Tap to unmute

KERUSUHAN MEI 98

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 24 Mar 2020

Komentar • 3 154

  • NASKAH FILM

    dulu kejadian itu mendiang bapak ku panik krn mama masih diluar jalanin kreditan dia pergi cari mama ku..nah pas malem mamaku pulang nanyain bapak ku malah yg ga pulang sekeluarga panik takut ada apa2 eh pulang kayak sinterklas bawa jarahan wkwkwk jarahannya ga guna semua antena tv lah, patung2 kepercayaan agama lainlah wkwkwk..

  • Dirgantara G.A
    Dirgantara G.A 2 tahun yang lalu +1

    98 gue masih kelas 1 sd, jaman tinggal di kelapa gading.. dulu asisten rumah tangga eyang gue ada 40 orang ( karena punya restaurant jg) , dan ART kami semuanya ikutan ngejarah... tau2 pulang2 bawa besekan plastik hero gading dan ada yg bawa tv utk di bawa pulang kekampung nya... gila, gue dulu sempet ngicipin sih dapet eskrim walls.. tapi di gang rumah kami solid, yg keturunan tionghoa di lindungi, kebetulan rt nya dulu pakde gue, gang keluar masuk kami tutup pagar duri, pada saat masa mau lewat, orang2 yg tidak keturunan tionghoa menghalangi dan bilang kalau mau sweeping bagian sini, langkahi dulu mayat saudara kalian sendiri yaitu kami.. alhasil masa nya puter balik... gue inget detail bgt.. kelapa gading permai, padahal gading salah 1 yg terparah.. tapi gang kami ga ada 1 pun darah menetes.

  • Rahayu Sri

    gw belajar sejarah '98 ini tegang dan sedih banget. Seneng Bang Panji bisa lihat sisi lucunya, buat gw menghibur banget. fresh.

  • Most Wroth
    Most Wroth 2 tahun yang lalu +66

    Bagus, topik2 sensitif macam begini udah mulai nggak tabu dijadikan materi stand-up. Lanjutkan Bang Pandji, semoga di masa mendatang bisa mengangkat topik2 sensitif lainnya sebagai ice-breaker untuk memberi perspektif baru dan penonton bisa memulai diskusi terkait topik2 tersebut.

  • William Manggala
    William Manggala 2 tahun yang lalu +861

    As a chinese indonesian, susah bgt ketawa di bit mas pandji ini.. tersinggung sih enggak.. lucu kok.. tp pas ada dorongan mau ketawa, ketahan guys..

  • Rilo DG Permana
    Rilo DG Permana 2 tahun yang lalu +328

    Warna komedi bang panji memang beda, story tellingnya jelas banget. dapet Ilmu lucunya dapet

  • James Jalan-Jalan
    James Jalan-Jalan 2 tahun yang lalu +501

    Gw adalah Indonesia keturunan Tionghoa yg pas kerusuhan tsb gw masih SD kelas 2. Masih inget bgt kejadian saat mencekam dimana di daerah rumah gw di Pluit dulu, masa penjarahnya udah banyak bgt tp untungnya gak sampai komplek rumah gw. Ada banyak orang di beberapa blok rumah gw menjadi korban, bahkan ada seorang acek" (om-om keturunan Tionghoa) yg dibunuh dengan pedang di jalanan. Bayangkan efek psikologis utk gw yg saat itu masih 8 tahun dan juga adik gw yg berusia 7 dan 5 thn saat tsb, mengetahui pembunuhan secara brutal tsb yg seharusnya diketahui di usia yg kalau kalau ikut standar TV mungkin utk +13 atau +17. Lalu Setelah kejadian tersebut daerah Pluit yg tadinya jalan terbuka dimana2, dibuat pagar tinggi2 di setiap ujung gang.

  • Abdul Rijal Sadri
    Abdul Rijal Sadri 2 tahun yang lalu +79

    Respect sama bang panji.. ini termasuk materi yang berat tpi berhasil dengan melihat unsur komedi didalamnya.. bahkan masih banyak yang trauma jika di singgung kurusahan ini.. bang panji luar biasa

  • Babang Zupray
    Babang Zupray 2 tahun yang lalu +35

    Tidak hanya membuat tertawa namun bisa membuat wawasan luas . Seharus nya guru guru macam pandji ini yg di butuhkan sekolahan . Karna menarik daya minat belajar dan gak bosanin . Thx bang

  • Nur Sakinah
    Nur Sakinah 2 tahun yang lalu +21

    this is why i always put some attention to pandji,

  • SEMANGAT SKUY
    SEMANGAT SKUY 2 tahun yang lalu +119

    Panji mencoba melakukan jejak digital agar anak cucu kita paham, betapa kejamnya tahun itu, dan saya berjanji menolak lupa kejadian 98, untuk kamis hari ini,

  • Frans Haryanto
    Frans Haryanto 2 tahun yang lalu +32

    Saya kira topik ini diangkat dengan harapan supaya teman2 sekalian tidak melupakan masa kelam dan kejadian menyedihkan, yang dialami negara ini; supaya kejadian ini tidak akan terulangi lagi di peradaban Indonesia yang sudah jauh lebih maju.

  • agus adi
    agus adi 2 tahun yang lalu +7

    Ini pengalaman pahit sejarah bangsa yang ga bakal terlupakan... Intinya kita berdoa dan berusaha agar kejadian ini tidak terulang.. gw tinggal di Karawaci.. hubungan pribumi dan warga keturunan udah berlangsung lama dan baik2 aja.. bahkan para tetangga gw pada pasang badan waktu ada issue sweeping warga keturunan.. well sekarang paling cuma bisa bilang ambil aja hikmah nya...

  • Hana Icha
    Hana Icha 2 tahun yang lalu +802

    Alhamdulillah.. Gw sekeluarga pada masa itu tidak sama sekali menjarah toko apapun. Bahkan ketika tetangga ngasih 1 dus mie instan, malemnya ama bokap dikembaliin utuh.

  • Yeremia Ginting
    Yeremia Ginting 2 tahun yang lalu +1

    Pengen bgt mas panji tetep stand up tentang tragedi2 yg besar dan menggantung di negeri kita ini.. Antara cari lucu dan cari ilmu flasback

  • azzurama
    azzurama 2 tahun yang lalu +135

    What makes this show special is i was also on that stage for theatre performance

  • Stella Octavius
    Stella Octavius 2 tahun yang lalu +7

    Ga sabar mau nonton standup bang Pandji lagi nanti di Desember nanti ❣️

  • W H
    W H 2 tahun yang lalu +32

    Its a sensitive topic, but he delivered it like boss

  • Satrio
    Satrio 2 tahun yang lalu +334

    "We are Comedian are supposed to be funny, not to be right"

  • ongki Ngeles
    ongki Ngeles Tahun Yang lalu +25

    Alhamdulillah bapak ibu gue ngumpet di rumah. Ga mau ikut ikutan, padahal tetangga gue ngajakin, Alahamdulillah di situ gue bersyukur punya orang tua kaya gitu.