan air, tanah. milik siapa ?
      siapapun pemerintah nya, gak perlu berpikir positif, pemerintah itu harus terus di cari celah negatifnya. karena pemerintah itu bukan pegang duit pribadi keluarga mereka. tapi duit pajak ! beserta instansi polisi yg bisa represif atas perintah mereka pdahal polisi juga di gaji dari pajak !

  • CREATOR APLIKASI EXCEL
    CREATOR APLIKASI EXCEL 9 bulan yang lalu

    semua dalam proses ada positif dan negatif itu pasti terjadi, yang tidak wajar selalu yg dicari negatifnya saja................. sy rakyat sangat mengembirakan dgn pemindahan IKN semoga bisa makmur merata...

  • TEAM REYOD135
    TEAM REYOD135 9 bulan yang lalu

    Jika ada pro dn kontra mngkin kedepan nya indonesia akn mnjadi negara serikat.

  • Mamanz Syah
    Mamanz Syah 10 bulan yang lalu

    Ya Allah seperti dijajah dinegeri nya sendiri saudara" kita disana hanya karena haus kekuasaan pemerintah, ngebayangin betapa sedihnya klo suatu saat akan terjadi itu IKN bagaimana nasibnya, belom lagi makhluk hewannya, tumbuhannya. Apakah tidak memiliki rasa berprikemanusiaan, Klo seandainya itu keluarga dari yang merencanakan IKN apakah tidak memikirkan keluarganya

  • MI1
    MI1 9 bulan yang lalu

    Dengan tata kota yg baik development yg berkualitas dpt mengatasi banjir dimanapun di INDONESIA

  • PLAY LIST 10 LAGU TERBAIK
    PLAY LIST 10 LAGU TERBAIK 11 bulan yang lalu +61

    Saya Berharap Narasi Punya Mbak Nazwa Bisa Jadi News Media Bagi Bangsa Indonesia Yang Menghasilkan Wartawan2 Yg Berkualitas Untuk Bangsa Ini... Kami Sudah Bosan Dengan Media2 Mainstream Saat Ini... Click bait sampah... Menyajikan Artikel Tanpa Isi...

  • Sam Taqwa
    Sam Taqwa 9 bulan yang lalu

    saya pribadi melihat gak ada pemimpin baik pusat maupun daerah yang benar2 memikirkan nasib rakyat. yng mereka pikirkan bagaimana proyek jln tentunya ada cuan disana

  • Rahman Official
    Rahman Official 10 bulan yang lalu +5

    saya merasa kasihan terhadap masyarakat yg sudah betul2 lama tinggal di kawasan area IKN. Saya beranggapan bahwa Gubernur di daerah tersebut semacam kurang pro dengan masyarakat setempat,Masa gubernur tidak tahu bahwa di sana ada berdirinya masyarakat. Lebih parah & kasihan nya lagi masyarakat yg disana merasa tidak di akui ada

    • Be Nonh
      Be Nonh 10 bulan yang lalu +1

      Bupatinya aja korup

  • Suharno Suharno
    Suharno Suharno 6 bulan yang lalu

    Di tata lagi Sekecil mungkin tidak ada korban dari pembangunan entah itu kkn ataupun masyarakatnya... Tapi saya setuju adanya pembangunan ibukotabaru

  • Sri Indah Dewi Sartikawati
    Sri Indah Dewi Sartikawati 5 bulan yang lalu +2

    Saya menangis melihat berita ini
    Saya lahir besar di Kaltim,,
    Bukan tentang IKN tapi tentang Ambisi yang ..... Ahh sudahlah,, semoga Allah kabulkan doa hambamu yang nelangsa ini

  • Dani Rahardja
    Dani Rahardja 10 bulan yang lalu

    memang asli masih hutan untuk kepentingan kesejahteran hidup masyarakat adat setempat... memang benar hutan yang lestari jangan sampai dirusak lingkungan alami tersebut menybabkan banjir atau bencana lainnya semoga lestari, jangan pernah mengesampingkan rakyat setempat yag sudah hidup puluhan tahun disitu, keadilan buat seluruh rakyat Indonesia tanpa ada alasan apapun. Negara milik seluruh Bangsa Indonesia sedangkan pemerintah hanya sebagai pelayan rakyat untuk mengelola negara milik Rakyat Indonesia yang berdaulat di negeri tercinta ini

  • Yn tv
    Yn tv 10 bulan yang lalu

    Bisa dilihat
    Betapa buruknya orang pinter yang tidak bener. "Kalo ketemu preman mereka bertato ini preman berdasi mereka menyingkirkan dengan akal"
    Jadi bukan pemerintah atau rakyat ppu yang tidak bisa menerima masyarakat luar. Masalahnya adalah Orang2 yg hanya mengejar prestasi dengan sekolah setinggi2nya namun tidak diimbangi dengan pendidikan agama yang lebih menitik beratkan pada akhlak. Menjadi PR saya selaku orang tua untuk mendidik anak2 sehingga ukuran kesuksesan bukanlah pada apa yang bisa kita capai tapi pada apa yang bisa kita lakukan untuk kemaslahatan sesama manusia

  • KOPINOLOGI
    KOPINOLOGI 10 bulan yang lalu +2

    40:25 dari jawaban bupati tentang tidak ada pemberitahuan kepada warga adat lokal, mungkin lebih gampangnya kayak mau bilang "saya saja tidak diberitahu, gimana saya memberitahu warga saya?" WOW!

  • Syarifah Chairany
    Syarifah Chairany 10 bulan yang lalu

    Semogaa bener"pemerintah bertanggung jawab apabila memang di bangun ikn di ppu, kasian tetua" adat dan penduduk setempat , beri mereka legalitas tanah mereka dan perhatikan kesejahteraan dan imbas lingkungan serta mata pencaharian mereka .

  • Den Jarwo
    Den Jarwo 11 bulan yang lalu +80

    terimakasih pak bupati anda telah membuka mata kami ternyata masih banyak sodara kami yg belum mendapatkan fasilitas seperti kami di jawa, namun kenapa harus menunggu jadi ibu kota untuk memperpaiki infrastruktur yang ada,, semua rakyat punya hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan umum ( RS, SEKOLAH DLL,,)
    tak mungkin tak ada dampak yang merugikan warga setempat,, yang ada, yang tak peduli akan hal itu,,

    • batu karya
      batu karya 10 bulan yang lalu +1

      gimana mau sampai bupatinya yg korup tenyata

    • Mahar dika
      Mahar dika 10 bulan yang lalu +1

      Bupatinya ketangkap kpk🤣

    • Tralala_Beez
      Tralala_Beez 10 bulan yang lalu +3

      @WISNU FAISAL ya memang nggak butuh tol kan? Yg dibutuhkan itu sekolah, rumah sakit, telekomunikasi, tenaga pengajar, tenaga kesehatan, lapangan pekerjaan. Bukan tol.

    • Admiral Media
      Admiral Media 10 bulan yang lalu +2

      @Wira yang dimajukan itu daerah masyarakatnya, bukan dibabat secara besar²an daerah hutannya.

    • FleurDePapaye
      FleurDePapaye 10 bulan yang lalu +5

      @WISNU FAISAL aku dukung banget pemberataan keadilan sosial di seluruh Indonesia.
      Apakah pembangunan infrastruktur bisa membawa dan menjadi tolak ukur pemerataan keadilan sosial? Bisa jadi iya.
      Tapi jangan lupa, pembangunan infrastruktur bisa juga jadi jalan masuk bagi warga daerah lain untuk "menginvasi" daerah yang belum terlalu berkembang tersebut. Hal ini bisa berpotensi menimbulkan gesekan sosial antar masyarakat pendatang yang punya banyak skill dan masyarakat lokal yang sedang berusaha mengembangkan diri.
      Selain bangun infrastruktur, baiknya pemerintah juga bangun pusat-pusat pendidikan berakreditasi bagus dan program pembangunan masyatakat yang bisa digunakan untuk meningkatkan daya saing warga lokal seiring dengan pembangunan infrastruktur.
      Insya Allah siap membantu

  • Atras Yonda
    Atras Yonda 10 bulan yang lalu +16

    Semua Berawal dari Kalimat Mulus Para Pejabat : "Demi Kepentingan Bangsa dan Negara", Ibukota HARUS dipindah.
    Hutang Negara makin banyak
    Pajak makin meningkat
    Ekonomi makin terpuruk
    Hutan dibabat
    Masyarakat Adat diusir
    Rakyat semakin miskin
    Oligarki makin kaya
    Asing dan Aseng makin berkuasa
    Ingat ya.......
    "Demi Kepentingan Bangsa dan Negara"

    • Be Nonh
      Be Nonh 10 bulan yang lalu

      @Adi Ningrat buang2 duit

    • Qois Al Haqqi
      Qois Al Haqqi 10 bulan yang lalu

      @Adi Ningrat atas dasar apa gan kalau lihat realitas sebelum di realisasi banyak spakulasi negatif?

    • Adi Ningrat
      Adi Ningrat 10 bulan yang lalu +1

      Saya sebagai penduduk pulau Sulawesi sangat mendambakan ibu kota baru di Kaltim segera terwujud

  • Adik Nuryamah
    Adik Nuryamah 9 bulan yang lalu

    Baca komentarnya seru....memang wawancara ini jelas banget ya beda persepsi semangat mata najwa !!! ,,, pada intinya sih, sebetulnya kami masyarakat indonesia memang senang bila ada perkembangan bagi negri ini, tapi tolong ingat kembali ke konsep awal bahwa tugas para pimpinan negara bukanlah sekedar melaksanakan tapi sebagai perwakilan dari perasaan dan harapan rakyatnya terutama masyarakat yang kurang paham agar dibimbing pada pilihan yang tepat, kalau melihat diskusi dengan pk gubernur ini sepertinya pk gubernur mengembalikan semua problem kepada masyarakat jelas2 masyarakat kita banyak yang kurang pengetahuannya dan tidak punya kekuatan bahkan dibuat kajian saja tidak ( mereka menganggap baik-baik saja ) setelah ada pengumuman resmi baru disosialisasikan. menurut teman-teman penting ga sih dibuat sebuah kajian ? dan pemahaman masyarakat pka gub berkata " apa mereka paham cara mendesain hutan lindung " seolah -olah sudah kamu diam saja kamu ndak ngerti justru ketidak mengertian ini bukan berarti aspirasi mereka tak didengar ( semoga ada kajian ya dan semoga memberi dampak yang baik kembalikan semua kepada yang maha kuasa smg para pimpinan kita diberi petunjuk atas keputusan terbaik )

  • Artigantara Reza N
    Artigantara Reza N 10 bulan yang lalu +1

    ketika 93% DPR setuju UU IKN ini, masihkah DPR menjadi lembaga yg mewakili suara rakyat sesungguhnya????

  • KangYadi24
    KangYadi24 10 bulan yang lalu

    Belum perlu dipindahkan, mungkin di geser dan ditata lebih baik mungkin.... proyek ini terlalu ambisius dan mengorbankan biaya yang cukup tinggi.
    Keberhasilan bangsa bukan hanya di ukur dari tingkat pertumbuhan ekonomi semata namu harus di iringi oleh pembangunan manusianya.

  • BERBAGI DATA
    BERBAGI DATA 11 bulan yang lalu +106

    Terima kasih kepada Najwa Sihab dan seluruh Teamnya yang sudah membukakan jalan untuk sebuah kebaikan dimasa depan.
    Semoga pihak berwenang segera bersikap dan bertindak untuk memberikan kepastian hukum kepada masyarakat setempat yang akan terkena dampak langsung atau tidak langsung. Bagaimanapun warga tempatan harus memperoleh manfaat positif dengan adanya Ibukota Negara Baru. Pemerintah Kabupaten dan Provinsi harus serius mempersiapkan, bukan hanya sosialisasi formalitas,

  • Dasendria Farm
    Dasendria Farm 10 bulan yang lalu

    Alam adalah sumber kehidupan,
    jagalah Alam jangan di rusak...

  • Riston Channel
    Riston Channel 5 bulan yang lalu

    Pembangunan IKN adalah sesuatu yang baik. Namun resiko dri pembangunan ini harus diperhatikan oleh pemerintah. Mungkin pak Jokowi anda ingin pembangunan dengan mengutungkan rakyat. Tapi akan banyak oknum yang bermain disini. Pelaksana dilapangan mereka tidak menjalankan tugas mereka dengan baik. Misalnya berbicara dengan masyarakat. Apa keluhan mereka dan ketakutan mereka. Info yg mungkin diberikan oleh pejabat2 daerah ini pasti bilang rakyat setuju.
    Setiap pembangunan apapun ada resikonya dan semoga resiko ini suda diperhitungkan dan ada solusinya

  • david puye
    david puye 9 bulan yang lalu

    Apa yg terbaik untuk negara menurut seorang pemimpin itu sudah dipertimbangkan dengan matang.

  • Masni Erika
    Masni Erika 9 bulan yang lalu

    "Banjir itu bisa terjadi dimana2".
    Kalau gitu, kenapa salah satu alasan mindahin Ibukota dr Jakarta adalah soal 'banjir'? 🤔🤔

  • ll ka
    ll ka 11 bulan yang lalu +32

    Ya allah lindungi mereka, warga disana
    Semoga kelak tidak sampai digusur karena tidak punya sertifikat tanah🥺

    • Achmad Ryan
      Achmad Ryan 10 bulan yang lalu

      @Elmizar Said ya karena mereka gak punya bukti kuat alias hanya claim kalo itu tanah mereka...contoh ada tanah kosong mereka claim tanah mereka ya pemerintah gak mau dong mengakui itu tanah mereka karena tidak ada bukti hukum itu tanah mereka.. Hak Guna Usaha atau HGU adalah hak untuk mengusahakan tanah yang dikuasai langsung oleh negara...HGU tanah negara jadi kalo mereka claim tanah mereka ya gak bisa lah

    • Elmizar Said
      Elmizar Said 10 bulan yang lalu +1

      @PISCES MAN tonton dgn cermat ooiii, knp mereka tdak.bisa urus sertifikat, bagkan jauh sebelom.ada wancana pindah ibu kota mereka udah coba urus..tp terbentur dgn hgu dan trans

    • PISCES MAN
      PISCES MAN 11 bulan yang lalu

      Kan jokowi sudah punya program sertifikat tanah... Kalau tidak ikut karena alasan benci dari awal... Mamam tuh.. Mampus.. Ngpain benci ama jokowi..