Mahathir Bicara Ulama dan Jokowi | Catatan Najwa

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 9 Agu 2019
  • Mahathir Mohamad masih menjadi salah satu orang berpengaruh di dunia. Kepiawaiannya dalam berpolitik tidak diragukan lagi. Kurang dari dua tahun, partai yang baru saja didirikannya mampu mengalahkan partai besar yang sudah puluhan tahun berkuasa, UMNO. Di usia 94 tahun, ia masih saja berkutat di kursi eksekutif, bekerja delapan belas jam dalam sehari.
    Kali ini Mahathir bicara blak-blakan tentang sikap frontalnya mengeluarkan kebijakan mengurangi silabus agama di sekolah-sekolah Malaysia. Tak sedikit pun ia gentar dicap anti-agama, liberal hingga sekuler. Pria yang sudah malang melintang di kancah politik lebih dari 70 tahun ini juga mengungkap penilaiannya terhadap Presiden Jokowi dan bilateral soal TKI, hingga kontradiksi perannya sebagai pemimpin di negara multietnik yang menerapkan politik rasial atau politik identitas.
    (Narasi)
    #Mahathir #Jokowi #CatatanNajwa #Narasitv
    Jangan lupa subscribe, tinggalkan komentar dan share..
    ada juga Narasi Channel: bit.ly/NARASICHANNEL
    dan Nara-Z bit.ly/NARA-Z
    Mari subscribe yuuk..
    najwashihab
    NajwaShihab
    najwashihabofficial
    IDclips Business Inquiries: youtube@drm-indonesia.com
    Najwa Shihab IDclips is under management of:
    dr.m, Indonesia's 1st Certified & Official IDclips MCN
    servicesdirectory.withidclips.com/user/directorypt-digital-rantai-maya-drm

Komentar • 6 262

  • Ninit Nit
    Ninit Nit Jam Yang lalu

    Dr M panutankuuu. Panjang umur sehat selalu Tun. You're seem like my grandpa..

  • Martin Chanias
    Martin Chanias 3 jam yang lalu

    This is quality. Thanks Najwa Shibab for the talkshow. Saya orang Indonesia dan Tun Mahatir adalah politisi yang sangat terkenal sejak saya kecil (30 tahun lalu). Dia orang besar, dan politisi tersohor. Semoga Pak Jokowi berumur panjang dan punya visi yang sama dengan beliau. Wahai rakyat Malaysia, berbanggalah atas pemimpinmu. Salam dari Indonesia

  • selfi fetal selfi Dra
    selfi fetal selfi Dra 22 jam yang lalu

    Semalam aq liat Dr m sm najwa ngobrol g ngantuk...... Bener

  • Felicia Kalia
    Felicia Kalia Hari Yang lalu

    Sehat selalu pak mahattir

  • Wahyu Hidayat
    Wahyu Hidayat Hari Yang lalu

    Mahatir dia sudah menelantarkan sabah dan sarawak selama 20 tahun lebih! Dan sekarang warga sabah sarawak ingin merdeka!!

  • Ahmad Rudi 2865
    Ahmad Rudi 2865 Hari Yang lalu

    Lanco mahathir orang indonesia semua di tangkap bodoh kau mahathir

  • Baitong love cat naka
    Baitong love cat naka Hari Yang lalu

    Malaysia-Sayer
    Indonesia-Saya
    Kelantan-Sayea
    Patthani-Sayor

  • heidy chicano
    heidy chicano Hari Yang lalu

    WOW

  • misai kumis
    misai kumis Hari Yang lalu

    Tun M bukan hanya politisi akan tetapi agamis...semoga di berikan umur yg panjang dan meninggal dalam ke adaan khusnul khotimah...

  • Richard Mogi
    Richard Mogi Hari Yang lalu

    One of the greatest leader

  • Sarjito jito
    Sarjito jito 2 hari yang lalu

    Mr M. Pribadi yang berkarakter, punya visi yang jelas. Pemimpin yang berkelas. Beda jauh dengan tetangga nya.

  • Dhe Raa
    Dhe Raa 2 hari yang lalu

    pantas saja kesejahteraan malaysia lebih baik dari pada indonesia.... wong pemimpinnya kaya gini .....
    ...
    haduh jauh banget sama pemimpin kami

    • Fajar Aprino
      Fajar Aprino Hari Yang lalu

      Tidak mudah mengurus 260 juta orang bro.
      Malaysia tidak sebanyak kita.
      Jangan lupa Indonesia masuk 10 negara ekonomi Terbaik saat ini.
      Dan satu lagi Indonesia satu-satunya anggota G 20 dari Asia Tenggara.
      Yang masuk G 20 hanya ada 20 negara dan ke 20 negara itu semua nya adalah negara ekonomi terbaik di dunia.
      Berbangga lah.

  • Boy Bulakwinong
    Boy Bulakwinong 2 hari yang lalu +1

    Salam sehat selalu Dr M, semoga berkah umur menjadi tauladan next generation.

  • Joy Division
    Joy Division 3 hari yang lalu

    aaaaa mba nana kalo udah senyum meleleh dunia ku

  • Yadi Reyhandreas Dito
    Yadi Reyhandreas Dito 3 hari yang lalu

    Salam hormat kami dari masyarakat Indonesia โค๏ธ

  • Ya' Mochtarudin
    Ya' Mochtarudin 3 hari yang lalu

    Gak ada komentar banyak tuh Tun Mahathir tentang Jokowi ?
    sepertinya judul narasinya salah.
    Wkwkwkw
    Gw salut sama Mbak Najwa.
    Sukses selalu

  • Rizky Aryasatya
    Rizky Aryasatya 3 hari yang lalu

    I am indonesia..salam satu rumpun..semoga
    TUN MAHATIR slalu diberi kesehatan,,

  • Handayani Epri
    Handayani Epri 4 hari yang lalu +4

    He is one of my favorite leader , he is outspoken and brave to oppose west and his fight for the Palestinian voice
    Amazing person โค๏ธ

    • Wahyu Hidayat
      Wahyu Hidayat Hari Yang lalu

      Mahatir mengeruk sumber alam sabah sarawak selama 20 tahun lebih kasus palestina dia cuma cari panggung dan bermain wayang saja!

    • Noer Dzaki
      Noer Dzaki 2 hari yang lalu

      Are u malaysian?

  • tini aisyah
    tini aisyah 4 hari yang lalu

    mba najwa cerdas sekali mantap sekali

  • Sumargo Oo
    Sumargo Oo 4 hari yang lalu

    Sangat luar biasa sekali wawasan beliau tentang Islam,Islam adalah cara hidup bersosial yg damai, pandai berpolitik dan menganalisis masalah politik serta mengambil kebijakan politik n sangat santun sekali .good akhlak ๐Ÿ‘๐Ÿ™

  • Abang GORENGAN
    Abang GORENGAN 4 hari yang lalu

    Semoga sehat selalu dato Matathir semoga Allah SWT selalu melindunginmu dan semoga panjang umur

  • Wendra Duta
    Wendra Duta 4 hari yang lalu

    TUN MAHATHiR salah satu pemimpin terbaik yg di sukai rakyat INDONESIA dan dicintai RAKYAT MALAYSIA.

  • Diana Anggraini
    Diana Anggraini 5 hari yang lalu

    Lihat Dr . M ingat presiden soehartoe... Sehat selalu Dr. M semoga allah melindungi engkau dunia dan akhirat... Salam ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

  • kakang pailul
    kakang pailul 5 hari yang lalu

    Keren bener2 mbak Nana...๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ

  • Butonk Arief
    Butonk Arief 5 hari yang lalu

    junjungan kita ini adalah nabi Muhammad SWT. bukan orang arab.

  • Farid Eniqma
    Farid Eniqma 5 hari yang lalu

    Mahatir rasis

  • Hendrik purnomo hadi
    Hendrik purnomo hadi 5 hari yang lalu

    Little soekarno

  • jekek MoradzMaridz
    jekek MoradzMaridz 6 hari yang lalu

    Ngefends saya Sama Pak Mahatir

  • Aisyah Zulaika
    Aisyah Zulaika 6 hari yang lalu

    Apakah pendapat anda tentang tun mengangkat peguam negara (thomy Thomas)sebagai pemegang undang undang dinegara Islam.adakah itu yg diajar dalam AL Quran.?keliru....

  • Yu Yuhazree
    Yu Yuhazree 8 hari yang lalu

    Idola dan lagenda yang saya kagumi tulus dari hati. 70% kemajuan yang dicapai hari ini hasil pimpinan beliau.

  • Isti Ria
    Isti Ria 8 hari yang lalu +1

    Br episode ini betaah bgt nntn wwncr najwa, dan flow pertanyaan+pembawaan najwa kynya plg enk dsni

  • Ali Gufron
    Ali Gufron 8 hari yang lalu +1

    Semoga bapak tun tetap sehat dan istiqamah

  • next mkr
    next mkr 10 hari yang lalu

    Salam ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

  • eka 1
    eka 1 10 hari yang lalu

    Salah satu pemimpin yg sy sukai diluar pemimpin nasional Indonesia. Utk menjabarkan pemikiran beliau harus berusaha keras dlm menafsirkan serta mencernanya. Smg beliau di beri kesehatan oleh Allah SWT.
    Kak Najwa terima kasih utk sajiannya dengan beliau.

  • Goreng Tea
    Goreng Tea 10 hari yang lalu

    Subhanaullah begitu ramah nya tuan mahatir semoga beliau selalu d berikan kesehatan lahir batin,amiiinnnn๐Ÿคฒ๐Ÿคฒ

  • cool 2018
    cool 2018 11 hari yang lalu

    Ingat,berpegang kpd quran, bukannya uas atau waloni atau rizieq

  • Ful Azka
    Ful Azka 12 hari yang lalu

    Sebuah kesuksesan bagi Najwa Shihab bisa bertemu dan mewawancarai perdana menteri Mahathir Mohammad. Terlebih dalam wawancara tersebut, Dr M membuka rahasia, dimana asal usul istrinya merupakan orang Indonesia, dan menjelaskan bahwa sebelum ada Malaysia, orang Indonesia sudah banyak berada di sana, hal ini menunjukkan bahwa Indonesia (terutama suku Melayu) adalah nenek moyang daripada Malaysia. So.... yang identik dengan Melayu sebenarnya ialah Indonesia, sebab jumlah penduduk Melayu di Indonesia lebih banyak ketimbang Melayu di Malaysia. Tapi kerana Melayu di Malaysia merupakan penduduk dominan, sehingga Melayu identik dengan Malaysia,padahal Melayu sangat identik dengan Indonesia. Jadi, warga Malaysia jangan menghina Indonesia,jangan mengatakan Indonesia miskin, kerana banyak keturunan kalian berasal dari Indonesia. Menghina Indonesia sama halnya kalian menghina nenek moyang kalian.

  • Penembak Tepat
    Penembak Tepat 12 hari yang lalu

    Saya sebagai rakyat malaysia pun setuju jika hubungan malaysia dan indonesia menjadi lebih akrab. Sy beranggapan kedua2 negara ini tak ubah seperti adik beradik. Ada kalanya bertengkar dan adakalanya menangis kegembiraan bersama. Saya sudah lebih 5 kali datang ke sekitar indonesia. 90% layanan org disana adalah baik2 belaka. Hanya ada segelintir dari mereka yg agak membenci kalangan kami. Sedangkan kami sangat2 ingin melihat kedamaian sebuah bangsa melayu nusantara yg beragama ISLAM.

  • Ezzaty Zzuan
    Ezzaty Zzuan 12 hari yang lalu +2

    PM terbaikk malaysia yang penah ada..i lOVE TUN M ๐Ÿ’‹๐Ÿ’‹๐Ÿ’‹

  • Duapuluh Februari
    Duapuluh Februari 12 hari yang lalu

    idclips.com/video/4OeDTtXmbU8/video.html tanggapan orang india ke perdana mentri ini, baca kolom koment nya di translate aja kalo ga ngerti,

  • Pengguna Facebook
    Pengguna Facebook 13 hari yang lalu +2

    #2019TENGGELAMKANFPI

  • UAS LOVERS
    UAS LOVERS 14 hari yang lalu

    Tak banyak tokoh yang mampu membuat wajah nazwa seprti ini.. memencarkan rasa kagum dan memancarkan rasa ingin tahunya ke sosok TSb... berbanggalah malaysia memiliki sosok seperti Tun Dr mahathir... saya bangga sesama bangsa maju walau kita berbeda negara...

  • Muhammad Erwin
    Muhammad Erwin 14 hari yang lalu

    Indonesia menunggu Sri Sultan Hamengkubuwono memimpin Indonesia.

  • Alif Ratmawa
    Alif Ratmawa 15 hari yang lalu +1

    Keduanya idola saya
    Dr.M dan N

  • Ramadhan Metal
    Ramadhan Metal 15 hari yang lalu

    di malaysia cina bisa bikin partai nya sendiri? di indonesia auto deportasi ๐Ÿ˜

  • efi afrizal
    efi afrizal 15 hari yang lalu

    dulu kita pernah punya sriwijawa (baca: "bangga") namun...sekarang mereka punya putra jaya.......kita tak tahu bila kita nak kembali ke rahmatullah,....(inspiring)

  • ilham ramadhani
    ilham ramadhani 15 hari yang lalu

    Respect

  • Emir Syahreza
    Emir Syahreza 15 hari yang lalu

    straightforward banget ngomongnya pak mahathir

  • Handsome Monkey
    Handsome Monkey 15 hari yang lalu

    Kalau saja di Indonesia beliau pasti sudah difitnah sebagai anti Islam seperti Pak Joko Widodo, padahal beliau orang hebat yg menjaga negaranya agar tidak berubah macam Timur Tengah, itu sebabnya beliau sangat ingin Indonesia & Malaysia saling bergandengan agar tidak kehilangan jati diri bangsa.

  • abdi negara
    abdi negara 16 hari yang lalu

    HE'S NOT SOMETHING SPECIAL

  • Jebat Share
    Jebat Share 17 hari yang lalu +1

    Moga INDONESIA bakal jd negara maju dan hebat dibawah pimpinan Jokowi. Bangunkan sumber manusia yg ada. Indon boleh lakukkan.
    Siapa like tanda kita bersaudara.
    Salam satu kiblat frm Malaysia๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ

  • Sharul Haizan
    Sharul Haizan 17 hari yang lalu

    jika Tun jd pemerintah di Indonesia, setiap hari pasti akan ada demonstrasi di jalanan..

  • SmL Computer
    SmL Computer 17 hari yang lalu +1

    Begitulah orang yang bijaksana ,di segani oleh rakyatnya

  • Duapuluh Februari
    Duapuluh Februari 17 hari yang lalu

    TONTON NIH MALAYSIA 2019 idclips.com/video/GKcXjV6M-Kk/video.html lebih baik dari indonesia? pikir pakai otak. pemerintah susah payah membangun indonesia hargain lah

  • Mat Ali
    Mat Ali 18 hari yang lalu +1

    Mantul Tun M

  • irvan fazlyn
    irvan fazlyn 18 hari yang lalu +1

    "kalau kita memegang ajaran Al-Qur'an, kita akan menjadi individu yang maju, bangsa yang maju, negara yang maju".
    - Mahatir Muhammad -

    • irvan fazlyn
      irvan fazlyn 13 hari yang lalu

      Tidak juga..
      Tidak semuanya sombong..
      Dimana mana pasti ada org sombong..
      Yg baik juga banyak di Malaysia..

    • abdi negara
      abdi negara 16 hari yang lalu

      Taopi kwnyataaannya rakyat banglaysia sombong"

  • Tri hatmono
    Tri hatmono 18 hari yang lalu

    Orang malaysia tak tahu waktu Luang

  • Anang Prasetyo
    Anang Prasetyo 18 hari yang lalu

    Mugi pinaringan panjang yuswo mbah..

  • Juwita Maharani
    Juwita Maharani 18 hari yang lalu

    Suami istri masih utuh, Mahathir Mohamad usia 94 tahun, istrinya Siti Hasmah Mohamad Ali usia 93 tahun, sejaman dengan pak harto. Whats the secret?

  • TUTORIAL GAMING
    TUTORIAL GAMING 19 hari yang lalu

    Gua pikir pikir tun itu sama dengan bj.habibie. dan dia juga presiden atau di Malaysia kerajaan/pedana menteri ๐Ÿคฉ๐Ÿค”๐Ÿค”