Tap to unmute

Rocky Gerung: Pancasila Bukan Ideologi Negara!

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 4 Des 2019
  • Presiden Joko Widodo baru-baru ini merasa tertampar imbas berkembangnya isu penambahan masa jabatan presiden selama tiga periode.menurut Jokowi ada orang-orang yang ingin 'mencari muka' dengan melebarkan wacana Amandemen UUD 1945. Lalu, mengapa presiden Jokowi merasa dijerumuskan dengan beredarnya isu tersebut?? Apa pula yang publik harus tahu terkait amandemen UUD 1945 dan GBHN?
    Live streaming 24 jam: www.cnnindonesia.com/tv
    Ikuti berita terbaru di tahun 2019 dengan kemasan internasional berbahasa Indonesia, dan jangan ketinggalan breaking news 2018 dengan berita terakhir dan live report CNN Indonesia di www.cnnindonesia.com/tv dan channel CNN Indonesia di Transvision.
    Dalam tahun politik sekarang ini dan menuju pilpres 2019, CNN Indonesia mencanangkan sebagai Layar Pemilu Tepercaya. Kami akan menayangkan konten-konten politik 2019 secara seimbang untuk mengawal demokrasi dan demokratisasi di Indonesia yang kami cintai.
    CNN Indonesia tergabung dalam grup Transmedia. Dalam Transmedia, tergabung juga Trans TV, Trans7, Detikcom, Transvision, CNN Indonesia.com dan CNBC Indonesia.
    Follow & Mention Twitter kami:
    @myTranstweet
    @cnniddaily
    @cnnidconnected
    @cnnidinsight
    @cnnindonesia
    Like & Follow Facebook:
    CNN Indonesia
    Follow IG:
    cnnindonesiatv

Komentar • 18 213

  • Humanika Dian Nusantara
    Humanika Dian Nusantara 2 tahun yang lalu +565

    Saya suka narasi yang d bawa oleh RG dan Budiman karena masing-masing mengeluarkan literatur filosofis, historis, ini menurut saya persaingan akal sehat yang sesungguhnya

    • Muhamad Ghofur
      Muhamad Ghofur 2 hari yang lalu

      Rg itu cuma muter2 doang , cuma pinter bermain kata2... intinya sama cuma beda penjelasan ...
      Org2 filsafat biasanya kek gitu

    • Been Soundyy
      Been Soundyy 14 hari yang lalu

      @Onedroid Saya rasa salah satu media kita berkomunikasi skrg smartphone, dan bisa digunakan artikel dan video ttg gerakan Budiman dan tanyangan ttg dia di persidangan dan dipenjara utk dianalisa, serta salah satu keputusan Gusdur atas pembebasan tahanan politik. Bukan kata dia dan bukan kata orang lain, tp hasil analisa saya atas tanyangan. Banyak yg bisa berksimpulan seperti saya bahwa dia aktivis setelah melihat tanyangan itu.

    • Onedroid
      Onedroid 14 hari yang lalu

      @Been Soundyy sumber mya dari si bejatmiko ya? 😅

    • Been Soundyy
      Been Soundyy 14 hari yang lalu

      @Onedroid Budiman Sudjatmiko salah seorang yg berjasa untuk, nyawa Rocky, mahasiswa, dokter dan seluruh manusia di Indonesia.
      Kenapa berjasa? Budiman berjuang tanpa dibayar dan mengorbankan keselamatan dirinya dan keluarganya utk nyawa mu dan jutaan tidak melayang saat mengkritisi penguasa, seperti orde baru. Kepuasan Budiman hanya memperjuangkan dan mewujudkan ideologinya yaitu kebebasan demokrasi utk dirinya dan miliaran penduduk Negara Indonesia sejak tahun 98 hingga skrg.
      Jd dosen memang berjasa, tp msh menerima balas jasa saat itu.
      Jd kurang bijak mempertanyakan jasa aktivis di orde baru..

    • Onedroid
      Onedroid Bulan Yang lalu

      @Yusak Setiawan Ya berjasa RG, dia dosen dr banyak Mahasiswa S1, S2 bahkan S3.
      Banyak melahirkan Doktor bahkan Profesor, Si Bejatmiko apa jasanya?
      Jadi Aktifis 98 aja, banyak ga jelas ceritanya 😅

  • Mars
    Mars 8 bulan yang lalu +43

    2 menit saya tonton, saya secara tidak langsung menemukan cahaya tentang negara ini. Jawaban bagus dari beliau Rocky

  • Bayu Cakrabuana
    Bayu Cakrabuana 2 bulan yang lalu +3

    Sungguh diskusi yg luar biasa..biar kami masyarakat indonesia mengerti..👍👍👍

  • 20 / Wahyu gilang Ramadhan
    20 / Wahyu gilang Ramadhan 4 bulan yang lalu +18

    walaupun ini debat sdh lama, tapi tetap enak dilihat dan menjadi bahan analisis pikiran seorang pelajar, no rocky no party_:)

  • TaranTula
    TaranTula 9 bulan yang lalu +14

    Intinya negara ini lahir dari ide2 pendahulu atas nama demokrasi, maka dari itu jgn batasi org menyampaikan ide nya, klo mmng gk sependapat ide mereka, buktikan bahwa dia salah pakai bahasa ide kalian. Bukan membungkam mulut org yg menyampaikan idenya(pendapatnya). Ini yg disebut kebebasan berpendapat.
    Salam akal sehat.

  • Musik For Relaxation
    Musik For Relaxation 3 bulan yang lalu +6

    Mereka sebenarnya sependapat, tapi terlihat seperti berdebat 😂

  • Igor Mayor Jenderal Igor Yevgenyevich Konashenkov

    "Kebenaran,dan segala hal yg baik melahirkan konsitusi atau peraturan tpi jangan jadikan kontitusi untuk mencari kebenaran"
    Pak roky berbicara logika dri kontitusi bkn kebenaran berlogika... Terdengar bagus cerdik dengan segala argumen dan permainan kata"

  • Nana andryana Andryana
    Nana andryana Andryana 9 bulan yang lalu +6

    Mau sampai kapan perdebatan ini selesai hanya untuk menentukan siapa yang bener atau siapa yang salah?
    Kita semua hanya membutuhkan kesejahteraan di Republik ini,,sandang pangan tercukupi,lahan pekerjaan tersedia dll...

  • SakuraKatana
    SakuraKatana 2 bulan yang lalu

    Komentar dari 2 orang terakhir langsung bikin saya dapet intinya, mantap lah, semoga negri ini semakin membaik 👍

  • ilyas zenal
    ilyas zenal 2 tahun yang lalu +61

    Jaman dulu juga debat seperti ini, indahnya perbedaan😘

  • Most Wanted Male Channel
    Most Wanted Male Channel 4 bulan yang lalu +1

    Gokil, ini baru lawan seimbang antara RG dan BS. Debatnya imbang dan argumentasinya kuat.

  • Risyanto Aris
    Risyanto Aris 3 bulan yang lalu

    Sehat selalu panjang umur serta keluarga pak rocki amien ya Allah

  • Obing Hyung
    Obing Hyung 8 bulan yang lalu +1

    Sudah brader" tua kami, ideologi, pansila dll. Sudah bagus kok, dan ga perlu dibahas seakan" sangat darurat. yang perlu ditekankan hanya pengelola negaranya (pemerintah) bagaimana memberikan edukasi pengelolahan yang bisa memberi inspirasi untuk penduduk negaranya.

  • wulan nur
    wulan nur 7 bulan yang lalu +1

    Irasional yg logic...the best Mister Rocky Gerung...🤩

  • Mank Poon
    Mank Poon Tahun Yang lalu +59

    DEBAT YANG BERKELAS, DENGAN ILMU LOGIKA DAN SENYUM.
    INI DEBAT YANG MENDIDIK, KARNA TIDAK MARAH-MARAH

    • Tulz_
      Tulz_ 3 bulan yang lalu

      Ga muka² merah mulu

  • iskandar ar
    iskandar ar 3 bulan yang lalu +3

    Kehebatan seseorang biarkanlah orang lain yang menilainya!
    Jika orang itu sudah merasa dirinya hebat maka dia akan menjadi jahat dan berani mengangkangi keputusan bersama dengan orang banyak sehingga merugikan orang yang lebih banyak lagi dalam waktu yang panjang, dari masa ke masa akan menjadi sia sia belaka 🙏

  • Diqo F
    Diqo F 7 bulan yang lalu

    Debat sehat, saling mempertahankan argumennya berdasarkan pola pikir

  • Dzaki Syarif
    Dzaki Syarif 2 bulan yang lalu

    Debat cerdas oleh 2 orang intelek yang luar biasa... dua2nya kaya dapet energi besar satu sama lain...

  • Yahya Taralaki
    Yahya Taralaki 3 bulan yang lalu

    Debat yg luar biasa.. narasumbernya, semuanya keren.👍👍👍

  • Ardhymanto A.T
    Ardhymanto A.T 2 tahun yang lalu +126

    Debat yang konstruktif perlu dibangun. Jangan sedikit-sedikit di lapor. Kapan bangsa bisa cerdas, jika diskusi tak diizinkan, Hanya saja audience mestilah punya wawasan. Karena kalau tidak bisa2 audience bisa mecak-mecak.

    • T. Saefulloh Channel (Musik, Olahraga, Sosial)
      T. Saefulloh Channel (Musik, Olahraga, Sosial) 2 bulan yang lalu +2

      Baguslah semua pada hobbi berat dengan ocehan RG dan rangkaian kata penuh gaya bahasa penuh fantasi atau khayalan tapi tak bermakna ... Sebaiknya kurang baik bagi mahasiswa mengikuti debat kusir RG yang pastinya tidak mau kalah, jika lawan debat berbeda pendapat dengan RG, maka akan menyebut lawan debatnya sebagai orang dungu. RG akan selalu mengklim dirinya paling pintar ... Contoh kurang bagus untuk mahasiswa, tapi mahasiswa bisa menilai ternyata omongan RG ternyata penuh khayal

    • Muhlasin Muhlasin
      Muhlasin Muhlasin 2 bulan yang lalu

      Negara gk butuh orang cuma modal bscot rg itu cuma omongan sampah

    • dian rana
      dian rana 2 bulan yang lalu +3

      kuliah lagi sesuai bidang yg di bicarakan ..
      org bicara klo tdk sesuai bidang studinya, bikin susah yg ndengarkan

    • Mul Yadi
      Mul Yadi 3 bulan yang lalu +3

      Negara dasarnya jomblo si rosokan gorong2

    • Iyep Suhud
      Iyep Suhud 4 bulan yang lalu +1

      Betul Boss .... lapor melapor Kampungan jadinya..

  • Agung Prawira
    Agung Prawira 9 bulan yang lalu +1

    Luar biasa bang Rocky 👍

  • Iqbal Nurfadli
    Iqbal Nurfadli 7 bulan yang lalu +5

    Kalo pengen negara ini maju, satukan dua orang ini!

    • Edu Cam
      Edu Cam 7 bulan yang lalu

      Angel...

  • Shella noovia
    Shella noovia 4 bulan yang lalu +6

    Sbnrny yg dijelaskan bung RG ini bener. Konsituen itu hadir krn ada konstitusi. Krn ada konstitusi UUD 45 lah, makanya scr resmi nama NKRI lahir, berikut dgn atribut negaranya. Kritis sekali, pak RG. Sungguh, kami butuh org2 kritis dan berwawasan luas jg berani seperti bapak. Sehat selalu, pak.

  • Feri Jo
    Feri Jo 3 bulan yang lalu +1

    Berharap bentuk negara bisa di ubah, biar semua pulaunya nyatu.. Salam akal sehat

  • Ary Darmawan
    Ary Darmawan Bulan Yang lalu

    Pesan pak Kyai yg menyejukkan,tidak memaksaan pola pikir kepada orang lain 🙏👍

  • crgokk
    crgokk 10 bulan yang lalu +2

    Terus pemimpin yg faham Pancasila siapa pasti Rocky la siapa lagi. 🤭🤭
    Rocky ayo jadi pemimpin 🤭

  • ferlita amanda
    ferlita amanda 8 bulan yang lalu +1

    jadi bisa lihat isi hati masing masing orang ini. yang tercermin dari emosinya.

  • Coy Wan
    Coy Wan 9 bulan yang lalu

    Rokky pantas mendapatkan gelar profesor dgn kecerdasannya dan bahasanya yg lugas walau orang awam tidak tau namun dpt di simpulkan arah dan tujuan nya thanks

  • Agustinus Mete
    Agustinus Mete 2 tahun yang lalu +304

    Indonesia banyak orang pintar, tapi kurang orang jujurnya.

    • gitar ghost
      gitar ghost 3 bulan yang lalu

      Basi

    • Kyori Kusagami
      Kyori Kusagami 4 bulan yang lalu

      Yang komen begini biasanya tidak pintar 🤣🤣🤣

    • Sange Beratbanget9172
      Sange Beratbanget9172 4 bulan yang lalu +1

      @Alzar Mi negara ini juga bkan pnya bapak mu,seperti itu yg anda bilang sblm anda comen anda bljr ttg sejarah dlu biar pinter. 🤣🤣🤣🤣

    • Sange Beratbanget9172
      Sange Beratbanget9172 4 bulan yang lalu

      Setuju

    • Logical Anonymous
      Logical Anonymous 5 bulan yang lalu +1

      @Alzar Mi mengatakan kebenaran yang ditutupi ?
      yakin kalo semua kebenaran di negara ini diungkap , situ & temen2 situ ga akan sakit hati ? LOL

  • Luhur Atmanto Prapto
    Luhur Atmanto Prapto 3 bulan yang lalu

    wahai bangsa ind saudara2ku rakyat ind yg aku cintai ,waspadalah dgn provokasi2,argumentasi yg beredar di media mass saat ini, yg ingin memecah belah persatuan kita karena negara kita menjadi rebutan/incaran negara2 barat/aseng dikarenakan ind , mempunyai sumber daya alam yg sangat melimpah tidak tidak ada dua nya di dunia

  • Nick 456
    Nick 456 2 bulan yang lalu +1

    Benar Bung Rocky 👍🏻
    Budiman Logikanya msh Mentah! 🥴
    Belajar yang bener dl deh! 🙄

  • Nicky King
    Nicky King 5 bulan yang lalu +1

    Sampai skarang RG gw G pernah lihat dia salah, kalu dia bermasalah kenapa g dipenjarakan..

  • Rendy Nova Syam Putra
    Rendy Nova Syam Putra 3 bulan yang lalu

    debat kelas yang berwawasan 👏

  • Mas Cebonk
    Mas Cebonk 11 bulan yang lalu +221

    MENURUT KONSTITUSI, PANCASILA ADALAH DASAR NEGARA, BUKAN IDEOLOGI.

    • amel ali
      amel ali 6 hari yang lalu

      @MRIPAT KALIH good,.. lue pintar...
      Pancasila terdapat dibawahnya memiliki idiologi-idiologi bangsa bukan idiologi pancasila.

    • MRIPAT KALIH
      MRIPAT KALIH 7 hari yang lalu

      @amel ali berarti Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia?

    • amel ali
      amel ali 7 hari yang lalu

      @MRIPAT KALIH Semuanya saya sudah katakan dari awal bahkan saya memberikan contoh lagi. kata kalimat idiologi sendiri adalah Gagasan bagi kita sebagai bangsa/rakyat atau cara befikirnya kita sebagai bangsa bernegara ini.
      seperti menurut kmu katakan dalam penjelasnnya Idiologi dan saya pun menjelaskan maksudnya ;
      Idiologi adalah cerminan berfikir masyarakat/penduduk, Itu maksudnya Cara berfikir kita mencapai tujuan, seperti mengamankan, Saling Menjaga, Saling Kerja Sama, ikut sesuai aturan, dll.
      keyakinan masyarakat/penduduk, maksudnya keyakinan teletak pada rakyat yang memiliki Perbedaan, seperti Agama,ras,suku,adat istiadat, dan budaya.
      serta pembentukan masyarakat/penduduk tuk mencapai cita-cita dalam bernegara dan berbangsa, maksudnya agar kita dalam pembentukan itu dapat tercapai cita-cita rakyat dalam bernegara dan berbangsa, seperti mengembangkan Skill/keterampilan dalam negri sendiri, dll.
      Semua itu Sama Saja pada ujung-ujung pokoknya Tetap Kembali Berpatokan pada pedoman dasar pancasila.

    • amel ali
      amel ali 7 hari yang lalu

      @MRIPAT KALIH justru anda tidak relevan tidak paham kaya seperti kue lapis yang bodohnya berlapis-lapis.

    • MRIPAT KALIH
      MRIPAT KALIH 7 hari yang lalu

      @amel ali saya sudah dibilang cantik sejak sekolah dasar. Jadi contoh yg anda berikan tidak relevan.
      Dan ga ada hubungan antaraa proses berpikir terkait wajah saya dengan perkara ideologi yg sedang saya tanyakan.
      Anda bisa googling ga?

  • Haryono Gempar
    Haryono Gempar 6 bulan yang lalu +1

    Pancasila
    Sebagai lambang dan UUD 45 di sepakati..bersama ngga usah ...
    Di perdebatkan...
    Bagaimana rakyat makmur...berkeadilan dan bermartabat jgn pinter2 ngomong...
    Besatu ...muasabah bersama... Aamiin

  • Ferdinando Subantar
    Ferdinando Subantar 2 bulan yang lalu

    Indonesia adalah bangsa yang terus berimajinasi...

  • R12k1 Abdullaah
    R12k1 Abdullaah 4 bulan yang lalu

    10:42 dengan sendiri nya Budiman sudah setuju dengan Rocky Gerung dan menyalahkan Presiden Joko Widodo

  • yulie fitri
    yulie fitri 5 bulan yang lalu

    Setelah sekarang saya jadi mengagumi pak RG sama pak BS. Semoga sehat selalu

  • 5 Minute Crafts Design
    5 Minute Crafts Design 2 tahun yang lalu +62

    Berdebad dengan ilmu filsafat. Salam cerdas bangsa Indonesia.

  • yan'z shelter
    yan'z shelter 2 bulan yang lalu +1

    Sya sbg orang awam melihat ini cukup simple sja..
    klau toh argumen rocky itu salah.. jelasss rocky sudah masuk bui..apalagi musuh rocky juga gak sdikit..sering jg dilaporkan
    Tpi poin nya bukan disitu..
    Tema Diskusi smacam ini memang harus slalu dibicarakan..di diskusikan smpai titik benar benar benar di depan publik.. agar bangsa ini dan generasi bangsa tidak asal koar² pancasila ..NKRI HARGA MATI tapi nyatanya plonga plongo

  • Siti Humairah
    Siti Humairah 2 bulan yang lalu +2

    Katan2nya Rocky Gerung semuanya benar

  • Herman Herman
    Herman Herman 4 bulan yang lalu

    Mantap bang RG sehat selalu

  • Budiman Hasibuan
    Budiman Hasibuan 2 bulan yang lalu

    Pancasila sebagai dasar filsafat serta ideologi bangsa dan Negara Indonesia, bukan terbentuk secara mendadak dan bukan hanya diciptakan oleh seorang sebagai mana yang terjadi pada ideologi lain di dunia.

  • Sapto Margono Soewito, S.Pd.
    Sapto Margono Soewito, S.Pd. 2 tahun yang lalu +19

    IDE-O-LOGI, "VISI DAN MISI", "IDE-LOGIKA"
    Kata ideologi sendiri diciptakan oleh Antoine Destutt de Tracy pada akhir abad ke-18 untuk mendefinisikan "sains tentang ide". Ideologi dapat dianggap sebagai VISI yang komprehensif, sebagai cara memandang segala sesuatu (bandingkan Weltanschauung), secara umum (lihat Ideologi dalam kehidupan sehari hari) dan beberapa ...

  • wawan kurniawan
    wawan kurniawan 2 bulan yang lalu

    Mantap Mas Rocky gerung😊😊😊😊😊😊😊♥️♥️♥️♥️♥️

  • EBY jp
    EBY jp 2 bulan yang lalu

    demokrasi memang kerap di bajak olh ELITE yang memang doyang menjual kalimat atas nama RAKYAT demi kepentingan bangsa dan banyak kalimat suci lain nya , dan tugas kita adalah membongkar dan menguji kalimat - kalimat itu agar tidak menjadi sekedar dagangan kata-kata. tapi bisa kita tagih sebagai bukti nyata untuk publik dari yang kaya sampai yang rakyat jelata.

  • mas maun
    mas maun 3 hari yang lalu +1

    dg logika saja sdh dapt dipastikan bahwa adanya konsttusi memunculkan konstituen...heran sekaliber budiman sujatmiko pendapatnya salah tp g mau mengakui salah..ngotot terus...harus berani mengakui salah bung..hrs jantan bung....untuk bung rocky anda benar2 👍👍👍👍

  • Dedi Susilo
    Dedi Susilo 4 bulan yang lalu +1

    Rocky gerung memang sangat cerdas sebagai pengamat politik

  • Yatiman Zulkarnain
    Yatiman Zulkarnain 21 hari yang lalu

    Betul apa yg di katakan bung Rocky bahwa hanya mahluk hidup yang punya ideologi....

  • Hari Hariandja
    Hari Hariandja 2 bulan yang lalu +1

    Cerdasssss sekali RG ini dan membuka otak kita yang sudah terkukung selama ini

  • Junaedi Afandi
    Junaedi Afandi 7 bulan yang lalu +1

    Siapa bilang bung Roky bentuk negara gak bisa berubah, yg bilang NKRI itu juga hasil pemikiran manusia, apa yg gak bisa berubah didunia. Mikir..

  • Ansory Ita
    Ansory Ita 7 bulan yang lalu

    kuat sekali logika RG, mantap

  • Joko Santoso
    Joko Santoso 2 tahun yang lalu +51

    Ideologi itu gak mungkin masuk dalam konstitusi. Itu adalah paham/ ideologi sekaligus pedoman yg harus dianut oleh negara/ pemerintah dan masyarakat dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara .

    • Santoso erwin
      Santoso erwin Bulan Yang lalu

      Sejak kapan dokumenya mana,apakah disetujui seluruh erni sebagai ideologi

    • renz
      renz 2 bulan yang lalu +1

      dasar negara memang berada di atas konstitusi. Ia bersifat metalegal, extralegal notion, bukan bagian dari produk hukum yang bisa diamandemen. Hal ini terkait dengan hierarki sistem hukum modern, yang menempatkan dasar negara di pucuk piramida hierarki norma hukum.

    • Konsolidasi Kopi
      Konsolidasi Kopi 2 bulan yang lalu

      Dasarnya apa ?

    • Abdul Karim
      Abdul Karim 3 bulan yang lalu +1

      intinya propokatot bangsa roki garong .

    • Faris Taufiqurahman
      Faris Taufiqurahman 7 bulan yang lalu +2

      😀😀😀bravo mas budiman

  • M.fardholado Fardhol
    M.fardholado Fardhol 8 bulan yang lalu +1

    Berarti omonganya bung roky bener..
    Ideologi pancasila bisa di ubah..
    Wkwkwwkwkk...
    Buktinya ingin di rubah sama si merah tentang gotong royong..😂😂😂😂

  • Udi Mensana
    Udi Mensana 2 bulan yang lalu

    Bagaimana ideologi bisa disampaikan, tentu perlu kata kata. Segala sesuatu yang sudah bisa di definisikan dengan kata kata, pasti akan bisa diperdebatkan. Jadi tak usah lagi memainkan kata kata dari bermacam macam sudut pandang , jangan merasa pintar jika hanya memainkan kata kata dari perbedaan sudut pandang, bukan sesuatu yang hebat apalagi merasa pintar jika hanya memainkan kata kata.

  • Ardi Suherman
    Ardi Suherman 8 bulan yang lalu

    Setelah saya telusuri di google ternyata bung RG yang tepat hahaha

  • Jaka Andra
    Jaka Andra 25 hari yang lalu +1

    Pancasila itu sebenernya dengan kita berketuhanan yg maha esa maka akan mengasilkan kemanusiaan yg adil dan beradab,dan dengan kemanusian yg adil dan beradab maka akan menghasilkan persatuan indonesia dan dengan persatuan indonesia maka akan menghasilkan kerakyatan yg di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dan perwakilan dan dengan kita memiliki hikmat kebijaksanaan dan perwakilan yg hikmat serta bijaksana akan melahirkan keadilan bagi seluruh rakyat indonesia

  • ahmed noer
    ahmed noer 2 tahun yang lalu +27

    dan semakin ketahuan,siapa2 yang akan merusak kesatuan dan persatuan bangsa,,
    semakin nampak lah siapa2 yang bukan rakyat indonesia sejati..

    • Rista Afriyanti
      Rista Afriyanti 2 bulan yang lalu +1

      @T. Saefulloh Channel (Musik, Olahraga, Sosial) Anda betul tanpa pancasila Indonesia bubar.

    • T. Saefulloh Channel (Musik, Olahraga, Sosial)
      T. Saefulloh Channel (Musik, Olahraga, Sosial) 4 bulan yang lalu +1

      Hanya ideologi komunis yang menolak ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila, mau mereka mungkin Indonesia menganut faham dan ideologi komunis ... Saya sebagai bagian dari bangsa Indonesia mengakui ideologi dan falsafah Indonesia adalah Pancasila.

    • Instinct Brain
      Instinct Brain Tahun Yang lalu +4

      Gak habis habisnya Pemerintah ini menipu rakyat Indonesia dengan tafsiran ideologi Pancasilanya!

  • Yosep Kubha
    Yosep Kubha 12 hari yang lalu +1

    Menurut saya Pancasila sebagai ideologi bukan sesuatu yg berbahaya...namun jika mengacu pada pemikiran Prof.Yuzril yg ingin membedakan antara ideologi dan philosophy maka Pancasila lebih tepat disebut philosophy Krn menjadi jiwa dan pandangan hidup bangsa... sedangkan ideologi lebih mengacu pada gerakan yang memiliki tujuan spesifik misalnya ideologi komunisme...

  • Muh. Abdul Farid
    Muh. Abdul Farid 3 bulan yang lalu

    Burhanuddin Muhtadi, singkat, padat, jelas, rendah hati. Keren!❤

  • Tri fardani Putra
    Tri fardani Putra 4 bulan yang lalu

    Yang tidak bisa di Rubah dan di ganti itu hanya Hukum ALLAH AZZA WAJALLA

  • Pak Erte
    Pak Erte 3 bulan yang lalu +1

    Saya setuju pendapat bunga Rocky, pancasila bukan ideologi

  • Taufik Rahmawan
    Taufik Rahmawan 2 tahun yang lalu +30

    Asli keren, rocky tumben dapat lawan seimbang yg sama" ngomong pakai otak 😂

  • JL Elektronik
    JL Elektronik 4 bulan yang lalu

    Kali ini rocky gerung menunjukkan kelas nya..
    Yah benar konstitusi harus di atas konstituen, karena kalau konstituen dibatas maka yg dipentingkan hanya kepentingan partai dan kaum nya..

  • Arie Afriliansyah
    Arie Afriliansyah 3 hari yang lalu

    Aku benar2 kenyang dan puas sama perdebatan RG dan BS 👍

  • Toto Berkah
    Toto Berkah 8 bulan yang lalu

    Bagiku Bung Rocky Gerung emang keren n mantap

  • Ahmad Hakim
    Ahmad Hakim 7 bulan yang lalu +10

    Jika menonton perdebatan roky dan budiman.
    Coba mendengar dengan tanpa berposisi mendukung pemerintah atau berposisi melawan/kritik pemerintah.
    Jika kita berada di tengah tengah, kita akan tahu kedua orang ini cerdas. Sehingga sebuah negara harus ada orang seperti mereka berdua.
    Sehingga kita menjadi bijak, baik ketika menjadi pengkritik maupun pendukung.

  • Gally Mokoagow
    Gally Mokoagow 2 tahun yang lalu +42

    Saya harus standing uplause buat dua orang ini...dua2nya orang hebat dan pintar. Dan saya ingin dua orang ini berada dalam oposisi...

    • T. Saefulloh Channel (Musik, Olahraga, Sosial)
      T. Saefulloh Channel (Musik, Olahraga, Sosial) 2 bulan yang lalu +1

      Apapun ucapan dari Rocky menurut saya hanya logika pribadi hasil ciptaan RG pribadi yang dianggap paling benar oleh RG sendiri serta para fans beratnya RG. Tetapi bagi orang-orang waras ucapan RG merupakan fantasi RG sendiri yang dikemas dan diucapkan begitu indah padahal isinya ngawur.

    • Hendra Dharmawi
      Hendra Dharmawi 2 tahun yang lalu +8

      Pak Rocky utk lain kali kasih kesempatan org lain dulu menyampaikan argumentasinya ,setelah selesai dia bicara baru bpk memberikan sanggahan.jgn spt debat dipasar.seharusnya pak Budiman jgn terpengaruh pula dgn debat dipasar

    • Ahmad Mujani
      Ahmad Mujani 2 tahun yang lalu +2

      Budiman mana mau di oposisi,

    • Isda andy
      Isda andy 2 tahun yang lalu +3

      Roky is ok. Logik Budiman. ( Bad argument)

  • I ketut Subawa
    I ketut Subawa 6 bulan yang lalu

    apakah d dlm negara tdk ada manusianya / mahluk hidup , klo buminy mungkin barang mati tp yg ad d dlm sebuah negara d huni mahluk hidup yg namany manusia yg puny akal pikiran jd ap salahny mereka punya ideologi yg d yakini secara bersama dr seluruh umat / masyarakat yg ad d dlm nya .

  • cerita kami
    cerita kami 5 bulan yang lalu

    Sepertinya dia kurang paham Fungsi Ideologi bagi suatu bangsa.. Jadi beda fungsi ideologi antara bangsa dan makhluk berjiwa

  • Kusnadi Laela
    Kusnadi Laela 2 bulan yang lalu +1

    Orang yg tidak makan duit pemerintah..
    Pasti mengkritik pemerintah..
    Berbeda orang makan dari pemerintah sendiri..walaupun level nya kiayi

  • Abang Jarwo
    Abang Jarwo 8 bulan yang lalu

    Mantep banget gila pemahaman RG... Sampe harus nyanyi buat buktiin wkwk

  • kalakay 89
    kalakay 89 2 tahun yang lalu +84

    Rocky Gerung & Budiman Sujatmiko
    Adalah contoh intelektual yg masih konsisten dalam mengedepankan argument bukan sentiment. 👍👍👍👍

  • Andi Mulia
    Andi Mulia 4 bulan yang lalu

    Perdebatan tak kan bisa menyelesaikan suatu perkara,karna bersifat menguasai, bukan d kuasai akan tetapi musawarah akan menghasilkan kata mufakat.Pancasila DAsar negara begitu dalam makna yg tersirat,mustahil cerdik nya akal bisa jelaskan tentang pancasila.

  • Deni Abdul Halim
    Deni Abdul Halim 3 bulan yang lalu +2

    Jika negara pancasila sudah final,, kenapa banyak cacat nya?

  • Najib Zuhdi97
    Najib Zuhdi97 3 bulan yang lalu

    Dri debat yang baru saya liat, jdi saya tidak hanya memahami konstitusi negara tp ada kata konstituen yang saya pernah mendengar cuman tidak mengethui maknanya dan skrng sudah sya bca d beberpa literatur dan jurnal mantab bpk budiman dan pak roky yang punya pandangan berbeda 🙏

  • Michelle McJerry
    Michelle McJerry 5 bulan yang lalu

    Sebagai netizen yang kritis sebaiknya coba baca pidato Soekarno yang utuh, kemudian tentukan sendiri apakah Pancasila adalah ideologi Bangsa Indonesia atau bukan. Jangan lupa cari tau dulu arti dari Ideologi.

  • Irene Evi Rosanty
    Irene Evi Rosanty 2 tahun yang lalu +12

    Kata yang baik berasal dari Yang Maha Kuasa (Tuhan), kata yang jelek tentunya dari si jahat (iblis). Semoga Indonesia senantiasa dilindungi oleh Tuhan dari orang-orang yang bermaksud jahat, suka memfitnah dasar negara (Pancasila), pemecah belah NKRI, dll.

  • Budi Kurniawan
    Budi Kurniawan 3 bulan yang lalu

    Mantap om RG... 👍👍👍👍🤣🤣🤣

  • Budi Cano
    Budi Cano 7 bulan yang lalu

    Setuju kepads bpk2 yg sudi mengupas apa yg tersirat agar bangsa kedepan lebih msndiri dan cerdas

  • Mulyadi Sam
    Mulyadi Sam 2 bulan yang lalu

    Tambah modern tambah susah lebih enak zaman dulu penuh gotong royong dan kebersamaan serta saling menghargai

  • ichwan rudi
    ichwan rudi 10 bulan yang lalu

    awalnya saya suka argumentasi roki karena logis.. masuk di akal.. tpi klo menyangkut Pancasila dan menganggap Pancasila bukan ideologi lalu siapa yg salah saat anak sd ditanya ada soal ideologi negara jawabnya Pancasila? mentri pendidikan?

  • Sumardi Sumardi
    Sumardi Sumardi 2 tahun yang lalu +23

    ITULAH SEBABNYA .KADANG RAKYAT KECIL LEBIH PINTAR .MESTI TIDAK BANYAK BERSUARA .KARNA BIASA PAKE PERASAAN BUKAN SEKEDAR PAKE UCAPAN.

  • Han han
    Han han 8 bulan yang lalu

    Itulah cerdas nya rocky yang onoh malah bikin ngakak 😂

  • Annis Prima official
    Annis Prima official 4 bulan yang lalu

    Luar biasa bung rocky..
    Berharap di pahami

  • Suharmanto chanel
    Suharmanto chanel 7 bulan yang lalu

    Pokoknya seru debat sama sama kuat nalarnya,mantab buat pak budiman dan rocjy gerung

  • Tri Sucipto
    Tri Sucipto 8 bulan yang lalu

    Pancasila jelas gada final lah....dan pancasila memang dapat diubah atas kesepakatan bersama berdasarkan situasi yang relevan dimasa mendatang

  • ikanmaskokiaja
    ikanmaskokiaja 2 tahun yang lalu +167

    wah keren sih , adu debat ini baru antara rocky dan budiman .... keliatan mereka banyak membaca literatur filsuf dan sejarah . KEREN !

    • Muhammad Nawawi
      Muhammad Nawawi 2 bulan yang lalu

      @emo liztriction :v cara saja menulis sudah salah sok menilai org

    • Imam Sunu
      Imam Sunu Tahun Yang lalu

      @Fitrawan Ariansyah tapi pernah bertemu ahli tata negara. Dan kesimpulan kayak gitu... "Gitu apa??", RG menjawab.

    • Imam Sunu
      Imam Sunu Tahun Yang lalu +1

      @emo liztriction :v betul sekali.. ia menjadi provokator bagi mereka yang malas membaca dan memahami konsep.

    • Exe*{wAr} Bemp kontol
      Exe*{wAr} Bemp kontol Tahun Yang lalu +1

      NKRI HARGA MATI !!!

    • Mochamad Nasrun
      Mochamad Nasrun 2 tahun yang lalu +2

      @YADI BAKO kok mahasiswa yg dibahas? Anda ngerti yg dibicarakan apa tidak? 😁

  • 911_ComeToYou
    911_ComeToYou 5 bulan yang lalu

    "Kesepakatan untuk bayangan masa depan"

  • ABIZAR 26
    ABIZAR 26 3 bulan yang lalu +1

    Yang bertentangan itu bukan sila 1 2 3 4 5 tapi prilaku yang ada di poin tersebut bertentangan dengan kenyataan yang ada

  • Abdul Fikri
    Abdul Fikri 4 bulan yang lalu

    Rocky gokil 🤣

  • Rusman Baddu
    Rusman Baddu 2 bulan yang lalu

    Apalagi salahx panca sila sebagai dasar negara, yg jadi salah ialah kebijakan yg TDK sama tujuan panca sila yg wujudx keadilan

  • Bung Harris
    Bung Harris 2 tahun yang lalu +359

    Perdebatan ini mengingatkan tentang quote: "Tingkatkan kwalitas argument-mu bukan volume suaramu".

    • ion zer
      ion zer 3 bulan yang lalu

      @NASBAT English bkn bro, kekrgn dem0kr4si adalah ktk keptsn diambil berdsrkn su4ra terbyk bkn berdsrkn argum3ntasi/f4kta yg kuat. Shg kptsn tdk lg ditopang lg pd keben4ran yg sebnrnya

    • Just me
      Just me 10 bulan yang lalu

      Bener

    • izma Albinti said
      izma Albinti said 11 bulan yang lalu +1

      @Deni Kurniawan jd mikirnya pake dengkul ...pantas ada me terinya hobinya impor ..tapi gak bisa berbuat apa" ..padahal waktu kampanye teriak " STOP IMPOR .....ternyata dengkul ya ..

    • Ephraim Gultom
      Ephraim Gultom 11 bulan yang lalu

      @Andisaputra Harahap88 emang kualitas itu bisa dinilai darimananya bang? bahkan sekelas presiden aja belum tentu berkualitas

    • Bonar Wahyudi
      Bonar Wahyudi 11 bulan yang lalu +1

      Tidak berlaku di medan

  • cowan aja
    cowan aja 6 bulan yang lalu

    Pak jokowi itu mengajak masyarakat untuk membangun aspek pikiran atau berprinsip pada ideologi sesuai isi pancasila klau bisa jngan kluar dari itu

  • Yanto Suyano
    Yanto Suyano 3 bulan yang lalu

    Negara pancasila sudah final klo ada yg merubah"maudigebug sy salud atas pernyataanya tapi ketika ada slh seorang dewan pusat dari fraksi PDIP jelas"pancasila mau dirubah jd 3sila/ekasila dan uu HIP sampe sekarang oknum tersebut ko engga di proseshukum

  • Husaini Husaini
    Husaini Husaini 5 bulan yang lalu

    Seorang Negarawan lebih baik banyak berbuat kepada Negaranya, dari Pada banyak berbicara, sebab kalau banyak berbicara maka makin banyak ketidak baikannya.

  • izatul hawani daud
    izatul hawani daud 5 bulan yang lalu

    Mantap bung rocky

  • solana irvan
    solana irvan Tahun Yang lalu +32

    Pemikiran saya : Negera hukum yang mempunyai ini ideologi pancasila dalam ke masyarakat dan suatu permasalahnya bagi seluruh indonesia dimana persatuan berkembang yaitu
    1. Ketuhanan yang maha esa
    2. Kemanusian yang adil yang beradab
    3. Persatuan indonesia
    5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia
    4. Kerayatan yang dipimpin oleh hikmat dalam permusyarakatan perwakilan

    • Muhamad Ghofur
      Muhamad Ghofur 2 hari yang lalu

      @Andri Cobain tolong jwab peetanyaan saudara @MRIPAT KALIH

    • MRIPAT KALIH
      MRIPAT KALIH 13 hari yang lalu

      @Andri Cobain apakah definisi standar sebuah ideologi adalah harus sebagai ide pengatur?
      Apakah juga harus original? Tidak boleh kompilasi? Bagaimana standar pengukuran orisinalitas ideologi tersebut?

    • Andri Cobain
      Andri Cobain 13 hari yang lalu

      @sephard jetri stefanly Pancasila ini adalah kumpulan ideologi dunia, tetapi menyebut kumpulan ideologi dunia dia tidak bisa menjadi ideologi karna ideologi mustinya tunggal gak bisa semacam kompilasi ideologi. Pancasila itu bukan ideilogi dia hanya kompilasi dari pikiran dunia, dia boleh jadi ide penuntun tpi bukan jadi ide pengatur, secara akademis pancasila ada marxsisme yaitu keadilan sosial

    • Andri Cobain
      Andri Cobain 13 hari yang lalu

      @MRIPAT KALIH Pancasila ini adalah kumpulan ideologi dunia, tetapi menyebut kumpulan ideologi dunia dia tidak bisa menjadi ideologi karna ideologi mustinya tunggal gak bisa semacam kompilasi ideologi. Pancasila itu bukan ideilogi dia hanya kompilasi dari pikiran dunia, dia boleh jadi ide penuntun tpi bukan jadi ide pengatur, secara akademis pancasila ada marxsisme yaitu keadilan sosial

    • sephard jetri stefanly
      sephard jetri stefanly 13 hari yang lalu

      @Andri Cobain dari sila 1 - 5 ideologi apa saja yang terkandung didalamnya?

  • Yamin Ulunggi
    Yamin Ulunggi 6 bulan yang lalu

    Tetap Rocky yg terbaik

  • Arianto Bantaeng
    Arianto Bantaeng 8 bulan yang lalu +1

    Tidak ada yg ke luar dari struktur Pancasila tetapi TDK di jalangkan apa yg makna dari Pancasila ini perlu hati dan di ma,nai kandungan Pancasila mulai dari sila pertama sampai sila 5. Ini lah perlu di maknai danwajib di jalangkan dan harus Don. Terimah kasih