Tap to unmute

Yang Tidak Dikatakan Jokowi soal Ibu Kota Baru | Buka Mata

Bagikan
Sematkan
  • Dipublikasikan tanggal 23 Des 2021
  • Ambisi Jokowi memindahkan ibukota kembali dikebut usai pandemi sedikit mereda. Pemerintah resmi menyerahkan Rancangan Undang-Undang IKN kepada DPR untuk memuluskan regulasi pembentukan wilayah badan otoritas ibukota negara baru di Kalimantan yang bakal diketuk akhir tahun ini.
    Pertanyaannya, untuk siapakah ibu kota baru itu dibangun? Apakah untuk kepentingan rakyat?
    Kami mendatangi lokasi rencana yang akan menjadi Ibu Kota Baru. Temuan kami di lapangan berbanding terbalik dengan klaim-klaim Jokowi. Hampir semua wilayah Ibu Kota Baru dimiliki para pesohor dari Jakarta. Mereka diperkirakan bakal meraup keuntungan dari rencana pemindahan ibu kota ini yang akan resmi dibangun setelah Rancangan Undang-Undangnya resmi diketuk DPR.
    Sebut saja Hashim Djojohadikusumo, adik Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yang akan jadi pemain penting memasok air minum IKN lewat perusahaannya, PT Arsari Tirta Pradana. Selain Hashim, ada juga taipan Sukanto Tanoto yang akan mendapat keuntungan dari penggunaan bekas Pelabuhan ITCI Kartika Utama, anak usaha APRIL Group.
    Di sisi lain, wilayah konsesi Ibu Kota Baru juga dikuasai nama-nama lain yang tak asing, seperti Luhut Binsar Pandjaitan, anak Setya Novanto, Rheza Herwindo. Yusril Ihza Mahendra, hingga bos nikel pemilik Harita Group, Lim Hariyanto Wijaya Sarwono.
    Tonton Buka Mata eps. [Yang Tidak Dikatakan Jokowi soal Ibu Kota Baru] dan episode lainnya hanya di www.narasi.tv atau klik bit.ly/3qdg5oc .
    (Narasi)
    Subscribe Newsletter Newsroom untuk update informasi terkini dari Narasi juga ya. Klik link bit.ly/newsletter_newsroom
    Jangan lupa subscribe, tinggalkan komentar dan share video ini.
    Tonton konten video-video lainnya di www.narasi.tv
    Follow:
    narasi.tv
    narasi.tv
    narasitv
    Konten video dan IDclips Channel ini adalah bagian dari Narasi.

Komentar • 6 895

  • Narasi Newsroom
    Narasi Newsroom  4 bulan yang lalu +319

    Tonton Buka Mata eps. [Yang Tidak Dikatakan Jokowi soal Ibu Kota Baru] dan episode lainnya hanya di www.narasi.tv atau klik bit.ly/3piywbQ.

    • Norman Sasongko
      Norman Sasongko 2 jam yang lalu

      @Iqbal Rmd d manapun jadi yg penting demi kemaslahatan rakyat bangsa dan negara bukan demi legesi dan oligarqi

    • Norman Sasongko
      Norman Sasongko 2 jam yang lalu

      @Iqbal Rmd ibukota baru g penting g urgen g mendesak, ekonomi dan sosial keadilan lah yg lebih penting

    • Norman Sasongko
      Norman Sasongko 2 jam yang lalu

      @Saiful Bachar ya super top plonga plongo nya, top jadi boneka mainan jadi wayang yg d setir oligarki

    • randy mahavira
      randy mahavira 3 hari yang lalu

      Itulah wawancara teporter dg nelayan bisa disimak dg seksama ,bagaimana kalau terjadi pd drmu klaj dipaksaka dia lebih baik berladang rpd bekerja .Nah pakai otak yg watas dan sehat klau

  • POLA WD
    POLA WD 4 bulan yang lalu +1491

    Konsep Ibukota baru saya rasa sudah baik, yang saya takuti eksekusi dilapangan tidak pro rakyat dan hanya memuaskan kerakusan segelintir orang.

    • Rockaholla Studios
      Rockaholla Studios 8 hari yang lalu

      @Reni Susiati anda manusia miskin yg gk pernah maju2.. kasihan anda

    • Dika Arungan
      Dika Arungan 10 hari yang lalu

      @suporter setia prabrik semen untuk mendukung pembangunan IKN sudah disiapkan oleh china dan air bersih untuk kedepan sudah akan disiapkan oleh para pengusaha swasta, konglomerat dari jakarta. Jadi kita nggak perlu khawatir dan yakinlah yang akan tinggal disrputar IKN adalah orang2 kaya yg punya uang terutama china mereka akan membuat perekonomian mereka akan srmakin maju.

    • Dika Arungan
      Dika Arungan 10 hari yang lalu

      @Ilham kenyataannya orang jawa tidak rela Presiden Indonesia itu orang luar jawa, Anies bukan asli Indonesia sangat ditentang padahal Indonesia butuh orang yg mampu, cerdas, punya kapibilitas dan amanah dengan janjinya dan terbukti berhasil memajukan jakarta saja mereka tidak rela.

    • suporter setia
      suporter setia 10 hari yang lalu

      banjir terjadi saat pelaksanaan pekerjaan sangat wajar karna ratusan lahan sedang di gundulkan untuk mulai pembangunan..bukan dari dulu seperti di Jakarta..jadi tolong kasi pandangan yg sedikit masuk di akal sehat kita ..dan bisa saja orang di dalam sampan itu orang luar yg mengatasnamakan warga Tempatan ..bisa di cek status mereka.

  • BUKU AJAIB OFFICIAL
    BUKU AJAIB OFFICIAL 3 bulan yang lalu +151

    Untuk kepentingan rakyat ❌
    Untuk rakyat yang berkepentingan ✔️

    • Suwito Suwito
      Suwito Suwito Hari Yang lalu

      @pur siti proyek ambisius

    • °Qlya°Official
      °Qlya°Official 5 hari yang lalu

      jngn hukum adat berlakukan.

    • Bray Rooney
      Bray Rooney 17 hari yang lalu

      Yg jelas masyarakat teluk masih takut persaingan ,tp setelah ikan jadi mereka akan lebih maju dan sejahtera . Karena tidak terusik ,maka mereka seperti kurang bergairah dalam kehidupannya .

    • #CUCI_MATA
      #CUCI_MATA Bulan Yang lalu +1

      Pahami letaknya.
      Kalau IKN di jakarta terus bliau akan di kepung para pasukan menteri dan anggota dewan tertentu

    • pur siti
      pur siti 2 bulan yang lalu +2

      Rakyat yg berkepentingan bkn Rakyat Indonesia...sdh lht dan dengar keluhan Rakyat. IKN ??

  • Dewi Sri Wahyuni
    Dewi Sri Wahyuni Hari Yang lalu +1

    Ya Allah....... Jauhkan Kalimantan ku dr musibah banjir gempa dan gunung meletus aamiin.

  • intan sitio
    intan sitio 3 bulan yang lalu +112

    "Jadi penonton di kampung sendiri"
    Nyeesss langsung di hati....
    Ntah apa yg akan terjadi nanti, mereka2 yg berkuasa yg tau itu semua

  • Ivan Fajriyanur
    Ivan Fajriyanur 6 hari yang lalu +3

    Mungkin ini pendapat saya! Pemerintah bisa memberikan beasiswa khusus bagi anak muda di kawasan IKN agar bisa mendongkrak kualitas SDM pribumi

  • Darakay TV
    Darakay TV 4 bulan yang lalu +1020

    Terimakasih narasi, telah memberikan laporan yg detil dan komprehensif bagi rakyat kecil 👍🏼👍🏼

    • budak kqmpung
      budak kqmpung 10 hari yang lalu

      Najwa mantap

    • Anton kamal
      Anton kamal 15 hari yang lalu

      Hanya untuk meredam LAJU POPULARITAS ANIES ...😁

    • Fa'izan Hidayat
      Fa'izan Hidayat 2 bulan yang lalu +1

      Rezim tukang korupsi bisanya nyusahin rakyat

  • Dr. M. Yusuf Suseno SpJP
    Dr. M. Yusuf Suseno SpJP 3 bulan yang lalu +39

    Kerennn.. Semoga Allah menyelamatkan negara kita dari pandemi korupsi...

    • Syuman Syuman
      Syuman Syuman 2 bulan yang lalu

      Kalo koropsi itu. Sampai kiamatpun takakan hilang.sebab itu dah termasuk hukum alam.ada hitam ada putih ada baik ada buruk.hanya kita aja smoga tidak jadi koroptor.

  • CASIS NUSANTARA
    CASIS NUSANTARA 3 bulan yang lalu +15

    Semoga hutan kalimantan dan ekosistem terjaga dan tidak di rusak oleh pengusaha pengusaha besar yang hanya mementingkan dirinya sendiri.

  • Jimi Saputra
    Jimi Saputra 2 bulan yang lalu +3

    Memang perlu diakui PR terbesar Pemerintah itu ada pada pembangunan SDM melalui pemerataan pendidikan yang komperhensif dan kredible dengan jamannya. Semoga pemimpin berikutnya mampu meratakan pendidikan Indonesia dan meningkatkan daya saing SDM nya. Amiin

  • Syaafaat Muslicha
    Syaafaat Muslicha 3 bulan yang lalu +5

    Alasan menghindari masalah malah menambah masalah d tempat lain 😤😓

  • chunc kring
    chunc kring 4 bulan yang lalu +480

    terimakasih narasi, watchdoc, dan dokumenter lain yang tetap mengajak dan menjaga akal sehat terkait penindasan yang terus dilakukan oleh manusia-manusia tamak dan tidak pernah cukup. Semoga doa² manusia, tumbuh²an, hewan, dan kehidupan lain turut adil menyadarkan penindasan dan ketidakadilan yang terus terjadi di negeri tercinta kita ini, semoga tuhan memberikan jalan dan petunjuk, Aamiin.

    • Supri Adi
      Supri Adi 2 hari yang lalu

      Aamiin

    • Ifnu Sugiono
      Ifnu Sugiono 13 hari yang lalu

      @Mhd Noval Qinchay betul..ada presiden punya ide bagus di tolak..
      Dasar orang sakit hati..

    • cak gepeng madiun
      cak gepeng madiun Bulan Yang lalu +1

      Ini vidio adu domba.... Karna isi bertitnya gak lengkap dan semua info temtamg konsef IKN

  • Randy Molle
    Randy Molle 2 bulan yang lalu +5

    😭🥺🥺 sayang mereka masyarakat adat 😔 Tuhan Yesus memberkati kalian selalu disana salam dari PAPUA BARAT 🙏😇

  • Jack ID
    Jack ID 3 bulan yang lalu +14

    Terimakasih untuk seluruh team Narasi yang membuat video ini untuk masyarakat indonesia untuk lebih mendengar keluh kesah yang dirasakan masyarakat Kalimantan tentang dampaknya pemindahan IKN. Semoga diberikan yang terbaik oleh Allah untuk bangsa kita ini amin.

    • Obs AnV
      Obs AnV 13 hari yang lalu

      @Jack ID Mreka emang gitu. Karena dah nyaman gajian bulanan dari kakak pembina buzzerp cokrotv

    • Jack ID
      Jack ID 2 bulan yang lalu +1

      @Mhd Noval Qinchay Ngomong apa sih dek? Perasaan lu deh yang sakit hati. Keliatan ko dari kata2 lu. Orang comment apa balesnya apa. 🥱

    • Mhd Noval Qinchay
      Mhd Noval Qinchay 2 bulan yang lalu

      Ada pembangunan salah..
      Ga ada pembangunan malah tambah salah..
      Jd maunya gimana ni drunn 😂😂😂
      Fix gua tau.. intinya lo iri plus sakit hati ya 🤣🤣🤣

  • Rohman Gage
    Rohman Gage 3 bulan yang lalu +23

    Bapak yg gendut make baju abu2 itu tuh, pendapatnya yg paling aku sorotin..
    Dia berbicara apa adanya, layaknya kita temen di warung kopi... mantap pak..👍👍👍
    Edit :
    Semoga sehat selalu ya pak..

  • Fatih Aja
    Fatih Aja 2 bulan yang lalu +8

    Kok bisa Indonesia bisa bermimpi punya pemimpin seperti ini... Ya Allah selamatkan lah negeri kami dr org2 serakah dan munafik yg rakus akan kekuasaan dan hasil bumi negeri ini

    • Adhityo Prathama Adji
      Adhityo Prathama Adji 2 bulan yang lalu +2

      ada pepatah rakya yang pemikiranya buruk ( ga mau berpikir kritis) akan mendapatkan pemimpin yang buruk juga, pemimpin macam gini kalo di negara2 eropa udah lama dari dulu2 di kudeta sama rakyatnya karna rakyatnya mau berpikir contohnya Benito Mussolini diktaktor italia dia dan pemerintahannya di kudeta sama rakyatnya sendiri karna otoriter dan rakyat italia bnyk yang kelaparan. sementara dia dan kroco2nya hidup mewah. tapi ya ini itali orang2nya pemikiran maju kalo indonesia urusan selangkangan nya aja yang maju

    • Maspri
      Maspri 2 bulan yang lalu

      Para pemilih x dulu otaknya jongkok.... cuman duitnya saja yg di harapkan rakyatnya mau hidup mati tdk peduli...

  • Muhamad Nurul Huda
    Muhamad Nurul Huda 4 bulan yang lalu +839

    team Watchdoc dan team Narasi ..semangat telah membuat informasi PROYEK IBU KOTA BARU dari sudut pandang berbeda..
    mengingatkan bagaimana sifat manusia yang seharusnya

    • Slamet Sudiyono
      Slamet Sudiyono Bulan Yang lalu

      Mungkin karena tidak dapat kontrak di proyek itu ya 😁😂

    • Drs. Agus Yaya Rukmaya, M.Pd
      Drs. Agus Yaya Rukmaya, M.Pd 2 bulan yang lalu +3

      @Mhd Noval Qinchay kota itu lebih identik dgn kehidupan sosial drpd dgn keberadaan infrastruktur. 99% kota itu tumbuh dari lingkungan masyarakat yang lebih rendah struktur sebelumnya, tumbuh dari sedikit ke banyak, tumbuh dari sederhana ke maju, tidak ujug ujug. Bgmn orang mau percaya konsep eco friendly, lha untuk kemah saja, brp puluh/ ratus pohon yang ditebang...Trade marknya bpk kita yang satu ini adalah apa yang dikatakan beda dgn apa yang dilakukan, apalagi dengan yang dihasilkan...😊

    • Mhd Noval Qinchay
      Mhd Noval Qinchay 2 bulan yang lalu

      @sami sastro slah satu tujuan IKN di Kalimantan.. Supaya pemerintah bs fokus ntuk pembangunan infrastruktur di sana.. Ok.. Paham..

    • sami sastro
      sami sastro 2 bulan yang lalu

      @Mhd Noval Qinchay
      Betul, tanpa hrs pindah ikn.
      Kekayaan kalimantan dikuras oleh oengusaha2 besar, sedangkan penduduk lokal hanya kebagian sejumput, kecil sekali.

    • Azee Aira
      Azee Aira 3 bulan yang lalu

      Jelas watchdoc lebih berani. Narasi masih banyak kompromi. Jauhlah sama watchdoc mah. Jelas banget.

  • General Baguette
    General Baguette 3 hari yang lalu

    Mungkin sebaknya penduduk asli di daesah IKN seharusnya mendapatkan kompensasi yang lebih dari cukup dan mungkin beasiswa untuk anak dan cucunya agar bisa menjadi pribumi berkualitas bukannya kayak di jawa

  • Agus Ansar
    Agus Ansar 3 bulan yang lalu +3

    Apapun yg dilakukan pemerintah semoga baik buat warga sekitarnya & masyarakat infonesia pada umumnya. Aamiin yaa robbal allamiin.

  • Pristi Agung
    Pristi Agung 2 bulan yang lalu +1

    "Polanya...yg Berkempentingan...Ujung nya Mendikte...
    "Konsekuensinya...Berdampak...Pada Kebijakan...

  • BD
    BD 3 bulan yang lalu +1

    Miris liat penderitaan nelayan yang harus tergusur secara paksa oleh kebijakan yg berpotensi menguntungkan beberapa belah pihak

  • Arif Rachman
    Arif Rachman 4 bulan yang lalu +327

    Inilah jurnalistik. Membuka semak-semak belukar yang menutupi mata, telinga dan hati kita dengan berita euforia ibukota baru, dan fakta harus disebarkan.

    • Suwito Suwito
      Suwito Suwito Hari Yang lalu

      @Wawan Erli katanya gak hutang bang.cuma rakyat suruh patung an.1 JT per KK

    • Tikno Harjo
      Tikno Harjo 15 hari yang lalu

      Halo zionis

    • Mila Ress
      Mila Ress 15 hari yang lalu

      @Mhd Noval Qinchay km org kalimantan? Lu tau apa ttg kalimantan?

    • Mila Ress
      Mila Ress 15 hari yang lalu

      @Herman Ta yg jelas di kalimantan bnyk kubangan2 tanah yg berlumpur yg sngt disukai katak atau kodok untuk berkembang biak

    • Rauff Abbas
      Rauff Abbas 15 hari yang lalu

      @Somai Murah laaaah ini chanel Lg bahas apa mas?... Msh lom paham?... Jiiiiaaaaahhhh.. 😂😂😂

  • Sierra Alpha 747
    Sierra Alpha 747 2 bulan yang lalu

    Siap siap menanggung Resiko....Bencana...alam..
    Klo bener terjadi jangan salahkan warga Kalimantan..
    🙏🙏🙏

  • Indah
    Indah Bulan Yang lalu +4

    21:59 "jelas kami sudah kalah... mungkin anak cucu kami nanti ada tuh yang seperti orang Betawi juga tidur di kolong jembatan, ngumpul barang bekas... artinya jadi penonton lah di kampung sendiri."
    nyess hati ini dengernya :"

  • Jef Geo
    Jef Geo 2 bulan yang lalu

    Semoga Kalimantan, dan Sulawesi lebih maju dan kehidupan rakyatnya lebih terjamin dan lolongan kerja senang dapetnya!

  • Sintia Triola Audina
    Sintia Triola Audina Bulan Yang lalu +1

    Statement bapak yang terakhir plus lagu penutupan buat merinding dan netesin air mata. Pilu seketika. Semoga hal hal baik selalu menyertai kita, rakyat Indonesia, Aamiin

  • Ahmad Muamar
    Ahmad Muamar 4 bulan yang lalu +445

    1. Kekhawatiran alam yang akan tambah rusak
    2. Kekhawatiran nasib anak cucu yang terpinggirkan karena ketidakmampuan untuk bersaing
    3. Apa yang sudah mereka rasakan saat ini akibat kerusakan alam yang sangat tidak mengenakkan.
    Itu semua harus diselesaikan sebelum meneruskan langkah untuk membangun IKN 🙏

    • Amin Siddiq
      Amin Siddiq 5 hari yang lalu

      @Bang Nam (?)

    • Amin Siddiq
      Amin Siddiq 5 hari yang lalu

      @Mr.lonely Jawa sadar

    • zaidan
      zaidan 12 hari yang lalu

      Dulu Pak Edi sudah memperingatkan tapi malah dituntut oleh orangblalimantan sendiri dan.masuk penjara. Ya beginilah negeriku

    • Mr.lonely
      Mr.lonely 14 hari yang lalu

      @I Putu Angga Wiguna jangan harap SDM maju klo insfratruktur aja masih gak merata diindonesia wkwk, gak usah jauh-jauh apanya😂

    • Mr.lonely
      Mr.lonely 14 hari yang lalu

      @Ngadimin Albertus orang luar negeri udh pada bisa pergi ke luar angkasa indo masih di bumi aowkwk😂

  • Surya Atmaja
    Surya Atmaja Bulan Yang lalu

    Akan selalu ada tantangan bila kita ingin maju.....semua yg diatas baik masalah air, banjir, lahan pasti sudah di Bahas dan di carikan jalan keluarnya

  • Arief Mulyadi
    Arief Mulyadi 12 hari yang lalu

    Semoga masukan dr tim narasi, wacthdoc dan dokumenter ini jadi perhatian serius bagi Pemerintah dan masyarakat lebih khusus masyarakat lokal sehingga perencanaanya benar2 utuh!!!

  • Muti'ah Afiqa
    Muti'ah Afiqa 3 bulan yang lalu +2

    Kata2 yang paling tepat jadi penonton di negri sendiri 👍

  • Noor Bayah
    Noor Bayah 2 bulan yang lalu

    Semoga masyarakat sekitar akan mendapat kebaikan dan perubahan yg bermanfaat dengan adanya IKN aamiin

  • Muhamad Latief
    Muhamad Latief 4 bulan yang lalu +408

    Sakiit rasanyaaa melihat sodara kita di sana . Apa lah buat kita hanya rakyat biasa . Semogaa sehat selalu untuk warga di sana

    • Ali Nuzar
      Ali Nuzar 5 hari yang lalu

      (Apa lah buat kita hanya rakyat biasa ) kata kata yang di gunakan para pemalas dan gak mau berusaha untuk mengubah nasib 🤣

    • Fa'izan Hidayat
      Fa'izan Hidayat 2 bulan yang lalu

      Rezim tukang korupsi bisanya nyusahin rakyat

    • Bang Nam
      Bang Nam 2 bulan yang lalu +1

      @Hasan Husen lah kalau cuma untuk orang dikit dsb pasti pemerintah bakal mengesampingkannya lah, kan dananya dikit, jd di prioritaskan untuk yg lebih perlu di utamakan dan sesuai dg program pemerintah,,,jadi jangan menghujat ke saya doang, tapi kowe yo kudu pinter ngolek solusi,,, wes ngerti kaline cilik kok malah omahe mepet kali, dadine pemerintah yo binggung ngolek solusi, lha wong kaline gk kenek di ambakno mergo wonge gk gelem di relokasi utowo geser..trus mosok kaline wae sing di pindah? Ben gk banjir😅

    • Hasan Husen
      Hasan Husen 2 bulan yang lalu

      @Bang Nam itu kan sudah terjadi bertahun-tahun. Tinggal kebelakang nya mereka mengadu ke pemerintahan untuk perbaikan nasib.
      Jadi jangan hanya pinter menghujat pintero cari solusi. Gitu. Jadi tidak pesimis terus.

    • K-Pop & Drama
      K-Pop & Drama 2 bulan yang lalu

      @NF2804 Channel investasi dong

  • Fhidy Roy FR
    Fhidy Roy FR 3 bulan yang lalu

    Terima kasih narasi sudah membuka mata dan pikiran kami tentang IKN ini. Bahwa ada begitu banyak kecemasan dari masyarakat.

  • Ayyash Muhammad
    Ayyash Muhammad 2 bulan yang lalu +2

    Manusia semakin rakus terhadap egonya, yg diatas tak pernah melihat kebawah, entah apa yg dipikirkan, semoga kita selalu diberi pertolongan oleh yang maha kuasa

  • calysta tasya
    calysta tasya 3 bulan yang lalu

    Perubahan memang belum tentu menjajikan kebaikan, tapi tanpa perubahan kita akan ditempat sama.

  • old knight
    old knight 3 bulan yang lalu

    Jika terwujud,, semoga presidennya dari warga kalimantan,, yg jujur, perduli rakyat dan yg jelas anti korupsi,, aminn

  • lllllllll
    lllllllll 3 bulan yang lalu +1

    Yang kaya akan makin kaya, yang miskin akan makin miskin.
    Tanpa adanya dukungan dari pemerintah rakyat yang tinggal disitu mungkin akan semakin sulit, mereka dipaksa untuk mengiklaskan tanah yang mereka tinggali, karena tanah itu milik pemerintah

  • Tori Syatori
    Tori Syatori Bulan Yang lalu

    Pemimpin2 NKRI ini Semoga sadar &menyadari bahwa PANCA SILA itu bukan sekedar slogan/ungkapan belaka ,tp harus di Aplikasikan dalam kehidupan bernegara.

  • Dindin Roesdiana
    Dindin Roesdiana 5 hari yang lalu

    Lanjutkan pak ... memang sdh sepatutnya ibu kota pindah dari jakarta yg sdh ribet , penuh masalah , alamnya yg sdh tdk dpt menampung lagi dan para politikus yg selalu bikin riuh ... ibu kota baru pola pikir / kehidupan baru yg lebih baik 👍👍💪💪

  • Koo Ik
    Koo Ik 3 bulan yang lalu

    Yang penting tetap optimis dan mari bersama memajukan bangsa. ..

  • Peternak Muda Ngawi
    Peternak Muda Ngawi 4 bulan yang lalu +645

    Dalam dan menyayat hati
    "Anak cucu kami akan seperti warga pribumi betawi..yang menjadi penonton dikampung sendiri"

    • Samsul Alam
      Samsul Alam 7 hari yang lalu

      @Dasuki Dung bang bisa aja mereka iklas asal kesempatan pendidikan sama seperti di jawa bang, saya juga dri kalimantan utara jauh kali, pelatihan dll. sama sekali kurang di kalimantan. lalu tiba2 dsuruh bangkit? lewat mana seriusan tinggl di pulau jawa bangkit mah enak serius dikit pelatihan ada dimana2 nah ini di klimantan aksses susah pelatihan kurang, apapun yg terbaik kalau dari saya SDM skitar dibenahi juga bia rbisa bersaing klau nunggu mereka sndiri kasian apa2 susah

    • MBELING
      MBELING 8 hari yang lalu

      Itu karena orang betawi kurang aktif dlm berwira usaha.Hobinya jual tanah dan nikah lagi.

    • Dedisuhaedi Dedi.s
      Dedisuhaedi Dedi.s 12 hari yang lalu

      @rafly imanianto Kalau daerah sudah beralih fungsi dri penghasil padi misal nya menjadi pabrik besi tua,penduduk pribumi yg tdi nandur padi menjadi tukang pulung sisa2 bongkaran besi tua,yg di pekerjakan tdk semua nya bro,itu trjdi di daerah saya,survai membuktikan 75% mrk mrsa menyesal telah menjual tanah nya kpd pengelola pabrik2,ternyata bertani lebih berkah ketimbang jdi pengepul sampah2 pabrik yg terkadang gak ada bongkaran krna stok brg msih numpuk.!!!😭😭😭

    • Dedisuhaedi Dedi.s
      Dedisuhaedi Dedi.s 12 hari yang lalu

      😭😭😭😭😭

  • rizki rian
    rizki rian 3 bulan yang lalu

    Kepentingan penguasa yg haus akan sgala" ny. Tanpa berNegosiasi dl kpda org" skitar...dan dampak apa yg akan terjadi ,.. Smga allah membuka mata hati para Elite di negri ini...

  • budi bilal
    budi bilal 3 bulan yang lalu

    Proyek raksasa, semoga bisa membuat masyarakat Indonesia Makmur dan kaya,semoga ya allah, gak cuma buat kepentingan politik atu atau apalah 😂

  • ade afendi
    ade afendi 3 bulan yang lalu

    Karena masyarakat Indonesia sudah berkecukupan,, akhirnya pemerintah membangun ibu kota baru,, mantap

  • Andre Manado
    Andre Manado 11 hari yang lalu

    Kayanya harus ada dasar hukum yang ketat dan tegas supaya bisa sukses progresnya

  • Agastyo Basoeki
    Agastyo Basoeki 4 bulan yang lalu +345

    Terima kasih Tim Narasi telah memberikan tayangan reportase berkelas seperti ini. Menurut saya kalian adalah salah satu atau bahkan satu-satunya sumber media berkelas dan kredibel di Indonesia saat ini. Saya hanya bisa berharap kalian akan tetap terus menayangkan berita seperti ini, karena masyarakat Indonesia berhak mendapatkan informasi seperti ini. Salut !

    • dry hight
      dry hight 3 bulan yang lalu

      Hati nurani

    • Nok Yanah
      Nok Yanah 3 bulan yang lalu

      Vtidak

    • Raihan Faddil
      Raihan Faddil 4 bulan yang lalu +3

      @NTZN BGZT iyaa setuju, soalnya ngerasa imbas negatifnya semua ke masyarakat, sedangkan yang di atas dan para investor cuman nonton dan naik pamor doang

    • Gunawan Irwan
      Gunawan Irwan 4 bulan yang lalu +2

      Menampilkan apa yg tidak dikatakan

    • TANDI SANJAYA
      TANDI SANJAYA 4 bulan yang lalu +1

      masih ada watchdoc bro, membuka realita yg terjadi di indonesia

  • Asu Raimu.
    Asu Raimu. 3 bulan yang lalu

    Miris melihat bumi kalimantan dikuasai rata rata PT dari luar borneo tetap semangat saudaraku dayak

  • Dicky Sophianto
    Dicky Sophianto 3 bulan yang lalu +1

    Negara lain juga memindahkan ibu kotanya tidak secepat itu. Perlu proses yg cukup.

  • Ryan syah
    Ryan syah 3 bulan yang lalu +1

    YANG KAYA MAKIN KAYA PENGUASA MAKIN SENANG MASYARAKAT DAN ALAM MENJADI DAMPAK NYA

  • Ridho Al-Azzam
    Ridho Al-Azzam 2 bulan yang lalu +1

    Terima kasih atas informasinya yg sangat transparan, smoga bapak presiden jokowi dapat memperhatikan nasib masyarakat setempat yg terkena dampak pemindahan IKN

  • CryptoFans
    CryptoFans 4 bulan yang lalu +436

    Setiap pembebasan lahan entah buat perusahaan, maupun proyek pemerintah, pasti akan memiliki dampak positif dan negatif. Masalahnya, yang PUNYA KEPENTINGAN (pemerintah/perusahaan) tidak mau buka-buka'an DATA, kurang/tidak musyawarah, dan tertutup, sehingga tidak tercipta WIN & WIN solution

    • Firman Hidayatullah
      Firman Hidayatullah 3 bulan yang lalu

      @Yuni Property Syariah kaya miskin udah jd keharusan.itu sebabnya ada hukum zakat dll.lah kl kaya smw siapa yg di zakati.hehehe
      Bukan tntang seberapa kaya hartanya ukuran kwalitas seseorang hidup di dunia ini.tpi tentang sberapa besar jiwa dan hati yg menerima sgala ketentuan ilahi.kl sdah sperti ini apalah arti miskin dan kaya,krna tuhan lah yg mnjadi tujuan awal dan akhirnya.

    • Dhenis
      Dhenis 3 bulan yang lalu

      @M. Taufiq saya pikir juga demikian. Banyak negara yang belajar dari sejarah perang dingin dan mengambil jalan tengah terbaik.

    • M. Taufiq
      M. Taufiq 3 bulan yang lalu

      @Dhenis smua negara kcuali korut, phm nya campuran

    • M. Taufiq
      M. Taufiq 3 bulan yang lalu

      @CryptoFans ya iy kmunis otoritarian, bda sama china Rusia

    • ZEIT AL WAYNE
      ZEIT AL WAYNE 3 bulan yang lalu

      @Buronan Randa lagian siapa si yg kalian labeli cukong komunis?

  • ali ganes
    ali ganes 3 bulan yang lalu

    Sekarang daerah lokak IKN sepertinya susah banget kehidupanya.
    Semogah setelah IKN di bangun warga sekitar tidak kekurangan air,tidak kebanjiran dan sejahtera.

  • HUCK HUGER
    HUCK HUGER Bulan Yang lalu

    Mudah-mudahan tidak ada agenda jahat dan kepentingan segelintir orang para pejabat negara atau pengusaha dibalik pembangunan IKN.

  • adit ghifari
    adit ghifari Bulan Yang lalu +1

    "Cara mengatasi banjir, melebarkan sungai "
    Enggak ada yang kepikiran bikin hutan resap sama tanam pohon ?

  • Agung Pribadi
    Agung Pribadi 3 bulan yang lalu

    Semoga Kalimantan kelak benar2 bisa lebih maju, dg adanya IKN disana,, Semoga saja Warga yg terdampak baik yg tanah & rumahnya kegusur ataupun yg Mata pencahariannya yg tergusur Kelak dapat ganti yg Lebih baik & membuat Sodara2 kita tsbt ttp menjadi Tuan Rumah di IKN ,,,Aamiiin,,,

  • nanda yustina
    nanda yustina 4 bulan yang lalu +208

    Terima kasih Narasi mengulas hal ini. Skrg bukan waktunya kubu2an. Harusnya semua orang Indonesia bisa kritis. Kalo jelas2 ada yang aneh, ya sbg warga negara berhak mengkritisi. Bukan fanatik buta. Kalo kritik dikit, selalu dicap anti pemerintah.

    • Kakang Prasetyo Kakang Wagiran
      Kakang Prasetyo Kakang Wagiran 3 bulan yang lalu

      @Tavisha Azka benar, untuk itulah dibutuhkan nyali, bukan cuma bacot seperti halnya yg dilakukan kapten hiu. Lawan tirani dg turun di jalan. Pilihannya cuma dua, rakyat makmur atau negara dagelan ini bubar.

    • Kakang Prasetyo Kakang Wagiran
      Kakang Prasetyo Kakang Wagiran 3 bulan yang lalu

      @Pibi Asri pakai syariat islam ? Yg ada indonesia bakal kayak afghanistan di bawah taliban cuk !!

    • Tavisha Azka
      Tavisha Azka 3 bulan yang lalu

      Yg kritis dianggap anti pemerintah
      Yg Demo dianggap Anarkis
      Yg bersuara dianggap Provokator....
      Hilangkan fanatisme, berfikirlah dg akal sehat.

    • Oom Jago
      Oom Jago 3 bulan yang lalu

      @Kapten Hiu tepat sekali, dan yang melakukan pekerjaan kotor untuk memecah belah rakyat itu adalah para Buzzerp².

    • Kakang Prasetyo Kakang Wagiran
      Kakang Prasetyo Kakang Wagiran 3 bulan yang lalu

      @LESTARI_CHANNEL itu kan menurutmu, tipe2 manusia yg doyan ngadalin orang lain dg kedok kemanusiaan. Di mana2 tuh orang ditindas pasti ngelawan. Cuma orang sinting aja yg ditampar pipi kirinya, malah dia kasih lagi pipi kanannya.

  • Liyon20
    Liyon20 2 bulan yang lalu +1

    Terima kasih narasi sudah membuka mata kita akan keluh kesah masyarakat
    Nyesek skali katanya masyarakat aslinya akan jadi "penonton dikampung sendiri".

  • Priscilla Tarigany
    Priscilla Tarigany 11 hari yang lalu

    Semoga presiden selanjutnya betul" yg memiliki akal sehat dan hati yg bersih y Tuhan...amin...

  • HERI SUBAGYO
    HERI SUBAGYO 5 hari yang lalu

    BUMI AIR DAN KEKAYAAN ALAM YG TERKANDUNG DI BAWAHHNYA DIKUASAI OLEH NEGARA UNTUK KEMAKMURAN RAKYAT

  • mirah ananta
    mirah ananta 2 bulan yang lalu

    semoga dengan ada IKN masy yg sering banjir direlokasi ke tmpt yg lebih baik, dan fasilitas air bersih mudah diakses

  • Elsa Nino
    Elsa Nino 2 bulan yang lalu +1

    Ya Allah lindungilah kami masyarakat Indonesia dr segala kedholiman.Smoga Allah SWT slalu menuntun,melindungi kami dr segala keserakahan manusia.Kebenaran hanya milik Allah SWT,khilaf & dosa tempatnya manusia.Tunjukkan Kuasa Mu Yaa Robb,agar dinegeri ini tercipta kedamaian dan dijauhkan dr segala fitnah Dajjal Aamiin Yaa Robb,,,,

  • crocodieLa
    crocodieLa 3 bulan yang lalu

    Sehat2 untuk team narasi. .. 🥺🙏🏾

  • Uwais Alkarni
    Uwais Alkarni 3 bulan yang lalu

    Ada rencana yg lebih besar di balik pemindahan ibukota ini, yg jelas dampak nya akan sangat buruk bagi seluruh rakyat indonesia.

  • Ali Thofa
    Ali Thofa Bulan Yang lalu

    sy setuju banget pak jokowi membuat ibu kota di kaltim dgn fasilitas yg bagus menunjukan bhw indonesia itu maju

  • Alessandro Putera
    Alessandro Putera 4 bulan yang lalu +131

    Di era pemerintahan ini sering sekali kebijakan yang dibuat prematur, tanpa perencanaan yang matang, tanpa riset implikasi yang dalam, tanpa sosialisasi yang masif.. Walaupun kebijakan yang dibuat baik, tapi jika pelaksanaannya tergesa-gesa maka ujung-ujungnya hanya akan menimbulkan masalah baru, serta kesempatan-kesempatan munculnya pemburu rente yang dapat memancing di air keruh..

    • Ahmad Tarmidi
      Ahmad Tarmidi 9 hari yang lalu

      @Abdul Azis terus pemulihan ekonomi rakyatnya bagaimana ? Hanya jd korban , lalu yg akan bertanggung jawab adalah presiden berikut berikutnya.
      Klo menurut hemat sy seh , setelah rakyat ini didera oleh pandemi yg mana berakibat pada lemah dan penurunan ekonomi rakyat , maka utamakan dahulu utk pemulihan ekonomi rakyat, mensejahterakan rakyat, memeratakan pembangunan daerah daerah kota kabupaten propinsi, memajukan pulau pulau.
      Sehingga seluruh rakyat indonesia sejahtera tanpa harus merantau ke pulau pulau yg sdh maju.
      Begituu pdndapat saya.

    • Syifa Chika
      Syifa Chika 14 hari yang lalu

      @let it be ni bbkpkiih untuk melakukan hubungan

    • fuehrer_tb
      fuehrer_tb Bulan Yang lalu

      @NUBB KALII yg kayak gitu jelek. Good corporate government butuh transparansi. Kalau ditutupi biasanya karena ada yang tidak beres.

    • let it be
      let it be Bulan Yang lalu

      Bahasa nya terlalu gita wirjawan banget wkwkwk banyak istilah nya.

    • Hattori Hanzō
      Hattori Hanzō Bulan Yang lalu +1

      @Rangga Surya A waktu di jajah juga udah ada wacana mo pindah ke Bandung, karena apa Batavia dah gak layak huni dalam prespektif mereka.

  • Ariza Kuncahyana
    Ariza Kuncahyana 2 bulan yang lalu +2

    Menurut saya pribadi apapun perencanaan dan 7annya pasti baik tapi harus ada lembaga audit dan pengawasan yang ketat karena yang namanya manusia tempatnya khilaf, salam santun dari petak malai buluh perindu makmur lah tanah borneo beserta rakyat Indonesia semua dapat melewati segala halangan rintangan menuju Indonesia yg merdeka aman dan sejahtera 🙏

  • Nurda Ningsih
    Nurda Ningsih Bulan Yang lalu

    Di jajah oleh negeri sendiri. Lagi, rakyat kecil yg harus menderita😢

  • Benny Lukman
    Benny Lukman 2 bulan yang lalu

    Yg paling kita harapkan menguntungkan bangsa INDONESIA dari segi geografi pindah nya ibu kota baru. Dgn tempat yg baik ketdnangan para pemimpin agar fikiran lebih terbukz terang

  • achmad nasrudin
    achmad nasrudin 18 hari yang lalu

    Tidak ada kata lain selain membangun negeri ini agar yg
    Nganggur2 dapet kerjaan kedepanya
    Karna diharapkan investasi banyak
    Berdatangan ke negeri ini

  • Elmeera Keynote
    Elmeera Keynote 4 bulan yang lalu +110

    Saya bukan tim yang kontra ataupun pro. Semoga Allah memberi yang terbaik buat masyarakat di situ. Semoga proyek lancar tanpa dampak yang parah untuk masyarakat, semoga mendapat ganti rugi yang sepadan. Pemerintah juga tolong diperhatikan warga sekitar jangan cuma membangun ibukota, tapi bangun juga rumah2 dan ekonomi warga yang berdampak.

    • Fa'izan Hidayat
      Fa'izan Hidayat 2 bulan yang lalu

      Rezim tukang korupsi bisanya nyusahin rakyat

    • Aquino
      Aquino 3 bulan yang lalu +1

      @Myth Randir g ada bukti kuat klo Tuhan itu yang menciptakan Bumi, begitu juga awal mula Bumi itu terbentuk.

    • Abdul Azis
      Abdul Azis 3 bulan yang lalu

      @juna idi bangun dulu masalah pribumi belakangan.dananya ngga ada

    • Adi Paramartha
      Adi Paramartha 3 bulan yang lalu +1

      @Aulia Rozel lagian emangnya kita kerja harus satu2 gituh?? Ngurus korupsi dulu, terus nguruh hutang baru mindahin ibukota, emang negara ini yg kerja satu orang?

  • Retno Widiastuti
    Retno Widiastuti 2 bulan yang lalu

    Aduh, ekosistem harus di perhatikan juga. Menyangkut generasi yang akan datang. Tolong tata kota pemerintah harus diskusi dengan rakyat tentang lingkungan.

  • SASAJUA 977
    SASAJUA 977 2 bulan yang lalu

    Smg ttp independen, seimbang untuk negeri

  • dahulukan akhirat
    dahulukan akhirat 10 hari yang lalu

    Semoga suku anak dalam dan suku lokal ttp d perhatikan sma pemerintah . Jgn karena d pindah k Kalimantan .mereka jadi d dupak dr tanah leluhurnya

  • Katsujin no Kiri
    Katsujin no Kiri Bulan Yang lalu

    Selamat bagi pegawai IKN, semoga al Mukarrom Joko al Widodo bisa menyelesaikan segala permasalahan yg ad d IKN. Mulai dri penyediaan anggaran pembangunan hingga pd penjaminan ketersediaan kebutuhan pokok para penghuni IKN dngn mudah dan murah

  • Dear Rahmatullah Ramadhan
    Dear Rahmatullah Ramadhan 4 bulan yang lalu +113

    Jadi teringat dengan konsep pareto waktu kuliah dulu, ada yang diuntungkan pasti ada yang dirugikan karena itulah sifat alamiah dari pembangunan. Hal terpentingnya adalah tercapainya kondisi optimal, yakni dimana keuntungan dari kegiatan pembangunan bisa seimbang dengan kerugian yang ditimbulkan. Pemindahan Ibukota memang suatu keharusan karena masalah lingkungan berat yang dihadapi ibukota negara saat ini. Harapannya, tayangan semacam narasi ini dapat memberikan sudut pandang yang seimbang antara keuntungan pembangunan ibukota baru dan kerugiannya, bukan hanya sekedar mencuplik sebagian informasi saja.

    • Dark Night
      Dark Night 14 hari yang lalu

      Terlalu memaksa di akhir jabatan buat bagi proyek bagi kaum elite

    • Dani Keswara
      Dani Keswara 19 hari yang lalu

      @Vito Revo apasiii tiba tiba Dateng

    • Vito Revo
      Vito Revo 19 hari yang lalu

      @Dani Keswara lu kalau nggak mau ada demo, pindah aj lu ke korut

    • kery Yantho
      kery Yantho Bulan Yang lalu

      @VW VW Menyamaratakan pembangunan tak harus bangun IKN, cukup bangun infrastruktur jalan yg baik dan sarana kebutuhan masyarakat yg baik itu sudah lebih dr cukup. Infrastruktur jalan yg baik serta sarana kebutuhan masyarakat (pasar,rumah sakit dll) yg cukup itu dpt meningkatkan ekonomi masyarakat.

    • Fa'izan Hidayat
      Fa'izan Hidayat 2 bulan yang lalu

      Rezim tukang korupsi bisanya nyusahin rakyat

  • HERI SUBAGYO
    HERI SUBAGYO 5 hari yang lalu

    SEMUA TANAH ITU MILIK NEGARA
    TOLONG BELAJAR HUKUM PERTANAHAN DG BAIK

  • Irma Risthvi
    Irma Risthvi 3 bulan yang lalu +1

    Akan ada suatu masa, alam marah. Alam sudah tidak bisa menjaga keseimbangan lagi. Wahai Bumiku,

  • Sederhana_chanel.
    Sederhana_chanel. 3 bulan yang lalu

    Harus dioikirkan matang" masalah oemindahan ibu kota.😪

  • Nur Abadi
    Nur Abadi 3 bulan yang lalu

    Semua ada dampak negatif dan positif...ayo semangat....maju trs

  • Alberich Rogers
    Alberich Rogers 4 bulan yang lalu +237

    Klo ada yg diuntungkan itu wajar krn apapun bentuknya, pembangunan melibatkan pebisnis besar dan pastinya punya koneksi penting dgn pemerintah TAPIIII klo tujuan utama pemindahan ibukota hanya untuk kepentingan harta segelintir orang dan bukan demi rakyat Indonesia, sy rasa kita smua harus bertindak menggugat absurditas ini

    • BANG AKAY KASELA
      BANG AKAY KASELA 3 bulan yang lalu +4

      @Toto Kiryoto bila rakyat nya tidak maju maju gimana negara mau maju??
      Yang maju itu buat cukong cukong yang berdasi demi mencari keuntungan kelompok dan golongan nya🤣

    • Notre Dame
      Notre Dame 3 bulan yang lalu +3

      Gelombang tsunami koruptor berjamaah bertransmigrasi ke Kalimantan dipimpin Ahok

    • Toto Kiryoto
      Toto Kiryoto 3 bulan yang lalu +1

      Kebiasaan masyarakat merasa lebih pintar dari pada pejabat2 negara yg berkopenten dibidangkan dan kebiasaan masyarakat kita apa lagi yg sdh lama tidak suka dg kepemerintahan, pasti akan selalu negativ, coba dg jernih dan wawasan luas demi kemajuan bangsa Indonesia, yg perlu diketahui tanah2 yg saat ini dikuasai itu bukan hak milik, tpi masih lahan dan hutan milik negara namanya hak konsensi/kontrak dg jangka tertentu, jadi klau negara memerlukan bisa diambil🙏🙏

    • BANG AKAY KASELA
      BANG AKAY KASELA 3 bulan yang lalu

      Negara di larang berbisnis dengan rakyat nya....
      Semoga Allah SWT menjaga hutan kalimantan dan habitat asli yang ada didalam nya

    • Imamganteng Ganteng
      Imamganteng Ganteng 3 bulan yang lalu

      Menurut saya negara jadi maju yg pasti bnyak kerja....jangn bodoh tolong

  • marlin aja
    marlin aja 3 bulan yang lalu +5

    Jadi penonton di kampung sendiri, kalimat sederhana penuh makna bagi yg mw mikir secara kemanusiaan bukan secara bisnis.

    • Syuman Syuman
      Syuman Syuman 11 hari yang lalu

      Ya Allah... Nak berfikirlah yg positif2 saja. Sejak nabi Adam as sudah ada yg pro dan kontra. Mengapa anda pusingkan. Percayalah semua dari tanah akan kembali ke tanah.

  • Mayubfajri Fajri
    Mayubfajri Fajri 10 hari yang lalu

    Proyek menggiurkan bagi para pemodal besar, semoga pribumi sekitar IKN bisa menikmati..

  • Mulyadi Mulyadi
    Mulyadi Mulyadi 3 bulan yang lalu

    Saya setuju adanya ikn di pulau dikalimantan dan kami sangat mendukung % 100

  • Febrian Febri
    Febrian Febri Bulan Yang lalu +2

    Yg jelas dampak negatif nya sangat2 kecil dibandingkan dampak positif nya.
    Investor Dunia akan melirik Indonesia jika IKN bebas dari banjir
    Bebas dari demo2 yg merusak fasilitas negara.
    Jika mau adil Jangan hanya mewawancarai masyarakat yg menolak IKN
    Wawancarai aja semua masyarakat Kaltim
    Berani gak mana suara terbanyak itulah yg menang

  • arusyahナスティオン
    arusyahナスティオン 3 bulan yang lalu

    seharusnya kita bersatu melihat tindak tanduk kinerja pemerintah" kenapa kita masih terbelah?

  • blue pingu
    blue pingu 10 hari yang lalu

    terimakasih narasinya yg menambah wawasan terkait IKN
    dari sisi narasi diatas, urgensi, kondisi ekonom dan hutang, ditambah dengan sumber dana yg begitu besar menjadi bahan pertanyaan ... sebenarnya untuk kepentingan dan keuntungan siapakah pemindahan ibukota ini ?
    apakah untuk kepentingan ekonomi para mafia kekuasaan dan politik yang tamak ?
    atau untuk kesejahteraan rakyat indonesia ?

  • helmy Rose
    helmy Rose 7 hari yang lalu

    Perlu perancangan yg teliti untuk nasa depan demi kebaikan negara terutama rakyatnya... Good Luck

  • Suhanda Suhanda
    Suhanda Suhanda Hari Yang lalu

    IBU kota Nusantara lagi sudah membangun apa 🤝🙏

  • Enza Enzy
    Enza Enzy 4 bulan yang lalu +336

    dari video ini kita semua bisa mendapat jawaban atas pernyataan, "memindahkan ibukota juga untuk memajukan penduduk lokal". pada kenyataannya mereka para penduduk asli di sana hanya akan tergusur dan tersingkirkan. Bohong bila ada yang mengklaim SDM lokal juga akan dikembangkan NANTINYA, karena pengembangan SDM itu butuh waktu yang jauh lebih lama daripada membangun jalanan dan gedung. Pada akhirnya "pemerataan pembangunan" yang digembor2kan para elit hanya berarti pemerataan kekuasaan mereka, yang tertinggal akan semakin tertinggal.

    • Tantan Tantan
      Tantan Tantan 3 bulan yang lalu

      Rasis itu ada dimana2 ..sy di Kota Medan jg pernah jg mengalami pengalaman Rasis idclips.com/video/XKdoM_ccPEE/video.html

    • Notre Dame
      Notre Dame 3 bulan yang lalu

      Gelombang tsunami koruptor terbesar berjamaah bertransmigrasi ke Kalimantan dipimpin Ahok partai terkorup

    • Doni Setiawan
      Doni Setiawan 3 bulan yang lalu

      @Jhon Evan tolong anda jangan sok mewakili orang sini. Pendapatmu hanya mewakili 0.000000001%

    • moba noob
      moba noob 3 bulan yang lalu

      @Jhon Evan lun setuju wan pian bang 😉

    • Hazamy Uncle
      Hazamy Uncle 3 bulan yang lalu

      sama halnya dengan mendatangkan tenaga asing, janjinya nanti akan transfer ilmu ke tenaga lokal. yang penting proyek jalan terus. semua akan benar, selagi ada cuan.

  • Adhifa Rihan Islami
    Adhifa Rihan Islami 2 bulan yang lalu +1

    Menit 22:00 tolong supaya pemerintah memikirkan untuk mensejahterahkan para rakyat asli kalimatan serta anak cucu mereka

  • Fuad Ahmad
    Fuad Ahmad 3 bulan yang lalu +1

    ".....artinya jadi penontonlah dikampung sendiri " semoga baik2 saja Indonesia

  • SUWANTO ANTO
    SUWANTO ANTO 3 bulan yang lalu

    Sudahlah pak de? Lawong masyarakat Kalimantan aja banyak yg GK setuju ibu kota di pindah, tolong jangan bikin rakyat Indonesia menderita 🙏

  • Nanang sugiarto
    Nanang sugiarto 7 hari yang lalu

    Perlu di pertimbangkan ulang...saat ini blm tepat memindahkan ibu kota karena kondisi ekonomi yang tidak baik-baik saja, perbaiki ekonomi sampe menapai pertumbuhan 2 digit baru di pertimbangkan pemindahan ibukota

  • kurofa_tv
    kurofa_tv 4 bulan yang lalu +201

    Terima kasih sudah membuka mata kami sehingga bisa melihat sisi gelap dari proyek yg gemerlap 🙂 sukses selalu

    • Jirom Beats
      Jirom Beats 3 bulan yang lalu

      @Ranu AL Tjg Jagan lingkungan kotol kau

    • Ranu AL Tjg
      Ranu AL Tjg 3 bulan yang lalu

      @Jirom Beats lo yang jaga lingkungan di kalimantan emang?

    • Jirom Beats
      Jirom Beats 3 bulan yang lalu

      @red enpelope lo pikir dayak doank yang punya Kalimantan?

    • red enpelope
      red enpelope 3 bulan yang lalu +1

      Suku dayak itu sudah lama terpinggir kan ......di pemerintahan banyak orang luar sedikit sekali.....orang kal teng asli

  • Kazehaya
    Kazehaya 2 bulan yang lalu +1

    Tadinya sih saya mau ngehujat, tapi setelah nonton sampai habis, warga Kalimantan ternyata pinter pinter, bukan secara akademis tapi dari kata kata dan pemikiran nya, wajar bila bapak bapak itu khawatir, udah jadi PR pemerintah untuk memikirkan kesejahteraan seluruh rakyat yg ada di seluruh Indonesia

  • H. Dani Amuntai
    H. Dani Amuntai 3 bulan yang lalu

    Alhamdulillah pemerintah semakin makmur dan sejahtera.Yang pingin liat Mekkah silahkan mampir 🙏

  •  تلاوة القرآن
    تلاوة القرآن 2 bulan yang lalu

    Semoga dengsn pemindahan Ibu Kota . berdampak Positif untuk masyarakat Lokal,

  • justforfun
    justforfun 3 bulan yang lalu +1

    Semoga tidak ada eksploitasi besar besaran di kalimantan kami ini 😔😔😔
    Karena kedepannya akan banyak industri disana, saya harap untuk dampak eksternalitas yang akan di hasilkan itu bisa lebih diperhatikan oleh pemerintah, dan menjadi lebih tegas lagi dalam mengaturnya dalam undang undang,, terutama dalam pengolahan limbah, dsb. Bila perlu semua perusahaan yang akan dibangun nanti harus menerapkan sistem yang ramah lingkungan dan tidak merusak ekosistem makhluk hidup yang ada disana.
    Aihh jujur aku lebih khawatir sama flora dan fauna yang ada disana 😭😭😭,, segala hutan adat dll, karena kalau dipikirkan lagi antara pembangunan dan pemeliharaan SDA itu memang tidak bisa seimbang,, harus ada yang dikorbankan 😭😭😭.
    Semoga pengelolaan ibukota baru ini bisa semakin bijak lagi 😭,, kalau pesan ini dibaca, aku berharap pemerintah buat suaka margasatwa atau buat lahan khusus untuk flora dan fauna disana, bukan kebun binatang yaa, karena binatang memang hidupnya di alam bebas bukan dikandang 😭😭😭 ❤❤❤❤

  • Suherlan Sumadi
    Suherlan Sumadi 4 bulan yang lalu +23

    Kasihan warga Kalimantan, hidupnya tambah sulit,apalagi para nelayan. Mereka menghadapi berbagai masalah kehidupan, gara2....
    Semoga semua masalah negara ini segera teratasi.

  • Aril_ suryo
    Aril_ suryo 3 bulan yang lalu

    Jangan jadi pemimpin yang memetingkan negaranya saja, rakyatnya harus diperhatikan juga