Hadapi Corona, Jokowi Liburkan Angsuran Bank dan Non Bank Selama Setahun Beberapa Profesi Ini

Bagikan
Sematkan
  • TRIBUN-VIDEO.COM - Presiden Joko Widodo menyadari bahwa pandemi virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19 berdampak terhadap pendapatan rakyat.
    Jokowi bahkan mengaku kerap mendapat keluhan dari para tukang ojek hingga sopir taksi yang memiliki kredit motor dan mobil.
    Untuk itu, dia menjanjikan memberi kelonggaran untuk tukang ojek, sopir taksi, serta nelayan dalam pembayaran cicilan kredit kendaraan.
    Hal itu disampaikan Jokowi saat rapat dengan para gubernur melalui video conference dari Istana Merdeka Jakarta, Selasa (24/3/2020).
    "Tukang ojek dan sopir taksi yang sedang memiliki kredit motor atau mobil, atau nelayan yang sedang memiliki kredit, saya sampaikan ke mereka tidak perlu khawatir karena pembayaran bunga atau angsuran diberikan kelonggaran selama 1 tahun," ujar Jokowi.
    Pemerintah juga memberikan kelonggaran cicilan bagi pengusaha kecil menengah.
    Para pengusaha yang melakukan kredit dengan nilai di bawah Rp 10 miliar akan diberi penundaan cicilan selama 1 tahun dan juga penurunan bunga.
    Jokowi mengaku sudah membicarakan rencana ini dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar dapat diwujudkan.
    "OJK akan memberikan kelonggaran, relaksasi kredit bagi usaha mikro, usha kecil untuk nilai kredit di bawah Rp 10 miliar.
    Baik kredit yang diberikan oleh perbankan maupun industri keuangan nonbank," kata Jokowi.
    Di sisi lain, Jokowi juga meminta pemda memberi bantuan kepada masyarakat yang ekonominya terdampak oleh pandemi Covid-19.
    Jokowi menyebutkan, kebijakan menjaga jarak atau physical distancing memang efektif mencegah penyebaran virus corona.
    Namun, akan banyak masyarakat kecil yang terdampak akibat kebijakan tersebut, khusunya bagi mereka yang mengandalkan pendapatan harian.
    "Kalau ingin melakukan itu, hitung berapa orang yang jadi tidak bekerja, hitung berapa pedagang asongan, becak, supir yang tidak bekerja, dukungan kepada sektor-sektor itu yang harus diberikan, bantuan sosial kepada mereka harus diberikan," ucap Jokowi.
    Jokowi mengatakan, penanganan Covid-19 bukan hanya berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan rakyat, namun harus dipikirkan juga dampak sosial ekonomi yang mengikutinya.
    Sampai Senin (23/3/2020) sore kemarin, terdapat 579 kasus positif Covid-19 di Indonesia.
    Sebanyak 49 di antaranya meninggal dunia, dan 30 lainnya dinyatakan sembuh.
    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi: Tukang Ojek, Sopir Taksi Tak Perlu Khawatir, Cicilan Ditangguhkan 1 Tahun", nasional.kompas.com/read/2020/03/24/11232121/jokowi-tukang-ojek-sopir-taksi-tak-perlu-khawatir-cicilan-ditangguhkan-1?page=all#page3.
    Penulis : Ihsanuddin
    Editor : Bayu Galih

Komentar • 80

  • Asep Codetz
    Asep Codetz 25 menit yang lalu

    Petugas finance msh nagih2 pak...

  • marimon mon
    marimon mon 43 menit yang lalu

    Saya punya angsuran tetep aja belum ada solusi gak bisa nyari lagi

  • Veri Panji hitam
    Veri Panji hitam 53 menit yang lalu

    Ini untuk semua apa cuman orang tertentu...??

  • Blide id
    Blide id Jam Yang lalu

    Ttp aja saya bayar kemarinπŸ˜₯

  • Ratu Beee
    Ratu Beee 3 jam yang lalu

    masih si suruh bayar , lebih tegas lagi dong

  • Ari Muhidin
    Ari Muhidin 3 jam yang lalu

    Hitam di atas putihnya belum ada pakπŸ˜”

  • aditya sasmita
    aditya sasmita 3 jam yang lalu

    emng yg kna imbas ojol sm tksi online pk jokowi..
    sma harus merata dong jdi adil . .
    G PILIH PILIH ..HARUS MERATA EMNG OJOL DOANG RKYAT BPK

  • Tri Sugiono
    Tri Sugiono 4 jam yang lalu

    "pidato pak presiden di anggap hoax dg bank maupun lesing di daerah2 khususny!!" di sni terlihat jelas ketegasanny presiden!! presiden yg tidak di anggap dg pihak2 tertentu!!

  • TERMURAH DI DUNIA zayn kids
    TERMURAH DI DUNIA zayn kids 5 jam yang lalu

    Tdnya seneng eh leasing malah kasih selebaran tetap bayar. Ini youtube nyebar berita hoax harus ditangkap penyebarnya penjarakan.

  • fulan fulan
    fulan fulan 5 jam yang lalu

    *SEMUA RIBA ITU MENJADIKAN SENGSARA*

  • Aryati lambert
    Aryati lambert 6 jam yang lalu

    Tetap aja di tagih πŸ˜‚

  • Muchamad Hatta
    Muchamad Hatta 6 jam yang lalu

    Pembohong

  • Muhammad suha
    Muhammad suha 8 jam yang lalu

    πŸ§›β€β™‚οΈπŸ§›β€β™‚οΈπŸ§›β€β™‚οΈπŸ§›β€β™‚οΈπŸ§›β€β™‚οΈ

  • Weybro Official
    Weybro Official 9 jam yang lalu

    pak presiden tolong keluarkan surat perintahnya pak soalnya ini bertolak belakang sama apa yg bapak bicarakan

  • Choirul Anwar
    Choirul Anwar 9 jam yang lalu

    Ketika tukang ojek di manja moonton, eh jokowi..

  • Ohan Gnteng
    Ohan Gnteng 10 jam yang lalu +1

    Mantap dan bijak, gmana PNS yg pny kredit bank, apakah ada kebijakan jg pa jokowi

  • Ok canel
    Ok canel 10 jam yang lalu

    pak bagaimana ini kami kaum kecil masi dikejar lising atau bank ..banyak juga postingan katanya ojk blm resmi menjalankan amanat bapak untuk penundaan angsuran ... kami disini berharap pada pemerintah.

  • Queen of Swords
    Queen of Swords 10 jam yang lalu

    Jujur saya merasa Kasihan kepada pemerintah. Sebenarnya Hidup Di indonesia itu Sangat enak ketimbang Di negara negara Asing lain nya.
    Saya WNI menikah dengan WA.
    Saya merasa disini untuk usaha saja sangat susah . Tidak se Mudah di Indonesia. Disini kami bekerja dan membayar Pajak yang sangat Besar . Sedang kan di Indonesia kalian rakyat kecil kecil bisa memiliki banyak Anak , tak memikir kan Pajak, dapat ber jualan apa saja. Bahkan bermodal 200 ribu saja kalian bisa ber dagang menghasilkan untung. Semua saya katakan sangat mudah. Dengan segala kemudahan , Toleransi yang kelewat batas dalam hukum UUD. Dan saya merasa ini lah Yang membuat pemikiran Warga negara indonesia hanya mengandalkan pemerintah / bantuan . ( Meskipun hampir tidak semua rakyat seperti itu) Sementara kami disini bekerja secara Independent tanpa mengharapkan banyak bantuan dari pemerintah. Jika terus menerus hanya mengharapkan keringanan , toleransi serta kenyamanan sepanjang Hidup , kapan kalian para rakyat dan membuat Negara sendiri akan mandiri / Maju. Di saat wabah seperti ini Bukan hanya indonesia yg menerima dampak nya , melainkan seluruh dunia . Seharusnya kita rakyat Yang kecil harus memikirkan keterbatasan diri , jangan terlalu banyak keinginan ini itu, Jika kalian memiliki sedikit Anak setidak nya 2 saja cukup dan ditambah gaya Hidup Yang sederhana kalian tidak akan pusing mikirin cicilan / tagihan hutang. Bagi kita rakyat kalangan menegah dan kalakangan atas , jangan serakah serta LALAI hanya memperkaya diri sendiri , bayar lah Pajak dengan Jujur Ke negara. Urusan uang mau Di korupsi / di apakan itu urusan mereka yg melakukan Sebab mereka akan menerima segala kosekuensinya sendiri. Yang penting kita belajar untuk tidak menjadi Pribadi Yang ber Mental hanya ingin untung Selalu Tetapi tidak mau Rugi. Jika rakyat semua bayar pajak ke negara seperti di negara Asing lain nya , Maka negara akan kaya dan dengan Mudah dapat membantu rakyat kecil Yang membutuhkan nya. Saya sendiri banyak menemukan orang2 Di negara Indonesia sendiri yg serakah Yang masih mampu katakan lah, Tetapi mau nya masih di support pemerintah /mengharapkan bantuan. Dengan adanya bencana corona seperti skrg ini seharusnya kita β€˜ semua sadar diri , Intropeksi diri, kurangi Nafsu Nafsu keinginan, keserakahan diri serta berhenti lah dalam memanipulasi keadaan . Pemerintah memiliki tanggung jawab melindungi rakyat, Tetapi rakyat juga memiliki tanggung jawab juga untuk menguatkan pemerintah . Jika ada rakyat indonesia Yang membandingkan pemerintah negara Indonesia dengan pemerintah negara Asing yg memberikan support besar kepada rakyat nya, Di saat situasi seperti skrg wabah corona ini, Itu karena ketaatan seluruh rakyat nya dalam membayar pajak negara. Jangan berpikir Di luar negri/ negara Asing Tidak ada koruptor . Setiap negara pasti akan ada orang orang serakah Di dalam dunia pemerintahan . Namun kita seharusnya sadar bahwa kita tidak bisa menjadi bangsa yang bermental β€œ Korban , serta bermain victim terus menerus Yang dikit dikit menyalahkan pemerintah / president nya. Saya rasa di setiap negara memiliki problematic yang sama. Hanya saja rakyat Di negara Asing lain nya lebih Mudah Di ajak bekerja sama , taat pada peraturan negara, serta Berpikiran bijaksana Dan mandiri. Semoga dengan lebih akan pemerintah ini tidak menjadikan kita semua manja terus menerus. Manusia Hidup memiliki responsibity , untuk memenuhi nya Manusia harus sadar pada dasar kemampuan diri. Jangan terlalu berambisi ingin ini itu. Yang ada menyusahkan diri sendiri serta orang lain juga menerima dampak nya. Thank you πŸ™πŸ» Semoga pesan : komen saya ini dapat membuat kita semua belajar bahwa , jangan membandingkan negara Indonesia sendiri dengan negara lain nya. Karena saya merasa Hidup Di negara sendiri lebih enak tak se enak Hidup Di negara Asing. Cintai bumi periwi kita sendiri . Jadi lah Rakyat Yang men support pemerintah untuk mereka dapat menjalankan misi nya dengan benar dan baik. Toh Klw kita rakyat berlaku lurus Jujur pemerintah Yang baik pun akan berlaku adil. Ingat bahwa Kita sebagai Manusia adalah Mahluk Yang saling membutuhkan . Kita Hidup bukan hanya membutuhkan orang lain saja, Tetapi kita juga Di butuhkan oleh Mahluk lain nya juga.

  • Alice Charoline
    Alice Charoline 11 jam yang lalu

    Lah pusiiiinnngggg...masih di tagih neh pakkkk..gimanaaaaa???? Kok kebijakan dr pemerintah lom smpe jg sih k rkyt..

  • Zona malam22
    Zona malam22 11 jam yang lalu

    Semoga cepat terlaksana pak janjinya ....
    Dan semoga corona cepat berlalu

  • Issusanto Rizky
    Issusanto Rizky 12 jam yang lalu

    Mohon untuk di buktikan ... Sudah gak jamannya pamor publik.Rakyat sdh kenyang dgn janji" dan tekanan" akibat berpendapat suara Rakyat

  • Jofa Liau
    Jofa Liau 12 jam yang lalu

    masih d tagih pak.... mereka gak peduli.

  • mit ngawil
    mit ngawil 12 jam yang lalu

    Presiden hoby prank haha

  • Mawan Djunianto
    Mawan Djunianto 13 jam yang lalu

    Ludrukkan

  • Keyla Azka
    Keyla Azka 13 jam yang lalu

    Boong lu ...php aja

  • ALVIA ANJANY
    ALVIA ANJANY 14 jam yang lalu

    Apa ini tidak berlaku dijawa tengah dan koprasi yg berbasis syariah

  • Emy Supriyanti
    Emy Supriyanti 14 jam yang lalu

    ga usah patah semangat pakde sebentarlagi juga ada yang nolong ,jangan ditolak ya bapa akan rugi bila ada pertolongan

  • Iwan Ahmad
    Iwan Ahmad 14 jam yang lalu

    Pemahamannya dilapangan berbeda,tanggung jawab sebelum demo besar,skenarionya bagi yg positif covid-19 yah tunggu 14 hari mati orgnya

  • Arya Deniswara
    Arya Deniswara 14 jam yang lalu

    Tolong juga la pak kami yk kerja nya serabutan Jagan kan buat baya kreditan buat makan aja sulit klik semua akses pekerjaan di hanti kn nganggur mau makan apa pak. MOJOKERTO JATIM

  • servas humoen
    servas humoen 14 jam yang lalu

    Trimakasih byk Bpk presiden Jokowi smg secepatnya terlaksana Bpk... πŸ™πŸ™

  • Iko Yudia
    Iko Yudia 15 jam yang lalu

    Sy punya ccla kur bri apa di beri kelonggaran juga

  • Andi Kiron
    Andi Kiron 15 jam yang lalu

    Halah kepret
    Orang tetep aja di tagih

  • Firly Yoan
    Firly Yoan 15 jam yang lalu

    Bang oser bank aren bnyak rakyat menjerit

  • sandra irama
    sandra irama 15 jam yang lalu

    Hadir nyimak saudaraku πŸ‘πŸ‘πŸ‘

  • Marno Adi
    Marno Adi 15 jam yang lalu

    Aku pilih bayar aja karena hutang wajib bayar pak walaupun saya hanya pasukan kuning

  • ucox ayam
    ucox ayam 15 jam yang lalu

    Kemaren saya ke bank nanyain perihal penundaan pembayaran KUR..ah tetep aja harus bayar bunganya klo yg pokoknya mau di tunda selama satu tahun..

  • Nandang Singkil
    Nandang Singkil 16 jam yang lalu

    Pns, tni dan polri juga ya pak

  • Suave
    Suave 16 jam yang lalu

    The best prank in the world

  • Trust Top
    Trust Top 16 jam yang lalu

    Kapan pak Jokowi itu diberlakukannya pak kemaren saya ditagih2 dan dibentak diancam mau dilelang rumahnya oleh kolektor Bank BTN pak..

  • Nia Tania
    Nia Tania 16 jam yang lalu +1

    Untuk Bapa Presiden Jokowi Yg Terhormat Jgn Asal Untuk Ojol taksi Nelayan.. Semua Orang Indonesia Jg Ingin Di Tindakan .. Untuk Masyakat Yg Punya Cicilan... Jadi Bapa Jgn Pilih Kasih..

  • Andri Prasetya
    Andri Prasetya 16 jam yang lalu

    Pihak bank berkilah "kita harus optimis, semoga diberikan kesehatan dan rejeki yang baik"

  • Muk Kholifah
    Muk Kholifah 16 jam yang lalu

    Sampai hari ini belum ada konfirmasi apapun mengenai rileksasi penundaan cicilan 1thn.semoga segera di jududkan

  • Shela Azzahra
    Shela Azzahra 17 jam yang lalu

    Hoax apa bner sih ?

  • Willy Tamamy
    Willy Tamamy 17 jam yang lalu

    Apakah kebijakan bpk presiden udah di sampekan ke pihak bank ,kok masih sistem siluman seluruh penagih.. trimakasih

  • Nurdin Tampan
    Nurdin Tampan 17 jam yang lalu

    Aduh.
    Pa tolong d surpey lg
    soal y msih hrus byar cicilan
    Cumn d longgarkan jangka waktu y.

  • Fwimphy Hermanto
    Fwimphy Hermanto 17 jam yang lalu

    Pidato presiden ditelan mentah2 sama masyarakat. Pihak bank/leasing kemudian berlomba2 membuat klarifikasi. TETAP BAYAR (sampai ada instruksi resmi dari Kantor Pusat).

  • farra _
    farra _ 17 jam yang lalu

    Masih ditagih sampe skrang. Belum ada realisasi

  • Dafa Btg Gaming
    Dafa Btg Gaming 17 jam yang lalu +1

    Ortu saya sdh datang ke bank . Tp buktinya ortu saya masih di suruh bayar tu . Saya ada bukti klau gk percaya

  • pandu wibawa
    pandu wibawa 18 jam yang lalu

    UMKM mana yg dpt pinjaman 10M. Pengen tw gw

  • Aidah Edah
    Aidah Edah 18 jam yang lalu

    Bapak gue masih di tagih

  • mas boy
    mas boy 19 jam yang lalu

    Se LEVEL dirut bank BUMN yg BERDIRI DIBAWAH PEMBANTU PRESIDEN (mentri BUMN) ajaaa g patuh.
    Ttp aja ditagih pak.
    Hehehe
    Jadi SIAPA yg mau NGIKUTIN PERINTAH MU PAK??

  • Emirra Wee
    Emirra Wee 19 jam yang lalu

    Kagak yakin bs diterapkan di i indonesia, mgk kalo selevel negara korea sih iya. Tp kalo diindonesia kagak yakin meski itu kwenangan keluar lgsg dr pak presiden.

  • syamradityazains netters
    syamradityazains netters 19 jam yang lalu

    Masa sih.. Kata leasing tetap berjalan.. Angsurannya.

  • ratimin ratimin
    ratimin ratimin 19 jam yang lalu

    aku puya utang ke BANK BRI 100 JUTA ..SUMPAH DEMI ALLOH......GA LUNAS2 😫😫😫😫😫😫

  • Kelana Yudha
    Kelana Yudha 19 jam yang lalu

    Bgmn dgn yg kredit di pegadaian...??

  • Deni Back
    Deni Back 20 jam yang lalu

    Preet

  • Tri Sugiono
    Tri Sugiono 20 jam yang lalu

    maaf pak,bkan mksut tidak prcaya!! kmarin dr lesing k rumah!! sya bri tahu pidato bapak!! tp mreka tidak perduli. jawaban mreka "pak jokowi itu tidak di sebutkan bahwa yg boleh tidak bayar itu yg terkena virus korona jj" mohon bantu jawabanya pak!!!

  • Irpan Channel
    Irpan Channel 20 jam yang lalu

    Omdo

  • Rumah sederhana terbaru
    Rumah sederhana terbaru 21 jam yang lalu

    Ini prank g ya.. hehehe

  • Samsung J2prime
    Samsung J2prime 21 jam yang lalu

    Di nanti kebenaranya pak.

  • Neng Mila
    Neng Mila 21 jam yang lalu

    mna ko orang bank nya bilang blm ada pemberitahuan dri pemerintahan msh ttp angsuran padahal pabrik pada diliburin

  • Anto Min
    Anto Min 21 jam yang lalu

    Mbelgedes,,,

  • Anasroni 3101
    Anasroni 3101 21 jam yang lalu

    Apaan masih ada bank yg masih minta angsuran, contoh bank emok bngst

  • Fitriaini Masykurah
    Fitriaini Masykurah 21 jam yang lalu

    Gi mana pak saya d palembang masih d tagih depcolector....
    Jngan cman koar aja pak
    Kito propesi gojek tok...
    Kluarin sk nya pak klo cman bicara anak kecil pun biso pak...

  • Danz Pg
    Danz Pg 21 jam yang lalu

    Dan setelah 1tahun pada pura" lupa dah tuh πŸ˜„

  • yusup wahyudin
    yusup wahyudin 23 jam yang lalu

    Mantaaap ,terima kasih bapak presidenku !!!!

  • Fendi Hara zuka
    Fendi Hara zuka 23 jam yang lalu

    Masalah Hutang adl masalah PRIBADI
    yg mnikmati jg diri sendiri...
    Berjuanglah memecahkan masalah sendiri...
    D balik usaha , pasti ada hasil
    KECUALI MEMANG MALAS BAYAR HUTANG
    DIA MANFAATKAN SITUASI

  • EasyWays
    EasyWays 23 jam yang lalu

    Bentar lagi diralat

  • Pratama Sykes
    Pratama Sykes 23 jam yang lalu

    Masih percaya omongan dia? Kang ngibul

  • kaum rebahan
    kaum rebahan Hari Yang lalu

    Kredit plus termasuk ga sih , ko masih pada nagih

  • andro niko
    andro niko Hari Yang lalu +1

    Ternyata peryataan ini, khusus orang yg positif covid-19. Jadi kalo masih sehat angsuran nya bayar sendiri" ya

  • Superhero
    Superhero Hari Yang lalu

    semua perlu proses. pliss stop bully bapak presiden kita. sbelum nyampe kebawah pasti melewati banyak pejabat. pasti melewati byk oknum jg. jd masyarakat jgn asal bully plis.

  • bagezz channel
    bagezz channel Hari Yang lalu

    Audio nya di perbaiki dong

  • Asih Suherman
    Asih Suherman Hari Yang lalu

    Beneran ga si angsuran di perpanjang sampe satu taun

  • Asep Kustiwa
    Asep Kustiwa Hari Yang lalu

    Abdi janten teu tiasa ngajalan Kana kebijakan pemerintah

  • Evelina Manik
    Evelina Manik Hari Yang lalu

    Dari penjelasan OJK pada hari
    Ini, itu tidaj bisa di lakukan Pak, tapi gpp lah,
    Aku selalu mendukung mu
    Presiden ku

  • Asep Kustiwa
    Asep Kustiwa Hari Yang lalu

    Wah,,,motorna ge tos di candak ku lising

  • supri yadi
    supri yadi Hari Yang lalu

    Mikir kluarga kecil w kadang mumet oponeh mikir sak negoro,sluman slumun slamet viruse lhek rampong ben podo tenang

  • Yunisa_ Agustin
    Yunisa_ Agustin Hari Yang lalu

    Terus kalo ditangguhkan selama setahun serta bunga jga. Trus gmna dengan denda yang ada klo disaat telat bayar kan sehari denda 10rb. Klo hal itu berlaku di leasingnya gmna. Sma aja bebanin dong.

    • Yunisa_ Agustin
      Yunisa_ Agustin Hari Yang lalu

      10rb dlm sehari. Setahun udh brp cuy. Mana lgi wabah dan gk kerja. Tolonglahh

  • jangkrik boz
    jangkrik boz Hari Yang lalu

    apaan masi di tagih..aturan klo benr ya di stop dlu semua.bingung org juga lagi wabah bgiji