Tap to unmute

Soal Tendang Sesajen, Ini Kata Abi Quraish Shihab | Shihab & Shihab

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 12 Jan 2022
  • Video sesajen yang ditendang dan dibuang oleh seseorang di kawasan Gunung Semeru, masih terus menjadi perbincangan hangat para netizen. Sebagai seorang muslim, apakah tindakan itu dibenarkan? Bisakah aksi pria tersebut disamakan dengan kisah Nabi Ibrahim saat menghancurkan berhala-berhala milik Raja Namrud?
    Begini kata Abi Quraish Shihab dalam merespon perbuatan tersebut.
    Simak penjelasan lengkapnya di Shihab & Shihab episode "Penghormatan bukan berarti Persetujuan".
    (Narasi)
    Jangan lupa subscribe, tinggalkan komentar dan share.
    Tonton konten lainnya juga di IDclips Channel:
    - Narasi bit.ly/SubscribeIDclipsNarasi
    - Narasi Newsroom bit.ly/SubscribeNarasiNewsroom
    Jangan lupa subscribe yaa..
    Follow:
    najwashihab
    NajwaShihab
    najwashihabo...

Komentar • 13 598

  • JENDELA DUNIA
    JENDELA DUNIA 7 bulan yang lalu +648

    Bagus sekali penjelasannya... Ternyata Tuhan juga membolehkan dalam bertoleransi agar tetap menghargai kebebasan dalam berkeyakinan.
    semoga panjang umur dan tetap berkah untuk Quraish Syihab dan keluarga...

    • Karyawan
      Karyawan 6 bulan yang lalu

      @amir chaesar kenapa harus melawan orang yang tidak tau arah,

    • Indonesia 2424
      Indonesia 2424 6 bulan yang lalu

      Nice' respon!

    • Maher Hamid
      Maher Hamid 6 bulan yang lalu

      @amir chaesar Islam bukan hanya di bela dengan koar koar, tapi dengan hati dan menyebarkanya dengan memberi contoh kebaikan Islam, bukan malah menunjukkan sikap sperti Preman, ya orang malah pada takut dengan Islam.

    • Irfan afandy
      Irfan afandy 6 bulan yang lalu

      @amir chaesar
      Klw ada islam radikal dsni.
      Mka orang2 sprti tu perlu d basmi.

    • Takut Futur
      Takut Futur 6 bulan yang lalu

      @JOE Syah Saya Ahlusunnah wal Jamaah.

  • Rudi Hermawan
    Rudi Hermawan 6 bulan yang lalu +22

    Saya seorang muslim tentunya sangat terharu dan semakin yakin dgn islam...mudah"an abi sehat" selalu..

  • Sudian Syah
    Sudian Syah 6 bulan yang lalu +11

    MasyaAllah... Inilah ajaran Islam yg sesungguhnya. A... Saling toleransi beragama.. Sehat selalu buat abi, panjang umur, amin

  • alexlionel Mauwa
    alexlionel Mauwa 6 bulan yang lalu +19

    Sy Kristen, tp udah dr dlu Sy ngefans beliau krna ilmu dan wawasannya yg luas 🙏🙏🙏🙏

  • Ibas Official
    Ibas Official 6 bulan yang lalu +102

    Ini yg namanya Islam Sejati, beliau telah menjelaskan yg sebenarnya dalam ajaran Agama Islam sesuai dalam isi Al Qur'an...semoga Beliau / Abi Qurays Shihab selalu dalam Lindungan Alloh SWT, ...

    • Djoko Santoso
      Djoko Santoso 6 bulan yang lalu

      @Putra Minangkabau tadi sdh dijelasksn olh abi qurais madih kurang paham, atau paham nya yg gagal

    • Erik Jovian
      Erik Jovian 6 bulan yang lalu

      Liat hati bung jangan liat luarnya...bego amat lhuuu

    • Putra Minangkabau
      Putra Minangkabau 6 bulan yang lalu

      Org nendang sesajen itu sudah sesuai dalam alquran.
      Contohnya nabi ibrahim hancurkan berhala

    • Nishinta Channel
      Nishinta Channel 6 bulan yang lalu

      @bucin pekok anda salah satu orang yang menuhankan islam. bukan islam dijadikan agama, ageman atau tuntunan untuk mendapatkan karunia dan ridho dari tuhan (allah swt). al-qur'an bertuliskan arab penilaian anda eksklusif hanya diperuntukkan untuk bangsa arab? karena itu menurut anda tradisi hijab/burqa/cadar yg notabene berasal dari arab itu lebih mulia dari yg lain? hijab itu hidayah mas, tapi menutup aurat itu wajib. titik

  • Robbie Robbie
    Robbie Robbie 7 bulan yang lalu +754

    Saya Non Muslim .. mendengar penjelasan dari Prof Quraish Shihab, saya melihat Islam itu damai .. rindu di masa dulu dimana kita beragama saling memghormati .. Sehat terus ya Prof Quraish Shihab 🙏😇

    • NS Pardidu
      NS Pardidu 6 bulan yang lalu

      @bucin pekok anda siapa bisa mengukur keimAnan seseorang, salafi dan wahabi mmg tdk cocok berdampingan dg ummat lain

    • Wahyu Wahyu
      Wahyu Wahyu 6 bulan yang lalu

      @Rapsodi - JKT48 👍👍👍

    • Wahyu Wahyu
      Wahyu Wahyu 6 bulan yang lalu

      @Martabe 82 👍👍👍

  • Nurlaila sofia
    Nurlaila sofia 6 bulan yang lalu +50

    "Menghormati bukan berarti setuju"
    Hati rasanya jadi adem, sehat selalu abi dan keluarga Shihab ☺

    • Muhammad Nur
      Muhammad Nur 3 bulan yang lalu

      @bucin pekok Silakan basa ayat ttg kain kudung dan jilbab dlm Al Qur'an. Apakah anda menemukan penekanan/kewajiban di ayat tsb? Allah berkata: "yg demikian lbh baik bagi mereka agar mereka lbh mudah dikenal", di ayat lain "agar mereka tdk diganggu" pd kondisi masa itu (lihat sebab turunnya ayat tsb).
      Ada 2 pokok yg bisa kita dapat dr ayat tsb: 1. Ada konteks masa itu (sebab turun ayat).
      2. Memakai jilbab dianjurkan sekali oleh Allah tp tdk pd level wajib.
      Senada dgn ayat ttg Allah memerintahkan jika kita melakukan utang piutang, kata Allah: "tulislah...", bahkan hadirkan saksi. Berarti kalau setiap perintah/anjuran Allah bersifat wajib, maka anda berdosa jika minjam uang saudara utk beli minyak motor tp tdk dicatat dan ga ada saksi. Apa anda setiap melakukan hutang piutang sekecil apapun selalu dicatat?
      Terakhir, salah satu tugas para rasul adalah tablig yaitu "menyampaikan", bukan "mencela" ataupun "memaksa".

    • Ilyas Rahman
      Ilyas Rahman 6 bulan yang lalu +1

      @bucin pekok 🙄🙄🙄 apa itu urusan lu? Just mind ur own business

  • Peter Leonardo
    Peter Leonardo 6 bulan yang lalu +15

    Bnr2 luar biasa penjelasan beliau.. Sbg seorg mualaf saya sgt bangga mendengar nya

  • Mahendra Krisna TV
    Mahendra Krisna TV 6 bulan yang lalu +6

    Saya orang katolik sangat respect, salut sama habib. Kata katanya tenang tapi mendalam. Semoga semakin banyak orang orang yg sepemikiran sama habib. Sehat sllu bib.

  • doni punakawan
    doni punakawan 6 bulan yang lalu +11

    Jazakumullah Khoiron Katsiron,🙏. Sejuk sekali penjelasannya, semoga Negeri ini kembali Harmonis dan Damai antar umat beragama & beragam kebudayaan. Aamiin Ya Rabb

  • fatima jauhari
    fatima jauhari 7 bulan yang lalu +1048

    Ini baru opini Agama. Saya selalu terharu mendengar respon Islam dari dawuh Habib Quraish. Saya makin mencintai agama Islam, dari sudut pandang beliau. Dari beliau, saya memahami Islam jauh lebih memberi rahmat, welas asih dan toleransi yang mendalam sekali, 💖💖💖💖💖

    • hendrykurniawan613
      hendrykurniawan613 5 bulan yang lalu

      Narapida bisa maen tik tok dalam penjara Lembaga pemasyarakatan /Penjara idclips.com/video/4KZvjgR8l-k/video.html

    • Wawan Sarwani
      Wawan Sarwani 6 bulan yang lalu

      Toleransi itu penting ya pak

    • Aditya Mila
      Aditya Mila 6 bulan yang lalu

      Kok ustad² online yg dikit² suka mengkafirkan org lain ngga malu ya sama abi

    • A Sanz
      A Sanz 6 bulan yang lalu

      @Jarwo Doso dan diatas mas nya jg tanya apakah ini fair? Y kita liat saja d masyarakat kn ad pro kontra tntg ini, bahkan org islam sendiri pun banyak trnyta yg berpandangan bhw tindakan pelaku nya salah, termasuk bapak dan ibu dlm konten channel youtube ini. Brrti intinya secara proses, ini kn sudah fair atau adil. Hukum kn jg fungsinya sbg payung atau jembatan untk mngatasi perbedaan pandangan itu. Dan selain itu pelakunya sndiri pun saat ditangkap jg minta maaf. Yg mana itu artinya dia mengakui dirinya salah, baik itu salah krn menendang sesajen atau salah krn telah membuat org tersinggung krn tindakannya. Intinya kn bukti video ada, subjek nya ada, objek nya ada, yg tersinggung ada, yg melaporkan ada, diproses polisi, dan subjeknya mengaku salah. So, it's clearly fair.

  • Rony Atmaja
    Rony Atmaja 6 bulan yang lalu +11

    Adem, lugas, tuntas. Terimakasih atas wawasannya bapak Shihab. Semoga kita sebagai umat beragama bisa saling menghormati antara satu sama lain.

    • Green_living 🍃
      Green_living 🍃 6 bulan yang lalu

      Moga saja tradisi ritual yg dipantai kemarin itu juga dibahas sama abi

  • jack chen
    jack chen 6 bulan yang lalu +5

    memang beliau ini salah satu pemuka agama terbesar Indonesia di zaman ini, pengetahuannya luar biasa.. pemahamannya sangat mudah dicerna.. dan sama sekali ga menumbulkan kontroversi.. karena pemahamannya itu sangat berdasar.. beliau menjelaskan Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad di konteks modern dengan sangat mudahnya...

  • Ahmad Ghonie1987
    Ahmad Ghonie1987 6 bulan yang lalu +6

    (MENGHORMATI) itu kalimat yg harus kita pakai dlm hidup yg bertoleransi. Krn menghormati bukan berarti kita menyetujuhi. Luarrr biasaaaa

  • Hikam On
    Hikam On 6 bulan yang lalu +1

    Masya Allah, penjelasan yang sangat mudah dipahami dan penuh makna

  • Angga Erdia Putra
    Angga Erdia Putra 6 bulan yang lalu +285

    "menghormati bukan berarti kita setuju"...masya allah itu kata sangat penting di dalam toleransi beragama di indonesia

    • Kadek Eka
      Kadek Eka 3 bulan yang lalu

      Pada kesurupan jin Arab hanya karena, sajen. Hahaha

    • Arjhey Mahajaya
      Arjhey Mahajaya 5 bulan yang lalu

      Awas toleransi beda tipis dengan telor asin brader..Liberal dan pluralisme memang ngaco

    • Loldd
      Loldd 6 bulan yang lalu +2

      @bucin pekok siap si paling paham

  • Mories Deo
    Mories Deo 6 bulan yang lalu +4

    Sehat" ya Abi, saya pusing liat orang" yg ngaku" paham Islam tp tidak seteduh Abi, panjang umur ya Abi.

  • Antoni Dani Wijaya
    Antoni Dani Wijaya 6 bulan yang lalu +3

    Profesor memang cendikiawan sejati...semakin tinggi ilmu, semakin bijak

  • Soxestra
    Soxestra 6 bulan yang lalu +1

    Jarang sekali mendengar seorang Priyayi menyuarakan ilmu nya… Sehat selalu Abi 🙏🙏

  • pecihitam official
    pecihitam official 5 bulan yang lalu +1

    "Sebesar apapun dosa seseorang, tidak ada yang berhak menghalangi rasa cinta hamba pada Tuhannya, meski cara yang digunakan untuk menunjukkan rasa cinta itu terasa aneh di mata kita." GUS BAHA

  • PMT Channel
    PMT Channel 6 bulan yang lalu +287

    Saya seorang katolik, tp saya merasakan kesejukan, kearifan, kebijaksanaan dan hikmat yg mendalam dr setiap tutur kata dan bahasa dr Beliau ini.. semoga semakin byk Tokoh dan Ulama yg spt Beliau ini.. salam hormat buat Prof. Quraish Shihab..

    • Djoko Santoso
      Djoko Santoso 6 bulan yang lalu

      @Blueberry mantap setuju

    • Kyori Kusagami
      Kyori Kusagami 6 bulan yang lalu

      Saya bukan orang katolik pun merasa sejuk dengan ceramah pak Quraish 👍👍

    • Neuro Oracle
      Neuro Oracle 6 bulan yang lalu

      @bucin pekok ha ha ha hijab itu budaya broo ..gagalnya dimana ? buktinya toch sang anak bisa mandiri .. menghormati gak harus setuju ya gak sob ..

    • Blueberry
      Blueberry 6 bulan yang lalu

      @Umma Channel emang, tapi kita ga bisa maksa seseorang untuk berhijab kan?

  • Mas Dic87
    Mas Dic87 6 bulan yang lalu

    Subhanallah.. rindu dg beliau² yang punya wawasan/ilmu sperti ini 🙏🥰

  • Pak Rully
    Pak Rully 6 bulan yang lalu +2

    Sungguh mulia dan ilmu yg mumpuni.. ini baru habaib yg menyejukan damai.. paham dan ilmu tingkat tinggi..

  • DUNIA SPORT1212
    DUNIA SPORT1212 6 bulan yang lalu

    "Penghormatan bukan berarti persetujuan"keren kata2 sehat terus prof 🙏🙏

  • Tri Hedy Indrayana
    Tri Hedy Indrayana 6 bulan yang lalu +19

    saya orang Kristen pun sangat senang mendengarkan penjelasan dari Abi Shihab ini, pencerahannya membuat hati jadi adem, bukannya membuat perpecahan antar umat beragama seperti YW, UAS, dan kawan kawan itu, jika seluruh penceramah di Indonesia bisa seperti Abi Shihab ini pasti Indonesia jadi negara yang aman dan toleransinya sangat tinggi..
    saya sangat setuju dengan penjelasan Abi Shihab, "peraturan yang khusus untuk di Mekkah tidak boleh dibawa ke Indonesia",, walaupun saya kristen, tetapi saya sangat menghargai umat islam apabila menyampaikan ceramah yang menyejukkan hati.. SALAM TOLERANSI

    • Tri Hedy Indrayana
      Tri Hedy Indrayana 6 bulan yang lalu

      @Rinba outdoor and Adventure mohon maaf sebelumnya..
      jika anda bertanya kenapa saya tidak suka dengan UAS..
      lebih tepatnya, saya bukan tidak suka dengan orangnya, tapi saya tidak suka dengan ajarannya..
      UAS mengatakan bahwa di Salib ada jin kafir, bagi iman kekristenan, Salib itu adalah lambang suci bagi umat kristen dan ada makna pengorbanan di dalamnya.. dan UAS juga di dalam ceramahnya juga memprovokasi dan beliau mengatakan "barang siapa tidak ikut ISIS, maka dia adalah termasuk orang kafir, ISIS itu baik" ujar beliau..
      saya rasa itu adalah bentuk provokasi kepada umatnya untuk menciptakan perpecahan antar umat beragama di Indonesia..
      seperti ustad Kaimana pun begitu, dia di undang ke berbagai tempat isi nya cuma memprovokasi dan menyampaikan kekristenan dengan cara tidak benar, dan tidak sesuai dengan kekristenan itu sendiri, ustad kainama bilangnya dari kristen, dia bilang lulusan S1 di STT, S2 di Leiden belanda, S3 di Haifah IsraEl, ternyata setelah diselidiki dia tidak pernah terdaftar di gereja mana pun, beliau bilang pernah belajar di STT ternyata ijazahnya pun tidak ada, dan itu terbukti memang tidak ada ijazah tapi dia masih diberikan panggung disana-kemari..
      menurut saya ustad yang seperti UAS, KAINAMA, dan kawan² ini haruslah mendalami agamanya sendiri dan menyampaikan pesan moral yang baik..
      btw, sekalipun saya juga belajar tentang islam, tapi saya tidak menyerang siapapun..
      seperti yang Abi Quraish Shihab katakan "kita menghargai bukan berarti menyetujui"

    • Rinba outdoor and Adventure
      Rinba outdoor and Adventure 6 bulan yang lalu

      Bisa dijelaskan om kenapa tdk suka uah,ad perkataan beliau yg mengganggu 🙏

    • Tamrin Ode
      Tamrin Ode 6 bulan yang lalu +2

      @bucin pekok jangan jadi provokasi bung.. Saya rasa anda di beri akal yg sehat oleh Allah untuk anda berpikir sebelum bertutur kata.

    • Tri Hedy Indrayana
      Tri Hedy Indrayana 6 bulan yang lalu

      @bucin pekok Saudaraku... aku sama sekali gak kepanasan, aku biasa aja..
      aku gak menyembah tiga Tuhan..
      Tuhan ku tetap satu..
      kami orang-orang kristen, bukan nasrani seperti yang tertulis di Al-Qur'an mu..
      aq juga belajar Al-Qur'an mu dan nasrani di dalam al-qur'an mu memang menyembah tiga sosok, tapi orang Kristen tidak pernah menyembah tiga Tuhan.. hanya ada satu Tuhan dalam kekristenan..
      jadi Nasrani dan Kristen itu berbeda, saudaraku..
      sebelum anda menghakimi iman saya, alangkah baiknya anda juga belajar kekristenan agar anda gak salah paham tentang keimanan kami.. belajarlah agar memiliki banyak ilmu..

  • Ivan 'kecenk' Afifudin
    Ivan 'kecenk' Afifudin 7 bulan yang lalu +190

    Walaupun non Muslim, tapi dari dulu senang bgt dengerin ceramah dari Prof Quraish Shihab... Jauh bgt dri kebencian dan perpecahan, sehat selalu prof... GBU 🙏☺️

    • Anung
      Anung 6 bulan yang lalu

      @Felix Taylor @bucin pekok sepertinya dia memang tidak sehat

    • Ivan 'kecenk' Afifudin
      Ivan 'kecenk' Afifudin 6 bulan yang lalu

      @Dewioktarini Setianingsih saya nasrani, tapi ayah saya muslim, jdi marga memang ikut ayah 😁🙏

    • Ivan 'kecenk' Afifudin
      Ivan 'kecenk' Afifudin 6 bulan yang lalu +1

      @Daisy iya marga dari ayah... Ayah saya muslim 😁🙏

    • Suwardi
      Suwardi 6 bulan yang lalu +1

      Namamu islami banget

    • Bimbel Pak Tomo
      Bimbel Pak Tomo 6 bulan yang lalu

      @Felix Taylor tahu nggak artinya pekok itu apa?

  • Fendy Chen
    Fendy Chen 6 bulan yang lalu +5

    Subhanallah ...Gemeter dan berlinang air mata ku .mendengar semuaa yang dijelaskan habib quraish shihab..
    😭

  • Ani Ributiani
    Ani Ributiani 6 bulan yang lalu

    Sungguh sejuk mendengarnya semoga masih banyak orang yg seperti. Beliau 🙏🙏👍👍

  • Jelemo negaroa
    Jelemo negaroa 6 bulan yang lalu +2

    semakin tinggi spiritual seseorang semakin bs menerima perbedaan ini contoh bpk qurais shihab yg bs berfikir jernih menerima perbedaan.top bngt.

  • Haryanti Setyo Utami
    Haryanti Setyo Utami 6 bulan yang lalu +1

    Islam yang sesungguhnya ya beginilah penuh kesejukan kedamaian...saya muslim tmbah ikut adem mendengarnya... sehat slalu abi panjang umur...trimakasih ats penjelasanya bikin kita lebih rukun lebih menghargai keberagaman di negri ini..

  • Nika Monica Monic
    Nika Monica Monic 7 bulan yang lalu +30

    Saya Kristen,tapi saya sangat suka penjelasan bapak ini,semoga bapak selalu sehat.

  • randy irawan
    randy irawan 5 bulan yang lalu +3

    Jadi inget jaman2 puasa kalau nunggu buka lebih milih denger Qultumnya Abi Quraish Shihab.. Panjang umur & sehat selalu buat abi & keluarga🙏🏻

  • Wisanggeni chanel
    Wisanggeni chanel 6 bulan yang lalu

    *Menghormati bukan berarti setuju* kata2 yang sangat toleransi..❤

  • Kaulone Gusti
    Kaulone Gusti 6 bulan yang lalu +1

    Mantap habib qurasy sihab, semoga sehat selalu, aamiin

  • bagjaize
    bagjaize 6 bulan yang lalu

    Alhamdulillah, sejuk sekali mendengarkan Abi menjelaskan hal tersebut... Barakallah abi...

  • made ratminingsih
    made ratminingsih 7 bulan yang lalu +535

    Saya beragama Hindu, tp setiap saat sy mndengar penjelasan atau pencerahan Prof Quraish sy sll mengaguminya, sangat menenangkan. ❤️🙏

    • Kurnain Em. Iqbal
      Kurnain Em. Iqbal 7 bulan yang lalu

      @Febri anti emangnya nya penjaga alam ini butuh gituan😁😁😁 mendingan elo bagikan pada pamily yang memerlukan di banding .di telantarkan kawan.kalu mau kasih sesajian elo taruh saja di kamar kamu dan di niatkan untuk apa,siapa tau itu naruh ditanah nya si penendangan 🙏🙏

    • Yosi Andy
      Yosi Andy 7 bulan yang lalu

      @BIRO ARSITEK wkwkwkw iya itu sok tau @bucin pekok

    • BIRO ARSITEK
      BIRO ARSITEK  7 bulan yang lalu

      @Yosi Andy susah dikasi mengerti "kadrun" @bucin pekok

  • Pojok Aswaja
    Pojok Aswaja 6 bulan yang lalu

    Bahasa orang berilmu sangat mudah difahami dan dicerna..
    Sehat selalu Habib Quraish Syihab.. 🤲

  • Putra Isa Ramadhan
    Putra Isa Ramadhan 6 bulan yang lalu +1

    saya sampe menangis, MASYA ALLAH, terlalu keren ini konten

  • Ruslan Alamsyah
    Ruslan Alamsyah 6 bulan yang lalu +7

    kedamaian beragama sangat terasa dari tiap makna ucapan abi,,

  • made jaya
    made jaya 6 bulan yang lalu +1

    Sehat selalu Abi Qurasih...penjelasan beliau sangat menyejukan. Mari saudara” kita bergandengan dlm perbedaan 🙏

  • Puspa Bali
    Puspa Bali 7 bulan yang lalu +345

    Saya Hindu apa yg disampaikan oleh Abi sungguh menyentuh inilah isi kitab suci sesungguhnya krn saya juga sering baca Bhagawad Gita jdi sangat mudah menangkap pesan beliau dan harapan saya semoga banyak tokoh2 agama baik dari Hindu ,Buddha, konghucu,kristen muncul membawa pesan damai krn sesunggunya kita ini satu saudara umat manusia yg membedakan kita hanyalah level kesadaran ....bagi siapapun yg mendalami agama dg benar ,ihklas akan memperoleh berkah kesadaran spt beliau ....bila kita mencintai Tuhan perlakukanlah dg baik ciptaanNYA ...salam hormat buat Abi ....Namaste 🙏🙏🙏

    • Indonesia 2424
      Indonesia 2424 6 bulan yang lalu

      Great !

    • RAJAB Hatta
      RAJAB Hatta 6 bulan yang lalu

      Kata kunci kedamaian KALAU KITA MENCINTAI TUHAN MAKA PELIHARALAH DENGAN BAIK CIPTAAN NYA 👍👍👍👍

    • Muhammad Alfatihah
      Muhammad Alfatihah 6 bulan yang lalu

      @Maya J 23 sebagai se'orang muslim wajib menghormati & menghargai keyakinan orang lain.
      Tapi jangan sampai kebablasan.
      Ada batasan batasan nya.
      Perlu di pertegas saya bukan mengaku Islam.
      Karena saya asli Islam enggak ngaku2.
      Konghucu bukan Kong Fu.

    • Muhammad Alfatihah
      Muhammad Alfatihah 6 bulan yang lalu

      @Maya J 23 kan saya tanya kenapa jadi ngebacot😂😂😂.
      Saya tanya agama anda apa??.
      Emang salah???.
      Soalnya hanya orang Islam yang butuh di rukyah dan percaya sama rukyah.
      Kalo anda kafir ya wajar anda tidak percaya dan saya tau itu...
      Karena banyak temen2 aku yang kafir ada Kristen dan Hindu.
      Bukan Sombong karena sombong itu sifat Tuhan???
      Hanya Tuhan yang berhak sombong.
      Kalo boleh tau tempat salah saya di mana ya???

    • Maya J 23
      Maya J 23 6 bulan yang lalu

      @Muhammad Alfatihah gue ngga ada ngeluarin maki makian ya, lo duluan yang nyentil gue ngatain ada jin di badan gue lah, ruqyah lah sambil ketawa tawa nyinyir.
      Ketika gue bela diri, lo langsung merasa paling tersakiti. KOCAK TAU GA.
      sama aja kayak yg nendang sajen.
      Lo acak acak keyakinan orang lain, tapi apa lo sendiri mau lagi sholat ditendang??
      MAU??

  • Nerinyul
    Nerinyul 6 bulan yang lalu +2

    Adem ngliatnya... Inilah yg bikin Indonesia maju.

  • Haikal Khan
    Haikal Khan 6 bulan yang lalu

    Subehanallah,,, banyak pelajaran yang bisa di ambil dari penjelasan beliau,,, semoga beliau selalu dalam Lindungan Allah SWT,,, amin

  • SALAM LOR majelis
    SALAM LOR majelis 6 bulan yang lalu +2

    Subhanallah....penjelasan sangat sangat mudah di pahami bagi saya yg awam akan agama...
    I love Abah ....

  • Wildan 01 gaming
    Wildan 01 gaming 6 bulan yang lalu

    Semoga pak kyai Quraish sehat2 slalu.amiin 👍

  • Abdul Hakim
    Abdul Hakim 7 bulan yang lalu +249

    Sangat jelas …. Dan sangat mudah di mengerti penjelasan dari pak Prof …. Semoga sehat dan selalu dalam lindungan Yang Maha Kuasa 👍🙏🙏🙏

    • bucin pekok
      bucin pekok 7 bulan yang lalu

      sesajen hanya untuk setan...dan pesugihan..mana ada dalam.islam sesajen...wajib hukumnya bentuk kesyirikan dimusnahkan..
      Pemuda yg menendang sesajen....itu pemuda yg beriman
      Hjkj8yh4

    • Vbjjbshz Vbjjbshzs
      Vbjjbshz Vbjjbshzs 7 bulan yang lalu

      Eh

    • Cahya Na
      Cahya Na 7 bulan yang lalu

      Orang islam wajib bangga ada profesor yg cerdas, pintar paham agama sangat bisa ditauladani bersikap hidup beragama tolerensi yg benar. Contoh panutan yg luar biasa. Tetap sehat bpk Shihap

    • masrum saripin
      masrum saripin 7 bulan yang lalu

      Aamiin

    • Harsono Joss
      Harsono Joss 7 bulan yang lalu +2

      Trimakasih membantu pemahaman. Semoga kita membiasakan dan menjunjung nilai sosial ditengah kebhinekaan

  • Apin Tralala
    Apin Tralala 6 bulan yang lalu +2

    Adem dan damai penjelasan dari Abi…Sehat selalu bi🤲🏻🤲🏻🙏🏻

  • Alka Lika
    Alka Lika 6 bulan yang lalu

    Masya Alloh pantas di gelar prof,kearifanya dlm tutur kata pnuh ilmu

  • Miswanto Kenol
    Miswanto Kenol 6 bulan yang lalu

    Inilah contoh perkataan orang yang bijaksana dan rendah seperti Abi, sehat 💪 selalu aamiin

  • Hendro Setiawan
    Hendro Setiawan 6 bulan yang lalu +1

    Semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan kepada Beliau agar fatwa-fatwa nya memberikan pencerahan dan kedamaian aaamiin

  • Agus Putu
    Agus Putu 7 bulan yang lalu +1333

    Saya orang hindu,ini penjelasan yang dijelaskan sama orang pinter wawasan luas,sehat selalu abi🙏🙏

    • Kukuh Suroyo
      Kukuh Suroyo 24 hari yang lalu

      @Dnd dnd bukan om biasanya orang itu Waya ,putu.kadek dsb..Hidayah itu biasanya Muslimah/icewek islam😄😄

    • Rosi Andreas ♾
      Rosi Andreas ♾ 5 bulan yang lalu

      @Andi sultan alauddin toleransi aja vrohhhhh...semoga km yg dpt hidayah utk tdk nyinyir dr agama lain.....

    • dr. Adiany Adil
      dr. Adiany Adil 6 bulan yang lalu

      @anwar samsi Jelas..
      Tergantung orang tuanya, sebab masa aqil baliqh, dijalani bersama dengan orang tuanya...
      DENGAN HARAPAN SETELAH AQIL BALIQH, GUNAKAN MODAL DASAR DARI ORANG TUA UNTUK MEMILIH HIDUP
      TETAP BERAGAMA/BERISLAM/BERAJARAN TUHAN
      apa
      Murtad
      Gak beragama lagi, gak berIslam lagi, gak berAjaran Tuhan lagi...

    • dr. Adiany Adil
      dr. Adiany Adil 6 bulan yang lalu

      @anwar samsi Makanya saling mengenal walau beragam suku, ras, bahasa, bangsa, warna kulit, dll. PERBEDAAN

    • Anwar Hamudu
      Anwar Hamudu 6 bulan yang lalu

      @Bali Ketut jangn samakan Agama dgn nusantara karan Agama ya agama begitu juga sebaliknya nusantar tetp nusqntara tapi kalu mau gbungkan Agama yg ada di nusantara ini itu sah"saja asal jangan islam nusantara.

  • Mu'ali Cahyo Widodo
    Mu'ali Cahyo Widodo 6 bulan yang lalu +1

    Inilah ISLAM yang sesungguhnya damai, berdakwah dengan ilmu

  • Kasma Wita
    Kasma Wita 6 bulan yang lalu

    Semoga petinggi2 islam bisa memberikan pencerahan seperti abi yg bisa mempersatukan umat beragama diseluruh republik ini 🤲🤲👍

  • Angga Kurniawan
    Angga Kurniawan 6 bulan yang lalu

    Nah ini adem, ilmunya jelas, wawasannya luas dan mudah dipahami...sehat selalu Abi

  • Udin Casrudin
    Udin Casrudin 6 bulan yang lalu +4

    smga Allah SWT berkahi slalu beliau beserta keluarga.salam ta"zhim dan Takrim buat beliau dari saya mewakili RMI NU PC Jaktim.

  • Jepret Lewat
    Jepret Lewat 7 bulan yang lalu +683

    Saya seorang Kristen pun mendengar pencerahan sangat damai.. Semog NKRI selalu di berikan kedamaian..

    • sandi ardhiansyah
      sandi ardhiansyah 6 bulan yang lalu

      @bucin pekok.... Ternyata km orangnya yg nendang sesaji itu, istighfar tonk!!!.... Bikin rusuh ae loh, disetiap komen ada😌

    • fauji vc
      fauji vc 7 bulan yang lalu

      @alazkaaa2 lebih jelasnya belajar sejarah indonesia sebelum islam datang
      Indonesia lbih dulu memgang agama hindu
      Dan di agama hindu lbih mengajari kita toleran,dan kasih syang alam

    • bucin pekok
      bucin pekok 7 bulan yang lalu

      Ustad..sekuler...yg mempunyai anak yg gak berhijab....
      Gagal total mendidik anaknya...
      Sad....miris....j8

  • Shelyka Mela
    Shelyka Mela 6 bulan yang lalu +1

    Terimakasih ya Allah.
    Terimakasih atas penjelasannya yang sangat berharga bagi kita untuk saling menghormati abi syihab.

  • rafi cahyo
    rafi cahyo 6 bulan yang lalu

    Abi bijak dan pintar dalam berfikir tentang masalah agama, semoga bermanfaat ilmunya buat kita semua

  • agus wijaya
    agus wijaya 6 bulan yang lalu +1

    Masya Allah ilmu & wawasan Abi Qurais, penjelasannya sangat gamblang,. toleransi harus di kedepankan dalam menyikapi suatu hal masalah, jangan memandang hanya dengan sisi negatif,.semoga menjadi pencerahan semua umat,. aamiiiiin

  • Kevin Kevin
    Kevin Kevin 6 bulan yang lalu

    Ini baru ulama ,yg patut di contoh...
    GBU

  • Fransisca Dessyana
    Fransisca Dessyana 7 bulan yang lalu +151

    "Penghormatan bukan berarti persetujuan " Salam hormat untuk Abi Quraish dan keluarga 🙏🙏🙏

    • Antonius Hironimus
      Antonius Hironimus 6 bulan yang lalu +2

      Inilah yang dinamakan " PENCERAHAN" . Terima kasih Pak Qurais Sihab . Melakukan sesuatu yang kita yakini itu benar, bukan berarti bisa kita paksakan kepada orang lain yang tidak sepaham dengan kita.

    • Hasanah Hasanah
      Hasanah Hasanah 7 bulan yang lalu +2

      @bucin pekok ini pndpt Sy pribadi org yg berhijab sejak kecil...mending blm berhijab,tapi hati dan tingkahnya sudah mngrti arti hijab ...dr pd org yg berhijab,tapi tingkah lakunya org yg tak bermoral ..

    • bucin pekok
      bucin pekok 7 bulan yang lalu

      Ustad..sekuler...yg mempunyai anak yg gak berhijab....
      Gagal total mendidik anaknya...
      Sad....miris....
      Jj

    • GSI CCTV
      GSI CCTV  7 bulan yang lalu +4

      Ulama yg bijaksana, yg membawa pencerahan bagi anak" bangsa.

    • Nuzul Ardhi
      Nuzul Ardhi 7 bulan yang lalu +4

      Setuju

  • Darrel Ahza
    Darrel Ahza 6 bulan yang lalu

    Selalu adem denger beliau bicara..sehat selalu abiku :)

  • Jun Re
    Jun Re 6 bulan yang lalu

    Semoga para kadrun bisa ke jalan toleransi beragama.

  • Carolin Irian Santi
    Carolin Irian Santi 6 bulan yang lalu

    Sudah seharusnya semakin kita beriman akan mencapai kedewasaan iman, inilah yg terjadi pada beliau, sehat2 abi🙏

  • Arjuna Amrubitaqwa
    Arjuna Amrubitaqwa 6 bulan yang lalu +1

    Adakah yang tau literasi Al Qur'an terjemah bahasa Indonesia awal2 oleh beliau... Maka jangan heran dengan keluasan wawasan beliau ..
    Sehat terus ya habib Quraish Shihab..

  • Samsun Nahari
    Samsun Nahari 6 bulan yang lalu +252

    "Menghormati bukan berarti kita setuju" bener banget yang di katakan Abi Quraish

    • EKO Wahyu
      EKO Wahyu 6 bulan yang lalu

      @bucin pekok tak tunggu aksimu nendang sesajen.. pengen tau aja endingnya gimana.. tapi GK usah minta maaf setelahnya lho ya.. biar ada gregetnya... Wkwkwk..

  • Ine isyatin
    Ine isyatin 6 bulan yang lalu

    Subhanallah, sehat dan panjang umur ya Abi, kami masih membutuhkan Abi sebagai pendidik Agama Islam sesungguhnya.

  • Terang
    Terang 5 bulan yang lalu

    masya Allah, sehat selalu dan semoga Allah panjangkan umur beliau,. amiinn ya Robbal 'alamin,.

  • Ninik Rizki Lestari
    Ninik Rizki Lestari 6 bulan yang lalu

    Adem dengernya ,Masya allah

  • Zahra Aqila
    Zahra Aqila 6 bulan yang lalu

    Allah maha besar inilah orang yg bener" berilmu sehat selalu buat habib

  • estherreadymarbun kompes
    estherreadymarbun kompes 7 bulan yang lalu +257

    Saya seorang Katholik, dari dulu sy suka dengar ceramah Abi QS , beliau ulama besar yg sy kagumi, penyampaian ceramahnya tenang, jelas dan bijaksana. Acara KULTUM yg dibawakan beliau selalu sy ikuti, saya terberkati 🙏🙏

    • sumo sumo
      sumo sumo 6 bulan yang lalu

      Semua agama dijaga oleh Allah SWT sampai hari kiamat dengan maksud tujuan untuk melindungi aqidahnya umat Islam agar aqidahnya umat Islam tidak berubah. Contoh umat Islam dengan umat Nasrani bersahabat sebab sama-sama percaya kalau bunda Maryam itu perawan suci yang mengandung dan melahirkan anak. Jika umat Islam lenyap keyakinan umat Nasrani kalau KN Al Masih Isa as dilahirkan oleh perawan suci yang mengandung dan melahirkan anak akan pudar, sebab sudah tidak ada lagi teman yang membenarkannya. Jika umat Nasrani lenyap keyakinan umat Islam kalau KN Adam as manusia pertama yang dicipta Alloh SWT akan pudar, keyakinan umat Islam kalau hari kiamat pasti datang akan pudar, sebab sudah tidak ada lagi teman yang sama-sama percaya kalau bunda Maryam itu perawan suci yang mengandung dan melahirkan anak.

    • Asep Zavina
      Asep Zavina 7 bulan yang lalu

      @Y. Mul Ady namanya juga PEKOK.

    • Asrul Corgan
      Asrul Corgan 7 bulan yang lalu

      @Byun Baekhyun pas tuh buat yg sok sok an berprinsip keras.

    • Byun Baekhyun
      Byun Baekhyun 7 bulan yang lalu

      @Asrul Corgan Ke Afghanistan juga,disana perempuan yang gak bisa masak aja dibakar hidup-hidup.

  • Apriyadie wijaya
    Apriyadie wijaya 6 bulan yang lalu +8

    Sy sbg org Kristen setiap denger ceramah ato penjelasan dr ulama ternama spt Quraish Shihab....begitu damai dan jelas....tdk mengkafir2kan dan selalu menghormati agama org lain krn memang smua urusan nti di akhirat....jd ustad2 radikal ga paham alquran harusnya belajar sm ulama senior ini...krn bahayanya kalo ga paham bisa sesat nti nya

    • Tepi Campuran
      Tepi Campuran 6 bulan yang lalu

      Setiap orang yg mati tidak dalam keadaan muslim, itu pasti masuk neraka, itu keyakinanku dan ada penjelasanya dalam Alquran. Surah 3 ayat 19, dan surah 3 ayat 85.
      Dan islam pun tidak akan memaksa kalian orang orang kafir untuk percaya kepada islam atau memeluk agama islam, tapi harus jelas dulu mana yg benar dan yg salah, maksudnya di jelaskan islam itu seperti ini, mati selain islam ya neraka, tapi kalian bebas memilih. Qs 2 ayat 265.
      Dan perlu anda tau kawan, Kafir itu artinya belum menerima.
      Apakah itu sebuah arti yg buruk?

  • Ahmad Ruslan
    Ahmad Ruslan 6 bulan yang lalu

    Penjelasan yang sangat singkat dan mudah dimengerti.
    Saling menghormati untuk menjaga keindahan toleransi antar kepercayaan masing-masing..
    Semoga kita semua dalam lindungan ALLAH SWT.
    Amiin..

  • zdat sejati
    zdat sejati 6 bulan yang lalu

    Masya Allah penjelasan yg luar biasa &SGT bijak dari ABI....ini Islam yg sebnrnya👍👍👍

  • Nalendra 82
    Nalendra 82 6 bulan yang lalu +2

    Masyaallah ❤ Semoga sehat selalu Prof. Quraish Shihab 🤲

  • Shuida Saja
    Shuida Saja 7 bulan yang lalu +114

    Ulama besar yang selalu menebarkan kebaikan, kesejukan dan kedamaian.

    • bucin pekok
      bucin pekok 6 bulan yang lalu

      Ustad..sekuler...yg mempunyai anak yg gak berhijab....
      Gagal total mendidik anaknya...
      Sad....miris....
      Hhgg

  • Made Wangsa
    Made Wangsa 6 bulan yang lalu

    Ini baru pantas disebut ustad bahkan guru yg paling tinggi tingkatannya terdengar sangat sejuk bijaksana dan pintar... Semoga sehat selalu

  • reni Mustikawati
    reni Mustikawati 6 bulan yang lalu

    Masya Allah Abi. Penjelasannya sangat bermanfaat. Semoga Abi selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT . Aminnn

  • faiqotur Rosyidah
    faiqotur Rosyidah 6 bulan yang lalu

    Bismillah
    Alqur an telah menjelaskan dgn sejelas jelasnya bahwa kita orang tidak boleh saling menghina.

  • Naim Channel
    Naim Channel 6 bulan yang lalu

    Masyaa'Allah, Ahli Tafsir Quran dgn metode Tematik 🤍 sehat terus abuya