Tap to unmute

RUU KUHP "MISTERIUS” MAU DIUNDANGKAN PENJARA MENUNGGU PENGHINA PRESIDEN SAMPAI PEJABAT PUBLIK.

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 30 Jun 2022
  • - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
    Thank u for watching. Don't forget to subscribe, like, and comment my youtube channel !
    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
    Find me on social media :
    Instagram : presidenilc
    Instagram : indonesialayters.. .
    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
    For IDclips business inquiries related to My video/channel, such as brand's placement, contact: ilccomeback@gmail.com
    Contact Business Inquiries Only: ilccomeback@gmail.com
    Indonesia Lawyers Club IDclips is under management of ILC Management

Komentar • 1 262

  • anonymous 77
    anonymous 77 2 bulan yang lalu +135

    SARAN untuk ILC ,undanglah selalu Bang ROCKY GERUNG , biar tambah seru... ❤ bang Rocky..

    • jeje setiawan
      jeje setiawan 2 bulan yang lalu +1

      @Rahmad Kartolo undang undang itu bukan untuk pemerintahan sekarang cong... tapi untuk pemerintahan yang akan datang dan seterusnya ..!! kalau penghinaan tidak ada hukumnya .. emangnya Bapak lw rela di hina2 orang lain ..!!?? kalau penghinaan tidak ada hukumnya ... kenapa guru TK .. yang menghina Habib rizik di perkusi ..!!?? otak lw yang aneh .. bukan negeri ini ..!! di dalam Al 'Quran pun menhina itu juga di larang ..!!! oatak kadrun memang terbalik ..!! makanya kalau cari guru agama itu jangan yang CABUL ...!!!

    • Rahmad Kartolo
      Rahmad Kartolo 2 bulan yang lalu

      Pemerintahan sekarsang ini ingin semua rakyat d bungkam pejabat itu kalau sdh jujur amanah mana ad yg menghina aneh negri ini seakan semua nya serba takut sm rakyat

    • Andi Tanjong
      Andi Tanjong 2 bulan yang lalu

      @jeje setiawan apanya yg salah bro kalo dia tidak percaya pada tuhan atau Atheis?? bukannya itu hak semua orang utk percaya atau tidaknya pada sang pencipta,, karna kita pun tdk ada yg tahu mungkin saja hari ini kita mengaku beragama/beriman pada tuhan, besoknya kita tiba2 ragu atau jd Ateis jg kan ga ada yg jamin bro,, yg penting toleransi & saling menghargai aja

    • Yudha Aditiya S
      Yudha Aditiya S 2 bulan yang lalu

      @jeje setiawan Disini yang dibahas bukan kagum dan benci bro, tapi cara fikir, Kalo itu pendapat mu yaudah terusin aja gapapa, toh justru kelihatan kalo lu gk punya cara fikir jernih

    • jeje setiawan
      jeje setiawan 2 bulan yang lalu

      @Yudha Aditiya S apa yang di kagumi dengan sosok roky gerung ..!!?
      manusia hidup .. beragama juga tidak ..'
      berumah tangga juga tidak ..'
      bersikap baik juga tidak '
      katanya profesor ,, nyatanya juga bukan ..!
      apa perlu di kagumi orang macam iyu ..!!??
      kalau lw mengagumi dia ya terserah itu urusan lw ..!! kalau gue kagak suka ya itu urusan gue ..!!

  • Ilham Yusuf
    Ilham Yusuf 2 bulan yang lalu +78

    Sayang banget gk ada bang Rocky Gerung.
    No rocky no party

  • Asman R
    Asman R 2 bulan yang lalu +9

    Makin ke sini makin menakutkan 🤦
    Bahkan mau menjelaskan ke publik saja mau datang ke ILC nggak ada yg mau🤣 selain dari PKS 👍

  • R L
    R L 2 bulan yang lalu +16

    Kali ini Om Pigai punya penjelasan sangat baik 👍, saran saya kalau menyangkut penghinaan kepada Presiden perlu diatur, bisa juga diberikan hukuman secara adat 🙂

    • uthe yahya
      uthe yahya 2 bulan yang lalu

      The best bung Pigai 👍👍👍

  • Andi Rustiana
    Andi Rustiana 2 bulan yang lalu +2

    Presiden dan pejabat itu karyawan . Rakyat itu adalah BOS !!!
    Sekarang Karyawan bikin aturan sendiri, ketika bos mengasih nasehat, maka si karyawan usir bos dari tempat usahanya sendiri ...😂😂

  • Mas Raharja, gowes santai dan liputan

    Filsafat itu pada zaman Yunani induknya ilmu, saya kira bung Roky Gerung patut diundang juga meskipun membahas masalah hukum

  • bray loyo
    bray loyo 2 bulan yang lalu +33

    Makin hancur hukum di negeri ini, para pejabat sibuk mencari perlindungan hukum agar tidak bisa disentuh oleh masyarakat... Dan ini jauh dari demokrasi... Parah negeri wakanda

    • Ita Rioris
      Ita Rioris 2 bulan yang lalu

      Acara apa sih ini ..gk penting bg rakyat jelata ...keliatan cm pinter ngomong

    • Andi Tanjong
      Andi Tanjong 2 bulan yang lalu

      @fery ferdian lo apa sih ga jelas, ini lg bahas RUU KUHP lo malah bahas kadrun cebong mulu

    • fery ferdian
      fery ferdian 2 bulan yang lalu

      Emang mantap setelah jokowi jadi presiden...para kadrun pada kelojotan... kepanasan... Maju terus pantang mundur hajar para kadrun ..apa lo apa lo...

    • jay saloko
      jay saloko 2 bulan yang lalu +1

      Republik ini "Rindu" sosok seperti Beliau - Beliau ini ....
      Afateha utk Para "Pejuang" Hukum
      (Alm) Bpk Prof. Dr. H. Baharuddin Lopa, S.H.
      (Alm) Prof. Dr H Muladi SH

    • Dutakom Indonesia
      Dutakom Indonesia 2 bulan yang lalu +2

      Bukan lagi hancur bang tapi sudah mulai abstrak ini demokrsinya

  • Adewo
    Adewo 2 bulan yang lalu +46

    Saya Sebagai mahasiswa hukum penjelasan dari Prof. Andi Hamzah seperti 100 sks. Sehat selalu prof 🤲

    • Gusti Andre
      Gusti Andre 2 bulan yang lalu

      penjelasan prof andi hamzah sangat mudah sebenarnya dibantah prof eddy, sayangnya tv one gk mengundang prof eddy.

    • Bunda Martini
      Bunda Martini 2 bulan yang lalu

      P

  • Imam Koiri
    Imam Koiri 2 bulan yang lalu +2

    Bang Pigai sangat cerdas banget.... kasih kuliah tuh DPR nya... 🤣🤣

  • Abbas Bas
    Abbas Bas 2 bulan yang lalu +12

    Natalius Pigai sdh mewakili suara & kekhawatiran Rakyat👍

  • naryosi 1951
    naryosi 1951 2 bulan yang lalu +29

    Kalo ga mau di kritik, di hujat dst jgn jadi pejabat publik...kayak ga tau aja gimana hukum di sini cuma tajam ke bawah ...rakyat trus yang di jadiin korban ,

    • bam tv
      bam tv 2 bulan yang lalu

      @Ealah Channel nggak juga....masih banyak pejabat yang mau dihujat

    • Ealah Channel
      Ealah Channel 2 bulan yang lalu

      Kalo gada pejabat negara, Indonesia hancur dong kak dari dulu

    • Juniartowawan09 Juniartowawan09l
      Juniartowawan09 Juniartowawan09l 2 bulan yang lalu

      Rezim jokodok alias Pinokio singkek/oligarki dn elite politik bajingan

  • Dinda annisa Maharani harahap
    Dinda annisa Maharani harahap 2 bulan yang lalu +1

    No Rocky no party
    Hanya bung Ricky yg mampu mencerahkan pikiran kita
    Bung Karni undanglah bung Rocky yg mempunyai kecerdasan dan narasi yg membangun dan membuka pikiran kita🙏🙏

  • WIJAYADI
    WIJAYADI 2 bulan yang lalu +1

    Yang di hina itu bukan pribadinya, tapi jabatan nya atau caranya memimpin republik ini, di sayang kan kalau negara ini menghukum pikiran rakyat sendiri

  • Alfa Learning Funcional Tes
    Alfa Learning Funcional Tes 2 bulan yang lalu +34

    Pak natalius pigai sangat bijak pemaparannya.mantap pak

  • bella salira
    bella salira 2 bulan yang lalu +4

    pak pigai cerdas,org PAPUA pasti bangga.

  • Adek Odang
    Adek Odang 2 bulan yang lalu +17

    Tugas DPR harusnya jelas! Menjadi penyambung lidah Masyarakat, bukan malah jadi pembantu bagi pemerintah untuk membatasi setiap2 kritikan Masyarakat untuk pejabat negara

    • Andi Tanjong
      Andi Tanjong 2 bulan yang lalu

      Bung RG justru ingin DPR nya yg dibubarin karna lembaga yg hanya memeras uang negara utk kepentingan pribadinya

    • Reyhan Saputra
      Reyhan Saputra 2 bulan yang lalu

      DPR nya DUNGUU

    • Denny Dermawan
      Denny Dermawan 2 bulan yang lalu

      @Eka Nuryanti pastinya bgtu..kan ketuanya mba puan ..😁
      Coba kalo ketua DPR nya Rocky Gerung ..lain ceritanya 😀😃

    • Sukron Sukron
      Sukron Sukron 2 bulan yang lalu

      Persatuan pedagang bakso seluruh Indonesia( PPBSI) menuntut utk dicantumkan dlm RKUHP pasal yg menghina, melecehkan pedagang bakso dan menghina ras papua bisa dipenjara 5th sperti pasal yg menghina presiden/ aparat negara. My be. Boleh dishare...

    • Ahmad Sahuri
      Ahmad Sahuri 2 bulan yang lalu +2

      orientasi sudah berubah dpr adalah wakil partai bukan lagi wakil rakyat, itu lah mengapa kepentingan rakyat tak lagi jadi hal yg utama,😢

  • Kutar Kutar
    Kutar Kutar 2 bulan yang lalu +64

    Salut utk bung Natalius Pigai. Bangga punya tokoh penting dari papua. Menginspirasi..... mendidik

    • Eni Kusumawati
      Eni Kusumawati 2 bulan yang lalu

      Luar biasa bung pigai, filosofis tak terbantahkan. Lebih ramai kalo ada bung RoGer

    • Wahyudi Yudi
      Wahyudi Yudi 2 bulan yang lalu

      @Sukron Sukron
      Setuju banget dan wajib

    • Sukron Sukron
      Sukron Sukron 2 bulan yang lalu

      Persatuan pedagang bakso seluruh Indonesia( PPBSI) menuntut utk dicantumkan dlm RKUHP pasal yg menghina, melecehkan pedagang bakso bisa dipenjara 5th sperti pasal yg menghina presiden/ aparat negara. My be. Boleh dishare...

    • Hasanuddin Hakim
      Hasanuddin Hakim 2 bulan yang lalu +3

      @gohar joni Jangan pernah berdebat dengan orang yang cerdas kalo gak mau di bilang DUNGU karena kalah debat 🤣

    • gohar joni
      gohar joni 2 bulan yang lalu

      @Ari Widiyanto Asmoro preeettt

  • Mira Sinar
    Mira Sinar 2 bulan yang lalu

    andai semua pakar hukum memiliki ilmu pengetahuan dan bijaksana seperti Prof. Andi Hamzah, insyAllah masyarakat Indonesia makmur sejahtera. Semoga Prof. Andi sehat dalam lindungan Allah.

  • Yusuf Ahmad
    Yusuf Ahmad 2 bulan yang lalu +1

    Mantap bang Natalius Pigai....!!
    Biasa pengumuman apa saja di rezim ini selalualam hari kucing kucingan, ini tanda tanda rezim malung...!!!
    Pantesan korupsi tbuh subur....!!

  • Sujatno Tanidjan
    Sujatno Tanidjan 2 bulan yang lalu +4

    Bersyukur masih ada Pigai yang memang aktifis HAM. Seandainya si Harris juga dihadirkan, mungkin kita akan lebih mendapat wawasan Hukum dan HAM lebih dalam. Kapitra? Hadee...eh sperti biasa tidak ada bobot sama sekali omongannya. Sangat standard dan hanya bermodal teriak. Orang2 spt ini yang bila dihadirkan di forum publik begini membuat orang tdk tambah pinter.

  • Untung Sumedi
    Untung Sumedi 2 bulan yang lalu

    Edialnya Hukum memang bkn jd alat kpentingan , maka dlm rencana penetapan Undang-undang hrs transparan agar mmbuka peluang masuknya aspirasi Rakyat . Agar kmungkinan masuknya unsur2 kepentingan tsb dpt diminimalisir ....🙏🙏

  • Sucipto Cipto
    Sucipto Cipto 2 bulan yang lalu +4

    Sebelum disahkan sebaiknya parlemen nya dibubarkan karena UU kuhp jika sdh diketuk rakyat Indonesia dikebiri dan seperti kerbau dicocol hidungnya.... Pemerintah zolim semoga cepat berakhir tidak diharapkan kinerja nya...bikin rakyat menderita....

  • Fatarossa Teknik
    Fatarossa Teknik 2 bulan yang lalu +18

    Selama hukum dibuat manusia, akan hancur oleh menusianya sendiri, karena hanya berlaku sesuai jaman dan kepentingannya.

  • en nox
    en nox 2 bulan yang lalu +4

    Pigai pinter👍🏼.

  • Dedi Mayasin
    Dedi Mayasin 2 bulan yang lalu

    Lindungilah dirimu dari Allah,,, jangan dari hukum" yang kau buat sendiri,,, jangan sapai kalian hina dihadapan Allah SWT

  • Budi Jatmiko
    Budi Jatmiko 2 bulan yang lalu +22

    Melindungi kesalahan dengan peraturan. Sejarah akan mencatat siapa saja yang menjadi pengkhianat negara

    • Ansor Raditya
      Ansor Raditya 2 bulan yang lalu

      @Hasanuddin Hakim hoax.. Pki hanyalah framing kelompok Kadrun, para kdal khilafah sesat

    • Sukron Sukron
      Sukron Sukron 2 bulan yang lalu

      Persatuan pedagang bakso seluruh Indonesia( PPBSI) menuntut utk dicantumkan dlm RKUHP pasal yg menghina, melecehkan pedagang bakso dan menghina ras papua,bisa dipenjara 5th sperti pasal yg menghina presiden/ aparat negara. My be. Boleh dishare...

    • HULUPZZ CHANEL
      HULUPZZ CHANEL 2 bulan yang lalu

      @Ansor Raditya cumbeleka cumbeleka ale2jenjeng..
      Ormas gobl*ckk 😂

    • Hasanuddin Hakim
      Hasanuddin Hakim 2 bulan yang lalu

      @Ansor Raditya hanya PKI yang tidak bisa di atur oleh pemimpin muslim

    • Adit Diyan
      Adit Diyan 2 bulan yang lalu +1

      misalnya hina tukang bakso,,, Raja tetap diam saja karena Ibu Suri yang mengatakan itu,,,💃🤪😜

  • Dono Indro
    Dono Indro 2 bulan yang lalu

    Hukum harus Adil,Jangan berat d pejabat,penguasa,dengan Rakyat dan Ulama di Tindas.

  • Muhammad Yuskurniawan
    Muhammad Yuskurniawan 2 bulan yang lalu +1

    maaf beribu maaf 🙏🏼🙏🏼
    terpaksa harus saya sampaikan pendapat saya terkait pengesahan UUD yang disampaikan bahwa itu sangatlah memalukan sekali bagi diri saya.
    Rugi besar bagi diri saya yang mana selalu mengharapkan adanya suatu gebrakan baru namun tak kunjung datang.diberikan gaji besar ternyata cuman segini kemampuannya pejabat kita,sama sekali tidak berkualitas 👎🏻

  • Efri Yunir
    Efri Yunir 2 bulan yang lalu +18

    Pemaparan N Pigai ttg hak n kedaulatan warga negara sangat masuk akal, tdk semua han n kepentingan rakyat diserahkan kpd DPR. Kenapa DPR seakan akan mewakili rakyat secara mutlak dan tdk terbatas.

  • Wildan Firdaus Prasetyo
    Wildan Firdaus Prasetyo 2 bulan yang lalu +1

    Salut buat pemikiran bung Pigai…👍

  • Asnanarita Siregar
    Asnanarita Siregar 2 bulan yang lalu

    Sebenarnya bagi saya sendiri tidak masalah jika ada RUU KUHP tapi yang sangat saya sayangkan kenapa dalam proses pembentukan RUU KUHP tidak dilakukan dengan transparan "mengingat bahwa RUU KUHP itu bukan hanya diterapkan (digunakan) untuk pejabat DPR dan Kementerian Hukum dan HAM tapi juga untuk seluruh rakyat Indonesia yang mengatasnamakan kepentingan dan ketertiban Indonesia maka alangkah baiknya kalau didiskusikan dua arah antra pejabat pemerintah dan rakyat.

  • Apry Apry123
    Apry Apry123 2 bulan yang lalu +2

    Wahay bpak" pejabat yg terhormat. Urus dulu masyarkt yg smakin hari smkin sensara semua harga pokok meroket naik semua. Sedangkan lapangan pekerjaan smkin sulit. Kmi bosen ngeliat pejabat yg sibuk dengan pasal" yg ngk terlalu berguna. Kesejahteraan rakyat yg d utamakan.

  • Ariyani Bahar
    Ariyani Bahar 2 bulan yang lalu

    Klo bisa UU bahasanya disederhanakan aja agar masyarakat Indonesia secara umumnya dapat dengan mudah memahami isinya, bukan hnyak orang yg sekolah hukum aja yg ngerti, krna UU kan diatur untuk nengatur kehidupan bermasyarakat di Indonesia, diwajibkan aja setiao satu kepala keluarga memiliki UU krna saya yakin masih bnyak masyarakat Indonesia yang tidak tahu isi pasal UU

  • Jani S
    Jani S 2 bulan yang lalu

    Saya rakyat jelata mendapatkan pencerahan yg sangat cerdas dari ahli kebijakan publik
    Mari kita cerdas ..cerdas ....menyikapi cara kerja DPR demi rakyat ato demi penguasa
    Hidup rakyat cerdas

  • Abdul Pitri
    Abdul Pitri 2 bulan yang lalu +9

    Negara aman negara damai negara sejahtera kalo ngga ada DPR bubarin DPR

  • Dastel Flatry
    Dastel Flatry 2 bulan yang lalu +1

    bang pigai selalu menginspirasi, sehat terus bang

  • Wilson Wuisan
    Wilson Wuisan 2 bulan yang lalu +21

    Pigai memang hebat...mudah2an lebih banyak lagi pemuda2 Papua menjadi orang hebat pada bidangnya seperti bpk.Pigai ini..kata2nya benar semua..

    • Zelsy Wulandari
      Zelsy Wulandari 2 bulan yang lalu

      @Wilson Wuisan setiawan itu otak berisinya smaa kaya DPR

    • Evan Yanitra
      Evan Yanitra 2 bulan yang lalu +2

      @jeje setiawan Ketika intelektual bicara sesuai dengan keilmuannya itu sudah hebat. dia memenuhi role-nya. dan kalau Pinggai dibanding dengan Nasril atau Kapitra yg legislatif dan anggota parpol, sama sekali tidak memenuhi peranannya.
      manusia itu tidak selamanya hebat, pasti ada masa2nya ngaco dan salah, tapi dalam acara ini, dan dalam konteks penyusunan perundangan, wawasan hukum Pinggai hebat. in the moment of truth, he said the truth. saya bangga masih ada orang indonesia yg berpikir seperti Pinggai.

    • Wilson Wuisan
      Wilson Wuisan 2 bulan yang lalu +2

      @jeje setiawan
      Setelah Pigai pensiun dari komas HAM apakah pejabat penggantinya berguna buat Papua?
      Jangan bandingkan Pigai dgn Presiden..
      Bandingkan Pigai dengan pejabat seperti dia yg sebelumnya dan sesudahnya..
      Pigai itu sudah mengangkat derajat orang Papua..ada berapa orang Papua secerdas Pigai ? Masalah Papua kau tanya kepada Gubernur nya..Bupati2 nya..jangan tanya Pigai..Anggaran negara utk Papua duitnya jatuh ke Gubernur dan Bupati..bukan pada Pigai yg komnas HAM dulunya.

    • jeje setiawan
      jeje setiawan 2 bulan yang lalu

      ahebat apanya ..!!?? selama menJadi KOMISARIS HAM .. apa yang telah di perbuat pada rakyat PAPUA ..!!?? Dia cuma membungkam mulutnya dan tidak berbuat apa2 ..!! Di rezim joko wi inilah rakyat di papua di angkat derajadnya " !!

  • Cakrabuana Channel
    Cakrabuana Channel 2 bulan yang lalu +2

    Klo gk mau di hina atau di kritik makanya yang bijak amanah jdi presiden , klo persidennya amanah bijak gk mungkin di hina gk mungkin rakyat demo, intinya koreksi diri sendiri apa kesalahan nya di pemimpinan ini

  • Agus Salim
    Agus Salim 2 bulan yang lalu +1

    Cerdasss nya pak natalius pigai 👍🏽👍🏽👍🏽👍🏽❤️❤️

  • Alfian Alawa
    Alfian Alawa 2 bulan yang lalu

    Untung negri ini punya mahasiswa,yg akan melindungi rakyat dari tangan2 kekuasaan yg menyengsarakan rakyat..

  • Dank2162
    Dank2162 2 bulan yang lalu +1

    Pak Pigai mantaaap.... Pejabat tidak punya Hak tapi punya kewajiban karena sudah mendapat fasilitas dan gajih

  • Tabrani 01
    Tabrani 01 2 bulan yang lalu

    Kalau pejabat publik tidak mau di hina cukup jangan melakukan perbuatan yang hina itu kata kunci nya, tidak perlu RUU KUHP misterius di sahkan.

  • Adha Suparman
    Adha Suparman 2 bulan yang lalu +1

    Makin arogan aja para pejabat negeri ini kalau kejadian.apa gunanya ada wakil rakyat.apa gak sadar mereka numpang idup pake duit rakyat

  • Pembaca
    Pembaca 2 bulan yang lalu

    Bangsa ini (masih) bertahan dlm ketidak-pastian, rakyat semakin kelaparan, kebijakan masih jg blm berpihak pd rakyat kecil

  • supriadie21
    supriadie21 2 bulan yang lalu +1

    Paparan N Pigai masuk akal memang seperti itulah seharusnya wakil rakyat dan pejabat negara jangan salahkan rakyat bila negeri ini bergejolak karena pemerintahnya sendiri tidak bisa diharapkan

  • buniyah Bilqis
    buniyah Bilqis 2 bulan yang lalu +1

    No Rocky no Party.......tanpa bung Rocky serasa hampa..... Ayo dong Karni Ilyas.....hasirkan bung Rocky

  • siagian family
    siagian family 2 bulan yang lalu +7

    Mas Jamil ...mas Jamil..
    Mumet otak ku denger kata kata mu.. sumpah.. 😂😂😂

  • Jani S
    Jani S 2 bulan yang lalu

    Saya rakyat jelata mengharapkan adanya UUD DPR yg terbaru yg yg punya tupoksi yg betul 2 bekerja demi rakyat bukan demi penguasa

  • M.zakaria Wirabakti
    M.zakaria Wirabakti 2 bulan yang lalu

    Sistem penegakan hukum Indonesia bukan hanya polisi, jaksa doang. Mereka lupa akan pengadilan.

  • Azwar Zuhri
    Azwar Zuhri 2 bulan yang lalu

    Om karni...bahas masalah ACT dong episode mendatang..sukses selalu ILC👍

  • Jama di
    Jama di 2 bulan yang lalu +10

    Kacung kacung oligarki, tidakkah kalian tahu..., masyarakat sekarang menjerit terutama petani sawit, pajak CPO 47% di ambil pemerintah petani swadaya jadi korban tidak sesuai dengan harga pupuk yang melambung tinggi sementara harga TBS Rp 700/kg ditingkat pengepul tolong dibahas dong Datuk Karni Ilyas 🙏🙏🙏

  • CAPT. KUSNADI YUSUF
    CAPT. KUSNADI YUSUF 2 bulan yang lalu +6

    Bang Pigai...hebat dan cerdas..👍👍👏🇸🇬

  • Naftek Izi
    Naftek Izi 2 bulan yang lalu +3

    Keren bang pigai ayo saudara²ku di papua tiru jejak bang pigai

  • Norman Sasongko
    Norman Sasongko 2 bulan yang lalu +3

    DPR MPR MK,bubar saja, g empati dan simpati hanya sebuah institusi dan tempat jepri², tempat dil² tempat org ngerombol menipu membodohi masyarakat, rakyat, mereka pada berlomba² jadi anggota parlemen dgn gaji dan imbalan berlapis² yg mereka tentukan sendiri, ini org² munafik kelas jahanam, ngomong NKRI demokrasi ngomong etika andap asor sopan santun, tapi ga sopan dan kurang ajar sama yg menggaji dan memberikan mandat, inil

  • Robbs
    Robbs 2 bulan yang lalu +21

    kayak nya bener kata rocky gerung " kalau dia jadi presiden hal pertama yg di lakukan adalah bubarkan DPR "

    • Lamai Yakuza
      Lamai Yakuza 2 bulan yang lalu +2

      Btl skali sdh di gaji sama rakyat malah berhianat setan semua kalau perlu bàkar sj senayan itu karna jadi sarang korupsi

    • Yaudah Iyaa
      Yaudah Iyaa 2 bulan yang lalu +1

      bentar lagi indo bakal kek korut

  • Pakjamal PakSetiajamal
    Pakjamal PakSetiajamal 2 bulan yang lalu

    kebenaran selalu ada untuk kita semua

  • Ummah Channel
    Ummah Channel 2 bulan yang lalu +4

    Pak Pigai josss..

  • Bayu Firdaus
    Bayu Firdaus 2 bulan yang lalu +4

    Kita akan dipertontonkan akhir masa orang (siapapun dia) yg mendzolimi orang banyak dlm keadaan aib terbuka lebar dan mengenaskan, kecuali tobat dan maafnya diterima.
    Buktikan pada waktunya !

    • Sutrisno Sutris
      Sutrisno Sutris 2 bulan yang lalu

      Penghinaan yg faktanya tidak sehina yg diucapkan , si penghina harus diberikan sangsi hukum. Biar tidak berkembang menjadi sikap dan perilaku yg brutal.

  • Harem King
    Harem King 2 bulan yang lalu

    SELAMAT DATANG DI ERA KOLONIAL BARU! BUAT YANG CERDAS, TANDAI PEMPIMPIN DAN PARTAI SAMPAI KE EKORNYA, UNTUK PELAJARAN DI MASA DEPAN! 🙏🤦

  • Riky Kurniawan
    Riky Kurniawan 2 bulan yang lalu +1

    mantap p natalius pencerahanya sayangnya bung roky gerung tdk undang bang karni masyarakat byk yg menunggu diILC

  • iskandar sulthan
    iskandar sulthan 2 bulan yang lalu +9

    Tidak bisa membayangkan bagaimana pemerintah tanpa kritik..."kritik bukan hinaan"
    Mau benar mau salah rakyat harus tutup mulut rapat" 😷

    • Moc Nawawi
      Moc Nawawi 2 bulan yang lalu

      @muchtar alfarist betul bang

    • muchtar alfarist
      muchtar alfarist 2 bulan yang lalu +2

      Demokrasi didengung dengungkan..tpi giliran dikritik rame rame mau bikin aturan hukum..sangat licik arti nya para pejabat indonesia ini..sdh digajih tinggi..dikasih segala kemudahan..dikasih fasilitas yg tinggi..tpi kerja nya nol besar..

    • Udi Ngudianta
      Udi Ngudianta 2 bulan yang lalu

      menurut pendapatku Karni kadrun berbulu musang

  • HBM Channel
    HBM Channel 2 bulan yang lalu +1

    Pak Pigai luar biasa wawasannya ttg hak asasi manusia apa yg menjadi hak rakyat dan kewajiban penguasa .. maka saat presiden dihina maka tidak ada hak presiden utk mengancam rakyat dgn pasal2 penghinanaan nya karena kedaulatan tertinggi ada ditangan rakyat tugas kekuasaan utk melindung rakyatnya bukan mengancam rakyatnya ..luar biasa penjelasan pak Pigai org nya lurus dan tegas tdk mempan disogok utk kekuasaan

  • Mufidah Mufi
    Mufidah Mufi 2 bulan yang lalu

    Rakyat harus keritik siapapun yg bersalah ,Rakyatlah yg bisa menilai yg benar dan yg salah

  • Tora terus
    Tora terus 2 bulan yang lalu

    Semoga penilai hukum Penghinaan dapat mempelajari bahasa yg benar agar bisa membedakan penghinaan dengan kritikan.

  • Fuji Athun
    Fuji Athun 2 bulan yang lalu

    Makin gawat aja hukum di negri ini,
    Klo menurut saya, ydh si biarin aja orang mau menghujat ke mau menghina,
    Yg dosa kan dia, semakin kita di hina semakin berkurang dosa kita,

  • Fafa
    Fafa 2 bulan yang lalu

    Kalo saya setuju jika ada yg menghina lambang negara harus di hukum biar g ngelunjak

  • Mufidah Mufi
    Mufidah Mufi 2 bulan yang lalu

    Rakyat sebagai Raja diapun yg salah akan dikeritik ,selamatkan NKRI

  • Jeane Margaret
    Jeane Margaret 2 bulan yang lalu +1

    Di jaman jokowi hukum terasa seperti jaman orba apalagi soal HAM diskriminasi terhadap minoritas sangat tinggi larangan beribadah lewat gereja" di tutup dengan tidak jelasnya dan parahnya pejabat daerah terlibat penutupan gereja, pencitraan saja yg banyak di lakukan dan soal PKH sampai sekarang belum juga cair kasian kami rakyat kecil

  • Tardja Rukmana
    Tardja Rukmana 2 bulan yang lalu +6

    Prof AH this reel pakar hukum pidana ....semoga beliau sehat terus sehingga masih terus dapat membimbing para anggota DPR dan pemimpin zolim sadar

  • nur yati
    nur yati 2 bulan yang lalu +1

    Makin kesini pemerintah dan anggota MPR DPR pinter nya cuma bikin Rakyat Indonesia makin binggung ngk ngerti mau nya mereka apa sih?
    Harusnya Bikin UU tuh yg membuat Rakyat berada mendapat keadilan. Bukan UU kontropersi nyeleh yg malah jd masalah.🤪🤪🤪

  • Frin Ysf
    Frin Ysf 2 bulan yang lalu +3

    Mirisss edaaaannnnn...
    Pejabat negara kok gitu amat ya, rakyat udah tercekik makin sengaja dicekik.

  • zaman edan akhir
    zaman edan akhir 2 bulan yang lalu

    Semoga rakyat jangan salah pilih,dan memilih yg amanah kepada rakyat.

  • cinta rosul
    cinta rosul 2 bulan yang lalu +8

    RKUHP.... Rencana Kitab Undang2 Hukum Penguasa

  • Bapak Agus
    Bapak Agus 2 bulan yang lalu

    Terimakasih pak lius pigai semoga DPR DAN PEMERINTAH utk merenungi atas HAK dan KEWAJIBAN atas rakyatnya. Kemana bung RG dan pak lius sungkar yg rajin mengingatkan utk lebih baik negri ini.

  • Pu Raja Panjaitan Tbk
    Pu Raja Panjaitan Tbk 2 bulan yang lalu

    👏👏😂😂👍👍bagus acara ILC nya. Mengupas dan membahas lebih detail soal produk hukum dalam dan luar negeri hanya saja bila ada produk hukum terbaru tentu sebelum dan sesudahnya perlu diadakan sebuah himbauan, pemberitahuan atau bahkan warning kepada seluruh elemen masyarakat. Kenapa ?? Karena produk hukum tersebut kan akan diberlakukan kepada seluruh elemen masyarakat bukan kepada hewan. Jadi dianggap penting adanya pemberitahuan itu agar semua elemen masyarakat tahu dan bersama2 mematuhi dan juga perlu adanya edukasi kepada seluruh elemen masyarakat sebab tidak semua elemen masyarakat yang melek hukum. Dan mungkin yg menonton ILC ini sendiri juga belum tentu semuanya melek hukum apalagi ILC sendiri berada dalam lingkup yang kecil dalam keterbatasan menginformasikan kepada masyarakat karena tidak berada di televisi seperti sinetron2 yg sifatnya khayal dan tahyul yg justru diinformasikan, ditayangkan kepada khalayak ramai sebagai konsumsi publik. Jadi di sini juga ada kecacatan dan kealpaan produk hukum itu sendiri bahwa penginformasiannya sendiri dilakukan secara terbatas seolah untuk kalangan sendiri tapi berlakunya pada semua elemen masyarakat.
    Jadi ya kalau pemberitahuannya hanya terbatas seperti pada kalangan sendiri maka sebaiknya hanya berlaku bagi mereka yang belajar hukum dan tak berlaku bagi seluruh rakyat Indonesia. Jadi karena itu produk hukumnya sebaiknya hanya berlaku bagi sarjana hukum dan linearnya atau bagi para praktisi hukum, tidak bagi seluruh rakyat Indonesia. 😂😂🤣🤣🤣
    Dan selanjutnya,, harusnya juga meskipun produk hukum itu merupakan produk kolektif atau merupakan pekerjaan keseluruhan anggota DPR bukan perorangan tapi sebaiknya tentu bukan oposisi yang sebagai juru bicara DPR karena tentu oposisi itu hanya sebagian kecil. Jadi ini ada kesan cuci tangan atau buang badan dan lepas tanggung jawab dari pihak yg lebih berkuasa dan jangan2 juga ada intervensi dan mungkin ada di sana no pain no gain. Jadi mungkin di sana ada tawaran2 menarik tapi tentu ada tugas yg perlu dilakukan sebab publik secara umum pasti menginginkan kehadiran ketua DPRnya di sana untuk berani membahas produk hukum dengan para komentator dan tentu bersifat objektif apalagi produk hukum itu bersifat mengikat kepada seluruh elemen masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya. Bahkan itu sebenarnya bisa jadi kesempatan dan sebagai ajang kampanye terselubung soal pilpres yang lebih bersifat intelek dan bisa menaikkan elektabilitas ketimbang balihonya mengotori pemandangan di jalan. Jadi sangat disayangkan ketuanya tidak mengambil kesempatan itu untuk kampanye yang lebih elegan dan intelek tapi justru black campaign dengan mematikan mic.
    Dan jangan2 perwakilan partai tersebut takutnya diancam micnya akan dimatikan jika tak mau hadir di ILC mewakili DPR. 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

  • Tabrani 01
    Tabrani 01 2 bulan yang lalu

    RUU KUHP misterius buatan orang pintar untuk membungkam orang cerdas, agar masarakat tidak boleh marah tentang ke busukan yang pejabat publik lakukan kelak.

  • Ulul A
    Ulul A 2 bulan yang lalu

    pejabat minta dihormati? Hidup demokrasi! Hidup mahasiswa! BATALKAN RUU KUHP "MISTERIUS

  • Muh Miftahul Ichsan
    Muh Miftahul Ichsan 2 bulan yang lalu

    ternyata pemerintah punya pekiran sendiri terhadap konsep demokrasi,mungkin ini demokrasi 2.0,berbeda dgn konsep demokrasi pada umumnya yang menjunjung tinggi kebebasan

  • CADAS MENTAL
    CADAS MENTAL 2 bulan yang lalu +4

    Semoga RUU KUHP tentang penghinaan ini tidak terjadi sebab Sangat tidak feer sebab kita Negara Demokrasi
    Salam AKAL SEHAT 🙏🏾
    YT👉👉 CADAS MENTAL

  • Muammad Lutpi Syahputra
    Muammad Lutpi Syahputra 2 bulan yang lalu +2

    Bismillah, Kami Rakyat indonesia bisa memahami Fungsi dan tugas para Penyelenggara Negara / pejabat, Yudikatif , Eksekutif, legislatif ,,,
    Namun Harus di INGAT!!!!!
    Negara ada karena Rakyatnya , jadi Apapun Peraturan nya / kebijaksanaan ya yang di lakukan Pejabat Negara HARUS UNTUK KEPENTINGAN RAKYAT 🇮🇩 Amanah UUD'45 , PANCASILA dan Proklamasi di Semangati SUMPAH PEMUDA "
    JADI JANGANLAH MENG AMPUTASI HAK RAKYAT 🇮🇩 KEWAJIBAN RAKYATLAH UNTUK MENGKRITIK DAN MENEGUR ( DALAM BENTUK AKSI/ DEMO RAKYAT UNTUK KEPENTINGAN BANGSA DAN NEGARA / BELA NEGARA : HUKUMNYA WAJIB!!!!! )
    JADI YANG DI TEGUR , Di KRITIK DAN DI DEMO BUKAN PERSON / PRIBADI PEJABAT!!!
    YANG DI KRITIK ADALAH KEBIJAKSANAANNYA APAKAH ITU BERLAWANAN / BERTENTANGAN DENGAN UUD'45 , PANCASILA, PROKLAMASI DAN SUMPAH PEMUDA ( KARENA NEGARA REPUBLIK INDONESIA ADA HIDUP DAN BERKEMBANG BERDASARKAN AKAN HAL ' HAL ITU SEMUA )
    DAN JANGAN LUPA SEMUA ITU TIDAK ADA SEDIKITPUN MEMASUNG / MENGAMPUTASI HAK ' HAK RAKYAT DIDALAM BERKEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA!!!!!
    JADI JANGANLAH MEMBUNUH HAK ' HAK RAKYAT 🧐🤔☠️ BAGAIMANA KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BENEGARA 🇮🇩 DI MASA DEPAN BILA RAKYAT YANG KEDEPAN KELAK YANG AKAN MELANJUTKAN ' MENGISI DAN MEMBAWA INDONESIA " SESUAI DENGAN CITA ' CITA AWAL DALAM MEMBENTUK SUATU ORGANISASI TERBESAR DI MASYARAKAT YAITU : NEGARA INDONESIA .
    PEJABAT INDONESIA MENDAPATKAN FASILITAS NEGARA BUKAN DARI SEGOLONGAN / SEKUMPULAN ORANG DI INDONESIA !!!
    NEGARA MEMUNGUTI PAJAK DARI UANG RAKYAT SELURUH WARGA NEGARA🇮🇩
    RAKYAT INDONESIA BERHAK!!!!! BERHAK!!!!! HAQ UNTUK MENGKRITIK PEKERJAAN ' KEBIJAKSANAAN DAN KEPUTUSAN
    PEJABAT NEGARA!!!!! ✍️
    INGAT ' INGAT ' INGAT NEGARA REPUBLIK INDONESIA BUKAN BENTUK MONARKI / KERAJAAN / KOLONIALISASI ...... KEWAJIBAN TERBESAR NEGARA HAMPIR DIDOMINASI UNTUK KEPENTINGAN RAKYATNYA !!!!! FAHAAAM 🇮🇩 SADARLAH WAHAI PEJABAT SEMUANYA ITU ADA PERTANGGUNG JAWABAN DIDUNIA DAN AKHERAT ' JANGANLAH SAKITI RAKYAT INDONESIA 🇮🇩
    SEBELUM SEMUA SUDAH TERLAMBAT ()
    Wasallam

  • Andy 1979
    Andy 1979 2 bulan yang lalu

    Tak ada yg sempurna, jika semua nak merasa paling pinte/bener apapun kebijakanya akan sll jadi perdebatan bahkan keributan

  • Bunda Eda
    Bunda Eda 2 bulan yang lalu +1

    Dalam hal ini bang Pigai mencerdaskan pemimpin dan masyarakatnya sht sllu bang

  • Yaqin 0424
    Yaqin 0424 2 bulan yang lalu

    Sangat disayangkan jika presiden akal sehat tidak di undang. Sehat" bang Karni.

  • Reyhan Saputra
    Reyhan Saputra 2 bulan yang lalu

    Udah ketahuan lahhh UU ini di buat oleh siapa dan untuk siapa sert untuk melindungi siapa...
    Bagi saya HARAM Memilih kader kader pemimpin dari PDI P. .

  • Muhamad Ridwan
    Muhamad Ridwan 2 bulan yang lalu +2

    Nih bang Pigai aja pinter dan tajam dlm ber argumen + wawasan nya mantap. Kenapa org istana ga paham dan bodoh dalam menyikapi masalah 😀😀

    • KWAYA CLUB OFFICIAL
      KWAYA CLUB OFFICIAL 2 bulan yang lalu

      Anda kira NP itu pembanding dengan orang istana kah ? Jika demikian anda berkacamata dibalik ya

  • Ba-Widja
    Ba-Widja 2 bulan yang lalu +4

    Mantap bang Pigai

  • Dodi Riyawan
    Dodi Riyawan 2 bulan yang lalu

    Hukum seolah melindungi penguasa dari kritik.

  • MrMustangid
    MrMustangid 2 bulan yang lalu

    Setuju diundangkan agar NKRI santun. Meskipun gak baca dengan judul Vidio ini. UU ini memang harus ada. Mistirius. Siluman atau apapun gak masalah toh yg bahas wakil rakyatnya

  • Olan NSH
    Olan NSH 2 bulan yang lalu +1

    Menhina pejabat dijerat pasal, lah pejabat yg menghina rakyat apa bisa juga di penjara?? Sapa sih sebenrnya yg kasih gaji pejabat??

  • Nayla Izzatul Khaira
    Nayla Izzatul Khaira 2 bulan yang lalu

    Bravo pak Pigai, kami rakyat sudah faham dengan wakil rakyat sekarang, hanya satu yg bisa kami ucapkan buat wakil kami, semoga bersenang senang dengan gaji gede dan fasilitas mewahnya, semoga selamat terima kasih,

  • Sobirun Ruswadi
    Sobirun Ruswadi 2 bulan yang lalu

    Menurut saya penghina berbeda sekali dg pengritik. Kritik diperlukan apalagi yg dilandasi niat baik, sebagai umpan balik agar kekeliruan² (jika ada) tdk keterusan. Tetapi hinaan itu wujud perilaku rendahan dan jahat yg bersifat merusak martabat siapapun yg dihina, apalagi Kepala Negara yg selayaknya kita jaga kehormatannya. Jadi wajarlah penghina Kepala Negara dihukum.

  • ashura
    ashura 2 bulan yang lalu

    Ini yang namanya kepala batu sesungguhnya. Merasa paling benar dan tidak mau mendengar pendapat yang lain. Dan ketika di kasih tau marah2 gak jelas, dasar manusia munafik.

  • Lilik Sunarno
    Lilik Sunarno 2 bulan yang lalu +43

    Nasir jamil makin nglantur dan berputar" ngomongnya..
    Paka Pigai kami salut pada Anda.. 👍

    • Rika Gartika
      Rika Gartika 2 bulan yang lalu

      @Evan Yanitra Nasir Jamil bukannya PKS kan?

    • Sukron Sukron
      Sukron Sukron 2 bulan yang lalu

      Persatuan pedagang bakso seluruh Indonesia( PPBSI) menuntut utk dicantumkan dlm RKUHP pasal yg menghina, melecehkan pedagang bakso dan menghina ras papua bisa dipenjara 5th sperti pasal yg menghina presiden/ aparat negara. My be. Boleh dishare...

    • terong ungu
      terong ungu 2 bulan yang lalu +1

      Terima Kasih Bang Nasir Jamil PKS anda telah memberi pemaparan panjang lebar jelas dari awal sampai akhir. Topiknya RUU KUHP.
      memang butuh kecerdasan untuk menyimak apa yang disampaikan dipaparkan. Hebat !

    • Evan Yanitra
      Evan Yanitra 2 bulan yang lalu

      @Daniel saya curiga untuk setiap perancangan UU, anggota dewan bukan lagi perwakilan rakyat, tapi perwakilan ketum/parpol.
      ketum2 selalu ingin mendapat jatah eksekutif, untuk membiayai partai.
      sangat besar kepentingan ketum2 untuk menggolkan pasal yg menakuti rakyat. sehingga tidak ada whistle blower atau kritik terhadap kinerja mereka yg buruk di eksekutif, dengan dalih penghinaan. dengan begitu basis suara mereka aman.
      jadi apapun partainya dalam kondisi sekarang, membungkam rakyat adalah pilihan paling ekonomis.

    • Daniel
      Daniel 2 bulan yang lalu

      biasanya nasir jamil ini sehat akalnya kok sekarang jadi begini..

  • MEDIA INSPIRATIF
    MEDIA INSPIRATIF 2 bulan yang lalu +3

    Terimakasih pak prof atas penjelasannya.. semoga Pejabat Pemerintah sadar diri

    • jay saloko
      jay saloko 2 bulan yang lalu +1

      Republik ini "Rindu" sosok seperti Beliau - Beliau ini ....
      Afateha utk Para "Pejuang" Hukum
      (Alm) Bpk Prof. Dr. H. Baharuddin Lopa, S.H.
      (Alm) Prof. Dr H Muladi SH

  • Sinar Purnama
    Sinar Purnama 2 bulan yang lalu +15

    Tanda kegagalan pemimpin sebuah negara adalah ....membuat aturan yg membatasi rakyat nya untuk bicara , kalau g mau di kritik di kritisi ya udah g usah jadi pejabat publik ... Aneh .... Apa semua rakyat suruh manut2 saja kalau kebijakan2 yg akan di ambil oleh para pejabat itu se enak nya sendiri & hanya menguntung kan diri nya sendiri kelompok & golongan nya .

    • adi ruslan
      adi ruslan 2 bulan yang lalu +1

      @TheWisnu7 DI judul tulisan gede gede.kalau kritik boleh lah siapa yg larang..yang di diskusikan kan tentang penghinaan.
      gak bisa bedakan kritik sama menghina.

    • TheWisnu7
      TheWisnu7 2 bulan yang lalu

      Bener. Jadi pejabat publik kerja gk bener gk mau dikritik ya udah jadi petani aja. Gak bakal diprotes sama taneman. Mau dipupuk atau enggak gk bakal mereka demo.

    • Andy Nurcahyo
      Andy Nurcahyo 2 bulan yang lalu

      @Sinar Purnama rakyat hanya bs mengeluh dan ngritik az om..kalopun ngritik gx boleh yaw berati uda mulai ada yg gx beres.. Apapun pemerintah yg menang om...intelegen,MK, MA,media mereka pny semuanya tunduk oleh penguasa dan uang... Buruh kecil rakyat kecil kaya saya2 ini mah yaw bs apa om... Mung ngelus dada aza... Yaw sm2 berdoa aza om untuk Indonesia... Supaya rukun cerdas dan bersatu. Amin.moga jd berkah jd Kita semua

    • Sinar Purnama
      Sinar Purnama 2 bulan yang lalu

      @Andy Nurcahyo kalau mereka tetep ngotot juga ..... Rakyat juga bisa bikin aturan donk siapa pun pejabat nya yg ngomong hoak seperti big data kemarin .... Seperti ekonomi meroket tapi fakta nya nyungsep dll ... Janji2 kampanye g terpenuhi ...langsung mundur & masuk bui minimal 5 tahun .... Sodor kan ke DPR suruh ngesah kan ...kalau g mau ngesah kan Pampang di seluruh jlan & gedung2 pemerintahan ......tinggal seret saja kalo ada pejabat yg sperti itu. ...... ... Lah mereka2 bikin hoax yg menimbulkan ke onaraan saja ..... G ada yg Mroses giliran ....rakyat kecil ....coba kalau situasi yg di timbulkan seperti hoax big data kemarin pasti dah masuk bui .......

    • Andy Nurcahyo
      Andy Nurcahyo 2 bulan yang lalu +1

      Sangat s7.... Om mreka buat aturan sendiri rakyat harus tunduk dgn k inginannya... Kalaupun negara baik2 saja rakyat gx akan mengeluh dan mengritik yg tidak2... Semua makin suram dan mencekik rakyatnya sendiri... Serasa dijajah negara sendiri oleh penguasa.. Moga rakyat Indonesia makin cerdas sehat dan bersatulah Indonesia. Amin..

  • Yusuf Ahmad
    Yusuf Ahmad 2 bulan yang lalu

    Nanti yang mengesahkan UU KUHP termasuk anggota DPR yang membahas UU KUHP cepat cepat pada meninggalkan kita selamanya karena kerjaan mereka cuma bikin gaduh rakyat semesta

  • Joints Walukouw
    Joints Walukouw 2 bulan yang lalu

    Jangankan di hina di lengserkan pejabat manapun dlm prinsip demokrasi itu masih normal demi kemajuan bangsa

  • Sukarna Bin Ismail
    Sukarna Bin Ismail 2 bulan yang lalu +1

    Kejernihan ungkapan bp Natalius pigai sesuatu contoh intelektual yg berani jujur

  • uthe yahya
    uthe yahya 2 bulan yang lalu

    Masyarakat sudah mempercayakan kepada wakil rakyat untuk memperjuangkan kepentingan rakyat.tapu pada faktanya sudah menjabat malah peeaturan atau UU yg di buat untuk mengekang kebebasan publik dalam mengontrol kekuasaan

  • anasakurashoolsimulator ofisicial

    hidup rakyat Indonesia NKRI harga mati,,,,oligarki cepatlah mati