Alasan ilmiah hilangnya Desa Petobo ditelan gempa Palu

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 3 Okt 2018
  • #gempasulteng#prayforpalu#gempadonggala#
    Desa Petobo di Palu, Sulawesi Tengah, hilang begitu gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,4 Skala Richter mengguncang beberapa wilayah Sulawesi Tengah, Jumat 28 September 2018. Kepada ANTARA, Selasa 2 Oktober 2018, Dr Sukirman Nurdin dari Fakultas Teknik, Universitas Tadulako, Palu, memaparkan alasan ilmiah mengapa desa itu hilang ditelan bumi. Dia berbicara tentang tidak tepat bangun sebuah sistem irigasi yang kemungkinan tidak mempertimbangkan kondisi struktur geologis tanah di desa itu dan beberapa tempat lainnya.
    copyright © AntaraTV
    LKBN Antara - Indonesia
    www.antaranews.com
    facebook.com/antaratv.kantorberitaantara?ref=hl

    You can also see our video on :
    1.Antaranews : www.antaranews.com/video
    2.IDclips channel : idclips.com/user/antaratvnews (antara tv)
    3.Yahoo : id.berita.yahoo.com/video/
    4.Twiter : twitter.com/antaratvjakarta
    5.Facebook: facebook.com/antaratv.kantorberitaantara?ref=hl (fan page)
    6.Mivo : www.mivo.com/#/antaratv (live streaming)
    7.Vidio.com : www.vidio.com/@antaranews
    8.Instagram : antaratv

    Uploader :
    budywearsprada@yahoo.com
    PERUM LKBN Antara
    WismaAntara
    @NewsRoom
    Jl. Medan Merdeka Selatan 17

    Sekretaris Redaksi :
    contact person : Antara TV
    Email : antaratv@antara.co.id
    Telepon : 021 3802383
    Fax : 021 3849442
    Text : 0812-8563-4948

Komentar • 925

  • Ranggi Metropolis
    Ranggi Metropolis 17 jam yang lalu

    Kuasa Allah itu seharusnya no 1.. Bukan sains fenomena atau apa sekali pun..Allah kehendaki maka terjadi seperti itu..dan orang2 yg melakukan sirik sudah terima azab nya dan di tenggelam kan di perut bumi...sesungguhnya azab Allah tu pedih di dunia Allah sudah tunjuk apa lagi di akhirat..

  • Naila ramadhani
    Naila ramadhani 19 jam yang lalu

    Hooyy..mungkin secara ilmiah bgtuu.. tpi gempa ini takdir Allah dan lbh tepatx adzab

  • Sq Studio
    Sq Studio 21 jam yang lalu

    Segala sesuatu pasti datang'a dari Allah dngn cara yg ilmiah agar manusia dpt mngambil pelajaran.....itulah kenapa kita manusia tdk diciptakan seperti proses penciptaan Nabi Adam AS, melainkan melalui proses yg ilmiah di dalam rahim....

  • fajar abdillah
    fajar abdillah 21 jam yang lalu

    ada pertanyaan yang masih mengganjal, ok kalau di Petobo karena diatas perkampungan ada saluran irigasi, bagaimana dengan perumahan yang ada di balaroa seputaran daerah perumahan tidak ada persawahan dan irigasi bagaimana?? DR. SUKIRMAN NURDIN alasan ilmiah untuk balaroa bagaimana??
    #ANTARATV #DR.SUKIRMANNURDIN #PAKARGEOTEKNIK

  • Mahdi Putra Hilal
    Mahdi Putra Hilal Hari Yang lalu

    Apa cuma saya yang gak mengerti apa yang di bicarakan sama Bapak ini.. Ambil kesimpulan kalo saya Menilai kata kata Bapak ini... Berarti satu kampung itu berdiri diatas air.. Begitu ya.. Berarti Kampung terapung ya.. trus karena gempa jadi ambles.. Kalo ada rumah dan pohon" yang berjalan saat gempa berarti itu air yang di bawah perkampungan Mengalir begitu ya..

  • Achmad Ruslin
    Achmad Ruslin Hari Yang lalu

    bahasa kecilnya kalo pribadi qt salah pst ada imbas hukumanya atau karma sebab akibat. pikir sendiri . hukum ketuhanan tetap berlaku. yg pst hukum Allah Swt. kajilah contoh2 azab dlm Alqur'an. sbg pedoman bukan sbg hiburan .dan dasari ilmu dunia dgn agama agar selaras dlm prilaku hidup.

  • Jamaludin 77
    Jamaludin 77 Hari Yang lalu

    i

  • Jony Iskandar
    Jony Iskandar Hari Yang lalu

    Masuk akal

  • Onar Bin Geger
    Onar Bin Geger Hari Yang lalu

    Dasar orang orang ketutup hatinya.. Ini maksudnya peringatan, warning!. Eeee masih aja ngeles ilmiah.. Ya emang semua ada sebab ilmiahnya, tapi terjadi atau ga tetap kuasa Allah.. Susah emang ngomong ma orang orang yang udah ditutup hatinya oleh Allah SWT.. Amit amit

  • Reza Oi
    Reza Oi Hari Yang lalu

    Kenapa masjid terapung yang brada di tengah laut gak hilang ...

  • Budi Anto
    Budi Anto 2 hari yang lalu

    Mau wilayah kelihatan aman tapi banyak maksiat,dan syirik,mustika.allah SWT akan murka,walau pun wilayahnya terlihat rawan gempar.rawan bencana.tapi penduduk nya tidak maksiat,mustika dan syirik Allah SWT akan melindungi kita.karena bencana tidak bisa di prediksi.siapa yang mengerakkan tanah tsb yaitu Allah SWT,siapa yang menggerakkan air laut yaitu Allah SWT

  • colonial hotel makassar
    colonial hotel makassar 2 hari yang lalu

    Hahahahhahah😂😂😂

  • Hendro Marpianto
    Hendro Marpianto 2 hari yang lalu

    Ga masuk akal orang adpal aja me julang ke atas.klo itu longsor gara salulan air pastinya tidak Kan megulung dan menggeser bukit. Dan juka bisa di hitung rumah yg hNcur ini hampir se kbu paten .. ko penyebabnya sLuran air sunamu juga datang

  • Edijaya Jaya
    Edijaya Jaya 2 hari yang lalu

    orang ini ngomong engk masuk akal

  • Affandi gaming
    Affandi gaming 2 hari yang lalu

    Kejadian di Sulteng itu sangat aneh.....karna kejadiannya milih2 tempat.....contohnya di petobo disana rata2 tempatnya orang maksiat

  • Sachs Husam
    Sachs Husam 3 hari yang lalu

    Bagusnya apa yang terjadi di muka bumi dilihatnya salah pada diri manusia itu sendiri dahulu dari mana sudut pandang pun. Akhirnya kita baru berserah pada Allah.

  • Brigade Nusantara
    Brigade Nusantara 3 hari yang lalu +1

    Kaum Sekuler liberal gak pernah bisa percaya segala balabencana akibat ulah manusia yg melakukan kemungkaran dan fahisyah sudah terang terangan..
    Ingin lagi mencari alasan ilmiah yg tidak ilmiah.. Mana kehebatan tekhnologi untuk bisa menahan bala bencana...
    فَكُلًّا أَخَذْنَا بِذَنبِهِ ۖ فَمِنْهُم مَّنْ أَرْسَلْنَا عَلَيْهِ حَاصِبًا وَمِنْهُم مَّنْ أَخَذَتْهُ الصَّيْحَةُ وَمِنْهُم مَّنْ خَسَفْنَا بِهِ الْأَرْضَ وَمِنْهُم مَّنْ أَغْرَقْنَا ۚ وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيَظْلِمَهُمْ وَلَٰكِن كَانُوا أَنفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ

  • Mohd Suffian Sulaiman
    Mohd Suffian Sulaiman 3 hari yang lalu

    salam simpati dari malaysia...sedihnya..dimana smua org kampung...ya Allah..luluh hati tgk

  • letok 555
    letok 555 3 hari yang lalu

    Maaf pak teori Anda hanya lah sebuah opini belaka

  • anak kucing
    anak kucing 3 hari yang lalu

    Maaf dr.sukirman nurdin. Anda cuma buang buang waktu dgn riset anda. Riset pakar para ahli selama ini nol besar. Kami sumatera. Bengkulu-padang khusus nya. udah muak dgr pakar tanah, gempa dll ngoceh seperti anda. ini semua kehendak allah statment anda seolah menjadi semacam pembenaran. Ini semua jelas krn maksiat. Kira semua telah lalai kepadanya. Udah gitu aja.
    (Saya orang sumatera yg sudah muak mendengar prediksi ilmuwan soal gempa yg yg terjadi d sumatera.) Penjelasan ilmiah gak ada gunanya.

  • anak kucing
    anak kucing 3 hari yang lalu

    Saya dari bengkulu. Pd th 2000an kami mengalami gempa besar juga. Setelah itu para ilmuan ilmuan hebat meneliti. Bahwa di garis pantai sumatera terdpat lempengan yg bisa bergeser setiap saat. Gempa gempa besar akan segera menyusul. Jadi pemerintah sigap dgn membuat sirine,alarm tsunami,rambu tempat berkumpul warga dll yg notabene menghabiskan banyak anggaran daerah. Skg sudah sktr 13 th berlalu. Tak ada gempa dahsyat yg d katakan oleh byk para ilmuwan. Sudahh lah... kita akui saja semua terjadi karena kehendak allah. Adzab allah yg di turunkan. Mau lu pada ngoceh ilmiah,riset,tanggapan para ahli, gue udah gak percaya.apalagi nih bpk yg sibuk ngoceh ilmiah. Gua gak percaya!!! Intinya mau apapun struktur tanah nya atau apalah...kalo mau kebalik,belah atau apapun itu gampang buat allah. Saran gue Di mana pun lu tinggal jauh jauhin maksiat deh.
    Wassalam...

  • IWAN SISWANTO#
    IWAN SISWANTO# 3 hari yang lalu

    gak logis deh om... irigasi BUKAN SEBAB UTAMA....tapi memang itu bekas danau purba... di dasar nya jauh lebih banyak air

  • Trade Lucky
    Trade Lucky 3 hari yang lalu

    Itu cuma perjalananya aja seperti itu,, tapi sudah jadi kehendak Allah.. mau di beton kaya apa juga kalo Allah sudah berkehendak tetep aja tidak akan kuat.. yg perlu di pertanyakan. Dosa apa yg kita buat, sehingga Allah memberi hadiah seperti itu..

  • Asdar Sidrap12
    Asdar Sidrap12 4 hari yang lalu

    Spertix bpak in g prcya klo it azab/teguran keras dr allah swt.sdrkah kalian.. sdh bxk dr klian yg mensalimi allah n bhkan ad yg menentangx shingga allah murka terhadap mereka yg zalim n ujian bg mreka yg taat kpdax.
    Semoga kalian smw n jg pribadi sndri lbih mendekatkn diri dr allah n mncoba n mnjauhi laranganx.amin...
    Smg yg terkena musibah dberikan ksbaran n ktabahan menghadapi smw in n pljran bsar bg kmi.
    Bgi para relawan n smw dsna sehat sllu.amin...

  • K Nio
    K Nio 4 hari yang lalu

    Makasih liputan bermanfaatnya ANTARA!!

  • Firman M Priyatna
    Firman M Priyatna 4 hari yang lalu

    Masa air gak boleh meresap 😀

  • Alif Ali
    Alif Ali 4 hari yang lalu

    prettt !

  • ABDULLAH RINO
    ABDULLAH RINO 4 hari yang lalu

    ASUMSI DASAR SEBUAH TEORI DALILNYA ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI (LIKUIFAKSI)...DI AGAMA SAYA DI AJARKAN FAKTA BUKAN TEORI...FAKTANYA MUSIBAH DTNG KETIKA SYIRIK DAN MAKSIAT SUDAH MERAJALELA...FAKTA

  • Ismail Ibrahim
    Ismail Ibrahim 4 hari yang lalu

    Alasan bagi yg tidak mahu akui kebesaran pencipta.. Maka geografi cuaca struktur itu stuktur ini.. Bagi yg ulama yg diangkat oleh manusia.hadis firman fatwa itu dan ini.. Maka kluarlah mcm pendapat..dipetik dari yg pernah belaku dizaman yg tetdahulu... Ternyata disitu tidak ada sesiapapon yg boleh menduga akan berlakunya sesuatu yg dirancang pencipta,penguasa semesta alam..adalah lebih baik. percaya yakin..bahawa apabila izrael dtg mencabutnya.. Tidak mengira walau dimana.. Bila dan siapa.

  • Peggy van Nierop
    Peggy van Nierop 4 hari yang lalu

    Kalau penyebabnya adalah karena irigasi yang dibangun tidak memenuhi standard pembangunan berarti para korban atau keluarga korban yang tertimbun dampak liquidfaksi bisa menuntut ganti rugi dong kepada pihak pembuat irigasi. Ini bisa jadi seperti case Lumpur Lapindo.

  • Hms Concept Racing Muffler
    Hms Concept Racing Muffler 4 hari yang lalu

    Yang jelas Tuhan murka. Apa yang selama ini manusia perbuat.

  • Angga Prasetya
    Angga Prasetya 5 hari yang lalu

    Tidak ada hujan, tidak terkena tsunami, tp terjadi likuifaksi.. alasannya mengandung air.. nah airnya drmn..?

    • Zahrotus Sorayya
      Zahrotus Sorayya 3 hari yang lalu

      Angga Prasetya Prof nya kn bilang dr air saluran irigasi. Klo nggk gitu ya dr air bawah permukaan tanah. Pas geografi dlu nggk masuk y ? 😁

  • Uunt Untung
    Uunt Untung 5 hari yang lalu

    Yg penting bukan tujuan politik

  • metal garurumon
    metal garurumon 5 hari yang lalu

    yg punya bumi Dan langit itu Tuhan. jadi aku sih lebih percaya dengan alasan ilmiahnya Tuhan.

  • Arief Rahman
    Arief Rahman 5 hari yang lalu

    Banyak manusia sombong, seolah fenomena alam bisa mereka kuasai semua secara keilmuan duniawi, tapi mereka lupa dunia ini ada yang menciptakan, ada yang punya, dan ada yang menguasai, ya itu allah subhanahu wataala, tak guna klian prof dr sekalipun jika allah sudah berkehendak . Wallahualam Bisawab., Semoga ini semua menjadi pelajaran yang sangat berharga utk kita semua agar kita bisa bertaubat dan kembali pada jalan yang allah ridhoi.

    • Agus sugiharto
      Agus sugiharto 4 hari yang lalu

      Maaf ini bukan sombong, ini penjelasan ilmiahnya. Coba buka pemikiran dan sudut pandangnya . Agama mengajarkan untuk baca, belajar memahami bukan sekedar ritual dan belief saja.

  • Asdar Sidrap12
    Asdar Sidrap12 5 hari yang lalu

    Bhsa ilmiah in malah mendorong rakyat membenci or mnyalahkan pemerintah.
    Sperti penjudi yg kalah tp g mw nampakkan kekalahanx.

  • Ardy Muhammad
    Ardy Muhammad 5 hari yang lalu

    Ini adalah tanda dari allah

  • nyari ribut
    nyari ribut 6 hari yang lalu

    Nah ini lebih masuk akal. Karna ilmu agama kalo gak diiringi pemikiran rasional dan ilmu pengetahuan sama aja BODOH.

  • Agus Sururi
    Agus Sururi 6 hari yang lalu

    Hadeh.........
    Analisa gebleg

  • Nur Rani TV
    Nur Rani TV 6 hari yang lalu

    Semoga atas kejadian ini membuat kami sadar atas kebesarannya... Makasih atas semua bantuannya untuk kami...

  • acos lacos
    acos lacos 6 hari yang lalu

    kuasa allah .. mau lgi ini org bg alsan mcm2..di lombok ap alsan nya pulak yg brgegar lebih kuat dri palu..tpi x mnghsilkn tsunami..di palu .x sbrpa kuat mcm lombok,.tpi blh kena tga bncana skli...ilmiah apa ini org ckp .. skrng dunia dh pnghujung jgn ckp mcm2 lagi ... doakn yg baik2 dri aku org mlaysia kpda pnduduk palu..tabah dgn kntentuannya..doakn mnta Allah mnjaga keimannan kta..ALLAH FOR EVERYTHING

  • mohd rozaimi amy
    mohd rozaimi amy 6 hari yang lalu

    Ada sebab Allah turun kan becana

  • Asdar Sidrap12
    Asdar Sidrap12 6 hari yang lalu

    Q hpus kmetr aq krn mereka cm tw tntg bhsa ilmiahx aj tp g tw mkna ucpan dr bpak d ats.

  • Dwi Erwin Kusbianto
    Dwi Erwin Kusbianto 6 hari yang lalu

    Perencanaan yg SALAH? menurut saya beton itu yg ga sustainable, run off air hujan akan lebih tinggi.
    untuk keberlangsungan hidup manusia butuh air om. siklus hidrologi disana seperti itu adanya.
    hanya saja bencana tidak bisa diprediksi.
    masi mau pakai beton? musim kemarau akan langka air pasti.

  • Rambo Darat
    Rambo Darat 6 hari yang lalu

    Sebab akibat ilmiahnya masuk di akal dan fikiran untuk antisipasi tp masih bisa di patahkan oleh manusia lain tp sebab akibat dalam Al-Qur'an tak bisa di patahkan 👍👍👍👍

  • Allian Barta
    Allian Barta 6 hari yang lalu

    Semua kuasa tuhan, saluran irigasi djadikan omongan lo

  • Antoni Bukhari
    Antoni Bukhari 6 hari yang lalu

    Kenapa non muslem,tidak ada yang komentar.

  • Rachzief Eka Putra
    Rachzief Eka Putra 6 hari yang lalu

    Ada teman gua yg selamat dari Petobo. Alhamdulillah...

  • Erik Erik
    Erik Erik 6 hari yang lalu

    Sok tahu. saya pernah kepetobo tanah sana kering keras.ini murka Allah jd gk perlu bil tanah berair. tanah berpasir. klau di lihat bencana palu kaya di pilih2.org gk percaya klau gk kepalu lihat sdri. di tengah 2 kota agak sedikit baik. tapi di pesisir sama di pinggir kota hampir semuanya hancur. Bencana palu klau di samakan berada di tungku. kaya segi tiga. titik satu hancur. titik dua hancur. titik tiga hancur. di tengah2 aman2sdki. ditengah itu kota Palu. Mungkin ditengah2 kota masih di ampuni.

  • Kakang Afas
    Kakang Afas 6 hari yang lalu

    ------------------------------------------------------
    Menerima undangan panggilan untuk acara Hajatan, Nikahan, Khitanan, Hari Besar Islam, dan acara hiburan lainnya, yaitu dengan :
    *SHOLAWAT, Gambus, Nasyid, Qosidah, dan Pop Religi.*
    .
    Nomor handphone: 0857 11111 795
    Instagram: @zaheera_voice
    Facebook: ZAHEERA Voice.
    .
    Manager: Muhammad Faried
    Markas: Ciputat, Tangerang Selatan

  • man77
    man77 6 hari yang lalu

    orang baju merah itu harusnya ngomong sebelum kejadian dan kasih masukan ke pemerintah setempat bahwa area dimaksud rawan terjadi likuifaksi, saya juga bisa kalo ngomong setelah kejadian

  • Dwicahyo Setianto
    Dwicahyo Setianto 6 hari yang lalu

    Karena semua itu Kuasa Allah SWT

  • Siti Setia
    Siti Setia 6 hari yang lalu

    gempa di mn2 ada ,tp ini yg pling dahsat rumah smpe rata dgn tanah di telan bumi Masya Allah, ini lah yg di nmkn tuhan yg maha pencipta alam bnr2 marah dgn penciptanya yg tdk beryukur, di kasih hdp,di ksh ckp ,di ksh kaya, shry ingat kpd allah...medekatkn diri kepada alloh...jgn mendekatkn diri ke pd iblis di darat maupun di laut...brsyukuralh kpd alloh, alloh pling benci di sisihkn oleh umatnya,karena dia merasa lbh syk sm iblis di bandinh dgn sang pencipata, di ksh peringatan ringan se kalai dua kali bencana ttp msh pd melawan, nah ini lah akibatnya.semua kena dampaknya...karena dari olah manusianya sendri gk mau tau,...bahwa allah itu di kira kuasa di bawa adik iblis demit,setan.laut mau pun darat, innalillahiwainnailaihirojiun...cerita kya gini aja merasa merinding bgt, ingt marahnya sang pencipta kepada sang penciptanya kya gini, Masya Allah sgt2 mengerikn ,,mangkanya mulai skrg yg msh tersisa ayo mari kita ingat sipa yg menciptakan kita, supya gk terulang lagi bencana yg trjadi sprti.ini.wahai saudaraqu..saya lht videonya gk bs saya bayangkn gk trrasa menetes air mata, walau ini bukan saya yg.ngalami persaan pedih bgt melihat orang2 yg mencari belahan jiwanya, smpe 3 orang,4 orang, tggl dia sendiri yg selamt ,ya alloh menagis bnr menangis ,kpn bs mengilangkn rasa pedihy hati seorang yg di tingglknnya oleh belahan hatinya, ya alloh...kya apa perasaan di wktu tdr,apa yg dia bayangkn...ya alloh berikanlah ketabahan dn kesabarn umatmu yg engkau sisakn dgn keadaan terpisah maut oleh si belahan hatinya, dn smga yang yg meningglknnya kau tempatkn.di sisimu ya alloh..terimalah dgn baik,tmptkn di surgamu amin ,ya alloh amin...😂😂😂

  • Hermanto Hermanto
    Hermanto Hermanto 6 hari yang lalu

    Orang sudah kena musibah....dibilang zolim...di Aceh juga sama...anak kecil tidak berdosa berati zolim juga....supaya kalian paham ya semua itu kehendak Ilahi... Manusia Gaara yang tau...kita doa kan saja mereka

  • ABDUL. RASYID.
    ABDUL. RASYID. 6 hari yang lalu

    TEORI APAPUN SILAHKN UNGKPKN,MAMPUKH ANDA SEBAGAI AKADEMISI DI BIDANG ITU MENGHADANG KHNDAK ALLOH?

  • Pelangi Hidup
    Pelangi Hidup 6 hari yang lalu +1

    Mashaa Allah penjelasan bapak tersebut bisa di mengerti dan masuk akal

  • Nasser Sulman
    Nasser Sulman 6 hari yang lalu

    Ini penjelasan yg baik dan benar di bandingkan penjelasan ulama stress sombong dan angkuh!

  • Alie fikri
    Alie fikri 6 hari yang lalu

    kok baru sekarang anda ngomung bang..kok sampai terjadi begitu anda ngomunya...ilmuan lu bang...lambat sudah banyak yg mati ...udah istigfar aja..semoga selamat sisanya.

  • Aoedy Aoedy
    Aoedy Aoedy 6 hari yang lalu

    Irigasi koropsi

  • Omer Menralengk
    Omer Menralengk 7 hari yang lalu

    Dosa adalah sebab datangnya bencana,,, kemaksiatan apa yg telah kita lakukan dan kemaksiatan apa yg kita biarkan terjadi...?? perbanyak istigfar dan dzikir mengingat ALLAH...

  • Pranpal Pal
    Pranpal Pal 7 hari yang lalu

    Good,bagus,supaya dapat gempa yang seterusnya

  • Mas Edi
    Mas Edi 7 hari yang lalu

    orang petobo yg melaporkan cak Nur..

  • Rakko Lailani
    Rakko Lailani 7 hari yang lalu

    Cocoklogi. Cocoklogi everywhere

  • terϟϟerah gua yaa. 卐
    terϟϟerah gua yaa. 卐 7 hari yang lalu

    Usutttt....masa salurab irigasi bawah dn samping nya kgk di cor ?????
    Proyek Infrastruktur cuman bwt pencitraan ..aslinya bwt di korupsi

  • Raihan Iqbal
    Raihan Iqbal 7 hari yang lalu

    Air yang merayap??? Bisa sedahsyat itu??? Yang bener boss???

  • Haririe Rifai007
    Haririe Rifai007 7 hari yang lalu

    menurut guru saya. kampung itu ditelan krna seluruh kampung itu tempat maksiat.
    wallahualam...
    memang ada beberapa bisa dijelaskan dengan ilmiah, untuk belajarnya umat kedepan.
    dan pertama jgn prnah lupa atas semua kuasa gusti allah...
    untuk semua korban, AL-FATIHAH...

  • Mr. Shigeo Tokuda, PhD
    Mr. Shigeo Tokuda, PhD 7 hari yang lalu

    gue lebih suka penjelasa ilmiah kek gini daripada, dikit2 bilang adzab, typical manusia males berpikir

  • Muji Ono
    Muji Ono 7 hari yang lalu

    Kiro2 kejadian tanah yang dalamnya kropos sama ngk ya dengan yg disidoarjo lapindo

  • Tutde Putra
    Tutde Putra 7 hari yang lalu

    Wahai tetangga sebelah tidak ada manusia yg suci di dunia ini karna manusia masih memiliki pikiran dan 5 indra.. jangn pernah kaitkan bencana alam dengn agama yg di anut kalo memang dahulu kala di jaman dinisaurus tidak ada agama juga tidak ada manusia berdosa .. toh juga kena bencana alam .. jadi berpikirlah yg logis alam itu brkerja sesuai dengn sifatny ..dan alam bisa menyembuhkan diriny se diri....

  • jasa design rumah
    jasa design rumah 7 hari yang lalu

    Haahahahaha ilmiah

  • Elvira Soraya
    Elvira Soraya 7 hari yang lalu

    Saya setuju dengan pendapat ILMIAH bpk ini. Karena pengetahuan pun berasal dari Allah.
    Tuntut pemerintah Palu, yg sdh membangun irigasi / perencanaan yg salah.

  • Bambang Cahyono
    Bambang Cahyono 7 hari yang lalu

    Kalau dibilangin karena banyaknya kesyirikan byk yg gak percaya kan?

  • rizki potang
    rizki potang 7 hari yang lalu

    alloh dh murka trhadap ulah mnusia...kta perlu intropeksi

  • behera an
    behera an 7 hari yang lalu

    Dijawa n jepang tetap aja runtuh Karna gempa..Artinya tehnologi ga menjamin bisa melawan ketetapan n takdirnya..

  • Ayamatsu Raito
    Ayamatsu Raito 7 hari yang lalu

    orang serakah ya gini... maunya untung aja pihak penjual lahan tanpa mikir panjang klo ada bencana dll

  • Fatimah Musuf
    Fatimah Musuf 7 hari yang lalu

    Mmang bgitu la sikap mnusia mau lbh pintar dari tuhan .sdng kn setiap bncana itu klu tuhan tdk mngizin kn .sema sekali tdk terjdi klu tuham sda yg murka di sbb kn ulah mnusia apa pun blh jdi tanah yg keras tiba2 mnjdi lmbut dn menalan stu desa .lapas tu keras balik seperti sediah kala .

  • Bagus Imron
    Bagus Imron 7 hari yang lalu

    La hawlawala kuwwata illabilah

  • Rahmad Kurnia
    Rahmad Kurnia 7 hari yang lalu

    gak nyambung..😅😅

  • Siti Suhaili
    Siti Suhaili 7 hari yang lalu

    Kalo.ertinya reziki yg Allah beri telah dia tarik balik daripada hambanya..rumah banglo.mobil anak anak uang emas segalanya udah di telan bumi..subhanallah.

  • ahmad taufik
    ahmad taufik 7 hari yang lalu

    inilah kenapa kita tidak boleh terlalu mengutamakan/mencintai dunia

  • Viral Malaya
    Viral Malaya 7 hari yang lalu

    Azab yg dikaji.. mmg ada pndapat ilmiah utk setiap azab .. trmasuk azab bahtera nuh yg mnengelamkan segalanya

  • cak madz
    cak madz 7 hari yang lalu

    tanah + air mendidih, bukannya lahar...?

  • Herjan Bahriyan
    Herjan Bahriyan 7 hari yang lalu

    Ilmiah yg trbodoh.

  • Muhammad Ramli
    Muhammad Ramli 7 hari yang lalu

    Jangan hanya ngomong pak doktor saluran air yg tdk dilapisi campuran pada dasar saluranx, anda tdk perhatikan gunung2 yg ada pd sisi timur, selatan n barat itu semua tumpahan air hujan mengarah kesitu.

  • DS AS
    DS AS 7 hari yang lalu

    Telah nampak kerusakan di darat dan di laut
    Firman Allah SWT dalam surah Ar-Ruum ayat 41 :
    Artinya :”Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (kejalan yang benar).”



    Banjir dan luapan sungai terus berdatangan , Longsor dan Puting Beliung juga ikut Mengancam. Tidak sedikit kerugian yang ditimbulkan oleh bencana alam, tidak sedikit nyawa nyawa baik yang berdosa maupun tidak berdosa terus bergelimpangan. Gagal Panen pun tak luput menimpa para petani , sementara kemiskinan dan pengangguran semakin menjadi - jadi, Rumah Rusak tidak terhitung banyaknya, ladang dan areal persawahan pun hilang tak tersisa.

    "Bagaimana pendapatmu jika Al Quran itu datang dari sisi Allah, kemudian kamu mengingkarinya. Siapakah yang lebih sesat daripada orang yang selalu berada dalam penyimpangan yang jauh?"

    Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda kekuasaan Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al Quran itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?

    Ingatlah bahwa sesungguhnya mereka adalah dalam keraguan tentang pertemuan dengan Tuhan mereka. Ingatlah bahwa sesungguhnya Dia Maha Meliputi segala sesuatu." Fushshilat : 52 - 54
    Bencana adalah sesuatu yang tak terpisahkan dalam sejarah manusia. Manusia bergumul dan terus bergumul agar bebas dari bencana, Bencana sering diidentikan dengan sesuatu yang buruk oleh kebanyakan orang, akan tetapi jika kita mau sadar dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Allaah Subhanahu Wata'ala melalui para utusan-Nya, maka bencana tersebut Gempa , Banjir , Angin , Tsunami dan atau bencana kekeringan , penyakit yang disebabkan oleh binatang kesemuanya itu boleh jadi baik, adalah karena kelalaian manusia itu sendiri akan aturan - aturan dan jalan yang telah ditetapkan.

    Lihatlah Semua peringatan - peringatan ini , lihatlah semua tanda - tanda kekuasaan Allaah ini , lihatlah semua ancaman - ancaman dan Janji - janji Allaah yang telah terjadi. Saatnya kita mawas diri dengan diri kita sendiri, keluarga, lingkungan di sekitar kita, perkara - perkara tadi sudah jelas didepan mata kita, selayaknya kita sebagai muslim saling mengingatkan dan memperbaiki.

    Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk, setelah Kami menerangkannya kepada manusia dalam Al Kitab,

    mereka itu dila'nati Allah dan dila'nati pula oleh semua mahluk yang dapat mela'nati

    kecuali

    mereka yang telah taubat dan mengadakan perbaikan dan menerangkan kebenaran, maka terhadap mereka itulah Aku menerima taubatnya dan Akulah Yang Maha Menerima taubat lagi Maha Penyayang.

    Al Baqarah : 159 - 160

  • mohd nazrie
    mohd nazrie 7 hari yang lalu

    Alasan untuk menafikan kemurkaan Allah& kebesaranya.

  • Ivan Dionputra
    Ivan Dionputra 7 hari yang lalu

    Inti nya suruh pada tobat.
    So tau ilmiah

  • Andrik Gustian
    Andrik Gustian 7 hari yang lalu

    jelas ALLAH murka kepada hambaNya yg tidak menaati perintahNya

  • Alrizal89 Alrizal89
    Alrizal89 Alrizal89 7 hari yang lalu

    Apa2 juga kajian dan segala jenis anggaran manusia tidak akn terjadi tanpa izin dan kemahuan allah swt..

  • angel Sky
    angel Sky 7 hari yang lalu +2

    Beberapa respon manusia ketika ada musibah....
    1. Langsung mengarah ke agama kemudian kasus ditutup.
    2. Mencoba mencari tau dan menganalisa dan mengambil kesimpulan dan langkah untuk ke depannya supaya dapat mengambil langkah yg bermanfaat bagi manusia banyak.
    3. Masa bodoh... yg penting selamat, harta tetap aman... dan bla bla bla.
    4. Mencoba mengambil peluang bisnis dari kejadian bencana.... entah nyikat sumbangan, atau menawarkan pembangunann ulang yg murah atau lainnya.
    5. Langsung nyukur nyukurin pada yg terkena musibah sambil dia tertawa terbahak bahak.
    6. Langsung sedih berkepanjangan di seluruh sisa hidupnya.
    Anda yg mana???

    • Lanang Bagus
      Lanang Bagus 2 hari yang lalu

      Masa kalah dengan negara Jepang , klo bencana cepat bgt respon nya

    • Angga Prasetya
      Angga Prasetya 5 hari yang lalu +1

      Ini petunjuk bagi Yang Ngerti aja.. kenapa Musibahnya jam 6..! Waktu pada Sholat Magrib..!! Apalagi yang pada Sholat ke Masjid rata2 selamat drpd nongkrong di tempat2 festifal pinggir pantai.. Ya Insya Allah Agama Islam Menyelamatkanmu dunia Akhirat.. karena Sejatinya Semua Milik Allah

    • Maftudin Tudin
      Maftudin Tudin 6 hari yang lalu +1

      Bencana tejadi itu hal yang natural dimanapun bisa ter jadi bukan azab

    • Tutde Putra
      Tutde Putra 7 hari yang lalu

      No 1 paling bnyak

  • Fery Alfians
    Fery Alfians 7 hari yang lalu

    Allahuakbar

  • Abdul Aziz Aziz
    Abdul Aziz Aziz 7 hari yang lalu

    Betol sekali pak de,,,dah tau sprti itu pasang penangkal gwmpa klaw kmu bnar2 orag hbt pandai...trs deteksi kpn mau ada gempa&sunami kasi donk masarakat nya...udah di libas gempa baru pke ilmu ilmiah preet...trs deteksi lagi kpn kamu mati pasti tau donk org pandai, hbt,,buktikn ya jika km org yg benar ....wkwkwkwkwk kekuasaan sang pencipta ko msh gk percya seakn akn kmu gk prcy

  • Pancali Drupadi
    Pancali Drupadi 7 hari yang lalu

    gak masuk akal penjelasannya. saluran di desa desa rata dasarnya tanah. pak. kalau hanya saluran irigasi paling dalamnya 1 sd 1,5 meter. Kalau dalam saluran irigasi 200 meter baru masuk akal. Lha Kali itu dasarnya apa dibeton pak?

  • Solihun Ikbal
    Solihun Ikbal 7 hari yang lalu

    Udah terjadi gempa baru bicara struktur tanah,knpa gak dari dulu ,punya ilmu itu jngn di simpan sendiri aja,

  • Isabella Santy
    Isabella Santy 7 hari yang lalu

    ke hilafan manusia and kehendak Allah SWT
    ya Allah tadi mlm jg ad gempa di sutobondo
    ngr q thn 2018 bx musibah and q di luar ngr hanya bisa berdoa smg g ad bencana lg

  • hamba Allah
    hamba Allah 7 hari yang lalu

    Ketika perbuatan keji dan munkar udah merajalela, maka Allah akan turunkan bencana.. Data paling valid tidak ada keraguan di dalamnya dari al qur an dan hadis

  • Muhammad Abdul Rahman
    Muhammad Abdul Rahman 7 hari yang lalu

    Segala kejadian adalah dibawah kekuasaan Allah ,walauapa pun explanation nya.

  • Dadang Surya
    Dadang Surya 7 hari yang lalu

    Jangan menilai negatif, yang namanya mesibah bencana bisa terjadi kapan saja dimana saja, kita tidak akan pernah tahu satu jam kedepannya apa yang akan terjadi pada diri kita dan lingkungan kita atau pada tempat yang kita kunjungi.

  • Iyam Nuryami
    Iyam Nuryami 7 hari yang lalu

    Berarti di bawah tanah yg dibuat bangunan keropok dikarenakan sedotan air pom atau kompa yg kita gunakan dan tanpa kita sadari kan tiap rumah menggunakan air dan sdh pasti di bawah akan menimbulkan keropok atau lubang besar jika lama kelamaan ya bangunan di atasnya akan amblas

  • Anday aj
    Anday aj 7 hari yang lalu

    Jadi ingat pidato pak Jokowi di forum ekonomi dunia di Hanoi...pak Jokowi dan tim avanger menantang dan akan melawan Thanos,Thanos adalah mahluk jahat yg akan mengurangi populasi manusia di dunia,selang beberapa Minggu terjadilah gempa dan tsunami yg memakan korban banyak di Indonesia.. #wakeuppeople , Thanos itu gambaran senjata pemusnah massal buatan ELITE GLOBAL, FREEMASON, ULLIMINATY yg ada di ALASKA bernama HAARP #salampeoplepower #flatearth101