Tap to unmute

SAH! IBU KOTA PINDAH ; KENAPA MENOLAK? - INDONESIA LAWYERS CLUB

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 20 Jan 2022
  • - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
    Thank u for watching. Don't forget to subscribe, like, and comment my youtube channel !
    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
    Find me on social media :
    Instagram : presidenilc
    Instagram : indonesialayters.. .
    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
    For IDclips business inquiries related to My video/channel, such as brand's placement, contact: ilccomeback@gmail.com
    Contact Business Inquiries Only: ilccomeback@gmail.com
    Indonesia Lawyers Club IDclips is under management of ILC Management

Komentar • 8 700

  • Yogie Surdhan
    Yogie Surdhan 2 bulan yang lalu +3

    Benahi dulu perekonimian negara.dalam hal ini rakyat sudah sejahtera,banyak lapangan kerja baru,bantuan sosial bagi yg kurang mampu,pendidikan tanpa batas untuk rakyat.berantas korupsi sam pai ke akar2nya dan menjalankan tugas sesuai jabatan demi kepentingan bangsa dan negara.

  • Nanda Dzaky
    Nanda Dzaky 7 bulan yang lalu +9

    Ya Allah lindungi bangsa indonesia dari segala bahaya yg datang

  • Sri Sulastri
    Sri Sulastri 7 bulan yang lalu +7

    Yaa Allah ... Yaa Rabb...lindungilah bangsa dan seluruh rakyat Indonesia , dari kedzoliman aparat yang dzolim....apabila akan terjadi kehancuran, maka azablah semua yang dzolim kepada rakyat Ina

  • Yahya Fauzan
    Yahya Fauzan 7 bulan yang lalu +7

    Semoga indonesia baik2 saja, aamiin.

  • Yuni Setyawati
    Yuni Setyawati 8 bulan yang lalu +161

    Ya Allah.. Engkau mengetahui yang terbaik bagi kami semua bangsa ini, bangsa muslim terbesar yang mengayomi minoritas.. semoga Engkau selalu lindungi dari makar2 jahat yang akan menghancurkan bangsa ini, jadikan bangsa ini bangsa besar dengan membawa rahmatMu ke seluruh alam.. anugerahkan kepada kami pemimpin yang takut hanya kepadaMu, yang tulus mencintai rakyatnya..

    • Gow Kim Song
      Gow Kim Song 3 bulan yang lalu

      yang bikin rusak pdip adalah orang 2 yg mencari muka sama yg punya partai dia kira yg punya partai bisa berbuat tampa dukungan rakyat jangan harap rakyat akan mininggal kan nya bila dia fi tinggalkan ingat suara rakyat suara Tuhan

    • Putra D0 Putra
      Putra D0 Putra 5 bulan yang lalu

      @oman maninggar emang pahlawan hanya islam sendiri??

    • Zurkon yogya
      Zurkon yogya 5 bulan yang lalu

      @panji tengkorak PKS itu biang gaduh

    • Zurkon yogya
      Zurkon yogya 5 bulan yang lalu

      Yang paling bukan anis

    • Erry Agrimansyah
      Erry Agrimansyah 5 bulan yang lalu

      @Putra D0 Putra kan kira negara Pancasila bukan.negara agama,,, 🤭

  • Tony Imran
    Tony Imran 7 bulan yang lalu +3

    Jelas2 ngomong rasa keadilan untuk segenap masyarakat Indonesia....dan sudah lama dicita2kan .....bagaimana IKN dipindahkan sebagai jawaban untuk mengurai permasalahan Jakarta .....ada yg berbicara TDK jelas ......menolak IKN.....ada apa .....kami juga WNI bagian timur Indonesia pingin juga merasakan keadilan seperti yg dirasakan untuk Indonesia barat sebagai wujud kemerdekaan RI 76 tahun lalu......sebagai negara yg berdaulat.....kami tidak pernah marah dan selalu mendukung kebijakan pemerintah......IKN harus jalan sebagai wujud rasa keadilan.....

  • Yosa Tristian
    Yosa Tristian 5 bulan yang lalu +1

    masalah alam emang sangat penting buat masa depan, bahkan penting banget, tapi (terlepas dari politik & bisnis) kalau negara pengen maju sementara pemerataan & pembangunan selalu di cegah nggak bakal bisa maju

  • Mamah Erma
    Mamah Erma 6 bulan yang lalu

    Bismillah ya Alloh SWT lindungilah bangsa Indonesia dari mata bahaya mau pindah kemana juga ibu kota GPP asal jng nambah hutang ujung nya beban rakyat

  • Gunawan Saleh
    Gunawan Saleh 7 bulan yang lalu +7

    Assalamu alaikum Bapak Karni Ilyas saya sebagai warga negara awalnya sangat mendukung pemindahan ibukota negara saya kira akan dibangun sebuah kota mini yang akan menampung eksekutif legeslatif yudikatif dan pertahanan keamanan dan Jakarta tetap sebagai pusat perekonomian bisnis dan pendidikan atau seperti putra jaya dan kualalumpur atau sebuah kota smart yang memanfaatkan kelebihan alam sekitar atau sebuah kota otoritas yang dipimpin walikota yang ditunjuk pemerintah pusat atau pembangunan kota tersebut hanya menghabiskan sekitar 20 triliun saja namun dibelakangan saya dengar rencana A1 A2 B1 B2 dll dan menghabiskan ratusan triliun seandainya dana tersebut dibagi rata ke 34 propinsi itu jauh bermanfaat tapi kita di daerah malah dikasih aturan vaksin 2 dengan pasword 70% baru kata bisa dapt dana ini sungguh kejam disatu tempat di habiskan uang sedangkan di daerah yang butuh di biarkan menderta dengan alasan pandemi.

    • Indriyati Indriyati
      Indriyati Indriyati 5 bulan yang lalu

      Emang gila. Soalnya lagi bangun ladang cuci uang apbn kali yah???

  • PG Production
    PG Production 7 bulan yang lalu +3

    DPR dll mewakili nafsu investor dan keuntungan pemerintah (oknum) dan itu memalukan 🤭 sesuatu yg buru2 biasanya ada maksud

  • Octo Kakerissa
    Octo Kakerissa 6 bulan yang lalu

    Masalah utang tidak salah yg pnting tidak melebihi batas kemampuan. Logikanya rakyat kecil yg miskin aja utang apalagi negara. Maju terus IKN. Demi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Semangat maju pantang mundur💪💪💪

  • Hend Ratno
    Hend Ratno 7 bulan yang lalu +8

    Bila perlu setiap Presiden terpilih 2 kali ,selalu punya ide pindah Ibukota biar merata kondisinya jangan Jakarta saja .

  • ishaaq alaudin
    ishaaq alaudin 7 bulan yang lalu +8

    Saya sangat mencintai posistioning Pak Ridwan di Forum ini, beliau menjadi penasehat bagi generasi² dibawahnya. Belaiu berbicara dengan suara hikmah dan kebijaksanaan. Sehat selalu dan panjang umur pak. Aamiin

  • GG official
    GG official 8 bulan yang lalu +221

    Semoga ke depan Indonesia di pimpin seorang yg amanah dan bijak serta cerdas intelektual.

    • Anon Ymous
      Anon Ymous 5 bulan yang lalu

      @Ali Darwanto affairs

    • Satu Dua
      Satu Dua 6 bulan yang lalu

      Setuju Anis baswedan & Prabowo real pemimpin , Aamiin

    • Mohamad Aan
      Mohamad Aan 6 bulan yang lalu

      @Wardoyo Wardoyo kadrun cuma pinter bacot SM demo berjilid2 😁😁😁😁

    • Renny Setiawati
      Renny Setiawati 6 bulan yang lalu

      Maksud lo

    • Galindra Said
      Galindra Said 6 bulan yang lalu

      @Yesus Bukan tuhan otak kamu itu tdk beres, otak kadrun, kalau otak kadrun semuanya dianggap salah, yg benar hanya mereka. Org org seperti ini susah majunya,

  • Matias Sembiring
    Matias Sembiring 7 bulan yang lalu +5

    Pemindahan ibu kota negara adalah hal yg urgensi utk menuju Indonesia menjadi negara maju...dgn dipindahkannya ibu kota negara ke Kalimantan akan sangat menguntungkan kawasan industri Jabotabek, karena kemacetan lalu lintas akan berkurang shg industri akan lebih efesien...klu kita perhatikan negara" maju di dunia, rata" melakukan pemisahan ibu kota pemerintahan dgn kawasan industri agar memaksimalkan efektifitas dan efesiensi wilayah...misalnya Amerika dgn Washington DC bukan kawasan industri tp ada banyak kawasan industri di negara" bagian...Jepang antara Tokyo dan Kyoto, dsb...

  • Hj. Sumarti Rahmat
    Hj. Sumarti Rahmat 6 bulan yang lalu

    Masih ada kesempatan tuk berbenah seluruh kebijakan smga petunjuk dari Alloh di manapun smga tetap beri nama ibukota negara. Republik Indonesia

  • Muhammad Efendi27
    Muhammad Efendi27 8 bulan yang lalu +2

    Kalau saya lihat.. Selama ini, diskusi seperti ini tidak ada gunanya . Karna pemerintah tetap menjalankan kemauan nya walaupun rakyat banyak yang menolak.
    Karna selama ini pemerintah tidak perduli dari hasil diskusi seperti ini.. Bukti nya mereka tetap menjalankan keinginan mereka..
    Jadi apa lah guna nya kita melakukan diskusi seperti ini.. Karna pemerintah tidak pernah perduli dengan jeritan rakyat nya sendiri.. Pemerintah hanya perduli keinginan mereka sendiri

  • Agustrin Erin
    Agustrin Erin 7 bulan yang lalu +1

    Masa depan Negara itu siapkan UU dan program perkuat setiap propinsi dgn pembangunan yg selaras dan harmonis,kalau IKN dapak nya terhadap Neg Kesatuan yg harus dipikirkan bukan yg penting indah diatas kertas aja atau indah pada waktu ditayang saja tapi apa dampaknya dengan Negara kesatuan

  • Rusni Hasri
    Rusni Hasri 8 bulan yang lalu +92

    Masalah kependudukan,tidak bisa dihindari.
    Penduduk asli Kalimantan timur sebenarnya sangat sedikit, sebagian besar penduduk Kaltim sekarang banyakan dari luar khususnya dari Sulawesi , terutama Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan.
    Ketika ibukota disana Mak a kedatangan penduduk dari luar tidak akan bisa dibendung..
    Bila ibu kota SDH disana maka kemungkinan pertambaha penduduk bisa beberapa kali lipat.

    • Alias Min
      Alias Min 5 bulan yang lalu

      Bangun dulu persawahan pertanian perkebunan rakyat. Kali mantan agar pangan Indonesia jangan kurang makan.

    • Mohamad Aan
      Mohamad Aan 6 bulan yang lalu

      @rohman mlg soalnya pasukan 212 kalo ikn jadi rada susah demo berjilid2 😁😁😁

    • Tata Skw
      Tata Skw 6 bulan yang lalu

      @Cri gampang Kalau gitu,Biar kaltim tak sumbang pendapatan dari migas sebesar 500 trilyun ke pusat.cukup pendapatan tersebut buat ikn..kaltim Salah Satu provensi terkaya di RI.

    • Hindong Huseng
      Hindong Huseng 6 bulan yang lalu

      @Taufik Fik d situ yg terbalik otaknya bro, jokowi bukan menyuru belajar d cina tp memaukkan TKA cina d Indonesia, bisa d bedakan ka? perkataan itu dongo

    • Excel Luna
      Excel Luna 6 bulan yang lalu

      @Hindong Huseng no

  • Yunus Tabelak
    Yunus Tabelak 7 bulan yang lalu +3

    Tetap semangat 🔛🔥 dalam proses pembangunan Ibu Kota Baru. Tuhan sertai sellu.... 💪💪

  • twisterdnd Twister
    twisterdnd Twister 6 bulan yang lalu

    Kemajuan suatu bangsa tergantung pada pemimpin yang penuh kreatif bukan pemimpin yang berfikir untuk kelompok tetapi untuk bangsanya..maju terus pak presiden, jangan ragu bertindak untuk kepentingan bangsa.

  • Coraline Emeralda
    Coraline Emeralda 7 bulan yang lalu +3

    IKN adalah cita2 luhur untuk indonesia lebih besar lebih maju...optimis !!

  • Yok hasti
    Yok hasti 7 bulan yang lalu +30

    Bang Karni ilyas ini pintar dan memintarkan bangsa. Banyak akal untuk mencerdaskan bangsa. Di TV One dilarang tayang. eh muncul di You Tube. Bagus bang. Semoga jadi amal jariyah buat Bang Karni dan kawan kawan.

    • Manusia Merdeka
      Manusia Merdeka 4 bulan yang lalu +1

      Pintar cari duit biarpun rakyat terbelah emang gua pikirin....yang penting iklan masuk terus

    • CEBONG DUNGU!
      CEBONG DUNGU! 6 bulan yang lalu +1

      Aamiinn

    • Rohmat Mly
      Rohmat Mly 6 bulan yang lalu

      @Azzahra Jannathi Kusuma berarti LOL makanya engak bisa jd presiden paling yg milih cuma elo doang

    • Azzahra Jannathi Kusuma
      Azzahra Jannathi Kusuma 6 bulan yang lalu

      @Rohmat Mly LOL🤣

    • Rohmat Mly
      Rohmat Mly 6 bulan yang lalu +1

      Kalo saya lihat hanya pintar mengkritik, kalo lebih pintar dan jago kenapa enggak jd presiden aja.😆😆😆

  • Ade De'RuL Sahrul
    Ade De'RuL Sahrul 8 bulan yang lalu +1

    Kalau demi perekonomian bangsa dan hanya untuk kepentingan bangsa dan negara,perpindahan ibu kota negara hanya di Bali yg cocok.

  • Ahmad Dzaki
    Ahmad Dzaki 7 bulan yang lalu +1

    Terkadang utk membangun negara itu harus tega kalu gak tega gak jadi karna banyak juga orang gak kebagian dan memang kebanyakan orang yg rakus, yah ini lah Indonesia, coba kalu saking dukung dan jujur pasti bisa berjalan dgn baik

  • R SITUMORANG
    R SITUMORANG 7 bulan yang lalu +1

    Teruskan tekat pembngunan IKN jangan gentar, lihat kepusan mengenai harga minyak yng sama untuk seluruh wilayah nuntansara yng nyatanya diterima seluruh warga ternyata sekarang sudah bisa.

  • Berteduh Sesaat
    Berteduh Sesaat 7 bulan yang lalu

    Untuk mensejahterakan seluruh masarakat Indonesia dan pemerataannya, bangun sentral sentral ekonomi dan perdagangan di seluruh profinsi di Kalimantan barat, tengah dan timur, di sulawesi utara tengah dan selatan, di Papua barat tengah, timur, di Sumatera utara, tengah ,dan selatan, di NTT dan lain lain.

  • Adjie
    Adjie 8 bulan yang lalu +44

    Memangnya kita sebagai rakyat 'rela' menyerahkan negara ini oleh para parpol yg pemimpinnya sebagian besar adalah pengusaha....apa bisa seorang pengusaha memikirkan nasib rakyatnya....

    • Bowo Sumono
      Bowo Sumono 5 bulan yang lalu

      Ayo terus di sorotin terus antek antek cina sedang berkuasa ,,,liat semua lini di kuasai TNI sampai Polisi tinggal tunggu kehancuran negara ini

  • Reva Yanti
    Reva Yanti 7 bulan yang lalu +1

    rakyat lndonesia seger waras 👍

  • Saijo Rahmat
    Saijo Rahmat 7 bulan yang lalu +2

    Alhamdulillah meskipun pemimpin negara kita sedang menghadapi ganasnya pandemi covid 19 masih sempat juga mikir pindah ibukota negara dari Jakarta ke IKN Nusantara di Kaltim. Mudah mudahan dengan kepindahan ibukota negara mengantarkan Indonesia menjadi negara maju yang diridhoi oleh Allah SWT dan disegani oleh lawan serta disayangi oleh negara tetangga kita.

  • dirman suharto
    dirman suharto 7 bulan yang lalu +1

    IKN pindah ke Kalimantan sah berdasar UU. Yang menolak itu orang2 Illegal (orang2 yg ga jelas) barang sah kok ditolak. Kita laksanakan dan awasi bersama biar baik, lancar dan tidak ada penyimpangan2, gitu yg benar.

  • Edy Nur
    Edy Nur 4 bulan yang lalu

    Kami jg warga Kalimantan timur sangat mendukung pemindahan ibu kota ke Kaltim biar ada pemerataan pembangunan.

  • Syahla puspa dewi
    Syahla puspa dewi 8 bulan yang lalu +22

    KAMI MENGUMUMKAN KEPADA SELURUH WARGA SURABAYA UNTUK TIDAK MEMPERPANJANG IPT - IPR DAN TIDAK MEMBAYAR RETRIBUSI KEPADA PEMKOT SURABAYA, JANGAN BAYAR MAFIA TANAH YANG DILAKUKAN PEMKOT SURABAYA.

  • CREATOR GAMING
    CREATOR GAMING 7 bulan yang lalu +1

    Jokowi memang yg terbaik 👍👍 semoga sehat selalu😍

  • Kasmojoyo Gandu
    Kasmojoyo Gandu 7 bulan yang lalu +1

    Saya sangat setuju dan sangat mendukung pencerahan dari Saudara Rodulf Caniago. Mantap saudara sangat mencerahkan bagi kami masyrakat awam.Maju terus IKN.👍

  • bahruddin anjir
    bahruddin anjir 8 bulan yang lalu +1

    kalau sdh disahkan jgn ibu kota baru pindah kekaltim maju terus jgn hiraukan apapun yg menghalangi tetap maju kami rakyat kalimantan setuju

  • M Pranata
    M Pranata 7 bulan yang lalu +3

    Daripada sibuk memikirkan ibukota negara baru, lebih baik beliau mempertimbangkan menambah ibu negara baru yg bisa mengingatkan dan memberikan saran terbaik bagi beliau memimpin negara untuk Keadilan dan kesejahteraan rakyat☺️

  • Weeby Bryantita
    Weeby Bryantita 8 bulan yang lalu +5

    Semoga indonesia tetap maju dan berkembang, dan apapun yang terjadi kedepan semoga dampak negatif terhindar dan mari bersama-sama kita bahu membahu agar bangsa kita tetap bersatu, rukun damai dan sejahtera

  • megalodon
    megalodon 6 bulan yang lalu

    Betul2 bp Chaniago saya sangat faham dan mendukung sepenuh jiwa dan raga agar Indonesia betul2 Indonesia bukan Jawa, rakyat Indonesia bukan suku Jawa saja melainkan milik kita bersama yg selama ini dikuasai oleh suku Jawa

  • Qawaed Oplok
    Qawaed Oplok 7 bulan yang lalu +1

    Saya warga maluku,, mendukung pemerintah pindah ibu kota baru di Kalimantan,,

  • Heru Bambang
    Heru Bambang 7 bulan yang lalu +1

    Pindah Ibukota kemanapun O.K lah. Yg penting hutan", sungai", binatang", dan lingkungan tdk semakin rusak. Tapi dipulihkan n diperbaiki !

  • Manusia Merdeka
    Manusia Merdeka 5 bulan yang lalu

    Insya allah kepindahan ibukota akan dilancarkan dan dimudahkan...amin...amin...yarobalalamin

  • Neli Caniagi
    Neli Caniagi 8 bulan yang lalu +112

    Semoga Bangsa Indonesia dalam lindungan Allah Subhanahu Wata Ala.amin.

  • misno marjuki
    misno marjuki 7 bulan yang lalu +1

    Masalah anggaran darimana saja sah, dari pda uang negara, habis di curi oleh koruptor, lebih baik untuk membangun supaya sama2 bangsa indonesia,ikut merasakan,

  • I Gusti Ngurah Yudi Sugianta Ngurah

    Lanjutkan IKN...menuju Indonesia yang lebih baik

  • Sukses Muda
    Sukses Muda 7 bulan yang lalu

    Cukuplah kekayaan dan fasilitas negara dinikmati oleh anggota dewan sbg wakil rakyat, tdk perlu rakyat hidupnya sejahtera dan makmur...

  • Richard Adriaan
    Richard Adriaan 6 bulan yang lalu

    Orang2 yg menolak perpindahan ibu kota negara adalah : mereka yg takut kehilangan apa yg sudah dimiliki kalau ibu kota tetap di Jakarta, pesimistis, berpikir picik & penuh praduga bersalah, serta memusuhi pemerintah terutama Jokowi

  • PA
    PA 8 bulan yang lalu

    Kalo berbicara masalah perpindahan IKN. pasti ada pro kontranya.tapi siapa yg berwenang merencanakan dan memutuskan ,tentu pemerintah saat ini melalui mekanisme yg sudah disepakati dan sudah diputuskan bagi beberapa pihak yg tidak setuju bisa memberikan solusi,bukan menjegal membuat gaduh

  • Solam Nainggolan
    Solam Nainggolan 7 bulan yang lalu +1

    Umumnya yang menolak pindah ibukota negara itu adalah anti pemerintah jadi menurut kami maju terus pak Jokowi jangan ragu

  • asung pranoto
    asung pranoto 8 bulan yang lalu

    Kalau pembangunan ibukota tidak dari APBN alias uang rakyat sepertinya nggak mungkin. Kalau pakai uang swasta jelas juga nggak mungkin karena pembangunan ini hasilnya bukan hanya untuk sekelompok orang. Seharusnya memang harus dikaji secara matang pemindahan ibukota, terutama mengenai urgensi dan kemampuan pembiayaannya. Jangan sampai ini menjadi seperti proyek Hambalang dalam skala yang lebih besar.

  • Tuhu Sulis
    Tuhu Sulis 7 bulan yang lalu

    Manusia setiap ada pembangunan proyek maha Mega seperti ikn
    ,pasti SDH dikumpulkan,seluruh ahli ahli dibidangnya masing masing anda SDH duduk baik,ibu kota baru ,bisa menciptakan ekonomi menciptakan manusia propesional,penyebaran penduduk,negara akan kuat, disegani negara tetangga

  • yus pulu
    yus pulu 8 bulan yang lalu +9

    Ya Allah Tolong Selamatkan Negara Kami.

  • Amri Utomo
    Amri Utomo 8 bulan yang lalu

    Setuju banget Ibukota pindah, dari tangerang depok bekasi menuju jakarta macet parah, stres dibuat tol bawah tanah maupun layang tidak mengurai kemacetan, belom banjir yang belum bisa teratasi

  • Mihamad Rifaiusman
    Mihamad Rifaiusman 6 bulan yang lalu

    Sangat di sayangkan zaman nao masih ada manusia yang masih berfikir kolonial sebagai warga negara yang baik kita harus bisa berfikir masa depan anak cucu kita yang akan melanjutkan perjalanan kehidupan kita

  • f & k
    f & k 7 bulan yang lalu +8

    saya rakyat miskin ,dan kami tau rencana busuk para elit yg serakah...mereka hanya mementingkan kpentingan diri sendiri ketimbang rakyat,dan itu biadab...

  • saha weh
    saha weh 7 bulan yang lalu

    Pikirkanlah rakyat masih banyak yg miskin, pikirkan utang yg menjulang susah dicicil, pikirkan pengangguran yg makin meningkat, pikirkan covid yg masih merajalela, pikirkan bencana banjir di daerah, dll yg melanda, pikirkan sarana dan prasarana rakyat yg masih ke tinggalan, fikirkan masyarakat yg masih terpecah belah dan saling menghujat, pikirkan OPM yg serius mengancam kesatuan negara dan mengancam rakyat papua, pikirkan cara memakmurkan dan mensejahterakan rakyat, dll, dll, dll, bukan memikirkan IKN yg belum saatnya pindah yg biayanya ratusan triliun, ingat rakyat masih melarat, banyak rakyat yg belum punya rumah dan hidupnya ngontrak, dimana hati nuranimu terhadap rakyat kecil, lebih baik buka pabrik untuk kepentingan rakyat dan membuka lapangan kerja baru buat rakyat

  • aimas aimas
    aimas aimas 8 bulan yang lalu +80

    Sebenarnya ngak usah IKN, yg dikebut tapi Rumah Sakit jiwa yg perlu dibangun untuk menangpung orang2 yg udah rusak cara pola pikirnya untuk membangun negeri ini,

    • Didi Marsell
      Didi Marsell 6 bulan yang lalu

      Haaaa,,,,,haaaa,,,haaaa,,,siapa siih yg gak dukung IKN dg pemerataan pembangunannya,,,jika perlu semua Provinsi kebagian Gilirannya,,,!!! Cuma mampuu kaga BOSS,,??? Kalo di mampu mampuuin,,,Entaar Mampuuus dg Kebohongan ,,,??? Kalo statement ini,,itulaaah,,,nyatanya apa,,,??? kita liat kelanjutannya seluruh Anak bangsa Sak jagat RAYA,,,program yg digadang gadangkan nya,,,???

    • *.rhamadan berkah.*
      *.rhamadan berkah.* 8 bulan yang lalu

      Hahahah setuju

    • toko gangsar
      toko gangsar 8 bulan yang lalu

      SEPERTI KM

    • Pasar malam
      Pasar malam 8 bulan yang lalu

      Iya NNT kamu SM kluarga mu yg mesti masuk RS jiwa

    • Warisal Ambiya
      Warisal Ambiya 8 bulan yang lalu +1

      Kakek Sugiono pasti bangga padamu

  • Rahmat Salahuddin
    Rahmat Salahuddin 8 bulan yang lalu

    Pak nasir jamil (PKS), kebanyakan masyarakat di kaltim tidak mengenal apa itu WALHI. Jadi kenapa bisa WALHI mewakili keresahan masyarakat kaltim?

  • Syakura Raya
    Syakura Raya 8 bulan yang lalu

    Semoga berjalan sukses n tdk mangkrak (tdk sprt negeri antah berantah yg kasi karpet merah buat asing n oligarki, yg notabene karpet merah itu adlh rakyat n negerinya)😭

  • H. Fadelah Fadelah
    H. Fadelah Fadelah 5 bulan yang lalu +1

    Mf Facebookers bahwa pimpinan baru yg amanah sejalan Zat Tuhan mensyukuri nama-Nya menciptakan sosok pimpinan yg benar terpercaya menyampaikan terpuji di era milinial ini; ini sebagai wujud dr pengamalan dr Al ikhlas ayat (1), insy amin

  • choirul anam
    choirul anam 7 bulan yang lalu

    Memajukan dan memakmurkan indonesia gak harus dgn memindahkan ibukota negara
    BERANTAS KKN SAMPE AKAR2NYA JUGA BISA

  • Speaking English Fluently
    Speaking English Fluently 7 bulan yang lalu

    Sangat bermanfaat, Terima kasih banyak sudah bagi bagi ilmunya...rejeki kalian pasti makin lancarrrr

  • Anggardika Pasek
    Anggardika Pasek 7 bulan yang lalu

    Smoga perpindahan ibu kota cepet realisasi 🙏

  • HiimLexi:C
    HiimLexi:C 7 bulan yang lalu

    Pulau Sulawesi lebih cocok jadi ikn ketimbang Kalimantan...warga nya yg ramah dan tidak mudah tersinggung..atau terprovokasi..

  • Kang Majid
    Kang Majid 7 bulan yang lalu +1

    Rakyat melihatnya pemerintah hanya bisa membangun fisik/ bangunan,barang kali lebih gampang dan banyak uang disana,lupa akan cita2 perjuangan luhur para pahlawan bangunla jiwanya bangunla badannya untuk Indonesia raya.bisa di bilang penghianat bsngsa

  • JAMALD SONG
    JAMALD SONG 8 bulan yang lalu +85

    MARI KITA DUKUNG SLALU PERJUANGAN PARA PEJUANG SEJATI INDONESIA👍👍😍🇮🇩🇮🇩😍👍👍💪💪✊✊🙏🙏

    • Rohmat Mly
      Rohmat Mly 6 bulan yang lalu

      @Norman Sasongko sok cakep boleh, sok ganteng boleh jangan sok tau.

    • Norman Sasongko
      Norman Sasongko 6 bulan yang lalu

      Sebelah kanan Aseng sebelah kiri Asing, depan Rezim, belakang oligarqi BUTA2

    • Norman Sasongko
      Norman Sasongko 6 bulan yang lalu

      @Rohmat Mly sebelah mana bossss cobalah liat fakta2 baik2 sebel

    • Norman Sasongko
      Norman Sasongko 6 bulan yang lalu

      IKN ini ngotot d bangun d maksudkan untuk Rezim dan pertahanan, pangkalan basis dan bangker Aseng dan asing tuwanya oligarki dan Rezim sekarang, penduduk asli Kalimantan seharusnya ada minta perjanjian hitam d ats

    • Norman Sasongko
      Norman Sasongko 6 bulan yang lalu

      IKN ini ngotot d bangun d maksudkan untuk Rezim dan pertahanan, pangkalan basis dan bangker Aseng dan asing tuwanya oligarki dan Rezim sekarang, penduduk asli Kalimantan seharusnya ada minta perjanjian hitam d at

  • Putrii Lii
    Putrii Lii 7 bulan yang lalu

    Pemindahan ibu kota itu sudah tepat ... mengingat beban pulau jawa yg kian berat dan makin padat .. berpikirlah untuk jangka panjang jgn hanya demi kepentingan sesaat .. memang semua tidak instan semua melalui proses .. lihat batam yg dulu hanya kampung nelayan biasa kini jadi metro polis yg maju nah ini ibu kota negara .. tentu semua sudah melalui perhitungan yg matang demi masa depat anak cucu kita

  • Hamada Hamada
    Hamada Hamada 7 bulan yang lalu +11

    Seharus nya yang didahulukan kesejahteraan Rakyat dan memperbaiki ekonomi yang sedang ambruk , bukan pemindahan ibukota

    • Ozi Ozi
      Ozi Ozi 7 bulan yang lalu +1

      BKN eknomny yg ambruk orny MLS cri krja

    • Henny Suryani
      Henny Suryani 7 bulan yang lalu +1

      Betulll.... 👍
      Jangan ambisi....

  • Nayla Nadha
    Nayla Nadha 7 bulan yang lalu +5

    Sebenar nya ibu kota mau pindah kemana pun yng penting masih di nkri,mari ktabrsama" mendo'akn smga bk" saja👍

  • War Sito
    War Sito 7 bulan yang lalu

    Sudah dari dulu DPR MPR bukan wakil rakyat tapi wakil yg punya kepentingan makanya pemilu legislatif jangan ada yg mau pilih kalau politikusnya gak mau berubah,yg menyebabkan rakyat males ikuti pemilu yaa itu masalahnya, tapi politikusnya pura2 tidak tau paling2 ya ancam rakyat yg tidak mau pilih tidak diberi fasilitas negara tapi elit politik tidak mau koreksi diri, pasti nyalahin rakyat

  • Erma Erma
    Erma Erma 8 bulan yang lalu +48

    Semoga rakyat indonesia makin pintar dan bisa menilai, mana yg manfaat dan mudharat.

    • Zul Fadli
      Zul Fadli 6 bulan yang lalu

      @Moch Yamin koment tapi bahasa belepotan. Ujung" Nya melecehkan. Ga kompeten lu koment!

    • Deni Aditiya
      Deni Aditiya 8 bulan yang lalu

      @ANDI MASHURI perubahan perlu PENGORBANAN, Pak President said "Maju Mundur maju mundur....MAJU..MAJU KATA SAYA🔥🔥🔥"

    • ANDI MASHURI
      ANDI MASHURI 8 bulan yang lalu +3

      @I maul kalo APBN ratusan triliun di bawa ke IKN....berarti APBN untuk daerah lain akan turun drastis

    • agan biru
      agan biru 8 bulan yang lalu

      @Moch Yamin setuju. 👍👍

    • I Wayan Gede Asmara
      I Wayan Gede Asmara 8 bulan yang lalu +1

      @I maul rakyat yg mana?😂
      Klo cm ente yg idup kelaparan gk usah bwa2 nama rakyat😂
      Dr awal smpe akhir udh jelas org2 yg menolak pemindahan itu rata2 kadrun…
      Alias kadal gurun😂😂
      Kenapa? Krn pindah ibukota sama artinya sepi demo… sepi demo artinya sepi nasi bungkus, makanya gk heran klo lo bilang rakyat(keluarga lo) msih kelaparan….😂😂😂😂😂

  • Suparno Adiwijaya
    Suparno Adiwijaya 8 bulan yang lalu

    Saya sangat setuju ibu kota baru pindah ke Kalimantan, untuk visi ke depan Indonesia maju

  • Gandhi bakrie
    Gandhi bakrie 7 bulan yang lalu

    Jelas pusing pak Dolly . Hanya saja terlalu kesusu. Ini kerjaan utk masa dpn bangsa tdk cukup hanya dgn pansus 32-40 org . Dlm kondisi ekonomi spt ini , AlAsan pemindahkan IKN terlalu simple bgt , takut banjir , tdk kena Gempa … pemerataan … Lanjutkan aja bang kalo merasa sdh cukup

  • Aghis Salary
    Aghis Salary 4 bulan yang lalu

    Pemindahan Ibukota baru ini banyak PR terutama untuk ASN yang di Jakarta. Seperti saya, baru ambil rumah dan menjaga orangtua. Kalo pindah agak sulit dan terlalu terburu buru tidak ada sosialisasi apa saja yg kami terima, apa saja yang ditanggung, tempat tinggal saja saya tahu karena liat diinternet itu rusun. Menurut saya ini agak terlalu terburu buru banyak faktor lain yang harus di perhatikan dan di pertanggung jawabkan

  • Gapura Channel
    Gapura Channel 7 bulan yang lalu

    Untuk nampak jadi orang pinter, tidak perlu menelanjangi diri jadi nampak konsevatif dan berpikir mikro gitu. Susah amat sih terima perubahan. Sekarang pola pikir sudah distorted berat kearah milenial, generasi z dsb yang penuh flexibilitas dan siap berubah setiap saat. Mau pola pikir kucing hitam atau putih tidak penting. Yang penting bisa nangkap tikus. Bukan cuma asal ngeyel. Ojo kagetan.

  • Bintang Situmorang
    Bintang Situmorang 8 bulan yang lalu +130

    Ya,, Tuhan beri pemimpin negara RI di tahun mendatang ( 2024 ) yg membawa NKRI lebih rukun dan damai dan jauhkan pikiran yg mau memecah belah negara RI .

    • yosef maria
      yosef maria 7 bulan yang lalu

      🇮🇩🇮🇩🇮🇩✌️

    • Lulu Sukma
      Lulu Sukma 7 bulan yang lalu

      @Mokh Hamka tenang bro kita di garis lurus,, jgn terpengaruh dg para cebong DUNGU BEROTAK KEBO..😂😂

    • Lulu Sukma
      Lulu Sukma 7 bulan yang lalu

      @yosef maria Ahok melebihi siapapun?? Itulah pemikiran orang DUNGU BEROTAK KEBO , mujimuji keturunan asing saudara sendiri diremehkan...

    • Lulu Sukma
      Lulu Sukma 7 bulan yang lalu

      @@ arek Suroboyo itulah pemikiran orang DUNGU BEROTAK KEBO..

    • Lulu Sukma
      Lulu Sukma 7 bulan yang lalu

      @Putri bilqis ramadhani Freddy itu pemikiran dungu

  • Adit Hilman
    Adit Hilman 7 bulan yang lalu

    pada dasarnya setuju pindah ibukota cuma proses yang ditempuh kurang pas,sehingga perencanaannya lemah, harusnya berfikir nanti bagaimana, yang terjadi malah bagaimana nanti aja, padahal lemahnya perencanaan yang benar sama saja dengan merencanakan kegagalan,mungkin bisa berkaca dari myanmar atau brasil, janganlah spt mau ngejar setoran

  • Richard Adriaan
    Richard Adriaan 6 bulan yang lalu

    Walhi adalah LSM yang kita ketahui bahwa LSM itu tergantung mana yg bayar maka kesanalah dia akan memihak.
    PKS tidak pernah mendukung program pemerintah, tetapi semua program dikerjakan dengan baik oleh pemerintah. Jadi apapun yg ditolak PKS bertanda pemerintah sudah melakukan hal yg benar

  • Zainuddin Umar
    Zainuddin Umar 7 bulan yang lalu

    Sekarang yg harus dilakukan terdahulu membangun masyarakat lokal sebaik" nya.

  • presindesipalui
    presindesipalui Bulan Yang lalu

    Betul bu yoana.saya orang kabupaten paser menolak dengan adanya perpindahan ibukota baru yg ditempatkan ppu dan kukar.ini akan mengancam lingkungan hidup dan plora pauna disekitar ppu dan kukar.ayo masyarakat kaltim kita tolak dengan adanya perpindahan ibukota baru.ini akan mengancam juga penduduk suku dayak pedalaman yg ada di ppu dan kukar

  • Iwan Kurniawan
    Iwan Kurniawan 8 bulan yang lalu

    Alhamdulillah ada Presiden Jokowi yang fokus ke mewujudkan apa yang sudah direncanakan bertahun2 untuk mewujudkan mimpi2 menjadi bangsa yang maju. Tidak hanya berkutat dengan debat kusir yang tidak ada akhirnya. Memang dibutuhkan energi yang besar dan pengorbanan untuk berubah menjadi negara besar dan maju. Juga leadership yang kuat dari pemimpin negaranya.

  • Amran Bastomi
    Amran Bastomi 7 bulan yang lalu

    Oke demi nkri. Lanjut pembangun. Selagi amanah rakyat msh di pundakmu. Semoga dpt setara dg negara yg telah maju.

  • Kepomania Randublatung
    Kepomania Randublatung 8 bulan yang lalu

    Apapun yg diputuskan oleh pemerintah tdk mungkin menggembirakan semua orang. Sak apik apike orang pasti ada yg tidak suka tetapi sak jelek jeleknya orang pasti juga ada yg suka. Tinggal kita termasuk yg mana gitu saja.

  • MR RAHANGMETAN
    MR RAHANGMETAN 6 bulan yang lalu

    Yg pengen cepat" pindah ibu kota itu krn ada yg blm tahu ttg persyaratan ibu kota,atau ber pura" tdk tahu krn ada kepentingan terselubung. krn klu di jakarta memuluskan kepentingan sulit,tpi klu di Kalimantan bisa manfaatkan kelompok tertentu utk mengamankan kepentingan tsb.

  • Agustrin Erin
    Agustrin Erin 7 bulan yang lalu

    Kita setuju pembangunan Kalimatan tapi negara ini luas kue harus dibagi tapi propinsi diperkuat dan tugas pokok dan fungsi gubernur diperkuat,dan hub kerja sama diperkuat antar kalimantan

  • embai suriyati
    embai suriyati 7 bulan yang lalu

    Pa Nasir cerdas dan amanah 👍🙏

  • j
    j 7 bulan yang lalu

    Saya yakin Pemerintah lebih mengetahui segalanya dari segala sektor/bidang dampak dari pembangunan IKN yang tidak setuju jangan sok tahu jangan sok pintar apalagi nge'Les Pemerintah. Apalagi mereka yang berfikiran dangkal dan ada sifat sentimen tidak suka pada Pemerintah. Cermati pidato Bapak Presiden Jokowi terkait Perpindahan dan Pembangunan Ibu Kota Negara. Jelaskan ?

  • Sembarang kalir
    Sembarang kalir 7 bulan yang lalu

    Ayo kita dukung 1000% IKN agar indonesia maju

  • Ray Joe
    Ray Joe 8 bulan yang lalu +3

    apa khabar bang adrianoff chaniago,sudah lama tak tampil dalam diskusi seperti ini,kangen rasanya,,sehat slalu ya bang panjang umur

  • suhadi kritno
    suhadi kritno 6 bulan yang lalu

    SIAPAPUN YANG MEMIMPIN YANG PENTI ORANGNYA MAMPU MENGATASI KESULITAN RAKYAT DAN MELAYANI KEPENTINGAN MASYARAKAT DAN FOKUS MEMBANGUN BANGSA MENJADI BANGSA YANG MAKMUR DAN INDONESIA MENJADI MENJADI NEGARA MAJU KARENA RAKYATNYA CERDAS DAN MAJU DI SEMUA BIDANGI TEHNOLOGI DI DUNIA INI.

  • Bowo Sumono
    Bowo Sumono 5 bulan yang lalu

    Pindah ibukota bukan masalah sah berdasar undang undang atau peraturan tapi di liat situasi dan kondisi,,,Sekarang rakyat sedang sulit ekonominya pemerintah bingung cari sumber keuangan di akibatkan besar pasak daripada tiang,,,mengapa memaksakan pindah ibu kota ,sedang sekarang saja perintah mempersulit hidup rakyat dengan naiknya semua nilai barang

  • Aqila Fariza mufia
    Aqila Fariza mufia 7 bulan yang lalu +1

    Sy lebih setuju ibukota pindah jg terfrovokasi org PKS d segilintir org kami rakyat lebih setuju pindah

  • Meidik Suriadireja
    Meidik Suriadireja 8 bulan yang lalu

    ILC berpindah tempat 😁. Tp teup ya cara berpikirnya diskusinya, penuh pesimistis.
    Rencana besar memang tdk semua org mampu melakukannya. Org spt pJokowi itu mgkn akan ada lg puluhan tahun yg akan datang. Org yg punya visi misi luar biasa dan mampu utk eksekusinya 👍🏼🙏🏼🇮🇩. Tdk heran yg lalu2 pembangunan lambat dan tdk spt ibukota lainnya. Lihat ajalah pembuatan MRT sekian lama baru terealisasi di era pJokowi, yg jelas berani melangkah. Hayooo jng lambat berpikir dan bertindak, ketinggalan jaman yg ada negeri ini. Bravo pJokowi dan semoga Allah SWT melindungi dan meridhoi langkah pJokowi dan jajarannya utk membuat negeri ini lebih maju dan baik kedepannya, aamiin yra 🤲🏼🙏🏼

  • Loemaoe
    Loemaoe 8 bulan yang lalu +10

    Melihat sikap pejabat2 dan politisi saat ini, pekerjaan apapun yg melibatkan kata perencanaan, integrasi, konsolidasi, koordinasi, sepertinya mustahil. Tunggu pemimpin gila yg mau bertindak gila baru bisa jalan semua.

  • pak basuki
    pak basuki 8 bulan yang lalu

    ITU pak adrianof lebih integratif dan cerdas , yg lainnya sifatnya parsial , sementara untuk jangka pendek , apalagi soal lingkungan terlalu dibesar besarkan , potensi masalah selalu ada cuman sebagai tantangan sambil berjalan untuk diatasi untuk diselesaikan secara bertahap , kalau mau jadi bangsa besar dan bermimpi besar , apalagi jangka panjang , jangan pesimis , mental kecil , berfikir negatif mustahil bisa berhasil , jadi cobalah kalau berfikir untuk negara jangan berfikir sektoral....apalagi hanya sentimentil ...apa gunanya diskusi ...sudah UU IKN sudah disahkan dan itu direncanakan sudah lama dan didiskusikan oleh ahli - ahli yg kompeten di bidangnnya ...ok.
    untuk itu mari kita buktikan 5-20 tahun kedepan. apa yg akan terjadi...pastinya lebih maju .

  • Didit Brodher
    Didit Brodher 7 bulan yang lalu

    Syah sbb DPRnya nggak pro yg diwakili (rakyat) tambahan prosentase yg setuju lebih banyak.
    Yg penting jangan ada dusta diantara kita termasuk jangan ada penghianat & kedzoliman.

  • Asrilindonesia Negara pertanian dari jaman Soekarno Suharto sekarang malah di tinggalkan mengikuti c Malangka

    Sadarlah lah bapak ibu yang menjadi pejabat negara dan aparat negara
    Sebelum berakhir masa jabatan bapak ibu
    Saya perhatikan semua bapak ibu pemain Lama
    Sudah berkali kali jadi pejabat
    Kalau harta sudah cukup
    Umur pun bapak ibu sudah lanjut
    Ingat pesan kedua orang tua

  • megalodon
    megalodon 6 bulan yang lalu

    Wahai WALHI mungkin sedikit benar dg pemindahan ibukota ke Kaltim tapi perlu diingat Indonesia ini perlu maju atau kalau Kaltim menolak mari pindah saja ke NTB

  • Suhardi Ardi
    Suhardi Ardi 8 bulan yang lalu +15

    Saya sebagai rakyat indonesia melaknat para koruptor dan pemberi kuasa sehingga terjadi korupsi mudah mudahan disiksa seberatberatnya.

  • Lina Kurniati
    Lina Kurniati 6 bulan yang lalu

    Tuggu saja kita akan liat bersama sama.. akan sprti apa negara indonesia ke depan..