Tanggapan Tiongkok Setelah Indonesia Kirim Pesawat Tempur ke Natuna

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 9 Jan 2020
  • TRIBUN-VIDEO.COM - Indonesia kembali mengirimkan kapal dan pesawat tempur untuk melakukan patroli di Natuna.
    Kemudian Kementerian Luar Negeri Tiongkok memberikan pernyataannya dalam jumpa pers pada Rabu (8/1/2020).
    Juru Bicara Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi, Geng Shuang mengatakan pihaknya memantau perkembangan di Natuna.
    Menurut Gheng Shuang, Tiongkok memiliki kedaulatan di wilayah Natuna.
    Meski demikian, ia mengaku ada perbedaan klaim di wilayah Laut China Selatan antara Tiongkok dan Indonesia.
    Terkait hal ini, Tiongkok meminta agar Indonesia tetap tenang.
    Dikutip dari Tribunnews.com, Kamis (9/1/2020), ia menambahkan Tiongkok ingin menyelesaikan perbedaan ini dengan cara yang tepat dan menjunjung tinggi hubungan bilateral kedua negara dengan mengedepankan perdamaian.
    (Tribun-Video.com/Tribunnews.com)
    Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pernyataan Terbaru China soal Natuna setelah Indonesia Kirim Pesawat Tempur dan Kapal Perang, www.tribunnews.com/internasional/2020/01/09/pernyataan-terbaru-china-soal-natuna-setelah-indonesia-kirim-pesawat-tempur-dan-kapal-perang?page=all.
    Penulis: Daryono
    Editor: Ifa Nabila

Komentar • 1 935

  • Agaz Agaz Tea
    Agaz Agaz Tea 5 jam yang lalu

    Untung bukan prabowo yg jadi presiden coba kalau prabowo pasti di biarin cool aja
    Inget bos walaupun kita kalah senjata sama cina bukan berarti kita takut nkri harga mati. jepang aja kalah sama bambu runcing
    Brapo tni jangan takut demi tanah kita nkri harga mati

  • Fathur Roziqin
    Fathur Roziqin 8 jam yang lalu

    😂😂😂😂blm tau indo kalau marah

  • Ricky Mu
    Ricky Mu 8 jam yang lalu

    Ngapain kirim battalions udah Di bom pake su hoi aja. Or Di rocket 🚀 lewat kapal Dan tangkap orang nya. Gampang Kerana cina udah melanggar tana air Indonesian.

  • m27` c!ndy
    m27` c!ndy 11 jam yang lalu

    😥saya ingin negara seperti turki...kalau ada yg melanggar batas negara dan sudah di peringati 3x tp masih membandel langsung tembak jatu walaupun itu pesawat negara adidaya urutan nmr 2 russia.

  • Waw One
    Waw One 16 jam yang lalu

    Boikot produk2 cina di mulai dr sekarang oke.

  • Nandang Herdiono Sy Nandang
    Nandang Herdiono Sy Nandang 22 jam yang lalu

    tenang tenang gundulmu!!!!! kehed siah

  • Asep Solihin
    Asep Solihin 23 jam yang lalu

    Itulah sifat bangsa china, terbaca seolah ucapan manis dibalik kelicikan dan keserakahan..

  • rizal Batam
    rizal Batam 23 jam yang lalu

    Wkwkwkk takut cina
    Gak bisa bisnis sama Indonesia.tanpa Indonesia kalian lapar

  • Puji Ji
    Puji Ji Hari Yang lalu

    Awas jangan terlena

  • Satriya Jawa dwipa
    Satriya Jawa dwipa Hari Yang lalu

    ingat kaisar kubilaikhan di buat kocar kacir sejarah membuktikan bumi pertiwi sangat kuat kerajaan majapahit pernah memborbardir pasukan mongol di bawah pimpinan sanggrama wijaya atau raden wijaya raja majapahit

  • joyo mulyo aku
    joyo mulyo aku Hari Yang lalu

    enak prang aja biar kosong cina di jawa ini

  • Abraham Robi
    Abraham Robi Hari Yang lalu

    Tolong pergi sana dri natuna china kontol jgn cmn jd pengamat cri keuntungan, kasus filipina cina alasan historis smpe" satu pulaux d caplok n lepas skrg

  • mischantonis tonis
    mischantonis tonis Hari Yang lalu

    Tiada kata damai hsncirkan tiongkok.kalau damai orang indonesia pasti kena tipu .masalahnya pada doyan dwet

  • zaini zaifi
    zaini zaifi Hari Yang lalu

    Pemimpin kita termasuk lemah menangani masalah natuna ,coba kalian lihat cina tidak mengakui natuna milik syah indonesia jelaskan ,cina akan menyeleikan sengketa dengan cara baik baik ,itu berarti cina menginginkan sesuatu yg dirahasiakan ,mengapa indonesia belum bertinda tegas dan keras atas kedaulatan indonesia ,nyatakan perang ,dan beri deklamasi bila cina tidak mau mengakui natuna bagian dari indonesia ,nyatakan perang .penduduk cina yg ada di indonesia harus pulang .biar negara berpikir jangan berputar putar ,di beritakan cina takut sama indonesia mana buktinya (nih buktiya cina juga berhak atas laut natuna ) kalau perlu umumkan kerakyat secepatnya bahwa kita warga indonesia akan perang melawan cina ,biar rakyat bersiap siap jangan setelah dijatuhi bom baru menyuruh rakyat mempertahankan negara ,itu namanya terlambat

  • Roy Johnson
    Roy Johnson Hari Yang lalu

    Indonesia menerima kemerdekaan dgn rasa syukur. Tentu sebagai negara , dimasa depan setelah kemerdekaan RI, maka indonesia akan menjadi negara dgn sejumlah pengalaman di jajah.
    Jadi jgn ajari buaya berenang, dan jgn bangkitkan permusuhan dgn Indonesia
    Yakinlah bila negara sahabat berulah menjadi musuh, maka Indonesia akan menunjukan kemampuan terbaik nya kepada dunia. Termasuk perang.
    Jadi Jgn ganggu negara Indonesia , atau mengusiknya maka negara anda akan aman aman saja. Jika tidak maka negara anda akan tanggung akibatnya .

  • SOCIALIST KONGKOW
    SOCIALIST KONGKOW Hari Yang lalu

    Hati2 & waspada Tiongkok bukan sahabat yg baik Licik penuh Intrik

  • dinda kanda
    dinda kanda 2 hari yang lalu

    Kita hancurkan Tiongkok tu..

  • Bunda bunda
    Bunda bunda 2 hari yang lalu

    perang aja lah indonesia pasti menang kok

  • ganril mursid Anggora
    ganril mursid Anggora 2 hari yang lalu

    anjinggg cinaa bangsattt babi

  • Tau Jong
    Tau Jong 2 hari yang lalu

    Negara komunis tak bisA dikawanii

  • Gie Ardian's
    Gie Ardian's 2 hari yang lalu

    Kita diam bukan takut tapi kita diam menjunjung hukum yang ada bila mereka terus merongrong maka indonesia siap untuk menjaga kedaulatan NKRI di natuna. Meski cina beda kelas kita mempunyai pasukan dam masyarakat berkelas.

  • Pajrie Rian
    Pajrie Rian 2 hari yang lalu

    Nnti ikan habis nyuri lagi.

  • Dudi Marsudi
    Dudi Marsudi 2 hari yang lalu

    Perkuat Pertahanan..... Lihat Papua n Natuna..... Jangan Terulang Kaya Timtim n Pulau Sipadan n Ligitan...

  • Ipah Ipah
    Ipah Ipah 2 hari yang lalu

    Kalo damai rakyat tenang kalo perang akan bnyak korban dari rakyat contohnya timur tengah korban meninggal 90%rakyat hidup penuh dengn kesulitan...tidak ada perang rakyat bisa mencari nafkah untuk keluarga. Damai itu indah keindahan yang di cari semua manusia

  • Daliman Wagiyen
    Daliman Wagiyen 2 hari yang lalu

    China itu gak tau makasih. Lu kaya berkat kami yang sudi pake produk lu. Jika gini jadinya boikot aja produk china. Huawei, oppo dll.

  • erna Anugrah hidayat
    erna Anugrah hidayat 2 hari yang lalu

    Kalo kapal cina membandel dan ngeyel langsung rudal aja biar tahu jiwa ksatria indonesia.

  • Sumarno 123
    Sumarno 123 2 hari yang lalu

    Waa hahaha salah omong dua ribu jadi duaibu

  • Robot Coop
    Robot Coop 2 hari yang lalu

    Gak bakalan perang sama tiongkok. La mereka sekutu indonesia.. Liat sejarah

  • Saleem Alaidrus
    Saleem Alaidrus 2 hari yang lalu

    tipu2 cina itu tokcer..hati2

  • sugi arto
    sugi arto 3 hari yang lalu

    China tidak bisa dipercaya..!!

  • Muhammad Iqbal Sumang
    Muhammad Iqbal Sumang 3 hari yang lalu

    Usir tenggelam kan

  • Haldy Lw
    Haldy Lw 3 hari yang lalu

    Hahaha jangan main2 dngn indonesia broww,,kecil2 cabe rawit
    Tdak pernah takut dngn yang namanya maticoyyyy

  • Wesemeto Ptr
    Wesemeto Ptr 3 hari yang lalu

    tiongkok memintaindonesia tetap tenang katanya, siaap juragan

  • Roy herlambang
    Roy herlambang 3 hari yang lalu

    Ayo kita ramai2 boikot produk Tiongkok seperti otomotif mereka Wuling, DFSK, produk elektronik mereka hp, televisi, kulkas dan lain2, usir WNI keturunan cina dari Indonesia. Gak butuh orang cina.

  • Bras Pamungkas
    Bras Pamungkas 3 hari yang lalu

    Mana pendukung WNI yg nasionalisme pd NKRI......bktikan y????

  • Bras Pamungkas
    Bras Pamungkas 3 hari yang lalu

    China munafik.....

  • Mr Frezr
    Mr Frezr 3 hari yang lalu

    Di tes dulu perang sm china komunis k....

  • Drama Oneputra
    Drama Oneputra 3 hari yang lalu +1

    Kalau China ngajakin berunding soal batas wilayah HARUS dgn ASEAN, jangan dgn Indonesia doaaang !!!! Sehingga bisa Clear semuanya. Indonesia jangan mau sendiri !!!!

  • Agung Wibowo
    Agung Wibowo 3 hari yang lalu

    kalau bisa putuskan aja hubungan cina antar indonesia,cina suda mulai kurang ajar

  • Onay Beybeh
    Onay Beybeh 4 hari yang lalu

    indonesia tdk akan mundur selangkah pun
    terhadap siapapun
    hdp nkri

  • Galuh Penawar
    Galuh Penawar 4 hari yang lalu

    Stelah ikan habis baru mau damai😂😂😂😂😂😂bangsat

  • agus oke
    agus oke 4 hari yang lalu

    Nggak ada di plomasi, itu wilayah Indonesia,,

  • RUDI SINYO xxx
    RUDI SINYO xxx 4 hari yang lalu

    Sudahlah.
    Mulai sekarang Indonesia gk usah hubungan bilateral dgn Negara China yg rakus dn licik

    • Sanjaya Jaya
      Sanjaya Jaya 3 hari yang lalu

      Indonesia galak punya utang banyak x SM cina

  • Jepri Ardiansyah
    Jepri Ardiansyah 4 hari yang lalu

    Tembak saja kapal pki komonis tiongkok,pki tiongkok usir dari indonesia,termasuk pki tiongkok yg ada dicikarang

  • Gung Gangsir
    Gung Gangsir 4 hari yang lalu

    Indonesia jgn mudah di tipu dan jgn lengah

  • bambang subagio
    bambang subagio 4 hari yang lalu +1

    Masalah kedaulatan di P Natuna, pemerintah Indonesia harus siap siaga dlm menghadap RRC, ini pengalaman di negara kita sendiri, yg saat ini sebagai pendatang (TKA RRC) juga sudah berani berulah (ikut campur dlm soal politik dlm negri Indonesia), jadi intinya tetap WASPADA...! dlm mengghadapi RRC (ada udang di balik batu)

  • Ridwan Pangestu
    Ridwan Pangestu 4 hari yang lalu

    Kalo terjadi perang saya siap ...angkat senjata..untuk NKRI..hidup TNI polri ...jangan biarkan Indonesia sendiri

  • Excellent copy
    Excellent copy 4 hari yang lalu

    pasti bkal terulang" lgi China bangsat Mimin..
    China banyak produksi di Indonesia..
    bla perlu BOIKOT pasti rugi besar China nya..
    gk berteman jga gk masalah..
    awas jgn sampai lupa kan muslim yg di jajah oleh china..
    ni bsa jdi hanya untuk mengahlikan berita kaum muslimin..
    lindungi lah umat muslim di seluruh bumi Antero amin.

  • endang suharini
    endang suharini 4 hari yang lalu

    TIONGKOK MALING TIONGKOK MALING TIONGKOK MALING , TENANG MATAMU

  • Nasusianto
    Nasusianto 4 hari yang lalu

    Semoga kita di lindungi allah dari ancaman china

  • Suryanto Taruna
    Suryanto Taruna 4 hari yang lalu

    jangan berhubungan lagi dengan cina itu licik

  • Fir Daus
    Fir Daus 4 hari yang lalu

    Kalau jwbn kongkok eh tiongkok gtoe,brarti TAKUT dia

  • Agus Sinaga123
    Agus Sinaga123 4 hari yang lalu

    Damai..
    Ahh
    Gk percaya

  • Edy Purwito
    Edy Purwito 5 hari yang lalu

    China coba nyali indonesia...macan asia mau di buat kucing* ngan apa gak salah tu?

  • Tri Waluyo
    Tri Waluyo 5 hari yang lalu

    Bikik gemes aj ni cina......💣💣💣

  • Asep Saputra
    Asep Saputra 5 hari yang lalu

    Bila cina macem" dn brani sm aj bunuh diri,karna prodak cina sbgian bsr di pasarkan ke indonesia,apa mau prodak cina di boikot indonesia,dn barang cina di larang masuk pasar indonesia...mikir 2 x lah,wlpn indonesia punya hutang ke cina.hutang adalah hutang tp soal kedaulatan ga akn mundur sejengkal pun

  • Haris Ris
    Haris Ris 5 hari yang lalu

    Pendahu bangsa aja g prcya sama orang cina.jngn d ksh hati lah dia yg ngijak duluan wilayah teritorial indinesia mesti nya lngsung d kasih tembakan bukan nya biarkan.harga diri bangsa .mana ada bangdat masuk enga di tangap.mentri nya ganti aja lah bu susi lagi !!!

  • Pakgoh Bagio
    Pakgoh Bagio 5 hari yang lalu +1

    Cina bilang Indonesia suruh tenang?? Dasar anjing sipit dksih hati minta ampela

  • rakyat biasa
    rakyat biasa 5 hari yang lalu

    Bangkit ny macan asia

  • Handsome Monkey
    Handsome Monkey 5 hari yang lalu

    Mereka lupa kalau karakter masyarakat Indonesia adalah mencintai peperangan dibalik keramahannya.