Tap to unmute

KAWIN BEDA AGAMA, SAH KAH?! - INDONESIA LAWYERS CLUB

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 24 Mar 2022
  • - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
    Thank u for watching. Don't forget to subscribe, like, and comment my youtube channel !
    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
    Find me on social media :
    Instagram : presidenilc
    Instagram : indonesialayters.. .
    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
    For IDclips business inquiries related to My video/channel, such as brand's placement, contact: ilccomeback@gmail.com
    Contact Business Inquiries Only: ilccomeback@gmail.com
    Indonesia Lawyers Club IDclips is under management of ILC Management

Komentar • 4 932

  • jawabangamblang(JG)
    jawabangamblang(JG) 8 bulan yang lalu +301

    Sy Kristen, sy dukung penuh UU yg berbunyi Islam dilarang menikah dgn yg beda keimanan juga sebaliknya, saya setuju bgt titik. Salam penegasan hukum.
    Saya setuju Prof. Neneng

    • Nur Hasanah
      Nur Hasanah 38 menit yang lalu

      Ari,jawaban gamblang,kalian Kristen memahami kandungan,tujuan Agama yg tlg diatur oleh ALLAH bukan menurut pendapat manusia .semua kitab Agama selain agama saya sdh sayabaca kecuali Agama Konghucu. saya selalu ingin mengetahui ajaran agama agama selain agama saya tentu dg fikiran dan akal yg sehat.

    • Nur Asiyah
      Nur Asiyah Bulan Yang lalu

      Bu Neneng yg tegas

    • EDY (BLACK)
      EDY (BLACK) 3 bulan yang lalu

      Indonesia harus BERKETUHANAN, Indonesia tidak harus beragama 🙏🙏🙏

    • Robinson Purba
      Robinson Purba 5 bulan yang lalu

      Soal nikah beda agama tidak masalah bagi negara yang menganut BUKAN NEGARA YANG BERDASARKAN AGAMA.Hal ini tidak bisa dihindari dalam masyarakat pluralis.Urus aja dirimu tidak perlu urus orang lain yang beda pendapat karna urusan surga hal pribadi dengan Tuhan

    • Mr Zulkif
      Mr Zulkif 5 bulan yang lalu

      Hanya orang munafik yg melanggar uu

  • Vk Max
    Vk Max 6 bulan yang lalu +33

    Sepatutnya perkara ini tidak di bahaskan,sudah sah dalam Islam perkahwinan beza agama adalah haram.bangga jadi rakyat Malaysia di mana hal ehwal agama Islam sangat di utamakan

    • Faizal Abdul
      Faizal Abdul 5 bulan yang lalu

      @ujang senang setuju. Mereka lebih utamakan bangsa dari agama.

    • Omar Abubakar
      Omar Abubakar 6 bulan yang lalu

      Tu lah ajaran binekha tunggal eka.

    • Mohiden81 Hjkundang
      Mohiden81 Hjkundang 6 bulan yang lalu

      Betol...salam dr malaysia

    • ujang senang
      ujang senang 6 bulan yang lalu +1

      Bg mrk, satu bangsa lebih penting

  • nurhayati shigeno
    nurhayati shigeno 6 bulan yang lalu +28

    Penjelasan yg disampaikan oleh Bapak Kyai dari Komisioner Fatwa MUI sangat jelas dan tegas. Mantap. Terima kasih pak Kyai. Semoga org2 yg tdk paham atau sengaja menyimpang dari ajaran Islam nya segera sadar dan memakai akal sehat nya.

  • Ira Changgayo
    Ira Changgayo 7 bulan yang lalu +24

    Maa syaa Allah… Buk Neng, penjelasannya luar biasa, detil biar tidak ada simpang siur.
    Sehat selalu y buk neng

  • Muin Wah
    Muin Wah 7 bulan yang lalu +8

    Jawaban pak Ustadz 100% sesuai syariat islam, janganlah demi kebahagiaan dunia mengorbankan kebahagian akhirat

  • Rizqy Marasabessy
    Rizqy Marasabessy 8 bulan yang lalu +45

    Peraturan yang sudah jelas dan SAH baik agama maupun per UU saja dilanggar dengan berbagai macam alasan dan pembenaran yang di lihat dari nafsu manusia semata. Secara jelas mereka menempatkan kepentingan manusia diatas aturan TUHAN. Semoga kita dihindari dari hal - hal yang sudah jelas di larang baik oleh agama maupun per UU yang berlaku di negara Indonesia. Aamiin.

    • Junaedi Smd
      Junaedi Smd 6 bulan yang lalu

      Ya betul .padahal hukum Allah itu mutlak.

  • Karnadi
    Karnadi 7 bulan yang lalu +8

    Subhanallah sehat selalu bu neng, ilmu dan wawasan agama anda luar biasa.

  • Diana -
    Diana - 7 bulan yang lalu +46

    Beberapa hal yang saya lihat dari orang orang yang menikah beda agama:
    1. masing masing mereka tidak memahami agama mereka dengan baik
    2. Mereka lebih mencintai dunia nya dari pada Tuhan mereka dan ajaran Tuhannya
    3. Ingin "pernikahannya" disahkan/diakui/diberkahi oleh Tuhan, yang sayang nya pasangannya atau calon pasangannya tidak mengakui Tuhan tersebut, jadi bagaimana mungkin jika Tuhan yang tidak diakui tapi ingin di Berkahi dan diRahmati oleh Nya.
    4. Tanpa sadar mereka telah memandang sebelah mata agama

    • Muhammad Solihin
      Muhammad Solihin 4 bulan yang lalu

      1000000% benarrrrr

    • Story Brandon
      Story Brandon 5 bulan yang lalu +1

      Betul sekali, katanya Pancasila jd pedoman tp bisa"nya nikah beda agama. Jelas" sila pertama Ketuhanan yang Maha Esa, negara ini dibentuk atas dasar Tauhid. Kalo masih bisa mikir mau nikah beda agama, segitu doang nilai agama di mata org" seperti ini? Segitu doang nilai Pancasila di hati org" ini?

  • IHLUL MUHTADIN
    IHLUL MUHTADIN 7 bulan yang lalu +24

    Ibu Neng, Argumentasinya kuat.
    Kuat akan Prespektif Hukum Perkawinan Menurut perundang-undangan yg berlaku di Indonesia dan kuat akan Prespektif Hukum Syariat Islam.

    • Nur Hasanah
      Nur Hasanah Jam Yang lalu

      Jawaban gamblang ,Ari tari saya sgt salut kalian memahami kandungan agama ,benar pemeluk Agama hrslah menikah dg Agama yg sama.Kehidupan bukan untuk dunia saja tapi dunia akhirat,akhirat kita akan mempertanggung jawabkan aturan aturan Agama yg dilanggar.setiap agama punya hukum hukum dan aturan yg bukan dibuat oleh manusia sesuai dg pendapatnya

    • Farida Latief
      Farida Latief 6 bulan yang lalu

      @Farid Kamil
      ... ... . .

    • Farid Kamil
      Farid Kamil 6 bulan yang lalu

      Ayo bangsa indonesia ikut ajaran islam dengan betul....kita 1 rumpun saya suka indonesia sama maju di dunia dan diakhirat... Amin

  • Chechep Purnama
    Chechep Purnama 5 bulan yang lalu +2

    Subhanallah, Mashaa Allah, saya menaruh reapect yang sangat tinggi kepada Ibu Neng.
    Hukum adalah hukum yang harus ditegakkan harus dijalankan tanpa kompromi. Apa yang sudah digariskan oleh Tuhan tidak boleh seenaknya dilanggar oleh manusia.

  • Andy Santika
    Andy Santika 8 bulan yang lalu +309

    MasyaaAllah KH. Hamdan Rasyid benar² tegas dan tanpa tedeng aling... Hukum Allah benar² di kedepankan, InsyaaAllah Allah memberi kesehatan, keselamatan dan keberkahan untuk Pak Kyai

    • James Galaktika
      James Galaktika 3 bulan yang lalu

      @Zainun Amin 🤣 kamu penuh dgn halu.... belajar sejarah dgn benar ya...
      semua nabi di Alkitab itu ditunjuk secara LANGSUNG oleh ALLAH, tidak ada yg ditunjuk oleh manusia, semua LANGSUNG oleh ALLAH.
      Nabi Musa itu ditunjuk scr LANGSUNG oleh ALLAH.
      jadi... tidak ada nabi di alkitab yg ditunjuk oleh manusia loh ya... 🤣
      dan kamu perlu sadar bahwa arti dari "injil" itu sendiri bukan nama sebuah kitab loh ya... 🤣
      dan alkitab itu sudah duluan lengkap jadi kitab di akhir abad 1 masehi
      kitab Taurat Musa itu sudah ada sejak 1500 tahun sebelum masehi
      sementara islam baru ada di awal abad ke -7 masehi
      artinya: kitab Taurat sudah ada selama 2200 tahun baru islam muncul
      artinya: Alkitab sdh ada selama 600 tahun baru islam muncul
      artinya: kitab Taurat sudah tersebar di seluruh dunia oleh diaspora Yahudi selama 2200 tahun baru islam muncul
      artinya: alkitab sudah tersebar di seluruh dunia terutama di daerah 2x kekuasaan romawi selama 600 tahun baru kemudian islam muncul
      atas dasar apa kamu ngomong injil yg asli dan benar cumqn dipegang oleh khadija ??? 🤣

    • Zainun Amin
      Zainun Amin 3 bulan yang lalu

      Agama Muhamad seblm turun ayat iqra juga Islam iaitu Islam tp syariat nya nabi seblmnya yaitu syariat nabi Isa sama sepert Siti Khdijah. Setelah Allah lantik kenabian maka gugurlah syariat Islam nabi Isa maka bermula syariat Islam nabi Muhamad dan umatnya meyakini Muhamad utusan Allah. Agama dulunya injil terbatal tp kita umat Islam tetap meyakini injil adalah salahsatu kitab Allah seperti taurat dan zabur malah kitab Al Quran wajib diyakini dan dipelajari dan diamalkan ajaran dlm al Quran itu.

    • Zainun Amin
      Zainun Amin 3 bulan yang lalu

      @James Galaktika Siti khadijah adalah beragama nasrani mengimani injil (zaman itu tidak ada kristin dan bibles) yg asli sebab itu siti khadijah membawa muhamad ke pemuka agama nasrani utk menentusah kan Muhammad sebagai nabi Allah krn pemuka agama nasrani itu kuat berpegang kitab injil yg benar yg meyatakan bahwa Muhammad itu benar ada dinyata dlm injil akan dilantik Nabi oleh Allah. Pemuka injil dan Khadijah mengiktiraf Muhammad sbg Nabi dan dibaiah semua sahabat nabi ketika itu. Zaman itu ijil masih asli bukan sekarang sudah diubah oleh kepads bible dan agama nasrani ditukarnama kpd kristin dan pelbagai ubahan ikut selera pemuka agama kristin. Nasrani asli sudah tidak ada.

    • Norhayati Binti Dahalan
      Norhayati Binti Dahalan 6 bulan yang lalu

      @cekipreth chanel
      👉🤡Hanya ORG BODOH yg yakin, tapi apa yg diyakini tuh palsu...
      👉✝️Persis Kristen,
      yg yakin kalian pengikut Yesus..
      Hakikatnya...kalian pengikut 👿PAULUS RASUL PALSU yg memusuhi Yesus

    • cekipreth chanel
      cekipreth chanel 6 bulan yang lalu

      @Norhayati Binti Dahalan yakin bukan berarti benar

  • Ocong
    Ocong 4 bulan yang lalu +2

    Selalu dengan kedok kemanusiaan, toleransi dan jumlah kejadian yg sudah banyak
    Sama seperti cara LGBT untuk diterima

  • desa tapuhaka
    desa tapuhaka 5 bulan yang lalu +2

    Inilah Indonesia, hukum di tabrak dengan alasan kemanusiaan . Bahkan hukum perundangan undangan dan hukum agama pun di libas

  • Syahril Ril
    Syahril Ril 7 bulan yang lalu +33

    Ibu neng berjuang demi agama Allah swt....berjuang hingga hujung nyawa bu neng....Allah swt akan jaga hambanya...salam dari 🇲🇾

    • Jefriy Jefriy
      Jefriy Jefriy 7 bulan yang lalu +1

      Undang undang Indonesia terlalu memandang tendah hukum allah.. Seenak udel nya doang..

    • Amirul Amirul
      Amirul Amirul 7 bulan yang lalu +3

      @nick Itulah,jadi jangan mengambil jalan mudah untuk kepentingan diri,ini urusan dunia dan akhirat yang harus dipertanggungjawabkan.

    • Amirul Amirul
      Amirul Amirul 7 bulan yang lalu +2

      Sepertinya orang"yg membolehkan pernikahan beda agama jenis manusia yang menyesatkan/memurtadkan.

  • Mochamad Irdjik
    Mochamad Irdjik 6 bulan yang lalu +2

    Hukum Yang dibuat Allah DIRUSAK MANUSIA DENGAN LOGIKA AKAL SEMPIT. Manusia sok paling moralis seakan mengalahkan Tuhan.

  • Serly Nq
    Serly Nq 8 bulan yang lalu +45

    MasyaaAllah Prof Neng dan KH. Hamdan Rasyid, Jazakallahu khoiron katsiro atas paparan yang sangat jelas, lugas, tegas dan sangat berdasar, semoga istiqomah unutk selalu memberikan pencerahan dan insight nya kepada masyarakat. Barokallah....🙏

  • ardi ardiansyah
    ardi ardiansyah 7 bulan yang lalu +4

    Subhanallah sehat selalu Bu Neng,pemahamannya luar biasa

  • Sujat Miko
    Sujat Miko 7 bulan yang lalu +2

    perkawinan beda agama sering terjadi di Indonesia karna di negara kita banyak sekali yang menganut agama sebatas keturunan dan agama KTP,sementara mereka sama sekali tidak paham apa dan bagaimana aturan gamanya,tapi undang undang negara harus tegas,jelas,bukan pasal karet.

  • abdul halim
    abdul halim 6 bulan yang lalu +2

    Ini juga buat pedoman kita di Malaysia, jgn sekali kali mempersendakn hukum Allah...

  • Asep Ilham
    Asep Ilham 7 bulan yang lalu +2

    Allahu Akbar ...sangat tegas pak kiyai
    Semoga panjang umur

  • om Ecca
    om Ecca 8 bulan yang lalu +146

    Ibu Neng adlh perwakilan wanita Muslim cerdas d Indonesia yg taat hukum dan LOGIKANYA TUNDUK PADA SYARIAT...
    Agama ini bukan soal perasaan tdk enakan dll tapi SYARIAT Allah

    • Roswira Wiwit Tamamilang
      Roswira Wiwit Tamamilang 5 bulan yang lalu

      Begitu Buk jgnbersikeras menurut aturan nja dewe semua agama itu pnj peraturan nja . Jg hrm itu hati mlt jg jht bkn krn mkn dgn babi atau dgn anjing mngusir meam buang kluarga jg mninggalkan agama . Tp di lain. Agama mlh keluarga nja di rangkul dgn ht damai jg akirnja kedamaian seterusnja . Damai3

    • ujang senang
      ujang senang 6 bulan yang lalu

      Kristianisasi telah berjaya menembusi Indonesia

    • Dwi Firmansy
      Dwi Firmansy 6 bulan yang lalu +3

      Klo loe islam loe hrs ikut syariat islam titik

    • Micro Fishing Batam
      Micro Fishing Batam 7 bulan yang lalu

      semoga islam kita rahmatan lil'alamin.... bahagia dan selamat dunia akhirat aamiin.....

    • Destiara Aja
      Destiara Aja 7 bulan yang lalu +1

      Pernikahan menurt sariat islam adalah ibadah ibadah punya keriteria sendiri tidak sesuwai dengan keretiria dosa besar

  • Cermin Ajaib
    Cermin Ajaib 6 bulan yang lalu +1

    Ibu neng cerdas umur sdh lanjut ingatan
    Luar biasa dlm aturan ,semoga Allah
    memberi kekuatan kesehatan dlm
    menjlnkan tugas kepentingan umat
    demi kebenaran .

  • Eddy Pramono Pramono
    Eddy Pramono Pramono 6 bulan yang lalu +2

    Life ibu zubahidah yg terhormat sy sangat sangat salut dgn bunda. Semoga bunda sehat selalu. Dalam Lindungan ALLAH SWT. Aamiin. ...

  • Murtaki Idris
    Murtaki Idris 7 bulan yang lalu +1

    Taqwa kunci kehidupan yg selaras seimbang seperjuangan. Laallakum Tatakuun..kalau beda kewargaan negara saja sulit palagi beda Agama.

  • Aziz Hasan
    Aziz Hasan 6 bulan yang lalu +4

    Semuga Allah memelihara umat Islam Indonesia sebaik baiknya., Islam adalah agama sebenar disisi ALLAH

  • PUTRA TUNGGAL CHANNEL
    PUTRA TUNGGAL CHANNEL 8 bulan yang lalu +132

    Luar biasa bu neng, mereka bapak" tercengang mendengarkan penjelasan tentang koplekasi pedoman tentang pernikahan&waris, dari pasal 33 sampai 44...semoga ada lagi bu neng yg bisa menegakkan hukum syariat islam&tata negara.

    • Ga Ga
      Ga Ga 7 bulan yang lalu +1

      Ga..usah..macam...macam...ngomong.tidak..boleh..hukum...islam...tetap..tidak...boleh...nikah...beda..agama..terimalah...hukum...Allah....jangan...melawan..hukum..Allah..hukum...islam..

    • Norhayati Binti Dahalan
      Norhayati Binti Dahalan 7 bulan yang lalu

      @Griss La
      *YOH : 8 : 44*
      Tuhan selain Allah adalah TUHAN IBLIS....mereka KAFIR...

    • Griss La
      Griss La 7 bulan yang lalu

      Emang agama di luar Islam bukan sembah Tuhan yg BHS.arabnya Allah????

    • Abdul Rosyid
      Abdul Rosyid 8 bulan yang lalu +1

      @Pondang Sinaga somplak

    • Salehong Hong
      Salehong Hong 8 bulan yang lalu

      @tri maulina Ayub hilal ini hasil dr eksperimen manusia di klon sperma babi lahirnya manusia setengah jadi.... spesies ini blm jls statusnya....

  • Abu Darda
    Abu Darda 7 bulan yang lalu +1

    Hukum Allah adalah ketetapan dan tak boleh di ubah oleh manusia apapun kondisinya

  • Kalam DotcomTv
    Kalam DotcomTv 5 bulan yang lalu +2

    Bu Neng Semoga Allah Berikan kebahagiaan dunia dan akhirat Salam Takzim 🙏🏻👍🏻

  • Eka Nuryanti
    Eka Nuryanti 6 bulan yang lalu +1

    Trimakasih penjelasannya pak Jayus...
    HAM srgkl menjadikan manusia mengalahkan hukum dan aturan Penciptanya...

  • zumairi blp
    zumairi blp 7 bulan yang lalu +2

    Semoga pak Ky hamdan rasyid selalu dalam lindungan Allah,,
    Penjelasan beliau Tepat dan jelas sebagaimana yg telah ada dlam syariat allah,

  • Quency Ego smurf Squad
    Quency Ego smurf Squad 8 bulan yang lalu +507

    Kadang tuhan itu memberikan cobaan dengan adanya CINTA BEDA AGAMA, untuk menguji seseorang apakah dia lebih mencintai CIPTAANNYA atau SANG PENCIPTA.

    • /Amel
      /Amel 23 hari yang lalu

      5

    • Elvi Suzianti
      Elvi Suzianti 2 bulan yang lalu

      Betul sekali 👍👍👍👍

    • Nurhamsyah 04
      Nurhamsyah 04 2 bulan yang lalu

      Best

    • Nasir Achie
      Nasir Achie 3 bulan yang lalu

      Life is choise.
      Ikut aturan Allah atau
      Ikut aturan nafsu dunia & logika.
      Semua ada konsekwensinya.

    • Isni Lulu
      Isni Lulu 5 bulan yang lalu

      Saya muslimah.. dan saya sepakat,👍

  • Syed Putra
    Syed Putra 7 bulan yang lalu +2

    Benar 100% kata2 KH Hamdan Rasyid berlandaskan ajaran Islam yg jelas lagi nyata.

  • idham halid
    idham halid 7 bulan yang lalu +2

    Demi kepastian hukum khususnya hukum perkawinan, sebaiknya pemerintah harus tegas melakukan penegakan hukum terhadap pihak-pihak yang telah mendukung bahkan melegalkan perkawinan beda agama yang tidak diperbolehkan oleh peraturan per-UU-an yang berlaku seperti yang dilakukan oleh saudari IRMA dengan organisasinya. Sebagaimana yang dijelaskan oleh bapak KH.HAMDAN RASYID dari MUI Dan Prof.NENENG ZUBAEDAH sangat-tangat jelas, tegas dan rinci bahwa perkawinan beda agama dilarang baik menurut hukum Islam maupun hukum negara. Mungkin sebaiknya bubarkan dan lakukan proses hukum terhadap organisasi yang mendukung dan mempasilitasi bahkan melegalkan perkawinan beda agama di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan KETUHANAN YANG MAHA ESA ini. Semoga kita ummat Islam tetap berpegang teguh kepada Al-Qur'an dan Hadis Nabi. Amin, amin Ya Robbal Alamin.

    • Totok Windarto
      Totok Windarto 5 bulan yang lalu

      Yah menurut saya perdebatan ini sudah selesai dan sangat jelas hukum nya. Tapi bagi pihak yg ngotot atas dasar cinta ato hak asasi ato apapun terserah, yg penting kita dah ingatkan dan memberi pemahaman. jadi resiko dunia akhirat tanggung sendiri.

  • Baker abu
    Baker abu 7 bulan yang lalu +2

    dalam soal ini tidak boleh ikut hakim undang2 sekular , ini undang2 keluarga Islam dan mesti ikut hukum syariah .

  • fhadillah usman
    fhadillah usman 6 bulan yang lalu

    bang karnie ini luar biasa,usia tidak muda lagi tapi bawa acara berdiri terus👍

  • Nadian Hidayat
    Nadian Hidayat 8 bulan yang lalu +268

    Masyaa Allah Bu Neng. Semoga selalu istiqomah dengan yg Bu Neng pegang, yg Bu Neng imani.
    Catatan: bagi setiap Muslim, keimanan diatas perasaan.

    • Enjang Koswara
      Enjang Koswara 4 bulan yang lalu

      @Mashudah Dadah aamiin

    • Enjang Koswara
      Enjang Koswara 4 bulan yang lalu

      Jempol empat untuk bu eneng😍😍😍😍

    • Ariff Mustaqim
      Ariff Mustaqim 7 bulan yang lalu +1

      @Sri Kandi memang.betul.saya.setuju..dgn.kamu...yg.nikah.beda.agama.itu..menhalalkan.nya.org.kapir.org.muslim.tidak.akan.buat.begitu..biar.pun.cintaseama.cinta.demiakidah.hukum.agama.ia...ia.bukan.boleh.di.permain.mainkan.sesuka.hati..sebenar.nya.hanyaberlaku.di.indo.saja

    • Sri Kandi
      Sri Kandi 7 bulan yang lalu +1

      Perkawinan yg sah adalah ,perkawinan se iman dan se agam

    • Norhayati Binti Dahalan
      Norhayati Binti Dahalan 7 bulan yang lalu +9

      @Griss La
      👉☪️Bagi Muslim gampang loh...
      Ikutin aja ajaran dlm Al Quran, udah..👍.beres kok....
      Ga perlu banyak argumen....
      Ga ada bedanya umat Islam Indonesis & Malaysia..
      Kami umat Islam mengimani ☪️Tuhan itu Allah, Allah Yg Maha Esa
      ☪️Al Quran & Hadis adalah petunjuk kami...

  • Octaf Manurip
    Octaf Manurip 6 bulan yang lalu +1

    Kalau cinta di benturkan ke agama, Pasti akan susah, Bahkan akan membuat sangat lebih ribet.

  • Donitobing Tobing
    Donitobing Tobing 7 bulan yang lalu +1

    Kren pengalaman dan refleksi mas Daniel Rudi, salut dgn kedewasaan ber'agamanya. Sehat, sejahtera, dan bahagia keluarga kalian ya mas. Doa-doa yg baik menghampiri kalian👍

    • Dheru m
      Dheru m Bulan Yang lalu

      Jika seluruh manusia bersepakat dan setuju dengan pernikahan beda agama, itu semua tidak akan mengubah hukum Allah.
      Allah adalah pemilik bumi dan pembuat peraturan yg mutlak..!
      Dari diskusi ini bisa terlihat siapa yg beriman...siapa yg munafik..!

  • Sumini Agus
    Sumini Agus 7 bulan yang lalu

    Jika memang Allah melarang dan mengatakan itu zinah dalam Alquran, namun engkau tidak mau dikatakan zinah dan melakukan pembenaran, lalu kami bisa ambil bahasa apa yang lebih halus, padahal secara bahasa Alquran adalah sebuah Kitab yang memiliki bahasa paling indah dan Bahwa bahasa Arab adalah bahwa yang memiliki keistimewaan dan kosakata terbaik di dunia😇

  • norsiah backup
    norsiah backup 7 bulan yang lalu +1

    Semoga meneguhkan iman ibu neng, semoga Allah sentiasa melindungi ibu neng.

  • Syamsul Bakhri Tanri -Dino
    Syamsul Bakhri Tanri -Dino 8 bulan yang lalu +225

    Bangga Kita untuk Pak Ky Hamdan Rasyid dan Prof Bu Neng semoga Selalu sehat panjang Umur dan Kader2 kedua beliau selalu ada

    • Enjang Koswara
      Enjang Koswara 4 bulan yang lalu

      Aamiin

    • edi hermawan
      edi hermawan 5 bulan yang lalu

      @Tience Chayank 🤭🤭🤭

    • John G. Parreira
      John G. Parreira 6 bulan yang lalu

      Apa saja yang dibawah ke ranah Agama akan menimbulkan huru-hara dan hiruk-pikuk....

    • Zulkifli Saamah
      Zulkifli Saamah 6 bulan yang lalu

      Subahanallah. Mantop! Tahniah buat Bu Neng kerana berkata benar mempertahankan hukum Islam daripada dilecehkan oleh mereka yg sentiasa mencari kesempatan merosakkan aqidah umat muslim.

    • Rhien Charien
      Rhien Charien 6 bulan yang lalu

      Aamiin🤲🤲🤲

  • Sangkawan
    Sangkawan 7 bulan yang lalu

    Mantapp pak kyai, jazakumullah khair

  • man dompu
    man dompu 6 hari yang lalu +1

    Alhsmdulillah pak kiyaimengatakan dgn tegas ,terma kasih banyak

  • Acidbyte 1234
    Acidbyte 1234 6 bulan yang lalu +1

    come on indonesia…jangan bikin malu sebagai negara islam terbesar di dunia….undang2 perlu dikaji semula tu

  • Cipto Utomo
    Cipto Utomo 7 bulan yang lalu

    Salut sama bu Neng,,,,,wanita banyak pengalaman 👍👍👍

  • Aria Atmaja
    Aria Atmaja 8 bulan yang lalu +145

    Cukup bangga terlahir menjadi orang Minangkabau. Masalah nikah beda agama di adat Minang sudah final. Dilarang dan sering di sebut zina. Pepatah Minang mengatakan "Adaik basandi Syarak, Syarak basandi kitabullah". "Adaik basisampiang, Syarak batilanjang." Yang dapat dimaknai Adat di Minangkabau melekat pada syariat Islam. Dan masalah adat masih bisa dimusyawarahkan, sedangkan masalah agama sudah mutlak adanya tanpa kompromi akal2 an.

    • sampoerna mild
      sampoerna mild 6 bulan yang lalu

      Dmna2 klo udah beda agama ya emang ga boleh.zina itu nmanya

    • yzxc
      yzxc 6 bulan yang lalu

      @muslimin ibrahim Jawa mana bang Jawa barat tetap beda agama haram .

    • INTAN SRI
      INTAN SRI 6 bulan yang lalu

      MasyaAllah 🤲

    • Misnar Misnar
      Misnar Misnar 7 bulan yang lalu

      BETTUUUL banget , harga mati !

    • Al FajR Jakarta
      Al FajR Jakarta 7 bulan yang lalu

      Jangan overproud
      Adik hamka juga nikah beda agama dan akhir nya murtad
      Di minang juga ramai tarekat yang membuat berubag tag line kalian menjadi : adat bersandi sarak, sarak bersandi tarekat bukan kitabulloh.

  • Sharikhan DHA
    Sharikhan DHA 7 bulan yang lalu

    Tahniah Neng Dzubaedah..👍
    Agama Islam mempunyai rukun nikah. Yang melarang keras pernikahan beza agama.
    Cuma anutan sicularisma yang membolihkan makanya menghasilkan anak luar nikah yang akan menyumbang kepada murtadin. 😇

  • ramdana ersa
    ramdana ersa 7 bulan yang lalu +2

    benar bgt kata Pak Ky Hamdan Rasyid, silakan kalau mau nikah beda agama kerna yang katanya cinta. TP DALAM ISLAM ITU HARAM.
    hukum nya jelas,
    syarat nikah dalam islam jelas.
    masih aja ada yang bela atas nama cinta

  • EDY (BLACK)
    EDY (BLACK) 3 bulan yang lalu +1

    INDONESIA HARUS BERKETUHANAN, INDONESIA TIDAK HARUS BERAGAMA,,,🙏🙏🙏

  • Okta Viant
    Okta Viant 2 bulan yang lalu

    Alhamdulillah Pak Kyai dengan tegas...MUI memfatwakan Haram. Di luar pendapat dan celah2 hukum yg di cari2 berdasarkan akal fikiran manusia atas nama toleransi.

  • Indro Indro
    Indro Indro 8 bulan yang lalu +105

    Terima kasih pak kh.hamdan rasyid semoga narasumber yg mendukung perbedaan agama cepat sadar.

    • Adi Travel
      Adi Travel 8 bulan yang lalu +3

      K.h.Hamdan Rasyd memang of the Best.

    • Heru Setiawan
      Heru Setiawan 8 bulan yang lalu

      Love wins ❤️

  • Atman Aprianis
    Atman Aprianis 3 hari yang lalu

    Ngak ada sestem" di agama Islam udah jelas nikah beda agama itu haram titik .

  • Ade Hayati
    Ade Hayati 6 bulan yang lalu

    Saya suka dgn pencerahan dari ibu Neng, mantap,,,,,🙏🙏🙏👍👍👍 cerdas, jenius,,, dlm hal Islam,,,,,,

  • Saiful Armia
    Saiful Armia 4 bulan yang lalu

    Hukum agama sudah sangat jelas,halal,haram,jangan dibikin abu abu demi menyesatkan orang orang.

  • Rasima Ismail
    Rasima Ismail 4 bulan yang lalu

    Tdk harus dprdebatkan isu ini krn hukumnya JELAS n tdk diragui lg.
    Salam dri Malaysia.

  • Maya Sangkai
    Maya Sangkai 6 bulan yang lalu +18

    Saya masih berpacaran belum menikah tapi sementara mencari solusi untuk menikah, secara dua pihak tidak Ad yg ingin pindah agama Tpi di pihak cowok mau menikah beda agama Tpi sy tdk yakin yg akhirny sy mencari solusi krn bimbang, kini sy Sdh sangat paham dg hukum2 menikah beda agama. Ternyata tidak sah secara hukum dan agama, terimakasih Prof Sdh sangat membantu bagi hub sy🥺🙏🏻😇

    • Nurazmi Azmi
      Nurazmi Azmi 4 hari yang lalu

      Jangan mau terjebak atas nama nya cinta dan teloransi beragama,ingat iblis memakai beberapa jurus untuk meneruskan kita untuk melanggar hukum agama, maka sebelum terjadi perkuatkan iman kita,jangan utamakan cinta ciptaan Nya daripada sang pencipta

    • Dheru m
      Dheru m Bulan Yang lalu

      Laki laki dan perempuan muslim itu haram/di larang menikah dengan selain islam....itulah ketentuan hukum Allah.

    • Selvi Ramadhani
      Selvi Ramadhani 4 bulan yang lalu

      Fibbri golok lu

    • Isni Lulu
      Isni Lulu 5 bulan yang lalu

      Semoga Alloh mudahkan mba Maya melihat perpektif pernikahan dan kehidupan dengan sebaik baiknya kehidupan,

    • Adam Muhammad
      Adam Muhammad 6 bulan yang lalu

      Trus skarang sudah nikah blum?

  • Secret Viewer
    Secret Viewer 6 bulan yang lalu

    Sy menjadi tertarik dengan perbincangan ini..kerana indonesia adalah sebuah negara islam,namun bisa ada masalah ini ..sepatutnya bagi mereka yg beragama islam,isu ini tidak sepatutnya menjadi isu yg besar...kerana di negara sy, isu ni tidak pernah berlaku..dan jika berlaku,pasti melalui illegal proses..dan ada tindakan undang2 yg akan dikenakan kepada mereka yg membuat kerja haram ini..

  • Wan Mohd Sani Wan Sabdin
    Wan Mohd Sani Wan Sabdin 7 bulan yang lalu +1

    Assalammualaikum wbt....Buat saudara² ku di sana.kami di Malaysia MMG tidak di benarkan sama sekali menikahi berbeda Agama mahu pun lelaki atau perempuan,.Perkahwinan ini bukan hanya untuk keseronokan di dunia sahaja malah akan di bawa ke akhirat kelak,.Bagaimana pula dgn anak² yg tidak berdosa membesar dgn ajaran yg lain² kelak.dlm Islam di haramkan perkahwinan berbeda Agama bukan undang² manusia sahaja, malah undang² Islam yg mendidik kita ikut apa yg di ajar kepada kita.undang² perkahwinan berbeda Agama mistilah di haramkan bukan manusia yg bercakap akan tetapi Allah SWT yg telah menurunkan Al'quran sebagai panduan buat umatnya.Wallahhualam.

  • Muhammad Abdurrahman
    Muhammad Abdurrahman 5 bulan yang lalu

    Alhamdulillah....KH Hamdan sangat tegas....NIKAH BEDA AGAMA HUKUMNYA HARAM...menurut syariat islam.
    Tegas dan Markotop.

  • Nurhamsyah 04
    Nurhamsyah 04 2 bulan yang lalu

    MasyaAllah Bu Neng. Terima Kasih hadir di sini... semoga amal jariyah informasi bermanfaat bagi saya dan lainnya. Sehat selalu

  • Rahmat BIN ALI
    Rahmat BIN ALI 7 bulan yang lalu

    Bukan caranya mengangkat diri lebih hebat berbanding yg lain! Perlulah di buat undang2 untuk semua pihak.

  • Justitia viva
    Justitia viva 6 bulan yang lalu

    terima kasih ILC sdh menyediakan forum terkait pernikahan beda Agama.

  • Zainy Zai
    Zainy Zai 3 bulan yang lalu

    Pimpinan tertinggi di dalam kerajaan Dan ulamak2 di indonesia perlu bersama2 memperkukuh kan syariah islam Dan undang2 keluarga islam di indonesia agar muslim Dan keluarga islam di indonesia tidak terkeliru

  • purnami purnami
    purnami purnami 8 bulan yang lalu +36

    Alhamdulillah.. Terimakasih Bpk. KH Hamdan Rasyid tegas dan jelas, juga Ibu prof. Neng Zubaedah jelas dan lugas.
    Semoga sehat selalu... Aamiin...

  • Johari Matnoor
    Johari Matnoor 6 bulan yang lalu

    Alhamdulillah..terbaik Bu Neng..hukum Allah mesti d angkat

  • Jessindo Graphy
    Jessindo Graphy 5 bulan yang lalu

    Sy kagum sama bu neng zubaedah... Semoga Allah memudahkan semua urusanya

  • dnl
    dnl 4 bulan yang lalu

    Betul, terlampau mendewa toleransi sampe melanggar hukum Allah. Anak yang dilahirkan adalah anak luar nikah ato Harom, ibu bapanya tidak lain dari membuat zina. Perlu menikah semula dengan keduanya Islam. Hukumnya begitu setahu saya. Ini udah Islam ke arah liberal. Nauzubillahiminzalik

  • Lasimun
    Lasimun 7 bulan yang lalu

    Pilihan2 kita nanti pasti akan dipertanggung jawabkan dihadapan Allah, apakah kamu masuk kategori takwa atau ingkar thdp Allah atau masuk kategori melanggar ketentuan Allah, hukum Allah pasti tegas dan adil, oleh karena itu saya menyarankan kita jangan sampai melegalkan pernikahan beda agama pasti dosa terus menerus yg akan didapat, tinggal kamu memilih menentang Allah akibatnya menjadi kufur tapi kalau kamu melaksanakan aturan Allah akan mendapat kategori orang yg beriman .

  • Nur Hidayat ELM
    Nur Hidayat ELM 8 bulan yang lalu +24

    Maa Shaa Allaah
    Ibu Neng sungguh sangat cerdas Dalam penyampaian ilmu,

  • agung avicena
    agung avicena 3 bulan yang lalu

    Itulah kenapa pendidikan agama tuk bekal dan membentuk benteng iman yg kuat.

  • Ratna Putri
    Ratna Putri 7 bulan yang lalu

    Bu eneng Tegas,lugas ❤️

  • jabit jabit
    jabit jabit 6 bulan yang lalu +1

    cuma kawin bukan nikah… jgn disama undang2 dan hukum..

  • Sobari Almaliki
    Sobari Almaliki 6 bulan yang lalu

    Ikuti aturan agama nya masing2,,klau nikah beda agama ttep aja tdk sah,.orang yang tdk berakal klau emang sampai nikah beda agama,,klau emang cinta itu di atas segalanya ya udah pindah agama aja salah satunya..walaupun hanya formalitas doang,... 🙏🙏🙏🙏

  • Muna Mukhlisah
    Muna Mukhlisah 8 bulan yang lalu +55

    YaAllah berilah perlindungan kepada bapak K. H. Hamdan Rasyid yg menyuarakan hukum Islam. Saya sangat setuju dengan pendapat beliau, dalam Islam menikah harus seagama, kalau menikah beda agama itu hak individu masing-masing.

  • laskar islam
    laskar islam 5 bulan yang lalu

    Jika perkawinan beda agama bisa di loloskan undang undang nya...
    Maka tidak mungkin juga untuk pernikahan beda jenismun ada kemungkinan besar bisa lolos jadi undang undang.selama pembuatan undang-undang di DPR hikmahnya akhlak dan aqidah di para wakil rakyat di DPR...

  • Udin Salam
    Udin Salam 7 bulan yang lalu

    Jangan membuka 'kotak pandora' deh...untuk urusan keyakinan (termasuk urusan perkawinan) sandarkanlah kepada hukum yang telah ditetapkan oleh agama.

  • Syed Putra
    Syed Putra 7 bulan yang lalu +1

    Islam sudah jelas dan nyata, usah diputar belit semata2 ikut hukum akal & perasaan. Ia telah ditetapkan sebagai format untuk diikuti kalau tidak iman mu akan dipersoalkan diakhirat.

  • Jesaya Hutabarat
    Jesaya Hutabarat 7 bulan yang lalu +1

    2 Korintus 6:14
    Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?
    Di Kristen pun di larang perkawinan yg tidak seiman.karna ngk mungkin Anak Terang bisa menyatu/sejalan dengan kegelapan ( orang yg belum menerima jalan kebenaran ).

  • pcs
    pcs 6 bulan yang lalu +1

    Di indonesia terlalu banyak orang pintar bicara dan berpolitik sampai yg haram di halalkan . Sudah jelas dan terang Allah dan rasulnya mengharamkan nikah beda agama. Kalau masih ada orang Islam menghalalkannya maka tangung dosa dunia akhirat

  • Gojek Driver
    Gojek Driver 6 bulan yang lalu

    Seharusnya...sebelum menikah ,mereka disuruh belajar agama sesuai keyakinanya..biar lebih paham dan lebih mengimani apa yg jadi perintah agama masing masing...

  • Joshua Pandu
    Joshua Pandu 6 bulan yang lalu

    Sudah lama seperti itu, hanya buat syarat saja. Yang pasti yang dicatatkan di catatan sipil harus satu. Masalah dosa atau halal atau tidaknya secara agama itu urusan pribadi masing-masing. Secara de yure dan defacto agama mensyahkan. Kalau dipermasalahkan harusnya undang2 nya diperbaiki (harus 1 agama/tidak diakui negara) dan sangsi hukum dianggap membohongi negara atau apalah...???

  • Liander Gleen
    Liander Gleen 7 bulan yang lalu +1

    Apakah judulnya yg salah atau om karni yg LOL..
    Seharusnya judulnya "PERKAWINAN BEDA AGAMA MENURUT AGAMA ISLAM"

  • Siregar Mulak
    Siregar Mulak 8 bulan yang lalu +17

    Trimakasih bu neng yh telah lugas menjelaskannya, saya paham di islam sudah tegas menjelaskan bahwa menurut agama perkawinan tidak main main urusannya akan di pertanggung jawabkan di akherat....., inilah telah lahir dan sudah ada pemikiran islam liberal yg selalu meng ada ada yg seharusnya tidak boleh, nurholis majid dan gusdur tinggal mempertangung jawabkanya di hadapan Allah ats ajarannya

  • Addit Kurniawan
    Addit Kurniawan 4 bulan yang lalu

    Salut bu Neng zubaedah berusaha untuk mengimani syariah islam. Terima kasih ibu semoga wejanganmu menjadikan para dewasa di televisi itu menyentuh hati.

  • Adam Muhammad
    Adam Muhammad 6 bulan yang lalu

    Mantaaap KH. Hamdan Rasyid sehat selalu dan panjang umur🤲

  • Enos Lagimpu
    Enos Lagimpu 4 bulan yang lalu +1

    Rujukan bukan dari pendapat dari orang yang menapsir tapi harus dari kitab suci masing2.

  • Kusdi Ningsih
    Kusdi Ningsih 5 bulan yang lalu

    Akan lebih baik kehidupan manusia andai sama" seiman, sebab kesamaan keimanan akan memberi kebahagiaan tersendiri dalam keluarga . Terlebih lagi untuk anak" keturunan kita akan lebih jelas agama apa yg akan diikuti, tanpa harus bingung ikut agama siapa ....ayah ...atau ibu ....andai orang tua beda agama .

  • Surahman Yanto
    Surahman Yanto 8 bulan yang lalu +156

    Pelan-pelan Indonesia digiring ke arah pemikiran Islam Liberal... Naudzubillah semoga keluarga kita terhindar

    • Blt damiri
      Blt damiri 4 bulan yang lalu +1

      Indonesia bukan negara islam.indonesia punya semua umat beragama yang diakui negara ini.berfikir lah

    • Muslim no  one
      Muslim no one 6 bulan yang lalu

      @ujang senang tidak semua kristiani hanya kaum DOMBEL (domba pninggalan Blanda) saja..😂

    • ujang senang
      ujang senang 6 bulan yang lalu

      Kristinasi sudah hampir menembusi tembok islam di indonesia

    • Dwi Firmansy
      Dwi Firmansy 6 bulan yang lalu

      Tull

    • Projeck Manajer
      Projeck Manajer 7 bulan yang lalu

      NAUZUBILLAH HIMIN ZALIK, ramai nya KAFIR dari ISLAM. INI BUKAN NEGARA ISLAM, INI LAH NEGARA KAFIR.

  • Hana & Hadi
    Hana & Hadi 7 bulan yang lalu +1

    Ibu Ilma, soal hukum agama bukan diukur ikut logik dan kemahuan manusia. Jika begitu bisa aja Ibu Ilma support perkahwinan sesama jenis atas dasar kemahuan manusia..

  • Rahman Pumar
    Rahman Pumar 6 bulan yang lalu

    Doa kami untuk ibu yg satu ini, agar Semoga anak cucu dia agar selalu kawin beda agama dan mengalami pemurtadan oleh para sales agama seberang... 😂😂😂

  • Bosir Hsb
    Bosir Hsb 5 bulan yang lalu

    Sehat sllu bu neng...walau bagai manapun setuju nya manusia.. takkan merobah hukum Allah..

  • Asranudin
    Asranudin 6 bulan yang lalu

    Nikah beda agama itu memilih dalil2 lemah dan tidak meyakini dalil lain terkait keluarga.

  • Tamylia
    Tamylia 8 bulan yang lalu +19

    Masya Allah. Tabarakallah. Doa-doa baik untuk Bu Neng dan Kyai Hamdan 🤲

  • Tuminah Ratna
    Tuminah Ratna 7 bulan yang lalu

    Hebat Bu neng tegas pinter dan selalu mengeluarkan ayat dgn omongannya

  • Nurhana Ibrahim
    Nurhana Ibrahim 6 bulan yang lalu

    Memang salah yg Ilma.Klau salah tentu salah wlaupun anak luar nikah.Mesti taubat dan jadi Muslim dan anak diterima.Islam prevention bukan cuba solve masalah.Tidak boleh dibenarkan kasihan mesti hukum berat. Seperti hukum zina membunuh dan lain.Anak ini tidak berdoa dijaga baik tetapi tidak diiftiraf.Seperti pengedar dadah mesti hukum mati dan penzina pun begitu.

  • Reyhan Reyhan
    Reyhan Reyhan 6 bulan yang lalu +1

    Orang nikah beda agama itu haram, bagaimana orang menjalani hidup beda agama di akhirat nanti, kalo kita nikah sudah haram.

  • Muhsinin Muci
    Muhsinin Muci 7 bulan yang lalu

    Pemerintah indonesia harus tegas jangan hanya mikirin buah dada saja kepercayaab itu penting karna agama islam itu yg paling benar

  • Epi Kalapiah
    Epi Kalapiah 7 bulan yang lalu +21

    Saya setuju dgn pak kiyai ...semoga allah selalu melindungi bpk kiyai dan bu neng ..dan saya terima ksh ats ilmunya untk kami yg minim ilmu agama nh jd kami paham 🤲🤲🙏

  • Yuliando dwi Harsanto
    Yuliando dwi Harsanto 6 bulan yang lalu

    Bu neng keren deh, tidak boleh cari pembenaran hukum Allah yg sdh jelas

  • Nurazmi Azmi
    Nurazmi Azmi 4 hari yang lalu

    Lebih baik menikah dengan budak asalkan seiman, aturan agama/hukum Islam dari dahulu sampai sekarang masih sama YG Nggak bisa di rubah dengan alasan apapun apalagi alasan soal cinta