Tap to unmute

Minta Kejati Berbahasa Sunda Dipecat, Arteria Dahlan: Pernyataan Saya Dipelintir | tvOne

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 18 Jan 2022
  • Jakarta, www.tvOnenews.com - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Arteria Dahlan, sedang jadi sorotan usai mengusukan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) ditindak tegas karena berbicara bahasa Sunda. Alhasil, banyak pihak yang mengkritik pernyataan tersebut, termasuk dari rekan satu partainya.
    Saksikan live streaming tvOne hanya di www.tvonenews.com/live

Komentar • 21 336

  • Dd Yy
    Dd Yy 4 bulan yang lalu +2116

    Saya bukan orang Sunda tapi saya bangga dengan orang Sunda yg menjujung tinggi bahasa daerahnya , semoga orang Sunda tetap kuat dan bersatu

    • Moch kholifin
      Moch kholifin 2 bulan yang lalu

      Di kaji dulu sebelum menyalahkan ya tretan.???..
      Indonesia ini bukan hanya bhasa Sunda bro, dari itu kajati ganti bhasa Sunda, bhasa Indonesia kan di forum itu yg hadir bukan org2 Sunda saja tretan๐Ÿ˜‚gtu aja kok dbuat naik pitam sih dkaji dong๐Ÿ˜†

    • Adang Komarudin
      Adang Komarudin 3 bulan yang lalu

      @blade swords cokor benteun sareung congor Dah ... ๐Ÿ˜

    • Dinar Abu Madina
      Dinar Abu Madina 3 bulan yang lalu

      @blade swords sumuhun

    • blade swords
      blade swords 3 bulan yang lalu +1

      @Misi Ran sama kita juga disini bjyk orang jawa.tukang baso,mi ayam,pemulung,karyawan tdk ada masalah....saling menghargai....no problem

    • blade swords
      blade swords 3 bulan yang lalu

      @zenno haes panonna bolototkeun....deuleu ku panon sing bener

  • ANTU AER FISHING PROJECT
    ANTU AER FISHING PROJECT 3 bulan yang lalu +43

    Sy bkn org sunda tapi bhasa sunda yang saya lihat dan dengar adalah bahasa yg pling sopan dan halus menurut saya

    • Andi Nini
      Andi Nini 3 bulan yang lalu +1

      Sy orang bugis sodara setuju/sependapat dgn anda ๐Ÿ‘

    • rama ramdani
      rama ramdani 3 bulan yang lalu +1

      coba dehh maen ke tempat saya ke cianjur,dimana disana terdapat bahasa sunda yg sangat halus

    • Supriyatna Endjank's
      Supriyatna Endjank's 3 bulan yang lalu +1

      Hatur nuhun (Terima kasih )

  • Beben Subendi
    Beben Subendi 3 bulan yang lalu +24

    Saya bangga jadi orang sunda , saya tersinggung dengan orang yg menjelek jelekan orang sunda , ini bahasa saya kebanggaan saya

  • GSI CCTV
    GSI CCTV  3 bulan yang lalu +9

    Saya bukan orang Sunda tapi saya bangga dengan orang Sunda yg menjujung tinggi bahasa daerahnya , semoga orang Sunda tetap kuat dan bersatu

  • Neng Holisoh
    Neng Holisoh 3 bulan yang lalu +5

    Saya bangga menjadi orang sunda....

  • Edward Rismond
    Edward Rismond 4 bulan yang lalu +1679

    Saya orang kalimantan Timur dan saya bangga terhadap saudara kami orang Sunda ... ๐Ÿ™๐Ÿ‘

    • GSI CCTV
      GSI CCTV  3 bulan yang lalu

      Saya bukan orang Sunda tapi saya bangga dengan orang Sunda yg menjujung tinggi bahasa daerahnya , semoga orang Sunda tetap kuat dan bersatu

    • Rahman. Hermawan
      Rahman. Hermawan 3 bulan yang lalu +1

      @Edward Rismond Hatuur nuhun kang sakali deui dukungan/sokongan nana kanggo KAMI disini.
      Mengerti apa yg membuat kami brontak,bukan karna TEGURAN NYA,tapi karna CARA dan UCAPAN NYA.
      Hatuur nuuhun sakali deui kang.
      Sampuurasuuun

    • Edward Rismond
      Edward Rismond 3 bulan yang lalu

      @Rahman. Hermawan nah ini ni manthap ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    • Rahman. Hermawan
      Rahman. Hermawan 3 bulan yang lalu +1

      @nano astar Leres kang.
      Alhmdulillah....DARI RAJA DEWA WARMAN GELAR RAJA DIRAJA GURU sampai prabu SILIWANGI 3,PRABU JAYA DEWATA PRANA,PAMANAH RASA,HINGGA DIVISI SILIWANGI ERA BELANDA.
      alhamdulillah alhamdullillah....SUNDA tara loba carita ku margi nu di butuh keun RAKYAT nyaeta kerja nu NYATA.
      WANGI LAH SUNDA,HARUMLAH INDONESIA.

    • nano astar
      nano astar 3 bulan yang lalu

      jeulema pinter ngomong.loba bohongna

  • GSI CCTV
    GSI CCTV  3 bulan yang lalu +11

    Saya bukan orang Sunda tapi saya bangga dengan orang Sunda yg menjujung tinggi bahasa daerahnya , semoga orang Sunda tetap kuat dan bersatu

    • Rosjid Alie
      Rosjid Alie 3 bulan yang lalu

      Saya AREK SURABAYA saya senang mendengarkan bahasa bahasa daerah di seluruh Nusantara dan pengin belajar dan selalu menghormati bahasa bahada daerah dimanapun.

  • seporete
    seporete 3 bulan yang lalu +7

    saya bukan asli sunda,,tp saya suka dan kagum dgn sunda,,buat org sunda jaya selalu ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

  • Rest Area 99
    Rest Area 99 3 bulan yang lalu +4

    Saya org dayak, istri cantikku org sunda kuningan... Saya cinta adat istiadat suku sunda, saya kuliah di lingkungan suku sunda yg welcome dan bersikap baik terhadap anak2 kalimantan. Semoga hukum segera di tegakan, semoga proses hukum bisa berjalan... Please tak ada lagi rasis atau saling hina, NKRI harga mati Indonesia Hebat

  • M Rafiin
    M Rafiin 3 bulan yang lalu +6

    Salam dr lombok..kita semua cinta bahasa yg ada dibumi NKRI ini..alhamdulillah atas kebesaran Allah swt memberikan bangsa ini atas keragaman bahasa dan budaya..semoga rakyat indonesia ke depannya lebih baik ..lebih cerdas..Aamiin

  • Tens toleng
    Tens toleng 4 bulan yang lalu +1141

    Saya bangga jadi orang Sunda.!

    • GSI CCTV
      GSI CCTV  3 bulan yang lalu

      Saya bukan orang Sunda tapi saya bangga dengan orang Sunda yg menjujung tinggi bahasa daerahnya , semoga orang Sunda tetap kuat dan bersatu

    • Endang Suparman
      Endang Suparman 4 bulan yang lalu

      @Ramos pasaribu berarti anda gk sekolah ya..masa gk tau yg nama suku" di Indonesia.. misalkan suku Sunda..suku Dayak..suku Jawa dan suku Minang kabau dan lain" nya..tuh dah gua kasih tau biar Lo paham yg nama nya suku ..

    • Ramos pasaribu
      Ramos pasaribu 4 bulan yang lalu

      @Endang Suparman itu acara resmi negara ,, wajib BERBAHASA SATU BAHASA INDONESIA (tertulis di sumpah pemuda)

    • Endang Suparman
      Endang Suparman 4 bulan yang lalu

      @Ramos pasaribu gk nyambung banget bro..ngomongin masalah suku coz jadi sumpah pemuda....sya mau tanya Lo sendiri dari suku apa bro..

    • Ramos pasaribu
      Ramos pasaribu 4 bulan yang lalu

      @Endang Suparman bahasa sunda ya bahasa sunda , bahasa Indonesia ya bahasa Indonesia ,,, gimana sih loe bro ???
      Loe gak mengakui *kamus besar bahasa Indonesia* ???
      Loe mau menentang *sumpah pemuda* ???

  • Nicky Coolo Anto
    Nicky Coolo Anto 3 bulan yang lalu +3

    Percayalah: "Jika seseorang sudah merasa paling besar/tinggi, sejatinya ia sedang menuju kejatuhan"!

  • semriwing semriwing semriwing
    semriwing semriwing semriwing 3 bulan yang lalu +4

    Saya bangga jd orng sunda.

  • soedjarwo qitink
    soedjarwo qitink 3 bulan yang lalu +1

    Damai guyup rukun selalu bangsaku dan semua suku ,budaya,adat, ras dan Agama.. ๐Ÿ™๐Ÿ‘๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉโค๏ธ

  • Endi Suhendii
    Endi Suhendii 3 bulan yang lalu

    Saya bangga jadi org Sunda..

  • Nuryanti Yanti
    Nuryanti Yanti 4 bulan yang lalu +1966

    Mari utk seluruh warga Jawabarat dimana saja berada. Kalo tidak ada tindakan dari Ketum PDIP mari kita bersama" tinggalkan PDIP di tahun 2024

  • SOLATA CHANNEL
    SOLATA CHANNEL 3 bulan yang lalu

    Saya bangga jadi warga +62 yang kaya akan suku, ras dan bahasa. โค๏ธโค๏ธ

  • A ade chanel
    A ade chanel 3 bulan yang lalu +2

    Sunda adalah salah satu suku budaya negara kita, jagalah budaya kita dan jangan saling memandang sebelah mata.

  • Agus Perdiyan
    Agus Perdiyan 3 bulan yang lalu

    Saya merasa bangga jadi orang sunda penuh damay

  • Muhammad Al fatih
    Muhammad Al fatih 3 bulan yang lalu +4

    Saya bangga sbagai orang sunda dari leluhur saya jati diri tiap suku bahasa diberbagai wilayah untuk mempersatu bangsa NKRI harga mati.

  • Darakay TV
    Darakay TV 4 bulan yang lalu +1805

    Saya bukan orang Sunda, tapi saya mohon tuan Arteria Dahlan utk meminta maaf kepada masyarakat Sunda krn itu adalah kekayaan intelektual asli bangsa Indonesia yg harus dihormati.
    Lagipula kalo mau konsisten, dlm penjelasannya saat rapat di DPR kemarin, Arteria sempat gunakan kata bahasa Inggris "Whistleblower" yg tidak dimengerti oleh orang pada umumnya, padahal saat itu sedang dlm forum rapat resmi Indonesia, bukan Inggris atau Amerika.
    Lah, pake bahasa Inggris boleh, kok bahasa lokal gak boleh ??
    Arteria tidak konsisten & logikanya kacau.
    Jangan sekali-kali merendahkan budaya warisan leluhur bangsa ini ๐Ÿ™๐Ÿผ๐Ÿ™๐Ÿผ

    • Aldo Suek
      Aldo Suek 2 bulan yang lalu

      @Mansyur Effendi lhu tau g arti buzer

    • Mansyur Effendi
      Mansyur Effendi 3 bulan yang lalu

      @Aldo Suek ah sebangsa bazer yg gini mah penghianat rakyat cari duit dari berita boong bisa nya ngepreng dasar bazer dungu

    • raden hidayat
      raden hidayat 3 bulan yang lalu

      @Ali tv si arteria dahlan mengkritik tidak boleh menggunakan bahasa sunda dalam forum nasional boleh aj , tapi jangan menyuruh kejaksaan memecat kejati yg menggunakan bahasa sunda itu namanya discriminasi /rasis jadi konsep nya jelas si arteri itu salah dan harus di pecat / di penjarakan , dan partai nya pun harus di tolak di jabar ,

    • Iyad Supiadi
      Iyad Supiadi 3 bulan yang lalu

      @Hilman Firgiansyah lain bahasa jawa deui ngomong sunda tah

    • BUDAX ANGON
      BUDAX ANGON 3 bulan yang lalu

      _SURUH TINGG4L DIINGGRIS AZA TUH USIR BLEGUG DI4 D4SAR GA PUNY4 ADAB SAM4 PAHLAWAN SUND4_

  • Oyo Darsono
    Oyo Darsono 3 bulan yang lalu +1

    Saya asli sunda saya merasa tersingung maju terus urang sunda kita bersatu untuk memeli hara basa sunda

  • Bokir Ewok
    Bokir Ewok 3 bulan yang lalu +2

    SAYA BANGGA JADI ORANG SUNDA !!!
    Di Belanda, bahasa sunda sangat dihormati dan bahkan kamus besar bahasa sunda pun juga ada disana, kenapa dia yg mengaku wakil rakyat tidak mencerminkan sikap seorang wakil rakyat dan malah terbilang rasis ?

  • Mufassah Habsyan
    Mufassah Habsyan 3 bulan yang lalu

    Saya sangat bangga dengan bahasa daerah saya yaitu bahasa SUNDA.

  • Amin Badra
    Amin Badra 3 bulan yang lalu

    saya salut sama org sunda se sukses apapun dia tak lepas dari jiwa sederhana nya

  • AmelLia
    AmelLia 3 bulan yang lalu +1

    Saya Sangat Bersyukur...Alhamdulillah,
    menjadi Orang SUNDA

  • Bram Kusumadinata
    Bram Kusumadinata 3 bulan yang lalu +2

    Buat PDIP silahkan pilih : Dukungan Rakyat Sunda atau mempertahankan arteria dahlan sebagai kader ?

  • Backpacker Keren
    Backpacker Keren 3 bulan yang lalu +1

    *ORANG YANG TIDAK BERETIKA ADALAH YANG TIDAK MENGETAHUI BAHWA DIATAS ILMU ITU ADA ADAB*

  • Syarifah syarifah
    Syarifah syarifah 3 bulan yang lalu

    Cuma di indonesia yang begitu banyak beraneka ragam bahasa saya bangga .

  • Ahmad Satibi
    Ahmad Satibi 4 bulan yang lalu +833

    Saya bangga menjadi orang Sunda.

    • sunan kalipicung
      sunan kalipicung 3 bulan yang lalu

      @ade dudu sama dong....hehe

    • ade dudu
      ade dudu 3 bulan yang lalu

      Saya org sunda asli saya loyalitas PDIP karena sya ter dolimi saya cadu kudu milih anggota DPR dari PDIP

    • Arman Kemod
      Arman Kemod 4 bulan yang lalu +1

      Jawab barat mah tibaheula oge anti banteng merah.. bikin resah aja suku sunda.!! Biasa mau 2024 dia mah pansos..

    • sunan kalipicung
      sunan kalipicung 4 bulan yang lalu

      Mungkinkah dia mau memusuhi org Sunda ?

    • SANTI SANTI
      SANTI SANTI 4 bulan yang lalu +1

      @Enun Miwati urang doa ken weh yu bareng" mudah" pa Dahlan boga minantu na orang sunda ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  • UJANG SUKMANA
    UJANG SUKMANA 3 bulan yang lalu

    Saya orang Sunda suka dengan bahasa daerah yg ada di Indonesia ratusan bahasa saya suka dan bangga.

  • Prima Suprayogi
    Prima Suprayogi 3 bulan yang lalu

    Kami orang sunda minta arteria dahlan,mohon di hukum seberat"nya๐Ÿ‘Š๐Ÿ‘Š๐Ÿ‘Š๐Ÿ‘Š๐Ÿ‘Š๐Ÿ‘Š๐Ÿ‘Š

  • Yoni Yulkistiadi
    Yoni Yulkistiadi 3 bulan yang lalu +1

    Berarti PDIP yg harus memecat arteria dahlan,krn akan merusak partai itu sendiri juga perolehan suara PDIP pasti akan berkurang

  • Kontolodon purba
    Kontolodon purba 3 bulan yang lalu +1

    Saya berkawan banyak dgn orang Sunda, orang Sunda menurutku orang nya baik ramah santun dan Lucu, salam dari Lampung ๐Ÿ™

  • Arizandi PN
    Arizandi PN 4 bulan yang lalu +258

    Saya melayu palembang saya sangat bangga bisa bersaudara dengan orang Sunda, semoga saudara sunda sabar&sadar siapa yang ingin bersahabat di negara tercinta ini. Dan semoga menjadi pembelajaran bahwa kita harus hati" dalam memilih partai yg bakalan jadi wakil kita dalam pemerintahan.

    • Supriyatna Endjank's
      Supriyatna Endjank's 3 bulan yang lalu

      @gea gaming Makanya harus bisa bahasa suku lain yg ada di Indonesia,Jangan di utamakan Bahasa Asing.

    • GSI CCTV
      GSI CCTV  3 bulan yang lalu

      Saya bukan orang Sunda tapi saya bangga dengan orang Sunda yg menjujung tinggi bahasa daerahnya , semoga orang Sunda tetap kuat dan bersatu

    • Bambang Hermawan
      Bambang Hermawan 3 bulan yang lalu

      @gea gaming gx bisa begitu boss. udah menyinggung suku sangat sensitip

    • Asep Rohmat
      Asep Rohmat 3 bulan yang lalu +1

      @GITA KURNIA SANDI si gea kan sama sama se suku kaya si arteria

    • Arie As Hery
      Arie As Hery 3 bulan yang lalu +3

      Jangan pilih parpol pendukung penista agama yang memelihara buzer2 Rp..
      Agar Indonesia damai...

  • kelaniku 34
    kelaniku 34 3 bulan yang lalu +1

    Memang benar di situasi seperti itu tidak dianjurkan memakai bahasa daerah, tapi kan bisa kasih peringatan saja, jangan dikit dikit maen pecat pecat dehh

  • Endi Suhendii
    Endi Suhendii 3 bulan yang lalu +1

    Ingatlah kita tetep jalin persatuan jgn saling hujat....coba saling maaf

  • Fahriyanti Fatimah
    Fahriyanti Fatimah 3 bulan yang lalu +2

    Sangat disayangkan atas statment yg di sampaikannya membawa RAS, jika tidak nyaman akan kata-kata BAHASA SUNDA alangkah lbh baik nya disampaikan dng baik bukan dng cara seperti ini.saya sebagai orang SUNDA merasa tidak nyaman dengan Kata-kata nya.
    Semoga atas ucapan nya bisa dipertnggung jawabkan.๐Ÿ™

  • Itham Na
    Itham Na 3 bulan yang lalu

    Apapun ceritanya PDI,P hrs bubar di Indonesia biar aman negara ini amin ๐Ÿ™๐Ÿ™

  • Roni Setiyono
    Roni Setiyono 4 bulan yang lalu +554

    Saya orang jawa Saya bangga ,dan saya bangga bisa berbahasa sunda dan budayanya

    • capangdong
      capangdong 3 bulan yang lalu

      @Etty sugiarny Pratiwi bukan hanya masalah bahasa saja.
      anda lihat dijudul video?
      arteria: ganti kajati berbahasa sunda.

    • Farid Aja
      Farid Aja 3 bulan yang lalu

      @Jack Sparrow klo rakyat lecehkan Brrti gpp yh ๐Ÿ˜€

    • Farid Aja
      Farid Aja 3 bulan yang lalu

      @Hartono 22 wajar bos habib Rizieq juga rakyat biasa jdi biasa lecehkan

    • Hartono 22
      Hartono 22 3 bulan yang lalu

      @Farid Aja buzzer rp coba alihkan perhatian๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

    • Farid Aja
      Farid Aja 3 bulan yang lalu

      @Jack Sparrow Lo bisa bedain GK basa d lecehkan ๐Ÿ˜€
      Mau presiden mau apa kek klo basa d lecehkan ttep sama ๐Ÿ˜€

  • Tasya Sticker
    Tasya Sticker 3 bulan yang lalu

    SAYA Orang Jawa..BANGKITNYA BAHASA SUNDA..............Luar Biasa.........Kagum saya pada Orang sunda.............Semangat Buat orang sunda๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Clebes Official channel
    Clebes Official channel 3 bulan yang lalu

    Kita membutuhkan pemimpin yg santun tidak arogan penampakan sikap & ucapan TDK sok sokan & meras terlalu pintar & hebat

  • WIJAYADI
    WIJAYADI 3 bulan yang lalu

    Apapun alasannya, dalam menyelenggarakan negara memang di relevan ataupun tidak di perbolehkan menggunakan bahasa daerah, bukan cuma Sunda tapi semua bahasa daerah....

  • wong jowo gokil
    wong jowo gokil 3 bulan yang lalu +1

    saya bukan orang sunda tapi saya kagum budaya sunda... apa lagi suara merdu musik seruling sunda... hmmmmm pokoknya... lestarikan budaya bangsa...
    salam santun dari jawa tengah...

  • Tony Ato
    Tony Ato 4 bulan yang lalu +389

    Saya keturunan Jawa lahir di Jawa barat.... bahasa Sunda bahasa yang sangat indah....harus dijunjung tinggi dan di lestarikan.... hidup urang Sunda... NKRI harga mati

    • Jafran Alfarizi
      Jafran Alfarizi 2 bulan yang lalu

      Thn 2024 akan ada pemilu , untuk masyarakat Indonesia jngn pilih PDIP

    • Syaiffudin Gajahindah
      Syaiffudin Gajahindah 3 bulan yang lalu

      @Agri Ramadan soaalnya gak bisa lancar BHS pbb

    • Nieka Desislav
      Nieka Desislav 3 bulan yang lalu

      @Miptahhudin Wardani sami abdi oge orang sunda, Banten

    • Nieka Desislav
      Nieka Desislav 3 bulan yang lalu

      @3M setuju

    • GSI CCTV
      GSI CCTV  3 bulan yang lalu

      Saya bukan orang Sunda tapi saya bangga dengan orang Sunda yg menjujung tinggi bahasa daerahnya , semoga orang Sunda tetap kuat dan bersatu

  • Enjang Margahayu
    Enjang Margahayu 3 bulan yang lalu +1

    Setelah mendengar vidio ini keseluruhan, menurut saya orang ini sudah merasa orang paling benar sendiri, paling suci sendiri, paling pintar sendiri, paling mulya sendiri dll

  • Waraqah Naufal
    Waraqah Naufal 3 bulan yang lalu

    Semua suku bahasa harus dibenarkan/di izinkan dimana2 rapat...saya dari suku melayu juga pake bahasa melayu di rapat.

  • Harizz Prasetyoo
    Harizz Prasetyoo 3 bulan yang lalu

    Saya bukan orang Sunda tapi saya bangga banyak sahabat dari sunda.anteria Dahlan cuma tahu bahasa Indonesia dan Inggris tidak dengan bahasa daerahnya

  • Giwa Avallona
    Giwa Avallona 3 bulan yang lalu

    Saya Org Sunda...
    Bangga euy janten jalmi Sunda ๐Ÿ‘๐Ÿผ๐Ÿ‘๐Ÿผ

  • Suryo Suryono
    Suryo Suryono 4 bulan yang lalu +62

    Saya orang Jawa tapi saya bangga dengan keberagaman Indonesia,,, saudara kami orang Sunda,,, binasakan orang orang pemecah belah bangsa

  • Adit Susanto
    Adit Susanto 3 bulan yang lalu +1

    Sekalipun kami bukan orang sunda tapi tetap menghargai suku dan bahasa kalau tidak ada tindakan untuk ataria dahlan selamat tinggal partisan pdi perjuangan akan pinda haluan kekecewaannnnn

  • Acep Herman
    Acep Herman 2 bulan yang lalu

    Bukan pernyataan nya yg dipelintir, pernyataan nya yg salah. Salah memilih kata2 dan tidak bisa merangkainya dgn baik.

  • Nafiisah Alwalid08
    Nafiisah Alwalid08 3 bulan yang lalu

    Ternyata dijaman sekarang masi ada orang yang kebal hukum..mantap๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Dani Ramdani
    Dani Ramdani 3 bulan yang lalu

    bapak sy orang jawatimur
    ibu sy orang jawa barat
    jangan pernah menghina SUKU JAWA dan SUNDA

  • Ivan Rosidin
    Ivan Rosidin 4 bulan yang lalu +370

    Saya bangga jadi orang sunda, saya bangga jadi warga negara Indonesia, saya bangga dengan keberagaman Negeri ini.

    • Floeds Elsa
      Floeds Elsa 3 bulan yang lalu

      Pasti jg semua suku bangga dgn bhsanya, kita jg bangga dgn keberagaman bhs drh kita, tp kita hrs sadar ktk di lembaga kenegaraan ada rapat, tdk boleh jg pk bhs drh antar sesama suku, kecuali lg tdk resmi. Kebayang tdk ktk org batak sesama org batak di sidang hukum, kan ngk jd dong acara. Jd gitulah....

    • GSI CCTV
      GSI CCTV  3 bulan yang lalu

      Saya bukan orang Sunda tapi saya bangga dengan orang Sunda yg menjujung tinggi bahasa daerahnya , semoga orang Sunda tetap kuat dan bersatu

    • Yutun Yutun
      Yutun Yutun 3 bulan yang lalu

      Ganeng siah rosid

    • Said Isfandiary
      Said Isfandiary 3 bulan yang lalu +1

      Pecat Arteria Dahlan terlalu sombong , dari pdpi

    • bocah gaming
      bocah gaming 3 bulan yang lalu +1

      @4ngk86 F ya gini kualitas kader pdi

  • Dedi BJR
    Dedi BJR 3 bulan yang lalu

    "Kalau berbahasa sunda nanti orang orang takut" seolah-olah bhs sunda itu menakutkan..๐Ÿคฆโ€โ™‚๏ธ๐Ÿคฆโ€โ™‚๏ธ

  • Jon separoae chanel
    Jon separoae chanel 3 bulan yang lalu

    terus berjuang pak Arteria!

  • stor re
    stor re 3 bulan yang lalu +1

    Biasa Manusia ituh Apa yang Di Ucapkan Oleh Lisan Itulah Yang Ada Dalam Hati Kalau Hatinya Dengki Maka Itulah Yang keluar Dari Lisan nya..
    Sombong Karena Punya Jabatan

  • BM CIMAHI
    BM CIMAHI 3 bulan yang lalu

    Jangan coba2 menyakiti urang sunda...
    Tolong bung arteria..!!!
    Sampai kapanpun kami tetap akan amat tersinggung...

  • Elsa Ratna
    Elsa Ratna 4 bulan yang lalu +266

    Saya bangga menjadi bangsa Indonesia yang mempunyai beribu pulau, beragam budaya dan beragam bahasa...ini yang menjadi keunikan bangsa kita yg beda dg negara lain

    • Rafain Saragih
      Rafain Saragih 3 bulan yang lalu +1

      Ya biar manusianya menjadi manusia seutuhnya untuk NKRI jgn seperti orang orang di pasar bicaranya, ini secara kedaulatan negara persoalaannya

    • Usaha Suksses
      Usaha Suksses 3 bulan yang lalu

      Betul sekali bang

    • Bony Siaprax
      Bony Siaprax 3 bulan yang lalu

      Ne org ngoceh pinter tp kerjaann nol cmn bs ngometar trs ...tu urusin partai y yg korupsi ne org diam pura" ga tau

    • kintamani bali AKB
      kintamani bali AKB 3 bulan yang lalu

      kuntulll kuntull kuntulll

    • campur campur
      campur campur 3 bulan yang lalu +1

      Politisi pada jualan isu Sunda utk popularitas, pretlah basi

  • mursalim belawa
    mursalim belawa 3 bulan yang lalu

    Setelah sy cermati dan memahami apa yg di sampaikan arteria,menurut saya nggak ada masalah

  • Aidah Ida
    Aidah Ida 3 bulan yang lalu

    Giliran udah jadi masalah malah muter-muter ngomong ... Semoga cepat di pecat Arteria Dahlan ...

  • sobo mancing
    sobo mancing 3 bulan yang lalu +1

    Banyak ngomong maunya menang sendiri,,gak pernah mau disalahkan,, copot jabatannya cukup...saya bangga dengan semua bahasa, karna memang indonesia itu beragam bahasa.

  • Fhhh Ryy
    Fhhh Ryy 3 bulan yang lalu

    Ya setiap bangsa Indonesia ttp menghargai BHS daerah masing masing. Tapi dlm rapat bsr seharusnya ttp memakai BHS Indonesia biar rakyat Indonesia mengerti

  • Bambang Tejo Purnomo
    Bambang Tejo Purnomo 4 bulan yang lalu +181

    Saya Jawa ngapak,, tetep dukung sedulur Sunda dan sedulur yg ada di nusantara.. Tetap jg budaya adat yg kita punya

    • Iqbal qinaldy solehidin
      Iqbal qinaldy solehidin 4 bulan yang lalu

      Artaaaiiiiiii cadel siia ๐Ÿ™ƒ๐Ÿ™ƒ

    • kiki kamui
      kiki kamui 4 bulan yang lalu

      Mantap kang :) hormat untuk dulur jawa juga :)

    • Harun29
      Harun29 4 bulan yang lalu +2

      Anggota dpr yg satu ini emang sudah keblingeer.. Omongan nya g bermartabat sama sekali

  • Dadang Sutisna
    Dadang Sutisna 3 bulan yang lalu

    Bukan jaksa yg harus dipecat tetapi sebaliknya Arteria Dahlan yang harus di copot sebagai anggota DPR.

  • edo haryo
    edo haryo 3 bulan yang lalu

    Kenapa orang indonesia kalau ada orang yg salah ngomong tanpa disengaja mesti ribut, gk peduli maksutnya baik atau buruk

  • SIGIT SILET
    SIGIT SILET 3 bulan yang lalu

    Aing bangga lahir di tanah Sunda. Salam urang Baduy. Arteria hayang Aya silet na Jero Beteng dia

  • EnyaBaba
    EnyaBaba 3 bulan yang lalu +3

    ga ada yg salah pernyataan arteria dahlan, bangsa kita ini memang sudah sangat kesukuan dan tradisional

    • KasihTau
      KasihTau 3 bulan yang lalu

      Iyalah presiden aja satu suku

    • budi man
      budi man 3 bulan yang lalu

      betul..sangat sukuisme ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  • tony wawan
    tony wawan 4 bulan yang lalu +461

    BUAT ORANG SUNDA DI SELURUH DAERAH JANGAN PILIH PARTAINYA SI ARTERI*, DEMI KEHORMATAN SUKU SUNDA DI INDONESIA KITA PUNYA HARGA DIRI SEBAGAI SUKU SUNDA YANG BERMARTABAT

    • Jajaka Lawas
      Jajaka Lawas 3 bulan yang lalu

      @Yullins Ningsih jangan bilang najis kalau ngomong harus lengkap najis dan haram gituh tambah kata penutup CADU aingmah kudu milih silaing kituh wkwkwkwkwkw

    • BeJo REOG
      BeJo REOG 3 bulan yang lalu +1

      Kemarin simbol negara mau diganti sekarang bahasa daerah.
      Ada apa dengan partai merah.
      Wahai sudaraku tengelamkan partai merah 2022

    • Syukron Alhamdi
      Syukron Alhamdi 3 bulan yang lalu

      @Hilman Firgiansyahsetuju pki arogan blokir langsung antek antek pki perusak ekonomi bangsa dan negara
      Pki penjajah
      Jago drama ๐Ÿ’ฏ
      Haus kekuasaan
      Bukti
      Pemberontak presiden pertama
      Menguasai ekonomi
      Arogan
      Kkb dan timor Leste lepas
      Ekonomi tidak merata

    • update militer dunia
      update militer dunia 3 bulan yang lalu

      Setuju

  • Zulkifli Aja
    Zulkifli Aja 3 bulan yang lalu +1

    Hebat semua disebut cuma sayangnya mengapa tdk di sebutkan tentang kumpulan para koruptor

  • mcahyo wong Blitar. Jatim indo
    mcahyo wong Blitar. Jatim indo 3 bulan yang lalu +1

    Di PDIP Dahlan malah buat masalah bicara di antara suku" di indonesia kan bebas kok Ndak boleh trus Dahlan itu mau apa copot saja dari partai

  • Rudi Pasyah
    Rudi Pasyah 3 bulan yang lalu

    Kenapa raktat memilih anggota DPR yg seperti ini ,masalah yg penting masih banyak yg harus diselesaikan !!!!?

  • Vian
    Vian 2 bulan yang lalu

    Orang baik akan melihat yang mana orang baik dan orang yang jahat. Thank you for your service pak Arteria.
    Saya juga orang Sunda, dan ada teman saya di sekolah yang baru pindah dari jawa timur dan tidak bisa bahasa sunda. Namun di kelas (bahkan saat kerja kelompok), teman2 malah membentuk geng sendiri dan berbicara bahasa Sunda, bahkan tidak menganggap si murid baru, saya pun merasa kesal. Artinya mereka itu tukang bully, sama kayak jaksa yang ngomong sunda. No offence, tapi saya tidak dukung jaksa yang itu.
    Terimakasih pak Arteria sudah jadi orang baik. Masa dalam politik ber geng2 seperti itu. Please be professional, pak Yulianto!! Itโ€™s not a private conversation! Ini parlemen! Jangan kayak anak SMA yang masih sok geng2an ๐Ÿ™๐Ÿ™

  • Intan Rulianti
    Intan Rulianti 4 bulan yang lalu +318

    Saya bangga sebagai orang jawa Barat suku Sunda., orang Sunda harus benar" Menjaga budaya agar lestari sepanjang masa. ๐Ÿ™๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    • Anak Kampung
      Anak Kampung 3 bulan yang lalu +1

      @gea gaming kacau kalau seandainya mau berbahasa daerah masing-masing. Jadi sekali sekali harus ada teguran seperti ini pak Arteria Dahlan ni.

    • anak sableng
      anak sableng 3 bulan yang lalu

      @gea gaming kau tau apa.....
      Itu dijawabarat bukan dijakarta woy,, bicara itu ya sesuai daerah,,
      Kecuali KDM ngomongnya di jakarta baru ngomong indonesia,

    • kiki rizki noviana
      kiki rizki noviana 4 bulan yang lalu

      @gea gaming lalu apa hubungannya dengan mencopot jabatan kajati gegara berbahasa sunda?? itu rapat internal di jawa barat cok,bawahannya mayoritas berbahasa sunda.. wajib minta maaf,atau kalau tidak selamanya arteria akan jadi musuh orang sunda!!!

    • samuel lengky
      samuel lengky 4 bulan yang lalu +1

      Komen pada nda paham kontek ๐Ÿคฆโ€โ™‚๏ธ

    • Bagas Prakarsa
      Bagas Prakarsa 4 bulan yang lalu +1

      Bandung hadiir org sunda is the best

  • Zaenal Abidin
    Zaenal Abidin 3 bulan yang lalu

    Yah begitulah hukum dinegri inih tajam kebawah tumpul keatas

  • Rio Istambul
    Rio Istambul 3 bulan yang lalu

    Salam dari orang Minang....
    Orang Sunda luar biasa..

  • Riki guna
    Riki guna 3 bulan yang lalu

    NKRI harga mati

  • B I
    B I 3 bulan yang lalu

    Saya pilih mana saja yg orang nya bisa amanah , kerja keras saling menghormati , tdk mempengaruhi dari kubu manapun yg penting baik ,
    Tdk menjamin yg namanya kubu .yg penting amanah jujur .

  • Eka kusmana
    Eka kusmana 4 bulan yang lalu +122

    Masyarakat jawa barat utk pemilu yg akan datang th 2024 jangan pilih partai yg suka adu domba seperti arteria dahlan

    • sesahilap
      sesahilap 4 bulan yang lalu

      Setuju

    • mus Tofa
      mus Tofa 4 bulan yang lalu

      Manusia ieu mah tukang ngeles kunaon sih Aya wae atuh nu milih partai ieu

    • Syamsul Bachri
      Syamsul Bachri 4 bulan yang lalu

      leureusss...embung lah milih si etamah

  • Ki Bagonk Darmono Official
    Ki Bagonk Darmono Official 3 bulan yang lalu

    nge less aja pak ar... sy org jawa.. bersolidaritas dengan org sunda dan bangga dengan saudara2 sy org sunda.. maju terus kebhinekaan..

  • Siti Julaeha
    Siti Julaeha 3 bulan yang lalu +1

    Ketika PENJAHAT di bela dan hukum pun tidak ada gunanya... Buat apa ada PANCASILA dan ingat PENGADILAN ALLAH tidak bisa dibela siapapun... Hati2 pengikut arteria pun kena dosanya...

  • Ade Dedi
    Ade Dedi 3 bulan yang lalu

    Saya orang sumatra tp di diri saya mengalir darah sunda, dan saya tdk pernah marah setiap saudara saya berbicara sunda di tengah2 keluarga ketika kumpul

  • Ida Paula
    Ida Paula 3 bulan yang lalu

    Bahasa dari seluruh dunia boleh memperkaya bhs. Indonesia. "Diselipkan, menyerap pemahaman dengan sebaik mungkin"

  • LosO MM
    LosO MM 4 bulan yang lalu +309

    Saya orang Jombang , bukan orang Sunda , merasa bangga menjadi bagian dari bangsa ini yg mempunyai bermacam2 suku bangsa , bahasa , salah satunya Sunda. Tunjukan apa yg anda bicarakan zaman sekarang gak ada lagi main sogok2 an, katanya korupsi di masa pandemi akan dihukum mati , tunjukan menteri sosial yg jadi tersangka korupsi di masa pandemi di hukum matikah dia.

    • Djarot Gtc
      Djarot Gtc 4 bulan yang lalu

      Lebok sia teh tah di serbu nitizen palling mantap matak ge lamun jadi publik figur bacot na tong sangenahna, klarifikasi ngalor ngidul teu puguh.. ๐Ÿ˜…

    • Aluna Radya
      Aluna Radya 4 bulan yang lalu

      Hormat saya pak sama.bapak

    • Sutan johan
      Sutan johan 4 bulan yang lalu

      G mgkn dihukum mati oleh teman sendiri wkwkwkwk ๐Ÿ˜†

    • Dwi Firmansy
      Dwi Firmansy 4 bulan yang lalu

      Tu arteri ngomong doang hebat akainya nol

    • Intan 12
      Intan 12 4 bulan yang lalu

      @#UpTuYu se7

  • Nikolaus Uskono
    Nikolaus Uskono 3 bulan yang lalu

    Silahkan gunakan bhs daerah asal yg baik, benar, santun dan berbudaya. Tiap daerah itu unik dg bahasanya. Cuman tentu perlu terjemahannya juga utk dimengerti oleh audiens.

  • novian stardust2
    novian stardust2 3 bulan yang lalu

    Kami Bangga Bahasa Daerah kami Bangga berdarah Indonesia

  • fahmi Mustofa
    fahmi Mustofa 3 bulan yang lalu

    NKRI banyak Bangsa dan Budaya
    Usut Rasis Tdk pandang bulu

  • Ernie Ernie adnan
    Ernie Ernie adnan 2 bulan yang lalu

    Saya bangga dgn pa dedy mulyadi sgt menolong org yg susah kl anda apa apa bisa menolong

  • Sank Mukti
    Sank Mukti 4 bulan yang lalu +195

    Orang-orang seperti arteria ini yg berbahaya, bisa menghilangkan keragaman di negeri ini

    • SHORT STATUS
      SHORT STATUS 4 bulan yang lalu

      Sosok yang berbahaya Arteria Dahlan,

    • noel 363
      noel 363 4 bulan yang lalu

      Plus arogan

  • Faisol Arip
    Faisol Arip 3 bulan yang lalu

    saya madura bangga sama sunda. suka bahasanya yg santun. dpr dpr lagiiiii

  • Pengarah Sinar
    Pengarah Sinar 3 bulan yang lalu

    Menurut saya,konsisten kedisiplinan yg diinginkan seorang Arteria,trlbih buat para pejabat negara dlm lingkup ruang umum.mohon mf jika kita salah๐Ÿ™

  • Setiawan Awan
    Setiawan Awan 3 bulan yang lalu

    Aink bangga jadi orang sunda

  • Indra Gunawan
    Indra Gunawan 3 bulan yang lalu

    Inilah satu alasan yg org sunda sesal kan telah memilih dan memberi suara pada partai PDI.P......demi allah sy menyesal

  • Yudie Perwira
    Yudie Perwira 4 bulan yang lalu +403

    Walaupun di sepak bola kita sering salah faham,saya sebagai orang Betawi asli sangat bangga dengan orang sunda...Sunda mantapppp๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    • Mr.U
      Mr.U 3 bulan yang lalu +1

      Sama bng saya asli orang sunda ,lama merantau di betawi .dan saya sangat bngga dengan betawi.mntap bng banyak sahabat saya di betawi๐Ÿ‘๐Ÿ™

    • Nieka Desislav
      Nieka Desislav 3 bulan yang lalu

      @Jaffar siddiq Siddiq iya betul.
      Dan ternyata dia banyak kasus juga tuh yg lalu2

    • Nieka Desislav
      Nieka Desislav 3 bulan yang lalu

      @Neng Rukmini leres

    • GSI CCTV
      GSI CCTV  3 bulan yang lalu +1

      Saya bukan orang Sunda tapi saya bangga dengan orang Sunda yg menjujung tinggi bahasa daerahnya , semoga orang Sunda tetap kuat dan bersatu

    • _AcDc_ ๐Ÿ’ฏ
      _AcDc_ ๐Ÿ’ฏ 3 bulan yang lalu +1

      Masalah sepak bola mah geus tradisi Rival bebuyutan, utk kekerasan na mah eta oknum wae, nuhun lur support na, Bravo Betawi dan Nusantara ๐Ÿ’ฏ๐Ÿ‘

  • Islelitiloly Matlebon86
    Islelitiloly Matlebon86 3 bulan yang lalu

    Para Anggota Dewan DPR RI-DPRD-DPD mohon Bekerja yg Amanah Tegakan Keadilan-Perjuangkan Aspirasi Rakyat..karena ANDA di Pilih olh RAKYAT...๐Ÿ™„

  • fenpry sibuea
    fenpry sibuea 3 bulan yang lalu

    Bukti pak arteria cinta sunda adalah pak arteria punya rumah di bogor pak arteria adalah orang yg benar yg menjunjung nilai nilai kebudayaan bangsa kita indonesia

  • Edwin Awak
    Edwin Awak 3 bulan yang lalu

    Pejabat Negara itu Wajib menggunakan Bahasa Indonesia dalam forum resmi, Bahasa daerah itu hanya bisa digunakan dalam acara non resmi.

  • nabila Ayu
    nabila Ayu 3 bulan yang lalu

    Saya orang Banyuwangi, sangat suka bahasa dan musik Sunda

  • Ari Yunianto
    Ari Yunianto 4 bulan yang lalu +233

    Saya bangga jadi orang jawa, saya bangga berketurunan Sunda, saya bangga hidup di Indonesia.