Tap to unmute

Ngobrolin Kebocoran Data, Gaya Hedon Polisi, Pro Kontra BBM Naik | Musyawarah

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 13 Sep 2022
  • Isu kebocoran data bikin Najwa Shihab, Jovial da Lopez, dan Andovi da Lopez ikut geregetan. “Hacker kalau bisa jangan nyerang, adalah permintaan terbodoh yang gue denger seumur hidup gue.” kata Andovi da Lopez.
    Respons pemerintah yang saling lempar tanggung jawab dianggap enggak solutif dan menjengkelkan.
    Di waktu yang sama, masyarakat juga dipaksa menghadapi kenaikan harga BBM. Wah mana ada-ada aja yang bikin makin gerah: polisi sekarang enggak malu pamer kemewahan.
    Tapi tenang, ada yang bikin adem kok saat trio Musyawarah cerita bakat terpendam mereka. Buatmu yang masih duduk di bangku SMA dan sederajat, coba deh ikutan audisi Bintang SMA 2022. Kepoin media sosial @pocariid mumpung belum telat! Bonus gameshow baru tebak quotes paling membagongkan. Penasaran enggak?
    Nonton sampai akhir untuk dapet semua keseruannya.
    Artwork dalam episode ini karya Tesya Monica (@tesyamo)
    00.00-00.21 Rekap quiz
    00.21-01.42 Opening
    01.43-02.39 Reaksi nonton konser Feel Koplo
    02.40-04.01 Playfest Narasi 2022
    04.02-12.50 Police Fashion Week
    12.51-14.34 Bahas 23 narapidana bebas bersyarat
    14.35-21.08 Bahas kebocoran data di Indonesia
    21.09-35.46 Pro kontra harga BBM naik
    35.47-48.39 Bintang SMA 2022
    48.40-51.35 Bahas artworks Tesya Monica
    51.36-54.27 Playfest Narasi 2022
    54.28-55.33 Season baru TWK
    55.34-1.00.57 Challenge who said it
    1.00.58- END closing
    (Narasi)
    Jangan lupa subscribe, tinggalkan komentar dan share.
    Tonton konten lainnya juga di IDclips Channel:
    - Narasi bit.ly/SubscribeIDclipsNarasi
    - Narasi Newsroom bit.ly/SubscribeNarasiNewsroom
    Jangan lupa subscribe yaa..
    Follow:
    najwashihab
    NajwaShihab
    najwashihabo...

Komentar • 3 951

  • Vee
    Vee 2 bulan yang lalu +981

    walaupun saya orang miskin, saya tidak setuju dengan "BLT" . Karena apa? Karena "BLT" sangat mudah dikorupsi, selain itu ,saya rasa BLT tidak bisa mengatasi masalah kemiskinan. Malah membuat mental orang miskin semakin menjadi mental2 "menerima", bukan lagi mikir bagaimana caranya jadi produktif.

    • bayu alfharizi
      bayu alfharizi 6 hari yang lalu

      Tambah lagi yg dapet kadang sharusnya gk dpet

    • Vee
      Vee Bulan Yang lalu

      @lontong balap semangat bang

    • Vee
      Vee Bulan Yang lalu

      @Mareta Dn bener kak. Semoga kakak di beri rizki melimpah ruah, dan semangat yang tinggi. Kirim email kak, kita ngobrol2. Hehe

    • Vee
      Vee Bulan Yang lalu

      Kok rame sih, udah woy, takut aing.

    • Vee
      Vee Bulan Yang lalu

      @willy yonathan udah legend 1 bang, mau mytic

  • Gita Wr
    Gita Wr Bulan Yang lalu +56

    Skrg aku baru paham.
    Papa aku seorang PNS, guru, berapa sih gaji guru PNS. Dgn ada nya istri 5 anak, kalau dibilang, hanya pas2an.
    Tapi semasa sekolah, tmn2 aku yg ortu nya PNS bisa beli mobil dan gaya hidup mewah, aku bertanya di dlm hati, kok papa ku gk bs gitu ya, apa segitu pelitnya dia.. Aku bahkan sempat malu, krn kendaraan kita cuma 1, motor Shogun dimasanya dibeli seken, dan itu tdk pernah ganti, kami di antar ke sekolah tarik tiga dempet2an. Mama aku tdk sprti ibu2 istri PNS lain yg punya tas mahal baju mahal, gk pnya.
    Lauk pauk juga secukupnya.
    Aku mikir apa papa aku menyimpan duit kali ya gk mau kasi ke kami. Rumah setengah beton, kmr mandi hanya dikelilingi karung yg dijahit.
    Tp stlah aku besar, pas kuliah. Aku melihat slip gaji bpk utk kebutuhan biayasiswa prestasi ku, dan hanya skitar 4 jutaan, papa dan mama menyimpan utk bs kasi kami kuliah wlw hanya sedikit dan yg lainnya utk kebutuhan sehari2.
    Gk cukup gaji 4 juta dgn 5 anak 1 istri, tp hrs dicukupkan.
    Bahkan waktu dia jd kepala sekolah SMK, dia masih ke kesekolah dgn motor gigi ny itu, sepatu nya diganti 2 tahun sekali seharga 100 rb, tasnya hany tas laptop,
    Baju nya ya cuma seragam dinas. Kacamata kdg patah ditempelin lagi.
    Aku pernah bantuin dia nyatat keperluan utk dana BOS. Itu ratusan juta, aku pernah blg, "pa bisa kali ini harga buku dinaikan, biar kita ada dpt duit"
    Papa aku langsung marah, ktnya utk apa aku duit, udalah ini itu utk sekolah bukan utk kita, ini emang kerjanya papa ngurus ini.
    Dulu2 sih aku kesel, tp skrg aku tau, WOW papa aku hebat banget.
    Skrg aku uda selesai kuliah, uda kerja, seenggaknya aku bisa beliin papa aku sepatu yg lumayan lah, tas kerja, baju celana.
    Tp dia masih naik motor nya itu.
    Hujan badai dia lewati, apalagi musim hujan, 😭😭 plg2 selalu basah kuyup.
    Pa, ternyata mendedikasikan itu lbh berat ya. Sehat selalu papa ku, terimakasih sudah mengajari kami hidup jujur 🥰🥰🥰

    • F.T. Hans
      F.T. Hans 13 hari yang lalu

      Sdri gita trimakasih sudah sharing pengalamannya... Papanya sdri sungguh2 punya integritas dlm tanggung jawabnya sebagai guru bhkan pernah kepsek. Susah nemuin org2 seperti papa sdri, mungkin ada namun sedikit termasuk papa sdri. Memang uang halallah yg boleh kita nikmati sesuai ajaran setiap agama, namun uang yg didapat dgn tidak halal itu hanya sementara saja di dunia, namun dampak dosanya ditanggung sampai hidup akhirat.... Tetap punya semangat integritas yg tinggi walau banyak godaan mencoba kita.. Trimakasih

    • Mackoi Claor
      Mackoi Claor 15 hari yang lalu

      sama bang, ortu sayapun PNS guru madrasah. Makanya gua sebagai anaknya berpikir untuk apa jadi PNS yang selalu diinginkan orang tapi realitanya jauh dibawah banget, ga sesuai banget jam kerja sama gajinya apalagi sekarang KEMENAG MENTIADAKAN LIBURAN UNTUK GURU MADRASAH, disaat murid libur semester guru madrasah malah masuk. Untuk apa? ga ngerti sama peraturan di rezim ini

    • Wisnu Samudra Rabin
      Wisnu Samudra Rabin 23 hari yang lalu

      Anak yg berbakti. Hasil dari ayahmu mencari nafkah yg halal

    • Ayu Setyaningrum
      Ayu Setyaningrum Bulan Yang lalu

      sikap papanya bikin berkah buat keluarga. patut dicontoh.

    • Siti Rizki Mutia Turrohmah
      Siti Rizki Mutia Turrohmah Bulan Yang lalu

      Berkata-kata bacanya. Keren sekali papamu kak

  • Don donatus
    Don donatus 2 bulan yang lalu +15

    Hukum di negri ini masih akan berlaku hanya kpda kaum org yg miskin dan lemah yaitu tumpul ke atas dan tajam kebawah

  • MAHABARATA
    MAHABARATA 2 bulan yang lalu +48

    Ingin sekali menangis melihat kejadian" yg ada di negara ini.. Pemerintah sudah tdk lg takut pada sumpah jabatan sendiri..

  • Cah Assassins
    Cah Assassins 2 bulan yang lalu +90

    Walau pengen punya sifat "sebodo amat" tapi tetep gabisa, tetep sakit hati dengan hukum di negeri ini.

    • Obot11
      Obot11 Bulan Yang lalu

      Kita masyarakat juga harus sadar hukum. Kita tolong penegak hukum dengan cara kita sadar hukum kita bentuk penegak hukum itu sendiri oleh masyarakat. Jangan kalo saudara, temen atau kita sendiri melakukan tindak pidana kita meminta tolong supaya tidak dihukum kepada penegak hukum dengan mengiming imingi materi, malah kita harusnya sebaliknya ketika teman, saudara dan atau kita sendiri melakukan tindak pidana maupun bentuk defense kita pasti mencoba menghindar dan akhirnya ketangkap sampaikan kepada apartur saya terima/sesuaikan dgn hukum yg berlaku.

    • Vivian Ruijin
      Vivian Ruijin 2 bulan yang lalu +2

      Jangan gitu, Kak.. Justru bagus banget artinya kakak masuk di segelintir orang yang hati nuraninya masih ada untuk kita semua sebangsa setanah air.. Mungkin sakit tapi terus pertahankan ya, Kak.. Kita semua butuh lebih banyak orang yang punya hati nurani :DD

    • BIZAR NH
      BIZAR NH 2 bulan yang lalu +2

      sama

    • Menerima Info
      Menerima Info 2 bulan yang lalu +5

      Kalo masyarakat udah muak banget sama pemerintah dan alatnya. Bisa2 tragedi kelam jaman perang bisa terjadi lagi

  • Adi t iya Bouy
    Adi t iya Bouy 2 bulan yang lalu +9

    Selamat ulang tahun kak Najwa. Tetep dalam pendirian yah kak, walau banyak juga yang ngga suka. Namanya perjuangan Nasionalisme kak, pasti ada cobaanya. Yang punya konten kisah ranjang aja banyak masalah, dan jadi suka cari masalah dalamkesalahannya yang menurutnya benar versi Individu.

  • Ahmad Sadeq
    Ahmad Sadeq 2 bulan yang lalu +10

    Masalahnya kalo orang jujur akan di hancurkan oleh orang2 bejat yg sudah menjadi kelompok yg tak terkalahkan di negeri ini....

  • Gubit Raya
    Gubit Raya 2 bulan yang lalu +58

    Saya orang bodoh yg cuma lulusan SMP tapi saya seneng nonton kak Najwa jdi saya belajar banyak yg membuat saya menjadi tidak terlalu bodoh. Sehat selalu kak Najwa dan keluarga semoga selalu dlm lindungan Allah SWT

    • Alika Limantara
      Alika Limantara 2 bulan yang lalu +1

      Saya bukan Mbak Najwa tapi saya yakin Mbak Najwa pasti akan senang melihat orang2 seperti kakak yang mau terus belajar meskipun sudah tidak lagi duduk di bangku sekolah.. Terus belajar ya, Kak.. Saya pun ikut senang melihat kakak yang meskipun karena 1 2 hal sudah tidak lagi bersekolah tetap memilih untuk belajar secara mandiri.. Saya acungi jempol karena anak2 yang duduk di bangku sekolah pun terkadang malah tidak bisa menghargai pendidikan yg mereka dapatkan.. Semoga kita sama2 mempertahankan semangat belajar ini terus ya, Kak :D

  • sanz
    sanz 2 bulan yang lalu +7

    Jika sesuatu di serahkan kepada yang tidak ahlinya maka tunggu lah kehancurannya inilah contohnya bukannya berusaha meminta maaf malah menyalahkan dan melempar tanggung jawab😂

  • Lavender
    Lavender 2 bulan yang lalu +188

    Setuju banget kalau pemerintah harusnya serius buat bangun transportasi umum yang baik. Aku sebagai anak daerah bener" ngerasain kalau transportasi umum di Indonesia belum menjangkau kita dengan baik sehingga mendorong kita harus punya kendaraan pribadi. Dengan naiknya BBM ini, buat orang yang kurang berkecukupan sangat terasa dampaknya.
    Pemerintah emang ngasih BLT yang katanya buat ganti dihapusnya subsidi BBM, tapi pada kenyataannya bantuan itu masih banyak yang salah sasaran.
    Ada penerima BLT yang diajukan oleh pemerintah desa, tapi terdapat aparatur desa yang lebih memilih mengajukan orang yang "dekat" dengan mereka daripada yang benar" membutuhkan.
    Bahkan ada penerima BLT yang dengan pd nya memakai banyak perhiasan emas saat mengambil bantuan tersebut.
    Jika hal" tersebut terus terjadi, mau sebanyak apapun pemerintah memberikan subsidi tidak akan menyelesaikan masalah kemiskinan di negeri ini.

    • Orang Biasa
      Orang Biasa Bulan Yang lalu

      @John Smith Gaji Polisi sudah Pas yang membuat mereka tidak cukup karna dari awal jadi Polisi gaji mereka sudah di gadaikan di Bank BRI dan Setiap terima gaji masuk rek hanya tinggal sisa 500rb sampai 1jtaan itu mana ckup utk kebutuhan hidup keluarga

    • John Smith
      John Smith Bulan Yang lalu

      @Orang Biasa Kalau tahu gaji polisi itu sedikit. Kenapa nggak dinaikkan saja gaji polisi dan biaya operasional polisi supaya bisa bagus kerjanya ??

    • BPM Berkah Plus Manfaat
      BPM Berkah Plus Manfaat Bulan Yang lalu

      Operasi OBOR China. Karena rakyat masih kuat aja kita ga bangkrut kaya Srilanka. Tapi mau sampe kapan dimiskinkan ?
      Simak ada apa dibalik partai (dan oligarki). Penjajah sebenarnya.
      Ex-DPR Eva Sundari buka2an
      m.idclips.com/video/cRw-UJ1LTLQ/video.html
      Peternakan oligarki adalah partai.
      Partai adalah BEGAL POLITIK. Rampok Demokrasi.
      Perhatikan jalan keluar pak Jimly Asshiddiqie...
      ✓ Reformasi jilid 2
      ✓ Modernisasi partai
      ✓ PT 0%, jangan salah pilih presiden 2024
      m.idclips.com/video/REpG2yWu2xk/video.html

    • Orang Biasa
      Orang Biasa 2 bulan yang lalu

      @boy livery Benar Sekali BLT yang main itu Pemerintah Daerah karna pemerintah pusat sudah menyalurkan sesuai anggaran, kok BLT gak tepat sasaran yg di salahkan Jokowi itu aneh bin ajaib namanya🤭🥱

    • boy livery
      boy livery 2 bulan yang lalu

      Kan lagi pembangunan mas, jalan tol dibanyakin ampe ke daerah, bendungan jembatan semuanya tahap pembangunan,hargai prosesnya aja.
      Kalo blt gak tepat sasaran demo ke aparat desanya, mulai dari rt rw ampe lurah. Kan gak mungkin pemerintah sensus data lagi khusus siapa2 yang terima blt ampe ke tingkat rt rw.
      Kebanyakan di desa banyak yang pake data dari blt zaman sby, kalopun dirubah biasanya buat yang terdekat ato yang protes ke aparat desa.
      Saya disini netral ya, hanya buat masukan aja. Intinya apapun zaman sekarang mah harus usaha, sama halnya BLT berusaha didata biar dapet juga.
      Kalo kitanya anteng2 ya terima saja, sekarang harus jemput bola mas.
      Kalo kita ngerasa punya hak utk dpt blt, saya si protes langsung ke aparat desa terdekat ampe dapet.

  • Srijuwita Apriliani
    Srijuwita Apriliani 2 bulan yang lalu +26

    Kakekku termasuk polisi yg jujur brarti. Rumahnya cmn papan kayu. Gk punya mobil, gk punya aset apapun. Motor pun dibeliin sama anaknya (pamanku). Anak2nya (paman) gk lulus POLRI dia gk pake jabatannya buat lulusin anaknya. Tapi walaupun hidup sederhana Ahamdulillah semasa dia hidup dia bisa bangun masjid, itupun gk semua uangnya. Sebagian dari uangnya, sebagian kumpul sumbangan dari teman2 instansinya. Tapi yg nguli bangun masjid yah dia sama papaku.
    Al-fatihah buat kakek ❤🤲🏻

  • Sri Rahayu
    Sri Rahayu 2 bulan yang lalu +5

    Untuk aku yg anak daerah dengan keadaan yang seperti ini sungguh membingungkan, dimana harga bbm naik, ditambah lagi bbm sulit didapat di spbu, dikarenakan org-org pada antri dan menstock untuk pribadi, belum lagi org-org yg punya bisnis jualan dipinggir jalan juga antri untuk jualan, sehingga mau nga mau yg nga bisa antri beli dipinggir jalan dengan harga mahal, kalaupun bisa antri belum tentu bisa dapat bbm nya. Belum lagi didaerahku nga ada transportasi umum dr pemerintah yg ngedukung untuk mempermudah dan mengimbangi kenaikan dan kelangkaan bbm didaerahku

  • Alex Setia
    Alex Setia Bulan Yang lalu +5

    Indonesia tidak kekurangan orang pintar, namun Indonesia justru kurang orang yang jujur 😔

  • delwyn tewel
    delwyn tewel Bulan Yang lalu +1

    Sumpah, sangat menyentuh, pas dengan realita kehidupan yang dialami masyarakat kecil...
    Harusnya hal yang seperti ini bisa di cerna dg baik oleh pemerintah dan pihak terkait

  • Rein Heart
    Rein Heart 2 bulan yang lalu +2

    Astaga mbak Najwa ketawa lepas.
    Bahagia banget sampe kesini aura bahagianya 😂😂
    Sehat sll mbak dan crew

  • Gufran Bima
    Gufran Bima 2 bulan yang lalu +4

    Smga Allah sllu melindungi mba Najwa,dan slmat sehat sllu. Aamiin

  • Riko Tampati
    Riko Tampati 2 bulan yang lalu +5

    Keren bos,,,kita sebagai masyarakat butuh podcast yg seperti ini..

  • Sobat Hukum Indonesia
    Sobat Hukum Indonesia 2 bulan yang lalu +5

    Keadilan hanya ada di langit...

  • Rini Rahayu
    Rini Rahayu 2 bulan yang lalu +35

    Podcast Musyawarah luar biasa keren, obrolan berkualitas, berwawasan luas, mewakili suara masyarakat, nonton sampai satu jam lebih beneran gak berasa bosen, justru makin semangat dengan isi materi yg luar biasa keren bisa membantu masyarakat sadar dengan masalah negara yg saat ini masih dianggap acuh.

  • Lutfiana w
    Lutfiana w 2 bulan yang lalu +1

    Kita perlu sadar diri akan HAK DATA PRIBADI, selalu dikte perkembangan pembuatan KONSTITUSINYA... KITA HARUS SADAR, dan importantly AKTIV jika tidak di dunia nyata setidaknya di MEDIA SOSIAL AKTIVLAH ME YUARAKAN SUARAMU.... tanpa suara banyak orang, perintah akan selalu dan selalu lalai ... tanpa desakkan masyarakat mereka lupa mana urusan yang urgent

  • ISRA SAFITRI
    ISRA SAFITRI 2 bulan yang lalu +1

    Kita mengeluh, mereka(pemerintah) yang stir/mengemudikan dan mereka pro untuk kenikan ini, bullshit yang pro ke rakyat. Nanti akan lebih banyak lagi penjahat krna kebutuhan semakin naik. UNTUK YANG KORUPSI TOLONG DI HUKUM SEBERAT-BERATNYA(HUKUM MATI LEBIH BAIK) BIAR ADA EFEK JERA DAN TDK ADA YG BERANI. sedih bgt liat indonesia.

  • Hendri Ilyasa
    Hendri Ilyasa 2 bulan yang lalu +4

    Rakyatnya makin susah..para pejabat glamor kehidupan dengan uang rakyat..uang makin kecil harganya.moral sudah tiada di hati para pemimpin pejabat negeri ini.

  • Muhamad Saja
    Muhamad Saja Bulan Yang lalu

    harus ada undang undang yg isinya larangan memamerkan kekayaan di medos seperti di Denmark dan negara skandinavia.......jadi aturannya untuk seluruh warga negara jadi bukan hanya untuk polisi

  • Kris Putra
    Kris Putra 2 bulan yang lalu +164

    Paling sakit hati bgt sama kebijakan hukum Indonesia saat 23 koruptor itu di bebaskan bersyarat. Lama" bikin petisi hukuman mati buat koruptor aja deh

    • Nurul Angelin
      Nurul Angelin Bulan Yang lalu +1

      Bener bgt hahaha

    • Handayani puspitasari
      Handayani puspitasari 2 bulan yang lalu +1

      Mestinya uang hasil korup Disita dong ?buat rakyat miskin kan banyak tuh ?malah di hukum ringan gimana ?

    • The Goat
      The Goat 2 bulan yang lalu +3

      setuju, parah memang , hukuman koruptor kok bisa berkurang buanyak karena remisi, yg kena hukum 10 tahun bisa habis hanya jadi 2 tahun PARAH PARAH MAFIA HUKUM di Indonesia

    • aris marwan
      aris marwan 2 bulan yang lalu +1

      Dari kejadian tersebut, koruptor merajalela di segala lini ada. Karena tidak ada efek jera hukumnya ringan.
      Itulah kehebatan hukum di indo the power of money & the power of link.

    • Chip's
      Chip's 2 bulan yang lalu +2

      KARENA SDH TERJADI HUKUM DI INDOMESIA TAK BERKEADILAN MAKA RAKYAT MEMBERI HUKUM SOSIAL AGAR LEBIH ADIL LAGI DGN MENGATAKAN DAN MELEBELI MEREKA2 DGN SEBUTAN "MALING", JANGAN DISEBUT KORUPTOR TERLALU ELIT DRAJATNYA, CUKUP SATU KATA "MALING" !!!..........

  • Newbie Yee
    Newbie Yee 2 bulan yang lalu +2

    Indonesia hukumnya cuma untuk. Orang miskin doang. orang kaya mah kebal. Seharusnya dari dulu hukum kita harus di benahi dgn cara menerapkan hukuman mati untuk para koruptor di indoneaia. Sangat merugikan sekali untuk hukum generasi kedepannya.

  • Risky
    Risky Bulan Yang lalu +1

    konten yang sangat bermanfaat bagi masyrakat, semoga mba nana sehat selalu, panjang umur amin.......

  • Studio Pastoran
    Studio Pastoran 2 bulan yang lalu +1

    Mumus ini sungguh menginspirasi dan membangun kesadaran moral. Terima kasih 🙏😇

  • il nouman
    il nouman 2 bulan yang lalu +2

    semangat kawan-kawan narasi untuk mencerdaskan para pejabat.

  • Andri Syah
    Andri Syah 2 bulan yang lalu +2

    Doa q semoga org org cerdas seperti mereka selalu di berikan umur panjang amin.. Sehat trus y mbak nana

  • DODI SUPRIYADI
    DODI SUPRIYADI 2 bulan yang lalu

    Logika dan cerdas. Tidak wajar kalau sebagian aparat memamerkan barang mewah di sosmed tidak wajar gajih dri pajak rakyat. ✍️✍️✍️Sehat terus Ba Najwa dan sukses selalu.

  • Suhardi Sh
    Suhardi Sh 2 bulan yang lalu +1

    Polisi memang pantas jadi kaya..!!! Soalnya semua urusan pake uang gede..!!! Kalo polisi pura pura miskin, maka rakyat akan kecewa dan nggak bakal mau bayar pungli lagi...!!!

  • Hijrah Saputra
    Hijrah Saputra 2 bulan yang lalu

    Seharusnya pemerintah,memberikan prioritas pekerjaan kepada rakyatnya,dgn tidak membedakan ,ras ,suku,dll ,banyak ditemukan ,adalowongan kerja tapi hanya bisa didapat oleh pesanan,atau titipan

  • Bot squad
    Bot squad 2 bulan yang lalu +78

    Orang orang cerdas,yang mewakili perasaan masyarakat Indonesia.
    Terimakasih, smoga slalu dalam lindungan Tuhan dan diberikan kesehatan untuk mba Nana dan team ☁️🥲

  • HeNdRy SatuSembilanEmpatLima
    HeNdRy SatuSembilanEmpatLima 2 bulan yang lalu +1

    Gak semua lingkungan mau di ajak ngobrol kaya gini, kalau gak sefrekuensi kita harus gimana harus ngobrol di mana🥴

  • Bow Shay
    Bow Shay 2 bulan yang lalu

    Saya merasa Indonesia benar-benar sedang tidak baik-baik saja, tapi apalah daya warga sipil biasa mencoba mengkritisi hal-hal sensitif pasti akan di bungkam bahkan bisa di hilangkan

  • Dedi Cahyadi official212
    Dedi Cahyadi official212 2 bulan yang lalu +1

    Sehat selalu ,para pahlawan kebenaran ..

  • E L
    E L 2 bulan yang lalu +3

    kakak najwa , fix nonton pagi pagi di hari libur tuh bermanfaat banget dan seru banget , menenggangkan juga nontonnya , pokoknya harus terus ada channel mus mus mus ini , terus semangat dan sukses selalu channel ini , 🔥🔥🙏🎉🎉❤️❤️❤️❤️❤️❤️❤️❤️❤️

  • Kojiiro
    Kojiiro 2 bulan yang lalu +22

    Untuk masalah 'mitos' masyarakat bantu kasih masukan atas kinerja ny,itu memang sangat sulit sih tanpa harus 'viral' dulu....
    yg udah viral aja disuruh minta maaf atas pencemaran institusi,apalagi yg kagak....
    diteror sekeluarga yg ada 😃😃😃😃

  • Asep
    Asep 2 bulan yang lalu

    Masyarakat Harus turun ke Jalan untuk Kritisi Kebijakan yang menyengsarakan rakyat.
    Ingat Turun Ke Jalan jangan anarkis.

  • Sis Sendry (Nia)
    Sis Sendry (Nia) 2 bulan yang lalu +1

    Satu Do'a untuk mbak Nana
    'SEMANGAT TERUS,SEHAT SELALU,SELALU DI BERI KELANCARAN DLM SETIAP URUSAN,DI JAUHKAN DARI HAL2 YG TDK BAIK,DAN DI JAUHKAN DARI ORANG2 DENGKI, JAHIL ANIAYA... Aamiin

  • DIAN
    DIAN 2 bulan yang lalu

    udah kacauuuuu semuanyaaa .. dari sisi hukum, dari sisi produk undang2 , dr sisi kelola negara …jangan sampai indonesia tenggelam dan masyarakat seperti tutup mata dengan kondisi yang ada sekarang … piliiiiih dan fikirkan untuk next pemimpin kedepannya .. jangan sampai dengan money politic asal pilih aja .. karna efeknya begitu besar untuk kehidupan Indonesia kedepannya .. satu kata MIRIS dengan kondisi negara kita sekarang ..

  • Hazel Note
    Hazel Note 2 bulan yang lalu +1

    Butir pancasila
    5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
    Butir ke 7 :
    Tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup
    mewah.

  • Badjak Laut
    Badjak Laut 2 bulan yang lalu +107

    Pak Hoegoeng akan menjadi legenda yang tidak akan pernah ada lagi polisi seperti Beliau di Indonesia, Do'a tertulus, terbaik dan terindah untuk Bapak Jenderal Hoegoeng dan keluarga sampai anak cucunya dilancarkan segalanya. Respect!

    • Handayani puspitasari
      Handayani puspitasari 2 bulan yang lalu +1

      Mbak Nana kok ada yg usul gimana kl uang hasil korup harus di kembalika untuk subsidi rakyat?kan banyak tuh kan mbak Nana? Penting itu

    • Caploy Neverland
      Caploy Neverland 2 bulan yang lalu

      Skrng indonesia punya sambo 🤗

  • Rut Friskila Manurung
    Rut Friskila Manurung 2 bulan yang lalu

    Mengkritik memang gampang sih. Nyari2 kesalahan juga gampang. Coba cari solusi, kasih option2 seharusnya gimana menghadapi isu2 yg sedang dibicarakan.

  • Vita. Alvarrna
    Vita. Alvarrna 2 bulan yang lalu +13

    suara Ka Najwa adalah perwakilan suara kami... benar sekali Dalam pidato Pak Ir Soekarno... "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” ..

  • Dwita Lestari
    Dwita Lestari Bulan Yang lalu

    BLT dan Subsidi adalah pilihan² pemerintah dalam menyuap masyarakat miskin untuk mengurangi citra yg sudah hampir tdk bs diselamatkan, masyarakat itu butuh lapanggan kerja untuk meningkatkan pendapatan harian mereka, bukan dikasih uang jajan melalui bLT dan Subsidi untuk tutup mulut sementara tentang kehidupan mereka Krn uang jajan yg tdk seberapa itu

  • Beno official
    Beno official 2 bulan yang lalu

    Mantap mba Najwa, semoga mba Najwa ada pada lindungan Allah SWT amin 🤲🤲

  • audahka1
    audahka1 2 bulan yang lalu +15

    syukurlah Najwa Shihab sudah sadar sekarang...dan semoga semakin banyak masyarakat yang segera sadar atas bobroknya para penguasa dan aparat negara ini!!!

  • elifia dinda marsela
    elifia dinda marsela 2 bulan yang lalu

    aku setuju jika pemerintahan memperbaiki tranfortasi umum menjadi lebih nyaman dan murah, kemudian naikin pajak kendaraan pribadi menjadi tinggi, dan jangan naikin pajak kendaraan bemo, bis, truk, dan kendaraan umum lainnya. itu akan mengurangi bbm yang ke pakai, udara menjadi lrbih bersih, banyak orang berjalan kaki menjadi lebih sehat

  • Jim Kurnia
    Jim Kurnia 2 bulan yang lalu

    Menyenangkan sekali , semua tertawa lepas membuat Kita semua sehat + positive thinking bahwa ada banyak sekali generasi muda penerus bangsa yg Cerdas. Thanks Rekan Duo Lopez & N. Shihab... & Dkk . Keren , keren , keren Banget 👍👍👍👍👍🌠🌠🌠🌠🌠

  • TUBAN PROJECT
    TUBAN PROJECT 2 bulan yang lalu

    Apapun caranya kalau untuk menuntas penindasan demi keadilan rakyat akan terus mendukung kalaupun ada rakyat yang tidak setuju demi keadilan mungkin itu salah satu oknum yang tidak adil ( otak sehat bisa berfikir )

  • Ibnu Khajar
    Ibnu Khajar 2 bulan yang lalu +2

    Contoh Korupsi 10 triliun penjara + denda habis 1 triliun ... untungnya 9 triliun ..
    Yg mbak najwa bilang jangan lupa kejadian yg lalu dan saya masih ingat gara" isu corona di situ ekonomi saya hancur

  • Indah Mutiara
    Indah Mutiara 2 bulan yang lalu +30

    Saya setuju banget dengan pendapat mengenai tranportasi umum ini, selain juga untuk meminimalisir polusi udara, kemacetan dan juga bisa jadi andalan untuk anak-anak yang belum memiliki SIM, karena saat ini banyak sekali kasus lakalantas dikisaran anak-anak dibawah umur, sebenarnya untuk kawasan di kampung seperti saya tidak harus tranportasi umum seperti bus, cukup angkot saja sebenarnya bisa membantu untuk akses rakyat yang menengah kebawah, apalagi untuk orang tua yang sebenarnya sangat mengkhawatirkan kalau menggunakan kendaraan pribadi, semoga ada penyelesaian terbaik untuk kenaikan bbm saat ini, saya sebagai rakyat menengah ke bawah berharap akan ada solusi yang terbaik ☺️

  • Ersa William
    Ersa William 10 hari yang lalu

    Bisa gak ya orang2 yang ngobrol ini naik ke level pemerintahan RI sometime. pen lihat perubahan dan hal2 apa aja yang bisa dilakukan oleh generasi ini, rasanya terlalu banyak hal kemerosotan di bangsa ini. tapi percaya kalo masih banyak orang2 hebat yang masih berjuang untuk bangsa ini..

  • Devi Utari
    Devi Utari Bulan Yang lalu

    Musyawarah harus tetap ada 👍 memberi wawasan sekali bagi saya ❤️

  • mas gandul
    mas gandul 2 bulan yang lalu +1

    Kalo hukum manusia sdh bisa di mainkan ..
    biarlah hukum Allah subhanhuataalla nanti yg menghukum

  • Apa Itu
    Apa Itu 2 bulan yang lalu

    bangsa ini selalu reaktive, gak punya perencanaan, sudah kayak ugd di rs.
    kalau mau cabut subsidi jelasin targetnya apa, dan saat tidak dalam kondisi sulit seperti sekarang, belum lagi urusan kompor, masak itu butuh panas, kenapa bahan bakarnya dibakar, dijadikan listrik ( dibuang panasnya) terus disalur salurin ujung2 nya dijadikan panas lagi.
    kendaraan yang gak butuh panas, justru dibiarin terus jadi kompor berjalan. yang dibutuhkan energi gerak bukan kompor berjalan, listrik untuk transportasi ok, kalau buat masak, ya hitung saja price per btu untuk kedua jenis nya bandingkan ... serba terbolak balik 😁

  • Rachmat Mulyadi
    Rachmat Mulyadi 2 bulan yang lalu +44

    Buat aparat atau pejabat negara, kalo misal gaya hidup mewah itu yg alasannya dari bisnis mereka, apakah sudah taat pajak? coba dicek dulu itu, audit pajaknya dan janji ga ngancam punya kenalan petinggi di pajak supaya pajaknya dikecilkan, jangan masyarakat umum aja yg jadi sapi perah buat pajak, sedangkan oknum² itu bebas aja ngemplang pajak

  • Semy Aabubakar
    Semy Aabubakar 2 bulan yang lalu +3

    Berbuat salah itu manusiawi, tetapi menyalahkan orang lain itu POLITIK...

    • Asmin Hsm
      Asmin Hsm 2 bulan yang lalu

      Hahahaa persiapan 2024

  • TOTO SUDIRO
    TOTO SUDIRO 2 bulan yang lalu +1

    Ada juga polisi yang ortunya kaya dan mertuanya kaya. Sebaiknya mikir2 kalau nyerang polisi. Korup di negara kita sdh menjadi2 , utk pergi ke tempat kejadian saja polisi tdk punya uang bensin utk tempat perkara. Ya seharusnya mereka di sejahterakan . Masa BBM naik pemerintah harus nombokin utk keperluan warga. Pengen lihat Najwa suruh interview Anies Baswedan .

  • Rifan Husaen
    Rifan Husaen Bulan Yang lalu

    Sebenernya ketidakadilan tak akan pernah ada di dunia ini, yang ada adalah pihak yang menang dan pihak yang kalah. Ketika kita berada di pihak yang menang keadilan tak akan di pertanyakan lagi.
    Emang dunia ini busuk

  • Computing University
    Computing University 2 bulan yang lalu +1

    Kompetisi itu ada aturan mainnya begitupun hidup.
    Mari kendalikan hawa nafsu saling mengontrol diri dalam bernegara kurangi ambisi individu dan rasa takut kelaparan.
    Nabi pernah puasa untuk membagi makanannya sampai kapan puasa??
    Bahu membahu kolaborasi ada wasit ada pemain ada penonton ada penjual karcis .
    Udahlah kompetisi itu ada jaman purbanya klw yg kuat lawan yg lemah itu penindasan namanya.
    Ayolah serius meratakan pemisah terlalu kaya dan terlalu miskin ..
    Pajak itu sistem kuno...saatnya kerja diumur ideal dan nikmati hidup diumur lanjut dan tak usah pemperkaya diri dan takut miskin semua bersatu saling menjaga kebutuhan hidup.
    Memang upah di negara indonesia itu harusnya tinggi karena negara kaya SDA dan perlu koreksi gaji yg tak wajar terlalu tinggi atau terlalu rendah.
    Jadi invidu atau kelompok tidak boleh memperjual belikan milik negara atas nama negara atau BUMN cukup distribusi.
    Banyak tanah milik negara tapi dikelolah oleh orang tertentu yg sumberdayanya tidak layak lagi dikelolah selain milik negara dan mesti keuntungannya untuk negara dan pekerjanya cukup upah saja..
    contoh yg harus milik negara tidak boleh diperjual belikan dan harus tutup semua persuhaannya adalah.
    1.Pembangkit listrik memakai angin/air/batu bara dan energi lainnya yg dari bumi indonesi
    2.Air bersih dipasok oleh negara tidak boleh dikelolah oleh milik pribadi.(perusahaan swata/pribadi harus tutup)
    3.Gas LPG bahan bakar.(perusahaan swata/pribadi harus tutup)
    4.Bahan kimia dan zat mineral besi,aluminium,uranium,baja,lithium dan lain lain (perusahaan swata/pribadi harus tutup)
    5.semua yg dikelolah rakyat cukup pakai upah saja.
    bernegara itu adalah menyerahkan tanah air pada negara jadi cukup mengharap upah dan santunan negara yaitu segala yg behubungan dengan hidup dijamin negara selain nyawa.

  • Arief joel
    Arief joel 2 bulan yang lalu +23

    Dari zaman almarhumah ibu saya masih muda sekitar tahun 70an akhir sdh sangat jelas kesenjangan ekonomi antara polri dan tni, lebih sangat mencolok gaya hidup dan kepemilikan barang mewah anggota2 dri polisi..

  • Veronica Tata
    Veronica Tata 2 bulan yang lalu

    Asalan Subsidi salah sasaran itu sudah terjadi semenjak zamannya Gusdur, yg jadi pertanyaan saya selama ini apakah ada pengawasan/kontrol dari pemerintah? Atau selama ini pemerintah tidak bekerja? Menurut saya solusi yg tepat u/ subsidi BBM yg salah sasaran tsb adalah Pemerintah lebih giat lagi kerjanya, buat sistem pengontrolan/pengawasan BBM Subsidinya, bukan cabut subsidi karena dampaknya luarbiasa nyesak bosku...

  • Ceting Corp
    Ceting Corp 2 bulan yang lalu

    Hapus subsidi BBM,BLT/PKH, lebih baik alokasikan ke sekolah gratis agar masyarakat indoneisa bisa sekolah menjadi pintar dan berguna untuk negara,,, banyak oknum menyalahgunakan di subsidi tersebut
    Dan mudahkanlah masyarakat kecil untuk mendapatkan pekerjaan. Ini sudah sangat membantu..

  • soni setiyawan
    soni setiyawan Bulan Yang lalu

    Sebetulnya semakin maju kecanggihan elektronik secara tidak sadar kita sudah membocorkan data diri kita sendiri,contohnya penggunaan sidik jari,sensor wajah,dan pastinya ada orang dalam yg membocorkan data kita.

  • Alex Setia
    Alex Setia Bulan Yang lalu

    Masyarakat tidak terlalu membutuhkan BLT. Namun lebih k lowongan kerja untuk para penganggur, yg sulit mencari pekerjaan di negara sendiri 😔. Karna d dalam BLT tidak ada keadilan dan riskan tingkat korupsi nya. Dan jangan membuat masyarakat miskin justru semakin miskin dan malu Dengan cara demikian 🥺

  • Sur Yanto
    Sur Yanto 2 bulan yang lalu +45

    Hukuman berat di negri hnya untuk kita rakyat jelata,bukan untuk parah elit

  • Aprilia Putri
    Aprilia Putri 2 bulan yang lalu

    Suka banget sama mba Najwa, semangat terus menyuarakan aspirasi ya..

  • Ari Wibisono
    Ari Wibisono 2 bulan yang lalu

    Fatal!!!negara kita ber tanah subur semua jenis tanaman bisa tumbuh subur,,terdoktrin bahwa petani itu ber penghasilan rendah dan profesi rendah,,generasi skrng tdk ada yg mau ber tani,jika tdk ada yg mau bertani pasti tanah akan terbengkelai,,dan jika terbengkelai pasti di jual murah,,pejabat elit tdk sadar bahwa penunjang hidup itu dari pangan

  • MUHAMMAD ALFI HILMI LUTFI
    MUHAMMAD ALFI HILMI LUTFI 2 bulan yang lalu +1

    Mungkin andaikan para pahlawan yang dulu berjuang mati"an untuk kemerdekaan negara di beri kesempatan hidup untuk melihat penerusnya seperti ini sekarang, mereka mungkin milih balik ke alam kubur.. kalau dulu yang hidup menangis melihat yang mati sekarang yang mati menangis melihat yang hidup..

  • Diva Teguh
    Diva Teguh 2 bulan yang lalu

    inkonsistensi kebijakan pemerintah. aku kepikiran itu dari dulu. masing-masing instansi pemerintah punya kebijakan tersendiri yang sebenarnya enggak konsisten sama satu tujuan. Alhasil yang bingung adalah masyarakat, yang disalahin masyarakat, yang menderita masyarakat.

  • wiwikantari_
    wiwikantari_ 2 bulan yang lalu +138

    Terima kasih mbak nana, kak jo, ka dov dan teman-teman narasi yang sudah membuat musyawarah.
    Seperti kuliah online satu penuh isi.

  • Alex Setia
    Alex Setia Bulan Yang lalu

    Drajat uang lebih tinggi daripada hukum 😔

  • Jagongan Ngopi
    Jagongan Ngopi 2 bulan yang lalu +3

    mengkritik emang lebih mudah, tapi mencontohkan ke publik yg benar dan baik itu bagaimana, kritik dan kasih solusi

    • Erly Yugiawati
      Erly Yugiawati 2 bulan yang lalu

      Urusan solusi yg pemerintah dong, ngapain ngotot ingin jd presiden kalo ga bisa mensejahterakan rakyat

  • Padika Pradifta
    Padika Pradifta 2 bulan yang lalu

    KONTEN KREATOR LUAR BIASA DARI MBA NANA YG SANGAT MENGINSFIRASI SKALIGUS MEMBANGUNKAN KEPEDULIAN N KESADARAN KITA TERHADAP LINGKUNGAN N BANGSA...SUKSES N SEHAT SLALU MBA NANA.... SALAM AKAL SEHAT N TERUS MAJU BERANTAS SGALA KEBODOHAN YG TERJADI DI NEGERI INI....SMGA ALLOH SLALU MELINDUNGIMU AAMIIN...

  • maulana satriani
    maulana satriani 2 bulan yang lalu

    Sehat selalu buat mbak Najwa Shihab pejuang nurani 💚🇮🇩🇮🇩🙏🙏🇮🇩🇮🇩💚

  • PORUP
    PORUP 2 bulan yang lalu +2

    Jagalah AIB seseorang maka ALLAH SWT akan menutup AIB mu. Perlu kalian tahu Mau itu TNI POLRI KPK KEJAKSAAN BAHKAN MASYARAKAT DLL. Semua ada Oknum nya Bro. Jangan kalian sebut POLISI semua rusak. Gmana perasaan Polisi yg bertugas dengan sebaik baiknya? Saya sendiri berdinas sudah lama di perbatasan Kalimantan. Gua mengabdi, kerja dengan sebaik-baiknya. Jangan kau sebut POLISI itu semua sama NAJWA. Semoga ALLAH SWT memafkan kalian semua. Dan semoga Institusi Negara kedepannya akan lebih baik lagi.

  • nahi mungkar
    nahi mungkar 2 bulan yang lalu

    Pokoknya selama rezim parpol yg satu ini hukum, politik, keamanan, carut marut. Makanya, ayo seluruh warga negara Indonesia, cerdas dlm pemilu.

  • Ami Maryami
    Ami Maryami 2 bulan yang lalu

    Kakak sy juga kerja di instansi polisi, hidup sederhana. Sebut saja oknum polisi. Inget bahwa manusia itu selalu berdampingan dibalik yg jahat pasti ada sifat baik. Begitu juga dibalik baik pasti ada sifat jahat nya. Jangan merasa kita orang paling baik tapi ngomongin kejelekan orang lain hlo.

  • IKAW BOBO
    IKAW BOBO 2 bulan yang lalu

    Ga malu donk, karena urat malu mereka sudah putus. Uang nomor satu, tidak ada uang tidak ada keadilan.

  • Anggella Ayu
    Anggella Ayu 2 bulan yang lalu +52

    Kalau penegak hukum, bahkan petinggi negara seperti itu
    lalu rakyat harus percaya sama siapa 😭

    • Teguh Setya
      Teguh Setya 29 hari yang lalu

      Diri sendiri 😆

    • Jagat Satriya
      Jagat Satriya 2 bulan yang lalu

      ke pesulap merah aja kali ya..cmn gk tau jg sih,..bingung ahh..mumet..😂

  • Loky andryan
    Loky andryan 2 bulan yang lalu

    rakyat harus sadar. bukan struktur pemrintahan kita yang salah. tapi masalah ada pada wakil rakyatnya. selama isinya hanya ahli politik saja, maka semua berjalan lambat dan akan terus ada kepentingan pribadi dan golongan didalamnya. mereka semua terlatih untuk mencari celah untuk meraup keuntungan di balik keputusan keputusan yang keliatannya bijak.

  • Norani SH
    Norani SH 2 bulan yang lalu +1

    Tidak semua polisi yang hidupnya mewah,di Keluarga saya ada Polisi, pensiun pangkat nya Mayor, sampai saat ini masih tinggal di rumah mertuanya.

  • KATA LIPUTAN
    KATA LIPUTAN 25 hari yang lalu

    yang namanya kemewahan, tak perlu dipamerkan, memang sudah kelihatan.
    karena kemewahan identik dengan tampilan.
    sy percaya bahwa segala sesuatu hal itu selalu bersifat relatif.
    kalo sy beli barang harga 1jt, lalu dilihat dr sudut pandang orang ga punya, jelas itu mewah.
    tapi kalo sy beli barang harga 1jt, lalu di lihat dari sudut pandang orang kaya/ sultan, itu adalah hal biasa saja bahkan tergolong murah.
    sekarang pilihan ada di diri sendiri, mau berada di pihak mana? karena faktanya, masih banyak orang kaya pura2 miskin, orang miskin berlagak sok kaya. itu adalah penyakit mental yg ada di masyarakat kita, dan harus di benahi bersama2. 😊

  • Jim Kurnia
    Jim Kurnia 2 bulan yang lalu

    Mantaffff , generasi muda yg sangat2 Cerdas . Suarakan terus topik2 yg memang kita perlukan. .

  • Lintas Jalan
    Lintas Jalan 2 bulan yang lalu +30

    Inilah negri kita yg suka bikin rakyat susah, yg punya jabatan berpangkat bebas berbuat

  • Tony Benoa
    Tony Benoa 2 bulan yang lalu

    undang undang yg itu harus nya di tempel di kaca rias para istri polisi dan para pejabat biar intropeksi diri

  • Tony Benoa
    Tony Benoa 2 bulan yang lalu

    undang undang yg itu harus nya di tempel di kaca rias para istri polisi dan para pejabat biar intropeksi diri

  • Tony Benoa
    Tony Benoa 2 bulan yang lalu

    undang undang yg itu harus nya di tempel di kaca rias para istri polisi dan para pejabat biar intropeksi diri

  • kintil
    kintil 2 bulan yang lalu +1

    Polisi jaman now, maunya mengabdi sambil malakin rakyat. Ngga semua sih, cuman oknum, yaaah kurleb 90% lah, jd masih ada 10% polisi bersih 🤮

  • Bernadette Berta
    Bernadette Berta 2 bulan yang lalu +23

    SEMANGATT TIM MUSYAWARAH!! TERUSKAN ASPIRASI RAKYAT INI!! Pls tetep lanjut yaa episode musyawarah:) kalo bisa ngundang bintang tamu untuk bagi pemikiran juga. I LOVE U TIM MUSYAWARAH

  • afas wedding
    afas wedding 2 bulan yang lalu

    Dari pada hapus subsidi BBM karna pembengkakan anggaran, mending potong aja gaji & fasilitas pejabat negara yang selalu jadi beban anggaran, biar BBM tetap bisa di subsidi

  • David Photo Studio
    David Photo Studio Bulan Yang lalu

    Mengapa koruptor tidak dihukum mati, alasannya karena tidak sesuai dengan norma" Pancasila, seorang koruptor melakukan korupsi itu sudah menunjukkan bahwa dia menghina dan mengenyampingkan Pancasila.
    Apa karena mereka juga melakukan korupsi sehingga hukum mati untuk itu ditolak.

  • Sudarman Baru
    Sudarman Baru 2 bulan yang lalu

    Mantap Najwa lanjutkan , teruslah untuk percaya diri . 👍

  • Faishal Walker
    Faishal Walker 2 bulan yang lalu

    Maju terus kak najwa saya setuju sehat selalu barokah keadilan sosail bagi seuluruh Rakyat indonesia

  • Ma'ruf Al-hubi
    Ma'ruf Al-hubi 2 bulan yang lalu +15

    Wanita yg ditakuti orang² penting diindonesia,lanjut terus mba nana!💕

  • DOM KRIYO OFFICIAL
    DOM KRIYO OFFICIAL 2 bulan yang lalu +5

    Apa yg di fikiran ku selama ini hanya d konten kali ini tersampaikan. 👍👍👍Yuk Firalkan no 1 konten yg seperti ini jgn hanya konten nyanyi doang .

  • Almira Zahwa Setiyono
    Almira Zahwa Setiyono 2 bulan yang lalu +2

    sy istri Polisi, ktk anak sy diterima di SMA Taruna Nusantara (TN) Magelang sy rela tdk diberi jatah bulanan krn mmg sisa gaji hny ckp utk byr Spp di Sma Tn ...utk mkn sehari2 sy jualan lpg 3 kg dan sy hrs mengencangkn ikat pinggang mbk....apkh dg menyekolahkn anak di SMA TN dmn Spp tdk terjangkau oleh org kebanyakan apkh jg masuk gyhidup hedon mbk? Sy tunggu jwbn mb Nana yth

  • Aula Achmad
    Aula Achmad 2 bulan yang lalu

    Saya tertarik untuk menanggapi persoalan kenaikan BBM, dimenit ke 21-26 dibahas tentang ketidak tepatan pemberian subsidi BBM... Menurut saya memang agak sulit karena ga mungkin SPBU memilih siapa calon pembeli mereka, kalaupun subsidi hanya diberikan kepada pengendara sepeda motor saja... Belum tentu juga yg mengendarai sepeda motor itu orang kurang mampu... Gimana kalau sepeda motornya BMW, HARLEY, DUCATI, APRILIA, dsb...?
    Dan menanggapi bahasan dimenit ke 26-29 tentang nelayan... Saat ini saya sedang bekerja sebagai nelayan di kepulauan Riau... Mungkin benar yg diterangkan Mbak Nana tentang dampak dari kenaikan harga perbekalan kapal... Tapi yg saya saksikan dengan mata kepala saya sendiri, kenapa gaya hidup mereka "nelayan" itu penuh dengan hura-hura... Misalnya mabuk-mabukan tiap malam, pergi ke tempat-tempat hiburan malam, berjudi, dsb. Yg menurut saya itu sebenarnya yang menyusahkan hidup mereka sendiri... Tapi kenyataannya mereka masih terlihat santai saja... Dan malah terkesan sudah menjadi hal yg lumrah dilakukan oleh mereka...